Jadi tergerak buat sharing road trip saya winter kemarin pakai EV. Mulai dengan EV-nya dulu, kali ini Tesla Y. Road trip-nya jangan sangka di Norway, Kanada apa mana gitu yang dinginnya amit2, road trip-nya cukup ke Oz, persisnya Melbourne ke Mt. Buller. Jadi dibilang dingin banget ya enggak, tapi anget sama sekali enggakbimzbim wrote: Wed Jul 17, 2024 0:25 penyakit betere yg belum ada obatnya, suhu terlalu dingin. Kalo panas, solusinya cooling system (entahlah itu angin, liquid atau disembur AC). Apakah dimasa depan ada heating system buat betre buat fight winter hehehe.
Hidden cost ini emang bener banget sih. Sekalinya kita nyantay di rest area atau dimanapun, mata langsung melirik kiri kanan cari minum ama jajanan.



Oke, mulai, pertama : kenapa lagi2 Tesla ?, tadinya udah booking iX3 di Sixt, eh sial, pas sampe di Tullamarine dikasih tau kalo kaca depannya si bimmer dipecahin sama penyewa sebelumnya dan digantiin Tesla Y.
Tesla Y di Sixt model yg. paling standar, RWD, batere 60.5 kWh, WLTP 410 kWh, atau 1 kWh:7.1km. Naah, pengalaman pegang EV 2 taun, saya ndak pernah percaya WLTP. Pake asumsi batere kecil, body gambot, arsitektur 400v, winter pula, tebakan saya ndak jauh2 dari 1:5 - 1:6 (belakangan ya ndak jauh2 dr sini). Itungan gampang gini, per 10% = 6 kWh, jadi per 10% +/- 30 - 40km.
Dua hari pertama cuma dipake muter2 Melb. doang, paling jauh di Point Ormond, jd kurang lebih 70-80an km. Suhu siang 11C - 14C, malemnya yang dingin, 7C-9C. Batere sisa di 65%, bener tebakan saya, ndak bakal jauh2 dari 1:5, suhu dalam mobil saya set di 17C (kapan lagi kan, dapet dingin gratis). Nah, rencana mau cas tiap malam di hotel, kerna ada destination charger Tesla, apa daya parkiran penuh, jadi harus pakai public charger. Inilah timbul masalah pertama, ternyata meskipun kayaknya cinta lingkungan, cari charger disini runyam.
Ada 2 provider charger di Melb. (dan Oz kayaknya), Chargefox dan Evie. Kirain negara maju, bule tree hugger semua, DC charger masih banyakan Jakarta, ini yg Chargefox: Ini yg Evie : Di seputaran Carlton, DC cuma ada 1, satu colokan rusak, satu selalu penuh, yaudahdeh, putusin jalan ke Mansfield pake batere sisa 65%. 6 × 30km = 180 km, jarak Melb. - Mansfield 188 km, jadi ndak nyambung kan.
Terpaksa rute diganti, liwat Yarra Glenn, ada 1 DC charger disana, kecil si, cuma 50kW. Jarak 54km, teori max ilang 20%, sampe sana sial sisa 40%. SoC gini kalo cas sampe penuh harusnya cuma 30 - 40 menit (60%x6.1kWh 36an kWh). Capcus jalan, suhu di Melb. cuma 12an C, kayaknya Kutub Selatan bocor, sampe Yarra Glen suhu cuma 8an C. Jangan sangka colokan di Oz kaya dimari yak, dimari banyak kepasang di Mall, kalo di kota kecil pasti ada di kantor PLN, kadang2 kantornya inisiatif dibuatin ruang tunggu. Naah, dimari di parkiran kantor polisi merangkap brandweer, tanpa atap tanpa apa2...... Colok, jreng2.... cuma masuk 15kWh, apes, minimal sejam terdampar disini. Nah, ternyata Yarra Glenn ini titik kritis Melb.-Mansfield, soalnya 5 menit saya colok ada Ioniq 6 muncul, ngeliat saya masih 45% lsg. pergi dia, padahal batere tinggal 30%, bawa anak kecil pulak... nah balik2 ngafe sudah ditungguin EQS. Entah kebetulan apa enggak dua2nya Prindapan lokal, kayaknya Bogan masih pake Holden Ute...
Nunggu sejam, daripada beku kedinginan terpaksa cari cafe, ngupi.. eh anak minta makan, colok stroom gratis, ngupi+makan AUD 60, untung flat white disini ndak ada yang ndak enak..... Ngopi+makan sejam balik, SoC udah 90%, berhubung udah ada yg. nungguin capcus Mansfield.
Yarra Glen-Mansfield-Mt. Buller-Mansfield +/- 230an km, 46kWh, +/- 75 -80%. Pas naik Mt. Buller dr. Mansfield sisa 30%, dengan jarak pp 96 km. Berhubung naik gunung diatas sisa pasti tinggal 15an%, tapi pas balik karena turun pasti recharge, tinggal jalan datar abisin batere, jadi pas sampe Mansfield sisa +/- 25%.
Kenapa saya berani naik gunung pake EV, ya karena ngandelin ini : Cas2an Evie di parkiran supermarket, sayangnya bayar. Suhu malem udah tinggal 4C, colok, 5 menit pertama preconditioning, manasin batere dulu, cuma masuk 15kW, udah emosi aja ini ama mesin di Oz, eh ndak lama pelan2 naik, liwat 15 menit udah di 50kWh, dibawah 45 menit kalo gini. Tinggal belanja dulu ke supermarket bangsa 30an menit, belanja makan malam hajar microwave di hotel. Pas, balik udah 90%, tunggu 10 menit full 100%.
Total masuk 46.7 kWh, naaah, harganya itu... kenaAUD 27.12/46.756 kWh = AUD 0.58 alias dua kali lipat dimari. Oiya, kalo bayar CC harus depo AUD30, baru dibalikin, daripada mabok kurs terpaksa palak anak, bayarnya pake Apple Pay dia......
Sewa motel, jd. mobil bisa diparkir di carport Masuk, cek suhu pas 0 C, nah TIGA kejutan : batere ilang 5%, tinggal 95%, kejutan kedua : tekanan angin turun (Y ternyata minta tinggi, 38 psi, turun ke 34 psi nyala dia), kejutan ketiga : kaca depan kayak ngembun, nyalain wiper kresek2 gak ilang, ternyata es, bingung gimana, akhirnya nyalain defroster max, angin kenceng banget tapi lama2 ilang...
Lanjut....