Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1354
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sh00t »

All4Kaia wrote: Tue Aug 20, 2024 4:55 halo master2 semua.

mau tanya, ada rekomendasi tempat lain beli oli Pertamina Fastron Gold 5w-30 selain Sadi*un gak ya?

soalnya dia pengirimannya gak bisa cepet. padahal dari rumah ane ke TKP cuma jarak 1KM, masa iya pake kargo kirimnya. pake reguler 200k buat ongkir doang 😂

udah kontak langsung ke mereka, kalo mau beli ke TKP harus dus2an dan bayar harus cash. bisa 2 tahun ga beli oli kalo gitu mah 🤣

oia sama kalau ada info trusted seller buat oli Bardahl boleh ya. penasaran pengen coba yang HVP C7 10w-40 nya buat Innova 2KD hehe

thank youu
Untuk Fastron:
https://blibli.onelink.me/GNtk/47fblrfo
https://blibli.onelink.me/GNtk/sl0qoz00

Untuk Bardahl:
https://www.tokopedia.com/bardahlindonesia

*Semua link yang saya kasih bukan ajakan untuk anda membeli disana. Tetapi saya hanya lihat mereka sebagai Official Store.
All4Kaia
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sun Aug 11, 2024 15:12
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2KD 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by All4Kaia »

sh00t wrote: Tue Aug 20, 2024 6:10
All4Kaia wrote: Tue Aug 20, 2024 4:55 halo master2 semua.

mau tanya, ada rekomendasi tempat lain beli oli Pertamina Fastron Gold 5w-30 selain Sadi*un gak ya?

soalnya dia pengirimannya gak bisa cepet. padahal dari rumah ane ke TKP cuma jarak 1KM, masa iya pake kargo kirimnya. pake reguler 200k buat ongkir doang 😂

udah kontak langsung ke mereka, kalo mau beli ke TKP harus dus2an dan bayar harus cash. bisa 2 tahun ga beli oli kalo gitu mah 🤣

oia sama kalau ada info trusted seller buat oli Bardahl boleh ya. penasaran pengen coba yang HVP C7 10w-40 nya buat Innova 2KD hehe

thank youu
Untuk Fastron:
https://blibli.onelink.me/GNtk/47fblrfo
https://blibli.onelink.me/GNtk/sl0qoz00

Untuk Bardahl:
https://www.tokopedia.com/bardahlindonesia

*Semua link yang saya kasih bukan ajakan untuk anda membeli disana. Tetapi saya hanya lihat mereka sebagai Official Store.
oke sip terima kasih infonya. izin cek2 dulu ya :big_deal:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

sh00t wrote: Tue Aug 20, 2024 6:10
All4Kaia wrote: Tue Aug 20, 2024 4:55 halo master2 semua.

mau tanya, ada rekomendasi tempat lain beli oli Pertamina Fastron Gold 5w-30 selain Sadi*un gak ya?

soalnya dia pengirimannya gak bisa cepet. padahal dari rumah ane ke TKP cuma jarak 1KM, masa iya pake kargo kirimnya. pake reguler 200k buat ongkir doang 😂

udah kontak langsung ke mereka, kalo mau beli ke TKP harus dus2an dan bayar harus cash. bisa 2 tahun ga beli oli kalo gitu mah 🤣

oia sama kalau ada info trusted seller buat oli Bardahl boleh ya. penasaran pengen coba yang HVP C7 10w-40 nya buat Innova 2KD hehe

thank youu
Untuk Fastron:
https://blibli.onelink.me/GNtk/47fblrfo
https://blibli.onelink.me/GNtk/sl0qoz00

Untuk Bardahl:
https://www.tokopedia.com/bardahlindonesia

*Semua link yang saya kasih bukan ajakan untuk anda membeli disana. Tetapi saya hanya lihat mereka sebagai Official Store.
wah mantep juga.. speed services di tokped juga ada

salah satu recomended seller.

CO mana yg paling murah aja sm voucher2nya :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by lemonadelovers »

All4Kaia wrote: Tue Aug 20, 2024 4:55 halo master2 semua.

mau tanya, ada rekomendasi tempat lain beli oli Pertamina Fastron Gold 5w-30 selain Sadi*un gak ya?

soalnya dia pengirimannya gak bisa cepet. padahal dari rumah ane ke TKP cuma jarak 1KM, masa iya pake kargo kirimnya. pake reguler 200k buat ongkir doang 😂

udah kontak langsung ke mereka, kalo mau beli ke TKP harus dus2an dan bayar harus cash. bisa 2 tahun ga beli oli kalo gitu mah 🤣

oia sama kalau ada info trusted seller buat oli Bardahl boleh ya. penasaran pengen coba yang HVP C7 10w-40 nya buat Innova 2KD hehe

thank youu
d chat aja siapa tau bsa beli langsung :big_grin:
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: Tue Aug 20, 2024 6:35
sh00t wrote: Tue Aug 20, 2024 6:10
All4Kaia wrote: Tue Aug 20, 2024 4:55 halo master2 semua.

mau tanya, ada rekomendasi tempat lain beli oli Pertamina Fastron Gold 5w-30 selain Sadi*un gak ya?

soalnya dia pengirimannya gak bisa cepet. padahal dari rumah ane ke TKP cuma jarak 1KM, masa iya pake kargo kirimnya. pake reguler 200k buat ongkir doang 😂

udah kontak langsung ke mereka, kalo mau beli ke TKP harus dus2an dan bayar harus cash. bisa 2 tahun ga beli oli kalo gitu mah 🤣

oia sama kalau ada info trusted seller buat oli Bardahl boleh ya. penasaran pengen coba yang HVP C7 10w-40 nya buat Innova 2KD hehe

thank youu
Untuk Fastron:
https://blibli.onelink.me/GNtk/47fblrfo
https://blibli.onelink.me/GNtk/sl0qoz00

Untuk Bardahl:
https://www.tokopedia.com/bardahlindonesia

*Semua link yang saya kasih bukan ajakan untuk anda membeli disana. Tetapi saya hanya lihat mereka sebagai Official Store.
wah mantep juga.. speed services di tokped juga ada

salah satu recomended seller.

CO mana yg paling murah aja sm voucher2nya :big_biglaugh:
Dulu awal awal justru di online dulu dia, sekarang keren udah ada bengkel/ruko buat ganti oli
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Tue Aug 20, 2024 7:32
Suryaputra wrote: Tue Aug 20, 2024 6:35
sh00t wrote: Tue Aug 20, 2024 6:10

Untuk Fastron:
https://blibli.onelink.me/GNtk/47fblrfo
https://blibli.onelink.me/GNtk/sl0qoz00

Untuk Bardahl:
https://www.tokopedia.com/bardahlindonesia

*Semua link yang saya kasih bukan ajakan untuk anda membeli disana. Tetapi saya hanya lihat mereka sebagai Official Store.
wah mantep juga.. speed services di tokped juga ada

salah satu recomended seller.

CO mana yg paling murah aja sm voucher2nya :big_biglaugh:
Dulu awal awal justru di online dulu dia, sekarang keren udah ada bengkel/ruko buat ganti oli
Iya kyukyu harga jg plg reasonable di situ

Itungannya jd murah buat ganti 1 thn sekali :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
All4Kaia
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sun Aug 11, 2024 15:12
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2KD 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by All4Kaia »

lemonadelovers wrote: Tue Aug 20, 2024 7:06
All4Kaia wrote: Tue Aug 20, 2024 4:55 halo master2 semua.

mau tanya, ada rekomendasi tempat lain beli oli Pertamina Fastron Gold 5w-30 selain Sadi*un gak ya?

soalnya dia pengirimannya gak bisa cepet. padahal dari rumah ane ke TKP cuma jarak 1KM, masa iya pake kargo kirimnya. pake reguler 200k buat ongkir doang 😂

udah kontak langsung ke mereka, kalo mau beli ke TKP harus dus2an dan bayar harus cash. bisa 2 tahun ga beli oli kalo gitu mah 🤣

oia sama kalau ada info trusted seller buat oli Bardahl boleh ya. penasaran pengen coba yang HVP C7 10w-40 nya buat Innova 2KD hehe

thank youu
d chat aja siapa tau bsa beli langsung :big_grin:
udah di chat om, terus jawabannya gini "harus tunai & per dus ya"

tunai sih gak masalah, per dus nya itu yang bikin bingung hehehe. nanti mungkin cari temen dulu deh kalo mau beli langsung
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1835
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by MSU »

All4Kaia wrote: Tue Aug 20, 2024 16:03
lemonadelovers wrote: Tue Aug 20, 2024 7:06
All4Kaia wrote: Tue Aug 20, 2024 4:55 halo master2 semua.

mau tanya, ada rekomendasi tempat lain beli oli Pertamina Fastron Gold 5w-30 selain Sadi*un gak ya?

soalnya dia pengirimannya gak bisa cepet. padahal dari rumah ane ke TKP cuma jarak 1KM, masa iya pake kargo kirimnya. pake reguler 200k buat ongkir doang 😂

udah kontak langsung ke mereka, kalo mau beli ke TKP harus dus2an dan bayar harus cash. bisa 2 tahun ga beli oli kalo gitu mah 🤣

oia sama kalau ada info trusted seller buat oli Bardahl boleh ya. penasaran pengen coba yang HVP C7 10w-40 nya buat Innova 2KD hehe

thank youu
d chat aja siapa tau bsa beli langsung :big_grin:
udah di chat om, terus jawabannya gini "harus tunai & per dus ya"

tunai sih gak masalah, per dus nya itu yang bikin bingung hehehe. nanti mungkin cari temen dulu deh kalo mau beli langsung
kalo beli di olshop kadang ada opsi ambil sendiri di toko-nya...kalo ga salah ingat
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 659
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

Suryaputra wrote: Mon Aug 19, 2024 23:47
AbdulHakim wrote: Mon Aug 19, 2024 23:08
sahabatq8 wrote: Mon Aug 19, 2024 13:29
Betul mesin WA-VE yang pake 0w16, yang bingung di Indo oli 0W16 bisa murah :upss:
kalo harga dibikin kayak standar kyu kyu kapan orang indonesia bisa menikmati barang berkualitas om
Pancasila sila ke-5
Ya memang semua balik lg, ada harga ada rupa.
Klo pamakaian 5rb km / 6 bln sekali, gak perlu beli top grade.

Visco rendah itu kompromi di daya tahan, mau daya tahannya sama spt visco di atasnya, ya pay more :big_biglaugh:
iya mbah masalahnya 0w16 sementara ini masih di top of the line semua :big_grin:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sahabatq8 »

kayukayuthe5th wrote: Wed Aug 21, 2024 0:24
Suryaputra wrote: Mon Aug 19, 2024 23:47
AbdulHakim wrote: Mon Aug 19, 2024 23:08
kalo harga dibikin kayak standar kyu kyu kapan orang indonesia bisa menikmati barang berkualitas om
Pancasila sila ke-5
Ya memang semua balik lg, ada harga ada rupa.
Klo pamakaian 5rb km / 6 bln sekali, gak perlu beli top grade.

Visco rendah itu kompromi di daya tahan, mau daya tahannya sama spt visco di atasnya, ya pay more :big_biglaugh:
iya mbah masalahnya 0w16 sementara ini masih di top of the line semua :big_grin:
DGO sering ngeliat dibawah 140k per liter kok mbah kalo mau yang murah.

Kalo yang import sih 0w16 udah pasti kyk oli resing harganya. Base oilnya mostly udah yang kelas serem², biar viskonya stabil saat dipake 10rb km.
Haiqalesha
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Sun Apr 30, 2017 15:27
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Haiqalesha »

marmut wrote: Sat Aug 17, 2024 15:17
galihb wrote: Sat Aug 17, 2024 14:35


sebelumnya emang gelitik parah
setelah 1x carbon clean dan pakai RL CFSC gelitik udah ga terlalu sering,hanya kalau gas gantung dirpm 1700-2000 gelitik kambuh
oke om
sudah ane tap oli lama dan ganti pakai motul htech 100 plus mumpung lagi ada promo Snd rencana mau fastron gold
tp kepincut nyoba motul :big_blushing:


imo sbg nubi, carbon clean yg beneran carbon clean itu nggak hanya masukin cairan lewat lubang busi, tapi buka intake manifold, bersihkan intake port dengan cara manual (entah disikat dalam arti sebenarnya pakai sikat kuningan atau walnut blasting) sampai bersih.



20240810_191940.jpg



kalo yg bung alami ngelitik ilang, sepertinya itu pengaruh dari redline cfsc ditambah sugesti krn sudah mengeluarkan uang buat "carbon clean".
coba sekarang bung intip intake port bung punya mesin, bisa bersih seperti foto diatas nggak?
kalo cuma bersihin kepala piston dan ruang bakar, pakai saja bahan bakar oktan tinggi dan masukin aditif deterjen, selesai.
Mbah kalau pakai bensin pertamax plus aditif bensin cukup gak mbah ?
Apa kudu pertabo ?
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 716
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Chr1stm1 »

kayukayuthe5th wrote: Mon Aug 19, 2024 10:43
Chr1stm1 wrote: Mon Aug 19, 2024 10:08
kayukayuthe5th wrote: Mon Aug 19, 2024 9:56

sempet kegocek di judul karena nulisnya masih SN ternyata dari review2 gambarnya udah SP, next time abis pake motul, coba in ah di 1KRVET....NICE info!!! :big_exellent:

1KRVET? Raize turbo? jajal 0w16 aja Mbah,report temen saya yang pakai, enak banget ( Mobil 1 0w16 )
wadaw olina ngeri mobil 1, kalo dari buku petunjuk toyota EMEA yang terkenal hot disana aja pol2an rekomen di 0w20 om jadi ngikut sono hehe, pasti enak sih diturunin di 0w16 karena lebih encer tapi 0w20 udah enak banget sih hehe *dibanding oli gratisan 5w30 :big_slap:
ngomong2 soal 0w-16 ; iseng2 browsing ke situs FK indo kaianya mau ada 0w16 ma sertifikasi udah API SP, terus tadi juga ga tau tiba2 ada rekomen dari b1ng dari AISIN asia ngluncurin aisin greentech+ juga udah ada ampe 0w16 ama API SP (disini masih SN+ kalo gasalah) wah kaianya udah bersiap2 untuk menyongsong era hybrid ini OEM :big_smile]

setauku WA-VE alias 1.2 NA yang butuh 0w16 karena itu kan turunan raize/rocky hybrid di jepun sono.
iya Om, teraman untuk iklim kita ini yah tetap 0w20 sih sebenarnya
Jajal 0w20 yang tergolong encer kayak q8 D1fe ( V100 8,3 cst ) juga udah enak Om
Btw selama pake raize ada kendala gak Om? Engine mounting aman kah?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by marmut »

Haiqalesha wrote: Wed Aug 21, 2024 2:52

Mbah kalau pakai bensin pertamax plus aditif bensin cukup gak mbah ?
Apa kudu pertabo ?


cukup.

ralat, saya bukan "mbah". cuma nubi wingi sore ndak tau apa².
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Wed Aug 21, 2024 3:18
Haiqalesha wrote: Wed Aug 21, 2024 2:52

Mbah kalau pakai bensin pertamax plus aditif bensin cukup gak mbah ?
Apa kudu pertabo ?


cukup.

ralat, saya bukan "mbah". cuma nubi wingi sore ndak tau apa².
mbah shifuu

hqdefau9999999999999lt.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
esaka
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: Sat Jul 24, 2021 9:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by esaka »

Turboman wrote: Sat Aug 17, 2024 5:56 Dapat data VI dari hasil test lab oleh pihak seller

VI = 164,9

Zat Anti wear ada Zn / Moly & Boron

Dengan harga cuman Rp 75 rb / L ( Gallon)....0W20 API SP.........Okey lah

Toped / Shopee = td motor

* Bukan endorse *
ngeliat VI-nya yang segitu, saya jadi pengen ketawa karena selama ini tanpa sadar saya pake PTT Dynamic Commonrail 5w-30 yg punya Viscosity Index jauh lebih tinggi lagi buat 1TR-FE di rumah,
pantesan kok enteng bener ini revving-nya, enteng torsinya di putaran bawah (1500RPM , gigi 3, speed 40KPJ, muatan normal, nggak pake ngelitik) :big_biglaugh:
gw ganti header custom yg tipe UEL (UnEqual length header) malah bini gw sering ngira mesinnya mati padahal jalan di 1500RPM , kalau digas tone exhaustnya jadi growl renyah dan bukan suara kaleng kering kalau pake header aslinya. :big_grin:
kayaknya harus ganti ke ADNOC supaya bisa terdengar lebih normal :big_biglaugh:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 659
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

Chr1stm1 wrote: Wed Aug 21, 2024 3:05
kayukayuthe5th wrote: Mon Aug 19, 2024 10:43
Chr1stm1 wrote: Mon Aug 19, 2024 10:08


1KRVET? Raize turbo? jajal 0w16 aja Mbah,report temen saya yang pakai, enak banget ( Mobil 1 0w16 )
wadaw olina ngeri mobil 1, kalo dari buku petunjuk toyota EMEA yang terkenal hot disana aja pol2an rekomen di 0w20 om jadi ngikut sono hehe, pasti enak sih diturunin di 0w16 karena lebih encer tapi 0w20 udah enak banget sih hehe *dibanding oli gratisan 5w30 :big_slap:
ngomong2 soal 0w-16 ; iseng2 browsing ke situs FK indo kaianya mau ada 0w16 ma sertifikasi udah API SP, terus tadi juga ga tau tiba2 ada rekomen dari b1ng dari AISIN asia ngluncurin aisin greentech+ juga udah ada ampe 0w16 ama API SP (disini masih SN+ kalo gasalah) wah kaianya udah bersiap2 untuk menyongsong era hybrid ini OEM :big_smile]

setauku WA-VE alias 1.2 NA yang butuh 0w16 karena itu kan turunan raize/rocky hybrid di jepun sono.
iya Om, teraman untuk iklim kita ini yah tetap 0w20 sih sebenarnya
Jajal 0w20 yang tergolong encer kayak q8 D1fe ( V100 8,3 cst ) juga udah enak Om
Btw selama pake raize ada kendala gak Om? Engine mounting aman kah?
sepakat, juga di toyota LATAM ato Jepun di toyoclub pun tetep 0w-20 pol2an untuk 1kr-vet
ini pake motul hplus 0w20 lagian hehe baru ganti cold start sedikit lebih berisik dibanding total 9000. cman tarikan lewat buttometer lumayan ringan sih. Q8 emang jempolan sih sesuai rekomen suhu/mbah disini, cman budgetnya yang ga sesuai hehe
raize kendala interior itu sering bunyi2 sih terutama di bagan blakang ban serep ama kalo dicekokin 5w30 sumpah tarikan belet banget ama boros gak karuan (1-9/10). mana bawaan beress musti TMO 5w30 :big_bored:
kalo saya jalan 3 tahun ini masih aman om malah ini 3 cylinder yang cukup halus sih *sebelumnya ini saya pake panther LS turbo jadi naik ini ya upgrade wkwkw :big_slap: engine mounting aman so far
sahabatq8 wrote: Wed Aug 21, 2024 2:51
kayukayuthe5th wrote: Wed Aug 21, 2024 0:24
Suryaputra wrote: Mon Aug 19, 2024 23:47

Ya memang semua balik lg, ada harga ada rupa.
Klo pamakaian 5rb km / 6 bln sekali, gak perlu beli top grade.

Visco rendah itu kompromi di daya tahan, mau daya tahannya sama spt visco di atasnya, ya pay more :big_biglaugh:
iya mbah masalahnya 0w16 sementara ini masih di top of the line semua :big_grin:
DGO sering ngeliat dibawah 140k per liter kok mbah kalo mau yang murah.

Kalo yang import sih 0w16 udah pasti kyk oli resing harganya. Base oilnya mostly udah yang kelas serem², biar viskonya stabil saat dipake 10rb km.
oh iya? kalo yang saya tau masih 180an, iya sih kelas serem2 semua sementara ini 0w-16
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sahabatq8 »

kayukayuthe5th wrote: Wed Aug 21, 2024 8:06
Chr1stm1 wrote: Wed Aug 21, 2024 3:05
kayukayuthe5th wrote: Mon Aug 19, 2024 10:43

wadaw olina ngeri mobil 1, kalo dari buku petunjuk toyota EMEA yang terkenal hot disana aja pol2an rekomen di 0w20 om jadi ngikut sono hehe, pasti enak sih diturunin di 0w16 karena lebih encer tapi 0w20 udah enak banget sih hehe *dibanding oli gratisan 5w30 :big_slap:
ngomong2 soal 0w-16 ; iseng2 browsing ke situs FK indo kaianya mau ada 0w16 ma sertifikasi udah API SP, terus tadi juga ga tau tiba2 ada rekomen dari b1ng dari AISIN asia ngluncurin aisin greentech+ juga udah ada ampe 0w16 ama API SP (disini masih SN+ kalo gasalah) wah kaianya udah bersiap2 untuk menyongsong era hybrid ini OEM :big_smile]

setauku WA-VE alias 1.2 NA yang butuh 0w16 karena itu kan turunan raize/rocky hybrid di jepun sono.
iya Om, teraman untuk iklim kita ini yah tetap 0w20 sih sebenarnya
Jajal 0w20 yang tergolong encer kayak q8 D1fe ( V100 8,3 cst ) juga udah enak Om
Btw selama pake raize ada kendala gak Om? Engine mounting aman kah?
sepakat, juga di toyota LATAM ato Jepun di toyoclub pun tetep 0w-20 pol2an untuk 1kr-vet
ini pake motul hplus 0w20 lagian hehe baru ganti cold start sedikit lebih berisik dibanding total 9000. cman tarikan lewat buttometer lumayan ringan sih. Q8 emang jempolan sih sesuai rekomen suhu/mbah disini, cman budgetnya yang ga sesuai hehe
raize kendala interior itu sering bunyi2 sih terutama di bagan blakang ban serep ama kalo dicekokin 5w30 sumpah tarikan belet banget ama boros gak karuan (1-9/10). mana bawaan beress musti TMO 5w30 :big_bored:
kalo saya jalan 3 tahun ini masih aman om malah ini 3 cylinder yang cukup halus sih *sebelumnya ini saya pake panther LS turbo jadi naik ini ya upgrade wkwkw :big_slap: engine mounting aman so far
sahabatq8 wrote: Wed Aug 21, 2024 2:51
kayukayuthe5th wrote: Wed Aug 21, 2024 0:24

iya mbah masalahnya 0w16 sementara ini masih di top of the line semua :big_grin:
DGO sering ngeliat dibawah 140k per liter kok mbah kalo mau yang murah.

Kalo yang import sih 0w16 udah pasti kyk oli resing harganya. Base oilnya mostly udah yang kelas serem², biar viskonya stabil saat dipake 10rb km.
oh iya? kalo yang saya tau masih 180an, iya sih kelas serem2 semua sementara ini 0w-16
Kalo gak mau penasaran sih tes lab buat liat kondisi wear dan apakah oli masih bisa di push , tapi generally harga yang lebih murah biasanya base oil dan additive yang digunakan juga beda, jadi sebaiknya gak untuk long drain.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 659
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

sahabatq8 wrote: Wed Aug 21, 2024 8:20
kayukayuthe5th wrote: Wed Aug 21, 2024 8:06
Chr1stm1 wrote: Wed Aug 21, 2024 3:05

iya Om, teraman untuk iklim kita ini yah tetap 0w20 sih sebenarnya
Jajal 0w20 yang tergolong encer kayak q8 D1fe ( V100 8,3 cst ) juga udah enak Om
Btw selama pake raize ada kendala gak Om? Engine mounting aman kah?
sepakat, juga di toyota LATAM ato Jepun di toyoclub pun tetep 0w-20 pol2an untuk 1kr-vet
ini pake motul hplus 0w20 lagian hehe baru ganti cold start sedikit lebih berisik dibanding total 9000. cman tarikan lewat buttometer lumayan ringan sih. Q8 emang jempolan sih sesuai rekomen suhu/mbah disini, cman budgetnya yang ga sesuai hehe
raize kendala interior itu sering bunyi2 sih terutama di bagan blakang ban serep ama kalo dicekokin 5w30 sumpah tarikan belet banget ama boros gak karuan (1-9/10). mana bawaan beress musti TMO 5w30 :big_bored:
kalo saya jalan 3 tahun ini masih aman om malah ini 3 cylinder yang cukup halus sih *sebelumnya ini saya pake panther LS turbo jadi naik ini ya upgrade wkwkw :big_slap: engine mounting aman so far
sahabatq8 wrote: Wed Aug 21, 2024 2:51

DGO sering ngeliat dibawah 140k per liter kok mbah kalo mau yang murah.

Kalo yang import sih 0w16 udah pasti kyk oli resing harganya. Base oilnya mostly udah yang kelas serem², biar viskonya stabil saat dipake 10rb km.
oh iya? kalo yang saya tau masih 180an, iya sih kelas serem2 semua sementara ini 0w-16
Kalo gak mau penasaran sih tes lab buat liat kondisi wear dan apakah oli masih bisa di push , tapi generally harga yang lebih murah biasanya base oil dan additive yang digunakan juga beda, jadi sebaiknya gak untuk long drain.
yoi mbah. "ada rupa ada harga" berlaku disini :big_smile]
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by lemonadelovers »

ada yg pernah coba ecstar 0w16 API SN? 3.6L harga Rp.550k. mau dicoba di S-Presso atau alternatif d ANXenia :big_smile]

https://www.suzuki.co.id/news/suzuki-ta ... mny-5-door
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 659
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

lemonadelovers wrote: Thu Aug 22, 2024 7:43 ada yg pernah coba ecstar 0w16 API SN? 3.6L harga Rp.550k. mau dicoba di S-Presso atau alternatif d ANXenia :big_smile]

https://www.suzuki.co.id/news/suzuki-ta ... mny-5-door
wih murah banget 550/3.6 liter hmmmm untuk all new xenia 2nr-ve pol di 0w-20 setauku. spresso no comment malah aku taunya skrg sih nder kalo jimny musti pake 0w-16
mkamil
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by mkamil »

esaka wrote: Wed Aug 21, 2024 7:39
Turboman wrote: Sat Aug 17, 2024 5:56 Dapat data VI dari hasil test lab oleh pihak seller

VI = 164,9

Zat Anti wear ada Zn / Moly & Boron

Dengan harga cuman Rp 75 rb / L ( Gallon)....0W20 API SP.........Okey lah

Toped / Shopee = td motor

* Bukan endorse *
ngeliat VI-nya yang segitu, saya jadi pengen ketawa karena selama ini tanpa sadar saya pake PTT Dynamic Commonrail 5w-30 yg punya Viscosity Index jauh lebih tinggi lagi buat 1TR-FE di rumah,
pantesan kok enteng bener ini revving-nya, enteng torsinya di putaran bawah (1500RPM , gigi 3, speed 40KPJ, muatan normal, nggak pake ngelitik) :big_biglaugh:
gw ganti header custom yg tipe UEL (UnEqual length header) malah bini gw sering ngira mesinnya mati padahal jalan di 1500RPM , kalau digas tone exhaustnya jadi growl renyah dan bukan suara kaleng kering kalau pake header aslinya. :big_grin:
kayaknya harus ganti ke ADNOC supaya bisa terdengar lebih normal :big_biglaugh:
berarti liat VI oli ini makin ketawa dong? 🙃
amsoil ss 0w20 VI 169
amsoil ss 5w30 VI 162
adnoc gold 5w30 VI 159
adnoc SP Eco 0w20 VI 167
adnoc SP Eco 5w30 VI 169
mobil 1 triple 5w30 157
mobil 1 triple 0w20 163

PTT Dynamic Commonrail VI 170

Q8 D1 0w20 VI 170
Q8 D1 5w30 VI 174
Eneos X Prime 0w16 VI 215 😶
Eneos X Prime 5w30 VI 235 😶

rasanya kalau dari single indicator VI aja belum tentu bisa menentukan kualitas apakah bagus atau tidak. CMIIW
esaka
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: Sat Jul 24, 2021 9:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by esaka »

mkamil wrote: Thu Aug 22, 2024 8:25
esaka wrote: Wed Aug 21, 2024 7:39
Turboman wrote: Sat Aug 17, 2024 5:56 Dapat data VI dari hasil test lab oleh pihak seller

VI = 164,9

Zat Anti wear ada Zn / Moly & Boron

Dengan harga cuman Rp 75 rb / L ( Gallon)....0W20 API SP.........Okey lah

Toped / Shopee = td motor

* Bukan endorse *
ngeliat VI-nya yang segitu, saya jadi pengen ketawa karena selama ini tanpa sadar saya pake PTT Dynamic Commonrail 5w-30 yg punya Viscosity Index jauh lebih tinggi lagi buat 1TR-FE di rumah,
pantesan kok enteng bener ini revving-nya, enteng torsinya di putaran bawah (1500RPM , gigi 3, speed 40KPJ, muatan normal, nggak pake ngelitik) :big_biglaugh:
gw ganti header custom yg tipe UEL (UnEqual length header) malah bini gw sering ngira mesinnya mati padahal jalan di 1500RPM , kalau digas tone exhaustnya jadi growl renyah dan bukan suara kaleng kering kalau pake header aslinya. :big_grin:
kayaknya harus ganti ke ADNOC supaya bisa terdengar lebih normal :big_biglaugh:
berarti liat VI oli ini makin ketawa dong? 🙃
amsoil ss 0w20 VI 169
amsoil ss 5w30 VI 162
adnoc gold 5w30 VI 159
adnoc SP Eco 0w20 VI 167
adnoc SP Eco 5w30 VI 169
mobil 1 triple 5w30 157
mobil 1 triple 0w20 163

PTT Dynamic Commonrail VI 170

Q8 D1 0w20 VI 170
Q8 D1 5w30 VI 174
Eneos X Prime 0w16 VI 215 😶
Eneos X Prime 5w30 VI 235 😶

rasanya kalau dari single indicator VI aja belum tentu bisa menentukan kualitas apakah bagus atau tidak. CMIIW
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
makin ketawa bukan karena VI-nya tapi karena situ ngomongnya tiba-tiba mengarah ke kualitas.
padahal saya ndak nyebut atau nulis soal kualitas sama sekali.
saya juga tau kalau satu indikator saja tidak menunjukkan kualitas suatu lendir.

nih saya jelasin,
maksud saya, VI setinggi itu di SAE 30 ternyata udah nyentuh zona SAE 20, berefek pada mobil saya yg gampang revving (high-rev) dan enteng torsi di putaran bawah. Lalu dengan keenceran seperti itu di oli yg saya pakai justru bikin suara lebih adem bukan kasar atau ribut. Ya wajar sih, udah ada yg share hasil UOA-nya, udah masuk kategori lendir keraton entry-level. :big_biglaugh:

itu Fastron Gold juga punya VI tinggi tapi harga murah, efeknya bisa ditebak, suara mesin udah kasar masuk di 4000KM++, karena lendirnya kebanyakan VI Improver.
VI ini kan bisa jadi semacam penanda gimana sih kira-kira impresinya/efeknya kalau dipake di mesin boil gw, ternyata ada loh SAE 30 yg licin banget ngalahin GF5 dan ada juga SAE 30 tapi tarikan mobil jadi berat.
mkamil
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by mkamil »

esaka wrote: Thu Aug 22, 2024 9:46
mkamil wrote: Thu Aug 22, 2024 8:25
esaka wrote: Wed Aug 21, 2024 7:39

ngeliat VI-nya yang segitu, saya jadi pengen ketawa karena selama ini tanpa sadar saya pake PTT Dynamic Commonrail 5w-30 yg punya Viscosity Index jauh lebih tinggi lagi buat 1TR-FE di rumah,
pantesan kok enteng bener ini revving-nya, enteng torsinya di putaran bawah (1500RPM , gigi 3, speed 40KPJ, muatan normal, nggak pake ngelitik) :big_biglaugh:
gw ganti header custom yg tipe UEL (UnEqual length header) malah bini gw sering ngira mesinnya mati padahal jalan di 1500RPM , kalau digas tone exhaustnya jadi growl renyah dan bukan suara kaleng kering kalau pake header aslinya. :big_grin:
kayaknya harus ganti ke ADNOC supaya bisa terdengar lebih normal :big_biglaugh:
berarti liat VI oli ini makin ketawa dong? 🙃
amsoil ss 0w20 VI 169
amsoil ss 5w30 VI 162
adnoc gold 5w30 VI 159
adnoc SP Eco 0w20 VI 167
adnoc SP Eco 5w30 VI 169
mobil 1 triple 5w30 157
mobil 1 triple 0w20 163

PTT Dynamic Commonrail VI 170

Q8 D1 0w20 VI 170
Q8 D1 5w30 VI 174
Eneos X Prime 0w16 VI 215 😶
Eneos X Prime 5w30 VI 235 😶

rasanya kalau dari single indicator VI aja belum tentu bisa menentukan kualitas apakah bagus atau tidak. CMIIW
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
makin ketawa bukan karena VI-nya tapi karena situ ngomongnya tiba-tiba mengarah ke kualitas.
padahal saya ndak nyebut atau nulis soal kualitas sama sekali.
ayolah bung tingkatkan lagi daya cerna atas sebuah tulisan.

nih saya jelasin,
maksud saya, VI setinggi itu di SAE 30 ternyata udah nyentuh zona SAE 20, berefek pada mobil saya yg gampang revving (high-rev) dan enteng torsi di putaran bawah. Lalu dengan keenceran seperti itu di oli yg saya pakai justru bikin suara lebih adem bukan kasar atau ribut. Ya wajar sih, udah ada yg share hasil UOA-nya, udah masuk kategori lendir keraton entry-level. :big_biglaugh:
baiklah saya tingkatkan daya cerna saya om 🫡 mumpung lagi makan nih

kalimat yg menyebutkan kualitas kan pendapat saya ya om, saya yg jadi bingung.
selain VI, kinematic visco yg selama ini saya lihat juga bila hanya berdasar datasheet untuk menentukan oh ini weight 30 yg encer dan ringan, oh ini weight 30 yg cukup berat mepet 40. Ya penafsiran berbeda ya silahkan saya kan bukan tribology :big_weee:
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by lemonadelovers »

kayukayuthe5th wrote: Thu Aug 22, 2024 8:21
lemonadelovers wrote: Thu Aug 22, 2024 7:43 ada yg pernah coba ecstar 0w16 API SN? 3.6L harga Rp.550k. mau dicoba di S-Presso atau alternatif d ANXenia :big_smile]

https://www.suzuki.co.id/news/suzuki-ta ... mny-5-door
wih murah banget 550/3.6 liter hmmmm untuk all new xenia 2nr-ve pol di 0w-20 setauku. spresso no comment malah aku taunya skrg sih nder kalo jimny musti pake 0w-16
ketemu d manual book maruti suzuki s-presso mesin K10c (india) bisa pakai
Classification: API SN, SP
ILSAC: GF-6
Viscosity: SAE 0W-16
2.8 L (replacement with oil filter)
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5951
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sintoni »

mkamil wrote: Thu Aug 22, 2024 8:25
esaka wrote: Wed Aug 21, 2024 7:39
Turboman wrote: Sat Aug 17, 2024 5:56 Dapat data VI dari hasil test lab oleh pihak seller

VI = 164,9

Zat Anti wear ada Zn / Moly & Boron

Dengan harga cuman Rp 75 rb / L ( Gallon)....0W20 API SP.........Okey lah

Toped / Shopee = td motor

* Bukan endorse *
ngeliat VI-nya yang segitu, saya jadi pengen ketawa karena selama ini tanpa sadar saya pake PTT Dynamic Commonrail 5w-30 yg punya Viscosity Index jauh lebih tinggi lagi buat 1TR-FE di rumah,
pantesan kok enteng bener ini revving-nya, enteng torsinya di putaran bawah (1500RPM , gigi 3, speed 40KPJ, muatan normal, nggak pake ngelitik) :big_biglaugh:
gw ganti header custom yg tipe UEL (UnEqual length header) malah bini gw sering ngira mesinnya mati padahal jalan di 1500RPM , kalau digas tone exhaustnya jadi growl renyah dan bukan suara kaleng kering kalau pake header aslinya. :big_grin:
kayaknya harus ganti ke ADNOC supaya bisa terdengar lebih normal :big_biglaugh:
berarti liat VI oli ini makin ketawa dong? 🙃
amsoil ss 0w20 VI 169
amsoil ss 5w30 VI 162
adnoc gold 5w30 VI 159
adnoc SP Eco 0w20 VI 167
adnoc SP Eco 5w30 VI 169
mobil 1 triple 5w30 157
mobil 1 triple 0w20 163

PTT Dynamic Commonrail VI 170

Q8 D1 0w20 VI 170
Q8 D1 5w30 VI 174
Eneos X Prime 0w16 VI 215 😶
Eneos X Prime 5w30 VI 235 😶

rasanya kalau dari single indicator VI aja belum tentu bisa menentukan kualitas apakah bagus atau tidak. CMIIW
Tapi ini mungkin maksudnya om Turbo kan murah om.