Winter Road Trip......Dengan EV

Informasi rute perjalanan dan liputan acara-acara road trip.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 597
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Winter Road Trip......Dengan EV

Post by Bibieight »

Naah.... gara2 oom bimzbim posting ini :
bimzbim wrote: Wed Jul 17, 2024 0:25 penyakit betere yg belum ada obatnya, suhu terlalu dingin. Kalo panas, solusinya cooling system (entahlah itu angin, liquid atau disembur AC). Apakah dimasa depan ada heating system buat betre buat fight winter hehehe.

Hidden cost ini emang bener banget sih. Sekalinya kita nyantay di rest area atau dimanapun, mata langsung melirik kiri kanan cari minum ama jajanan.
Jadi tergerak buat sharing road trip saya winter kemarin pakai EV. Mulai dengan EV-nya dulu, kali ini Tesla Y. Road trip-nya jangan sangka di Norway, Kanada apa mana gitu yang dinginnya amit2, road trip-nya cukup ke Oz, persisnya Melbourne ke Mt. Buller. Jadi dibilang dingin banget ya enggak, tapi anget sama sekali enggak :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Oke, mulai, pertama : kenapa lagi2 Tesla ?, tadinya udah booking iX3 di Sixt, eh sial, pas sampe di Tullamarine dikasih tau kalo kaca depannya si bimmer dipecahin sama penyewa sebelumnya dan digantiin Tesla Y.

Tesla Y di Sixt model yg. paling standar, RWD, batere 60.5 kWh, WLTP 410 kWh, atau 1 kWh:7.1km. Naah, pengalaman pegang EV 2 taun, saya ndak pernah percaya WLTP. Pake asumsi batere kecil, body gambot, arsitektur 400v, winter pula, tebakan saya ndak jauh2 dari 1:5 - 1:6 (belakangan ya ndak jauh2 dr sini). Itungan gampang gini, per 10% = 6 kWh, jadi per 10% +/- 30 - 40km.

Dua hari pertama cuma dipake muter2 Melb. doang, paling jauh di Point Ormond, jd kurang lebih 70-80an km. Suhu siang 11C - 14C, malemnya yang dingin, 7C-9C. Batere sisa di 65%, bener tebakan saya, ndak bakal jauh2 dari 1:5, suhu dalam mobil saya set di 17C (kapan lagi kan, dapet dingin gratis).
Screenshot_20240718_062911_Maps.jpg
Nah, rencana mau cas tiap malam di hotel, kerna ada destination charger Tesla, apa daya parkiran penuh, jadi harus pakai public charger. Inilah timbul masalah pertama, ternyata meskipun kayaknya cinta lingkungan, cari charger disini runyam.

Ada 2 provider charger di Melb. (dan Oz kayaknya), Chargefox dan Evie. Kirain negara maju, bule tree hugger semua, DC charger masih banyakan Jakarta, ini yg Chargefox:
Screenshot_20240705_180422_Chargefox.jpg
Ini yg Evie :
Screenshot_20240705_180730.jpg
Di seputaran Carlton, DC cuma ada 1, satu colokan rusak, satu selalu penuh, yaudahdeh, putusin jalan ke Mansfield pake batere sisa 65%. 6 × 30km = 180 km, jarak Melb. - Mansfield 188 km, jadi ndak nyambung kan.

Terpaksa rute diganti, liwat Yarra Glenn, ada 1 DC charger disana, kecil si, cuma 50kW. Jarak 54km, teori max ilang 20%, sampe sana sial sisa 40%. SoC gini kalo cas sampe penuh harusnya cuma 30 - 40 menit (60%x6.1kWh 36an kWh). Capcus jalan, suhu di Melb. cuma 12an C, kayaknya Kutub Selatan bocor, sampe Yarra Glen suhu cuma 8an C.
Screenshot_20240706_092953_Maps.jpg
Jangan sangka colokan di Oz kaya dimari yak, dimari banyak kepasang di Mall, kalo di kota kecil pasti ada di kantor PLN, kadang2 kantornya inisiatif dibuatin ruang tunggu. Naah, dimari di parkiran kantor polisi merangkap brandweer, tanpa atap tanpa apa2......
IMG-20240704-WA0004.jpg
Colok, jreng2.... cuma masuk 15kWh, apes, minimal sejam terdampar disini. Nah, ternyata Yarra Glenn ini titik kritis Melb.-Mansfield, soalnya 5 menit saya colok ada Ioniq 6 muncul, ngeliat saya masih 45% lsg. pergi dia, padahal batere tinggal 30%, bawa anak kecil pulak...
IMG-20240704-WA0005.jpg
nah balik2 ngafe sudah ditungguin EQS. Entah kebetulan apa enggak dua2nya Prindapan lokal, kayaknya Bogan masih pake Holden Ute...
Nunggu sejam, daripada beku kedinginan terpaksa cari cafe, ngupi.. eh anak minta makan, colok stroom gratis, ngupi+makan AUD 60, untung flat white disini ndak ada yang ndak enak.....
IMG-20240630-WA0000.jpg
Ngopi+makan sejam balik, SoC udah 90%, berhubung udah ada yg. nungguin capcus Mansfield.

Yarra Glen-Mansfield-Mt. Buller-Mansfield +/- 230an km, 46kWh, +/- 75 -80%. Pas naik Mt. Buller dr. Mansfield sisa 30%, dengan jarak pp 96 km. Berhubung naik gunung diatas sisa pasti tinggal 15an%, tapi pas balik karena turun pasti recharge, tinggal jalan datar abisin batere, jadi pas sampe Mansfield sisa +/- 25%.

Kenapa saya berani naik gunung pake EV, ya karena ngandelin ini :
IMG-20240704-WA0011.jpg
Cas2an Evie di parkiran supermarket, sayangnya bayar. Suhu malem udah tinggal 4C, colok, 5 menit pertama preconditioning, manasin batere dulu, cuma masuk 15kW, udah emosi aja ini ama mesin di Oz, eh ndak lama pelan2 naik, liwat 15 menit udah di 50kWh, dibawah 45 menit kalo gini. Tinggal belanja dulu ke supermarket bangsa 30an menit, belanja makan malam hajar microwave di hotel. Pas, balik udah 90%, tunggu 10 menit full 100%.
Total masuk 46.7 kWh, naaah, harganya itu... kenaAUD 27.12/46.756 kWh = AUD 0.58 alias dua kali lipat dimari. Oiya, kalo bayar CC harus depo AUD30, baru dibalikin, daripada mabok kurs terpaksa palak anak, bayarnya pake Apple Pay dia......

Sewa motel, jd. mobil bisa diparkir di carport
IMG-20240704-WA0013.jpg
Masuk, cek suhu pas 0 C, nah TIGA kejutan : batere ilang 5%, tinggal 95%, kejutan kedua : tekanan angin turun (Y ternyata minta tinggi, 38 psi, turun ke 34 psi nyala dia), kejutan ketiga : kaca depan kayak ngembun, nyalain wiper kresek2 gak ilang, ternyata es, bingung gimana, akhirnya nyalain defroster max, angin kenceng banget tapi lama2 ilang...

Lanjut....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 597
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Winter Road Trip......Dengan EV

Post by Bibieight »

Oiya, ini Y lega, sandaran tengah ditekuk bisa masukin 2 ski+1 snowboard didalam, jd. ndak perlu sewa roof rack,
IMG-20240704-WA0009(2).jpg
Terus dibelakang muat 2 bag buat bawa bag parka+ski boots. Tadinya ada 2 koper medium dibawah bag item itu, tp. lupa poto.
Kalo depannya sendiri si masih lebih lega Ioniq 5, yg. bikin gedeg itu semua2 dr. screen, stalk kiri sein+pencetan wiper, kanan buat P+R+D
IMG-20240704-WA0008.jpg
IMG-20240704-WA0007.jpg
Hari ini cuma full bolak-balik Mansfield-Buller pp. 92 km, harusnya cuma butuh 30%, jadi pp harusnya sisa 65%. Sampe atas sisa 75%, suhu dah naik ke 4 C, ditinggal main ski seharian, sampe jam 4 sore, suhu pas balik di 4-an C, cek batere ada 70%, kedinginan, didiskon 5% lagi, karena turun sampe Mansfield cuma habis 10%, sisa 60%.

Naaah, tadinya mau balik pagi2 ke Melb. eh, anak2 masih penasaran (bapaknya si kapok, secara udah koprol 5x, ndak mau lagi, daripada nyusul si Schumacher), akhirnya putusin besok naik lagi. Kalo mau langsung blass ke Melb. ndak bisa kalo cuma SoC 60%, jd putusin charging dulu malem2. Hari pertama aman, hari kedua pasti aman.... naaah, dalah besar, CCS2-nya error....

Mulai puyeng, kalo sama kayak kemaren, bisa2 turun cuma 20%, kalo Mansfield mati, 20% cuma dapet 60-70 km, selain Mansfield, cuma ada supercharger di Yea dan DC charger 50 kw di Alexandra itupun diatas 100 km. Takut digemprong nyonyah dan ndak mau ngecewain anak2 oe diem2 bae, sambil doa yg kenceng sapa tau besok idup.

Besoknya pagi2 bangun jam 6, cek apps. eee doa terkabul, DC-nya idup. Cek mobil, suhu -2C, batere drop lagi 10%, sisa 50% capcus ke cas2an, colok, cuma masuk 25kW, kedinginan ni batere kayaknya.
IMG-20240721-WA0014.jpg
IMG-20240721-WA0013.jpg
Isi 50% ke 100% harusnya butuh cuma 30.5 kWh, tapi ini kena charge 32.3 kWh alias 52%, jd butuh 2 kWh hanya buat manasin batere spy. bisa di-fast charge....

Nganterin anak2 main ski, pas balik, eh cilaka, ada kecelakaan, jalur ditutup sejam, jd baru sampe Mansfield jam 6 malem. SoC sama, 60%, antara 180-210 km dapet lah. Mansfield-Melbourne kalo ndak mampir bangsa 210an km.
Screenshot_20240721_214252_Maps.jpg
Pas, asumsi : gradien turun, tambah deket Melbourne tambah anget. Syarat : tanpa heater (set auto recirculation biar 10 menit sekali udara luar masuk biar gak ngembun, tapi AC dimatiin) harusnya sampe Melb. sisa 5%. Sekali2, pake EV dua taun lebih belun pernah keluar kura2 kan....

Abis balikin ski dll., semua cek sudah pake jaket, inner, sweater, uniqlo heatech ultra, kepala pasang beanies capcus Melb. Kurang lebih pake outfit begini tapi dalam mobil...
IMG-20240721-WA0015.jpg
Sepanjang jalan suhu luar 2C sd. 4C, baru naik ke 8C-10C pas dah sampe Hume Highway, 3/4 jalan ke Melb. Bener kata orang Swedia, "There is no bad weather, only bad clothing". Kecuali jari saya yg. kedinginan, penumpangnya ndak ada yg komplain....

Jalanan non highway disini cuma 2 lane, sesekali ada overtaking lane. Max speed disini 100km/h, 1 km sebelum daerah hunian turun ke 80km/h, pas hunian 60km/h. Orang sini aneh, rumah gelap2an, porch lampu kecil banget, jd. gelap gulita gitu. Beda banget ama orang Indonesia yg. doyan terang.

Disini mobil ada auto-high beam penting (iseng2 cek road regulationnya, harus turunin hi-beam di 200an meter), karena kiri kanan liat banyak roadkill, jd. harus waspada ternyata. Kan kagak lucu bemper penyok lampu mati gara2 nerjang kangguru nyebrang.

Pistop bentar di gas station BP di Hume Highway buat isi perut penumpangnya (di Melb. kalopun ada eatery buka kena surcharge). Jam 8 malem, KFC dah mau tutup, disini jam segini malah baru mulai kan..
IMG-20240721-WA0017.jpg
Batere tinggal 30-an%, tapi jarak juga tinggal 67km. Disinilah enaknya Indonesia, semua rest area ada DC charging min. 50kW,
IMG-20240721-WA0016.jpg
soalnya makan aja kan 30-45 menit, mayan bangsa 20-30kW pasti masuk, daripada ngedekem gini nunggu penumpangnya isi perut.

Capcus, masuk Melb. jam 9-an, masuk hotel batere sisa 10%, dah keluar pesen, power di de-rating, sayangnya ndak kesampaian keluar gambar kura2. Cek resepsionis, untungnya dapet slot parkir, jd bisa pake destination charger Tesla gratis.....

Kesimpulan :
Winter emang repot, diparkir malem diluar kalo suhu dibawah 5C batere kena korting. Kalo full blown heater di 23-24C, kena juga, bisa di Y ini bisa 1:4, padahal masih batere NMC, kalo LFP bisa lebih parah lagi.

Secara negara, Oz. cuma lip service doang buat EV, coverage charger diluar Melb. tipis, udah jauh2, rata2 cuma 50kW, cuma ada satu colokan pula (fast DC 350kW cuma ada di Yea khusus Tesla dan Dandenong, punya Evie).

Kalo coverage dan placement, Indonesia itu dah supportive banget, tinggal jumlah colokan aja yg. kedepannya perlu ditambah. Mau cepet : copot semua ChaDeMo, ganti CCS2.

Secara EV, kalo Oz. jangan pernah beli mobil yg. standard range, kecuali cuma buat kota2 doang.

Secara mobil, sekali lagi terbukti, Tesla tu buat saya overhype, jarak sama aja, fitur sama aja, handling ndak istimewa. Istilahnya : kalo ada yang anggap Tesla itu luxury car (macam Bimmer, Merc.), berarti Burger King itu fine dining..

Trakhir : kapok ?, tentu tidak, semoga ada rejeki coba EV di benuanya Bjorn Nyland. Paling enggak : Satu, Jerman, kalo pedal to the wheel jarak 800km bakal berapa kali charge. Terus, dua : di Norway pas mid winter, penasaran, kalo beneran minus 10C dr Oslo ke Bergen bakal nyampe atau supirnya mati kedinginan....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Winter Road Trip......Dengan EV

Post by Suryaputra »

Keren... Mbah Super User EV satu ini..

mau ribet dan kasih Detail Field Report menggunakan EV ke warga SM :big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6201
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Winter Road Trip......Dengan EV

Post by b0ku »

cuma baca aja puyeng gimana ngalamin cuma salut sama satu ini jujur kali gak biased :big_exellent:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Winter Road Trip......Dengan EV

Post by darrelund »

muantap niy super user

norway surga EV tuch, liat run 1000km nya bjorn kok ud fast charger semua :big_biglaugh:

cuma klo oe siy, kyknya indo harus ada standar pengujian buat beginian. masa jualan mobil ada yg wltc, wltp ama cltc

kyk india kan ada standar ARAI nya tuh

cuma yah.....
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4780
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Winter Road Trip......Dengan EV

Post by F272 »

Wiiih........baca cerita nya aja udah seru yah........
EV ternyata lumayan Ribet nge charge nya ..beda sama isi bahan bakar di SPBU terutama saat kita lagi Perjalanan gitu, kalo sehari2 mungkin engga gitu deg2an hahaha..

Makasih cerita pengalaman Road Trip EV nya om..
Salam Road Trip mania !!!
Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 597
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Winter Road Trip......Dengan EV

Post by Bibieight »

b0ku wrote: Sun Jul 21, 2024 15:28 cuma baca aja puyeng gimana ngalamin cuma salut sama satu ini jujur kali gak biased :big_exellent:
Seeing is believing oom :big_peace: :big_peace: :big_peace: . Oz ni aneh, fast charger gede diluar highway ndak ada, jalur wisata ndak ada (Mt. Buller tu rame bener kalo winter), pantes banyak yg. mau balik ICE lagi.
Disono coverage SPKLU bener cuma di highway, begitu masuk ke countryside tipizz. Masalahnya dari highway ke countryside itu > 100 km. Kalo di Jawa, ibukota kabupaten pasti ada DC charger, min. 50 kW dan itu di Kantor PLN, ndak kehujanan di parkiran.
darrelund wrote: Sun Jul 21, 2024 17:12 cuma klo oe siy, kyknya indo harus ada standar pengujian buat beginian. masa jualan mobil ada yg wltc, wltp ama cltc

kyk india kan ada standar ARAI nya tuh

cuma yah.....
Mangkanya saya ndak pernah percaya WLTP-lah, CLTC-lah. Pengalaman pribadi, saya itung kapasitas batere dibagi jarak per kWh. Jarak per kWh pake kira2 ,tergantung cuaca+kecepatan. Jadi mobil gambot macam I5, Y di 1:5 sd. 1:6, mobil mid. macam Polestar, Kona, 3, iX3 di 1:6 sd 1:7 , mobil compact macam Ioniq classic, iX1 bisa di 1:7 sd 1:8.
Kenapa rule of thumb lebih tepat, karena chemistry batere ndak bisa diakalin.
Naah ini kunci pilih EV, kalo NMC (Youngdie, Bimmer, Tesla) max di 3.6V, kalo LiFePo4 (all Cungkuo) max 3.2V. Nah dua2nya min 2.5V., mangkanya si Seal begitu batere dah 20% dah dilimit. Kalo yg. NMC rata2 dilimit di 10%.
F272 wrote: Sun Jul 21, 2024 22:40 Wiiih........baca cerita nya aja udah seru yah........
EV ternyata lumayan Ribet nge charge nya ..beda sama isi bahan bakar di SPBU terutama saat kita lagi Perjalanan gitu, kalo sehari2 mungkin engga gitu deg2an hahaha..
Nah ini, saya roadtrip di Jawa dah kemana2, asal ada kantor PLN hati tenang. Nah ini malah di negara yg. katanya pemuja lingkungan jadi deg2an.
Kalo di Indonesia, terutama Jawa kan SPKLU disupport PLN. Nah pas nentuin lokasi itu PLN banyak diskusi sama komunitas EV, yg. paling sering diajak diskusi tu Koleksi, jd. positioningnya pas. Terus support PLN juga jozz, pengalaman ketemu SPKLU offline, tilpun 123, sebutin nomer SPKLU, 5 menit online lagi.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1645
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Winter Road Trip......Dengan EV

Post by pengendiesel »

Nice sharing om :big_exellent:
Bawa ev ribet juga ya, apalagi kalo sampai betul2 masih asing dengan daerah tsb, winter pula....

Yang bikin penasaran, di dalam mobil kenapa pake winter clothes lengkap om?
Saya blm pernah winter pakai kendaraan pribadi. Tapi selama ini kalo naik kendaraan umum (kereta, bus), di dalam suhunya normal. Yaa,lebih dingin daripada di indo,tp gak sampe menusuk gitu