Pilih CRV Hybrid, Haval H6 atau nunggu Santa Fe 2024

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Pilih CRV Hybrid, Haval H6 atau nunggu Santa Fe 2024

Post by b0ku »

Ibet wrote: Thu Aug 08, 2024 2:45
lho ya ini kan hubungannya sama TKDN oom, wkwkwk
TKDN itu salah satu faktor honda2x CKD sekarang SUCKER semua......... :ngacir:

kalo sama GE8 oeh jauuuh laaah.......gak kecebur aja kayak mobil keceburr kalo honda sekarang :big_bored:

belom ngomongin komponen yang cengeng Ge8 yang ud tua peyot aja belom ganti yang sekarang bisa ud ganti berapa kali :big_bored:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Pilih CRV Hybrid, Haval H6 atau nunggu Santa Fe 2024

Post by darrelund »

Suryaputra wrote: Wed Aug 07, 2024 5:24
Cost :big_biglaugh:

10 speed autonya terbaik di kelasnya padahal
dapat penghargaan karena desain kompak dan performa tinggi.
tapi penghargaan gak equal to HPP.

klo bicara HPP;
- CVT ya debest lah
- desainnya lebih simple gtu dr POV engineering.
- liat aja motor matic 100 - 250 cc CVT semua di sini
- Sekelas subaru aja pk CVT

Ditambah lg tiongkok car masuk sini ugal2an :big_biglaugh:
ya gmn mbah

namanya coba" trial error ya pasti cost nya gede, klo mau murah ya dipake, dibuang ya mahal

itu cipic crv kan bisa toh dimasukin 10spd, scr cost jg harusna ngejer krn civic crv kan bisa kejuwal jutaan unit per annum
b0ku wrote: Wed Aug 07, 2024 6:36
satu lagi bikin nsx gen 2 sampe bego terus jadi produk fail ilmunya di kemanain coba :big_dunno:

belom ngomongin mesin F1 mereka :big_bored:

emang bingung sama merek satu ini :big_bored:
emg aneh, skrg kykna dia org binun mau diapain lagi

mana ikutan aliansi nissan

lagian barang bagus dibuang semua :big_biglaugh:

trus mau mbikin prelude hybrid, aturan mah pke K series :big_biglaugh:

NSX flop, padahal technya canggih

cuma ud kejauhan dari prinsipna NSX

liat aja di pidio ini, enjinir nihon aja keliatanna kecewa, cuma ngeles aja :big_biglaugh:



btw tumben mbah sensi ama oonda :big_biglaugh:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pilih CRV Hybrid, Haval H6 atau nunggu Santa Fe 2024

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: Thu Aug 08, 2024 3:04
Suryaputra wrote: Wed Aug 07, 2024 5:24
Cost :big_biglaugh:

10 speed autonya terbaik di kelasnya padahal
dapat penghargaan karena desain kompak dan performa tinggi.
tapi penghargaan gak equal to HPP.

klo bicara HPP;
- CVT ya debest lah
- desainnya lebih simple gtu dr POV engineering.
- liat aja motor matic 100 - 250 cc CVT semua di sini
- Sekelas subaru aja pk CVT

Ditambah lg tiongkok car masuk sini ugal2an :big_biglaugh:
ya gmn mbah

namanya coba" trial error ya pasti cost nya gede, klo mau murah ya dipake, dibuang ya mahal

itu cipic crv kan bisa toh dimasukin 10spd, scr cost jg harusna ngejer krn civic crv kan bisa kejuwal jutaan unit per annum
b0ku wrote: Wed Aug 07, 2024 6:36
satu lagi bikin nsx gen 2 sampe bego terus jadi produk fail ilmunya di kemanain coba :big_dunno:

belom ngomongin mesin F1 mereka :big_bored:

emang bingung sama merek satu ini :big_bored:
emg aneh, skrg kykna dia org binun mau diapain lagi

lagian barang bagus dibuang semua :big_biglaugh:

trus mau mbikin prelude hybrid, aturan mah pke K series :big_biglaugh:

NSX flop, padahal technya canggih

cuma ud kejauhan dari prinsipna NSX

liat aja di pidio ini, enjinir nihon aja keliatanna kecewa, cuma ngeles aja :big_biglaugh:

biarin aja
klo gak gtu, gak belajar.

atau memang sudah diplan oleh elit global?

:big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Pilih CRV Hybrid, Haval H6 atau nunggu Santa Fe 2024

Post by darrelund »

Suryaputra wrote: Thu Aug 08, 2024 3:07
biarin aja
klo gak gtu, gak belajar.

atau memang sudah diplan oleh elit global?

:big_biglaugh:
bener siy

cuma taudah sampe kapan tuch klo cuma megang amerika doank :big_biglaugh:

bisa jadi ud di plan

lebi questionable lagi join nissan, knp ga join toyota aja :big_biglaugh:
Ibet
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Pilih CRV Hybrid, Haval H6 atau nunggu Santa Fe 2024

Post by Ibet »

darrelund wrote: Thu Aug 08, 2024 2:59 pret lah TKDN

yg modal impor janji bikin pabrik aja dikasih langsung insentip
ya selama program ini berlangsung, yg udah existing buka pabrik & auxiliary pasti jadi korban
i.e pabrik mobil yg udah existing dimarih

kalo ga salah info, sampe desember 2025 programnya.
selama itu juga mobil lain jadi keliatan overprice, apalagi ambil jalur CBU non BEV

yg nyebelin kan yg tempo hari udah ikutan LCGC / LCEV, existing business nya yg disini gimana?
ya termasuk supplier yg ngecor alumunium, masak karet, ngepres plat baja dll kan kena imbas jg

gausah gitu, yg barusan buka pabrik batre aja saya yakin ngambek juga lach

gaperlu buka pabrik ini - itu, tinggal shipping barang pake kapal, jualan dah mobil CBU

mau lebih murah? tinggal semi knock down aja mobilnya datengin kesini
nanti assy batre di kabupaten bogor, dapet tkdn deh 40%.
voila .. turun lagi harganya wkwk
Ibet
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Pilih CRV Hybrid, Haval H6 atau nunggu Santa Fe 2024

Post by Ibet »

b0ku wrote: Thu Aug 08, 2024 3:03
TKDN itu salah satu faktor honda2x CKD sekarang SUCKER semua......... :ngacir:

kalo sama GE8 oeh jauuuh laaah.......gak kecebur aja kayak mobil keceburr kalo honda sekarang :big_bored:

belom ngomongin komponen yang cengeng Ge8 yang ud tua peyot aja belom ganti yang sekarang bisa ud ganti berapa kali :big_bored:
ga semua sih om,
saya juga user ngondah ckd kok, dah jalan 9 taun mobilnya wkwkwk

rusaknya cuman di kaki - kaki aja, maklum kondisi jalan raya dan bayaran pkb taunan ga berkorelasi wkwkwk
cvt juga masih seger walau udah 110 rb km, modal hcf-2 per 20 rb km sesuai wejangan suhu di sini

apakah tkdn bikin mobil jelek? ga juga, saya termasuk yg nikmatin harga parts murah - murah berkat tkdn itu
tapi saya juga ga pungkirin si kualitas parts tkdn itu variance nya tinggi, kadang bagus, kadang lemon hahaha

*disclemer
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pilih CRV Hybrid, Haval H6 atau nunggu Santa Fe 2024

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: Thu Aug 08, 2024 3:14
Suryaputra wrote: Thu Aug 08, 2024 3:07
biarin aja
klo gak gtu, gak belajar.

atau memang sudah diplan oleh elit global?

:big_biglaugh:
bener siy

cuma taudah sampe kapan tuch klo cuma megang amerika doank :big_biglaugh:

bisa jadi ud di plan

lebi questionable lagi join nissan, knp ga join toyota aja :big_biglaugh:
The enemy of my enemy is my friend :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pilih CRV Hybrid, Haval H6 atau nunggu Santa Fe 2024

Post by ChZ »

Ibet wrote: Thu Aug 08, 2024 3:31
ga semua sih om,
saya juga user ngondah ckd kok, dah jalan 9 taun mobilnya wkwkwk

rusaknya cuman di kaki - kaki aja, maklum kondisi jalan raya dan bayaran pkb taunan ga berkorelasi wkwkwk
cvt juga masih seger walau udah 110 rb km, modal hcf-2 per 20 rb km sesuai wejangan suhu di sini

apakah tkdn bikin mobil jelek? ga juga, saya termasuk yg nikmatin harga parts murah - murah berkat tkdn itu
tapi saya juga ga pungkirin si kualitas parts tkdn itu variance nya tinggi, kadang bagus, kadang lemon hahaha

*disclemer
d kita itu problemnya bukan TKDN nya. TKDN mah ga masalah wong part buatan lokal jg buat exported market. bbrp part lokal kan nggak masalah udah dapet sertifikasi level internasional juga.

tapi SDMnya itu...... rata-rata problem H CKD itu di perakitan. makanya sangat random kualitetnya. mungkin tolerance nya ditingkatkan jadi seiring pemakaian atau bahkan straight dari dealer udah mengalami masalah2 itu.

ntah ini isu supervisi atau memang skrg nippon itu juga terdowngrade kualitas manusianya (generasi tuanya jg pada ngeluh ini, pada gak bisa kerja). jd mungkin ga se detail babeh babeh atau engkong2nya dulu kalo ngawasin produksi.

masala nya sekarang memang gimana nippon itu "cutting cost" di sektor perakitan juga karena lawannya yang sono udah dibantu banget sama govtnya, dibantu pula sama ordal wakanda.

makanya plant shutdown itu keknya jadi efektif karena itu motong cost banyak. krn kalau kebanyakan potong cost korbanin kualitas demi market yang nggak seberapa juga jatohnya mending jual impor utuh aja. mgkn case di CRV baru begini.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3030
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Pilih CRV Hybrid, Haval H6 atau nunggu Santa Fe 2024

Post by KielConstantine »

b0ku wrote: Thu Aug 08, 2024 3:03 TKDN itu salah satu faktor honda2x CKD sekarang SUCKER semua......... :ngacir:

kalo sama GE8 oeh jauuuh laaah.......gak kecebur aja kayak mobil keceburr kalo honda sekarang :big_bored:

belom ngomongin komponen yang cengeng Ge8 yang ud tua peyot aja belom ganti yang sekarang bisa ud ganti berapa kali :big_bored:
Dah dah. Kita liat masih ngejer kaga tuh pabrik karawang

Misal penjualan melempem ntar paling tutup kek yg di thailand ayuttaya :upss:

Kmaren giass ancer2 mo masukin stpwagon full cbu kan. Udah mulai hopeless doi, akhirnya mau gerecok2 di pasar roti tawar. Dulunya mah boro2

Hr-V hybrid aj kg launching2; malah sok bawa yg e:n1 . Tau dah dpt insentif import kg tu hrv listrik. Misal bisa saingin harga mobcin sih gw dukung lah
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pilih CRV Hybrid, Haval H6 atau nunggu Santa Fe 2024

Post by Suryaputra »

KielConstantine wrote: Thu Aug 08, 2024 3:46
b0ku wrote: Thu Aug 08, 2024 3:03 TKDN itu salah satu faktor honda2x CKD sekarang SUCKER semua......... :ngacir:

kalo sama GE8 oeh jauuuh laaah.......gak kecebur aja kayak mobil keceburr kalo honda sekarang :big_bored:

belom ngomongin komponen yang cengeng Ge8 yang ud tua peyot aja belom ganti yang sekarang bisa ud ganti berapa kali :big_bored:
Dah dah. Kita liat masih ngejer kaga tuh pabrik karawang

Misal penjualan melempem ntar paling tutup kek yg di thailand ayuttaya :upss:

Kmaren giass ancer2 mo masukin stpwagon full cbu kan. Udah mulai hopeless doi, akhirnya mau gerecok2 di pasar roti tawar. Dulunya mah boro2

Hr-V hybrid aj kg launching2; malah sok bawa yg e:n1 . Tau dah dpt insentif import kg tu hrv listrik. Misal bisa saingin harga mobcin sih gw dukung lah
yg kesian korsel, udh diwajibin invest pabrik sampai infrastruktur,
eh beda policy lagi, malah mocin dikasih masuk ugal2an tanpa buka pabrik (modal mou dulu).

makanya apel teslon dkk ogah invest di sini,
policy nya suka suka pemerintah

serba salah jadi negara non blok / netral, ekonominya kejepittt
krn scr geografis diapit blok timur :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Pilih CRV Hybrid, Haval H6 atau nunggu Santa Fe 2024

Post by darrelund »

KielConstantine wrote: Thu Aug 08, 2024 3:46
Hr-V hybrid aj kg launching2; malah sok bawa yg e:n1 . Tau dah dpt insentif import kg tu hrv listrik. Misal bisa saingin harga mobcin sih gw dukung lah
kata oe kg bakal dapet insentip itu

lagian e:n1 kemahalan jg lah buat segitu, di uk aja harganya beti ama model 3 & seal
Jenson
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 569
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Pilih CRV Hybrid, Haval H6 atau nunggu Santa Fe 2024

Post by Jenson »

ChZ wrote: Thu Aug 08, 2024 3:43
Ibet wrote: Thu Aug 08, 2024 3:31
ga semua sih om,
saya juga user ngondah ckd kok, dah jalan 9 taun mobilnya wkwkwk

rusaknya cuman di kaki - kaki aja, maklum kondisi jalan raya dan bayaran pkb taunan ga berkorelasi wkwkwk
cvt juga masih seger walau udah 110 rb km, modal hcf-2 per 20 rb km sesuai wejangan suhu di sini

apakah tkdn bikin mobil jelek? ga juga, saya termasuk yg nikmatin harga parts murah - murah berkat tkdn itu
tapi saya juga ga pungkirin si kualitas parts tkdn itu variance nya tinggi, kadang bagus, kadang lemon hahaha

*disclemer
d kita itu problemnya bukan TKDN nya. TKDN mah ga masalah wong part buatan lokal jg buat exported market. bbrp part lokal kan nggak masalah udah dapet sertifikasi level internasional juga.

tapi SDMnya itu...... rata-rata problem H CKD itu di perakitan. makanya sangat random kualitetnya. mungkin tolerance nya ditingkatkan jadi seiring pemakaian atau bahkan straight dari dealer udah mengalami masalah2 itu.

ntah ini isu supervisi atau memang skrg nippon itu juga terdowngrade kualitas manusianya (generasi tuanya jg pada ngeluh ini, pada gak bisa kerja). jd mungkin ga se detail babeh babeh atau engkong2nya dulu kalo ngawasin produksi.

masala nya sekarang memang gimana nippon itu "cutting cost" di sektor perakitan juga karena lawannya yang sono udah dibantu banget sama govtnya, dibantu pula sama ordal wakanda.

makanya plant shutdown itu keknya jadi efektif karena itu motong cost banyak. krn kalau kebanyakan potong cost korbanin kualitas demi market yang nggak seberapa juga jatohnya mending jual impor utuh aja. mgkn case di CRV baru begini.
Ngom2 quality, skrg ahond CBU jg sami mawon om. FE saya jok depannya bunyi kriyet2, uda claim warranty d ganti, msi kriyet2 :big_dunno: Mash solid BQ CBU jaman Brio 1.3 saya dlu, sampe d jual no rattling :big_exellent:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 943
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Pilih CRV Hybrid, Haval H6 atau nunggu Santa Fe 2024

Post by zonepublic »

b0ku wrote: Thu Aug 08, 2024 3:03
Ibet wrote: Thu Aug 08, 2024 2:45
lho ya ini kan hubungannya sama TKDN oom, wkwkwk
TKDN itu salah satu faktor honda2x CKD sekarang SUCKER semua......... :ngacir:

kalo sama GE8 oeh jauuuh laaah.......gak kecebur aja kayak mobil keceburr kalo honda sekarang :big_bored:

belom ngomongin komponen yang cengeng Ge8 yang ud tua peyot aja belom ganti yang sekarang bisa ud ganti berapa kali :big_bored:
Bukannya GE8 CKD juga? :ungg:
Kayanya bukan ckdnya yang jadi masalah tapi memang prinsipal honda indo yang nurunin kualitas sejak jaman brio lcgc 2013 keluar jadi alasan buat nurunin semua kualitas mobil honda,brio cbu 2012 aja bagian kap mesin dalam masih dicat
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pilih CRV Hybrid, Haval H6 atau nunggu Santa Fe 2024

Post by Suryaputra »

zonepublic wrote: Thu Aug 08, 2024 4:15
b0ku wrote: Thu Aug 08, 2024 3:03
Ibet wrote: Thu Aug 08, 2024 2:45
lho ya ini kan hubungannya sama TKDN oom, wkwkwk
TKDN itu salah satu faktor honda2x CKD sekarang SUCKER semua......... :ngacir:

kalo sama GE8 oeh jauuuh laaah.......gak kecebur aja kayak mobil keceburr kalo honda sekarang :big_bored:

belom ngomongin komponen yang cengeng Ge8 yang ud tua peyot aja belom ganti yang sekarang bisa ud ganti berapa kali :big_bored:
Bukannya GE8 CKD juga? :ungg:
Kayanya bukan ckdnya yang jadi masalah tapi memang prinsipal honda indo yang nurunin kualitas sejak jaman brio lcgc 2013 keluar,brio cbu aja kapnya masih ada peredamnya
Brio yg terakhir NIK 2024

Udh lengkap
- kap pk peredam
- bushing lbh enak dr mobilio
- masih rattle free udh jalan nuju 3rb km
- engine undercover
- CVT heat exchanger terhubung ke coolant
- suara kompresor AC minim (gakda suara nguuunngg spt brio 1st gen/mobilio FL)
- Setir luruss

Jauh Lebih pede bw brio 120 kph, dibanding xpander 4AT di speed yg sama.
dan itu batas max di jalan tol umum :big_biglaugh:
Last edited by Suryaputra on Thu Aug 08, 2024 4:30, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Pilih CRV Hybrid, Haval H6 atau nunggu Santa Fe 2024

Post by b0ku »

Ibet wrote: Thu Aug 08, 2024 3:31
ga semua sih om,
saya juga user ngondah ckd kok, dah jalan 9 taun mobilnya wkwkwk

rusaknya cuman di kaki - kaki aja, maklum kondisi jalan raya dan bayaran pkb taunan ga berkorelasi wkwkwk
cvt juga masih seger walau udah 110 rb km, modal hcf-2 per 20 rb km sesuai wejangan suhu di sini

apakah tkdn bikin mobil jelek? ga juga, saya termasuk yg nikmatin harga parts murah - murah berkat tkdn itu
tapi saya juga ga pungkirin si kualitas parts tkdn itu variance nya tinggi, kadang bagus, kadang lemon hahaha

*disclemer
yah parts murah buat apaan kalo jeleknya ngalahin KW nanti kek mitsu tuh saking bohwatnya kalo ada rusak pasti saya nyari aftermarket improvement dulu, nyari kw merek baru deh kalo gak ada kepepet pake ori :mky_07:

yang kocak kayak mitsu barusan saya ganti radiator 2ply aluminium tebel 2x lipat harganya cuma 4jt eh ini ori ud tipis jelek harganya malah 6jt :wkkk:

cuma ya saya mah cuma gebandingin aja itu dulu saya ada freed, RM sama ge8 di banding sama honda sekarang si beneran saya megang GE8 itu ketawain mulu parah banget kualitasnya........beneran lemon :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Pilih CRV Hybrid, Haval H6 atau nunggu Santa Fe 2024

Post by b0ku »

zonepublic wrote: Thu Aug 08, 2024 4:15 Bukannya GE8 CKD juga? :ungg:
Kayanya bukan ckdnya yang jadi masalah tapi memang prinsipal honda indo yang nurunin kualitas sejak jaman brio lcgc 2013 keluar jadi alasan buat nurunin semua kualitas mobil honda,brio cbu 2012 aja bagian kap mesin dalam masih dicat
CKD itu cuma ngerakit om cuma komponenya gak tau darimana bisa dari thiland bisa dari malaysia ada yang pake lokal juga cuma gak tau berapa % soalnya emang dulu tiap beli parts ada beberapa bukan made in indonesia :mky_03:

sebenernya bukan dari BRIO malah dari GE8 FL ke freed , karena saya dari freed 2009 ke ge8 2013 itu berasa turun daya tahannya, brio itu cuma puncaknya aja apalagi HRV :wkkk:

entah sengaja atau bukan soalnya kalo kayak FREED, GE8 sama RM saya si bisa bangkrut bengkel resmi bener2x gak rewel sama sekali........... :ngacir:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Pilih CRV Hybrid, Haval H6 atau nunggu Santa Fe 2024

Post by b0ku »

ChZ wrote: Thu Aug 08, 2024 3:43
d kita itu problemnya bukan TKDN nya. TKDN mah ga masalah wong part buatan lokal jg buat exported market. bbrp part lokal kan nggak masalah udah dapet sertifikasi level internasional juga.

tapi SDMnya itu...... rata-rata problem H CKD itu di perakitan. makanya sangat random kualitetnya. mungkin tolerance nya ditingkatkan jadi seiring pemakaian atau bahkan straight dari dealer udah mengalami masalah2 itu.

ntah ini isu supervisi atau memang skrg nippon itu juga terdowngrade kualitas manusianya (generasi tuanya jg pada ngeluh ini, pada gak bisa kerja). jd mungkin ga se detail babeh babeh atau engkong2nya dulu kalo ngawasin produksi.

masala nya sekarang memang gimana nippon itu "cutting cost" di sektor perakitan juga karena lawannya yang sono udah dibantu banget sama govtnya, dibantu pula sama ordal wakanda.

makanya plant shutdown itu keknya jadi efektif karena itu motong cost banyak. krn kalau kebanyakan potong cost korbanin kualitas demi market yang nggak seberapa juga jatohnya mending jual impor utuh aja. mgkn case di CRV baru begini.
tapi ngerakit kan ngerakit om cuma nyambung2xin parts sedangkan yang fail kebanyakan komponennya kek rack jebol, kaki bunyi bukannya itu lebih ke kualitas komponen itu sendiri lagian kalo gara2x rakitnya payah bengkel resmi harusnya bisa beresin, ini komponen yang rusak yang itu2x lagi biarpun ud di benerin, kayak rack masuk asebling ya ud jadi satu gelondong dari supplier mana mungkin ngerakit rack di asembling???? :big_think:

emang dasarnya mobil sekarang payah2x saya aja baru sadar pas hunting HRV dimana semua HRV ud kayak bekas mobil kecebur padahal saya survey di showroom beda2x :big_dunno:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Pilih CRV Hybrid, Haval H6 atau nunggu Santa Fe 2024

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Thu Aug 08, 2024 4:22
Brio yg terakhir NIK 2024

Udh lengkap
- kap pk peredam
- bushing lbh enak dr mobilio
- masih rattle free udh jalan nuju 3rb km
- engine undercover
- CVT heat exchanger terhubung ke coolant
- suara kompresor AC minim (gakda suara nguuunngg spt brio 1st gen/mobilio FL)
- Setir luruss

Jauh Lebih pede bw brio 120 kph, dibanding xpander 4AT di speed yg sama.
dan itu batas max di jalan tol umum :big_biglaugh:
itu namanya improvement om tapi gak bisa jamin partsnya awet :mky_03:

kalo mau kayak gitu chevrolet saya dulu juga ternyaman pada jamannya handling stabil cuma rusaknya tiap bulan buat apaan, om sendiri kan pernah ketemu sama tuh mobil saya yang ujung2xnya maen bowling :wkkk:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pilih CRV Hybrid, Haval H6 atau nunggu Santa Fe 2024

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Thu Aug 08, 2024 4:40
Suryaputra wrote: Thu Aug 08, 2024 4:22
Brio yg terakhir NIK 2024

Udh lengkap
- kap pk peredam
- bushing lbh enak dr mobilio
- masih rattle free udh jalan nuju 3rb km
- engine undercover
- CVT heat exchanger terhubung ke coolant
- suara kompresor AC minim (gakda suara nguuunngg spt brio 1st gen/mobilio FL)
- Setir luruss

Jauh Lebih pede bw brio 120 kph, dibanding xpander 4AT di speed yg sama.
dan itu batas max di jalan tol umum :big_biglaugh:
itu namanya improvement om tapi gak bisa jamin partsnya awet :mky_03:

kalo mau kayak gitu chevrolet saya dulu juga ternyaman pada jamannya handling stabil cuma rusaknya tiap bulan buat apaan, om sendiri kan pernah ketemu sama tuh mobil saya yang ujung2xnya maen bowling :wkkk:
brio setrika aja awet koq

contoh soal kaki2.
Bushing2 Arm-nya designed buat brio dan ban seimut itu.
begitu direplicate buat BRV dan mobilio, ya lbh cepet kaput :big_biglaugh:

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pilih CRV Hybrid, Haval H6 atau nunggu Santa Fe 2024

Post by ChZ »

b0ku wrote: Thu Aug 08, 2024 4:37 tapi ngerakit kan ngerakit om cuma nyambung2xin parts sedangkan yang fail kebanyakan komponennya kek rack jebol, kaki bunyi bukannya itu lebih ke kualitas komponen itu sendiri lagian kalo gara2x rakitnya payah bengkel resmi harusnya bisa beresin, ini komponen yang rusak yang itu2x lagi biarpun ud di benerin, kayak rack masuk asebling ya ud jadi satu gelondong dari supplier mana mungkin ngerakit rack di asembling???? :big_think:

emang dasarnya mobil sekarang payah2x saya aja baru sadar pas hunting HRV dimana semua HRV ud kayak bekas mobil kecebur padahal saya survey di showroom beda2x :big_dunno:
ya entahlah mungkin dari vendornya juga kualitas ntah raw material atau assemblingnya juga jelek .... :big_bored:

TKDN kan nggak melulu raw materialnya dari kita jg. ntahlah makanya saya juga ragu TKDN itu 100% made in indo wong jangan2 raw materialnya ujungnya outsource china punya jg :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 943
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Pilih CRV Hybrid, Haval H6 atau nunggu Santa Fe 2024

Post by zonepublic »

Suryaputra wrote: Thu Aug 08, 2024 4:22
zonepublic wrote: Thu Aug 08, 2024 4:15
b0ku wrote: Thu Aug 08, 2024 3:03

TKDN itu salah satu faktor honda2x CKD sekarang SUCKER semua......... :ngacir:

kalo sama GE8 oeh jauuuh laaah.......gak kecebur aja kayak mobil keceburr kalo honda sekarang :big_bored:

belom ngomongin komponen yang cengeng Ge8 yang ud tua peyot aja belom ganti yang sekarang bisa ud ganti berapa kali :big_bored:
Bukannya GE8 CKD juga? :ungg:
Kayanya bukan ckdnya yang jadi masalah tapi memang prinsipal honda indo yang nurunin kualitas sejak jaman brio lcgc 2013 keluar,brio cbu aja kapnya masih ada peredamnya
Brio yg terakhir NIK 2024

Udh lengkap
- kap pk peredam
- bushing lbh enak dr mobilio
- masih rattle free udh jalan nuju 3rb km
- engine undercover
- CVT heat exchanger terhubung ke coolant
- suara kompresor AC minim (gakda suara nguuunngg spt brio 1st gen/mobilio FL)
- Setir luruss

Jauh Lebih pede bw brio 120 kph, dibanding xpander 4AT di speed yg sama.
dan itu batas max di jalan tol umum :big_biglaugh:
Sekarang yang kualitasnya udah menurun tapi ga separah kualitas mobil jepangan menurut saya kok hyundai ya,meskipun stargazer plastiky smua tp kualitasnya diatas kompetitor jepangan spt brv,avanza,ertiga
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pilih CRV Hybrid, Haval H6 atau nunggu Santa Fe 2024

Post by Suryaputra »

zonepublic wrote: Thu Aug 08, 2024 5:20
Suryaputra wrote: Thu Aug 08, 2024 4:22
zonepublic wrote: Thu Aug 08, 2024 4:15
Bukannya GE8 CKD juga? :ungg:
Kayanya bukan ckdnya yang jadi masalah tapi memang prinsipal honda indo yang nurunin kualitas sejak jaman brio lcgc 2013 keluar,brio cbu aja kapnya masih ada peredamnya
Brio yg terakhir NIK 2024

Udh lengkap
- kap pk peredam
- bushing lbh enak dr mobilio
- masih rattle free udh jalan nuju 3rb km
- engine undercover
- CVT heat exchanger terhubung ke coolant
- suara kompresor AC minim (gakda suara nguuunngg spt brio 1st gen/mobilio FL)
- Setir luruss

Jauh Lebih pede bw brio 120 kph, dibanding xpander 4AT di speed yg sama.
dan itu batas max di jalan tol umum :big_biglaugh:
Sekarang yang kualitasnya udah menurun tapi ga separah kualitas mobil jepangan menurut saya kok hyundai ya,meskipun stargazer plastiky smua tp kualitasnya diatas kompetitor jepangan spt brv,avanza,ertiga
Masih awal, ntar juga makin ke sini, klo dah makin besar skala produksinya, nyadar bahwa quality itu comes with cost.

Qc lbh lama dan back and forth fixingnya, itu ngurangin efisiensi, ujung2nya toleransi QC makin ke sono :big_biglaugh:

Konsumen umum gak merhatiin gtu2
Paling buat transport point a ke b dan perawatan mudah

Cuma warga SM aja yg perhatian

Jadi mending mereka implement pareto efficiency

:big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Pilih CRV Hybrid, Haval H6 atau nunggu Santa Fe 2024

Post by b0ku »

ChZ wrote: Thu Aug 08, 2024 5:08
ya entahlah mungkin dari vendornya juga kualitas ntah raw material atau assemblingnya juga jelek .... :big_bored:

TKDN kan nggak melulu raw materialnya dari kita jg. ntahlah makanya saya juga ragu TKDN itu 100% made in indo wong jangan2 raw materialnya ujungnya outsource china punya jg :big_bored:
saya yakin si om kayak bushing ball joint itu pasti bikinan sini mungkin armnya dari jepang terus dateng arm kopong disini di masukin lagi bushing2xnya atau whole parts emang bikinan sini :mky_03:

kalo rack bisa aja dari china atau taiwan yang penting murah jgn2x satu pabrik sama heiker :big_biglaugh:

btw mobil china juga banyak kena QC issue di mainland saya peratiin juga lebih ke vendornya yang gak beres juga :big_bored:

mungkin sekarang banyak yang bisa beli mesin jadi siapa aja asal punya duit apalagi kenalan ordal di ATPM bisa jadi supplier :mky_03:

ya inget aja kasus takata honda kena kan karena iming2x harga murah eh kena, ini takata loh perusahan gede gimana perusahaan2x kecil yang dateng nawarin parts harga murah terus samplenya bagus semua pas ud kepilih baru nakal :mky_03:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Pilih CRV Hybrid, Haval H6 atau nunggu Santa Fe 2024

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Thu Aug 08, 2024 4:52
brio setrika aja awet koq

contoh soal kaki2.
Bushing2 Arm-nya designed buat brio dan ban seimut itu.
begitu direplicate buat BRV dan mobilio, ya lbh cepet kaput :big_biglaugh:

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
brio no issue ya sampe ke gearbox2nya :big_biglaugh:

jgn2x itu parts brio dipakein ke semuanya makannya kaput mulu :mky_07:
Ibet
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Pilih CRV Hybrid, Haval H6 atau nunggu Santa Fe 2024

Post by Ibet »

b0ku wrote: Thu Aug 08, 2024 4:26 yah parts murah buat apaan kalo jeleknya ngalahin KW nanti kek mitsu tuh saking bohwatnya kalo ada rusak pasti saya nyari aftermarket improvement dulu, nyari kw merek baru deh kalo gak ada kepepet pake ori :mky_07:

yang kocak kayak mitsu barusan saya ganti radiator 2ply aluminium tebel 2x lipat harganya cuma 4jt eh ini ori ud tipis jelek harganya malah 6jt :wkkk:

cuma ya saya mah cuma gebandingin aja itu dulu saya ada freed, RM sama ge8 di banding sama honda sekarang si beneran saya megang GE8 itu ketawain mulu parah banget kualitasnya........beneran lemon :big_biglaugh:
wkwk ya ga separah kw juga lah om
kalo mitsu sih saya gabisa komen karena gapernah punya mobilnya

mantap harganya kalo beli di dealer,
masalahnya kalo beli part ori di dealer kena ongkos macem - macem .. jadi mahal bener rasanya
udah gitu kena ppn

bisa aja material dll impor jadi tetep pengaruh dollar, walau proses local

pas jaman GE8 dollar masih di 10rb-an
sekarang udah 16rb-an, harga Brio nya kalo diconvert duit 2013 ke duit 2024 ya masih sebanding sih
cost mobilnya sama, cuman uang buat belinya yg makin turun value nya