Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
DOHC wrote: Tue Jul 02, 2024 11:27
tp mbah sepuh nya tuh, yg dipake KWK, ama bejibun ngetem d bogor sana, itu baru real definisi yg kita orang maksut
mo jaman perang pun jg idup tu mobil
kantor piara apv sampe sekarang masih jalan buat anter barang. mau dijual udah ga ada harganya, akhirnya dipake terus sampe jadi rongsokan nanti.
Kalau sampe ga ada subsidi, kemungkinan paling masuk akal adalah :
1. ditukar ev / hybrid yang lebih murah atau setara harga bekas mobil sekarang pakai.
2. beli mobil ev second yang murah yang kalau dikalkulasikan total ownership cost selama 8 tahun itu BEP dari cost operasional sehari2. Misal sehari bolak balik kantor naik ojek online 80-100rb. 80rb x 20 hari kerja x 1 tahun : 19 juta x 8 tahun :152 jt ( dapet air ev standart range second)
Kebetulan saya ga bisa naik motor, dan ojek online sekarang juga mahal dari rumah ke kantor malam2 saja kena 60rb. PP naik gojek lebih mahal hampir 2x lipat daripada mobil saya yang 1:7 macet2an pake pertamax. Selisihnya bisa buat bayar pajak + perawatan mobil.
b0ku wrote: Tue Jul 02, 2024 5:56
-cut-
ya ud tau gak sanggup beli bensin eh mobilnya di pake buat kerja
kan ada tranport murah namanya motor beli bekas cuma 3-5jt rusak benerin turun mesin aja cuma 1-2jt
ya kerja naek motor lah
sekarang aja saya nyari dagangan naek gocar ntah kenapa males pake mobil buat nyari duit, maunya itu mobil dipake buat jalan2x sama rekreasi aja atau pegi2x beli keperluan rumah
lagian kek saya kalo lagi bokek ya isi aja 100rb turbo cuma dapet 7lt jazz mah bisa buat keliling juga kok paling kalo pergi jauhan saya isi 200rb, pajero karena masih remek saya isi dex 100rb aja mayan kok bisa sebulan sekali baru isi
tapi lebih lucu yang treak2x bensin mahal malah beli mobil listrik
hahaha susah um apalagi kalo penggunanya cew, walopun ngisi bensen pakai pinjol pun tetep gas aja. disuru turunin gaya hidup dlu pake motor biar irit sampe nanti penghasilannya nambah ogah bgt alasannya ya gamau kepanasan/kehujanan bisa pake ac ademmm nyess~ dan di kota oe transumnya juga ga terlalu feasible
Bibieight wrote: Mon Jul 01, 2024 22:00
Nah sama oom, pas saya piara ANKI jg sy minumin Dex, apapun kata bapack2 pisbuk urusan biosolar. Pas sy tuker jd I5 pas Dex di 18000an, krasa juga pas pindah stroom. Tadinya 1,5 juta - 1.8 juta pas stroom listrik rumah 1 jt 3 minggu jd 1 juta 2 minggu, nambah +/_ 150an lah seminggu....
Kalo sekarang, pake stroom buat mobil perang dalkot si dah feasibel, selama gak overthinking ganti batere lah, resale value lah (yg ini liat di marketplace blun ada yg jual). Harga yg < 400 jg dah banyak, Binguo ama Neta, nambah dikit dah ketemu MG4.
Asal jgn AirEV ya, ini arsitektur forklift, voltase aja cuma 120V. Yg kesian ya yg pdg pegang ini barang, banjir < 400 jt dah runyam nglepasnya....
kalo 18000 sih emg kerasa yak um, dlu juga ngisi pas harga segitu cuma bisa heran". precovid kluar 400-500k ud penuh, pas kopid cuma jarum naek doank
meski biaya afford mobil stroom itu lebi tinggi, tapi imo MG4 yg paling worth to buy di harganya. kan kasarnya tu boil civic versi listrik. drpd beli guling cloud yg joknya kyk ruang tamu babeh"
klo merknya srius, possible bgt buat MG4 harga juwalnya nahan
cuma yah apapun itu, selama bisa afford buat isi bengsin & rawat
darrelund wrote: Wed Jul 03, 2024 8:18
kalo 18000 sih emg kerasa yak um, dlu juga ngisi pas harga segitu cuma bisa heran". precovid kluar 400-500k ud penuh, pas kopid cuma jarum naek doank
meski biaya afford mobil stroom itu lebi tinggi, tapi imo MG4 yg paling worth to buy di harganya. kan kasarnya tu boil civic versi listrik. drpd beli guling cloud yg joknya kyk ruang tamu babeh"
klo merknya srius, possible bgt buat MG4 harga juwalnya nahan
cuma yah apapun itu, selama bisa afford buat isi bengsin & rawat
dinikmati sahaja
dulu jaman edan nya perang ukraine-russia pertabo ampir 18 ribu tuh... sempat kepikir kalo naik2 terus gini apa ganti beater car yg pertalite friendly ya.
tapi setelah pikir2 juga buat apa yak, nambah mobil tetep aja bayar pajak lagi. keluar duit 300 juta lagi buat beli mobil. di itung itung tetep lebih masuk akal pake yang ada
ngirit 8 ribu perliter yang dikali 40 cuma 320 ribu... tapi nambah bayar pajak dll nya ya tetep aja gak masuk.
Untuk saya pribadi tetap bisa bertahan dengan mobil LMPV 1500cc yang sudah dikonversi menggunakan CNG, cukup 4500 rupiah per liter. Is full sekitar 65rb bisa muter2 sejauh 240km kalau lancar, kalau macet banget bisa dapet 190km. Waktu masa pakai oli mesin extend 70% lebih lama. Rendah emisi Dan mesin ringan sekali. CNG habis sudah otomatis pindah bensin.. Untuk jaman sekarang memang tidak ada yg bisa pungkiri nikmat hematnya pakai CNG.
Kalaupun nanti ganti kendaraan enaknya ke mesin cc besar mobil boxy atau sedan. Gak pushing mikirin bbm mahal.. haha...
Kapasitas bagasi berkurang? Ah itu hanya alasan klasik, dikasih tau cara berhemat tapi kelamaan mikir..
Taxol bandara aja ketagihan hematnya pakai CNG, kursi baris ke3 dilepas hanya buat tempat tabung supaya kapasitas CNGnya lebih banyak & ga bolak balik ke SPBG Karna jaraknya jauh.
Omong2 pertalite, lagi di Melbourne, baru sadar kalo winter tu ternyata rata2 mobil tetep ngebul putih terus asapnya pedes di mata ya ?, ini negara yg uji emisi ketat dan kwalitet bensin jelas diatas itu pertalite. Jadi mikir, itu talit Indonesia kalo dipake disini emisinya jadi kayak gimana ya ?
Terus liat2 lagi di wiki, ternyata pembangkit disini mayoritas batubara
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Energy ... lectricity
Nah kalo bener batubara bikin sesak napas Jakarta, ini langit di Melb koq bisa biru banget yak, padahal pembangkit Loy Yang juga cuma 169 km dr Melb
Screenshot_20240703_221727_Maps.jpg
Bandingin ama Suralaya,
Screenshot_20240703_222130_Maps.jpg
selisih 50 km masa sampe segitunya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Wah, bahan bakar udah di stop subsidi? Saya tinggal di pulau Sumatra yg banyak BD alias bandar...
InsyaAllah sih ga masalah. Toh sekarang 1 Captiva bensin udah mulai selalu minum Pertamax.
Dan 1 Panther Tuwak yg sesekali minum Dexlite. Dengan minum solar subsidi aja, bisa tempuh 400an km dengan kombinasi kaki sekolah dan tidak.
kalo saya paling bakal naik kendaraan umum aja kaya TJ / gojek grab / kereta. opsi kedua ya paling harian pake motor matic. kalaupun mesti pake mobil saya bakal pick opsi santa fe diesel kalo emg budgetnya cukup or crv hybrid. kalo eropaan ya x1 or x3 hehe. kalo mobil mainstream, saya ya prefer yaris bakpao / ge8 or brio hehe
Bibieight wrote: Wed Jul 03, 2024 12:29
Omong2 pertalite, lagi di Melbourne, baru sadar kalo winter tu ternyata rata2 mobil tetep ngebul putih terus asapnya pedes di mata ya ?, ini negara yg uji emisi ketat dan kwalitet bensin jelas diatas itu pertalite. Jadi mikir, itu talit Indonesia kalo dipake disini emisinya jadi kayak gimana ya ?
Terus liat2 lagi di wiki, ternyata pembangkit disini mayoritas batubara
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Energy ... lectricity
Nah kalo bener batubara bikin sesak napas Jakarta, ini langit di Melb koq bisa biru banget yak, padahal pembangkit Loy Yang juga cuma 169 km dr Melb
Screenshot_20240703_221727_Maps.jpg
Bandingin ama Suralaya,
Screenshot_20240703_222130_Maps.jpg
selisih 50 km masa sampe segitunya
KAN cerobongnya bisa diakalin cuma balik lagi UUD mau murah mau bersih mending bobo aja
mobil saya skrg jatuh bgt harganya gegara merk wkwk...
seboros apapun, asal masi bisa ngempanin ya nikmati aja
bensin juga kgk boros" amat mnurut saya ya, di kampung saya pake PP rumah kantor jarak cuman 12 km juga sminggu abis 100rbu doank kalo full pake mobil
kluar kota kadang bisa reimbuse nota bbm krna skalian nemuin klien wkwk
btul kata om ChZ, mending dana ganti mobil dialihkn buat isi bensin wkwk
ya FYI aja saya beli pajero 260 jazz 165 260+165 = 425, duit segitu cuma kebeli HRV sempit pulak ini sekarang oe punya hatchback buat hobby sama satu mobil gede tenaga gede bisa di pake kemana2x buat keluarga
kayak pajero turun mesin ud 2x ngabisin 20jtan tetep gak kebeli HRV apalagi pajero baru
bensin juga cicilan 0% isi sepakenya aja kalo kayak saya mau ngirit duit isi 100rb aja tiap abis isi lagi 100 rb ini saya isi turbo sama dex loh ya kalo liat literan miris banget cuma dapet 7lt tapi lumayan bisa buat wara wiri jauh2x juga
b0ku wrote: Thu Jul 04, 2024 0:52
ya FYI aja saya beli pajero 260 jazz 165 260+165 = 425, duit segitu cuma kebeli HRV sempit pulak ini sekarang oe punya hatchback buat hobby sama satu mobil gede tenaga gede bisa di pake kemana2x buat keluarga
kayak pajero turun mesin ud 2x ngabisin 20jtan tetep gak kebeli HRV apalagi pajero baru
bensin juga cicilan 0% isi sepakenya aja kalo kayak saya mau ngirit duit isi 100rb aja tiap abis isi lagi 100 rb ini saya isi turbo sama dex loh ya kalo liat literan miris banget cuma dapet 7lt tapi lumayan bisa buat wara wiri jauh2x juga
betul om, biar kata ni mobil sahabat pertamina lah, apa lah, ttp aja lebih murah ngempanin bensin ketimbang kluar duit byk gnti mobil baru
saya skrg isian pertamax terus, pertalite nauzubillah antrinya di sini
ChZ wrote: Wed Jul 03, 2024 8:37
dulu jaman edan nya perang ukraine-russia pertabo ampir 18 ribu tuh... sempat kepikir kalo naik2 terus gini apa ganti beater car yg pertalite friendly ya.
tapi setelah pikir2 juga buat apa yak, nambah mobil tetep aja bayar pajak lagi. keluar duit 300 juta lagi buat beli mobil. di itung itung tetep lebih masuk akal pake yang ada
ngirit 8 ribu perliter yang dikali 40 cuma 320 ribu... tapi nambah bayar pajak dll nya ya tetep aja gak masuk.
kan ngana jg bilang mbah
masi bagus bengsin naik, tp dapat mobil bagus. seengganya ga miris" amat
lagian kan bengsin naek bentaran doank, kecuali ud naek sampe 25-30rb. nah baru pikir" ganti moda transport
cuma ya semua jg shiok lah, bengsin naik 8rb
manusia kan pintar adaptasi, jadi selama bisa ngempanin ya dinikmatin aja. klo mau irit ya hiling hilingnya dikurangin, kurangin beli makanan di resto beralih ke masak sendiri. banyak cara lah
darrelund wrote: Thu Jul 04, 2024 2:03
kan ngana jg bilang mbah
masi bagus bengsin naik, tp dapat mobil bagus. seengganya ga miris" amat
lagian kan bengsin naek bentaran doank, kecuali ud naek sampe 25-30rb. nah baru pikir" ganti moda transport
cuma ya semua jg shiok lah, bengsin naik 8rb
manusia kan pintar adaptasi, jadi selama bisa ngempanin ya dinikmatin aja. klo mau irit ya hiling hilingnya dikurangin, kurangin beli makanan di resto beralih ke masak sendiri. banyak cara lah
wkwkwk ngisi bensin 2 juta perbulan tuh masih lebih murah ketimbang cicilan kok. makanya gw bingung giliran cicilan berani bener ambilnya, bensin kok pd mikir sih
Bibieight wrote: Wed Jul 03, 2024 12:29
Omong2 pertalite, lagi di Melbourne, baru sadar kalo winter tu ternyata rata2 mobil tetep ngebul putih terus asapnya pedes di mata ya ?, ini negara yg uji emisi ketat dan kwalitet bensin jelas diatas itu pertalite. Jadi mikir, itu talit Indonesia kalo dipake disini emisinya jadi kayak gimana ya ?
Terus liat2 lagi di wiki, ternyata pembangkit disini mayoritas batubara
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Energy ... lectricity
Nah kalo bener batubara bikin sesak napas Jakarta, ini langit di Melb koq bisa biru banget yak, padahal pembangkit Loy Yang juga cuma 169 km dr Melb
Screenshot_20240703_221727_Maps.jpg
Bandingin ama Suralaya,
Screenshot_20240703_222130_Maps.jpg
selisih 50 km masa sampe segitunya
Sama-sama PLTU batubara tapi kualitas batubara yg dipake beda. PLTU sini banyakan pake low rank coal, syukur-syukur dapat medium rank coal. CEMS (Continuous Emission Monitoring Systems) kapan terakhir sensor-sensornya dikalibrasi.
Belom lagi faktor teknis lainnya. Di kita ini banyak yg pake mobil motor yang penting bisa jalan, PLTU sini juga sama
saya yakin mereka gak bakalan berani mutusin tapi isunya ketika di lempar lumayan bikin masyarakat panic buying
sehina itukah mobil baru sampe kek gini caranya ud cuma gimmick doank cara jualanannya hina pula
masih aja pada gak terima soalnya chinese EV dipush kek gimana tetep gak ngejual udah jual harga diri banting2 harga aja masih pada numpuk di stockyard
darrelund wrote: Wed Jul 03, 2024 8:18
kalo 18000 sih emg kerasa yak um, dlu juga ngisi pas harga segitu cuma bisa heran". precovid kluar 400-500k ud penuh, pas kopid cuma jarum naek doank
meski biaya afford mobil stroom itu lebi tinggi, tapi imo MG4 yg paling worth to buy di harganya. kan kasarnya tu boil civic versi listrik. drpd beli guling cloud yg joknya kyk ruang tamu babeh"
klo merknya srius, possible bgt buat MG4 harga juwalnya nahan
cuma yah apapun itu, selama bisa afford buat isi bengsin & rawat
dinikmati sahaja
Kalo oe sih beli ev mindsetnya bener kayak beli hp, pake aja to the limit bwat workhorse. Kalo bener batere segala lifetime kan lumayan bisa pake 10-15 thn kedepan, sukur2 sampe 20 thn. Uda ga mikirin dijual, ada rejeki nanti beli mbl lg aja.
Bibieight wrote: Wed Jul 03, 2024 12:29
Omong2 pertalite, lagi di Melbourne, baru sadar kalo winter tu ternyata rata2 mobil tetep ngebul putih terus asapnya pedes di mata ya ?, ini negara yg uji emisi ketat dan kwalitet bensin jelas diatas itu pertalite. Jadi mikir, itu talit Indonesia kalo dipake disini emisinya jadi kayak gimana ya ?
Terus liat2 lagi di wiki, ternyata pembangkit disini mayoritas batubara
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Energy ... lectricity
Nah kalo bener batubara bikin sesak napas Jakarta, ini langit di Melb koq bisa biru banget yak, padahal pembangkit Loy Yang juga cuma 169 km dr Melb
Screenshot_20240703_221727_Maps.jpg
Bandingin ama Suralaya,
Screenshot_20240703_222130_Maps.jpg
selisih 50 km masa sampe segitunya
Polusi di jakarta oe makin yakin bukan gara2 kendaraan sih. Tuh buktinya ujan semingguan ini AQI berkurang jauh padahal macet makin gila gara2 ujan dimana2. Harusnya biarpun AQI kebantu hujan tp apa bakalan turun signifikan banget sampe oe cek per hari ini AQI 63 dari biasanya bisa 120-150.
saya yakin mereka gak bakalan berani mutusin tapi isunya ketika di lempar lumayan bikin masyarakat panic buying
sehina itukah mobil baru sampe kek gini caranya ud cuma gimmick doank cara jualanannya hina pula
masih aja pada gak terima soalnya chinese EV dipush kek gimana tetep gak ngejual udah jual harga diri banting2 harga aja masih pada numpuk di stockyard
RRC (tiongkok) pinter lagi gencar bgt nyetokin emas batangan
RI (indon) malah nyetokin batre gelondongan
ChZ wrote: Mon Jul 08, 2024 3:03
masih aja pada gak terima soalnya chinese EV dipush kek gimana tetep gak ngejual udah jual harga diri banting2 harga aja masih pada numpuk di stockyard
that what you get when you selling what goverment want instead what people want..........
btw lagian mang gampang bangun brand image mobil liat aja hyundei dari 1998 mereka mulai agresive hasilnya baru keliatan sekarang ampir 30thn apalagi merek ikut2x bukan pioneer kek tesla
KielConstantine wrote: Mon Jul 08, 2024 4:27
RRC (tiongkok) pinter lagi gencar bgt nyetokin emas batangan
RI (indon) malah nyetokin batre gelondongan
ujungnya bukan jadi nett exporter battery
tapi jadi penadah sampah battery
sampahnya dijual murah buat di recycle negara lain, dijual ke kita mahal lg
b0ku wrote: Mon Jul 08, 2024 6:19
that what you get when you selling what goverment want instead what people want..........
btw lagian mang gampang bangun brand image mobil liat aja hyundei dari 1998 mereka mulai agresive hasilnya baru keliatan sekarang ampir 30thn apalagi merek ikut2x bukan pioneer kek tesla
bukti FOMO nya kan udah jelas di amrik 50% pengen balik mobil bensin
itu di amrik loh, gimana di kita yg charging infrastructure lebih busuk. ujungnya pake EV range berapapun di sini kan pd gak berani bawa luar kota jauh2 jadi repot kan palagi kalo suka ke antah berantah.
kalo bawanya mobil bengsin/solar ke antah berantah tinggal bawa jerigen buat darurat gak nemu pom
ChZ wrote: Mon Jul 08, 2024 7:19
bukti FOMO nya kan udah jelas di amrik 50% pengen balik mobil bensin
itu di amrik loh, gimana di kita yg charging infrastructure lebih busuk. ujungnya pake EV range berapapun di sini kan pd gak berani bawa luar kota jauh2 jadi repot kan palagi kalo suka ke antah berantah.
kalo bawanya mobil bengsin/solar ke antah berantah tinggal bawa jerigen buat darurat gak nemu pom
AMRIK tiap taon emang trouble dan troublenya musiman
WINTER = RANGE DROP DAN CHARGING TIME EXTENDED KADANG GAK BISA CHARGING SAKING DINGINNYA
SUMMER = LISTRIK GAK CUKUP JGN CHARGE MOBIL YA...........
MUSIM BADAI = BAHAYA KEBAKARAN DI MOBIL EV YANG KEBANJIRAN
keknya ada lagi tapi saya lupa apa ya
nah winter di china juga pada ribut sampe pake selimut karena mereka gak mau nyalain heater takut rangenya drop parah jadi batrenya ud kena dingin drop ditambah kena dimakan heater
gak heran kenapa BYD tiap keluar varian DMI lsg EVnya di tinggal
kayak seal aja EV dulu setaon baru DMI dan taon ini sejauh ini DM-Inya jauh ninggalin EVnya ev cuma 1/4 dminya