Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
All4Kaia wrote: Tue Aug 20, 2024 4:55
halo master2 semua.
mau tanya, ada rekomendasi tempat lain beli oli Pertamina Fastron Gold 5w-30 selain Sadi*un gak ya?
soalnya dia pengirimannya gak bisa cepet. padahal dari rumah ane ke TKP cuma jarak 1KM, masa iya pake kargo kirimnya. pake reguler 200k buat ongkir doang
udah kontak langsung ke mereka, kalo mau beli ke TKP harus dus2an dan bayar harus cash. bisa 2 tahun ga beli oli kalo gitu mah
oia sama kalau ada info trusted seller buat oli Bardahl boleh ya. penasaran pengen coba yang HVP C7 10w-40 nya buat Innova 2KD hehe
All4Kaia wrote: Tue Aug 20, 2024 4:55
halo master2 semua.
mau tanya, ada rekomendasi tempat lain beli oli Pertamina Fastron Gold 5w-30 selain Sadi*un gak ya?
soalnya dia pengirimannya gak bisa cepet. padahal dari rumah ane ke TKP cuma jarak 1KM, masa iya pake kargo kirimnya. pake reguler 200k buat ongkir doang
udah kontak langsung ke mereka, kalo mau beli ke TKP harus dus2an dan bayar harus cash. bisa 2 tahun ga beli oli kalo gitu mah
oia sama kalau ada info trusted seller buat oli Bardahl boleh ya. penasaran pengen coba yang HVP C7 10w-40 nya buat Innova 2KD hehe
All4Kaia wrote: Tue Aug 20, 2024 4:55
halo master2 semua.
mau tanya, ada rekomendasi tempat lain beli oli Pertamina Fastron Gold 5w-30 selain Sadi*un gak ya?
soalnya dia pengirimannya gak bisa cepet. padahal dari rumah ane ke TKP cuma jarak 1KM, masa iya pake kargo kirimnya. pake reguler 200k buat ongkir doang
udah kontak langsung ke mereka, kalo mau beli ke TKP harus dus2an dan bayar harus cash. bisa 2 tahun ga beli oli kalo gitu mah
oia sama kalau ada info trusted seller buat oli Bardahl boleh ya. penasaran pengen coba yang HVP C7 10w-40 nya buat Innova 2KD hehe
All4Kaia wrote: Tue Aug 20, 2024 4:55
halo master2 semua.
mau tanya, ada rekomendasi tempat lain beli oli Pertamina Fastron Gold 5w-30 selain Sadi*un gak ya?
soalnya dia pengirimannya gak bisa cepet. padahal dari rumah ane ke TKP cuma jarak 1KM, masa iya pake kargo kirimnya. pake reguler 200k buat ongkir doang
udah kontak langsung ke mereka, kalo mau beli ke TKP harus dus2an dan bayar harus cash. bisa 2 tahun ga beli oli kalo gitu mah
oia sama kalau ada info trusted seller buat oli Bardahl boleh ya. penasaran pengen coba yang HVP C7 10w-40 nya buat Innova 2KD hehe
thank youu
d chat aja siapa tau bsa beli langsung
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
All4Kaia wrote: Tue Aug 20, 2024 4:55
halo master2 semua.
mau tanya, ada rekomendasi tempat lain beli oli Pertamina Fastron Gold 5w-30 selain Sadi*un gak ya?
soalnya dia pengirimannya gak bisa cepet. padahal dari rumah ane ke TKP cuma jarak 1KM, masa iya pake kargo kirimnya. pake reguler 200k buat ongkir doang
udah kontak langsung ke mereka, kalo mau beli ke TKP harus dus2an dan bayar harus cash. bisa 2 tahun ga beli oli kalo gitu mah
oia sama kalau ada info trusted seller buat oli Bardahl boleh ya. penasaran pengen coba yang HVP C7 10w-40 nya buat Innova 2KD hehe
All4Kaia wrote: Tue Aug 20, 2024 4:55
halo master2 semua.
mau tanya, ada rekomendasi tempat lain beli oli Pertamina Fastron Gold 5w-30 selain Sadi*un gak ya?
soalnya dia pengirimannya gak bisa cepet. padahal dari rumah ane ke TKP cuma jarak 1KM, masa iya pake kargo kirimnya. pake reguler 200k buat ongkir doang
udah kontak langsung ke mereka, kalo mau beli ke TKP harus dus2an dan bayar harus cash. bisa 2 tahun ga beli oli kalo gitu mah
oia sama kalau ada info trusted seller buat oli Bardahl boleh ya. penasaran pengen coba yang HVP C7 10w-40 nya buat Innova 2KD hehe
thank youu
d chat aja siapa tau bsa beli langsung
udah di chat om, terus jawabannya gini "harus tunai & per dus ya"
tunai sih gak masalah, per dus nya itu yang bikin bingung hehehe. nanti mungkin cari temen dulu deh kalo mau beli langsung
All4Kaia wrote: Tue Aug 20, 2024 4:55
halo master2 semua.
mau tanya, ada rekomendasi tempat lain beli oli Pertamina Fastron Gold 5w-30 selain Sadi*un gak ya?
soalnya dia pengirimannya gak bisa cepet. padahal dari rumah ane ke TKP cuma jarak 1KM, masa iya pake kargo kirimnya. pake reguler 200k buat ongkir doang
udah kontak langsung ke mereka, kalo mau beli ke TKP harus dus2an dan bayar harus cash. bisa 2 tahun ga beli oli kalo gitu mah
oia sama kalau ada info trusted seller buat oli Bardahl boleh ya. penasaran pengen coba yang HVP C7 10w-40 nya buat Innova 2KD hehe
thank youu
d chat aja siapa tau bsa beli langsung
udah di chat om, terus jawabannya gini "harus tunai & per dus ya"
tunai sih gak masalah, per dus nya itu yang bikin bingung hehehe. nanti mungkin cari temen dulu deh kalo mau beli langsung
kalo beli di olshop kadang ada opsi ambil sendiri di toko-nya...kalo ga salah ingat
AbdulHakim wrote: Mon Aug 19, 2024 23:08
kalo harga dibikin kayak standar kyu kyu kapan orang indonesia bisa menikmati barang berkualitas om
Pancasila sila ke-5
Ya memang semua balik lg, ada harga ada rupa.
Klo pamakaian 5rb km / 6 bln sekali, gak perlu beli top grade.
Visco rendah itu kompromi di daya tahan, mau daya tahannya sama spt visco di atasnya, ya pay more
iya mbah masalahnya 0w16 sementara ini masih di top of the line semua
DGO sering ngeliat dibawah 140k per liter kok mbah kalo mau yang murah.
Kalo yang import sih 0w16 udah pasti kyk oli resing harganya. Base oilnya mostly udah yang kelas serem², biar viskonya stabil saat dipake 10rb km.
sebelumnya emang gelitik parah
setelah 1x carbon clean dan pakai RL CFSC gelitik udah ga terlalu sering,hanya kalau gas gantung dirpm 1700-2000 gelitik kambuh
oke om
sudah ane tap oli lama dan ganti pakai motul htech 100 plus mumpung lagi ada promo Snd rencana mau fastron gold
tp kepincut nyoba motul
imo sbg nubi, carbon clean yg beneran carbon clean itu nggak hanya masukin cairan lewat lubang busi, tapi buka intake manifold, bersihkan intake port dengan cara manual (entah disikat dalam arti sebenarnya pakai sikat kuningan atau walnut blasting) sampai bersih.
20240810_191940.jpg
kalo yg bung alami ngelitik ilang, sepertinya itu pengaruh dari redline cfsc ditambah sugesti krn sudah mengeluarkan uang buat "carbon clean".
coba sekarang bung intip intake port bung punya mesin, bisa bersih seperti foto diatas nggak?
kalo cuma bersihin kepala piston dan ruang bakar, pakai saja bahan bakar oktan tinggi dan masukin aditif deterjen, selesai.
Mbah kalau pakai bensin pertamax plus aditif bensin cukup gak mbah ?
Apa kudu pertabo ?
sempet kegocek di judul karena nulisnya masih SN ternyata dari review2 gambarnya udah SP, next time abis pake motul, coba in ah di 1KRVET....NICE info!!!
1KRVET? Raize turbo? jajal 0w16 aja Mbah,report temen saya yang pakai, enak banget ( Mobil 1 0w16 )
wadaw olina ngeri mobil 1, kalo dari buku petunjuk toyota EMEA yang terkenal hot disana aja pol2an rekomen di 0w20 om jadi ngikut sono hehe, pasti enak sih diturunin di 0w16 karena lebih encer tapi 0w20 udah enak banget sih hehe *dibanding oli gratisan 5w30
ngomong2 soal 0w-16 ; iseng2 browsing ke situs FK indo kaianya mau ada 0w16 ma sertifikasi udah API SP, terus tadi juga ga tau tiba2 ada rekomen dari b1ng dari AISIN asia ngluncurin aisin greentech+ juga udah ada ampe 0w16 ama API SP (disini masih SN+ kalo gasalah) wah kaianya udah bersiap2 untuk menyongsong era hybrid ini OEM
setauku WA-VE alias 1.2 NA yang butuh 0w16 karena itu kan turunan raize/rocky hybrid di jepun sono.
iya Om, teraman untuk iklim kita ini yah tetap 0w20 sih sebenarnya
Jajal 0w20 yang tergolong encer kayak q8 D1fe ( V100 8,3 cst ) juga udah enak Om
Btw selama pake raize ada kendala gak Om? Engine mounting aman kah?
Turboman wrote: Sat Aug 17, 2024 5:56
Dapat data VI dari hasil test lab oleh pihak seller
VI = 164,9
Zat Anti wear ada Zn / Moly & Boron
Dengan harga cuman Rp 75 rb / L ( Gallon)....0W20 API SP.........Okey lah
Toped / Shopee = td motor
* Bukan endorse *
ngeliat VI-nya yang segitu, saya jadi pengen ketawa karena selama ini tanpa sadar saya pake PTT Dynamic Commonrail 5w-30 yg punya Viscosity Index jauh lebih tinggi lagi buat 1TR-FE di rumah,
pantesan kok enteng bener ini revving-nya, enteng torsinya di putaran bawah (1500RPM , gigi 3, speed 40KPJ, muatan normal, nggak pake ngelitik)
gw ganti header custom yg tipe UEL (UnEqual length header) malah bini gw sering ngira mesinnya mati padahal jalan di 1500RPM , kalau digas tone exhaustnya jadi growl renyah dan bukan suara kaleng kering kalau pake header aslinya.
kayaknya harus ganti ke ADNOC supaya bisa terdengar lebih normal
1KRVET? Raize turbo? jajal 0w16 aja Mbah,report temen saya yang pakai, enak banget ( Mobil 1 0w16 )
wadaw olina ngeri mobil 1, kalo dari buku petunjuk toyota EMEA yang terkenal hot disana aja pol2an rekomen di 0w20 om jadi ngikut sono hehe, pasti enak sih diturunin di 0w16 karena lebih encer tapi 0w20 udah enak banget sih hehe *dibanding oli gratisan 5w30
ngomong2 soal 0w-16 ; iseng2 browsing ke situs FK indo kaianya mau ada 0w16 ma sertifikasi udah API SP, terus tadi juga ga tau tiba2 ada rekomen dari b1ng dari AISIN asia ngluncurin aisin greentech+ juga udah ada ampe 0w16 ama API SP (disini masih SN+ kalo gasalah) wah kaianya udah bersiap2 untuk menyongsong era hybrid ini OEM
setauku WA-VE alias 1.2 NA yang butuh 0w16 karena itu kan turunan raize/rocky hybrid di jepun sono.
iya Om, teraman untuk iklim kita ini yah tetap 0w20 sih sebenarnya
Jajal 0w20 yang tergolong encer kayak q8 D1fe ( V100 8,3 cst ) juga udah enak Om
Btw selama pake raize ada kendala gak Om? Engine mounting aman kah?
sepakat, juga di toyota LATAM ato Jepun di toyoclub pun tetep 0w-20 pol2an untuk 1kr-vet
ini pake motul hplus 0w20 lagian hehe baru ganti cold start sedikit lebih berisik dibanding total 9000. cman tarikan lewat buttometer lumayan ringan sih. Q8 emang jempolan sih sesuai rekomen suhu/mbah disini, cman budgetnya yang ga sesuai hehe
raize kendala interior itu sering bunyi2 sih terutama di bagan blakang ban serep ama kalo dicekokin 5w30 sumpah tarikan belet banget ama boros gak karuan (1-9/10). mana bawaan beress musti TMO 5w30
kalo saya jalan 3 tahun ini masih aman om malah ini 3 cylinder yang cukup halus sih *sebelumnya ini saya pake panther LS turbo jadi naik ini ya upgrade wkwkw engine mounting aman so far
wadaw olina ngeri mobil 1, kalo dari buku petunjuk toyota EMEA yang terkenal hot disana aja pol2an rekomen di 0w20 om jadi ngikut sono hehe, pasti enak sih diturunin di 0w16 karena lebih encer tapi 0w20 udah enak banget sih hehe *dibanding oli gratisan 5w30
ngomong2 soal 0w-16 ; iseng2 browsing ke situs FK indo kaianya mau ada 0w16 ma sertifikasi udah API SP, terus tadi juga ga tau tiba2 ada rekomen dari b1ng dari AISIN asia ngluncurin aisin greentech+ juga udah ada ampe 0w16 ama API SP (disini masih SN+ kalo gasalah) wah kaianya udah bersiap2 untuk menyongsong era hybrid ini OEM
setauku WA-VE alias 1.2 NA yang butuh 0w16 karena itu kan turunan raize/rocky hybrid di jepun sono.
iya Om, teraman untuk iklim kita ini yah tetap 0w20 sih sebenarnya
Jajal 0w20 yang tergolong encer kayak q8 D1fe ( V100 8,3 cst ) juga udah enak Om
Btw selama pake raize ada kendala gak Om? Engine mounting aman kah?
sepakat, juga di toyota LATAM ato Jepun di toyoclub pun tetep 0w-20 pol2an untuk 1kr-vet
ini pake motul hplus 0w20 lagian hehe baru ganti cold start sedikit lebih berisik dibanding total 9000. cman tarikan lewat buttometer lumayan ringan sih. Q8 emang jempolan sih sesuai rekomen suhu/mbah disini, cman budgetnya yang ga sesuai hehe
raize kendala interior itu sering bunyi2 sih terutama di bagan blakang ban serep ama kalo dicekokin 5w30 sumpah tarikan belet banget ama boros gak karuan (1-9/10). mana bawaan beress musti TMO 5w30
kalo saya jalan 3 tahun ini masih aman om malah ini 3 cylinder yang cukup halus sih *sebelumnya ini saya pake panther LS turbo jadi naik ini ya upgrade wkwkw engine mounting aman so far
iya mbah masalahnya 0w16 sementara ini masih di top of the line semua
DGO sering ngeliat dibawah 140k per liter kok mbah kalo mau yang murah.
Kalo yang import sih 0w16 udah pasti kyk oli resing harganya. Base oilnya mostly udah yang kelas serem², biar viskonya stabil saat dipake 10rb km.
oh iya? kalo yang saya tau masih 180an, iya sih kelas serem2 semua sementara ini 0w-16
Kalo gak mau penasaran sih tes lab buat liat kondisi wear dan apakah oli masih bisa di push , tapi generally harga yang lebih murah biasanya base oil dan additive yang digunakan juga beda, jadi sebaiknya gak untuk long drain.
iya Om, teraman untuk iklim kita ini yah tetap 0w20 sih sebenarnya
Jajal 0w20 yang tergolong encer kayak q8 D1fe ( V100 8,3 cst ) juga udah enak Om
Btw selama pake raize ada kendala gak Om? Engine mounting aman kah?
sepakat, juga di toyota LATAM ato Jepun di toyoclub pun tetep 0w-20 pol2an untuk 1kr-vet
ini pake motul hplus 0w20 lagian hehe baru ganti cold start sedikit lebih berisik dibanding total 9000. cman tarikan lewat buttometer lumayan ringan sih. Q8 emang jempolan sih sesuai rekomen suhu/mbah disini, cman budgetnya yang ga sesuai hehe
raize kendala interior itu sering bunyi2 sih terutama di bagan blakang ban serep ama kalo dicekokin 5w30 sumpah tarikan belet banget ama boros gak karuan (1-9/10). mana bawaan beress musti TMO 5w30
kalo saya jalan 3 tahun ini masih aman om malah ini 3 cylinder yang cukup halus sih *sebelumnya ini saya pake panther LS turbo jadi naik ini ya upgrade wkwkw engine mounting aman so far
DGO sering ngeliat dibawah 140k per liter kok mbah kalo mau yang murah.
Kalo yang import sih 0w16 udah pasti kyk oli resing harganya. Base oilnya mostly udah yang kelas serem², biar viskonya stabil saat dipake 10rb km.
oh iya? kalo yang saya tau masih 180an, iya sih kelas serem2 semua sementara ini 0w-16
Kalo gak mau penasaran sih tes lab buat liat kondisi wear dan apakah oli masih bisa di push , tapi generally harga yang lebih murah biasanya base oil dan additive yang digunakan juga beda, jadi sebaiknya gak untuk long drain.
lemonadelovers wrote: Thu Aug 22, 2024 7:43
ada yg pernah coba ecstar 0w16 API SN? 3.6L harga Rp.550k. mau dicoba di S-Presso atau alternatif d ANXenia
wih murah banget 550/3.6 liter hmmmm untuk all new xenia 2nr-ve pol di 0w-20 setauku. spresso no comment malah aku taunya skrg sih nder kalo jimny musti pake 0w-16
Turboman wrote: Sat Aug 17, 2024 5:56
Dapat data VI dari hasil test lab oleh pihak seller
VI = 164,9
Zat Anti wear ada Zn / Moly & Boron
Dengan harga cuman Rp 75 rb / L ( Gallon)....0W20 API SP.........Okey lah
Toped / Shopee = td motor
* Bukan endorse *
ngeliat VI-nya yang segitu, saya jadi pengen ketawa karena selama ini tanpa sadar saya pake PTT Dynamic Commonrail 5w-30 yg punya Viscosity Index jauh lebih tinggi lagi buat 1TR-FE di rumah,
pantesan kok enteng bener ini revving-nya, enteng torsinya di putaran bawah (1500RPM , gigi 3, speed 40KPJ, muatan normal, nggak pake ngelitik)
gw ganti header custom yg tipe UEL (UnEqual length header) malah bini gw sering ngira mesinnya mati padahal jalan di 1500RPM , kalau digas tone exhaustnya jadi growl renyah dan bukan suara kaleng kering kalau pake header aslinya.
kayaknya harus ganti ke ADNOC supaya bisa terdengar lebih normal
berarti liat VI oli ini makin ketawa dong?
amsoil ss 0w20 VI 169
amsoil ss 5w30 VI 162
adnoc gold 5w30 VI 159
adnoc SP Eco 0w20 VI 167
adnoc SP Eco 5w30 VI 169
mobil 1 triple 5w30 157
mobil 1 triple 0w20 163
PTT Dynamic Commonrail VI 170
Q8 D1 0w20 VI 170
Q8 D1 5w30 VI 174
Eneos X Prime 0w16 VI 215
Eneos X Prime 5w30 VI 235
rasanya kalau dari single indicator VI aja belum tentu bisa menentukan kualitas apakah bagus atau tidak. CMIIW
Turboman wrote: Sat Aug 17, 2024 5:56
Dapat data VI dari hasil test lab oleh pihak seller
VI = 164,9
Zat Anti wear ada Zn / Moly & Boron
Dengan harga cuman Rp 75 rb / L ( Gallon)....0W20 API SP.........Okey lah
Toped / Shopee = td motor
* Bukan endorse *
ngeliat VI-nya yang segitu, saya jadi pengen ketawa karena selama ini tanpa sadar saya pake PTT Dynamic Commonrail 5w-30 yg punya Viscosity Index jauh lebih tinggi lagi buat 1TR-FE di rumah,
pantesan kok enteng bener ini revving-nya, enteng torsinya di putaran bawah (1500RPM , gigi 3, speed 40KPJ, muatan normal, nggak pake ngelitik)
gw ganti header custom yg tipe UEL (UnEqual length header) malah bini gw sering ngira mesinnya mati padahal jalan di 1500RPM , kalau digas tone exhaustnya jadi growl renyah dan bukan suara kaleng kering kalau pake header aslinya.
kayaknya harus ganti ke ADNOC supaya bisa terdengar lebih normal
berarti liat VI oli ini makin ketawa dong?
amsoil ss 0w20 VI 169
amsoil ss 5w30 VI 162
adnoc gold 5w30 VI 159
adnoc SP Eco 0w20 VI 167
adnoc SP Eco 5w30 VI 169
mobil 1 triple 5w30 157
mobil 1 triple 0w20 163
PTT Dynamic Commonrail VI 170
Q8 D1 0w20 VI 170
Q8 D1 5w30 VI 174
Eneos X Prime 0w16 VI 215
Eneos X Prime 5w30 VI 235
rasanya kalau dari single indicator VI aja belum tentu bisa menentukan kualitas apakah bagus atau tidak. CMIIW
makin ketawa bukan karena VI-nya tapi karena situ ngomongnya tiba-tiba mengarah ke kualitas.
padahal saya ndak nyebut atau nulis soal kualitas sama sekali.
saya juga tau kalau satu indikator saja tidak menunjukkan kualitas suatu lendir.
nih saya jelasin,
maksud saya, VI setinggi itu di SAE 30 ternyata udah nyentuh zona SAE 20, berefek pada mobil saya yg gampang revving (high-rev) dan enteng torsi di putaran bawah. Lalu dengan keenceran seperti itu di oli yg saya pakai justru bikin suara lebih adem bukan kasar atau ribut. Ya wajar sih, udah ada yg share hasil UOA-nya, udah masuk kategori lendir keraton entry-level.
itu Fastron Gold juga punya VI tinggi tapi harga murah, efeknya bisa ditebak, suara mesin udah kasar masuk di 4000KM++, karena lendirnya kebanyakan VI Improver.
VI ini kan bisa jadi semacam penanda gimana sih kira-kira impresinya/efeknya kalau dipake di mesin boil gw, ternyata ada loh SAE 30 yg licin banget ngalahin GF5 dan ada juga SAE 30 tapi tarikan mobil jadi berat.
ngeliat VI-nya yang segitu, saya jadi pengen ketawa karena selama ini tanpa sadar saya pake PTT Dynamic Commonrail 5w-30 yg punya Viscosity Index jauh lebih tinggi lagi buat 1TR-FE di rumah,
pantesan kok enteng bener ini revving-nya, enteng torsinya di putaran bawah (1500RPM , gigi 3, speed 40KPJ, muatan normal, nggak pake ngelitik)
gw ganti header custom yg tipe UEL (UnEqual length header) malah bini gw sering ngira mesinnya mati padahal jalan di 1500RPM , kalau digas tone exhaustnya jadi growl renyah dan bukan suara kaleng kering kalau pake header aslinya.
kayaknya harus ganti ke ADNOC supaya bisa terdengar lebih normal
berarti liat VI oli ini makin ketawa dong?
amsoil ss 0w20 VI 169
amsoil ss 5w30 VI 162
adnoc gold 5w30 VI 159
adnoc SP Eco 0w20 VI 167
adnoc SP Eco 5w30 VI 169
mobil 1 triple 5w30 157
mobil 1 triple 0w20 163
PTT Dynamic Commonrail VI 170
Q8 D1 0w20 VI 170
Q8 D1 5w30 VI 174
Eneos X Prime 0w16 VI 215
Eneos X Prime 5w30 VI 235
rasanya kalau dari single indicator VI aja belum tentu bisa menentukan kualitas apakah bagus atau tidak. CMIIW
makin ketawa bukan karena VI-nya tapi karena situ ngomongnya tiba-tiba mengarah ke kualitas.
padahal saya ndak nyebut atau nulis soal kualitas sama sekali.
ayolah bung tingkatkan lagi daya cerna atas sebuah tulisan.
nih saya jelasin,
maksud saya, VI setinggi itu di SAE 30 ternyata udah nyentuh zona SAE 20, berefek pada mobil saya yg gampang revving (high-rev) dan enteng torsi di putaran bawah. Lalu dengan keenceran seperti itu di oli yg saya pakai justru bikin suara lebih adem bukan kasar atau ribut. Ya wajar sih, udah ada yg share hasil UOA-nya, udah masuk kategori lendir keraton entry-level.
baiklah saya tingkatkan daya cerna saya om mumpung lagi makan nih
kalimat yg menyebutkan kualitas kan pendapat saya ya om, saya yg jadi bingung.
selain VI, kinematic visco yg selama ini saya lihat juga bila hanya berdasar datasheet untuk menentukan oh ini weight 30 yg encer dan ringan, oh ini weight 30 yg cukup berat mepet 40. Ya penafsiran berbeda ya silahkan saya kan bukan tribology
lemonadelovers wrote: Thu Aug 22, 2024 7:43
ada yg pernah coba ecstar 0w16 API SN? 3.6L harga Rp.550k. mau dicoba di S-Presso atau alternatif d ANXenia
wih murah banget 550/3.6 liter hmmmm untuk all new xenia 2nr-ve pol di 0w-20 setauku. spresso no comment malah aku taunya skrg sih nder kalo jimny musti pake 0w-16
ketemu d manual book maruti suzuki s-presso mesin K10c (india) bisa pakai
Classification: API SN, SP
ILSAC: GF-6
Viscosity: SAE 0W-16
2.8 L (replacement with oil filter)
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Turboman wrote: Sat Aug 17, 2024 5:56
Dapat data VI dari hasil test lab oleh pihak seller
VI = 164,9
Zat Anti wear ada Zn / Moly & Boron
Dengan harga cuman Rp 75 rb / L ( Gallon)....0W20 API SP.........Okey lah
Toped / Shopee = td motor
* Bukan endorse *
ngeliat VI-nya yang segitu, saya jadi pengen ketawa karena selama ini tanpa sadar saya pake PTT Dynamic Commonrail 5w-30 yg punya Viscosity Index jauh lebih tinggi lagi buat 1TR-FE di rumah,
pantesan kok enteng bener ini revving-nya, enteng torsinya di putaran bawah (1500RPM , gigi 3, speed 40KPJ, muatan normal, nggak pake ngelitik)
gw ganti header custom yg tipe UEL (UnEqual length header) malah bini gw sering ngira mesinnya mati padahal jalan di 1500RPM , kalau digas tone exhaustnya jadi growl renyah dan bukan suara kaleng kering kalau pake header aslinya.
kayaknya harus ganti ke ADNOC supaya bisa terdengar lebih normal
berarti liat VI oli ini makin ketawa dong?
amsoil ss 0w20 VI 169
amsoil ss 5w30 VI 162
adnoc gold 5w30 VI 159
adnoc SP Eco 0w20 VI 167
adnoc SP Eco 5w30 VI 169
mobil 1 triple 5w30 157
mobil 1 triple 0w20 163
PTT Dynamic Commonrail VI 170
Q8 D1 0w20 VI 170
Q8 D1 5w30 VI 174
Eneos X Prime 0w16 VI 215
Eneos X Prime 5w30 VI 235
rasanya kalau dari single indicator VI aja belum tentu bisa menentukan kualitas apakah bagus atau tidak. CMIIW