kalo di youtube dokter, di tangki mobil diesel tuang sedikit ( kira2 10 sd 50ml ) oli atf, bisa bikin getaran mobil lebih halus, imo lebih masuk akal drpd masukin bimoli, sunco dan kawan2nya
![Big Dunno :big_dunno:](./images/smilies/big_dunno.gif)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
1. lebih sering ini gak ada angka nya ya om..?? klo saya misal per 1 rb km, ya ribet om karena harus ngolong trus isi lagi sktr 300-400 ml oli. klo misal per 2,5 rb atau 3 rb, mending pakai oli dual purpose (bensin/solar). imho yaSuryaputra wrote: ↑Tue Apr 30, 2024 6:43Sekedar opini pribadi.iwing wrote: ↑Tue Apr 30, 2024 5:52 sek sek bentar, mau tanya
1. klo udah muncul sludge trus tuang produk itu dan dipakai 5 ribu km, apakah aman..?? maksudnya sludge tersebut apakah gak potensi menyumbat filter oli..??
2. suhu coolant yang tinggi ini, apakah bisa karena pakai coolant yang 50/50 (biasanya bawaan pabrikan)..?? karena info yang beredar, semakin tinggi konsentrasi (glycol), semakin lama sistem pendingin (radiator, selang dll) melepas panas. artinya panas ini akan 'tertahan' di saluran sistem pendingin (radiator dan pipa/selang) terutama jika mesin kondisi berhenti setelah pemakaian
terkait dengan no 2, hal ini diceritakan oleh customer saya yang mengganti cairan radiatornya. alasan nya karena jika pakai sesuai bawaan pabrikan, panas radiator terasa lama untuk dingin nya. perlu waktu lebih untuk menunggu 'dingin'
*disclaimer
1. ganti filter olinya lbh sering dan jgn sampai 5rb km atuh, namanya jg lg "pengobatan"
Namanya minum obat, spt manusia butuh asupan cairan lbh banyak / frekuensi sering.
Di mobil ya frekuensi ganti olinya dinaikin.
2. yup make sense.
70/30 idealnya untuk iklim tropis.
Denso SLCC formulanya spt itu buat tropis
& Denso kan emg expert di cooling system iklim tropis.
2. btw apa ada hubungan ya antara kadar persentase dengan anti korosi..?? karena coolant yang persentase 0 persen juga sudah ada anti korosi nyasahabatq8 wrote: ↑Tue Apr 30, 2024 8:06Kalo menurut sayaiwing wrote: ↑Tue Apr 30, 2024 5:52 sek sek bentar, mau tanya
1. klo udah muncul sludge trus tuang produk itu dan dipakai 5 ribu km, apakah aman..?? maksudnya sludge tersebut apakah gak potensi menyumbat filter oli..??
2. suhu coolant yang tinggi ini, apakah bisa karena pakai coolant yang 50/50 (biasanya bawaan pabrikan)..?? karena info yang beredar, semakin tinggi konsentrasi (glycol), semakin lama sistem pendingin (radiator, selang dll) melepas panas. artinya panas ini akan 'tertahan' di saluran sistem pendingin (radiator dan pipa/selang) terutama jika mesin kondisi berhenti setelah pemakaian
terkait dengan no 2, hal ini diceritakan oleh customer saya yang mengganti cairan radiatornya. alasan nya karena jika pakai sesuai bawaan pabrikan, panas radiator terasa lama untuk dingin nya. perlu waktu lebih untuk menunggu 'dingin'
1. Logikanta Semakin keras obatnya, semakin cepet rontok/bersih, tapi resiko semakin tinggi.
Ato secara perlahan tapi kalo udah sludge ya don't expect too much.
2. Buat mobil jepang biasa 33% sih recommendnya. Kalo eropa bawaannya 50-50 tapi untuk iklim tropis lebih cocok 33%. Kalo coolant long life jangan sampe persentase dibawah recommended karena ngefek ke anti-corosi coolantnya. Beberapa mobil sebenernya kalo cooling sistem sehat pake 50-50 juga gak masalah, akan kurang lebih ngikutin suhu bukaan thermostat.
motor 2 tak teman dulu masih jaman smu dan pas bokek, oli samping pakai minyak goreng dan lancar2 aja lho kwkwkwk
nah kalo percobaan gini saya malah pernah tuang oli samping TC-W3 ke bensin, rasionya 2ml/L
Saya juga sedikit menemukan kebingungan untuk point 2 ketika liat coolant jaman skr pada 50% EG, setau saya EG berfungsi optimal ditempat2 dengan suhu dingin/beku sebagai anti-freeze. Kalo iklim panas indo, sepertinya fungsi EG sebagai boiling point improver tidak terlalu ngaruh. Contoh, engine mobil saya max tempnya cuma di 92~93 kalau dipake kebut2aniwing wrote: ↑Fri May 03, 2024 1:092. btw apa ada hubungan ya antara kadar persentase dengan anti korosi..?? karena coolant yang persentase 0 persen juga sudah ada anti korosi nyasahabatq8 wrote: ↑Tue Apr 30, 2024 8:06Kalo menurut sayaiwing wrote: ↑Tue Apr 30, 2024 5:52 sek sek bentar, mau tanya
1. klo udah muncul sludge trus tuang produk itu dan dipakai 5 ribu km, apakah aman..?? maksudnya sludge tersebut apakah gak potensi menyumbat filter oli..??
2. suhu coolant yang tinggi ini, apakah bisa karena pakai coolant yang 50/50 (biasanya bawaan pabrikan)..?? karena info yang beredar, semakin tinggi konsentrasi (glycol), semakin lama sistem pendingin (radiator, selang dll) melepas panas. artinya panas ini akan 'tertahan' di saluran sistem pendingin (radiator dan pipa/selang) terutama jika mesin kondisi berhenti setelah pemakaian
terkait dengan no 2, hal ini diceritakan oleh customer saya yang mengganti cairan radiatornya. alasan nya karena jika pakai sesuai bawaan pabrikan, panas radiator terasa lama untuk dingin nya. perlu waktu lebih untuk menunggu 'dingin'
1. Logikanta Semakin keras obatnya, semakin cepet rontok/bersih, tapi resiko semakin tinggi.
Ato secara perlahan tapi kalo udah sludge ya don't expect too much.
2. Buat mobil jepang biasa 33% sih recommendnya. Kalo eropa bawaannya 50-50 tapi untuk iklim tropis lebih cocok 33%. Kalo coolant long life jangan sampe persentase dibawah recommended karena ngefek ke anti-corosi coolantnya. Beberapa mobil sebenernya kalo cooling sistem sehat pake 50-50 juga gak masalah, akan kurang lebih ngikutin suhu bukaan thermostat.
Kl yg PTT atau BG aman om buat mobil 10 tahun lebih yg belum perrnah ganti2 seal?RezPrat wrote: ↑Thu May 02, 2024 2:58 Another nice thread dari om @turboman
Menurut pendapat ane om,
1. Klo udah terbukti ada sludge baiknya pake engine flush, sebab engine flush bakal melarutkan sludge (jadi encer) sehingga menyatu d oli bekas dan d buang. Buat produk bisa pake PTT engine flush (sebagai oli) atau product engine flush nya BG (ini keren sih).
Klo cuma varnish dong gak perlu2 amat engine flush. (Hati2 pake engine flush buat mobil dah d atas 10th, dan belum ganti seal2, bisa rembes, kalo mau pake engine flush cari yg lunak non kerosene, macam PTT engine flush atau BG, mungkin yg lain ada jg)
2. Gak gitu ngefek ah ganti 50:50 atau 70:30, klo mau beneran ngefek ganti thermostat buat buka d suhu lebih rendah, atau tambah extra fan (macam mobil Honda yg lemah fan nya)
Kayaknya ada hubungan ama lifetime coolatnya jg...yg 50/50 ini seingat sy 100rb km gantinyaIcaddacia wrote: ↑Fri May 03, 2024 1:33Saya juga sedikit menemukan kebingungan untuk point 2 ketika liat coolant jaman skr pada 50% EG, setau saya EG berfungsi optimal ditempat2 dengan suhu dingin/beku sebagai anti-freeze. Kalo iklim panas indo, sepertinya fungsi EG sebagai boiling point improver tidak terlalu ngaruh. Contoh, engine mobil saya max tempnya cuma di 92~93 kalau dipake kebut2aniwing wrote: ↑Fri May 03, 2024 1:092. btw apa ada hubungan ya antara kadar persentase dengan anti korosi..?? karena coolant yang persentase 0 persen juga sudah ada anti korosi nyasahabatq8 wrote: ↑Tue Apr 30, 2024 8:06
Kalo menurut saya
1. Logikanta Semakin keras obatnya, semakin cepet rontok/bersih, tapi resiko semakin tinggi.
Ato secara perlahan tapi kalo udah sludge ya don't expect too much.
2. Buat mobil jepang biasa 33% sih recommendnya. Kalo eropa bawaannya 50-50 tapi untuk iklim tropis lebih cocok 33%. Kalo coolant long life jangan sampe persentase dibawah recommended karena ngefek ke anti-corosi coolantnya. Beberapa mobil sebenernya kalo cooling sistem sehat pake 50-50 juga gak masalah, akan kurang lebih ngikutin suhu bukaan thermostat.
Buat mobil berumur, mending pake PTT flushing oil om, lebih ramah seal. Caranya buang oli lama, masukin PTT flushing oil sesuai kapasitas oli, biarkan hidup idle 15 menit, buang oli PTT flushing oilnya, isi oli baru. Jgn lupa ganti filter olimr_mytplx wrote: ↑Sat May 04, 2024 5:57Kl yg PTT atau BG aman om buat mobil 10 tahun lebih yg belum perrnah ganti2 seal?RezPrat wrote: ↑Thu May 02, 2024 2:58 Another nice thread dari om @turboman
Menurut pendapat ane om,
1. Klo udah terbukti ada sludge baiknya pake engine flush, sebab engine flush bakal melarutkan sludge (jadi encer) sehingga menyatu d oli bekas dan d buang. Buat produk bisa pake PTT engine flush (sebagai oli) atau product engine flush nya BG (ini keren sih).
Klo cuma varnish dong gak perlu2 amat engine flush. (Hati2 pake engine flush buat mobil dah d atas 10th, dan belum ganti seal2, bisa rembes, kalo mau pake engine flush cari yg lunak non kerosene, macam PTT engine flush atau BG, mungkin yg lain ada jg)
2. Gak gitu ngefek ah ganti 50:50 atau 70:30, klo mau beneran ngefek ganti thermostat buat buka d suhu lebih rendah, atau tambah extra fan (macam mobil Honda yg lemah fan nya)
Ok om. Nt kl pas ganti oli ane coba.RezPrat wrote: ↑Sat May 04, 2024 12:12Buat mobil berumur, mending pake PTT flushing oil om, lebih ramah seal. Caranya buang oli lama, masukin PTT flushing oil sesuai kapasitas oli, biarkan hidup idle 15 menit, buang oli PTT flushing oilnya, isi oli baru. Jgn lupa ganti filter olimr_mytplx wrote: ↑Sat May 04, 2024 5:57Kl yg PTT atau BG aman om buat mobil 10 tahun lebih yg belum perrnah ganti2 seal?RezPrat wrote: ↑Thu May 02, 2024 2:58 Another nice thread dari om @turboman
Menurut pendapat ane om,
1. Klo udah terbukti ada sludge baiknya pake engine flush, sebab engine flush bakal melarutkan sludge (jadi encer) sehingga menyatu d oli bekas dan d buang. Buat produk bisa pake PTT engine flush (sebagai oli) atau product engine flush nya BG (ini keren sih).
Klo cuma varnish dong gak perlu2 amat engine flush. (Hati2 pake engine flush buat mobil dah d atas 10th, dan belum ganti seal2, bisa rembes, kalo mau pake engine flush cari yg lunak non kerosene, macam PTT engine flush atau BG, mungkin yg lain ada jg)
2. Gak gitu ngefek ah ganti 50:50 atau 70:30, klo mau beneran ngefek ganti thermostat buat buka d suhu lebih rendah, atau tambah extra fan (macam mobil Honda yg lemah fan nya)
*Bukan sales apapun, hanya user.
Screenshot_20240504_190951.jpg
iwing wrote: ↑Fri May 03, 2024 1:10motor 2 tak teman dulu masih jaman smu dan pas bokek, oli samping pakai minyak goreng dan lancar2 aja lho kwkwkwk
BG EPR pernah nyoba sekali doang, baunya menyengat banget..mr_mytplx wrote: ↑Sat May 04, 2024 5:57Kl yg PTT atau BG aman om buat mobil 10 tahun lebih yg belum perrnah ganti2 seal?RezPrat wrote: ↑Thu May 02, 2024 2:58 Another nice thread dari om @turboman
Menurut pendapat ane om,
1. Klo udah terbukti ada sludge baiknya pake engine flush, sebab engine flush bakal melarutkan sludge (jadi encer) sehingga menyatu d oli bekas dan d buang. Buat produk bisa pake PTT engine flush (sebagai oli) atau product engine flush nya BG (ini keren sih).
Klo cuma varnish dong gak perlu2 amat engine flush. (Hati2 pake engine flush buat mobil dah d atas 10th, dan belum ganti seal2, bisa rembes, kalo mau pake engine flush cari yg lunak non kerosene, macam PTT engine flush atau BG, mungkin yg lain ada jg)
2. Gak gitu ngefek ah ganti 50:50 atau 70:30, klo mau beneran ngefek ganti thermostat buat buka d suhu lebih rendah, atau tambah extra fan (macam mobil Honda yg lemah fan nya)
Betul anti korosi gak perlu ada glycolnya. Tapi maksud saya misalnya kita beli coolant concentrate yang di designnya untuk max 70% , min 33%. Dibawah 33% lifetime coolant termasuk additive corrosion inhibitor akan ke efek kinerjanya. Misalnya saat 33% karat tidak akan terbentuk sama sekali, saat di encerkan jadi 10% coolant 90% air bisa jadi masih muncul karat.iwing wrote: ↑Fri May 03, 2024 1:092. btw apa ada hubungan ya antara kadar persentase dengan anti korosi..?? karena coolant yang persentase 0 persen juga sudah ada anti korosi nyasahabatq8 wrote: ↑Tue Apr 30, 2024 8:06Kalo menurut sayaiwing wrote: ↑Tue Apr 30, 2024 5:52 sek sek bentar, mau tanya
1. klo udah muncul sludge trus tuang produk itu dan dipakai 5 ribu km, apakah aman..?? maksudnya sludge tersebut apakah gak potensi menyumbat filter oli..??
2. suhu coolant yang tinggi ini, apakah bisa karena pakai coolant yang 50/50 (biasanya bawaan pabrikan)..?? karena info yang beredar, semakin tinggi konsentrasi (glycol), semakin lama sistem pendingin (radiator, selang dll) melepas panas. artinya panas ini akan 'tertahan' di saluran sistem pendingin (radiator dan pipa/selang) terutama jika mesin kondisi berhenti setelah pemakaian
terkait dengan no 2, hal ini diceritakan oleh customer saya yang mengganti cairan radiatornya. alasan nya karena jika pakai sesuai bawaan pabrikan, panas radiator terasa lama untuk dingin nya. perlu waktu lebih untuk menunggu 'dingin'
1. Logikanta Semakin keras obatnya, semakin cepet rontok/bersih, tapi resiko semakin tinggi.
Ato secara perlahan tapi kalo udah sludge ya don't expect too much.
2. Buat mobil jepang biasa 33% sih recommendnya. Kalo eropa bawaannya 50-50 tapi untuk iklim tropis lebih cocok 33%. Kalo coolant long life jangan sampe persentase dibawah recommended karena ngefek ke anti-corosi coolantnya. Beberapa mobil sebenernya kalo cooling sistem sehat pake 50-50 juga gak masalah, akan kurang lebih ngikutin suhu bukaan thermostat.
Sepertinya flushing oil itu kyk oli hydrolik ya encer bgt supaya bener bener gampang mengalir. Bahkan lebih encer dari 0w8 v100nya , makanya pemakaiannya cuma idle aja, kalo enginenya ada load bisa tinggi wearnya.RezPrat wrote: ↑Sat May 04, 2024 12:12Buat mobil berumur, mending pake PTT flushing oil om, lebih ramah seal. Caranya buang oli lama, masukin PTT flushing oil sesuai kapasitas oli, biarkan hidup idle 15 menit, buang oli PTT flushing oilnya, isi oli baru. Jgn lupa ganti filter olimr_mytplx wrote: ↑Sat May 04, 2024 5:57Kl yg PTT atau BG aman om buat mobil 10 tahun lebih yg belum perrnah ganti2 seal?RezPrat wrote: ↑Thu May 02, 2024 2:58 Another nice thread dari om @turboman
Menurut pendapat ane om,
1. Klo udah terbukti ada sludge baiknya pake engine flush, sebab engine flush bakal melarutkan sludge (jadi encer) sehingga menyatu d oli bekas dan d buang. Buat produk bisa pake PTT engine flush (sebagai oli) atau product engine flush nya BG (ini keren sih).
Klo cuma varnish dong gak perlu2 amat engine flush. (Hati2 pake engine flush buat mobil dah d atas 10th, dan belum ganti seal2, bisa rembes, kalo mau pake engine flush cari yg lunak non kerosene, macam PTT engine flush atau BG, mungkin yg lain ada jg)
2. Gak gitu ngefek ah ganti 50:50 atau 70:30, klo mau beneran ngefek ganti thermostat buat buka d suhu lebih rendah, atau tambah extra fan (macam mobil Honda yg lemah fan nya)
*Bukan sales apapun, hanya user.
Screenshot_20240504_190951.jpg
Mau di UOA juga hasilnya mau gmn,sahabatq8 wrote: ↑Mon May 06, 2024 4:05Sepertinya flushing oil itu kyk oli hydrolik ya encer bgt supaya bener bener gampang mengalir. Bahkan lebih encer dari 0w8 v100nya , makanya pemakaiannya cuma idle aja, kalo enginenya ada load bisa tinggi wearnya.RezPrat wrote: ↑Sat May 04, 2024 12:12Buat mobil berumur, mending pake PTT flushing oil om, lebih ramah seal. Caranya buang oli lama, masukin PTT flushing oil sesuai kapasitas oli, biarkan hidup idle 15 menit, buang oli PTT flushing oilnya, isi oli baru. Jgn lupa ganti filter oli
*Bukan sales apapun, hanya user.
Screenshot_20240504_190951.jpg
Belom pernah ada yang UOA ya?