Innova Zenix Hybrid sharing sini yuk

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Innova Zenix Hybrid sharing sini yuk

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Thu Aug 01, 2024 5:08 Depends mbah.
Klo chinese brand casenya spt w betmen, ya gak bs geser jg :big_biglaugh:

Tp chery ini layak dicoba, krn bumn china, jd modal gak main2 dan lbh serius.
sektor otomotif itu masih mending punya faktor penentu : aftersales dan spare parts. beda dgn industry lain kyk tekstil atau gadgets yang nggak butuh routine aftersales service kalau pengalaman kecewa sama produk nggak ngaruh krn barangnya murah dan disposable.

begitu collective memory orang wakanda beli mobcin adalah layanan bengkel unprofessional macem warung atau parts yang susah dan ngga mau cariin, ya mau sebagus apapun barangnya 5 thn lagi gulung tiker. saya liat footage GIIAS dah bisa nebak mana yang calon2 gulung tiker. paling sisa betmen sama si membangun mimpi. sisanya OTW gurem.

mobil blm masuk taraf disposable utk warga wakanda, minimal jelek jeleknya aftersales nihon masih ada SOP kita ngerti apa yang sesuai SOP dan tidak.

kalo negri naga ntahlah, consumer buat mereka cuma commodities dan easy cash grab dgn price dumping terus terusan yg bikin orang juga lama lama males adopt produk naga.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Krucilatoz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Sat Jul 19, 2014 13:08

Re: Innova Zenix Hybrid sharing sini yuk

Post by Krucilatoz »

Anyway, karena ini trit zenix, nambahin comment after 1 tahun pakai, hal yg nyebelin diluar yg sudah biasa diceritakan user SM lain. Yaitu :
- usb port di depan cuma bisa 5W, jadi kalau charge hp ga bisa sampai fast-charging, malah kalau sambil nyalain android-auto (wireless) dan waze, baterainya ga keisi. Ini sebabnya mesti pasang charger hp tambahan di port 12V sebelah kiri HUD agar bisa dapat super-fast charging (25W).
usb port belakang ga pernah test, tapi cukup kuat buat nyalain monitor portable. Ini monitor kugantung ke RSE lalu connect ke nintendo switch, sehingga bocah2 selama perjalanan pada main game :D

- bentuk dudukan kursi terutama driver yg agak nge-bucket di bagian bawah ini malah mengganggu buat saya yg hobi nyandarin dengkul ke samping kanan. Jadinya paha kanan kayak 'nyangkut'. Ini macam kalau duduk musti lurus, tapi kan lama-lama pegel ya :D

- android auto (wireless) kadang ga mau connect. ibaratnya rada 50-50 ini bisa ga bisanya. Kalau pas ga bisa kadang solusinya mesti disconnect - connect bluetooth. Atau mandek sekalian matiin mesin nyalain lagi.

- rem parkir kalau mobil habis dicuci kadang macet. Hal wajar kalau mobil udah lama, tapi ni belum 1 tahun kok udah gini.
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3030
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Innova Zenix Hybrid sharing sini yuk

Post by KielConstantine »



Kemaren baru nonton ntuh video. Kayanya sementara urung niat dulu deh klo mao akuisisi zenix batch sekarang :big_sorry:

Astra emang kebangetan, export quality (cbu) dikasih bagus..

Eh buat rakyat sendiri (indo-ckd) dikasih spek ngampasan + hasil kerja ngasal quality controlnya. Mentang2 uu perlindungan konsumen disini 0 besar, seenak jidat aje 0X

Ntar paling nunggu batch improvement, minimal dapet jok elektrik + pendingin jok lah biar sama kek zenix spek indihe

Gw seneng tuh diserang segala sisi sama mobcin nih astra, walaupun masih rank#1 aja sih penjualan di giass kmaren wkwkwk
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3030
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Innova Zenix Hybrid sharing sini yuk

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: Sat Aug 03, 2024 4:59
Suryaputra wrote: Thu Aug 01, 2024 5:08 Depends mbah.
Klo chinese brand casenya spt w betmen, ya gak bs geser jg :big_biglaugh:

Tp chery ini layak dicoba, krn bumn china, jd modal gak main2 dan lbh serius.
sektor otomotif itu masih mending punya faktor penentu : aftersales dan spare parts. beda dgn industry lain kyk tekstil atau gadgets yang nggak butuh routine aftersales service kalau pengalaman kecewa sama produk nggak ngaruh krn barangnya murah dan disposable.

begitu collective memory orang wakanda beli mobcin adalah layanan bengkel unprofessional macem warung atau parts yang susah dan ngga mau cariin, ya mau sebagus apapun barangnya 5 thn lagi gulung tiker. saya liat footage GIIAS dah bisa nebak mana yang calon2 gulung tiker. paling sisa betmen sama si membangun mimpi. sisanya OTW gurem.

mobil blm masuk taraf disposable utk warga wakanda, minimal jelek jeleknya aftersales nihon masih ada SOP kita ngerti apa yang sesuai SOP dan tidak.

kalo negri naga ntahlah, consumer buat mereka cuma commodities dan easy cash grab dgn price dumping terus terusan yg bikin orang juga lama lama males adopt produk naga.
Cina mainland seh track recordnya parah.. mau makan orang ya kaga segen2 chris. Persetan lah yg penting mereka untung gede. Ibarat bisnis maen kotor yaudah ga peduli mereka.

Ini ngomong berdasarkan pengalaman bokap pernah urusan tender proyek sama orang cina mainland; korea ; japan :mky_03: :mky_03:

Orang korsel jg sama aja kelakuannya :mky_07: :mky_07:

Paling respect kerjasama sama orang jpn. Jeleknya kita macem kerja romusha aja. Apa2 mesti hadir ownernya. Ada trouble dikit batang idung mesti muncul ownernya, kerahin anak buah kaga mau wkwkwk. Cuman nihon-jin masih lebih tau diri lah (ada rasa ga enak hati) daripada ras asia timur dua diatas ntuh :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Innova Zenix Hybrid sharing sini yuk

Post by darrelund »

KielConstantine wrote: Sun Aug 04, 2024 16:07
Kemaren baru nonton ntuh video. Kayanya sementara urung niat dulu deh klo mao akuisisi zenix batch sekarang :big_sorry:
itu di pidionya ada yg nasib ada yg takdir mbah :big_biglaugh: :big_biglaugh:
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1755
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Innova Zenix Hybrid sharing sini yuk

Post by AbdulHakim »

V Hybrid bisa dipasangin Power Back Door gak ya?
yang V lampu malamnya udah cukup terang gak buat menyinari jalan?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Innova Zenix Hybrid sharing sini yuk

Post by Suryaputra »



:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 674
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: Innova Zenix Hybrid sharing sini yuk

Post by Dogies »

forzanetti wrote: Fri Jul 12, 2024 5:57
pengendiesel wrote: Fri Jul 12, 2024 2:44 Material interior lumayan mengenaskan.
Waktu matikan mesin, kunci pintu gak otomatis terbuka. Tetap dalam posisi terkunci. Harus buka manual via tombol. Yang mana tombol2 kunci pintu ini ga ada lampunya. Jadi kalo blm terbiasa, mesti gerayang2 dulu. Heran, ada iluminesien light, sunroof, tapi lampu tombol gini malah dihilangkan.
Rem berasa berat. Pakem, tapi injeknya harus pake tenaga.
pernah liat2 zenix V hybrid punya sodara, setuju soal interior emang mengenaskan, apalagi mengingat harganya.

wah masa mobil harga segitu, kunci pintu ga otomatis buka. biasa kan masuk P juga otomatis buka kunci.

btw sodara saya komplen katanya AC di zenix hybrid ini kurang dingin. dia compare sama mobil2 dia yg lain, zenix ini paling ga dingin ACnya. sempet nanya tukang AC mobil langganan, dia bilang emang gitu.
Masih mantapan Innova awal 04 ampe barong 15 ya AC nye... Cukup speed 1 temp 24 udah maknyes :big_peace:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Innova Zenix Hybrid sharing sini yuk

Post by Suryaputra »

Dogies wrote: Mon Aug 05, 2024 3:37
forzanetti wrote: Fri Jul 12, 2024 5:57
pengendiesel wrote: Fri Jul 12, 2024 2:44 Material interior lumayan mengenaskan.
Waktu matikan mesin, kunci pintu gak otomatis terbuka. Tetap dalam posisi terkunci. Harus buka manual via tombol. Yang mana tombol2 kunci pintu ini ga ada lampunya. Jadi kalo blm terbiasa, mesti gerayang2 dulu. Heran, ada iluminesien light, sunroof, tapi lampu tombol gini malah dihilangkan.
Rem berasa berat. Pakem, tapi injeknya harus pake tenaga.
pernah liat2 zenix V hybrid punya sodara, setuju soal interior emang mengenaskan, apalagi mengingat harganya.

wah masa mobil harga segitu, kunci pintu ga otomatis buka. biasa kan masuk P juga otomatis buka kunci.

btw sodara saya komplen katanya AC di zenix hybrid ini kurang dingin. dia compare sama mobil2 dia yg lain, zenix ini paling ga dingin ACnya. sempet nanya tukang AC mobil langganan, dia bilang emang gitu.
Masih mantapan Innova awal 04 ampe barong 15 ya AC nye... Cukup speed 1 temp 24 udah maknyes :big_peace:
yah namanya kondensor dikasih visco fan (ipah RWD) vs electric fan (zenix FWD) gak bisa diadu.
Toyota RWD + Visco fan, berani kasih kapasitas kompresor lbh besar, dan lbh dingin, karena pendinginan kondensornya lbh gede volume udaranya.

visco fan itu semburan anginnya kenceng ketika lg idle.
ketika jalan, dia dibantu angin dr depan + visco nya masih muter.

makanya ketika org bilang toyota AC nya dingin banget,
Iya toyota Kijang / Ipah RWD bener :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Stygulator
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Thu Aug 13, 2015 14:33

Re: Innova Zenix Hybrid sharing sini yuk

Post by Stygulator »

Ngomong2 soal garansi batere 8 tahun, apa aja modif yg bisa buat gugur tuh garansi?
Ane ada rencana mau pasang fog lamp ama drl buat tipe G, biar ada aura tipe Q 600jtnya :big_biglaugh: Sama mau pasang auto retract buat spion. Kagak ngerti jalan pikiran atoyot, yg sederhana kayak retract spion aja gak dikasih buat semua trim :big_slap:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Innova Zenix Hybrid sharing sini yuk

Post by kunaskun »

Suryaputra wrote: Mon Aug 05, 2024 3:43 yah namanya kondensor dikasih visco fan (ipah RWD) vs electric fan (zenix FWD) gak bisa diadu.
Toyota RWD + Visco fan, berani kasih kapasitas kompresor lbh besar, dan lbh dingin, karena pendinginan kondensornya lbh gede volume udaranya.

visco fan itu semburan anginnya kenceng ketika lg idle.
ketika jalan, dia dibantu angin dr depan + visco nya masih muter.

makanya ketika org bilang toyota AC nya dingin banget,
Iya toyota Kijang / Ipah RWD bener :big_biglaugh:
kecuali produk TRD = Toyota Rakitan Daihatsu :big_think:

daihatsu DNGA AC-nya keterlaluan tuh dinginnya, yang kocak di raize, ada setelan suhu digital bisa Auto climater control tapi di set 28C malem hujan tetep kedinginan karena ga ada heater :big_biglaugh: dan itu cuma bukan masalah di panel kontrol doang karena panel control Raize pindah ke Rocky, ga akan jalan karena wiring, dan unit AC Amplifier Module beda. :upss:

dan Di zenix karena produk global dinginnya ga akan bisa sama dengan local market only. dan kalau ada heater, jadi ya berkurang dikit dinginnya.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Innova Zenix Hybrid sharing sini yuk

Post by Suryaputra »

Stygulator wrote: Mon Aug 05, 2024 4:10 Ngomong2 soal garansi batere 8 tahun, apa aja modif yg bisa buat gugur tuh garansi?
Ane ada rencana mau pasang fog lamp ama drl buat tipe G, biar ada aura tipe Q 600jtnya :big_biglaugh: Sama mau pasang auto retract buat spion. Kagak ngerti jalan pikiran atoyot, yg sederhana kayak retract spion aja gak dikasih buat semua trim :big_slap:
sy ttp prefer retract manual.
emg lbh ribet, tp robust.

klo electric, begitu dah lwt bbrp tahun, itu ngelipetnya atau keluar nya gak bisa full,
harus dipancing bbrp kali, dan kdg dipaksa manual. :upss:

blm lagi bbrp case electric park-brake, bisa macet untuk release.
dan klo diperhatikan, makin sering dipakai, makin kenceng denger bunyi motor electric parkbrake nya :mky_03:

emg reborn rwd tuh debest reliability nya.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Krucilatoz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Sat Jul 19, 2014 13:08

Re: Innova Zenix Hybrid sharing sini yuk

Post by Krucilatoz »

AbdulHakim wrote: Mon Aug 05, 2024 1:57 V Hybrid bisa dipasangin Power Back Door gak ya?
yang V lampu malamnya udah cukup terang gak buat menyinari jalan?
bisa dipasang power backdoor setahuku om, pernah nanya toko aksesoris di bdg dia biasa pasang.

Kalau lampu malam sih semua zenix memang biasa aja. Jadinya aku pasang projie di tempat fog-lampnya buat nambahi terang sewaktu jalan malam
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3906
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Innova Zenix Hybrid sharing sini yuk

Post by kendibocor »

KielConstantine wrote: Sun Aug 04, 2024 16:18
Cina mainland seh track recordnya parah.. mau makan orang ya kaga segen2 chris. Persetan lah yg penting mereka untung gede. Ibarat bisnis maen kotor yaudah ga peduli mereka.

Ini ngomong berdasarkan pengalaman bokap pernah urusan tender proyek sama orang cina mainland; korea ; japan :mky_03: :mky_03:

Orang korsel jg sama aja kelakuannya :mky_07: :mky_07:

Paling respect kerjasama sama orang jpn. Jeleknya kita macem kerja romusha aja. Apa2 mesti hadir ownernya. Ada trouble dikit batang idung mesti muncul ownernya, kerahin anak buah kaga mau wkwkwk. Cuman nihon-jin masih lebih tau diri lah (ada rasa ga enak hati) daripada ras asia timur dua diatas ntuh :big_biglaugh:
Nihonjin nya beres, tp kalo bawahnya rakyat wakanda tetep aja jd ga beres :upss:
Daendels ngasih duit bwat bikin jalan aja dikorup ma pejabat2 lokalnya :big_biglaugh:
Lee27
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Mon Jan 11, 2016 4:08
Location: SUB-MLG
Daily Vehicle: K14B_4N15_M20A-FXS

Re: Innova Zenix Hybrid sharing sini yuk

Post by Lee27 »

Ingin share impresi singkat road trip sby-jogja 4 hari pake zenix q tipe tertinggi, pinjam punya kakak.
Kondisi full penumpang sampe baris ketiga, plus barang di bagasi.
Ada dua issue yang menjadi concern.

Pertama. Dengan kecepatan rata-rata 120-130km/h selama di tol, saya merasakan mobil ini guncangannya terasa cukup keras. Mungkin efek velg dan ban tipe q yang cenderung tipis. Kami biasa road trip dengan ANPS tahun 2022, menurut kami untuk kenyamanan masih menang di ANPS, baik dari segi suspensi maupun kenyamanan jok. Istri n anak2 agak susah tidur, smntara klo pake ANPS gampang pules. Asumsi saya dulu, klo lewat tol udah pasti lebih nyaman zenix, sementara klo lewat jalan biasa lebih nyaman ANPS. Ternyata ngga juga, jangan2 ANPS memang lebih nyaman di 2 rute itu(?).
Klo dr segi mesin sih no complain zenix ini. Enak karakternya. Adaptive cruise controlnya juga sangat membantu.

Kedua. FC mentok di 1/15 apa termasuk normal ya? (*kaki cenderung sekolah), rute transjawa dan sempat bermacet-macet kondisi stop n go di jalanan jogja. Reviewer2 itu bisa dapat 1:18 - 1:20km/l. Apa saya yg kurang lama makenya? atau ada tips2 nya. Ngga irit-irit banget ya klo hanya 1:15km/l.

Printilan lain yg kurang, mungkin sama dengan yg sudah dibahas sebelumnya. Kualitas interior yang biasa saja, ngga ada autodoorlock, HU yang biasa saja, SoundSystem krg bagus untuk kelas 600jt-an, & RSE belakang sering tidak respon. Untuk rattling sih ngga ada masalah kmrn, mungkin karena mobil masih hitungan 4 bulan.

Oh ya kemarin smpt ada insiden dan harus ganti ban baru di jogja. Saya periksa ban cadangan, alamakk.. velg kaleng enasave, itupun ngga ngerti ukurannya berapa. Okelah, mesti nyari baru dan ternyataa nyari dunlop spsport 050maxx bawaan ini agak susaah. Sudah ke w*bowo, mar*ban, ott*ban, akhirnya nemu di jogjaspe*d jl magelang. Itupun katanya stok hanya ada 4. Kenapa bannya masih jarang ya?

Saya penasaran juga, untuk kenyamanan idealnya berapa ya ukuran velg dan bannya? Misal mau ganti ke michelin primacy.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Innova Zenix Hybrid sharing sini yuk

Post by ilhami »

mau iseng nanya.
Kapasitas baterai zenix 1,6 kwh. Kalau kompresor AC daya nya sekitar 500 watt, apakah kalau mobilnya idle kita pakai untuk ngadem doang, mesinnya akan menyala 2 jam sekali?
Krucilatoz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Sat Jul 19, 2014 13:08

Re: Innova Zenix Hybrid sharing sini yuk

Post by Krucilatoz »

ilhami wrote: Fri Dec 27, 2024 6:07 mau iseng nanya.
Kapasitas baterai zenix 1,6 kwh. Kalau kompresor AC daya nya sekitar 500 watt, apakah kalau mobilnya idle kita pakai untuk ngadem doang, mesinnya akan menyala 2 jam sekali?
Nyala sekitar per-3 menitan, selama 30 detikan. Ini kondisi normal saat baterai 3 bar yg memang by design sepertinya begitu cuma charge bentar lalu mati.

Kalau kondisi baterai full, maka mesin akan diam sampai baterai turun sisa 3 bar. Belum pernah coba, tahunya kemarin waktu bawa keluarga ke semarang (atas, kotanya berbukit), baterai sekitar 6 bar, itu mesin diamnya rada lama baru nyala pas 3 bar.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Innova Zenix Hybrid sharing sini yuk

Post by ilhami »

Zenix tipe V itu ada arm rest dan tempat cangkir di tengah ya ?

Rasanya sarung jok nya menutup arm rest tersebut.
Bagaimana cara mengakalinya ya?
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1755
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Innova Zenix Hybrid sharing sini yuk

Post by AbdulHakim »

ilhami wrote: Tue Dec 31, 2024 6:28 Zenix tipe V itu ada arm rest dan tempat cangkir di tengah ya ?

Rasanya sarung jok nya menutup arm rest tersebut.
Bagaimana cara mengakalinya ya?
jangan disarungi, tidak usah diretrim.
Biarkan seperti apa adanya.
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Innova Zenix Hybrid sharing sini yuk

Post by walid_007 »

AbdulHakim wrote: Tue Dec 31, 2024 7:52
ilhami wrote: Tue Dec 31, 2024 6:28 Zenix tipe V itu ada arm rest dan tempat cangkir di tengah ya ?

Rasanya sarung jok nya menutup arm rest tersebut.
Bagaimana cara mengakalinya ya?
jangan disarungi, tidak usah diretrim.
Biarkan seperti apa adanya.
kesetrum terus
engine roaring!
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Innova Zenix Hybrid sharing sini yuk

Post by ctopher7 »

KielConstantine wrote: Sun Aug 04, 2024 16:07

Kemaren baru nonton ntuh video. Kayanya sementara urung niat dulu deh klo mao akuisisi zenix batch sekarang :big_sorry:

Astra emang kebangetan, export quality (cbu) dikasih bagus..

Eh buat rakyat sendiri (indo-ckd) dikasih spek ngampasan + hasil kerja ngasal quality controlnya. Mentang2 uu perlindungan konsumen disini 0 besar, seenak jidat aje 0X

Ntar paling nunggu batch improvement, minimal dapet jok elektrik + pendingin jok lah biar sama kek zenix spek indihe

Gw seneng tuh diserang segala sisi sama mobcin nih astra, walaupun masih rank#1 aja sih penjualan di giass kmaren wkwkwk
kalo liat mostly bisa diakalin dengan downgrade ke tipe v hybrid non modelista yah, kyk trd (toyota renggang dikit), tanpa panoramic sunroof, tanpa rse. sisanya bisa buat upgrade: body kaleng mau ga mau pasang peredeam tambahan. ban sportmaxx ganti micin primacy. lampu tralu sensitif ini juga kejadian di fortuner saya, solusinya ganti cover sensornya ke yang clear. head unit dan audio ganti aftermarket kalo dirasa kurang

yang rada dipasrahin yang belok patah aja ada bunyi, fortuner ane jg gitu deh tapi kadang kadang aja
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3906
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Innova Zenix Hybrid sharing sini yuk

Post by kendibocor »

ctopher7 wrote: Tue Dec 31, 2024 17:45
KielConstantine wrote: Sun Aug 04, 2024 16:07

Kemaren baru nonton ntuh video. Kayanya sementara urung niat dulu deh klo mao akuisisi zenix batch sekarang :big_sorry:

Astra emang kebangetan, export quality (cbu) dikasih bagus..

Eh buat rakyat sendiri (indo-ckd) dikasih spek ngampasan + hasil kerja ngasal quality controlnya. Mentang2 uu perlindungan konsumen disini 0 besar, seenak jidat aje 0X

Ntar paling nunggu batch improvement, minimal dapet jok elektrik + pendingin jok lah biar sama kek zenix spek indihe

Gw seneng tuh diserang segala sisi sama mobcin nih astra, walaupun masih rank#1 aja sih penjualan di giass kmaren wkwkwk
kalo liat mostly bisa diakalin dengan downgrade ke tipe v hybrid non modelista yah, kyk trd (toyota renggang dikit), tanpa panoramic sunroof, tanpa rse. sisanya bisa buat upgrade: body kaleng mau ga mau pasang peredeam tambahan. ban sportmaxx ganti micin primacy. lampu tralu sensitif ini juga kejadian di fortuner saya, solusinya ganti cover sensornya ke yang clear. head unit dan audio ganti aftermarket kalo dirasa kurang

yang rada dipasrahin yang belok patah aja ada bunyi, fortuner ane jg gitu deh tapi kadang kadang aja
Kalo bwat mobil perang yg penting ngirit sekalian lah tipe G :big_biglaugh: kosong sejadi2nya tuh mbl.
theone77
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Tue Oct 04, 2022 7:50
Location: jakarta

Re: Innova Zenix Hybrid sharing sini yuk

Post by theone77 »

Lee27 wrote: Wed Sep 18, 2024 5:44 Ingin share impresi singkat road trip sby-jogja 4 hari pake zenix q tipe tertinggi, pinjam punya kakak.
Kondisi full penumpang sampe baris ketiga, plus barang di bagasi.
Ada dua issue yang menjadi concern.

Pertama. Dengan kecepatan rata-rata 120-130km/h selama di tol, saya merasakan mobil ini guncangannya terasa cukup keras. Mungkin efek velg dan ban tipe q yang cenderung tipis. Kami biasa road trip dengan ANPS tahun 2022, menurut kami untuk kenyamanan masih menang di ANPS, baik dari segi suspensi maupun kenyamanan jok. Istri n anak2 agak susah tidur, smntara klo pake ANPS gampang pules. Asumsi saya dulu, klo lewat tol udah pasti lebih nyaman zenix, sementara klo lewat jalan biasa lebih nyaman ANPS. Ternyata ngga juga, jangan2 ANPS memang lebih nyaman di 2 rute itu(?).
Klo dr segi mesin sih no complain zenix ini. Enak karakternya. Adaptive cruise controlnya juga sangat membantu.

Kedua. FC mentok di 1/15 apa termasuk normal ya? (*kaki cenderung sekolah), rute transjawa dan sempat bermacet-macet kondisi stop n go di jalanan jogja. Reviewer2 itu bisa dapat 1:18 - 1:20km/l. Apa saya yg kurang lama makenya? atau ada tips2 nya. Ngga irit-irit banget ya klo hanya 1:15km/l.

Printilan lain yg kurang, mungkin sama dengan yg sudah dibahas sebelumnya. Kualitas interior yang biasa saja, ngga ada autodoorlock, HU yang biasa saja, SoundSystem krg bagus untuk kelas 600jt-an, & RSE belakang sering tidak respon. Untuk rattling sih ngga ada masalah kmrn, mungkin karena mobil masih hitungan 4 bulan.

Oh ya kemarin smpt ada insiden dan harus ganti ban baru di jogja. Saya periksa ban cadangan, alamakk.. velg kaleng enasave, itupun ngga ngerti ukurannya berapa. Okelah, mesti nyari baru dan ternyataa nyari dunlop spsport 050maxx bawaan ini agak susaah. Sudah ke w*bowo, mar*ban, ott*ban, akhirnya nemu di jogjaspe*d jl magelang. Itupun katanya stok hanya ada 4. Kenapa bannya masih jarang ya?

Saya penasaran juga, untuk kenyamanan idealnya berapa ya ukuran velg dan bannya? Misal mau ganti ke michelin primacy.
izin komen
1. saya tes tipe G hybrid, vs veloz di dealer, uniknya, duduk ditengah nyamanan veloz
*tes lewatin jalan rusak, sama anh20 saya, jauh kemana2 anh20
--saya urungin niat saya, karena anh20 250jt bekas, vs 470 baru= selisih 220jt
tes Q modelista punya teman, duduk depan, enak...duduk tengah gk tau
tapi nyamanan anh20
kesimpulan = menurut saya zenix terlalu kaku ban dan shocknya,

2. kalau dibanding suv anps mungkin fortuner series. pasti nyamanan kedua suv itu
karena ban besar tebal, travel shock lebih panjang

3.kawan pakai, dan info dari kenalan grab juga, bbm main 1:18-20
toll-low speed, dominan hybrid yang kerja
pasang kabel ground, tambahan dijumper2, teman laporan 1:22
*saya bikin, tapi takutnya disangka jualan, intinya efek

---
kalau saya pake zenix, untuk nyaman saya udah kepikiran
1. velg 16inch ban tebal misal 55
beberapa kali saya ganti ban, dibeberapa mobil pribadi
itu titik paling nikmat,
--saran murmer good, bfgoodrich adv touring

2. busa jok ganti, karena bagi tipe G keras
dan kontur-jenis busa jok depan vs tengah itu beda
*konsultasi sama tukang jok

impact itu alirannya ban, ke velg--lalu per dan shock,
habis itu ke body-jok->>ke badan
*velg ringan, terlalu ringan bikin suspensi gk enak
saya sudah coba bandingin

terakhir kalau di kursi tengah, jika dibikin captain seat
akan terasa lebih keras, karena klo dibagi 2, jok kiri kanan
getaran dan benturannya "gk terpegang"
*kecuali sudah bawaan

-----
klo power coba bapak pasang kabel ground,
susunannya

-dari rangka ke engine = 1
-dari alternaror ke engine = 1
-dari alternator ke rangka = 1

-dari rangka kiri ke coil 1-2
- rangka kanan ke coil 1-2
(baut coil)

-dari aki negatif ke rangka
Merdhi
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Fri Jan 10, 2025 1:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: ANGL HWS 2014 - Zenix V HV

Re: Innova Zenix Hybrid sharing sini yuk

Post by Merdhi »

Share pengalaman baru meminang zenix di akhir 2024 kemarin.

sblmnya saya user Reborn Diesel 2018 V, karena covid tapi harus WFO dikantor baru ditambah kondisi ekonomi terpaksa punya 2 mobil ganjil genap akhirnya downgrade ke ANGL 2014 dan vios gen2 2012 (sedih bgt waktu itu lepas cuma di 295jt). punya dana lebih dan capek rawat 2 mobil tua yang banyak jajannya, akhirnya mutusin ambil mobil baru. ambil mobil baru meskipun high cost diawal, tapi at least selama 3 taun aman dgn free service dan garansi jadi sangat memudahkan untuk atur cashflow rumah tangga (jadi bisa budgeting buat other project).

intinya saya kalau milih mobil yang nyaman, ga peduli mobil yang katanya penyakitan (menurut saya selama dirawat bener dan pemakaian tidak gragas, mobil apa juga pasti awet kok),

saya punya banyak histori pakai mobil sebelum diatas ya (termasuk punya bokap, mertua, kakak2) seperti altis, hrv, pajero, rush, ertiga, fortuner vnt, stargazer, everest dsb. Akhirnya sampai kesimpulan bahwa ya ada harga(baru dari atpm) ada barang. Mobil yang dibilang kemahalan karena minim fitur kekinian, ada lebihnya kok di handling, stabilitas, kualitas material, kenyamanan, performa mesin, efisiensi bahan bakar, dsb dsb. Jadi kembali lagi apa yang dibutuhkan oleh user. Kalau memang tech enthusiast yang suka bgt fitur2 terkini ya yg paling worth dari sisi harga ambil mobil ev cina yang melimpah itu fitur. Kalau mau cari performa mesin (pengalaman saya, hehe) yang paling worth tidak lain tidak bukan reborn diesel. Cari resale value juga reborn diesel sekennya ga ngotak harganya. cari kenyamanan ambil nissan apapun itu sesuai budget. ya balik lagi sesuai kebutuhan.
(disclaimer ga masukin jerman karena out of league ya dari harga).

Oke beralih kenapa ambil zenix V hybrid. Saya sudah nonton YT, baca forum, sampai testdrive beberapa mobil2 di range 300-600jt. Akhirnya memutuskan ke toyota kijang innova v hybrid modelista premium color (suwer panjang bat namanya). Kenapa?
1. pengalaman pakai reborn diesel v, lompatan teknologi sangat terasa. handling, kenyamanan dan posisi duduk (bagi saya yang pemakai dan ga ngerti2 amat mobil) terasa lebih baik.
2. dibanding fortuner dan pajero, memang dua barang itu simbol kemapanan, tapi udah mau ganti model 1-2 taun ini. CRV harga ga ngotak, nunggu xpander hybrid/veloz hybrid dari lebaran 2024 ga dateng2.
3. kenapa ambil V hybrid? karena yang G ya begitu aja interiornya dan eksterior juga std bgt, yang Q menurut saya fitur tssnya ga terlalu terpakai untuk saya yang pakai rutin di dalam kota (buat macan ternak), dan power backdoor tidak kepakai juga karena garasi ga terlalu panjang. putih karena cakep bener dimata saya itu putihnya.
4. liat resale value di marketplace masih sangat reasonable kalau nanti mau beralih ke yang lain (buat saya ini matter karena menjadi kemudahan di future).

beralih ke pemakaian. ketika inreyen masih pakai oli std dan shell super, konsumsi BBM di 1:17,8 kondisi full tank. itupun karena mobil sering sekali jadi genset nyoba2 fitur, menu MID pas awal2 mobil br datang sempet 1:14. di akhir isi full tank pertama di (kalo ga salah 900km++) baru sampe tuh di 1:17,8 pemakaian dalkot saja.

Service 1000km, saya upgrade oli ke 0-20 (kalo ga salah), dan isi v-power dan hasil mengejutkan (masih dalkot) di 1:22,3 dari full tank sampai tangki sisa 1/2 lebih dikit dgn menghajar 620km (FYI indikator bensin di jinik ini ga linier ya dari atas sampai bawah, kayaknya di 1/2 indikator tangki bawahnya, real hanya sekitar 30-40% dari kapasitas tangki..angka segitu didapat dgn konstan di mode eco terus karena emang mau buktiin apakah mobil ini seirit itu, dan benar..sbg catatan mobil ini dipaka istri jemput anak yang mana probably tiap hari akan stop 30menit sbg genset di parkiran sekolah ac nyala. Dgn konsumsi bbm segini jadi buat saya di keuangan rumah tangga komponen biaya bensin bisa dianggap hilang.

overall buat saya jinik hybrid ini sangat memuaskan dan sesuai kebutuhan. 530jt (potong diskon) well spended dan buat saya beli mobil baru bukan pembelian setiap 1 or 2 tahun sekali, mungkin 5 taun sekali yah. yang bilang jinik kemahalan karena kurang fitur, kualitas material buruk, performa biasa aja, berarti ya agan ambil mobilnya masih kurang sesuai dengan kebutuhan agan, or mungkin malah cuma liat2 doang di pameran tapi blm beli jangan2.

ini pengalaman real saya dari yang ga ngerti2 amat mobil dan cuma tau mobil enak dipake aja.

oiya yang paling mengganjal di jinik ini adalah masalah perlampuan, yang menurut saya kurang terang, tapi kalau ditambah projie or forlamp or lampu2 apapun itu garansi jadi void kata atpm. jadi lampu ini gada solusi.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Innova Zenix Hybrid sharing sini yuk

Post by ilhami »

Lampu kurang terang itu masalah regulasi, atau masalah warna nya yang putih.
Perlu di cek apakah standar nya memang begitu.

Lampu LED itu silau sekali untuk pengendara lawan.