bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 943
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price
Kalau harga bahan bakar di negara konoha ini tidak lagi disubsidi/ menggunakan market price apakah anda akan ganti kendaraan?
Kendaraan saat ini honda jazz GE8,tidak akan ganti kendaraan karena ketika dulu beli mikirnya udah siap hidup seperti rakyat negara paman sam yang ga disubsidi BBMnya makannya ambil yg paling balance power&fuel consumptionnya untuk medan pulau jawa asumsi dinaikin 4 orang
Kalau bosen incerannya ganti santafe disel sebelum grand santafe
Kalau anda?
Kendaraan saat ini honda jazz GE8,tidak akan ganti kendaraan karena ketika dulu beli mikirnya udah siap hidup seperti rakyat negara paman sam yang ga disubsidi BBMnya makannya ambil yg paling balance power&fuel consumptionnya untuk medan pulau jawa asumsi dinaikin 4 orang
Kalau bosen incerannya ganti santafe disel sebelum grand santafe
Kalau anda?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price
krn oe gaperna pake yg subsidi, ya kemungkinan ttp pake yg ada aja
ato ga yg paling sedan disel yurop lah
mau gmn jg bengsin ud mahal, jadi ya oe gimana caranya nempuh jarak plg jauh dengan uang yg di keluarin
masda 2 siy, rute kombi klo kaki sopan pke pertagreen bisa 650-700km, pke pertamak paling 550-600 sahaja

ato ga yg paling sedan disel yurop lah
mau gmn jg bengsin ud mahal, jadi ya oe gimana caranya nempuh jarak plg jauh dengan uang yg di keluarin

masda 2 siy, rute kombi klo kaki sopan pke pertagreen bisa 650-700km, pke pertamak paling 550-600 sahaja
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30
Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price
Paling make sense si ganti mobil setrum sambil disambi grab ...biar diabuse cari duit tiap hari
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 516
- Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
- Location: Jakarta - Bandung
- Daily Vehicle: 1988 300E MT
Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price
Hmmm mobil sekarang 300E, borossss
Realistisnya tambah 1 lagi deh agya manual buat irit aja
Realistisnya tambah 1 lagi deh agya manual buat irit aja
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 882
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price
Kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi, buat warga mamakota kalau mau berhemat, pilihan kendaraan yang jelas hematnya ga ada obat adalah transjakarta/commuter line/MRT/LRT. Apalagi transjakarta dan commuter line, dijamin opsi kendaraan lain jadi gabakal masuk hitungannya, kecuali sepeda.
Pengecualian kalau situasinya adalah : rumahnya jauh dari halte atau stasiun jadi ke halte atau stasiunnya harus naik motor atau ojek dulu, dikomparasikan sama bawa motor pribadi, nah baru deh ada kemungkinan motor pribadi lebih murah.
Buat mobil di rumah, cukup pake pas weekend atau pas mau keluar kota aja. Beli yang kencang, boros jg gpp, toh keluar jarang2 ini. Mau bengsin naik jd 20k per liter juga kayanya ga terlalu ngaruh lah.
Opsi ini tidak berlaku untuk orang yang tinggal di kabupaten atau tinggal di kota yang public transportnya benar2 sampah, sebut saja seperti kota yang plat nomornya D dan L
Pengecualian kalau situasinya adalah : rumahnya jauh dari halte atau stasiun jadi ke halte atau stasiunnya harus naik motor atau ojek dulu, dikomparasikan sama bawa motor pribadi, nah baru deh ada kemungkinan motor pribadi lebih murah.
Buat mobil di rumah, cukup pake pas weekend atau pas mau keluar kota aja. Beli yang kencang, boros jg gpp, toh keluar jarang2 ini. Mau bengsin naik jd 20k per liter juga kayanya ga terlalu ngaruh lah.
Opsi ini tidak berlaku untuk orang yang tinggal di kabupaten atau tinggal di kota yang public transportnya benar2 sampah, sebut saja seperti kota yang plat nomornya D dan L

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price
Di ibukota mass transport jg blm semasif itu bisa menjangkau seluruh wilayah om walaupun semakin baik ya. Kalo liat jakpus, jaksel mungkin uda lumayan oke ya tp diluar itu masih blm semuanya terjangkau. Sarana pendukungnya seperti jalur pejalan kaki segala blm optimal. Rumah saya ke jalur busway terdekat ga sampe 1 km, cuman jalanan depan rumah sangat ramai, ga ada jalur pejalan kaki dan trafficnya sangat padat. Jalan ga sampe 1 km tp risk keserempet motornya gederakyatwkwkland wrote: Mon Jul 01, 2024 16:29 Kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi, buat warga mamakota kalau mau berhemat, pilihan kendaraan yang jelas hematnya ga ada obat adalah transjakarta/commuter line/MRT/LRT. Apalagi transjakarta dan commuter line, dijamin opsi kendaraan lain jadi gabakal masuk hitungannya.
Pengecualian kalau situasinya adalah : rumahnya jauh dari halte atau stasiun jadi ke halte atau stasiunnya harus naik motor atau ojek dulu, dikomparasikan sama bawa motor pribadi, nah baru deh ada kemungkinan motor pribadi lebih murah.
Buat mobil di rumah, cukup pake pas weekend atau pas mau keluar kota aja. Beli yang kencang, boros jg gpp, toh keluar jarang2 ini. Mau bengsin naik jd 20k per liter juga kayanya ga terlalu ngaruh lah.
Opsi ini tidak berlaku untuk orang yang tinggal di kabupaten atau tinggal di kota yang public transportnya benar2 sampah, sebut saja seperti kota yang plat nomornya D dan L![]()

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 882
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price
Kalo mau menghitung mikrotrans (a.k.a. angkot jaklingko) hitungannya udah cukup masif oom. Paling enggak mungkin 70-80% tempat di jakarta jaraknya ke bus stop transjak non-BRT (yang di pinggir jalan bukan yang halte tinggi) dan bus stop mikrotrans itu jaraknya udah under 2 km lah. Kecuali kalau mau mengeliminasi mikrotrans, sampai kapanpun hitungannya mass transport di jkt bakal banyak blank spotnya karena berdasarkan pengamatan ane banyak sekali jalanan di jkt yang gak feasible dilalui bus.kendibocor wrote: Mon Jul 01, 2024 16:41Di ibukota mass transport jg blm semasif itu bisa menjangkau seluruh wilayah om walaupun semakin baik ya. Kalo liat jakpus, jaksel mungkin uda lumayan oke ya tp diluar itu masih blm semuanya terjangkau. Sarana pendukungnya seperti jalur pejalan kaki segala blm optimal. Rumah saya ke jalur busway terdekat ga sampe 1 km, cuman jalanan depan rumah sangat ramai, ga ada jalur pejalan kaki dan trafficnya sangat padat. Jalan ga sampe 1 km tp risk keserempet motornya gederakyatwkwkland wrote: Mon Jul 01, 2024 16:29 Kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi, buat warga mamakota kalau mau berhemat, pilihan kendaraan yang jelas hematnya ga ada obat adalah transjakarta/commuter line/MRT/LRT. Apalagi transjakarta dan commuter line, dijamin opsi kendaraan lain jadi gabakal masuk hitungannya.
Pengecualian kalau situasinya adalah : rumahnya jauh dari halte atau stasiun jadi ke halte atau stasiunnya harus naik motor atau ojek dulu, dikomparasikan sama bawa motor pribadi, nah baru deh ada kemungkinan motor pribadi lebih murah.
Buat mobil di rumah, cukup pake pas weekend atau pas mau keluar kota aja. Beli yang kencang, boros jg gpp, toh keluar jarang2 ini. Mau bengsin naik jd 20k per liter juga kayanya ga terlalu ngaruh lah.
Opsi ini tidak berlaku untuk orang yang tinggal di kabupaten atau tinggal di kota yang public transportnya benar2 sampah, sebut saja seperti kota yang plat nomornya D dan L![]()
![]()
Trotoar ini nah ane gatau dah di daerah lain pengembangannya gimana. Soalnya kalau di daerah ane sendiri, di wilayah cengkareng jakarta barat sebagian besar jalanan yang rame udah ada trotoarnya, meski kalau bilang bagus atau enggak ya itu urusan belakangan

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price
Nah sama oom, pas saya piara ANKI jg sy minumin Dex, apapun kata bapack2 pisbuk urusan biosolar. Pas sy tuker jd I5 pas Dex di 18000an, krasa juga pas pindah stroom. Tadinya 1,5 juta - 1.8 juta pas stroom listrik rumah 1 jt 3 minggu jd 1 juta 2 minggu, nambah +/_ 150an lah seminggu....darrelund wrote: Mon Jul 01, 2024 11:59 krn oe gaperna pake yg subsidi, ya kemungkinan ttp pake yg ada aja![]()
Kalo sekarang, pake stroom buat mobil perang dalkot si dah feasibel, selama gak overthinking ganti batere lah, resale value lah (yg ini liat di marketplace blun ada yg jual). Harga yg < 400 jg dah banyak, Binguo ama Neta, nambah dikit dah ketemu MG4.
Asal jgn AirEV ya, ini arsitektur forklift, voltase aja cuma 120V. Yg kesian ya yg pdg pegang ini barang, banjir < 400 jt dah runyam nglepasnya....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 907
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price
bisa beli mobil buat keperluan pribadi ratusan juta masih mikirin nikmatin subsidi? harga bbm naik ya simple kurangin aja jalan2 yang ga perlu......
udah subsidi buat kendaraan umum dan sepeda motor sajaaaaaaa. saya happy bgt ketika spbu coco 31 langganan tau2 koq sepi.. ternayta udah ga jualan pertalite lagi!! YEAHHHHH biasanya antrian membludak.
memang ada shell dan bp di daerah situ jg, tapi ntah knapa mbl saya cocok nya sm pertamina (pertamax turbo dan dex) , ke BP juga oke sih.. (tp ini harus rada muter), shell ahhhh ntah knapa di mobil saya jadinya lebih boros km/liter nya.
udah subsidi buat kendaraan umum dan sepeda motor sajaaaaaaa. saya happy bgt ketika spbu coco 31 langganan tau2 koq sepi.. ternayta udah ga jualan pertalite lagi!! YEAHHHHH biasanya antrian membludak.
memang ada shell dan bp di daerah situ jg, tapi ntah knapa mbl saya cocok nya sm pertamina (pertamax turbo dan dex) , ke BP juga oke sih.. (tp ini harus rada muter), shell ahhhh ntah knapa di mobil saya jadinya lebih boros km/liter nya.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price
kalau msh mikirin bensin naik/turun
ya artinya emang blom siap punya mobil.
logisnya coba aja itung cicilan brp... sanggup nyicil segitu ngisi bensin 300 ribu seminggu gak sanggup. naik pertalite dari 10ribu ke 15ribu ya kalo tangki 40 liter cuma nambah 200 ribu...
kalo mikir ngirit ya naik bus udah pasti ngirit.
ya artinya emang blom siap punya mobil.
logisnya coba aja itung cicilan brp... sanggup nyicil segitu ngisi bensin 300 ribu seminggu gak sanggup. naik pertalite dari 10ribu ke 15ribu ya kalo tangki 40 liter cuma nambah 200 ribu...
kalo mikir ngirit ya naik bus udah pasti ngirit.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 724
- Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
- Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan
Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price
sekarang ke kantor pakai reborn bensin metik + pertalite = tahap realistis keadaan + mesin yang dari jaman batu ga cocok suplemen mahal haha
dirumah ada brio metik cuman dipake keliling deket rumah aja
klo nanti uda ga subsidi ya tinggal dibalik aja dari susunan diatas
atau berharap ketika bensin subsidi ikut market price maka harusnya senada dengan peningkatan kualitas udara karena harusnya mengalami penurunan penggunaan kendaraan bermotor, maka sepeda lipet to the rescue, olahraga + sehat ( mengingat harga sepeda lipat udah pada turun loh saya cek cek di ace )
dirumah ada brio metik cuman dipake keliling deket rumah aja
klo nanti uda ga subsidi ya tinggal dibalik aja dari susunan diatas
atau berharap ketika bensin subsidi ikut market price maka harusnya senada dengan peningkatan kualitas udara karena harusnya mengalami penurunan penggunaan kendaraan bermotor, maka sepeda lipet to the rescue, olahraga + sehat ( mengingat harga sepeda lipat udah pada turun loh saya cek cek di ace )
- yang kenceng kalah sama yang wet look
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3030
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price
Diesel2 europ banyak yg puas sih pakenya
Rata2 bisa jalan sampe 700-800 km skali full tank udah include macet2an
Mgkn kalo kaki sopan sekolah bs tembus sampe 1000 kilo
Pertadex yah pertadex dah full tank gpp. Skali2 liat struk gastank tembus 1 juta gitu biar ada hiburan

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price
Bentar lg ente kan isi 80 L x 14400 = Rp 1.152.000 omKielConstantine wrote: Tue Jul 02, 2024 3:38
Diesel2 europ banyak yg puas sih pakenya
Rata2 bisa jalan sampe 700-800 km skali full tank udah include macet2an
Mgkn kalo kaki sopan sekolah bs tembus sampe 1000 kilo
Pertadex yah pertadex dah full tank gpp. Skali2 liat struk gastank tembus 1 juta gitu biar ada hiburan![]()


Last edited by kendibocor on Tue Jul 02, 2024 3:53, edited 1 time in total.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price
ini yang harus kita kejar terus ... gimana warga jabodetabek mau hidup sehat. tiap hari AQI skyrocket teruscarlzeiss wrote: Tue Jul 02, 2024 3:14
atau berharap ketika bensin subsidi ikut market price maka harusnya senada dengan peningkatan kualitas udara karena harusnya mengalami penurunan penggunaan kendaraan bermotor, maka sepeda lipet to the rescue, olahraga + sehat ( mengingat harga sepeda lipat udah pada turun loh saya cek cek di ace )

alihkan subsidi buat dorong insentif ke industry yang mau pindah ke luar jabodetabek... itung2 juga ngurangin kepadatan jabodetabek. polusi pasti berkurang sendiri. index2 economy juga pasti naik krn ekonomi ngga terpusat ke jabodetabek.
tapi ngarep apa sama pemerintah wakanda yang data aja dibobol dan mentrinya gak mau mundur... ya gak mau mundur krn kalo mundur mau makan apa susah cari kerjaan dgn reputasi begitu...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price
nah itu mbahKielConstantine wrote: Tue Jul 02, 2024 3:38Diesel2 europ banyak yg puas sih pakenya
Rata2 bisa jalan sampe 700-800 km skali full tank udah include macet2an
Mgkn kalo kaki sopan sekolah bs tembus sampe 1000 kilo
Pertadex yah pertadex dah full tank gpp. Skali2 liat struk gastank tembus 1 juta gitu biar ada hiburan![]()
bengsin mahal ya mau diapain, ga ngisi malah mobilna ga jalan
mending cari yg bisa jalan jauh sekalian

passat disel tu mantap, rekornya bisa tembus 2000km sekali isi
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price
ya ud tau gak sanggup beli bensin eh mobilnya di pake buat kerjaChZ wrote: Tue Jul 02, 2024 2:57 kalau msh mikirin bensin naik/turun
ya artinya emang blom siap punya mobil.
logisnya coba aja itung cicilan brp... sanggup nyicil segitu ngisi bensin 300 ribu seminggu gak sanggup. naik pertalite dari 10ribu ke 15ribu ya kalo tangki 40 liter cuma nambah 200 ribu...
kalo mikir ngirit ya naik bus udah pasti ngirit.

kan ada tranport murah namanya motor beli bekas cuma 3-5jt rusak benerin turun mesin aja cuma 1-2jt

ya kerja naek motor lah

sekarang aja saya nyari dagangan naek gocar ntah kenapa males pake mobil buat nyari duit, maunya itu mobil dipake buat jalan2x sama rekreasi aja atau pegi2x beli keperluan rumah

lagian kek saya kalo lagi bokek ya isi aja 100rb turbo cuma dapet 7lt jazz mah bisa buat keliling juga kok paling kalo pergi jauhan saya isi 200rb, pajero karena masih remek saya isi dex 100rb aja mayan kok bisa sebulan sekali baru isi

tapi lebih lucu yang treak2x bensin mahal malah beli mobil listrik

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 94
- Joined: Fri Apr 14, 2023 17:17
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Grand Livina
Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price
Sepertinya aman untuk beberapa lama lagi 

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price
kalo bensin naik seribu rupiah langsung mikir mau ganti mobil ....b0ku wrote: Tue Jul 02, 2024 5:56 ya ud tau gak sanggup beli bensin eh mobilnya di pake buat kerja![]()
kan ada tranport murah namanya motor beli bekas cuma 3-5jt rusak benerin turun mesin aja cuma 1-2jt![]()
ya kerja naek motor lah![]()
sekarang aja saya nyari dagangan naek gocar ntah kenapa males pake mobil buat nyari duit, maunya itu mobil dipake buat jalan2x sama rekreasi aja atau pegi2x beli keperluan rumah
lagian kek saya kalo lagi bokek ya isi aja 100rb turbo cuma dapet 7lt jazz mah bisa buat keliling juga kok paling kalo pergi jauhan saya isi 200rb, pajero karena masih remek saya isi dex 100rb aja mayan kok bisa sebulan sekali baru isi
tapi lebih lucu yang treak2x bensin mahal malah beli mobil listrik![]()
mending jual mobilnya beli pick up buat usaha charteran.
syukur nanti 5 thn lagi gak lagi mikir mau ngisi subsidian... naik 5 ribu per liter juga santai.
moblis ngirit kan cuma itung charge, biaya akuisisi mobilnya aja udah berapa

orang makan di mall kalo msh mikirin harga beras naik juga kenapa gak masak di rumah aja... brarti blom sanggup finansialnya makan di mall setiap hari.
saya pake mobil bensinnya sejak brapa taun yang lalu udah naik 5 ribu rupiah... ya mikir mau ganti mobil malah nambah cost buat apa. fulltank dari 400 ribu ke 600 ribu. nikmati aja. bersyukur bisa beli mobil bagus ya dirawat.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price
jaman lagi (dan makin) susah gini justru bagusan pili mobil yg teknologi simple, awet, spare part KW1000 berjibun, kuat dikasi bensin terbusuk sejagat ini
justru jgn cari yg irit irit, itu alamat perlu prawatan klaas proper, bukan klaas asemreges musatek, palagi bengkel cuan2an, resing2, enjinering2an, sepit2an
boros bensin sikit tp prawatan asemreges friendly jatoh nya bakal lebi irit ktimbang irit bensin tp prawatan wajip beres
justru jgn cari yg irit irit, itu alamat perlu prawatan klaas proper, bukan klaas asemreges musatek, palagi bengkel cuan2an, resing2, enjinering2an, sepit2an
boros bensin sikit tp prawatan asemreges friendly jatoh nya bakal lebi irit ktimbang irit bensin tp prawatan wajip beres
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 569
- Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41
Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price
Dari kriterianya cocok ambil suzuki kopi yg bsa nyamar jd bajaj oren ya omDOHC wrote: Tue Jul 02, 2024 8:47 jaman lagi (dan makin) susah gini justru bagusan pili mobil yg teknologi simple, awet, spare part KW1000 berjibun, kuat dikasi bensin terbusuk sejagat ini
justru jgn cari yg irit irit, itu alamat perlu prawatan klaas proper, bukan klaas asemreges musatek, palagi bengkel cuan2an, resing2, enjinering2an, sepit2an
boros bensin sikit tp prawatan asemreges friendly jatoh nya bakal lebi irit ktimbang irit bensin tp prawatan wajip beres

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7651
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price
bensin di subsidi dibukan negara yg kayaminyak itu ga bener
(meski sy selalu pakai bensin yg paling banyak subsidinya jaman di indo krn itubukan hal ilegal)
punya mobil tapi bingung bayar bensinnya (apalagi sampe ganti mobil)
buat sy seperti org punya rumah tapi bingung bayar listriknya
(meski sy selalu pakai bensin yg paling banyak subsidinya jaman di indo krn itubukan hal ilegal)
punya mobil tapi bingung bayar bensinnya (apalagi sampe ganti mobil)
buat sy seperti org punya rumah tapi bingung bayar listriknya
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price
Jenson wrote: Tue Jul 02, 2024 9:06Dari kriterianya cocok ambil suzuki kopi yg bsa nyamar jd bajaj oren ya omDOHC wrote: Tue Jul 02, 2024 8:47 jaman lagi (dan makin) susah gini justru bagusan pili mobil yg teknologi simple, awet, spare part KW1000 berjibun, kuat dikasi bensin terbusuk sejagat ini
justru jgn cari yg irit irit, itu alamat perlu prawatan klaas proper, bukan klaas asemreges musatek, palagi bengkel cuan2an, resing2, enjinering2an, sepit2an
boros bensin sikit tp prawatan asemreges friendly jatoh nya bakal lebi irit ktimbang irit bensin tp prawatan wajip beres![]()


susuki kopi masi itungan nya bukan asemreges friendly om
tp mbah sepuh nya tuh, yg dipake KWK, ama bejibun ngetem d bogor sana, itu baru real definisi yg kita orang maksut


mo jaman perang pun jg idup tu mobil
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05
Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price
Kalau saya, pelihara mobil yang ada saja selama ga rewel mobilnuya. Ke kantor naik motor , karena sendirian lebih efisien. Mobil yang boros buat weekend .zonepublic wrote: Mon Jul 01, 2024 11:07 Kalau harga bahan bakar di negara konoha ini tidak lagi disubsidi/ menggunakan market price apakah anda akan ganti kendaraan?
Kendaraan saat ini honda jazz GE8,tidak akan ganti kendaraan karena ketika dulu beli mikirnya udah siap hidup seperti rakyat negara paman sam yang ga disubsidi BBMnya makannya ambil yg paling balance power&fuel consumptionnya untuk medan pulau jawa asumsi dinaikin 4 orang
Kalau bosen incerannya ganti santafe disel sebelum grand santafe
Kalau anda?
Atau kalau ada dana, tukar sama mobil hybrid atoyot..lebih irit dan reliable.
Altis hybrid dipakai nyonya setiap senin sampai sabtu, sebulan cuma isi bensin 1-2 kali. Average 19 km/liter.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 212
- Joined: Wed Jan 25, 2017 16:43
Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price
Setuju ini. Kalau rute saya pake pertamax antara 600-625km. Begitu ganti turbo dapat 725-740km.darrelund wrote: Mon Jul 01, 2024 11:59 krn oe gaperna pake yg subsidi, ya kemungkinan ttp pake yg ada aja![]()
ato ga yg paling sedan disel yurop lah
mau gmn jg bengsin ud mahal, jadi ya oe gimana caranya nempuh jarak plg jauh dengan uang yg di keluarin![]()
masda 2 siy, rute kombi klo kaki sopan pke pertagreen bisa 650-700km, pke pertamak paling 550-600 sahaja
Gerobak sama dengan om darrelund
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1376
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: bertahan atau ganti kendaraan apa?kalau harga bahan bakar tidak lagi disubsidi/market price
Td mau plg kantor hrs ke erpot dl, uda cek rute kayaknya ga bakal nemu pertamina, isi lah shell deket kantorMz175 wrote: Tue Jul 02, 2024 12:44Setuju ini. Kalau rute saya pake pertamax antara 600-625km. Begitu ganti turbo dapat 725-740km.darrelund wrote: Mon Jul 01, 2024 11:59 krn oe gaperna pake yg subsidi, ya kemungkinan ttp pake yg ada aja![]()
ato ga yg paling sedan disel yurop lah
mau gmn jg bengsin ud mahal, jadi ya oe gimana caranya nempuh jarak plg jauh dengan uang yg di keluarin![]()
masda 2 siy, rute kombi klo kaki sopan pke pertagreen bisa 650-700km, pke pertamak paling 550-600 sahaja
Gerobak sama dengan om darrelund
Biasa isi pertamax, td isi vpower, lahh beda ya rasanya

Bsk2 coba isi super, td mgkn krn beda oktannya
========
Oiya menjawab pertanyaan TS, kayaknya sih bertahan aja, plg kurang2in jalan2 yg ga perlu