marmut wrote: Tue Aug 20, 2024 18:20
singachu wrote: Tue Aug 20, 2024 9:35
tapi yang susah itu cari lingkaran kuning yang pas ama radiator sih....
pemasangan ke radiator ga maksa ya ? kuatirnya kalau radiator dah berumur terus jadi crack gara2 paksain masuk
regards,
singachu
langkah pertama,
pilih dulu adaptor tutup radiator yg sesuai dengan kendaraan masing².
ada 5 pilihan yg dikasih, 2 drat (besar & kecil), 3 lg model spt tutup radiator mobil² pada umumnya.
ini ada 3 ukuran, besar (spt untuk CJ7 dan mbl lawas 70-80 awal), medium dan kecil.
20240821_004855.jpg
langkah kedua,
setelah terpasang di radiator, spt ini penampakan adaptor tutupnya...
20240821_004924.jpg
langkah ketiga,
pasang corongnya ke adaptor.
yg akang omni sebut bentuknya mengerucut ya spt ini,
20240821_005036.jpg
tekan sekedarnya saja. nggak perlu nekan spt lg dorong mobil mau jump start.
langkah keempat,
tuas/as/gagang/apa lah nama sebutannya, berfungsi buat buka-tutup klep di bagian kerucut. pastiin tuasnya terangkat dan klepnya terbuka supaya cairan radiator bisa masuk.
20240821_010202.jpg
20240821_005157.jpg
langkah kelima,
(kalo saya) isi cairan maksimal setengah dr kapasitas corong.
kalo habis, ya tambahin lg sampe setengah dr kapasitas.
langkah keenam,
nyalain mesin sambil tahan idle di 2500 rpm.
tambahin cairan kalo kurang.
yg pake electric fan, tunggu sampe fan nyala setidaknya 2x dan liat di corong kalo cairan udah nggak turun lg artinya sudah penuh.
langkah ketujuh,
matiin mesin, tutup tuas dgn cara dorong ke bawah sampe ada suara klik. gunanya supaya klep nutup dan cairan nggak tumpah saat corong diangkat.
20240821_005128.jpg
pelan² angkat corong dr adaptornya.
lepas adaptor tutup dr radiator.
pasang tutup radiator.
selesai.
tambahin cairan di tabung reservoir bila perlu.
n.b:
corong set ini di lelang, buka harga mulai 450ribu rupiah bebas ongkir se pulau jawa.
siapa cepat dia dapat.
ayo.... penawaran pertama 450 ribu.....
apa saya dengar 475rb dari om yg di pojok?