perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Mau mengadakan polling? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ganti atau pertahanin dan modif aja?

Ganti baru lah,males modif udah cape,kluar duit banyak ga bisa sebagus bikinan pabrikan
10
33%
Pertahanin&modif (dana mepet/punya value bersejarah nih/belum ada opsi yg lebih baik)
20
67%
 
Total votes: 30

User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2558
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by darrelund »

b0ku wrote: Wed Jul 10, 2024 14:10 ini monaronya G speed

kalo rinspeed gak yakin harganya tinggi keliatan kek mobil bikinan om jacobson :big_biglaugh:
poto doang tapi suaranya ud kebayang ampe sini :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2558
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by darrelund »

klo ini ud perihal wang ama selera

oe siy demennya (baca: kepingin) restomod gtu yah, ambil mobil klasik tapi di update ke standar jaman skrg

spt beginilah:

Image
Image

tapi klo urusan realistis, yah keep yang ada aja terus di modip sendiri

kecuali emg harus bgt ganti baru jual
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by newrubble »

darrelund wrote: Wed Jul 10, 2024 15:18
kykna klo oe lihat" di luar sana org lebi demen sama modip aliran restomod gtu, macem kimera, totem automobil, singer etc etc

beda ama dulu yg karoseri populer bgt

ga terlalu demen yg ekstrim" skrg mah, mungkin krn jaman now mobil ud pada aneh semua bentuknya :big_biglaugh:

model macem tuksedo bali cakep siy
ga brani ektrem krn udah (ke)banyak(an) regulatory requirements termasuk rollover / multi-side energy absorbent, pedestrian injury prevention, carbon emission level per sq.km ... blm lagi kalo terlalu ekstrem coachbuilder hrs tanggung sendiri warranty krn fctory warranty angus ... kalo disini penting buat coachbuilder punya certification dr brand holders (paling penting ... spy donor car yg brandnew tentunya - mudah dibeli dgn factory price bukan retail price)
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6206
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by b0ku »

darrelund wrote: Wed Jul 10, 2024 15:26 klo ini ud perihal wang ama selera

oe siy demennya (baca: kepingin) restomod gtu yah, ambil mobil klasik tapi di update ke standar jaman skrg

spt beginilah:

Image
Image

tapi klo urusan realistis, yah keep yang ada aja terus di modip sendiri

kecuali emg harus bgt ganti baru jual

sejauh ini belom ada yang ngalahin singer extemenya :upss:

Image

ujung2xnya kek mobil OEM juga

ya ada sih yang custom RWB cuma tetep aja masih keliatan oem simple :big_biglaugh:

Image

yang saya maksud tuh kek gini iya sih ini mungkin harganya sekarang mahal karena masuk tokyo drift cuma tetep aja kek buntelan dempul :big_bored:

Image
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by newrubble »

kalo bicara taste itu personal tapi kalo bicara market value (level global) itu yg sy bilang diatas ...

hasil modif-modifan di indo bgitu byk yg brahir di kampakan
malah kampakan di indo jarang terliat yg standar perakitan resmi ...
udah pd abis diganti ini itu ... bekas taksi skalipun
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16675
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Wed Jul 10, 2024 15:03 Typo mbah :big_biglaugh:
Harga mbl makin surem, daya beli turun. Orang2 pd nahan jajan mobil yg kelas2 menengah :big_biglaugh:
wkwkwk penghasilan kelas menengah makin nggak ngejer. dan pabrikan juga makin males keluarin model aneh aneh. makin taun makin ilang juga kan mobil aneh aneh terjangkau, didominasi mobil chn semua, pasarnya makin rame tapi pembelinya makin dikit.

10 thn yang lalu 300 jutaan masih ada swift sport. skrg model2 niche gini pada maunya keluarin yg 1M ke atas.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 773
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by timbermaniac123 »

Jadi ingat modifan yang ini



atau ada di grup voxy, ada yang total modfannya bisa kebeli alphard.

Tapi namanya hobby.... :big_childish:
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 820
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by pradit_d »

Klo saya sih modif tipis yg bisa dibalikin ke kondisi std (velg, head unit, lampu2), ntah kenapa saya masih terjebak untuk suka banget dengan mobil2 keluaran 2008-2014, tapi yg medium-up. Banyak yg punya design timeless, feel bawa nya jg lebih enak dari kebanyakan mobil2 jaman sekarang. Mesin N/A atau klo pake turbo jg mesinnya tetep mesin cc besar, bukan mesin kecil dikasih turbo, transmisi torque converter yg rasanya responsif dibanding cvt. Klo mobil sekarang rasa2nya kebanyakan ngejar fitur gimmick, tapi kenikmatan berkendaranya kurang. Udah gitu rasanya bukan dibuat untuk penggunaan jangka panjang klo dilihat dari build quality, apalagi penerapan layar lcd dimana2, hybrid, cvt/ecvt, itu rasanya umur pakainya pendek deh. Design mobil sekarang juga walau dibuat futuristik tapi banyak yg terkesan nabrak2 n ga nyambung
:big_peace:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 945
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by zonepublic »

pradit_d wrote: Thu Jul 11, 2024 6:36 Klo saya sih modif tipis yg bisa dibalikin ke kondisi std (velg, head unit, lampu2), ntah kenapa saya masih terjebak untuk suka banget dengan mobil2 keluaran 2008-2014, tapi yg medium-up. Banyak yg punya design timeless, feel bawa nya jg lebih enak dari kebanyakan mobil2 jaman sekarang. Mesin N/A atau klo pake turbo jg mesinnya tetep mesin cc besar, bukan mesin kecil dikasih turbo, transmisi torque converter yg rasanya responsif dibanding cvt. Klo mobil sekarang rasa2nya kebanyakan ngejar fitur gimmick, tapi kenikmatan berkendaranya kurang. Udah gitu rasanya bukan dibuat untuk penggunaan jangka panjang klo dilihat dari build quality, apalagi penerapan layar lcd dimana2, hybrid, cvt/ecvt, itu rasanya umur pakainya pendek deh. Design mobil sekarang juga walau dibuat futuristik tapi banyak yg terkesan nabrak2 n ga nyambung
Karena buat produsen itu sebuah kesalahan,klo dibuat lama2 ga bisa memacu penjualan mobil&sparepart ,ga profit dong,makannya pabrikan sekarang sangat mendorong penggunanya untuk servis ke diler resminya,entah berupa garansi,dll
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16675
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by ChZ »

pradit_d wrote: Thu Jul 11, 2024 6:36 Klo saya sih modif tipis yg bisa dibalikin ke kondisi std (velg, head unit, lampu2), ntah kenapa saya masih terjebak untuk suka banget dengan mobil2 keluaran 2008-2014, tapi yg medium-up. Banyak yg punya design timeless, feel bawa nya jg lebih enak dari kebanyakan mobil2 jaman sekarang. Mesin N/A atau klo pake turbo jg mesinnya tetep mesin cc besar, bukan mesin kecil dikasih turbo, transmisi torque converter yg rasanya responsif dibanding cvt. Klo mobil sekarang rasa2nya kebanyakan ngejar fitur gimmick, tapi kenikmatan berkendaranya kurang. Udah gitu rasanya bukan dibuat untuk penggunaan jangka panjang klo dilihat dari build quality, apalagi penerapan layar lcd dimana2, hybrid, cvt/ecvt, itu rasanya umur pakainya pendek deh. Design mobil sekarang juga walau dibuat futuristik tapi banyak yg terkesan nabrak2 n ga nyambung
maren dengerin om fitra eri di satu podkes ngomong menarik...

yurop tuh suka nerapin aturan low emission ketat dan pro ke EV tapi skrg kalangkabut sama mobil china ngebunuhin industri mereka sendiri.

istilahnya pabrikan otomotif lama ini skrg killed in their own game. kok bisa segede BMW mersi dipaksa ngikutin tren mobil china yang serba layar dan gimmicky dan bahkan rame rame bikin EV setengah niat yang jelek jelek modelan BMW iX ma mercy EQ series yang seperti digambar anak 5 tahun. kena serbuan china matot krn gak bisa bikin murah dan nggak akan pernah bisa, china udah kuasai tambang dimana-mana.

ud proven bahkan pada mau shutdown project EV nya karena kalah saing. mereka justru harga mahalnya invested bukan ke bahan tapi ke gadgets.

kalau customer demand, sy yakin itu bukan main customer BMW benz audi.

makanya toyota chill aja nggak usah ikutan trend. fokus bikin business nya sustainable. skandal2? ah cost kecil itu. pan dipasarinnya jg ke third world :big_weee:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2558
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by darrelund »

newrubble wrote: Wed Jul 10, 2024 15:56
ga brani ektrem krn udah (ke)banyak(an) regulatory requirements termasuk rollover / multi-side energy absorbent, pedestrian injury prevention, carbon emission level per sq.km ... blm lagi kalo terlalu ekstrem coachbuilder hrs tanggung sendiri warranty krn fctory warranty angus ... kalo disini penting buat coachbuilder punya certification dr brand holders (paling penting ... spy donor car yg brandnew tentunya - mudah dibeli dgn factory price bukan retail price)
emang disana coachbuilder gtu ga ada pengecualian mbah?

kan klo low volume brand dapat pengecualian utk co2 emissionnya

klo modal white chassis doang, trus sisanya pasang ndiri, mesti ada re certification ulang mbah? utk road worthynya?

repot jg yah :big_biglaugh:
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by newrubble »

darrelund wrote: Mon Jul 15, 2024 2:37
emang disana coachbuilder gtu ga ada pengecualian mbah?

kan klo low volume brand dapat pengecualian utk co2 emissionnya

klo modal white chassis doang, trus sisanya pasang ndiri, mesti ada re certification ulang mbah? utk road worthynya?

repot jg yah :big_biglaugh:
coachbuilders (selama unit donor masih under factory warranty / under intellectual property protection) tetap tunduk pd ketentuan yg mengikat principal dgn public authority ... low production brands malah ga wajib fully comply with safety regulation

contoh: morgan tdk punya airbag / vsc dan lainnya tapi volvo hearse / ambulans bikinan nilsson tdk boleh cabut safety feature yg terpasang dari sono nya (kec u keperluan police patrolling / military purposes)

coachbuilding industry lbh byk / lbh cepet brahir bangkrut krn ongkos produksi lbh tinggi dibanding low production brands krn unsur customising yg tinggi. coachbuilder bus / truck bisa enforce / modify chassis tapi wajip dpt certification dr brand principal
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3056
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by farizfsa »

kalo ada rezeki upgrade ganti mobil sih pasti ganti mbl asal perubahan nya signifikan dan sy ga akan beli di 1-2 tahun setelau mbl tsb launching sih. saya pun pgn ganti alphard agh30 jadi agh40 vellfire kalo ada rezeki kebanyakan.

ada 1 mbl saya yang saya modif aja, mbl tahun 2014 yg saya beli dari alm ayah (bmw 520d dari hasil saya jual camry xv50 dulu haha) saya karena dia upgrade ke sonder. blm kepikiran jual serius juga sih. saya modif juga yang retrofit dan kebanyakan plug and play aja macem speedo digital ori, velg forged yang emg buat mbl itu, per h&r, harman kardon audio set yg emg buat dia, dsb.