Re: Serba Serbi Ban Part 4

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by azu »

terkait dengan banyaknya kejadian pecah ban di jalan tol kalau menurut saya sih kemungkinan terjadinya itu karena tekanan angin yg terlalu rendah ya, umumnya sih karena underinflate ketika lewat jalan yg kurang rata (seperti sambungan beton jalan tol atau sambungan jembatan) dan saat ban menekan ke jalan itu sidewallnya ada yg tertekan sampai menyentuh permukaan jalan dan jadinya pecah itu ban :mky_01:

sharing aja sih, baru kemarin pas saya mau rotasi ban di tempat isi nitrogen SPBU (karena ga punya dongkrak yg gede :mky_01: ) ada yg pakai mobil Jazz GK tambah angin, pas saya lihat tekanan awal sebelum isi itu antara 19-21 psi aja :big_chicken:

diperparah ban kiri depan juga sudah ada benjol yg lumayan besar, untung petugasnya mengingatkan ke yg punya mobil untuk ganti ban itu. padahal bannya itu Turanza T005 yg terhitung badak sidewallnya :mky_01:

disini sih menurut saya memang masih banyak pengguna kendaraan yg kurang paham pentingnya menjaga tekanan angin ban ya :mky_01:


sintoni wrote: Mon Jun 24, 2024 7:45 Ini emang kalau ban asimetris boleh dibalik ya inside sama outsidenya?

Alasannya biar buang airnya terbalik biar ga kotor. Bener emang bs gitu?
kalau menurut pendapat saya sih kalau terbalik begitu bukannya justru menyulitkan proses membuang air dari permukaan ban dan meningkatkan kemungkinan terjadinya aquaplanning ya :mky_01:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ChZ »

azu wrote: Mon Jun 24, 2024 9:53 sharing aja sih, baru kemarin pas saya mau rotasi ban di tempat isi nitrogen SPBU (karena ga punya dongkrak yg gede :mky_01: ) ada yg pakai mobil Jazz GK tambah angin, pas saya lihat tekanan awal sebelum isi itu antara 19-21 psi aja :big_chicken:
Ples ga banyak yang tau kalo tekanan full load dan no load itu beda. Bayangin angin 25 mungkin dipaksa bawa 7 penumpang+barang, mobilnya avanza yang kurus bannya, ketemu aspal toll transJ ya ancur :ungg: liat tipikal kawan kawan kita mudik jujur agak serem.

Buat saya toleransinya 5% dari petunjuk. Tinggal prefer nyaman atau rada keras. Kalo di pintu minta 30, -3psi atau +3psi udah berasa bgt ntah terlalu lembek atau terlalu keras.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Mon Jun 24, 2024 12:06
azu wrote: Mon Jun 24, 2024 9:53 sharing aja sih, baru kemarin pas saya mau rotasi ban di tempat isi nitrogen SPBU (karena ga punya dongkrak yg gede :mky_01: ) ada yg pakai mobil Jazz GK tambah angin, pas saya lihat tekanan awal sebelum isi itu antara 19-21 psi aja :big_chicken:
Ples ga banyak yang tau kalo tekanan full load dan no load itu beda. Bayangin angin 25 mungkin dipaksa bawa 7 penumpang+barang, mobilnya avanza yang kurus bannya, ketemu aspal toll transJ ya ancur :ungg: liat tipikal kawan kawan kita mudik jujur agak serem.

Buat saya toleransinya 5% dari petunjuk. Tinggal prefer nyaman atau rada keras. Kalo di pintu minta 30, -3psi atau +3psi udah berasa bgt ntah terlalu lembek atau terlalu keras.
CTR FL5
40 an psi di pinggir pintu :big_biglaugh:

Image
Bannya tipis
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1159
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by iamwewe »

ChZ wrote: Mon Jun 24, 2024 5:24
Suryaputra wrote: Mon Jun 24, 2024 5:20
Gpp aman bro :big_weee:

Kan maximal 51 psi biasanya klo pasenger tyres.

Kurang tekanan lbh bahaya, sidewall bisa ngelipet pas hajar ranjau, dan sobek, duarr!!

Klo pegel ya modal masas paling brp :mky_03:

Ban pecah, hati dan dompet sakit, blm lagi biaya derek dan resiko celaka :upss:
masas jg sekarang ga murah :big_weee: lagian masa liburan abis waktu di masas

ya selama ini si pake di bawah 32 lari sgitu aman aman aja.

yg kejadian begitu juga berapa paling lg apes aja kali. mo kasih tinggi2 jg rasanya ban kaga ngegrip yang ada lbh bahaya.

4 psi di atas tekanan std itu gede loh wong beda 2 psi aja berasa.

pan gak ada yang nyaranin pake tekanan 25 psi buat lari di transJ juga. 30-32 udah pas lah.
Ngomong2 ban ga ngegrip, kebetulan semua mobil saya diisi 35psi rata depan blkg kiri kanan. Emang rasanya lbh gerobak sih, tapi feel amannya jauh lbh tenang. Di jalan tol jg jauh lbh berasa ngebut

Nah ngomong2 grip, kebetulan civic juga diisi full 35psi semua. Lagi road trip ke bandung, lanjut ke batu malang. Di bandung, nginep di daerah citra garden kisaran lembang punclut, jalanannya nanjak2, dan yg amit2 nya ada banyak banget poldur kecil nan tajam di komplek itu. Beh berasa banget tuh civic gripnya suka ngeloss tiap lewat poldur. Mungkin karena isi 35psi smua wkwkwk.

Tapi sepanjang dari bandung ke batu malang, hajar avg speed 120kph. Ini yg kefoto cuma trip selama 3 jam nya nih. Trip sblmnya kehapus krn MID auto reset setiap isi bensin. Wuenak pol di 35psi.

No pic = hoax 😅
IMG_7768.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: Mon Jun 24, 2024 14:26
ChZ wrote: Mon Jun 24, 2024 5:24
Suryaputra wrote: Mon Jun 24, 2024 5:20
Gpp aman bro :big_weee:

Kan maximal 51 psi biasanya klo pasenger tyres.

Kurang tekanan lbh bahaya, sidewall bisa ngelipet pas hajar ranjau, dan sobek, duarr!!

Klo pegel ya modal masas paling brp :mky_03:

Ban pecah, hati dan dompet sakit, blm lagi biaya derek dan resiko celaka :upss:
masas jg sekarang ga murah :big_weee: lagian masa liburan abis waktu di masas

ya selama ini si pake di bawah 32 lari sgitu aman aman aja.

yg kejadian begitu juga berapa paling lg apes aja kali. mo kasih tinggi2 jg rasanya ban kaga ngegrip yang ada lbh bahaya.

4 psi di atas tekanan std itu gede loh wong beda 2 psi aja berasa.

pan gak ada yang nyaranin pake tekanan 25 psi buat lari di transJ juga. 30-32 udah pas lah.
Ngomong2 ban ga ngegrip, kebetulan semua mobil saya diisi 35psi rata depan blkg kiri kanan. Emang rasanya lbh gerobak sih, tapi feel amannya jauh lbh tenang. Di jalan tol jg jauh lbh berasa ngebut

Nah ngomong2 grip, kebetulan civic juga diisi full 35psi semua. Lagi road trip ke bandung, lanjut ke batu malang. Di bandung, nginep di daerah citra garden kisaran lembang punclut, jalanannya nanjak2, dan yg amit2 nya ada banyak banget poldur kecil nan tajam di komplek itu. Beh berasa banget tuh civic gripnya suka ngeloss tiap lewat poldur. Mungkin karena isi 35psi smua wkwkwk.

Tapi sepanjang dari bandung ke batu malang, hajar avg speed 120kph. Ini yg kefoto cuma trip selama 3 jam nya nih. Trip sblmnya kehapus krn MID auto reset setiap isi bensin. Wuenak pol di 35psi.

No pic = hoax 😅

IMG_7768.jpeg
Tekanan di pinggir pintunya brp mbah?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Mon Jun 24, 2024 12:52 CTR FL5
40 an psi di pinggir pintu :big_biglaugh:

Image
Bannya tipis
Ya ban tipis jalan 220kmh under inflate ancur jg :big_slap:

Pan kata ente di sini siapa ngajarin jalan segitu :upss: di sentul kalo gak dragrace jg jarang nyentuh segitu
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1159
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by iamwewe »

Suryaputra wrote: Mon Jun 24, 2024 14:30
iamwewe wrote: Mon Jun 24, 2024 14:26
ChZ wrote: Mon Jun 24, 2024 5:24

masas jg sekarang ga murah :big_weee: lagian masa liburan abis waktu di masas

ya selama ini si pake di bawah 32 lari sgitu aman aman aja.

yg kejadian begitu juga berapa paling lg apes aja kali. mo kasih tinggi2 jg rasanya ban kaga ngegrip yang ada lbh bahaya.

4 psi di atas tekanan std itu gede loh wong beda 2 psi aja berasa.

pan gak ada yang nyaranin pake tekanan 25 psi buat lari di transJ juga. 30-32 udah pas lah.
Ngomong2 ban ga ngegrip, kebetulan semua mobil saya diisi 35psi rata depan blkg kiri kanan. Emang rasanya lbh gerobak sih, tapi feel amannya jauh lbh tenang. Di jalan tol jg jauh lbh berasa ngebut

Nah ngomong2 grip, kebetulan civic juga diisi full 35psi semua. Lagi road trip ke bandung, lanjut ke batu malang. Di bandung, nginep di daerah citra garden kisaran lembang punclut, jalanannya nanjak2, dan yg amit2 nya ada banyak banget poldur kecil nan tajam di komplek itu. Beh berasa banget tuh civic gripnya suka ngeloss tiap lewat poldur. Mungkin karena isi 35psi smua wkwkwk.

Tapi sepanjang dari bandung ke batu malang, hajar avg speed 120kph. Ini yg kefoto cuma trip selama 3 jam nya nih. Trip sblmnya kehapus krn MID auto reset setiap isi bensin. Wuenak pol di 35psi.

No pic = hoax 😅

IMG_7768.jpeg
Tekanan di pinggir pintunya brp mbah?
Ini om..

Sy ambil angka tertinggi nya aja 35psi udh rata....
IMG_7897.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 463
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by daimler »

azu wrote: Mon Jun 24, 2024 9:53 terkait dengan banyaknya kejadian pecah ban di jalan tol kalau menurut saya sih kemungkinan terjadinya itu karena tekanan angin yg terlalu rendah ya, umumnya sih karena underinflate ketika lewat jalan yg kurang rata (seperti sambungan beton jalan tol atau sambungan jembatan) dan saat ban menekan ke jalan itu sidewallnya ada yg tertekan sampai menyentuh permukaan jalan dan jadinya pecah itu ban :mky_01:

sharing aja sih, baru kemarin pas saya mau rotasi ban di tempat isi nitrogen SPBU (karena ga punya dongkrak yg gede :mky_01: ) ada yg pakai mobil Jazz GK tambah angin, pas saya lihat tekanan awal sebelum isi itu antara 19-21 psi aja :big_chicken:

diperparah ban kiri depan juga sudah ada benjol yg lumayan besar, untung petugasnya mengingatkan ke yg punya mobil untuk ganti ban itu. padahal bannya itu Turanza T005 yg terhitung badak sidewallnya :mky_01:

disini sih menurut saya memang masih banyak pengguna kendaraan yg kurang paham pentingnya menjaga tekanan angin ban ya :mky_01:

-cut-
ane dulu request rotasi ban ke isi nitrogen SPBU kok gak bisa ya, kalo diliat2 emg cm ada dongkrak 1 ama jack stand yg terliat 2 dan ga ada impact jg. walhasil ke toko ban terdekat buat rotasi ban, pake impact sama car lift jg ngerjainnya gak lama.
btw ga hanya di wakanda sih soal jaga tekanan ban, kayanya hampir di seluruh dunia begitu. di wakanda cm diperparah dgn jalan yg jerawatan kalo di luar negeri jalannya mulus2 ya lebih friendly buat ban jdnya. emg org yg bener2 care sama mobilnya merhatiin perawatan salah satunya monitor rutin tekanan angin bannya :big_grin:
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by azu »

daimler wrote: Tue Jun 25, 2024 1:23
azu wrote: Mon Jun 24, 2024 9:53 terkait dengan banyaknya kejadian pecah ban di jalan tol kalau menurut saya sih kemungkinan terjadinya itu karena tekanan angin yg terlalu rendah ya, umumnya sih karena underinflate ketika lewat jalan yg kurang rata (seperti sambungan beton jalan tol atau sambungan jembatan) dan saat ban menekan ke jalan itu sidewallnya ada yg tertekan sampai menyentuh permukaan jalan dan jadinya pecah itu ban :mky_01:

sharing aja sih, baru kemarin pas saya mau rotasi ban di tempat isi nitrogen SPBU (karena ga punya dongkrak yg gede :mky_01: ) ada yg pakai mobil Jazz GK tambah angin, pas saya lihat tekanan awal sebelum isi itu antara 19-21 psi aja :big_chicken:

diperparah ban kiri depan juga sudah ada benjol yg lumayan besar, untung petugasnya mengingatkan ke yg punya mobil untuk ganti ban itu. padahal bannya itu Turanza T005 yg terhitung badak sidewallnya :mky_01:

disini sih menurut saya memang masih banyak pengguna kendaraan yg kurang paham pentingnya menjaga tekanan angin ban ya :mky_01:

-cut-
ane dulu request rotasi ban ke isi nitrogen SPBU kok gak bisa ya, kalo diliat2 emg cm ada dongkrak 1 ama jack stand yg terliat 2 dan ga ada impact jg. walhasil ke toko ban terdekat buat rotasi ban, pake impact sama car lift jg ngerjainnya gak lama.
btw ga hanya di wakanda sih soal jaga tekanan ban, kayanya hampir di seluruh dunia begitu. di wakanda cm diperparah dgn jalan yg jerawatan kalo di luar negeri jalannya mulus2 ya lebih friendly buat ban jdnya. emg org yg bener2 care sama mobilnya merhatiin perawatan salah satunya monitor rutin tekanan angin bannya :big_grin:
Di deket rumah saya sih bisa om, dia pakai dongkrak buaya satu dan dongkrak lipat 1. Tapi akhirnya pinjem dongkrak lipat yg di mobil karena yg punya dia kurang tinggi angkatnya :big_biglaugh: jadi dia nyilang sih om dongkraknya makanya cukup dua dongkrak aja. Itu juga buka rodanya susah bgt gr2 di bengkel ban sebelumnya rapetin pakai impact, yakin itu over torque :big_slap:

akhirnya pas pasang baut bannya lagi saya minta kencenginnya pakai kunci roda bawaan mobil saja biar tidak overtorque. Bahaya juga kalau di darurat saya ga bisa buka rodanya gara2 kekencengan itu masang bautnya.

Pas mau bayar dibilangnya terserah, yaudah saya kasih 50 aja :mky_01:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
gboooster
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Mon May 17, 2021 7:59
Location: Surabaya
Daily Vehicle: GE8 RS AT - All New HRV SE

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by gboooster »

sintoni wrote: Mon Jun 24, 2024 7:45 Ini emang kalau ban asimetris boleh dibalik ya inside sama outsidenya?

Alasannya biar buang airnya terbalik biar ga kotor. Bener emang bs gitu?
setau saya pola asimetris bertujuan meningkatkan handling khususnya saat cornering.
Selain itu ban yang punya cipratan/buangan air yang banyak artinya punya kemampuan meminimalkan potensi aquaplanning yang baik. Kalau buangan air diarahkan ke dalam, nanti malah banyak lumpur dan kotoran ngendap di kolong dan sektor kaki-kaki, malah potensi karat kalau jarang dibersihkan.

kalau dibalik, kedua fungsi tersebut mungkin tidak optimal :big_think:
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 463
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by daimler »

azu wrote: Tue Jun 25, 2024 2:15 -cut-

Di deket rumah saya sih bisa om, dia pakai dongkrak buaya satu dan dongkrak lipat 1. Tapi akhirnya pinjem dongkrak lipat yg di mobil karena yg punya dia kurang tinggi angkatnya :big_biglaugh: jadi dia nyilang sih om dongkraknya makanya cukup dua dongkrak aja. Itu juga buka rodanya susah bgt gr2 di bengkel ban sebelumnya rapetin pakai impact, yakin itu over torque :big_slap:

akhirnya pas pasang baut bannya lagi saya minta kencenginnya pakai kunci roda bawaan mobil saja biar tidak overtorque. Bahaya juga kalau di darurat saya ga bisa buka rodanya gara2 kekencengan itu masang bautnya.

Pas mau bayar dibilangnya terserah, yaudah saya kasih 50 aja :mky_01:
ane dulu bayar 45k, cm kalo sekarang2 ini ke bengkel c*rf*x bayar 50k buat rotasi cm ngencengin akhirnya pake torque wrench jd lebih ayem ga takut overtorque :frm_tumbleft:
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ChZ »

iamwewe wrote: Mon Jun 24, 2024 14:26 Ngomong2 ban ga ngegrip, kebetulan semua mobil saya diisi 35psi rata depan blkg kiri kanan. Emang rasanya lbh gerobak sih, tapi feel amannya jauh lbh tenang. Di jalan tol jg jauh lbh berasa ngebut

Nah ngomong2 grip, kebetulan civic juga diisi full 35psi semua. Lagi road trip ke bandung, lanjut ke batu malang. Di bandung, nginep di daerah citra garden kisaran lembang punclut, jalanannya nanjak2, dan yg amit2 nya ada banyak banget poldur kecil nan tajam di komplek itu. Beh berasa banget tuh civic gripnya suka ngeloss tiap lewat poldur. Mungkin karena isi 35psi smua wkwkwk.

Tapi sepanjang dari bandung ke batu malang, hajar avg speed 120kph. Ini yg kefoto cuma trip selama 3 jam nya nih. Trip sblmnya kehapus krn MID auto reset setiap isi bensin. Wuenak pol di 35psi.

No pic = hoax 😅

IMG_7768.jpeg
wkwkwk iya mbah makin gede tekanan angin makin kecil rolling resistance = makin irit. tapi ya itu ane ngerasa kalo di atas 33 setir melayang keentengan, malah jadi gak secure bawa mobilnya. ngeremnya juga makin susah :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: Tue Jun 25, 2024 1:02
Suryaputra wrote: Mon Jun 24, 2024 14:30
iamwewe wrote: Mon Jun 24, 2024 14:26

Ngomong2 ban ga ngegrip, kebetulan semua mobil saya diisi 35psi rata depan blkg kiri kanan. Emang rasanya lbh gerobak sih, tapi feel amannya jauh lbh tenang. Di jalan tol jg jauh lbh berasa ngebut

Nah ngomong2 grip, kebetulan civic juga diisi full 35psi semua. Lagi road trip ke bandung, lanjut ke batu malang. Di bandung, nginep di daerah citra garden kisaran lembang punclut, jalanannya nanjak2, dan yg amit2 nya ada banyak banget poldur kecil nan tajam di komplek itu. Beh berasa banget tuh civic gripnya suka ngeloss tiap lewat poldur. Mungkin karena isi 35psi smua wkwkwk.

Tapi sepanjang dari bandung ke batu malang, hajar avg speed 120kph. Ini yg kefoto cuma trip selama 3 jam nya nih. Trip sblmnya kehapus krn MID auto reset setiap isi bensin. Wuenak pol di 35psi.

No pic = hoax 😅

IMG_7768.jpeg
Tekanan di pinggir pintunya brp mbah?
Ini om..

Sy ambil angka tertinggi nya aja 35psi udh rata....

IMG_7897.jpeg
Iya bener itu ikutin ajah.

Klo tekanan ban belakang lbh rendah, memang krn distribusi bobotnya berat di depan, jd harus dibedakan.
apalagi ketika braking, itu makin besar lg bebannya.

Kecuali mobil Medium-Big MPV itu biasanya distribusi bobotnya relatif balance dalam kondisi kosong, walau FWD.

Karena makin tinggi speed = makin tinggi downforce = structure sidewall makin besar bebannya = diperkuat dgn tekanan ban wajib makin tinggi (tapi tetap di bawah batas maximal)

Klo mau nyaman,.. ya jalan aja max 100 kph dgn tekanan ban yg empuk... Klopun pecah ban, masih manageable dibantu stability control.

Benefit tekanan lebih tinggi, klo suka hi speed.

Intinya. Hidup itu harus memilih :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by darrelund »

Suryaputra wrote: Mon Jun 24, 2024 12:52
CTR FL5
40 an psi di pinggir pintu :big_biglaugh:

Image
Bannya tipis
klo ini pilih yg mana um? buat M2 mbah :big_smoking:

36 rata kli yah?
Screenshot 2024-06-25 at 11.03.41 AM.png
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: Tue Jun 25, 2024 4:05
Suryaputra wrote: Mon Jun 24, 2024 12:52
CTR FL5
40 an psi di pinggir pintu :big_biglaugh:

Image
Bannya tipis
klo ini pilih yg mana um? buat M2 mbah :big_smoking:

36 rata kli yah?

Screenshot 2024-06-25 at 11.03.41 AM.png
versi R16 nya oem yah?

klo R16 bisa mbah
tergantung kondisi beban penumpang yah.

klo jarang full load, i think, cukup mbah 36-38 psi depan, dan belakang 33-35 psi.
krn City car / sedan FWD tu rata2 berat di depan. wkwkwkw.

krn perhatikan aja, klo tekanan ban sama di city car fwd,
- biasanya roda depannya lbh ngedonat
- yg belakang lbh tegap

jd ban depan kudu lbh tinggi tekanannya dibanding belakang untuk citycar fwd, sesuai manual guide.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by darrelund »

Suryaputra wrote: Tue Jun 25, 2024 4:11
versi R16 nya oem yah?

klo R16 bisa mbah
tergantung kondisi beban penumpang yah.

klo jarang full load, i think, cukup mbah 36-38 psi depan, dan belakang 33-35 psi.
krn City car / sedan FWD tu rata2 berat di depan. wkwkwkw.

R16 upsize mbah

195/55
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: Tue Jun 25, 2024 4:37
Suryaputra wrote: Tue Jun 25, 2024 4:11
versi R16 nya oem yah?

klo R16 bisa mbah
tergantung kondisi beban penumpang yah.

klo jarang full load, i think, cukup mbah 36-38 psi depan, dan belakang 33-35 psi.
krn City car / sedan FWD tu rata2 berat di depan. wkwkwkw.

R16 upsize mbah

195/55
cukup mbah 36-37 depan, 33-34 belakang

iseng ngulik2 sini, https://tiresize.com/pressure-calculator/
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by azu »

darrelund wrote: Tue Jun 25, 2024 4:05
Suryaputra wrote: Mon Jun 24, 2024 12:52
CTR FL5
40 an psi di pinggir pintu :big_biglaugh:

Image
Bannya tipis
klo ini pilih yg mana um? buat M2 mbah :big_smoking:

36 rata kli yah?

Screenshot 2024-06-25 at 11.03.41 AM.png
OOT, itu kalau full load ban belakangnya sampai 48psi :big_chicken:

Kalau ban yg kepasang di mobil saya, tekanan maksimalnya 51psi, tipis bgt dari 48 ke 51:big_biglaugh: beda kali ya itu tekanan maksimum bannya
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by darrelund »

azu wrote: Tue Jun 25, 2024 6:14
OOT, itu kalau full load ban belakangnya sampai 48psi :big_chicken:

Kalau ban yg kepasang di mobil saya, tekanan maksimalnya 51psi, tipis bgt dari 48 ke 51:big_biglaugh: beda kali ya itu tekanan maksimum bannya
iya mbah 48 tuh kondisi full penumpang & bagasi, emg serem :big_biglaugh:
Suryaputra wrote: Tue Jun 25, 2024 5:54
cukup mbah 36-37 depan, 33-34 belakang

iseng ngulik2 sini, https://tiresize.com/pressure-calculator/
pan lalu pernah oe coba ratain 33 semua, emg kerasanya lebih netral si mbah, lebi diem mobilnya. cuma ya ga se responsip klo depannya 36 :big_biglaugh:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1159
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by iamwewe »

Suryaputra wrote: Tue Jun 25, 2024 3:26
iamwewe wrote: Tue Jun 25, 2024 1:02
Suryaputra wrote: Mon Jun 24, 2024 14:30
Tekanan di pinggir pintunya brp mbah?
Ini om..

Sy ambil angka tertinggi nya aja 35psi udh rata....

IMG_7897.jpeg
Iya bener itu ikutin ajah.

Klo tekanan ban belakang lbh rendah, memang krn distribusi bobotnya berat di depan, jd harus dibedakan.
apalagi ketika braking, itu makin besar lg bebannya.

Kecuali mobil Medium-Big MPV itu biasanya distribusi bobotnya relatif balance dalam kondisi kosong, walau FWD.

Karena makin tinggi speed = makin tinggi downforce = structure sidewall makin besar bebannya = diperkuat dgn tekanan ban wajib makin tinggi (tapi tetap di bawah batas maximal)

Klo mau nyaman,.. ya jalan aja max 100 kph dgn tekanan ban yg empuk... Klopun pecah ban, masih manageable dibantu stability control.

Benefit tekanan lebih tinggi, klo suka hi speed.

Intinya. Hidup itu harus memilih :mky_03:
Kalo mau max 100 aja banyak om mobil lebih proper dari civic.... rugi banget beli civic max 100 wkwkwk
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: Tue Jun 25, 2024 9:37
Suryaputra wrote: Tue Jun 25, 2024 3:26
iamwewe wrote: Tue Jun 25, 2024 1:02

Ini om..

Sy ambil angka tertinggi nya aja 35psi udh rata....

IMG_7897.jpeg
Iya bener itu ikutin ajah.

Klo tekanan ban belakang lbh rendah, memang krn distribusi bobotnya berat di depan, jd harus dibedakan.
apalagi ketika braking, itu makin besar lg bebannya.

Kecuali mobil Medium-Big MPV itu biasanya distribusi bobotnya relatif balance dalam kondisi kosong, walau FWD.

Karena makin tinggi speed = makin tinggi downforce = structure sidewall makin besar bebannya = diperkuat dgn tekanan ban wajib makin tinggi (tapi tetap di bawah batas maximal)

Klo mau nyaman,.. ya jalan aja max 100 kph dgn tekanan ban yg empuk... Klopun pecah ban, masih manageable dibantu stability control.

Benefit tekanan lebih tinggi, klo suka hi speed.

Intinya. Hidup itu harus memilih :mky_03:
Kalo mau max 100 aja banyak om mobil lebih proper dari civic.... rugi banget beli civic max 100 wkwkwk
yah gtu lah pointnya.

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

konteksnya bicara safety ya nurut ajah emang sm guidance, drpd bernasib spt CX5 tsb.

Soal nyawa memang udh takdir, tp klo kecelakaan dan faktor lain, bisa usaha dan doa untuk dihindari yaa.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: Tue Jun 25, 2024 9:30
azu wrote: Tue Jun 25, 2024 6:14
OOT, itu kalau full load ban belakangnya sampai 48psi :big_chicken:

Kalau ban yg kepasang di mobil saya, tekanan maksimalnya 51psi, tipis bgt dari 48 ke 51:big_biglaugh: beda kali ya itu tekanan maksimum bannya
iya mbah 48 tuh kondisi full penumpang & bagasi, emg serem :big_biglaugh:
Suryaputra wrote: Tue Jun 25, 2024 5:54
cukup mbah 36-37 depan, 33-34 belakang

iseng ngulik2 sini, https://tiresize.com/pressure-calculator/
pan lalu pernah oe coba ratain 33 semua, emg kerasanya lebih netral si mbah, lebi diem mobilnya. cuma ya ga se responsip klo depannya 36 :big_biglaugh:
nah ini dia yg bnyk misleading.

justru malah tekanan lbh keras ini (sesuai guidance) malah lbh safety,
ketika harus manuver dgn kondisi spt ini 👇👇

Image

sidewallnya sampai ngeflex gtu.

klo masalah pinggang pegel, coba cek asam urat deh :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ilhami »

tekanan ban kurang, tapi muatan berlebih.
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1604
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by t105erd »

iamwewe wrote: Mon Jun 24, 2024 14:26
ChZ wrote: Mon Jun 24, 2024 5:24
Suryaputra wrote: Mon Jun 24, 2024 5:20
Gpp aman bro :big_weee:

Kan maximal 51 psi biasanya klo pasenger tyres.

Kurang tekanan lbh bahaya, sidewall bisa ngelipet pas hajar ranjau, dan sobek, duarr!!

Klo pegel ya modal masas paling brp :mky_03:

Ban pecah, hati dan dompet sakit, blm lagi biaya derek dan resiko celaka :upss:
masas jg sekarang ga murah :big_weee: lagian masa liburan abis waktu di masas

ya selama ini si pake di bawah 32 lari sgitu aman aman aja.

yg kejadian begitu juga berapa paling lg apes aja kali. mo kasih tinggi2 jg rasanya ban kaga ngegrip yang ada lbh bahaya.

4 psi di atas tekanan std itu gede loh wong beda 2 psi aja berasa.

pan gak ada yang nyaranin pake tekanan 25 psi buat lari di transJ juga. 30-32 udah pas lah.
Ngomong2 ban ga ngegrip, kebetulan semua mobil saya diisi 35psi rata depan blkg kiri kanan. Emang rasanya lbh gerobak sih, tapi feel amannya jauh lbh tenang. Di jalan tol jg jauh lbh berasa ngebut

Nah ngomong2 grip, kebetulan civic juga diisi full 35psi semua. Lagi road trip ke bandung, lanjut ke batu malang. Di bandung, nginep di daerah citra garden kisaran lembang punclut, jalanannya nanjak2, dan yg amit2 nya ada banyak banget poldur kecil nan tajam di komplek itu. Beh berasa banget tuh civic gripnya suka ngeloss tiap lewat poldur. Mungkin karena isi 35psi smua wkwkwk.

Tapi sepanjang dari bandung ke batu malang, hajar avg speed 120kph. Ini yg kefoto cuma trip selama 3 jam nya nih. Trip sblmnya kehapus krn MID auto reset setiap isi bensin. Wuenak pol di 35psi.

No pic = hoax 😅

IMG_7768.jpeg
Punclut itu jalur “kampret”, saya turun dari lembang di arahin lewat sana sama tukang parkir yg orang asli sana, wah ternyta jalanya lumayan eskrim, untung saya yg jalur turun, apakabar yg jalur naik terus macet bawa manual, penumpang saya aja sepanjang jalan doa mulu.
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1159
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by iamwewe »

t105erd wrote: Tue Jun 25, 2024 13:09
iamwewe wrote: Mon Jun 24, 2024 14:26
ChZ wrote: Mon Jun 24, 2024 5:24

masas jg sekarang ga murah :big_weee: lagian masa liburan abis waktu di masas

ya selama ini si pake di bawah 32 lari sgitu aman aman aja.

yg kejadian begitu juga berapa paling lg apes aja kali. mo kasih tinggi2 jg rasanya ban kaga ngegrip yang ada lbh bahaya.

4 psi di atas tekanan std itu gede loh wong beda 2 psi aja berasa.

pan gak ada yang nyaranin pake tekanan 25 psi buat lari di transJ juga. 30-32 udah pas lah.
Ngomong2 ban ga ngegrip, kebetulan semua mobil saya diisi 35psi rata depan blkg kiri kanan. Emang rasanya lbh gerobak sih, tapi feel amannya jauh lbh tenang. Di jalan tol jg jauh lbh berasa ngebut

Nah ngomong2 grip, kebetulan civic juga diisi full 35psi semua. Lagi road trip ke bandung, lanjut ke batu malang. Di bandung, nginep di daerah citra garden kisaran lembang punclut, jalanannya nanjak2, dan yg amit2 nya ada banyak banget poldur kecil nan tajam di komplek itu. Beh berasa banget tuh civic gripnya suka ngeloss tiap lewat poldur. Mungkin karena isi 35psi smua wkwkwk.

Tapi sepanjang dari bandung ke batu malang, hajar avg speed 120kph. Ini yg kefoto cuma trip selama 3 jam nya nih. Trip sblmnya kehapus krn MID auto reset setiap isi bensin. Wuenak pol di 35psi.

No pic = hoax 😅

IMG_7768.jpeg
Punclut itu jalur “kampret”, saya turun dari lembang di arahin lewat sana sama tukang parkir yg orang asli sana, wah ternyta jalanya lumayan eskrim, untung saya yg jalur turun, apakabar yg jalur naik terus macet bawa manual, penumpang saya aja sepanjang jalan doa mulu.
Tapi punclut banyak tempat wisatanya om. Daerah sarae hills sana. Bagus2 lagi view nya dan bonus hawa adem nya itu. Buat saya org jakarta yg tiap hari iqAIR nya merah terus, healing itu paru2 saya wkwkwkw

Cuma gk tahan yg itu tuh jalanan yg perumahan cit** gard** kalo dari arah punclut mau turun lewat sana, sering di portal jadi ajang pungli. Saya mau lapor om gubernur SM suryaputera lah biar pada ditindak hahaha