Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1427
- Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
oh ya nih gans,
truk ane 300 hp lagi dibengkel nginep ganti oli skalian ganti tutbo,
rawatan auto 2000,waranti 50 ribu km,
skrg 60 ribu tetap ke auto 2000,
sbenarnya blm mau ganti tapi brp ari lalu ditelponin waktunya servis,
malas ane ngecak oli lain dah,redline,amsiong,q8,ptt,mobil 1,entah apalg,
buang waktu dan moni aja,
gak mau ketularan sugesti,
oh ya harian ngaspollll nih gans,bukan skedar lurus aja,
zigzag kanan kiri dr jkt sampe tol bsd baru,rem tebit trs,walo indikator ada rusak nyala,pokoe ngassssspollllll menyalahhhhh bosssquhhh
gak pake perasaan,mentok rpm trs,walo sampe bodi terbang lari 180-190 ky film holiwod,
meleduk tinggal bawa ke auto 2000,
tapi sampe saat ini selalu dbikin hepi,
kencang irit hemat dan kuat,
truk disel kik in yo,
no foto hokkkkkzzzz
truk ane 300 hp lagi dibengkel nginep ganti oli skalian ganti tutbo,
rawatan auto 2000,waranti 50 ribu km,
skrg 60 ribu tetap ke auto 2000,
sbenarnya blm mau ganti tapi brp ari lalu ditelponin waktunya servis,
malas ane ngecak oli lain dah,redline,amsiong,q8,ptt,mobil 1,entah apalg,
buang waktu dan moni aja,
gak mau ketularan sugesti,
oh ya harian ngaspollll nih gans,bukan skedar lurus aja,
zigzag kanan kiri dr jkt sampe tol bsd baru,rem tebit trs,walo indikator ada rusak nyala,pokoe ngassssspollllll menyalahhhhh bosssquhhh
gak pake perasaan,mentok rpm trs,walo sampe bodi terbang lari 180-190 ky film holiwod,
meleduk tinggal bawa ke auto 2000,
tapi sampe saat ini selalu dbikin hepi,
kencang irit hemat dan kuat,
truk disel kik in yo,
no foto hokkkkkzzzz
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4040
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Boleeehtj4hj4di wrote: Wed Oct 23, 2024 2:29 Mau tanya ada yg sdh pakai oli UNil Opal buat motor ? soalnya kmrn liat diofficial storenya u/ sae 10/40w scooter semi synth tp API JASO MA bingung..
Bukannya seharusnya kl scooter itu JASO MB ya ..apakah boleh dibeli dan dipakai di nmax
terimakasih
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12547
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
vanosz wrote: Thu Oct 24, 2024 21:58KielConstantine wrote: Sun Oct 20, 2024 5:14 Ngomongin mobil jarang jalan. Kadang ane mikir…
Keknya lebih bener kasih oli kualitas bagus (harga 200k keatas / liter). Tapi ganti nya 1 tahun sekali (long drain), bahkan telat ganti lewat 12 bulan jg masih ok
Drpd kasih oli kualitas gembel asal murah, tapi ntar ribet 6 bulan skali musti flushing bawa ke bengkel, itupun kalo inget (atau niat)
Ya pilihan masing2 individu sih (Read: tergantung kemampuan finansial)
ahhh agans ky bocil aja,
dibawa baperan,
asal olinya asli sih gak bakalan apa apa,
jadi ikut2an para mbah suhu bikin horor gen bolu aja di forum,
pantas dah ini trit bisa panjang kali lebar,
mungkin sampe kiamat tetap eksis nih trit di ulang ulang,


Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Wed Sep 21, 2022 15:26
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Mazda CX5 GT Skyactiv 2013
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
misi om om
mau nanya olmes buat CX5 skyactiv 2013 km 113rb, niatnya mau interval per 12bulan sekali karena per tahun mobilnya cuma dipakai weekend dan dapat paling jalan 5000km-6000km per tahun.
saat ini pakai Q8 0w-20 special d1 fe, cuma karena budget menipis karena biaya rumah
jadi cari opsi lain yang lebih ramah kantong, liat page page sebelumnya sepertinya TQ 9000 API SP masuk budget di 120k/l ya, atau ada rekomendasi lain kah yang lebih baik?, thanks om 
mau nanya olmes buat CX5 skyactiv 2013 km 113rb, niatnya mau interval per 12bulan sekali karena per tahun mobilnya cuma dipakai weekend dan dapat paling jalan 5000km-6000km per tahun.
saat ini pakai Q8 0w-20 special d1 fe, cuma karena budget menipis karena biaya rumah


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
vanosz wrote: Thu Oct 24, 2024 21:58KielConstantine wrote: Sun Oct 20, 2024 5:14 Ngomongin mobil jarang jalan. Kadang ane mikir…
Keknya lebih bener kasih oli kualitas bagus (harga 200k keatas / liter). Tapi ganti nya 1 tahun sekali (long drain), bahkan telat ganti lewat 12 bulan jg masih ok
Drpd kasih oli kualitas gembel asal murah, tapi ntar ribet 6 bulan skali musti flushing bawa ke bengkel, itupun kalo inget (atau niat)
Ya pilihan masing2 individu sih (Read: tergantung kemampuan finansial)
ahhh agans ky bocil aja,
dibawa baperan,
asal olinya asli sih gak bakalan apa apa,
jadi ikut2an para mbah suhu bikin horor gen bolu aja di forum,
pantas dah ini trit bisa panjang kali lebar,
mungkin sampe kiamat tetap eksis nih trit di ulang ulang,


trit favorit sales oli
enak buat nakut2in orang2
jualan gratis dsini
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1609
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Pancinganya enak yah om disiniDOHC wrote: Fri Oct 25, 2024 4:21vanosz wrote: Thu Oct 24, 2024 21:58KielConstantine wrote: Sun Oct 20, 2024 5:14 Ngomongin mobil jarang jalan. Kadang ane mikir…
Keknya lebih bener kasih oli kualitas bagus (harga 200k keatas / liter). Tapi ganti nya 1 tahun sekali (long drain), bahkan telat ganti lewat 12 bulan jg masih ok
Drpd kasih oli kualitas gembel asal murah, tapi ntar ribet 6 bulan skali musti flushing bawa ke bengkel, itupun kalo inget (atau niat)
Ya pilihan masing2 individu sih (Read: tergantung kemampuan finansial)
ahhh agans ky bocil aja,
dibawa baperan,
asal olinya asli sih gak bakalan apa apa,
jadi ikut2an para mbah suhu bikin horor gen bolu aja di forum,
pantas dah ini trit bisa panjang kali lebar,
mungkin sampe kiamat tetap eksis nih trit di ulang ulang,![]()
![]()
trit favorit sales oli
enak buat nakut2in orang2
jualan gratis dsini

kasih umpan dikit bisa dapet ikan banyak

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
bangett105erd wrote: Fri Oct 25, 2024 4:43Pancinganya enak yah om disiniDOHC wrote: Fri Oct 25, 2024 4:21vanosz wrote: Thu Oct 24, 2024 21:58
ahhh agans ky bocil aja,
dibawa baperan,
asal olinya asli sih gak bakalan apa apa,
jadi ikut2an para mbah suhu bikin horor gen bolu aja di forum,
pantas dah ini trit bisa panjang kali lebar,
mungkin sampe kiamat tetap eksis nih trit di ulang ulang,![]()
![]()
trit favorit sales oli
enak buat nakut2in orang2
jualan gratis dsini![]()
kasih umpan dikit bisa dapet ikan banyak![]()
orang2 dimana musti punya modal buat jualan
sewa toko, sewa pegawai, sewa tempat, sewa spg, sewa banner dsb
jualan di toped aj musti kena potong pajek ini itu kl mo jd power merchant pro , itupun ga jaminan orang2 bsa pd liat
cuman dsini
gratis tis tis..
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12547
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Sebetulnya gakda yg salah dengan jualan.
Ekonomi berputar karena adanya bisnis, dagang dan transaksi jual beli.
Salah satu pintu rezeki kan dari berbisnis dan berdagang.
Dan sebagian warga SM aja kan juga pedagang, pebisnis, dsb.
Yang salah adalah:
- Gak bisa kasih data, fakta dan logika
- Menjelekkan brand lain
- Insult Customer
- Gak bisa kasih servis yang baik dan benar
_____________________________________________
Banyak koq penjual oli klaim produknya bagus,
tapi data lab aja gakmau kasih.
Nah itu yg salah...
Ekonomi berputar karena adanya bisnis, dagang dan transaksi jual beli.
Salah satu pintu rezeki kan dari berbisnis dan berdagang.
Dan sebagian warga SM aja kan juga pedagang, pebisnis, dsb.
Yang salah adalah:
- Gak bisa kasih data, fakta dan logika
- Menjelekkan brand lain
- Insult Customer
- Gak bisa kasih servis yang baik dan benar
_____________________________________________
Banyak koq penjual oli klaim produknya bagus,
tapi data lab aja gakmau kasih.

Nah itu yg salah...
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 49
- Joined: Sun Nov 05, 2023 8:10
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2012 Mazda 2
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Kemarin beli ATF Mobil 1 di Jasutra di toko yg berbeda. Satu di toko ungu lagi promo tapi dibatesin, jadi satu lagi di toko satunya karena harga normalnya lebih murah (g tau knp lol)papico wrote: Sun Oct 20, 2024 7:19
Barusan sy transaksi di Jasutramotors. Btw, ada 2 ya . Yg centang ungu ( Jasutra Motor ) sama yg sy transaksi JasutraMotors. Sama sama bekasinya. Ntar kalo olinya meragukan, sy infokan lagi.
Pas sampe dua2nya batch codenya sama jg
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: Sat May 27, 2023 14:20
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Btw minggu lalu juga baru beli Motul Specific di jasutra yg centang ungu, secara harga sih beti2 sama salah satu toko rekomendasi suhu dimari (cuma stok lagi kosong ditoko rekomen ini), tpi klo sama official store emg jauh bedanya, lebih murah jasutra.BronanTheBrobarian wrote: Fri Oct 25, 2024 10:19Kemarin beli ATF Mobil 1 di Jasutra di toko yg berbeda. Satu di toko ungu lagi promo tapi dibatesin, jadi satu lagi di toko satunya karena harga normalnya lebih murah (g tau knp lol)papico wrote: Sun Oct 20, 2024 7:19
Barusan sy transaksi di Jasutramotors. Btw, ada 2 ya . Yg centang ungu ( Jasutra Motor ) sama yg sy transaksi JasutraMotors. Sama sama bekasinya. Ntar kalo olinya meragukan, sy infokan lagi.
Pas sampe dua2nya batch codenya sama jg
Ane scan barcode sih aman, trs secara fisik ane perhatikan detil2 sama kondisi olinya sih harusnya aman om (compare to botol oli yg beli di official store). CMIIW
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 311
- Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Kalau saya justru terbalik.KielConstantine wrote: Sun Oct 20, 2024 5:14 Ngomongin mobil jarang jalan. Kadang ane mikir…
Keknya lebih bener kasih oli kualitas bagus (harga 200k keatas / liter). Tapi ganti nya 1 tahun sekali (long drain), bahkan telat ganti lewat 12 bulan jg masih ok
Drpd kasih oli kualitas gembel asal murah, tapi ntar ribet 6 bulan skali musti flushing bawa ke bengkel, itupun kalo inget (atau niat)
Ya pilihan masing2 individu sih (Read: tergantung kemampuan finansial)
Untuk yg jarang jalan, mending kasih oli standar API certified yg murah.
Kenapa API dan bukan ACEA?
Karena ACEA standard itu bukan certified, tapi sifatnya voluntary.
Jadi masalah benar2 sesuai dgn standar ACEA dikembalikan lagi ke produsen oli...ujung2nya ribet untuk produsen oli yg belum top tier dan punya nama besar.
Kalau top tier apa ada yg murah?
Jadi lebih aman pakai oli murah API certified, karena sdh diuji oleh 3rd party untuk mendapatkan API Donut.
Untuk yg sering jalan, kasih oli kualitas bagus.
Karena untuk pemakaian normal sesuai peruntukan mesin/mobilnya, perlindungan terhadap mesin dari oli2 murah yg sudah API certified (tentu juga dgn oli yg benar2 ACEA standar) hasilnya akan sama saja dgn oli kualitas bagus API certified.
Tapi kalau soal power (walaupun dalam margin yg sangat kecil, tapi cukup terasa), kehalusan suara mesin, dan long drain, oli kualitas bagus diatas oli murah.
Dan keuntungan itu yg perlu didapatkan untuk mobil yg sering jalan.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12547
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
mbah suhu lama gak munculdimasapri wrote: Sat Oct 26, 2024 3:31Kalau saya justru terbalik.KielConstantine wrote: Sun Oct 20, 2024 5:14 Ngomongin mobil jarang jalan. Kadang ane mikir…
Keknya lebih bener kasih oli kualitas bagus (harga 200k keatas / liter). Tapi ganti nya 1 tahun sekali (long drain), bahkan telat ganti lewat 12 bulan jg masih ok
Drpd kasih oli kualitas gembel asal murah, tapi ntar ribet 6 bulan skali musti flushing bawa ke bengkel, itupun kalo inget (atau niat)
Ya pilihan masing2 individu sih (Read: tergantung kemampuan finansial)
Untuk yg jarang jalan, mending kasih oli standar API certified yg murah.
Kenapa API dan bukan ACEA?
Karena ACEA standard itu bukan certified, tapi sifatnya voluntary.
Jadi masalah benar2 sesuai dgn standar ACEA dikembalikan lagi ke produsen oli...ujung2nya ribet untuk produsen oli yg belum top tier dan punya nama besar.
Kalau top tier apa ada yg murah?
Jadi lebih aman pakai oli murah API certified, karena sdh diuji oleh 3rd party untuk mendapatkan API Donut.
Untuk yg sering jalan, kasih oli kualitas bagus.
Karena untuk pemakaian normal sesuai peruntukan mesin/mobilnya, perlindungan terhadap mesin dari oli2 murah yg sudah API certified (tentu juga dgn oli yg benar2 ACEA standar) hasilnya akan sama saja dgn oli kualitas bagus API certified.
Tapi kalau soal power (walaupun dalam margin yg sangat kecil, tapi cukup terasa), kehalusan suara mesin, dan long drain, oli kualitas bagus diatas oli murah.
Dan keuntungan itu yg perlu didapatkan untuk mobil yg sering jalan.

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 311
- Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Betulll....Chr1stm1 wrote: Tue Oct 15, 2024 11:14Suryaputra wrote: Tue Oct 15, 2024 3:30 Looks like market amsoil bergeser, krn baru lihat agak sering dapat iklan nya akhir2 ini![]()
Screenshot 2024-10-15 102930.png
lagian jual oli 300rb per 946ml
hasil lab nya 11 12 sm si kuwait![]()
269rb di toda...pinter2 nyari marketplace donk mbah...
![]()
![]()
hasil lab 11 - 12
Hasil pantat dan kaki masih enak amsoil ss mbah, saya bukan sales btw, malah lagi pake q8 sama mobil 1 triplek![]()
Oli yg masuk kelas bagus jika uji lab pada mobil yg sama hasilnya akan 11 - 12
Asalkan sdh memenuhi standar API atau ACEA sesuai peruntukkannya saja pasti akan 11 - 12.
Untuk oli yg sdh API certified, UOA lebih berguna untuk mengetahui kesehatan mesin dan menguji olinya asli/palsu.
Bukan untuk membandingkan performance antar oli.
Makanya youtuber2 yg melakukan uji oli head to head tdk melakukan pendekatan hasil UOA.
Tapi langsung uji gesek dgn diberi beban beberapa kg dan uji viscosity dgn dimasukkan ke dalam kulkas sebelum adu race saat dituang.
Memang tdk akan terjadi di dunia nyata, tapi itulah cara yg paling bisa dipakai untuk uji kualitas terbaik dari oli2 yg diperbandingkan.
Kalau diuji ke dalam mesin sehat dan dipakai secara wajar, hasil UOA nya akan 11 - 12
Karena API dan ACEA sdh merancang standar oli dgn begitu teliti sehingga jika semua item2 standar mereka terpenuhi, oli akan bekerja dgn baik melindungi mesin.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 311
- Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Suhu panas atau dingin mbah?

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12547
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Panas dingin mbah

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1755
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
siap om, jadi makin cinta sama produk-produk Pertamina dehdimasapri wrote: Sat Oct 26, 2024 4:24Betulll....Chr1stm1 wrote: Tue Oct 15, 2024 11:14Suryaputra wrote: Tue Oct 15, 2024 3:30 Looks like market amsoil bergeser, krn baru lihat agak sering dapat iklan nya akhir2 ini![]()
Screenshot 2024-10-15 102930.png
lagian jual oli 300rb per 946ml
hasil lab nya 11 12 sm si kuwait![]()
269rb di toda...pinter2 nyari marketplace donk mbah...
![]()
![]()
hasil lab 11 - 12
Hasil pantat dan kaki masih enak amsoil ss mbah, saya bukan sales btw, malah lagi pake q8 sama mobil 1 triplek![]()
Oli yg masuk kelas bagus jika uji lab pada mobil yg sama hasilnya akan 11 - 12
Asalkan sdh memenuhi standar API atau ACEA sesuai peruntukkannya saja pasti akan 11 - 12.
Untuk oli yg sdh API certified, UOA lebih berguna untuk mengetahui kesehatan mesin dan menguji olinya asli/palsu.
Bukan untuk membandingkan performance antar oli.
Makanya youtuber2 yg melakukan uji oli head to head tdk melakukan pendekatan hasil UOA.
Tapi langsung uji gesek dgn diberi beban beberapa kg dan uji viscosity dgn dimasukkan ke dalam kulkas sebelum adu race saat dituang.
Memang tdk akan terjadi di dunia nyata, tapi itulah cara yg paling bisa dipakai untuk uji kualitas terbaik dari oli2 yg diperbandingkan.
Kalau diuji ke dalam mesin sehat dan dipakai secara wajar, hasil UOA nya akan 11 - 12
Karena API dan ACEA sdh merancang standar oli dgn begitu teliti sehingga jika semua item2 standar mereka terpenuhi, oli akan bekerja dgn baik melindungi mesin.

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12547
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
BenerAbdulHakim wrote: Sat Oct 26, 2024 8:59siap om, jadi makin cinta sama produk-produk Pertamina dehdimasapri wrote: Sat Oct 26, 2024 4:24Betulll....Chr1stm1 wrote: Tue Oct 15, 2024 11:14
269rb di toda...pinter2 nyari marketplace donk mbah...
![]()
![]()
hasil lab 11 - 12
Hasil pantat dan kaki masih enak amsoil ss mbah, saya bukan sales btw, malah lagi pake q8 sama mobil 1 triplek![]()
Oli yg masuk kelas bagus jika uji lab pada mobil yg sama hasilnya akan 11 - 12
Asalkan sdh memenuhi standar API atau ACEA sesuai peruntukkannya saja pasti akan 11 - 12.
Untuk oli yg sdh API certified, UOA lebih berguna untuk mengetahui kesehatan mesin dan menguji olinya asli/palsu.
Bukan untuk membandingkan performance antar oli.
Makanya youtuber2 yg melakukan uji oli head to head tdk melakukan pendekatan hasil UOA.
Tapi langsung uji gesek dgn diberi beban beberapa kg dan uji viscosity dgn dimasukkan ke dalam kulkas sebelum adu race saat dituang.
Memang tdk akan terjadi di dunia nyata, tapi itulah cara yg paling bisa dipakai untuk uji kualitas terbaik dari oli2 yg diperbandingkan.
Kalau diuji ke dalam mesin sehat dan dipakai secara wajar, hasil UOA nya akan 11 - 12
Karena API dan ACEA sdh merancang standar oli dgn begitu teliti sehingga jika semua item2 standar mereka terpenuhi, oli akan bekerja dgn baik melindungi mesin.murah, berkualitas dan memenuhi requirement dari Standard yang dibutuhkan
secara produk oli mesin,
Pertamina better than Shell
Tp klo servis ya emang beda..
makanya... olinya pertamina, bbm nya shell

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4359
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
saking setrongnya oli 0W16 seliter dapet 2 liter DGO 0W16...Suryaputra wrote: Tue Oct 15, 2024 8:15 masih kuat mata duitnya
paling setrong di dunia
kwd to usd.png

padahal alternatif 0W16 masih susah

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12547
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
kunaskun wrote: Sat Oct 26, 2024 11:48saking setrongnya oli 0W16 seliter dapet 2 liter DGO 0W16...Suryaputra wrote: Tue Oct 15, 2024 8:15 masih kuat mata duitnya
paling setrong di dunia
kwd to usd.png
padahal alternatif 0W16 masih susah![]()




Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 171
- Joined: Sat Sep 01, 2018 12:23
- Location: Padang
- Daily Vehicle: Honda Brio
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Kalau skenarionya begini:dimasapri wrote: Sat Oct 26, 2024 3:31 Kalau saya justru terbalik.
Untuk yg jarang jalan, mending kasih oli standar API certified yg murah.
Kenapa API dan bukan ACEA?
Karena ACEA standard itu bukan certified, tapi sifatnya voluntary.
Jadi masalah benar2 sesuai dgn standar ACEA dikembalikan lagi ke produsen oli...ujung2nya ribet untuk produsen oli yg belum top tier dan punya nama besar.
Kalau top tier apa ada yg murah?
Jadi lebih aman pakai oli murah API certified, karena sdh diuji oleh 3rd party untuk mendapatkan API Donut.
Untuk yg sering jalan, kasih oli kualitas bagus.
Karena untuk pemakaian normal sesuai peruntukan mesin/mobilnya, perlindungan terhadap mesin dari oli2 murah yg sudah API certified (tentu juga dgn oli yg benar2 ACEA standar) hasilnya akan sama saja dgn oli kualitas bagus API certified.
Tapi kalau soal power (walaupun dalam margin yg sangat kecil, tapi cukup terasa), kehalusan suara mesin, dan long drain, oli kualitas bagus diatas oli murah.
Dan keuntungan itu yg perlu didapatkan untuk mobil yg sering jalan.
1. Sering jalan, tp short trip. Maksimal 20km per hari,
2. Jarang jalan, tp sekali jalan, minimal 70km-100km, round trip bisa 150km-200km.
Oli bagaimana yg direkomendasikan untuk masing2 skenario tersebut, Om?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12547
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Oli asli dan fresh from pabrik.feri307 wrote: Sat Oct 26, 2024 13:57Kalau skenarionya begini:dimasapri wrote: Sat Oct 26, 2024 3:31 Kalau saya justru terbalik.
Untuk yg jarang jalan, mending kasih oli standar API certified yg murah.
Kenapa API dan bukan ACEA?
Karena ACEA standard itu bukan certified, tapi sifatnya voluntary.
Jadi masalah benar2 sesuai dgn standar ACEA dikembalikan lagi ke produsen oli...ujung2nya ribet untuk produsen oli yg belum top tier dan punya nama besar.
Kalau top tier apa ada yg murah?
Jadi lebih aman pakai oli murah API certified, karena sdh diuji oleh 3rd party untuk mendapatkan API Donut.
Untuk yg sering jalan, kasih oli kualitas bagus.
Karena untuk pemakaian normal sesuai peruntukan mesin/mobilnya, perlindungan terhadap mesin dari oli2 murah yg sudah API certified (tentu juga dgn oli yg benar2 ACEA standar) hasilnya akan sama saja dgn oli kualitas bagus API certified.
Tapi kalau soal power (walaupun dalam margin yg sangat kecil, tapi cukup terasa), kehalusan suara mesin, dan long drain, oli kualitas bagus diatas oli murah.
Dan keuntungan itu yg perlu didapatkan untuk mobil yg sering jalan.
1. Sering jalan, tp short trip. Maksimal 20km per hari,
2. Jarang jalan, tp sekali jalan, minimal 70km-100km, round trip bisa 150km-200km.
Oli bagaimana yg direkomendasikan untuk masing2 skenario tersebut, Om?
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 185
- Joined: Sun Nov 25, 2018 16:03
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Kalo menurut saya sih pakai oli termahal semampunya kantong om, misal budgetnya 200rb maka pakailah oli range harga tsb. Kualitas menurut saya 11-12. Dan ganti max 5000 km. Pasti amanferi307 wrote: Sat Oct 26, 2024 13:57Kalau skenarionya begini:dimasapri wrote: Sat Oct 26, 2024 3:31 Kalau saya justru terbalik.
Untuk yg jarang jalan, mending kasih oli standar API certified yg murah.
Kenapa API dan bukan ACEA?
Karena ACEA standard itu bukan certified, tapi sifatnya voluntary.
Jadi masalah benar2 sesuai dgn standar ACEA dikembalikan lagi ke produsen oli...ujung2nya ribet untuk produsen oli yg belum top tier dan punya nama besar.
Kalau top tier apa ada yg murah?
Jadi lebih aman pakai oli murah API certified, karena sdh diuji oleh 3rd party untuk mendapatkan API Donut.
Untuk yg sering jalan, kasih oli kualitas bagus.
Karena untuk pemakaian normal sesuai peruntukan mesin/mobilnya, perlindungan terhadap mesin dari oli2 murah yg sudah API certified (tentu juga dgn oli yg benar2 ACEA standar) hasilnya akan sama saja dgn oli kualitas bagus API certified.
Tapi kalau soal power (walaupun dalam margin yg sangat kecil, tapi cukup terasa), kehalusan suara mesin, dan long drain, oli kualitas bagus diatas oli murah.
Dan keuntungan itu yg perlu didapatkan untuk mobil yg sering jalan.
1. Sering jalan, tp short trip. Maksimal 20km per hari,
2. Jarang jalan, tp sekali jalan, minimal 70km-100km, round trip bisa 150km-200km.
Oli bagaimana yg direkomendasikan untuk masing2 skenario tersebut, Om?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Nomor 1 seperti mobil istri saya. Tiap hari keluar antar jemput anak sekolah saja, sesekali hangout sama grup ibu ibu ke mall atau makan siang rame², sebulan rata rata 300 - 600 km karena sekolah anak deket rumah. Selama ini pakai oli mobil super 2000 5w30 atau repsol gxr platinum 5w30 dan selalu ganti tiap 5000 km gak peduli berapa bulan tercapainya.andrejunior wrote: Sat Oct 26, 2024 15:59Kalo menurut saya sih pakai oli termahal semampunya kantong om, misal budgetnya 200rb maka pakailah oli range harga tsb. Kualitas menurut saya 11-12. Dan ganti max 5000 km. Pasti amanferi307 wrote: Sat Oct 26, 2024 13:57 Kalau skenarionya begini:
1. Sering jalan, tp short trip. Maksimal 20km per hari,
2. Jarang jalan, tp sekali jalan, minimal 70km-100km, round trip bisa 150km-200km.
Oli bagaimana yg direkomendasikan untuk masing2 skenario tersebut, Om?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 664
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
tapi DGO ini murah juga untuk ukuran 0w16 150kan perliter kalo kyukyu kemaren ada itu 300k wkwkwkw emang beli 1 kyu dapet 2 dgo.kunaskun wrote: Sat Oct 26, 2024 11:48saking setrongnya oli 0W16 seliter dapet 2 liter DGO 0W16...Suryaputra wrote: Tue Oct 15, 2024 8:15 masih kuat mata duitnya
paling setrong di dunia
kwd to usd.png
padahal alternatif 0W16 masih susah![]()
anyway apakah ini berarti bentaran muncul tuh PFG 0w16 secara DGO kan masih manufactured by plat merah y
apalagi ini techno di kota ane lagi promo dimana2, kalo yang di utube sih banyak yang pake techno 5w30 katanya mayan cman di 4000an udah ganeag. mantep juga sih bisa jadi alt. oli dibawah 100k dimana taun depan PPn 12%Suryaputra wrote: Sat Oct 26, 2024 9:13BenerAbdulHakim wrote: Sat Oct 26, 2024 8:59siap om, jadi makin cinta sama produk-produk Pertamina dehdimasapri wrote: Sat Oct 26, 2024 4:24
Betulll....
Oli yg masuk kelas bagus jika uji lab pada mobil yg sama hasilnya akan 11 - 12
Asalkan sdh memenuhi standar API atau ACEA sesuai peruntukkannya saja pasti akan 11 - 12.
Untuk oli yg sdh API certified, UOA lebih berguna untuk mengetahui kesehatan mesin dan menguji olinya asli/palsu.
Bukan untuk membandingkan performance antar oli.
Makanya youtuber2 yg melakukan uji oli head to head tdk melakukan pendekatan hasil UOA.
Tapi langsung uji gesek dgn diberi beban beberapa kg dan uji viscosity dgn dimasukkan ke dalam kulkas sebelum adu race saat dituang.
Memang tdk akan terjadi di dunia nyata, tapi itulah cara yg paling bisa dipakai untuk uji kualitas terbaik dari oli2 yg diperbandingkan.
Kalau diuji ke dalam mesin sehat dan dipakai secara wajar, hasil UOA nya akan 11 - 12
Karena API dan ACEA sdh merancang standar oli dgn begitu teliti sehingga jika semua item2 standar mereka terpenuhi, oli akan bekerja dgn baik melindungi mesin.murah, berkualitas dan memenuhi requirement dari Standard yang dibutuhkan
secara produk oli mesin,
Pertamina better than Shell
Tp klo servis ya emang beda..
makanya... olinya pertamina, bbm nya shell![]()
