Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
terkait dengan banyaknya kejadian pecah ban di jalan tol kalau menurut saya sih kemungkinan terjadinya itu karena tekanan angin yg terlalu rendah ya, umumnya sih karena underinflate ketika lewat jalan yg kurang rata (seperti sambungan beton jalan tol atau sambungan jembatan) dan saat ban menekan ke jalan itu sidewallnya ada yg tertekan sampai menyentuh permukaan jalan dan jadinya pecah itu ban
sharing aja sih, baru kemarin pas saya mau rotasi ban di tempat isi nitrogen SPBU (karena ga punya dongkrak yg gede ) ada yg pakai mobil Jazz GK tambah angin, pas saya lihat tekanan awal sebelum isi itu antara 19-21 psi aja
diperparah ban kiri depan juga sudah ada benjol yg lumayan besar, untung petugasnya mengingatkan ke yg punya mobil untuk ganti ban itu. padahal bannya itu Turanza T005 yg terhitung badak sidewallnya
disini sih menurut saya memang masih banyak pengguna kendaraan yg kurang paham pentingnya menjaga tekanan angin ban ya
sintoni wrote: Mon Jun 24, 2024 7:45
Ini emang kalau ban asimetris boleh dibalik ya inside sama outsidenya?
kalau menurut pendapat saya sih kalau terbalik begitu bukannya justru menyulitkan proses membuang air dari permukaan ban dan meningkatkan kemungkinan terjadinya aquaplanning ya
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli. Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
azu wrote: Mon Jun 24, 2024 9:53
sharing aja sih, baru kemarin pas saya mau rotasi ban di tempat isi nitrogen SPBU (karena ga punya dongkrak yg gede ) ada yg pakai mobil Jazz GK tambah angin, pas saya lihat tekanan awal sebelum isi itu antara 19-21 psi aja
Ples ga banyak yang tau kalo tekanan full load dan no load itu beda. Bayangin angin 25 mungkin dipaksa bawa 7 penumpang+barang, mobilnya avanza yang kurus bannya, ketemu aspal toll transJ ya ancur liat tipikal kawan kawan kita mudik jujur agak serem.
Buat saya toleransinya 5% dari petunjuk. Tinggal prefer nyaman atau rada keras. Kalo di pintu minta 30, -3psi atau +3psi udah berasa bgt ntah terlalu lembek atau terlalu keras.
azu wrote: Mon Jun 24, 2024 9:53
sharing aja sih, baru kemarin pas saya mau rotasi ban di tempat isi nitrogen SPBU (karena ga punya dongkrak yg gede ) ada yg pakai mobil Jazz GK tambah angin, pas saya lihat tekanan awal sebelum isi itu antara 19-21 psi aja
Ples ga banyak yang tau kalo tekanan full load dan no load itu beda. Bayangin angin 25 mungkin dipaksa bawa 7 penumpang+barang, mobilnya avanza yang kurus bannya, ketemu aspal toll transJ ya ancur liat tipikal kawan kawan kita mudik jujur agak serem.
Buat saya toleransinya 5% dari petunjuk. Tinggal prefer nyaman atau rada keras. Kalo di pintu minta 30, -3psi atau +3psi udah berasa bgt ntah terlalu lembek atau terlalu keras.
CTR FL5
40 an psi di pinggir pintu
Bannya tipis
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Mon Jun 24, 2024 5:20
Gpp aman bro
Kan maximal 51 psi biasanya klo pasenger tyres.
Kurang tekanan lbh bahaya, sidewall bisa ngelipet pas hajar ranjau, dan sobek, duarr!!
Klo pegel ya modal masas paling brp
Ban pecah, hati dan dompet sakit, blm lagi biaya derek dan resiko celaka
masas jg sekarang ga murah lagian masa liburan abis waktu di masas
ya selama ini si pake di bawah 32 lari sgitu aman aman aja.
yg kejadian begitu juga berapa paling lg apes aja kali. mo kasih tinggi2 jg rasanya ban kaga ngegrip yang ada lbh bahaya.
4 psi di atas tekanan std itu gede loh wong beda 2 psi aja berasa.
pan gak ada yang nyaranin pake tekanan 25 psi buat lari di transJ juga. 30-32 udah pas lah.
Ngomong2 ban ga ngegrip, kebetulan semua mobil saya diisi 35psi rata depan blkg kiri kanan. Emang rasanya lbh gerobak sih, tapi feel amannya jauh lbh tenang. Di jalan tol jg jauh lbh berasa ngebut
Nah ngomong2 grip, kebetulan civic juga diisi full 35psi semua. Lagi road trip ke bandung, lanjut ke batu malang. Di bandung, nginep di daerah citra garden kisaran lembang punclut, jalanannya nanjak2, dan yg amit2 nya ada banyak banget poldur kecil nan tajam di komplek itu. Beh berasa banget tuh civic gripnya suka ngeloss tiap lewat poldur. Mungkin karena isi 35psi smua wkwkwk.
Tapi sepanjang dari bandung ke batu malang, hajar avg speed 120kph. Ini yg kefoto cuma trip selama 3 jam nya nih. Trip sblmnya kehapus krn MID auto reset setiap isi bensin. Wuenak pol di 35psi.
No pic = hoax
IMG_7768.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra wrote: Mon Jun 24, 2024 5:20
Gpp aman bro
Kan maximal 51 psi biasanya klo pasenger tyres.
Kurang tekanan lbh bahaya, sidewall bisa ngelipet pas hajar ranjau, dan sobek, duarr!!
Klo pegel ya modal masas paling brp
Ban pecah, hati dan dompet sakit, blm lagi biaya derek dan resiko celaka
masas jg sekarang ga murah lagian masa liburan abis waktu di masas
ya selama ini si pake di bawah 32 lari sgitu aman aman aja.
yg kejadian begitu juga berapa paling lg apes aja kali. mo kasih tinggi2 jg rasanya ban kaga ngegrip yang ada lbh bahaya.
4 psi di atas tekanan std itu gede loh wong beda 2 psi aja berasa.
pan gak ada yang nyaranin pake tekanan 25 psi buat lari di transJ juga. 30-32 udah pas lah.
Ngomong2 ban ga ngegrip, kebetulan semua mobil saya diisi 35psi rata depan blkg kiri kanan. Emang rasanya lbh gerobak sih, tapi feel amannya jauh lbh tenang. Di jalan tol jg jauh lbh berasa ngebut
Nah ngomong2 grip, kebetulan civic juga diisi full 35psi semua. Lagi road trip ke bandung, lanjut ke batu malang. Di bandung, nginep di daerah citra garden kisaran lembang punclut, jalanannya nanjak2, dan yg amit2 nya ada banyak banget poldur kecil nan tajam di komplek itu. Beh berasa banget tuh civic gripnya suka ngeloss tiap lewat poldur. Mungkin karena isi 35psi smua wkwkwk.
Tapi sepanjang dari bandung ke batu malang, hajar avg speed 120kph. Ini yg kefoto cuma trip selama 3 jam nya nih. Trip sblmnya kehapus krn MID auto reset setiap isi bensin. Wuenak pol di 35psi.
No pic = hoax
IMG_7768.jpeg
Tekanan di pinggir pintunya brp mbah?
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
masas jg sekarang ga murah lagian masa liburan abis waktu di masas
ya selama ini si pake di bawah 32 lari sgitu aman aman aja.
yg kejadian begitu juga berapa paling lg apes aja kali. mo kasih tinggi2 jg rasanya ban kaga ngegrip yang ada lbh bahaya.
4 psi di atas tekanan std itu gede loh wong beda 2 psi aja berasa.
pan gak ada yang nyaranin pake tekanan 25 psi buat lari di transJ juga. 30-32 udah pas lah.
Ngomong2 ban ga ngegrip, kebetulan semua mobil saya diisi 35psi rata depan blkg kiri kanan. Emang rasanya lbh gerobak sih, tapi feel amannya jauh lbh tenang. Di jalan tol jg jauh lbh berasa ngebut
Nah ngomong2 grip, kebetulan civic juga diisi full 35psi semua. Lagi road trip ke bandung, lanjut ke batu malang. Di bandung, nginep di daerah citra garden kisaran lembang punclut, jalanannya nanjak2, dan yg amit2 nya ada banyak banget poldur kecil nan tajam di komplek itu. Beh berasa banget tuh civic gripnya suka ngeloss tiap lewat poldur. Mungkin karena isi 35psi smua wkwkwk.
Tapi sepanjang dari bandung ke batu malang, hajar avg speed 120kph. Ini yg kefoto cuma trip selama 3 jam nya nih. Trip sblmnya kehapus krn MID auto reset setiap isi bensin. Wuenak pol di 35psi.
No pic = hoax
IMG_7768.jpeg
Tekanan di pinggir pintunya brp mbah?
Ini om..
Sy ambil angka tertinggi nya aja 35psi udh rata....
IMG_7897.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
azu wrote: Mon Jun 24, 2024 9:53
terkait dengan banyaknya kejadian pecah ban di jalan tol kalau menurut saya sih kemungkinan terjadinya itu karena tekanan angin yg terlalu rendah ya, umumnya sih karena underinflate ketika lewat jalan yg kurang rata (seperti sambungan beton jalan tol atau sambungan jembatan) dan saat ban menekan ke jalan itu sidewallnya ada yg tertekan sampai menyentuh permukaan jalan dan jadinya pecah itu ban
sharing aja sih, baru kemarin pas saya mau rotasi ban di tempat isi nitrogen SPBU (karena ga punya dongkrak yg gede ) ada yg pakai mobil Jazz GK tambah angin, pas saya lihat tekanan awal sebelum isi itu antara 19-21 psi aja
diperparah ban kiri depan juga sudah ada benjol yg lumayan besar, untung petugasnya mengingatkan ke yg punya mobil untuk ganti ban itu. padahal bannya itu Turanza T005 yg terhitung badak sidewallnya
disini sih menurut saya memang masih banyak pengguna kendaraan yg kurang paham pentingnya menjaga tekanan angin ban ya
-cut-
ane dulu request rotasi ban ke isi nitrogen SPBU kok gak bisa ya, kalo diliat2 emg cm ada dongkrak 1 ama jack stand yg terliat 2 dan ga ada impact jg. walhasil ke toko ban terdekat buat rotasi ban, pake impact sama car lift jg ngerjainnya gak lama.
btw ga hanya di wakanda sih soal jaga tekanan ban, kayanya hampir di seluruh dunia begitu. di wakanda cm diperparah dgn jalan yg jerawatan kalo di luar negeri jalannya mulus2 ya lebih friendly buat ban jdnya. emg org yg bener2 care sama mobilnya merhatiin perawatan salah satunya monitor rutin tekanan angin bannya
azu wrote: Mon Jun 24, 2024 9:53
terkait dengan banyaknya kejadian pecah ban di jalan tol kalau menurut saya sih kemungkinan terjadinya itu karena tekanan angin yg terlalu rendah ya, umumnya sih karena underinflate ketika lewat jalan yg kurang rata (seperti sambungan beton jalan tol atau sambungan jembatan) dan saat ban menekan ke jalan itu sidewallnya ada yg tertekan sampai menyentuh permukaan jalan dan jadinya pecah itu ban
sharing aja sih, baru kemarin pas saya mau rotasi ban di tempat isi nitrogen SPBU (karena ga punya dongkrak yg gede ) ada yg pakai mobil Jazz GK tambah angin, pas saya lihat tekanan awal sebelum isi itu antara 19-21 psi aja
diperparah ban kiri depan juga sudah ada benjol yg lumayan besar, untung petugasnya mengingatkan ke yg punya mobil untuk ganti ban itu. padahal bannya itu Turanza T005 yg terhitung badak sidewallnya
disini sih menurut saya memang masih banyak pengguna kendaraan yg kurang paham pentingnya menjaga tekanan angin ban ya
-cut-
ane dulu request rotasi ban ke isi nitrogen SPBU kok gak bisa ya, kalo diliat2 emg cm ada dongkrak 1 ama jack stand yg terliat 2 dan ga ada impact jg. walhasil ke toko ban terdekat buat rotasi ban, pake impact sama car lift jg ngerjainnya gak lama.
btw ga hanya di wakanda sih soal jaga tekanan ban, kayanya hampir di seluruh dunia begitu. di wakanda cm diperparah dgn jalan yg jerawatan kalo di luar negeri jalannya mulus2 ya lebih friendly buat ban jdnya. emg org yg bener2 care sama mobilnya merhatiin perawatan salah satunya monitor rutin tekanan angin bannya
Di deket rumah saya sih bisa om, dia pakai dongkrak buaya satu dan dongkrak lipat 1. Tapi akhirnya pinjem dongkrak lipat yg di mobil karena yg punya dia kurang tinggi angkatnya jadi dia nyilang sih om dongkraknya makanya cukup dua dongkrak aja. Itu juga buka rodanya susah bgt gr2 di bengkel ban sebelumnya rapetin pakai impact, yakin itu over torque
akhirnya pas pasang baut bannya lagi saya minta kencenginnya pakai kunci roda bawaan mobil saja biar tidak overtorque. Bahaya juga kalau di darurat saya ga bisa buka rodanya gara2 kekencengan itu masang bautnya.
Pas mau bayar dibilangnya terserah, yaudah saya kasih 50 aja
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli. Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
setau saya pola asimetris bertujuan meningkatkan handling khususnya saat cornering.
Selain itu ban yang punya cipratan/buangan air yang banyak artinya punya kemampuan meminimalkan potensi aquaplanning yang baik. Kalau buangan air diarahkan ke dalam, nanti malah banyak lumpur dan kotoran ngendap di kolong dan sektor kaki-kaki, malah potensi karat kalau jarang dibersihkan.
kalau dibalik, kedua fungsi tersebut mungkin tidak optimal
Di deket rumah saya sih bisa om, dia pakai dongkrak buaya satu dan dongkrak lipat 1. Tapi akhirnya pinjem dongkrak lipat yg di mobil karena yg punya dia kurang tinggi angkatnya jadi dia nyilang sih om dongkraknya makanya cukup dua dongkrak aja. Itu juga buka rodanya susah bgt gr2 di bengkel ban sebelumnya rapetin pakai impact, yakin itu over torque
akhirnya pas pasang baut bannya lagi saya minta kencenginnya pakai kunci roda bawaan mobil saja biar tidak overtorque. Bahaya juga kalau di darurat saya ga bisa buka rodanya gara2 kekencengan itu masang bautnya.
Pas mau bayar dibilangnya terserah, yaudah saya kasih 50 aja
ane dulu bayar 45k, cm kalo sekarang2 ini ke bengkel c*rf*x bayar 50k buat rotasi cm ngencengin akhirnya pake torque wrench jd lebih ayem ga takut overtorque
iamwewe wrote: Mon Jun 24, 2024 14:26
Ngomong2 ban ga ngegrip, kebetulan semua mobil saya diisi 35psi rata depan blkg kiri kanan. Emang rasanya lbh gerobak sih, tapi feel amannya jauh lbh tenang. Di jalan tol jg jauh lbh berasa ngebut
Nah ngomong2 grip, kebetulan civic juga diisi full 35psi semua. Lagi road trip ke bandung, lanjut ke batu malang. Di bandung, nginep di daerah citra garden kisaran lembang punclut, jalanannya nanjak2, dan yg amit2 nya ada banyak banget poldur kecil nan tajam di komplek itu. Beh berasa banget tuh civic gripnya suka ngeloss tiap lewat poldur. Mungkin karena isi 35psi smua wkwkwk.
Tapi sepanjang dari bandung ke batu malang, hajar avg speed 120kph. Ini yg kefoto cuma trip selama 3 jam nya nih. Trip sblmnya kehapus krn MID auto reset setiap isi bensin. Wuenak pol di 35psi.
No pic = hoax
IMG_7768.jpeg
wkwkwk iya mbah makin gede tekanan angin makin kecil rolling resistance = makin irit. tapi ya itu ane ngerasa kalo di atas 33 setir melayang keentengan, malah jadi gak secure bawa mobilnya. ngeremnya juga makin susah
Ngomong2 ban ga ngegrip, kebetulan semua mobil saya diisi 35psi rata depan blkg kiri kanan. Emang rasanya lbh gerobak sih, tapi feel amannya jauh lbh tenang. Di jalan tol jg jauh lbh berasa ngebut
Nah ngomong2 grip, kebetulan civic juga diisi full 35psi semua. Lagi road trip ke bandung, lanjut ke batu malang. Di bandung, nginep di daerah citra garden kisaran lembang punclut, jalanannya nanjak2, dan yg amit2 nya ada banyak banget poldur kecil nan tajam di komplek itu. Beh berasa banget tuh civic gripnya suka ngeloss tiap lewat poldur. Mungkin karena isi 35psi smua wkwkwk.
Tapi sepanjang dari bandung ke batu malang, hajar avg speed 120kph. Ini yg kefoto cuma trip selama 3 jam nya nih. Trip sblmnya kehapus krn MID auto reset setiap isi bensin. Wuenak pol di 35psi.
No pic = hoax
IMG_7768.jpeg
Tekanan di pinggir pintunya brp mbah?
Ini om..
Sy ambil angka tertinggi nya aja 35psi udh rata....
IMG_7897.jpeg
Iya bener itu ikutin ajah.
Klo tekanan ban belakang lbh rendah, memang krn distribusi bobotnya berat di depan, jd harus dibedakan.
apalagi ketika braking, itu makin besar lg bebannya.
Kecuali mobil Medium-Big MPV itu biasanya distribusi bobotnya relatif balance dalam kondisi kosong, walau FWD.
Karena makin tinggi speed = makin tinggi downforce = structure sidewall makin besar bebannya = diperkuat dgn tekanan ban wajib makin tinggi (tapi tetap di bawah batas maximal)
Klo mau nyaman,.. ya jalan aja max 100 kph dgn tekanan ban yg empuk... Klopun pecah ban, masih manageable dibantu stability control.
Benefit tekanan lebih tinggi, klo suka hi speed.
Intinya. Hidup itu harus memilih
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Mon Jun 24, 2024 14:30
Tekanan di pinggir pintunya brp mbah?
Ini om..
Sy ambil angka tertinggi nya aja 35psi udh rata....
IMG_7897.jpeg
Iya bener itu ikutin ajah.
Klo tekanan ban belakang lbh rendah, memang krn distribusi bobotnya berat di depan, jd harus dibedakan.
apalagi ketika braking, itu makin besar lg bebannya.
Kecuali mobil Medium-Big MPV itu biasanya distribusi bobotnya relatif balance dalam kondisi kosong, walau FWD.
Karena makin tinggi speed = makin tinggi downforce = structure sidewall makin besar bebannya = diperkuat dgn tekanan ban wajib makin tinggi (tapi tetap di bawah batas maximal)
Klo mau nyaman,.. ya jalan aja max 100 kph dgn tekanan ban yg empuk... Klopun pecah ban, masih manageable dibantu stability control.
Benefit tekanan lebih tinggi, klo suka hi speed.
Intinya. Hidup itu harus memilih
Kalo mau max 100 aja banyak om mobil lebih proper dari civic.... rugi banget beli civic max 100 wkwkwk
Sy ambil angka tertinggi nya aja 35psi udh rata....
IMG_7897.jpeg
Iya bener itu ikutin ajah.
Klo tekanan ban belakang lbh rendah, memang krn distribusi bobotnya berat di depan, jd harus dibedakan.
apalagi ketika braking, itu makin besar lg bebannya.
Kecuali mobil Medium-Big MPV itu biasanya distribusi bobotnya relatif balance dalam kondisi kosong, walau FWD.
Karena makin tinggi speed = makin tinggi downforce = structure sidewall makin besar bebannya = diperkuat dgn tekanan ban wajib makin tinggi (tapi tetap di bawah batas maximal)
Klo mau nyaman,.. ya jalan aja max 100 kph dgn tekanan ban yg empuk... Klopun pecah ban, masih manageable dibantu stability control.
Benefit tekanan lebih tinggi, klo suka hi speed.
Intinya. Hidup itu harus memilih
Kalo mau max 100 aja banyak om mobil lebih proper dari civic.... rugi banget beli civic max 100 wkwkwk
yah gtu lah pointnya.
konteksnya bicara safety ya nurut ajah emang sm guidance, drpd bernasib spt CX5 tsb.
Soal nyawa memang udh takdir, tp klo kecelakaan dan faktor lain, bisa usaha dan doa untuk dihindari yaa.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Mon Jun 24, 2024 5:20
Gpp aman bro
Kan maximal 51 psi biasanya klo pasenger tyres.
Kurang tekanan lbh bahaya, sidewall bisa ngelipet pas hajar ranjau, dan sobek, duarr!!
Klo pegel ya modal masas paling brp
Ban pecah, hati dan dompet sakit, blm lagi biaya derek dan resiko celaka
masas jg sekarang ga murah lagian masa liburan abis waktu di masas
ya selama ini si pake di bawah 32 lari sgitu aman aman aja.
yg kejadian begitu juga berapa paling lg apes aja kali. mo kasih tinggi2 jg rasanya ban kaga ngegrip yang ada lbh bahaya.
4 psi di atas tekanan std itu gede loh wong beda 2 psi aja berasa.
pan gak ada yang nyaranin pake tekanan 25 psi buat lari di transJ juga. 30-32 udah pas lah.
Ngomong2 ban ga ngegrip, kebetulan semua mobil saya diisi 35psi rata depan blkg kiri kanan. Emang rasanya lbh gerobak sih, tapi feel amannya jauh lbh tenang. Di jalan tol jg jauh lbh berasa ngebut
Nah ngomong2 grip, kebetulan civic juga diisi full 35psi semua. Lagi road trip ke bandung, lanjut ke batu malang. Di bandung, nginep di daerah citra garden kisaran lembang punclut, jalanannya nanjak2, dan yg amit2 nya ada banyak banget poldur kecil nan tajam di komplek itu. Beh berasa banget tuh civic gripnya suka ngeloss tiap lewat poldur. Mungkin karena isi 35psi smua wkwkwk.
Tapi sepanjang dari bandung ke batu malang, hajar avg speed 120kph. Ini yg kefoto cuma trip selama 3 jam nya nih. Trip sblmnya kehapus krn MID auto reset setiap isi bensin. Wuenak pol di 35psi.
No pic = hoax
IMG_7768.jpeg
Punclut itu jalur “kampret”, saya turun dari lembang di arahin lewat sana sama tukang parkir yg orang asli sana, wah ternyta jalanya lumayan eskrim, untung saya yg jalur turun, apakabar yg jalur naik terus macet bawa manual, penumpang saya aja sepanjang jalan doa mulu.
masas jg sekarang ga murah lagian masa liburan abis waktu di masas
ya selama ini si pake di bawah 32 lari sgitu aman aman aja.
yg kejadian begitu juga berapa paling lg apes aja kali. mo kasih tinggi2 jg rasanya ban kaga ngegrip yang ada lbh bahaya.
4 psi di atas tekanan std itu gede loh wong beda 2 psi aja berasa.
pan gak ada yang nyaranin pake tekanan 25 psi buat lari di transJ juga. 30-32 udah pas lah.
Ngomong2 ban ga ngegrip, kebetulan semua mobil saya diisi 35psi rata depan blkg kiri kanan. Emang rasanya lbh gerobak sih, tapi feel amannya jauh lbh tenang. Di jalan tol jg jauh lbh berasa ngebut
Nah ngomong2 grip, kebetulan civic juga diisi full 35psi semua. Lagi road trip ke bandung, lanjut ke batu malang. Di bandung, nginep di daerah citra garden kisaran lembang punclut, jalanannya nanjak2, dan yg amit2 nya ada banyak banget poldur kecil nan tajam di komplek itu. Beh berasa banget tuh civic gripnya suka ngeloss tiap lewat poldur. Mungkin karena isi 35psi smua wkwkwk.
Tapi sepanjang dari bandung ke batu malang, hajar avg speed 120kph. Ini yg kefoto cuma trip selama 3 jam nya nih. Trip sblmnya kehapus krn MID auto reset setiap isi bensin. Wuenak pol di 35psi.
No pic = hoax
IMG_7768.jpeg
Punclut itu jalur “kampret”, saya turun dari lembang di arahin lewat sana sama tukang parkir yg orang asli sana, wah ternyta jalanya lumayan eskrim, untung saya yg jalur turun, apakabar yg jalur naik terus macet bawa manual, penumpang saya aja sepanjang jalan doa mulu.
Tapi punclut banyak tempat wisatanya om. Daerah sarae hills sana. Bagus2 lagi view nya dan bonus hawa adem nya itu. Buat saya org jakarta yg tiap hari iqAIR nya merah terus, healing itu paru2 saya wkwkwkw
Cuma gk tahan yg itu tuh jalanan yg perumahan cit** gard** kalo dari arah punclut mau turun lewat sana, sering di portal jadi ajang pungli. Saya mau lapor om gubernur SM suryaputera lah biar pada ditindak hahaha