apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

faizzz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 412
Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
Location: Yogyakarta

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by faizzz »

darrelund wrote: Thu Oct 24, 2024 7:04
ilhami wrote: Thu Oct 24, 2024 6:55 BYD juga mampu menyederhanakan suku cadang di dalam mobil-mobil listrik mereka. Contohnya adalah E-Axle yang mengintegrasikan total delapan komponen seperti motor, inverter, serta reducer.

https://www.mobil123.com/berita/jepang- ... 500/139500
semua di integrasi ke 1 unit, batere cell di las mati

mantep tuh, klo 1 komponen terminal damage & gabisa di repair ganti segelondong, mau kluar duit brp tuh

klo masi mau pikir" repairability, bisa pilih hyundai :big_biglaugh:

makanya warranty EV banyak T&C nya
Waktu test drive liat kolong Kona yang baru, kayaknya "lebih mudah" buat nyopot batrenya
Image
Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by Andhyka »



Katanya hybrid mesinnya kurang awet karena mesin bolak balik nyala mati nyala mati. Temperatur mesin rendah sehingga olinya kental tidak mampu melumasi seluruh komponen mesin. Akibatnya metal beradu metal.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 943
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by zonepublic »

Andhyka wrote: Thu Oct 24, 2024 12:13

Katanya hybrid mesinnya kurang awet karena mesin bolak balik nyala mati nyala mati. Temperatur mesin rendah sehingga olinya kental tidak mampu melumasi seluruh komponen mesin. Akibatnya metal beradu metal.
Bukannya makin rendah temperatur malah makin encer olinya ya?
Kalo minyak goreng kebalikannya
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by Suryaputra »

zonepublic wrote: Thu Oct 24, 2024 12:15
Andhyka wrote: Thu Oct 24, 2024 12:13

Katanya hybrid mesinnya kurang awet karena mesin bolak balik nyala mati nyala mati. Temperatur mesin rendah sehingga olinya kental tidak mampu melumasi seluruh komponen mesin. Akibatnya metal beradu metal.
Bukannya makin rendah temperatur malah makin encer olinya ya?
Kalo minyak goreng kebalikannya
sama aja
sifat minyak
makin panas makin encer

udah pernah test
ngerebus oli di sendok wkwkwkw
klo panas dah kayak air sirup

makanya oli mesin hybrid yg direkomen 0w8 - 0w16
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by darrelund »

Andhyka wrote: Thu Oct 24, 2024 12:13

Katanya hybrid mesinnya kurang awet karena mesin bolak balik nyala mati nyala mati. Temperatur mesin rendah sehingga olinya kental tidak mampu melumasi seluruh komponen mesin. Akibatnya metal beradu metal.
sebenernya secara operate mah sama aja um kyk ICE biasa

dan mesin skrg ud canggih juga, pasti penyimpanan panasnya ud dipikirin. mungkin krn itu jg makanya rata" hybrid jaman skrg hi-comp semua, supaya cepet panas

dulu malah toyota waktu 2000an awal ada tabung heaternya

Image
Image
Image

sumber : https://www.theautopian.com/the-same-te ... ota-prius/

terus jadi PTC heater
Image
skrg toyota gen 5 kykna pure coolant tok
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by darrelund »

faizzz wrote: Thu Oct 24, 2024 12:08 Waktu test drive liat kolong Kona yang baru, kayaknya "lebih mudah" buat nyopot batrenya
Image
ini kykna grgr baterey nya ud ga muat makanya ngegantung gitu, kyk omoda E5 :big_biglaugh:

tapi yah (disini) hyundai salah satu yg repairable, minimal cell packnya dedesain buat diganti

byd modelnya sama kyk tesla, di las mati
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by darrelund »

b0ku wrote: Thu Oct 24, 2024 11:28
KAN mau di bikin kayak hp las mati semua sampe batre ud gampang bisa copot2x sekarang juga di tanem semua, nanti jgn kaget rodanya juga di las ke chasis :wkkk:
tapi biasanya tar klo ud rame yg pakai

ada aja mbah akalnya

aipun yang motherboard di solder 2 lapis, dulu pada panik skrg alat buat misahin & sambung lagi banyak

:big_biglaugh:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by ilhami »

kayak hape dulu ic power masih bisa diganti, sekarang udah menyatu semua jadi satu board, harus ganti semua.
faizzz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 412
Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
Location: Yogyakarta

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by faizzz »

darrelund wrote: Thu Oct 24, 2024 14:31

ini kykna grgr baterey nya ud ga muat makanya ngegantung gitu, kyk omoda E5 :big_biglaugh:

tapi yah (disini) hyundai salah satu yg repairable, minimal cell packnya dedesain buat diganti

byd modelnya sama kyk tesla, di las mati
Apa karena memang dia basisnya ICE ya jadi batrenya ngegantung begitu?
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by b0ku »

faizzz wrote: Thu Oct 24, 2024 12:08

Waktu test drive liat kolong Kona yang baru, kayaknya "lebih mudah" buat nyopot batrenya
Image
WHUIHHHH mantep biar garansi cepet angusssss.................... :big_exellent:


kena batu dikit dhuaaaack......................!!!!!!


besok pas batrenya trouble bawa ke hyundei lsg di reject warrantynya.....................waaah ini ud hantem batu pak...... :ngacir:
faizzz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 412
Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
Location: Yogyakarta

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by faizzz »

b0ku wrote: Thu Oct 24, 2024 22:20
faizzz wrote: Thu Oct 24, 2024 12:08

Waktu test drive liat kolong Kona yang baru, kayaknya "lebih mudah" buat nyopot batrenya
Image
WHUIHHHH mantep biar garansi cepet angusssss.................... :big_exellent:


kena batu dikit dhuaaaack......................!!!!!!


besok pas batrenya trouble bawa ke hyundei lsg di reject warrantynya.....................waaah ini ud hantem batu pak...... :ngacir:
Not suitable for Wakandan roads berarti :big_biglaugh:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Thu Oct 24, 2024 22:20
faizzz wrote: Thu Oct 24, 2024 12:08

Waktu test drive liat kolong Kona yang baru, kayaknya "lebih mudah" buat nyopot batrenya
Image
WHUIHHHH mantep biar garansi cepet angusssss.................... :big_exellent:


kena batu dikit dhuaaaack......................!!!!!!


besok pas batrenya trouble bawa ke hyundei lsg di reject warrantynya.....................waaah ini ud hantem batu pak...... :ngacir:
Ini emg mobil metropolitan use.
Resiko kena batu kecil.

:upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by Bibieight »

b0ku wrote: Thu Oct 24, 2024 22:20

WHUIHHHH mantep biar garansi cepet angusssss.................... :big_exellent:


kena batu dikit dhuaaaack......................!!!!!!


besok pas batrenya trouble bawa ke hyundei lsg di reject warrantynya.....................waaah ini ud hantem batu pak...... :ngacir:
Naah itu oom B0ku saya gedeg-nya ama sales ya disini. Kagak ada tu pelajaran pake EV, yang penting jual-jual-jual-komisi-komisi-komisi-cuan-cuan-cuan....

Pokoknya kalo dhuaaaack, langsung bawa bengkel, kalo ada OBD cek OBD, kalo voltase rata amaaan, kalo satu cell beda bawa bengkel, kalo dibiarin ya lama2 mbledug itu mobil, punya saya yg mlenyok paling dalem langsung beda 0.2V ama temennya, ini lun dibongkar dah tau.....

Kalo pdg EV wajib punya OBD, sama install car scanner pro pokoknya, jangan model pdg modal bawa corong+selang ama ketok2 bodi doang :big_peace: :big_peace: :big_peace:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Fri Oct 25, 2024 0:33
Naah itu oom B0ku saya gedeg-nya ama sales ya disini. Kagak ada tu pelajaran pake EV, yang penting jual-jual-jual-komisi-komisi-komisi-cuan-cuan-cuan....

Pokoknya kalo dhuaaaack, langsung bawa bengkel, kalo ada OBD cek OBD, kalo voltase rata amaaan, kalo satu cell beda bawa bengkel, kalo dibiarin ya lama2 mbledug itu mobil, punya saya yg mlenyok paling dalem langsung beda 0.2V ama temennya, ini lun dibongkar dah tau.....

Kalo pdg EV wajib punya OBD, sama install car scanner pro pokoknya, jangan model pdg modal bawa corong+selang ama ketok2 bodi doang :big_peace: :big_peace: :big_peace:
saya kemaren ada nanya inspektor kalo EV gimana kata mereka ya ud cek body kaki2x aman baru cek ke hyundei masi garansi gak............. :mky_07:

saking ud gak ngerti dan belom bisa belajar lagi..... :big_biglaugh:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 659
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Fri Oct 25, 2024 0:44
Bibieight wrote: Fri Oct 25, 2024 0:33
Naah itu oom B0ku saya gedeg-nya ama sales ya disini. Kagak ada tu pelajaran pake EV, yang penting jual-jual-jual-komisi-komisi-komisi-cuan-cuan-cuan....

Pokoknya kalo dhuaaaack, langsung bawa bengkel, kalo ada OBD cek OBD, kalo voltase rata amaaan, kalo satu cell beda bawa bengkel, kalo dibiarin ya lama2 mbledug itu mobil, punya saya yg mlenyok paling dalem langsung beda 0.2V ama temennya, ini lun dibongkar dah tau.....

Kalo pdg EV wajib punya OBD, sama install car scanner pro pokoknya, jangan model pdg modal bawa corong+selang ama ketok2 bodi doang :big_peace: :big_peace: :big_peace:
saya kemaren ada nanya inspektor kalo EV gimana kata mereka ya ud cek body kaki2x aman baru cek ke hyundei masi garansi gak............. :mky_07:

saking ud gak ngerti dan belom bisa belajar lagi..... :big_biglaugh:
kalo di OBD yang baru bisa check tuh level batterynya.
yang masih penasaran itu check level di Electrive drive unit ( tranmisi ma motor listriknya )mau gak mau harrus ngolong itu.
lumayan juga tuh 4000 usd = 60 juta IDR
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 659
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by kayukayuthe5th »

Andhyka wrote: Thu Oct 24, 2024 12:13

Katanya hybrid mesinnya kurang awet karena mesin bolak balik nyala mati nyala mati. Temperatur mesin rendah sehingga olinya kental tidak mampu melumasi seluruh komponen mesin. Akibatnya metal beradu metal.
kalo dari jason engineering explained. yah elu kalo punya hybrid minimal kasi oli dengan API SP dengan visko 0w20 dah, rata2 skrg oli hybrid 0w16,0w12, bahkan 0w8. taun depan FYI udah ada standradisasi ILSAC GF-7 ma API SQ so yah moving with the time. :big_smile]
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by Suryaputra »

kayukayuthe5th wrote: Fri Oct 25, 2024 4:28
Andhyka wrote: Thu Oct 24, 2024 12:13

Katanya hybrid mesinnya kurang awet karena mesin bolak balik nyala mati nyala mati. Temperatur mesin rendah sehingga olinya kental tidak mampu melumasi seluruh komponen mesin. Akibatnya metal beradu metal.
kalo dari jason engineering explained. yah elu kalo punya hybrid minimal kasi oli dengan API SP dengan visko 0w20 dah, rata2 skrg oli hybrid 0w16,0w12, bahkan 0w8. taun depan FYI udah ada standradisasi ILSAC GF-7 ma API SQ so yah moving with the time. :big_smile]
iya harus pastiin ke bengkel resmi dikasih maximal visco w20
klo ada w16 better.

hybrid mesinnya mati nyala, jd harus oli mesin kondisi cold - anget udah cukup encer untuk melumasi ke celah sempit mesin
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by darrelund »

faizzz wrote: Thu Oct 24, 2024 16:38
Apa karena memang dia basisnya ICE ya jadi batrenya ngegantung begitu?
setau oe dia EV dulu baru ICE

tapi ya betul krn kompromi tsb, makanya batere gantung

klo mau rata lantai dgn baterey segitu, ya jadinya kyk ioniq 5, whellbasenya extra panjang :big_biglaugh:
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 770
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by timbermaniac123 »

faizzz wrote: Thu Oct 24, 2024 12:08
Waktu test drive liat kolong Kona yang baru, kayaknya "lebih mudah" buat nyopot batrenya
Image
Wah baru mulai melirik2 kona, liat kolongnya begini mundur teratur de. Kemarin aja kolong voxy kena benturan kena jembatan di muara karang, tapi kayanya aman kena rangka yang kokoh.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by Suryaputra »

timbermaniac123 wrote: Fri Oct 25, 2024 15:54
faizzz wrote: Thu Oct 24, 2024 12:08
Waktu test drive liat kolong Kona yang baru, kayaknya "lebih mudah" buat nyopot batrenya
Image
Wah baru mulai melirik2 kona, liat kolongnya begini mundur teratur de. Kemarin aja kolong voxy kena benturan kena jembatan di muara karang, tapi kayanya aman kena rangka yang kokoh.
Kyk om0da yaa
Batre rada gantung gak sejajar sasis
Biar maximize ruang kaki :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Fri Oct 25, 2024 22:55
Kyk om0da yaa
Batre rada gantung gak sejajar sasis
Biar maximize ruang kaki :mky_03:
dibilang biar garansi gampang VOID............ :big_weee:

ABIS ITU tinggal lepas tangan waaah ini ud bocel bocel pak.................... :ngacir:

inget klausul garansi cherry

*kalo cacat pabrik............. :ngacir:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by kunaskun »

Andhyka wrote: Thu Oct 24, 2024 12:13

Katanya hybrid mesinnya kurang awet karena mesin bolak balik nyala mati nyala mati. Temperatur mesin rendah sehingga olinya kental tidak mampu melumasi seluruh komponen mesin. Akibatnya metal beradu metal.
kalau baca komennya malah si Engineering Explained kena bashing, ketahuan banget titipan sponsornya.
ada yang bahas, dari sejak lama, engineer toyota udah siapin heater dll, biarpun masih zaman mechanical oil pump.
dan apapun itu, kan in Toyota We Trust :big_biglaugh:
kalau bukan triple elips mau percaya siapa lagi :mky_03:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by kunaskun »

b0ku wrote: Fri Oct 25, 2024 23:33
dibilang biar garansi gampang VOID............ :big_weee:

ABIS ITU tinggal lepas tangan waaah ini ud bocel bocel pak.................... :ngacir:

inget klausul garansi cherry

*kalo cacat pabrik............. :ngacir:
saatnya business bengkel las mbah,
kan banyak tu yg bikin tanduk ala2 pake brand sana sini, nah bikin juga, tapi khusus EV battery pack shield,
material titanium, Tesla style :mky_03: :mky_03:
terus kasih winglet biar nambah aero :ungg:
Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by Bibieight »

kunaskun wrote: Sat Oct 26, 2024 12:01
saatnya business bengkel las mbah,
kan banyak tu yg bikin tanduk ala2 pake brand sana sini, nah bikin juga, tapi khusus EV battery pack shield,
material titanium, Tesla style :mky_03: :mky_03:
terus kasih winglet biar nambah aero :ungg:
Mode serius oom Kunaskun, kira2 workshop di Jabodetabek yg bisa bikin bar aluminium model gini :
tesla-model-s_100463203_l.jpg
Dimana ya ?, mayan ni bisa laris. Tinggal bikin macem2 model sesuai attachment point-nya, minimal batu ketendang keluar.
Contoh Ioniq 5, bisa dipasang di crossmember depan tuh, malah sebelum ban. Nah kalo pelat cover connector-nya bisa dibaut ke attachment point sling pas naik car carrier.

Nemu gambarnya disini :
https://www.greencarreports.com/news/10 ... ail-photos
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by kunaskun »

Bibieight wrote: Sat Oct 26, 2024 12:11 Mode serius oom Kunaskun, kira2 workshop di Jabodetabek yg bisa bikin bar aluminium model gini :
tesla-model-s_100463203_l.jpg
Dimana ya ?, mayan ni bisa laris. Tinggal bikin macem2 model sesuai attachment point-nya, minimal batu ketendang keluar.
Contoh Ioniq 5, bisa dipasang di crossmember depan tuh, malah sebelum ban. Nah kalo pelat cover connector-nya bisa dibaut ke attachment point sling pas naik car carrier.

Nemu gambarnya disini :
https://www.greencarreports.com/news/10 ... ail-photos
banyak mbah kalau "cuma" aluminum bar begitu.
malah bengkel las aluminum juga bisa, yang repot sourcing aluminum bar segede dan setebel gitu kemana. dan sepertinya itu grade khusus ya, sampe bisa buat jadi impact deflector.

btw, ini Tesla model S Titanium undershield, concrete block aja dilibas :big_smoking: :mky_02:
https://www.extremetech.com/cars/179422 ... ually-zero