Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
kang, minta kuliah lg dong.... masalah ratchet handle a.k.a gagang trelek.
apa ada hubungan antara kekuatan ratchet dgn back drag?
misal yg back drag-nya lbh seret kaya ratchet insert head kepunyaan stalwil itu lbh kuat drpd yg back drag-nya halus kaya kepunyaan gedore gelenk?
kang, minta kuliah lg dong.... masalah ratchet handle a.k.a gagang trelek.
apa ada hubungan antara kekuatan ratchet dgn back drag?
misal yg back drag-nya lbh seret kaya ratchet insert head kepunyaan stalwil itu lbh kuat drpd yg back drag-nya halus kaya kepunyaan gedore gelenk?
model pouch itu yg buat kunci ringpas? sempet kepikir pengen beli kunci ringpas yg 100ribuan, tempatnya saya pake, kuncinya dikiloin.
lha aku lebih kere hore hore dong dari botol bekas
Padahal holder stanley itu yg pakai banyak ya, kenapa ga ada yang jual terpisah
tp mirip hoder plastik buat mata socket sih, kalau beli se set kayak ga ada harganya, padahal kalau mau dipotong diambil socket railnya aja bisa juga tuh, tapi kalaupun ada yang jual terpisah harganya mahal, lebih murah socket rail gestar
Model pouch sih aku sempat kepikir bikin sendiri beli kain meteran terus jahit sendiri, kebetulan ada mesin jahit bisa dipinjem
Masalahnya aku ga suka, pas sampe lokasi mesti ngegelar pouchnya, ga enak, paling enaknya buat taro bagasi aja praktis, atau ya digantung di dinding kali, cuman abis2in tempat kalau gantung di dinding.
Ada yang bikin holder2 dari balok kayu 4x4 terus di gergaji jadi slot2, cuman kegedean aja kalau kayu.
ada lagi yang bikin dari kanal C galvalum terus digunting slot2....cuman kok jadi tajam aja
Mas2k wrote: Fri Aug 16, 2024 8:04
Selamat siang Gan
Perkenalkan, ane nubie di sini, selama ini cuma silent reader jarang buka SM malah .
Biasanya main di forum sebelah (itu juga yang satu udah sepi dan yang satu lagi udah tutup jadi gak pernah main forum lagi )
Oke langsung aja ya.
Ane mau beli ratchet 1/2, keperluannya paling untuk buka busi mobil dan motor atau buat bongkar - bongkar motor lah.
Untuk buka busi mobil, mobil ane Brio jadi butuh ratchet yang ukurannya ringkas karena poisisnya rada sempit (walaupun gak sesempit Freed sih ).
Nah, kira - kira ada rekomendasi gak ratchet yang murmer, tapi lumayan bagus, seenggaknya awet lah.
Btw ini list ane
Mungkin agan di sini bisa "mencerahkan" pilihan ane
WhatsApp Image 2024-08-16 at 00.18.58 (2).jpeg
WhatsApp Image 2024-08-16 at 00.18.58.jpeg
WhatsApp Image 2024-08-16 at 00.18.58 (1).jpeg
WhatsApp Image 2024-08-16 at 00.18.57.jpeg
Sebelumnya terima kasih kepada agan - agan senior di sini, ane tunggu pencerahannya ya.
udah dikomeng ama para mbah suhu di atas ya terutama penggunaan drive 1/2" buat busi aku dulu juga pakai drive 1/2" buat busi ,
ane mau komeng lagi tapi sebatas share pengalaman aja.....
1. untuk 3 in 1, kalau memang kebutuhannya tempat sempit, itu malah sering jadi masalah karena tonjolan sisi sebaliknya itu malah sering jadi kepentok, ini contoh yang aku punya, dual aja padahal 3/8 dan 1/4, tapi profil gede, biarpun stubby harusnya enak buat tempat sempit tapi profil head tebel ditambah 2 in 1 nya yang bikin kepentok malah jadi ga kepake :
Kalau yang mollar 3 in 1 itu kalau ga salah bagian drive 1/4 nempel di 1/2 ya ? Aku blom pernah pegang barangnya sih, tapi bayanganku om bakalan ga bisa pasang ekstension 1/2 ke sana karena keganjal ama drive 1/4 nya..... mungkin ya cuman ngebayangin aja....
2. ISKU drive 1/2" 45 teeth untuk durability...... ya durability harus dilihat jangka panjang sih, kalau jangka pendek mungkin kekuatan internal ratchetnya ya ? Ya tergantung aliran pakai toolsnya kalau break free ga mau pakai ratchet tapi pakai stang L atau breaker bar ya ratchet pasti awet lah. Kecuali kalau udah ga ada tools yang sudutnya pas kecuali ratchet dan terpaksa kendorin baut kenceng pakai ratchet baru perlu diperhatikan.
Dan kalaupun untuk tujuan kenyamanan penggunaan ratchet budget, menurut pengalamanku sih 72 teeth itu sweet spot nya sih.
Terus ada yang bilang gigi kasar akan lebih kuat daripada gigi alus....well ga sepenuhnya bener nurutku, tergantung bentuk pawlnya juga.
72 teeth buat 108 Nm udah aku tes nih :
3. Jetjo.... untuk yang 72 teeth dengan bentuk kepala pear shape.... sepertinya 1 design dipake rame2, ya artinya kuat2 aja, tinggal beda kerapian aja ama model handle aja.
Jetjo aku punya tang slip joint, jelek parah handlenya, belum apa2 copot ya semoga yang ke handle kuat ga melintir seperti handle tang
4. coba bandingkan stang L vs breaker bar, aku sih lebih suka breaker bar.....
atau kalau yang teleskopik ratchet 72 teeth tapi ga geleng2 tapi mau murah di 100rb, bisa bonkyo, atau kalau yang sama ya isku, itu mayan kuat kok, kalau pun ntar rusak juga murah ga sampe sakit hati
Kelemahannya kadang butuh flexible head, nah kalau ini blom ada yang masukin generik jadi ya ke merk JTC saja
HTH, tapi balik lagi yang proper ngikutin saran mbah2 di atas
kang, minta kuliah lg dong.... masalah ratchet handle a.k.a gagang trelek.
apa ada hubungan antara kekuatan ratchet dgn back drag?
misal yg back drag-nya lbh seret kaya ratchet insert head kepunyaan stalwil itu lbh kuat drpd yg back drag-nya halus kaya kepunyaan gedore gelenk?
mohon pencerahannya.
mbah nitip mau ikutan kelas kuliahnya....
soal backdrag vs kekuatan ratchet sepertinya tidak terkait secara langsung.
Contoh koken zeal 72 teeth vs koken zeal 36 teeth, design yang 72 teeth dibikin lebih ringan backdragnya tapi karena surface contact bisa ditambah malah claimnya makin kuat 10%
capture1.JPG
capture2.JPG
memang ada yang coba menurunkan tension per biar idling backdragnya turun bikin tekanan pawl ke roda giginya ringan cuman beresiko selip....
Kalau yang aku coba baca2 dan simpulkan sih, diluar bahan pembuatnya, yang menentukan kekuatan ratchetnya adalah surface contact roda gigi ke pawlnya, total luasannya makin gede maka makin kuat / tidak mudah selip.
luasan dipengaruhi dari tebalnya roda gigi dan tebal pawl yang nahan. jumlah gigi di roda gigi vs gigi di pawl yang bertautan.
cuman ngitung/ngukurnya yang susah
kalau tebel roda gigi bisa diukur pakai sigmat, jumlah gigi di pawl bisa dihitung, tapi kalau diliat ga 100% gigi di pawl yang nempel ke roda gigi itu ngeplek sempurna.....ini yang susah ngukurnya jadinya.
Tapi kekuatan ratchet kalau liat di project farm, adakalanya yang kalah bukan di teethnya, tapi di drive nya yang patah duluan, dan kecenderungannya yang quick release lebih lemah karena ada dilubangi buat mekanisme quick releasenya.
sedangkan trelek gelenk itu mesti diliat fork dari gelengnya, besarnya pin dari gelenknya, kadang failure point nya malah di sana.....
ini balik lagi diluar pengerasan material, baru visual pengukuran aja.
Aku ada 3 ratchet 72 teeth dengan design yang serupa, bahkan bisa aku pindah2 roda giginya, anehnya backdragnya bisa beda jauh, ntah apa yang membedakan.
Sementara baru itu aja yang aku tau, menunggu kuliahan dari mbah omni
regards,
singachu
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
O ya nanya soal funnel / corong buat kuras / bleeding radiator.
kapan lalu coba kuras radiator avanza, udah buka baut bleeder dan kasih selang, dan coba arahkan selang ke mulut radiator,
Cuman dari mulut radiator keburu meluap terus, pasang corong ga sealed jadi sama aja meluap dari sela2 corongnya....
Karena butuh dadakan ambil botol minuman, tapi ternyata sama saja ga bisa pas. cobain corong2 plastik yang aku punya sama semuanya ga pas.
singachu wrote: Tue Aug 20, 2024 5:53
O ya nanya soal funnel / corong buat kuras / bleeding radiator.
kapan lalu coba kuras radiator avanza, udah buka baut bleeder dan kasih selang, dan coba arahkan selang ke mulut radiator,
Cuman dari mulut radiator keburu meluap terus, pasang corong ga sealed jadi sama aja meluap dari sela2 corongnya....
Karena butuh dadakan ambil botol minuman, tapi ternyata sama saja ga bisa pas. cobain corong2 plastik yang aku punya sama semuanya ga pas.
ada rekomen yang murmer kere hore ?
regards,
singachu
sejak pembatasan impor jadi ga ada yg murah lagi om, di marketplace banyaknya PreOrder dan harganya juga jadi mahal.
singachu wrote: Tue Aug 20, 2024 5:53
O ya nanya soal funnel / corong buat kuras / bleeding radiator.
kapan lalu coba kuras radiator avanza, udah buka baut bleeder dan kasih selang, dan coba arahkan selang ke mulut radiator,
Cuman dari mulut radiator keburu meluap terus, pasang corong ga sealed jadi sama aja meluap dari sela2 corongnya....
Karena butuh dadakan ambil botol minuman, tapi ternyata sama saja ga bisa pas. cobain corong2 plastik yang aku punya sama semuanya ga pas.
ada rekomen yang murmer kere hore ?
regards,
singachu
sejak pembatasan impor jadi ga ada yg murah lagi om, di marketplace banyaknya PreOrder dan harganya juga jadi mahal.
22nya saya pake dan nggak mengecewakan. paling sering pake yg telescopic. yg gambar pertama, enteng, enak buat kerja nggak ngebebanin pergelangan tangan.
buat buka mur roda paling enak pake gagang yg panjangan kaya ini,
gambarnya ada di halaman blakang cari² aja jgn males.
DOHC wrote: Fri Aug 16, 2024 23:34
buka busi ngapain pake racet 1/2 in drive, ini percis kaya montir2 asemreges musatek ama proyek senen sana
oprek mesin mobil motor (slama ga buka deksel atau enjin monting) pake racet 3/8 in drive aj
bsa pake monotaro punya kaya mbah marmut blg, atau jtc punya jg bagus (mumpung belom goreng harga doi)
tapi kl mau pake sendiri
bagusan pake KTC atau tone
Hahaha iya sih, ane pikir mau beli yang 1/2 soalnya buat sekalian manfaatin kerja yang lainnya. Kayaknya emang perlu 3/8 dan 1/4 juga ya.
Oke gan Terima Kasih sarannya
singachu wrote: Mon Aug 19, 2024 2:26
udah dikomeng ama para mbah suhu di atas ya terutama penggunaan drive 1/2" buat busi aku dulu juga pakai drive 1/2" buat busi ,
ane mau komeng lagi tapi sebatas share pengalaman aja.....
1. untuk 3 in 1, kalau memang kebutuhannya tempat sempit, itu malah sering jadi masalah karena tonjolan sisi sebaliknya itu malah sering jadi kepentok, ini contoh yang aku punya, dual aja padahal 3/8 dan 1/4, tapi profil gede, biarpun stubby harusnya enak buat tempat sempit tapi profil head tebel ditambah 2 in 1 nya yang bikin kepentok malah jadi ga kepake :
Kalau yang mollar 3 in 1 itu kalau ga salah bagian drive 1/4 nempel di 1/2 ya ? Aku blom pernah pegang barangnya sih, tapi bayanganku om bakalan ga bisa pasang ekstension 1/2 ke sana karena keganjal ama drive 1/4 nya..... mungkin ya cuman ngebayangin aja....
2. ISKU drive 1/2" 45 teeth untuk durability...... ya durability harus dilihat jangka panjang sih, kalau jangka pendek mungkin kekuatan internal ratchetnya ya ? Ya tergantung aliran pakai toolsnya kalau break free ga mau pakai ratchet tapi pakai stang L atau breaker bar ya ratchet pasti awet lah. Kecuali kalau udah ga ada tools yang sudutnya pas kecuali ratchet dan terpaksa kendorin baut kenceng pakai ratchet baru perlu diperhatikan.
Dan kalaupun untuk tujuan kenyamanan penggunaan ratchet budget, menurut pengalamanku sih 72 teeth itu sweet spot nya sih.
Terus ada yang bilang gigi kasar akan lebih kuat daripada gigi alus....well ga sepenuhnya bener nurutku, tergantung bentuk pawlnya juga.
72 teeth buat 108 Nm udah aku tes nih :
3. Jetjo.... untuk yang 72 teeth dengan bentuk kepala pear shape.... sepertinya 1 design dipake rame2, ya artinya kuat2 aja, tinggal beda kerapian aja ama model handle aja.
Jetjo aku punya tang slip joint, jelek parah handlenya, belum apa2 copot ya semoga yang ke handle kuat ga melintir seperti handle tang
4. coba bandingkan stang L vs breaker bar, aku sih lebih suka breaker bar.....
atau kalau yang teleskopik ratchet 72 teeth tapi ga geleng2 tapi mau murah di 100rb, bisa bonkyo, atau kalau yang sama ya isku, itu mayan kuat kok, kalau pun ntar rusak juga murah ga sampe sakit hati
Kelemahannya kadang butuh flexible head, nah kalau ini blom ada yang masukin generik jadi ya ke merk JTC saja
HTH, tapi balik lagi yang proper ngikutin saran mbah2 di atas
regards,
singachu
Betul gan, ane juga kepikiran tonjolannya kalau beli yang 3 in 1 hahaha.
Oke gan ane bakalan cek n ricek lagi barangnya masuk ke yang mana budget dan kebutuhannya. hehehe
Terima kasih sarannya gan
kang, minta kuliah lg dong.... masalah ratchet handle a.k.a gagang trelek.
apa ada hubungan antara kekuatan ratchet dgn back drag?
misal yg back drag-nya lbh seret kaya ratchet insert head kepunyaan stalwil itu lbh kuat drpd yg back drag-nya halus kaya kepunyaan gedore gelenk?
singachu wrote: Tue Aug 20, 2024 5:53
O ya nanya soal funnel / corong buat kuras / bleeding radiator.
kapan lalu coba kuras radiator avanza, udah buka baut bleeder dan kasih selang, dan coba arahkan selang ke mulut radiator,
Cuman dari mulut radiator keburu meluap terus, pasang corong ga sealed jadi sama aja meluap dari sela2 corongnya....
Karena butuh dadakan ambil botol minuman, tapi ternyata sama saja ga bisa pas. cobain corong2 plastik yang aku punya sama semuanya ga pas.
ada rekomen yang murmer kere hore ?
regards,
singachu
sejak pembatasan impor jadi ga ada yg murah lagi om, di marketplace banyaknya PreOrder dan harganya juga jadi mahal.
padahal beberapa bulan lalu om Suryaputra pernah share di Lazada cuma 200an, barusan saya search di Lazada malah ga muncul sama sekali
yanuarra wrote: Tue Aug 20, 2024 7:18
Saya beli pas stok tinggal 1. wkwk. Mungkin setelah itu om beli preorder
bisa jadi sih om
pas saya ke bengkel untuk ganti radiator, terus bawa funnel ini untuk isi coolantnya malah jadi diliatin sama mekanik terus dikomen "ada ya alat begini"
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli. Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
iya liat itu di olshop harga luar biasa, dulu di monot harga berapa ?
pas ke mulut radiator dan kekunci ?
regards,
singachu
dulu di monotaro 250an ada diskon, tapi inden 3 bulan
pas bgt ke mulut radiator om, kekunci dan tidak ada tetesan
WhatsApp Image 2024-08-20 at 14.12.00_90b17184.jpg
biyuh naik nyaris 2x lipet....
Bentar aku masih bingung ama part2nya.... :
nah itu berarti yang tutup hitam bunder bakalan ngunci seperti tutup radiator bawaan ya ?
terus bagian o ring di kuningnya yang masuk ke lubang bunder kecil di radiator dan ngeseal di sana, sedangkan tutup hitamnya ga ada seal cuman nekan aja ke bagian o ring di lingkaran kuningnya aja ya ?
Sedangkan funnelnya ke lingkaran kuning itu cuman press-fit aja ga ada o ring lagi ya ? dan itu sudah cukup seret ga sampai funnel terguling pas kena beban coolant yang agak banyak dan geteran mobil ?
azu wrote: Tue Aug 20, 2024 7:28
padahal beberapa bulan lalu om Suryaputra pernah share di Lazada cuma 200an, barusan saya search di Lazada malah ga muncul sama sekali
yanuarra wrote: Tue Aug 20, 2024 7:18
Saya beli pas stok tinggal 1. wkwk. Mungkin setelah itu om beli preorder
bisa jadi sih om
pas saya ke bengkel untuk ganti radiator, terus bawa funnel ini untuk isi coolantnya malah jadi diliatin sama mekanik terus dikomen "ada ya alat begini"
coba balik ke sana, mungkin dia sudah bikin custom
tapi yang susah itu cari lingkaran kuning yang pas ama radiator sih....
pemasangan ke radiator ga maksa ya ? kuatirnya kalau radiator dah berumur terus jadi crack gara2 paksain masuk
Tapi kekuatan ratchet kalau liat di project farm, adakalanya yang kalah bukan di teethnya, tapi di drive nya yang patah duluan, dan kecenderungannya yang quick release lebih lemah karena ada dilubangi buat mekanisme quick releasenya.
regards,
singachu
ahhh pantesan
dl perna coba buka baut roda engkel canter fuso , iseng pake si trelek oglek beta hadiah dr mbah masas, ama satu lg iseng pake trelek flag nihon
2 2 nya pantesan sukses bsa ngebuka baut roda, modal dipanjangin pake pipa besi semeter
2 2 nya ga ad mekanisme kuik release soalnya, masang soket nya sistem cabut pasang doank
ini d ruma masi ada trelek oglek buatan si tekiro sampah itu, plus ada kuik release nya, nanti kapan2 coba ahh buat ngetes teori mbah
azu wrote: Tue Aug 20, 2024 7:28
padahal beberapa bulan lalu om Suryaputra pernah share di Lazada cuma 200an, barusan saya search di Lazada malah ga muncul sama sekali
yanuarra wrote: Tue Aug 20, 2024 7:18
Saya beli pas stok tinggal 1. wkwk. Mungkin setelah itu om beli preorder
bisa jadi sih om
pas saya ke bengkel untuk ganti radiator, terus bawa funnel ini untuk isi coolantnya malah jadi diliatin sama mekanik terus dikomen "ada ya alat begini"
coba balik ke sana, mungkin dia sudah bikin custom
tapi yang susah itu cari lingkaran kuning yang pas ama radiator sih....
pemasangan ke radiator ga maksa ya ? kuatirnya kalau radiator dah berumur terus jadi crack gara2 paksain masuk
regards,
singachu
jadi si pipa kuning itu dan fitting lainnya dia masuk press fit nya krn ukuran nya ga lurus mbah. keliatannya lurus padahal tapering mengerucut mirip silinder boring dan piston. jd pasti ngepress dan ga bocor sih.
kl urusan radiator berumur, jangankan itu, di reservoir 2GD aja ya pipa kuning itu nangkring di bibir lubang (yg terbuat dr plastik) ngeri2 sedap crack sih. makanya jangan disambung lg pake pipa kuning extension nya lagi spy ga terlalu tinggi torn nya. dan ngisi coolant di torn nya kira2 aja jangan full, paling 40% ntar tambahin lg kl abis.
tapi yang susah itu cari lingkaran kuning yang pas ama radiator sih....
pemasangan ke radiator ga maksa ya ? kuatirnya kalau radiator dah berumur terus jadi crack gara2 paksain masuk
regards,
singachu
langkah pertama,
pilih dulu adaptor tutup radiator yg sesuai dengan kendaraan masing².
ada 5 pilihan yg dikasih, 2 drat (besar & kecil), 3 lg model spt tutup radiator mobil² pada umumnya.
ini ada 3 ukuran, besar (spt untuk CJ7 dan mbl lawas 70-80 awal), medium dan kecil.
20240821_004855.jpg
langkah kedua,
setelah terpasang di radiator, spt ini penampakan adaptor tutupnya...
20240821_004924.jpg
langkah ketiga,
pasang corongnya ke adaptor.
yg akang omni sebut bentuknya mengerucut ya spt ini,
20240821_005036.jpg
tekan sekedarnya saja. nggak perlu nekan spt lg dorong mobil mau jump start.
langkah keempat,
tuas/as/gagang/apa lah nama sebutannya, berfungsi buat buka-tutup klep di bagian kerucut. pastiin tuasnya terangkat dan klepnya terbuka supaya cairan radiator bisa masuk.
20240821_010202.jpg
20240821_005157.jpg
langkah kelima,
(kalo saya) isi cairan maksimal setengah dr kapasitas corong.
kalo habis, ya tambahin lg sampe setengah dr kapasitas.
langkah keenam,
nyalain mesin sambil tahan idle di 2500 rpm.
tambahin cairan kalo kurang.
yg pake electric fan, tunggu sampe fan nyala setidaknya 2x dan liat di corong kalo cairan udah nggak turun lg artinya sudah penuh.
langkah ketujuh,
matiin mesin, tutup tuas dgn cara dorong ke bawah sampe ada suara klik. gunanya supaya klep nutup dan cairan nggak tumpah saat corong diangkat.
20240821_005128.jpg
pelan² angkat corong dr adaptornya.
lepas adaptor tutup dr radiator.
pasang tutup radiator.
selesai.
tambahin cairan di tabung reservoir bila perlu.
n.b:
corong set ini di lelang, buka harga mulai 450ribu rupiah bebas ongkir se pulau jawa.
siapa cepat dia dapat.
ayo.... penawaran pertama 450 ribu.....
apa saya dengar 475rb dari om yg di pojok?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
dl perna coba buka baut roda engkel canter fuso , iseng pake si trelek oglek beta hadiah dr mbah masas, ama satu lg iseng pake trelek flag nihon
2 2 nya pantesan sukses bsa ngebuka baut roda, modal dipanjangin pake pipa besi semeter
2 2 nya ga ad mekanisme kuik release soalnya, masang soket nya sistem cabut pasang doank
ini d ruma masi ada trelek oglek buatan si tekiro sampah itu, plus ada kuik release nya, nanti kapan2 coba ahh buat ngetes teori mbah
btw
makasi ilmu nya mbah
drive size berapa itu mbah untuk trelek ogle beta dan flag ?
Baut roda canter fuso itu perkiraan di pengencangan berapa Nm ?
Mayan ngeri2 sedap kalau yang drive 1/2" ya kalau dah di atas 400 Nm
Kalau buat lugnut mobil penumpang kecil aku raasa tekiro kuat sih..... tapi kalau ke canter.... dibikin videonya saja
Itu bukan ilmuku, tapi hasil omongan orang2 di yutub
Omnibus wrote: Tue Aug 20, 2024 16:44
jadi si pipa kuning itu dan fitting lainnya dia masuk press fit nya krn ukuran nya ga lurus mbah. keliatannya lurus padahal tapering mengerucut mirip silinder boring dan piston. jd pasti ngepress dan ga bocor sih.
kl urusan radiator berumur, jangankan itu, di reservoir 2GD aja ya pipa kuning itu nangkring di bibir lubang (yg terbuat dr plastik) ngeri2 sedap crack sih. makanya jangan disambung lg pake pipa kuning extension nya lagi spy ga terlalu tinggi torn nya. dan ngisi coolant di torn nya kira2 aja jangan full, paling 40% ntar tambahin lg kl abis.
Wow mantul..... ya yang model2 pressfit gitu sih biasanya agak susah ditiru, kepresisian yang sering belum dikuasai ama persh2 peniru.
Kalau elektronik wah cepet nirunya
tapi yang susah itu cari lingkaran kuning yang pas ama radiator sih....
pemasangan ke radiator ga maksa ya ? kuatirnya kalau radiator dah berumur terus jadi crack gara2 paksain masuk
regards,
singachu
langkah pertama,
pilih dulu adaptor tutup radiator yg sesuai dengan kendaraan masing².
ada 5 pilihan yg dikasih, 2 drat (besar & kecil), 3 lg model spt tutup radiator mobil² pada umumnya.
ini ada 3 ukuran, besar (spt untuk CJ7 dan mbl lawas 70-80 awal), medium dan kecil.
20240821_004855.jpg
langkah kedua,
setelah terpasang di radiator, spt ini penampakan adaptor tutupnya...
20240821_004924.jpg
langkah ketiga,
pasang corongnya ke adaptor.
yg akang omni sebut bentuknya mengerucut ya spt ini,
20240821_005036.jpg
tekan sekedarnya saja. nggak perlu nekan spt lg dorong mobil mau jump start.
langkah keempat,
tuas/as/gagang/apa lah nama sebutannya, berfungsi buat buka-tutup klep di bagian kerucut. pastiin tuasnya terangkat dan klepnya terbuka supaya cairan radiator bisa masuk.
20240821_010202.jpg
20240821_005157.jpg
langkah kelima,
(kalo saya) isi cairan maksimal setengah dr kapasitas corong.
kalo habis, ya tambahin lg sampe setengah dr kapasitas.
langkah keenam,
nyalain mesin sambil tahan idle di 2500 rpm.
tambahin cairan kalo kurang.
yg pake electric fan, tunggu sampe fan nyala setidaknya 2x dan liat di corong kalo cairan udah nggak turun lg artinya sudah penuh.
langkah ketujuh,
matiin mesin, tutup tuas dgn cara dorong ke bawah sampe ada suara klik. gunanya supaya klep nutup dan cairan nggak tumpah saat corong diangkat.
20240821_005128.jpg
pelan² angkat corong dr adaptornya.
lepas adaptor tutup dr radiator.
pasang tutup radiator.
selesai.
tambahin cairan di tabung reservoir bila perlu.
n.b:
corong set ini di lelang, buka harga mulai 450ribu rupiah bebas ongkir se pulau jawa.
siapa cepat dia dapat.