Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Sun Jun 02, 2024 6:04
trebla88 wrote: Sun Jun 02, 2024 5:20
sahabatq8 wrote: Sun Jun 02, 2024 4:52

Pake 0w16 , coba cek wear metalnya :big_biglaugh:

Skalian kluarin tuh q8 0w16 di Indo dong :big_biglaugh:
Jadi bisa tes :upss:
Tapi kayanya q8 pure tuh gf6b ga kompatibel dgn yang sebelum²nya

Kalau dgo ini sy yakin sbenerya 0w20 versi encer :big_biglaugh:
Bulan depan mungkin ready om, lama bgt deh sekarang pengiriman Yurop - Indo.
Buat Zenix/hybrid sih seharusnya mantep ini 0W16 , harganya aja mahal bener 🤣
Kuwait itu kan salah satu allynya tiongkok
Mungkin klo kirim dr pabrik di sana, bisa efisien hpp? :ungg:

Exxon M1 udh bikin dr spore kan. :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2545
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: Sun Jun 02, 2024 6:14
sahabatq8 wrote: Sun Jun 02, 2024 6:04
trebla88 wrote: Sun Jun 02, 2024 5:20

Skalian kluarin tuh q8 0w16 di Indo dong :big_biglaugh:
Jadi bisa tes :upss:
Tapi kayanya q8 pure tuh gf6b ga kompatibel dgn yang sebelum²nya

Kalau dgo ini sy yakin sbenerya 0w20 versi encer :big_biglaugh:
Bulan depan mungkin ready om, lama bgt deh sekarang pengiriman Yurop - Indo.
Buat Zenix/hybrid sih seharusnya mantep ini 0W16 , harganya aja mahal bener 🤣
Kuwait itu kan salah satu allynya tiongkok
Mungkin klo kirim dr pabrik di sana, bisa efisien hpp? :ungg:

Exxon M1 udh bikin dr spore kan. :big_biglaugh:
Kita pernah itung², blending lokal. Jadinya malah lebih mahal dari beli langsung. Karena Pabrik Belgium kapasitasnya besar bgt, jadi economies of scale raw materialnya jauh lebih murah. Intinya harga mahal bukan karena kirimnya jauh , tapi karena bahan baku yang dipake emang yang top.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Sun Jun 02, 2024 6:30
Suryaputra wrote: Sun Jun 02, 2024 6:14
sahabatq8 wrote: Sun Jun 02, 2024 6:04
Bulan depan mungkin ready om, lama bgt deh sekarang pengiriman Yurop - Indo.
Buat Zenix/hybrid sih seharusnya mantep ini 0W16 , harganya aja mahal bener 🤣
Kuwait itu kan salah satu allynya tiongkok
Mungkin klo kirim dr pabrik di sana, bisa efisien hpp? :ungg:

Exxon M1 udh bikin dr spore kan. :big_biglaugh:
Kita pernah itung², blending lokal. Jadinya malah lebih mahal dari beli langsung. Karena Pabrik Belgium kapasitasnya besar bgt, jadi economies of scale raw materialnya jauh lebih murah. Intinya harga mahal bukan karena kirimnya jauh , tapi karena bahan baku yang dipake emang yang top.
:mky_02:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
RezPrat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 550
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by RezPrat »

trebla88 wrote: Sat Jun 01, 2024 15:44
Opeakkk wrote: Sat Jun 01, 2024 15:00 FR Lipindut L10 pake ATF Mobil Dex VI, drain refill 3x, atf sebelum nya masi bening. KM 162.000, tarikan jadi nambah enteng, shifting normal rasanya ga kasar, pake atf enceran memang berasa mantep
:big_peace: :big_peace:
Mantep kan
Sbenernya dex 6 ga pp masuk ke atf 4speed nissan D
Skalian 0w20 nya mesin atau 0w16 :big_grin:
Errrr ati2 ya mobil taun jadul di kasi oli16, bisa abis tu bearing jalan bbrp bulan. Old car d design buat min paling sampe kekentalan xw-20 aja, mau turun ke 0w16, kalo sekedar buat experiment & emang mobil mau d buang ya lanjut aja.
Opeakkk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Fri Apr 14, 2023 17:17
Location: Bandung
Daily Vehicle: Grand Livina

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Opeakkk »

Greenhunter wrote: Sat Jun 01, 2024 23:15
Opeakkk wrote: Sat Jun 01, 2024 15:00 FR Lipindut L10 pake ATF Mobil Dex VI, drain refill 3x, atf sebelum nya masi bening. KM 162.000, tarikan jadi nambah enteng, shifting normal rasanya ga kasar, pake atf enceran memang berasa mantep
Mau tanya bang, drain and refill 3x ini prosedurnya :
Buka baut tap oli, Drain and refill yang pertama langsung drain and refill ke 2 atau mesin diidupin dahulu pindah transmisi PRND12 baru lakukan drain and refill yang ke 2 ?
Idupin dulu betul, pindah2 tuas PRND21, tahan beberapa detik. Lalu drain refill lagi. Begitu terus 3 kali, oli yg masuk sesuai jumlah yg keluar, sekitar 3,7 - 3,8 liter di sy
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 737
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by trebla88 »

Emang 0w16 ga smuanya bisa masuk mobil2 atas 2000
Trutama yg gf6b :big_peace:

Sy pikir drpd dicekokin 10w40 kaya SOP beres2 lebih baik eksperimen ke oli encer :upss:

Jimny tuh seri k15 dikasi 0w16 tapi ertiga 0w20 / 5w30 :big_okay:
Kluar deh ecstar 0w16

Sama kaya nissan D /dex 3
Lama2 pada pake dex6 ujungnya :mky_03:

Spengamatan sy mobil yg bisa pake 0w16 api sn ilsac gf6 kaya DGO/ecstar

Suzuki K series
Nissan HR series
Daihatsu/toyota NR series
Honda L15/L12 series
Mitsubishi --> 4a91 jangan deh :upss:

Dah gtu aja,cuma pendapat ogut
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2545
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

trebla88 wrote: Sun Jun 02, 2024 14:12 Emang 0w16 ga smuanya bisa masuk mobil2 atas 2000
Trutama yg gf6b :big_peace:

Sy pikir drpd dicekokin 10w40 kaya SOP beres2 lebih baik eksperimen ke oli encer :upss:

Jimny tuh seri k15 dikasi 0w16 tapi ertiga 0w20 / 5w30 :big_okay:
Kluar deh ecstar 0w16

Sama kaya nissan D /dex 3
Lama2 pada pake dex6 ujungnya :mky_03:

Spengamatan sy mobil yg bisa pake 0w16 api sn ilsac gf6 kaya DGO/ecstar

Suzuki K series
Nissan HR series
Daihatsu/toyota NR series
Honda L15/L12 series
Mitsubishi --> 4a91 jangan deh :upss:

Dah gtu aja,cuma pendapat ogut
Buat mesin tua kyk QR25DE ane, cukup penasaran sama Q8 Special Fe 0w20 yang nanti bakal launching, high hths tapi V100nya cuma 8. Seharusnya mantep nih buat jiwa resing.
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 737
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by trebla88 »

Qr25de bisa 0w20 .pakai aja :mky_03:

Btw kluarga 4at nissan yg minta nissan D (misal lipindut L10 1.5 1.8 dan L11 yg 1.8 ) harusnya aman pake nissan S atau dex6 kode transmisinya mirip cuma beda di varian tipe

Kayanya di beres nissan jg mulai pada geser ke atf merek lain kaya mobil1 dex6, uda mulai ga produksi branding lokal atf nissan, penjualannya aja uda kaya kuburan :upss:
Comot dari otomotif net list matic D

Matic D X-Trail T30
Serena C24
Grand Livina L10
Cefiro A33
Murano Z50
Frontier D22
Teana J31
Evalia M20
March K12--> K13 jadi matic S
Latio C11
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2545
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

trebla88 wrote: Sun Jun 02, 2024 14:40 Qr25de bisa 0w20 .pakai aja :mky_03:

Btw kluarga 4at nissan yg minta nissan D (misal lipindut L10 1.5 1.8 dan L11 yg 1.8 ) harusnya aman pake nissan S atau dex6 kode transmisinya mirip cuma beda di varian tipe

Kayanya di beres nissan jg mulai pada geser ke atf merek lain kaya mobil1 dex6, uda mulai ga produksi branding lokal atf nissan, penjualannya aja uda kaya kuburan :upss:
Comot dari otomotif net list matic D

Matic D X-Trail T30
Serena C24
Grand Livina L10
Cefiro A33
Murano Z50
Frontier D22
Teana J31
Evalia M20
March K12--> K13 jadi matic S
Latio C11
Dari dulu sih udah rajin pake 0w20, Q8 D1 FE di 8.3 V100nya.
Siapa tau pake yang 8.0 tambah irit :upss:
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by azu »

trebla88 wrote: Sun Jun 02, 2024 14:12 Emang 0w16 ga smuanya bisa masuk mobil2 atas 2000
Trutama yg gf6b :big_peace:

Sy pikir drpd dicekokin 10w40 kaya SOP beres2 lebih baik eksperimen ke oli encer :upss:

Jimny tuh seri k15 dikasi 0w16 tapi ertiga 0w20 / 5w30 :big_okay:
Kluar deh ecstar 0w16

Sama kaya nissan D /dex 3
Lama2 pada pake dex6 ujungnya :mky_03:

Spengamatan sy mobil yg bisa pake 0w16 api sn ilsac gf6 kaya DGO/ecstar

Suzuki K series
Nissan HR series
Daihatsu/toyota NR series
Honda L15/L12 series
Mitsubishi --> 4a91 jangan deh :upss:

Dah gtu aja,cuma pendapat ogut
kalau saya baca sih om, untuk Suzuki dengan K Series engine produksi setelah Desember 2018 di India sana sudah pakai 0W-16, makanya Jimny 5 door pakainya 0W-16 dan sekarang Suzuki Indo juga masukin itu 0W-16.

Kalau Ignis om produksi setelah Desember 2018 harusnya sih aman bgt pakai 0W-16 :big_peace:

Jadi kalau saya lihat mobil APM Indo yg sudah pakai 0W-16 sepertinya mesin WA-VE punya Daihatsu dan K series terbaru dari Suzuki. Nah cuma memang ada perbedaan antara K15 yg dipakai di Indo dan India untuk Ertiga dan XL7, tapi harusnya masih bisa lah ya pakai itu 0W-16 :mky_01:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
mkamil
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 285
Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by mkamil »

azu wrote: Mon Jun 03, 2024 2:28
trebla88 wrote: Sun Jun 02, 2024 14:12 Emang 0w16 ga smuanya bisa masuk mobil2 atas 2000
Trutama yg gf6b :big_peace:

Sy pikir drpd dicekokin 10w40 kaya SOP beres2 lebih baik eksperimen ke oli encer :upss:

Jimny tuh seri k15 dikasi 0w16 tapi ertiga 0w20 / 5w30 :big_okay:
Kluar deh ecstar 0w16

Sama kaya nissan D /dex 3
Lama2 pada pake dex6 ujungnya :mky_03:

Spengamatan sy mobil yg bisa pake 0w16 api sn ilsac gf6 kaya DGO/ecstar

Suzuki K series
Nissan HR series
Daihatsu/toyota NR series
Honda L15/L12 series
Mitsubishi --> 4a91 jangan deh :upss:

Dah gtu aja,cuma pendapat ogut
kalau saya baca sih om, untuk Suzuki dengan K Series engine produksi setelah Desember 2018 di India sana sudah pakai 0W-16, makanya Jimny 5 door pakainya 0W-16 dan sekarang Suzuki Indo juga masukin itu 0W-16.

Kalau Ignis om produksi setelah Desember 2018 harusnya sih aman bgt pakai 0W-16 :big_peace:

Jadi kalau saya lihat mobil APM Indo yg sudah pakai 0W-16 sepertinya mesin WA-VE punya Daihatsu dan K series terbaru dari Suzuki. Nah cuma memang ada perbedaan antara K15 yg dipakai di Indo dan India untuk Ertiga dan XL7, tapi harusnya masih bisa lah ya pakai itu 0W-16 :mky_01:
pakai ini bisa lebih ngacir om? 😂
IMG_2894.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
suketcell
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Honda

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by suketcell »

Punten suhu2 & mastah...
Ini boil udah waktunya ganti oTrans+oGard..
Dulu pake sinopec & seiken
Masih murah, dapet 85an yg Sinopec
Barusan ane tanya
SINOPEC 75W90 MTF & SGMW 75W90 GL5
Harga total 300k
Nah, di range harga segitu apakah sudah worth
/ ada pilihan yg lainnya?
Seiken {Gardan) 90an...
Makasih mbah...
*T&C: Sekedar berbagi informasi, resiko mohon ditanggung sendiri.
Mesinanak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: Thu Jul 15, 2021 3:42
Location: Indonesia
Daily Vehicle: 7RTFlex58T-B

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Mesinanak »

kevienwijaya wrote: Wed May 08, 2024 14:36 Halo om,mau ijin bertanya.. maaf kalo mungkin pernah dibahas. Om oli aisin afw+ untuk innova reborn diesel matic apakah aman? Krn kmrn sempat kuras di bengkel (non resmi) adanya aisin afw+. Bagaimana menurut om2 suhu? Terkmakasih om ditunggu feedbacknya.
Aman dan lbh enak buat jalan santai, tol (yg gak rush naikin kecepatan, flowing aja)

Klo dalam kota yg stop and go ditambah rush.. enakan AFW VI
Intinya tergantung selera kaki..
Solidarität für immer
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

Td kepo buka kap mesin Brio 2024

- Equipped CVTF cooler
- Double Fan Radiator
- Engine Under Cover

Kayanya Honda mulai ngejawab concern thread ini :big_biglaugh:

Image

Image

Jadi duet Fan nya dinginin:
- Girboks
- Kondensor AC
- Mesin

Meaning, could be lineup Honda terbaru udh equipped CVTF cooler.

Karena kebangetan sih, Xpander 4AT aja dah pk ATF cooler koq dr sononya :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: Mon Jun 17, 2024 9:35 Td kepo buka kap mesin Brio 2024

- Equipped CVTF cooler
- Double Fan Radiator
- Engine Under Cover

Kayanya Honda mulai ngejawab concern thread ini :big_biglaugh:

Image

Image

Jadi duet Fan nya dinginin:
- Girboks
- Kondensor AC
- Mesin

Meaning, could be lineup Honda terbaru udh equipped CVTF cooler :big_exellent:
mungkin lebi tepatnya agak gerah stelah menonton yutub nya si yg ngaku2 dokter itu

bengkel nya kan isi nya honda cvt smua

jd inget dl waktu piara hrv jg penggantian cvtf slalu per 40 rebu oleh SA nya, padahal di buku entah brapa purnama baru dsuru ganti
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Mon Jun 17, 2024 9:35 Td kepo buka kap mesin Brio 2024

- Equipped CVTF cooler
- Double Fan Radiator
- Engine Under Cover

Kayanya Honda mulai ngejawab concern thread ini :big_biglaugh:

Image

Image

Jadi duet Fan nya dinginin:
- Girboks
- Kondensor AC
- Mesin

Meaning, could be lineup Honda terbaru udh equipped CVTF cooler.

Karena kebangetan sih, Xpander 4AT aja dah pk ATF cooler koq dr sononya :big_biglaugh:


yakin itu cvtf cooler?
coba selangnya dilepas, yg keluar cvtf apa coolant?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Mon Jun 17, 2024 14:07
Suryaputra wrote: Mon Jun 17, 2024 9:35 Td kepo buka kap mesin Brio 2024

- Equipped CVTF cooler
- Double Fan Radiator
- Engine Under Cover

Kayanya Honda mulai ngejawab concern thread ini :big_biglaugh:

Image

Image

Jadi duet Fan nya dinginin:
- Girboks
- Kondensor AC
- Mesin

Meaning, could be lineup Honda terbaru udh equipped CVTF cooler.

Karena kebangetan sih, Xpander 4AT aja dah pk ATF cooler koq dr sononya :big_biglaugh:


yakin itu cvtf cooler?
coba selangnya dilepas, yg keluar cvtf apa coolant?
Wkwkkw
Ngeriii.

Tp at least klo itu cvtf, dia circulate panas ATF.
Gak buntu spt cvt honda pd umumnya.

Klo lihat gerlong sih biasanya yg keluar lendir girboks yah.

Jadi tu lendir gak diputer2 ke dalam girboks sampai nyentuh hampir 120C 🔥🔥🔥
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 737
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by trebla88 »

Itu cvt warmer
Harusnya hampir tiap cvt ada.di nissan bikin lagi buat bypass biar ga diangetin ama air radiatornya :big_okay:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

trebla88 wrote: Mon Jun 17, 2024 14:46 Itu cvt warmer
Harusnya hampir tiap cvt ada.di nissan bikin lagi buat bypass biar ga diangetin ama air radiatornya :big_okay:
Penasaran klo diajak nanjak kira2 suhunya apakah akan setinggi cvt mobilio saya dl, sampai hampir 120C.
Let see.

Klo xpander 4AT mentok suhu girboks gak lebih dari 100C.

Krn klo mobilio dulu, bentuknya spt ini, literally buntu 👇
Image

Jadi CVTF muter aja dalam Girboks dgn pendingin pasif dr angin kolong.
Klo panas ya kepanasan, klo dingin ya kedinginan :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 737
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by trebla88 »

Di toped ada yg beli modifan dibypas jd ga ikutin suhu air radiator, suhu cvt xtrail dari 95 ke atas , turun. Jadi 85an ya diukur dr obd
Lupa2 inget tapi ada di reviewnya difoto sblm dan sesudah

Emang panas2 smua tuh mesin resing honda :big_biglaugh:
Tapi tetep ga ada yg ngalahin panas mesin resing lipindut hr15de :big_biglaugh:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2545
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

trebla88 wrote: Mon Jun 17, 2024 15:19 Di toped ada yg beli modifan dibypas jd ga ikutin suhu air radiator, suhu cvt xtrail dari 95 ke atas , turun. Jadi 85an ya diukur dr obd
Lupa2 inget tapi ada di reviewnya difoto sblm dan sesudah

Emang panas2 smua tuh mesin resing honda :big_biglaugh:
Tapi tetep ga ada yg ngalahin panas mesin resing lipindut hr15de :big_biglaugh:
Kalo xtrail t32 sih cvt saya gak pernah panas loh, selalu gak jauh jauh dari suhu coolant, dibawah beberapa derajat (suhu coolant 89c).
mnugra
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Jul 04, 2015 7:43

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by mnugra »

Minggu lalu abis iseng ganti oli matic FD1 2006, yg bawaan nya Z-1, saya iseng tap pake DW1. Hasilnya sangat enak, entah kenapa jadi lebih sering lockup maticnya jd nggak banyak loss. Gejala jedug halus pas jalan nanggung 1-2 juga lumayan samar. Entah efek atf encer atau memang si Z-1 itu ampas, padahal si Z-1 rutin di tap per 10-15k.

Rencananya minggu depan kayanya mau saya drain and fill lagi pake DW1 supaya lebih banyak persentase oli baru ketimbang oli lama nya. Apa sekalian mending pake oli merk lain lagi ya, manatau lebih enak hahaha
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 716
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Chr1stm1 »

mnugra wrote: Tue Jun 18, 2024 6:12 Minggu lalu abis iseng ganti oli matic FD1 2006, yg bawaan nya Z-1, saya iseng tap pake DW1. Hasilnya sangat enak, entah kenapa jadi lebih sering lockup maticnya jd nggak banyak loss. Gejala jedug halus pas jalan nanggung 1-2 juga lumayan samar. Entah efek atf encer atau memang si Z-1 itu ampas, padahal si Z-1 rutin di tap per 10-15k.

Rencananya minggu depan kayanya mau saya drain and fill lagi pake DW1 supaya lebih banyak persentase oli baru ketimbang oli lama nya. Apa sekalian mending pake oli merk lain lagi ya, manatau lebih enak hahaha
ke ATF yang bagusan macam Q8 Auto MV atau PTT LV1 Om, udah kerasanya beda banget
Biar lebih encer, oli matic bagus lebih tahan visconya saat panas
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by DOHC »

marmut wrote: Mon Jun 17, 2024 14:07
Suryaputra wrote: Mon Jun 17, 2024 9:35 Td kepo buka kap mesin Brio 2024

- Equipped CVTF cooler
- Double Fan Radiator
- Engine Under Cover

Kayanya Honda mulai ngejawab concern thread ini :big_biglaugh:

Image

Image

Jadi duet Fan nya dinginin:
- Girboks
- Kondensor AC
- Mesin

Meaning, could be lineup Honda terbaru udh equipped CVTF cooler.

Karena kebangetan sih, Xpander 4AT aja dah pk ATF cooler koq dr sononya :big_biglaugh:


yakin itu cvtf cooler?
coba selangnya dilepas, yg keluar cvtf apa coolant?
kl dr trakir waktu kita orang coba maling dinamo starter brio sehh, yg kuar warna biru

itu cairan apa tu mbah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by DOHC »

mnugra wrote: Tue Jun 18, 2024 6:12 Minggu lalu abis iseng ganti oli matic FD1 2006, yg bawaan nya Z-1, saya iseng tap pake DW1. Hasilnya sangat enak, entah kenapa jadi lebih sering lockup maticnya jd nggak banyak loss. Gejala jedug halus pas jalan nanggung 1-2 juga lumayan samar. Entah efek atf encer atau memang si Z-1 itu ampas, padahal si Z-1 rutin di tap per 10-15k.

Rencananya minggu depan kayanya mau saya drain and fill lagi pake DW1 supaya lebih banyak persentase oli baru ketimbang oli lama nya. Apa sekalian mending pake oli merk lain lagi ya, manatau lebih enak hahaha
pasti lebi enak, DW-1 itu visco encer ktimbang Z1

dan kl spek DW-1 sama ama luar negeri sono, berarti DW-1 itu yg full synthetic, beda ama Z1 yg masi mineral

btw

kl soal lock up dan shifting, utk geared AT ahond, lebi ke arah selenoid nya, ga usa buang2 duit beli atf mahal ini itu, ada bagusnya kl tu selenoid bole di buka satu2 trus dibersihin, ntar jgn kaget kl shifting dan lockup nya lebi enak lg
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: