Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
1. kalo yg obat keras = Engine flush yg berbasis Kerosene / Solar
Bahkan ada yg cara extreme = masukkin oli campur DEX utk bilas, idle sebentar
wkwkwkwkkwkwkwk
Jangan lupa juga Bimoli 1 liter. Asap bau bawang goreng.
Bimoli minyak goreng di tuang ke mesin? biasanya kan di tuang ke tangki mobil diesel tuh kaya yang di video2
kalo di youtube dokter, di tangki mobil diesel tuang sedikit ( kira2 10 sd 50ml ) oli atf, bisa bikin getaran mobil lebih halus, imo lebih masuk akal drpd masukin bimoli, sunco dan kawan2nya
1. klo udah muncul sludge trus tuang produk itu dan dipakai 5 ribu km, apakah aman..?? maksudnya sludge tersebut apakah gak potensi menyumbat filter oli..??
2. suhu coolant yang tinggi ini, apakah bisa karena pakai coolant yang 50/50 (biasanya bawaan pabrikan)..?? karena info yang beredar, semakin tinggi konsentrasi (glycol), semakin lama sistem pendingin (radiator, selang dll) melepas panas. artinya panas ini akan 'tertahan' di saluran sistem pendingin (radiator dan pipa/selang) terutama jika mesin kondisi berhenti setelah pemakaian
terkait dengan no 2, hal ini diceritakan oleh customer saya yang mengganti cairan radiatornya. alasan nya karena jika pakai sesuai bawaan pabrikan, panas radiator terasa lama untuk dingin nya. perlu waktu lebih untuk menunggu 'dingin'
Sekedar opini pribadi.
*disclaimer
1. ganti filter olinya lbh sering dan jgn sampai 5rb km atuh, namanya jg lg "pengobatan"
Namanya minum obat, spt manusia butuh asupan cairan lbh banyak / frekuensi sering.
Di mobil ya frekuensi ganti olinya dinaikin.
2. yup make sense.
70/30 idealnya untuk iklim tropis.
Denso SLCC formulanya spt itu buat tropis
& Denso kan emg expert di cooling system iklim tropis.
1. lebih sering ini gak ada angka nya ya om..?? klo saya misal per 1 rb km, ya ribet om karena harus ngolong trus isi lagi sktr 300-400 ml oli. klo misal per 2,5 rb atau 3 rb, mending pakai oli dual purpose (bensin/solar). imho ya
2. customer saya justru pakai prestone yang merah om. gak ada glycol nya. saya juga pakai itu sudah sekian tahun dan gak ada masalah (gak muncul karat, lendir atau apa lah). btw saya pernah bandingin prestone kuning rtu dan merah 0 persen. prestone kuning rtu terlihat lebih pekat dan kental dibanding yang kemasan merah. klo 50/50 mungkin lebih pekat dan kental
1. klo udah muncul sludge trus tuang produk itu dan dipakai 5 ribu km, apakah aman..?? maksudnya sludge tersebut apakah gak potensi menyumbat filter oli..??
2. suhu coolant yang tinggi ini, apakah bisa karena pakai coolant yang 50/50 (biasanya bawaan pabrikan)..?? karena info yang beredar, semakin tinggi konsentrasi (glycol), semakin lama sistem pendingin (radiator, selang dll) melepas panas. artinya panas ini akan 'tertahan' di saluran sistem pendingin (radiator dan pipa/selang) terutama jika mesin kondisi berhenti setelah pemakaian
terkait dengan no 2, hal ini diceritakan oleh customer saya yang mengganti cairan radiatornya. alasan nya karena jika pakai sesuai bawaan pabrikan, panas radiator terasa lama untuk dingin nya. perlu waktu lebih untuk menunggu 'dingin'
Kalo menurut saya
1. Logikanta Semakin keras obatnya, semakin cepet rontok/bersih, tapi resiko semakin tinggi.
Ato secara perlahan tapi kalo udah sludge ya don't expect too much.
2. Buat mobil jepang biasa 33% sih recommendnya. Kalo eropa bawaannya 50-50 tapi untuk iklim tropis lebih cocok 33%. Kalo coolant long life jangan sampe persentase dibawah recommended karena ngefek ke anti-corosi coolantnya. Beberapa mobil sebenernya kalo cooling sistem sehat pake 50-50 juga gak masalah, akan kurang lebih ngikutin suhu bukaan thermostat.
2. btw apa ada hubungan ya antara kadar persentase dengan anti korosi..?? karena coolant yang persentase 0 persen juga sudah ada anti korosi nya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Jangan lupa juga Bimoli 1 liter. Asap bau bawang goreng.
Bimoli minyak goreng di tuang ke mesin? biasanya kan di tuang ke tangki mobil diesel tuh kaya yang di video2
kalo di youtube dokter, di tangki mobil diesel tuang sedikit ( kira2 10 sd 50ml ) oli atf, bisa bikin getaran mobil lebih halus, imo lebih masuk akal drpd masukin bimoli, sunco dan kawan2nya
motor 2 tak teman dulu masih jaman smu dan pas bokek, oli samping pakai minyak goreng dan lancar2 aja lho kwkwkwk
Jangan lupa juga Bimoli 1 liter. Asap bau bawang goreng.
Bimoli minyak goreng di tuang ke mesin? biasanya kan di tuang ke tangki mobil diesel tuh kaya yang di video2
kalo di youtube dokter, di tangki mobil diesel tuang sedikit ( kira2 10 sd 50ml ) oli atf, bisa bikin getaran mobil lebih halus, imo lebih masuk akal drpd masukin bimoli, sunco dan kawan2nya
nah kalo percobaan gini saya malah pernah tuang oli samping TC-W3 ke bensin, rasionya 2ml/L
1. klo udah muncul sludge trus tuang produk itu dan dipakai 5 ribu km, apakah aman..?? maksudnya sludge tersebut apakah gak potensi menyumbat filter oli..??
2. suhu coolant yang tinggi ini, apakah bisa karena pakai coolant yang 50/50 (biasanya bawaan pabrikan)..?? karena info yang beredar, semakin tinggi konsentrasi (glycol), semakin lama sistem pendingin (radiator, selang dll) melepas panas. artinya panas ini akan 'tertahan' di saluran sistem pendingin (radiator dan pipa/selang) terutama jika mesin kondisi berhenti setelah pemakaian
terkait dengan no 2, hal ini diceritakan oleh customer saya yang mengganti cairan radiatornya. alasan nya karena jika pakai sesuai bawaan pabrikan, panas radiator terasa lama untuk dingin nya. perlu waktu lebih untuk menunggu 'dingin'
Kalo menurut saya
1. Logikanta Semakin keras obatnya, semakin cepet rontok/bersih, tapi resiko semakin tinggi.
Ato secara perlahan tapi kalo udah sludge ya don't expect too much.
2. Buat mobil jepang biasa 33% sih recommendnya. Kalo eropa bawaannya 50-50 tapi untuk iklim tropis lebih cocok 33%. Kalo coolant long life jangan sampe persentase dibawah recommended karena ngefek ke anti-corosi coolantnya. Beberapa mobil sebenernya kalo cooling sistem sehat pake 50-50 juga gak masalah, akan kurang lebih ngikutin suhu bukaan thermostat.
2. btw apa ada hubungan ya antara kadar persentase dengan anti korosi..?? karena coolant yang persentase 0 persen juga sudah ada anti korosi nya
Saya juga sedikit menemukan kebingungan untuk point 2 ketika liat coolant jaman skr pada 50% EG, setau saya EG berfungsi optimal ditempat2 dengan suhu dingin/beku sebagai anti-freeze. Kalo iklim panas indo, sepertinya fungsi EG sebagai boiling point improver tidak terlalu ngaruh. Contoh, engine mobil saya max tempnya cuma di 92~93 kalau dipake kebut2an
RezPrat wrote: Thu May 02, 2024 2:58
Another nice thread dari om @turboman
Menurut pendapat ane om,
1. Klo udah terbukti ada sludge baiknya pake engine flush, sebab engine flush bakal melarutkan sludge (jadi encer) sehingga menyatu d oli bekas dan d buang. Buat produk bisa pake PTT engine flush (sebagai oli) atau product engine flush nya BG (ini keren sih).
Klo cuma varnish dong gak perlu2 amat engine flush. (Hati2 pake engine flush buat mobil dah d atas 10th, dan belum ganti seal2, bisa rembes, kalo mau pake engine flush cari yg lunak non kerosene, macam PTT engine flush atau BG, mungkin yg lain ada jg)
2. Gak gitu ngefek ah ganti 50:50 atau 70:30, klo mau beneran ngefek ganti thermostat buat buka d suhu lebih rendah, atau tambah extra fan (macam mobil Honda yg lemah fan nya)
Kl yg PTT atau BG aman om buat mobil 10 tahun lebih yg belum perrnah ganti2 seal?
Kalo menurut saya
1. Logikanta Semakin keras obatnya, semakin cepet rontok/bersih, tapi resiko semakin tinggi.
Ato secara perlahan tapi kalo udah sludge ya don't expect too much.
2. Buat mobil jepang biasa 33% sih recommendnya. Kalo eropa bawaannya 50-50 tapi untuk iklim tropis lebih cocok 33%. Kalo coolant long life jangan sampe persentase dibawah recommended karena ngefek ke anti-corosi coolantnya. Beberapa mobil sebenernya kalo cooling sistem sehat pake 50-50 juga gak masalah, akan kurang lebih ngikutin suhu bukaan thermostat.
2. btw apa ada hubungan ya antara kadar persentase dengan anti korosi..?? karena coolant yang persentase 0 persen juga sudah ada anti korosi nya
Saya juga sedikit menemukan kebingungan untuk point 2 ketika liat coolant jaman skr pada 50% EG, setau saya EG berfungsi optimal ditempat2 dengan suhu dingin/beku sebagai anti-freeze. Kalo iklim panas indo, sepertinya fungsi EG sebagai boiling point improver tidak terlalu ngaruh. Contoh, engine mobil saya max tempnya cuma di 92~93 kalau dipake kebut2an
Kayaknya ada hubungan ama lifetime coolatnya jg...yg 50/50 ini seingat sy 100rb km gantinya
Tp kl ada efek jelek ke pelepasan panas...mending sy downgrade ke 30/70 toh interval ganti fluida memang sy maunya lebih cepat
RezPrat wrote: Thu May 02, 2024 2:58
Another nice thread dari om @turboman
Menurut pendapat ane om,
1. Klo udah terbukti ada sludge baiknya pake engine flush, sebab engine flush bakal melarutkan sludge (jadi encer) sehingga menyatu d oli bekas dan d buang. Buat produk bisa pake PTT engine flush (sebagai oli) atau product engine flush nya BG (ini keren sih).
Klo cuma varnish dong gak perlu2 amat engine flush. (Hati2 pake engine flush buat mobil dah d atas 10th, dan belum ganti seal2, bisa rembes, kalo mau pake engine flush cari yg lunak non kerosene, macam PTT engine flush atau BG, mungkin yg lain ada jg)
2. Gak gitu ngefek ah ganti 50:50 atau 70:30, klo mau beneran ngefek ganti thermostat buat buka d suhu lebih rendah, atau tambah extra fan (macam mobil Honda yg lemah fan nya)
Kl yg PTT atau BG aman om buat mobil 10 tahun lebih yg belum perrnah ganti2 seal?
Buat mobil berumur, mending pake PTT flushing oil om, lebih ramah seal. Caranya buang oli lama, masukin PTT flushing oil sesuai kapasitas oli, biarkan hidup idle 15 menit, buang oli PTT flushing oilnya, isi oli baru. Jgn lupa ganti filter oli
*Bukan sales apapun, hanya user.
Screenshot_20240504_190951.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
RezPrat wrote: Thu May 02, 2024 2:58
Another nice thread dari om @turboman
Menurut pendapat ane om,
1. Klo udah terbukti ada sludge baiknya pake engine flush, sebab engine flush bakal melarutkan sludge (jadi encer) sehingga menyatu d oli bekas dan d buang. Buat produk bisa pake PTT engine flush (sebagai oli) atau product engine flush nya BG (ini keren sih).
Klo cuma varnish dong gak perlu2 amat engine flush. (Hati2 pake engine flush buat mobil dah d atas 10th, dan belum ganti seal2, bisa rembes, kalo mau pake engine flush cari yg lunak non kerosene, macam PTT engine flush atau BG, mungkin yg lain ada jg)
2. Gak gitu ngefek ah ganti 50:50 atau 70:30, klo mau beneran ngefek ganti thermostat buat buka d suhu lebih rendah, atau tambah extra fan (macam mobil Honda yg lemah fan nya)
Kl yg PTT atau BG aman om buat mobil 10 tahun lebih yg belum perrnah ganti2 seal?
Buat mobil berumur, mending pake PTT flushing oil om, lebih ramah seal. Caranya buang oli lama, masukin PTT flushing oil sesuai kapasitas oli, biarkan hidup idle 15 menit, buang oli PTT flushing oilnya, isi oli baru. Jgn lupa ganti filter oli
*Bukan sales apapun, hanya user.
Screenshot_20240504_190951.jpg
Bimoli minyak goreng di tuang ke mesin? biasanya kan di tuang ke tangki mobil diesel tuh kaya yang di video2
kalo di youtube dokter, di tangki mobil diesel tuang sedikit ( kira2 10 sd 50ml ) oli atf, bisa bikin getaran mobil lebih halus, imo lebih masuk akal drpd masukin bimoli, sunco dan kawan2nya
motor 2 tak teman dulu masih jaman smu dan pas bokek, oli samping pakai minyak goreng dan lancar2 aja lho kwkwkwk
kalo dulu biasa pake olsam yg berparfum2 gitu, kalo ini asepnya jadi bau gorengan donk yak
RezPrat wrote: Thu May 02, 2024 2:58
Another nice thread dari om @turboman
Menurut pendapat ane om,
1. Klo udah terbukti ada sludge baiknya pake engine flush, sebab engine flush bakal melarutkan sludge (jadi encer) sehingga menyatu d oli bekas dan d buang. Buat produk bisa pake PTT engine flush (sebagai oli) atau product engine flush nya BG (ini keren sih).
Klo cuma varnish dong gak perlu2 amat engine flush. (Hati2 pake engine flush buat mobil dah d atas 10th, dan belum ganti seal2, bisa rembes, kalo mau pake engine flush cari yg lunak non kerosene, macam PTT engine flush atau BG, mungkin yg lain ada jg)
2. Gak gitu ngefek ah ganti 50:50 atau 70:30, klo mau beneran ngefek ganti thermostat buat buka d suhu lebih rendah, atau tambah extra fan (macam mobil Honda yg lemah fan nya)
Kl yg PTT atau BG aman om buat mobil 10 tahun lebih yg belum perrnah ganti2 seal?
BG EPR pernah nyoba sekali doang, baunya menyengat banget..
Kemungkinan konsentrasi chemical pembersihnya lumayan tinggi
Memang sih pas olinya didrain sampe kecoklatan gitu
1. klo udah muncul sludge trus tuang produk itu dan dipakai 5 ribu km, apakah aman..?? maksudnya sludge tersebut apakah gak potensi menyumbat filter oli..??
2. suhu coolant yang tinggi ini, apakah bisa karena pakai coolant yang 50/50 (biasanya bawaan pabrikan)..?? karena info yang beredar, semakin tinggi konsentrasi (glycol), semakin lama sistem pendingin (radiator, selang dll) melepas panas. artinya panas ini akan 'tertahan' di saluran sistem pendingin (radiator dan pipa/selang) terutama jika mesin kondisi berhenti setelah pemakaian
terkait dengan no 2, hal ini diceritakan oleh customer saya yang mengganti cairan radiatornya. alasan nya karena jika pakai sesuai bawaan pabrikan, panas radiator terasa lama untuk dingin nya. perlu waktu lebih untuk menunggu 'dingin'
Kalo menurut saya
1. Logikanta Semakin keras obatnya, semakin cepet rontok/bersih, tapi resiko semakin tinggi.
Ato secara perlahan tapi kalo udah sludge ya don't expect too much.
2. Buat mobil jepang biasa 33% sih recommendnya. Kalo eropa bawaannya 50-50 tapi untuk iklim tropis lebih cocok 33%. Kalo coolant long life jangan sampe persentase dibawah recommended karena ngefek ke anti-corosi coolantnya. Beberapa mobil sebenernya kalo cooling sistem sehat pake 50-50 juga gak masalah, akan kurang lebih ngikutin suhu bukaan thermostat.
2. btw apa ada hubungan ya antara kadar persentase dengan anti korosi..?? karena coolant yang persentase 0 persen juga sudah ada anti korosi nya
Betul anti korosi gak perlu ada glycolnya. Tapi maksud saya misalnya kita beli coolant concentrate yang di designnya untuk max 70% , min 33%. Dibawah 33% lifetime coolant termasuk additive corrosion inhibitor akan ke efek kinerjanya. Misalnya saat 33% karat tidak akan terbentuk sama sekali, saat di encerkan jadi 10% coolant 90% air bisa jadi masih muncul karat.
RezPrat wrote: Thu May 02, 2024 2:58
Another nice thread dari om @turboman
Menurut pendapat ane om,
1. Klo udah terbukti ada sludge baiknya pake engine flush, sebab engine flush bakal melarutkan sludge (jadi encer) sehingga menyatu d oli bekas dan d buang. Buat produk bisa pake PTT engine flush (sebagai oli) atau product engine flush nya BG (ini keren sih).
Klo cuma varnish dong gak perlu2 amat engine flush. (Hati2 pake engine flush buat mobil dah d atas 10th, dan belum ganti seal2, bisa rembes, kalo mau pake engine flush cari yg lunak non kerosene, macam PTT engine flush atau BG, mungkin yg lain ada jg)
2. Gak gitu ngefek ah ganti 50:50 atau 70:30, klo mau beneran ngefek ganti thermostat buat buka d suhu lebih rendah, atau tambah extra fan (macam mobil Honda yg lemah fan nya)
Kl yg PTT atau BG aman om buat mobil 10 tahun lebih yg belum perrnah ganti2 seal?
Buat mobil berumur, mending pake PTT flushing oil om, lebih ramah seal. Caranya buang oli lama, masukin PTT flushing oil sesuai kapasitas oli, biarkan hidup idle 15 menit, buang oli PTT flushing oilnya, isi oli baru. Jgn lupa ganti filter oli
*Bukan sales apapun, hanya user.
Screenshot_20240504_190951.jpg
Sepertinya flushing oil itu kyk oli hydrolik ya encer bgt supaya bener bener gampang mengalir. Bahkan lebih encer dari 0w8 v100nya , makanya pemakaiannya cuma idle aja, kalo enginenya ada load bisa tinggi wearnya.
Belom pernah ada yang UOA ya?
Kl yg PTT atau BG aman om buat mobil 10 tahun lebih yg belum perrnah ganti2 seal?
Buat mobil berumur, mending pake PTT flushing oil om, lebih ramah seal. Caranya buang oli lama, masukin PTT flushing oil sesuai kapasitas oli, biarkan hidup idle 15 menit, buang oli PTT flushing oilnya, isi oli baru. Jgn lupa ganti filter oli
*Bukan sales apapun, hanya user.
Screenshot_20240504_190951.jpg
Sepertinya flushing oil itu kyk oli hydrolik ya encer bgt supaya bener bener gampang mengalir. Bahkan lebih encer dari 0w8 v100nya , makanya pemakaiannya cuma idle aja, kalo enginenya ada load bisa tinggi wearnya.
Belom pernah ada yang UOA ya?
Mau di UOA juga hasilnya mau gmn,
Cuma running 15 menit
Klo UOA menggunakan oli mesin normal, setelah pakai flushing tsb sih sy seingatnya pny mbah saturday, di civic nya.
Lihat wear result sih normal2 aja masih single digit ppm klo gak salah.
Klo flushing pk cairan aditif gtu, yg bisa ngikis aditif bawaan oli lama.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri