Bukan battery cooler lagi, tapi battery chillerSuryaputra wrote: Sun Mar 03, 2024 1:08
Klo ioniq 5 bukan water cooled lagi.
Freon Cooled / Pk AC.
Radiator cooled udah gk cukup![]()

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Bukan battery cooler lagi, tapi battery chillerSuryaputra wrote: Sun Mar 03, 2024 1:08
Klo ioniq 5 bukan water cooled lagi.
Freon Cooled / Pk AC.
Radiator cooled udah gk cukup![]()
udah mikir jauh H miring.faizzz wrote: Sun Mar 03, 2024 1:51Bukan battery cooler lagi, tapi battery chillerSuryaputra wrote: Sun Mar 03, 2024 1:08
Klo ioniq 5 bukan water cooled lagi.
Freon Cooled / Pk AC.
Radiator cooled udah gk cukup![]()
![]()
Asuransinya lebih happyb0ku wrote: Sun Mar 03, 2024 1:40batrenya selamet bayar body repair lebih murahSuryaputra wrote: Sun Mar 03, 2024 1:06Cb pk Seal yah.darrelund wrote: Sat Mar 02, 2024 16:21
super user mah jgn ditanya um
org mobil di eman", belio baterena ud hajar batu ampe penyok![]()
Itu batunya nyangkut di bumper doang kayanya
Gak nyangsang ke kolong![]()
![]()
Thanks om infonya. Kemaren kebetulan baru beli hp baru gara2 hp lama baru 3 thn uda payah banget daya tahannya. Baca2 ulang memang yg terbaik biar batere tahan lama itu ngecharge sampe fase fast chargingnya selesai (kurleb 80%). Mungkin hal yg sama jg diaplikasikan ke EV ya. Dicharge sampe full trus malah bikin batere ga awet kan? CMIIWBibieight wrote: Sat Mar 02, 2024 8:48Pendeknya : pengalaman pake Ioniq 5 LR itu 70 kW usable (2 kW-nya buffer buat Aging batere), 20% ke 80% itu 60% = 42 kW, di UFC 200 kW saya rata2 20an menit, di FC 60 kW 40an menit, di 50 kW 50 menit ampir sejam, semua rata2 kondisi batere panas (32-33C) karena udah dipake jalan 300-400 km ya, jadi Ioniq 5 itu brosurnya jujurkendibocor wrote: Sat Mar 02, 2024 3:18 Mau nanya om kalo in real world katakan lah lg ke luar kota itu waktu chargenya biasanya brp lama om di spklu? Kalo ga salah biasa kan fast charging sampe batere 80% doang kan ya? Misalkan ngisi dari 20%an ke 80% gitu apakah lebih dari 1 jam? (Nyatanya ya om bukan diatas kertas biasa brosur2 mobil)
![]()
![]()
![]()
Detailnya : urusan kecepatan charging di SPKLU itu ada 3 faktor, 2 teknis, 1 kultur. Buat teknis itu ada di mesin SPKLU-nya sama mobilnya sendiri.
SPKLU : di Jawa, 100% SPKLU masih PLN atau Hyundai. Ada 3 jenis, yg paling tua itu SPKLU 50 kW, adanya di 207-208 sama di Saradan (lupa km berapa), terus SPKLU 60 kW, adanya di kantor2 PLN kelas A di ibukota propinsi. Terakhir mesin 200 kW peninggalan KTT G20, ini di rest area tipe A dah banyak. Paling bolot itu 50 kW, kalo ada 2 mobil ya per mobil cuma dapet 25 kW. Sweet spot buat saya di 60 kW, batere ndak panas2 banget, waktu cukup buat istirahat. 200 kW banyak yg cuma teori, sendirian mentok 150 kW, berdua rata2 dapet lah 80an kW per mobil, tapi katanya yg 309 itu sering bisa mentok 200 kW sih….
Mobil : nah ini yg orang sering overlook, Ioniq itu arsitektur 800V, amper kecil, taruh digenjot 200kW, max amper di 250A, makanya dia bisa max di 300 kW meskipun ndak bisa lama2. Pengalaman pake 200kW, start 100 kW cuman bentar, lansung gas pol 150 kW, suhu batere di 47C baru charge rate dethrottle ke 100kW, sampe batere turun ke 43C-44C. Nah, ini yg perlu dipastikan di merek2 Tiongkok, itu arsitektur kan cuma 400V, kalo dia klaim bisa 20 menit itung2an ampernya naik sampe seberapa, soalnya tambah gede amper tambah panas kan….
Nah kultur ini yg gelap, sejauh ini si early adopter sopan2 semua yg main fast DC, ketemu 50kW udah ada yg lagi cas cek dulu, kalo dah 70% tunggu colok, yg lagi colok ya sopan, dah 80% ndak dipentokin 100%, lsg pindah. Kalo yg colokan CCS2 cuma satu, dah 80% kalo ada yg antri pindah. Nah ini, new crop EV harga 400-500 juta kelakuannya gimana masih gelap….![]()
![]()
![]()
Meledug test ini namanya omdarrelund wrote: Sat Mar 02, 2024 16:21super user mah jgn ditanya um
org mobil di eman", belio baterena ud hajar batu ampe penyok![]()
di HP dan Laptop saya, sy aktifin fitur untuk memperpanjang life-span batre.kendibocor wrote: Sun Mar 03, 2024 6:18Thanks om infonya. Kemaren kebetulan baru beli hp baru gara2 hp lama baru 3 thn uda payah banget daya tahannya. Baca2 ulang memang yg terbaik biar batere tahan lama itu ngecharge sampe fase fast chargingnya selesai (kurleb 80%). Mungkin hal yg sama jg diaplikasikan ke EV ya. Dicharge sampe full trus malah bikin batere ga awet kan? CMIIWBibieight wrote: Sat Mar 02, 2024 8:48Pendeknya : pengalaman pake Ioniq 5 LR itu 70 kW usable (2 kW-nya buffer buat Aging batere), 20% ke 80% itu 60% = 42 kW, di UFC 200 kW saya rata2 20an menit, di FC 60 kW 40an menit, di 50 kW 50 menit ampir sejam, semua rata2 kondisi batere panas (32-33C) karena udah dipake jalan 300-400 km ya, jadi Ioniq 5 itu brosurnya jujurkendibocor wrote: Sat Mar 02, 2024 3:18 Mau nanya om kalo in real world katakan lah lg ke luar kota itu waktu chargenya biasanya brp lama om di spklu? Kalo ga salah biasa kan fast charging sampe batere 80% doang kan ya? Misalkan ngisi dari 20%an ke 80% gitu apakah lebih dari 1 jam? (Nyatanya ya om bukan diatas kertas biasa brosur2 mobil)
![]()
![]()
![]()
Detailnya : urusan kecepatan charging di SPKLU itu ada 3 faktor, 2 teknis, 1 kultur. Buat teknis itu ada di mesin SPKLU-nya sama mobilnya sendiri.
SPKLU : di Jawa, 100% SPKLU masih PLN atau Hyundai. Ada 3 jenis, yg paling tua itu SPKLU 50 kW, adanya di 207-208 sama di Saradan (lupa km berapa), terus SPKLU 60 kW, adanya di kantor2 PLN kelas A di ibukota propinsi. Terakhir mesin 200 kW peninggalan KTT G20, ini di rest area tipe A dah banyak. Paling bolot itu 50 kW, kalo ada 2 mobil ya per mobil cuma dapet 25 kW. Sweet spot buat saya di 60 kW, batere ndak panas2 banget, waktu cukup buat istirahat. 200 kW banyak yg cuma teori, sendirian mentok 150 kW, berdua rata2 dapet lah 80an kW per mobil, tapi katanya yg 309 itu sering bisa mentok 200 kW sih….
Mobil : nah ini yg orang sering overlook, Ioniq itu arsitektur 800V, amper kecil, taruh digenjot 200kW, max amper di 250A, makanya dia bisa max di 300 kW meskipun ndak bisa lama2. Pengalaman pake 200kW, start 100 kW cuman bentar, lansung gas pol 150 kW, suhu batere di 47C baru charge rate dethrottle ke 100kW, sampe batere turun ke 43C-44C. Nah, ini yg perlu dipastikan di merek2 Tiongkok, itu arsitektur kan cuma 400V, kalo dia klaim bisa 20 menit itung2an ampernya naik sampe seberapa, soalnya tambah gede amper tambah panas kan….
Nah kultur ini yg gelap, sejauh ini si early adopter sopan2 semua yg main fast DC, ketemu 50kW udah ada yg lagi cas cek dulu, kalo dah 70% tunggu colok, yg lagi colok ya sopan, dah 80% ndak dipentokin 100%, lsg pindah. Kalo yg colokan CCS2 cuma satu, dah 80% kalo ada yg antri pindah. Nah ini, new crop EV harga 400-500 juta kelakuannya gimana masih gelap….![]()
![]()
![]()
Meledug test ini namanya omdarrelund wrote: Sat Mar 02, 2024 16:21super user mah jgn ditanya um
org mobil di eman", belio baterena ud hajar batu ampe penyok![]()
![]()
sebenernya awet kalo waktu tidur malah di matiin bukanya di charge hp saya charge sembarangan cuma gak pernah penuh ud di cabut asal ud 60% keatas bisa di bawah pergi kebanyakan 90% ud cabut tapi tiap malem saya matiinSuryaputra wrote: Sun Mar 03, 2024 7:20
di HP dan Laptop saya, sy aktifin fitur untuk memperpanjang life-span batre.
Jadi dia ngejaga, spy level charging <90%.
jadi ketika dah nyentuh 85%, dia berhenti charge, dan manteng di situ terus, walau dicolok sambil ditinggal tidur![]()
tapi emg bener sih,b0ku wrote: Sun Mar 03, 2024 7:44sebenernya awet kalo waktu tidur malah di matiin bukanya di charge hp saya charge sembarangan cuma gak pernah penuh ud di cabut asal ud 60% keatas bisa di bawah pergi kebanyakan 90% ud cabut tapi tiap malem saya matiinSuryaputra wrote: Sun Mar 03, 2024 7:20
di HP dan Laptop saya, sy aktifin fitur untuk memperpanjang life-span batre.
Jadi dia ngejaga, spy level charging <90%.
jadi ketika dah nyentuh 85%, dia berhenti charge, dan manteng di situ terus, walau dicolok sambil ditinggal tidur![]()
![]()
dulu tiap bobo mala saya charge bentaran hamil gak tau siapa lakinya![]()
itu SPKLU butuh di maintain tinggal liat aja berapa sering rusak di UK US si parah
serba salah punya listrik dan jadi usernya, gak laku infrastrukturnya ntar susah , laku pun mereka bonyok ngantri charging belom aja ntar rumahnya yang kena listrik naek turun kagak kuat soalnya pada ngcharging malem2xiwing wrote: Sun Mar 03, 2024 12:54 buset segitunya usaha agar mobil listrik laku. klo usaha macem2 masih kurang laku, kira2 gimana ya langkah mereka. mungkin next akan dikasih pinjem gratis selama sebulan dulu kali ya wkwkkkwkwk
sebetulnya pabrikan sudah antisipasi soal ini, pengalaman bulan lalu ketika di jkt nyobain seminggu sejauh 350 km bersama Wuling Air EV Long Range modal charge ke EV Charging station sudah menggambarkan soal ini.Suryaputra wrote: Sun Mar 03, 2024 9:12 tapi emg bener sih,
klo charge hanya sampai 80-an% dan cutoff power.
itu awet daya tahan batre-nya.
Makanya hal ini juga diimplementasi di bbrp produsen Powerbank berjalan.
Gadget things, udah >1 thn gak pernah charge sampai 100%.
so far so good, dan perasaan, awetnya mirip spt baru yaa.
selain itu software apps dan management batterynya dicek berkala.
takutnya ada apps yg nyedot energi![]()
Btw.. enak juga Tomoro Coffee.
Choco Croissant nya juga enak.
balance, gak terlalu sweet coklatnya.
mantap juga ni Brand F&B China![]()
kmrn oe kesitumarr wrote: Sun Mar 03, 2024 15:12 Fyi di event BCA Expo, BYD jadi brand paling laku selain toyota, seal top salesgokil
sama lah kek bigguo di kerubutin dimana2x tau2x jualanya cuma 1500 itupun masih hypedarrelund wrote: Sun Mar 03, 2024 15:50
kmrn oe kesitu
emg byd doank yg dikerumunin kyk semut nemu gula
coba duduk di seal
impressed, fit finish serta pemilihan materialnya oke bgt. buat 700jt seh perceived qualitynya dapet bener![]()
cuma emg ya kabinnya ga lega" amat, oe 180 duduk row 2 pala deket bener sama atep kacanya
gatau klo binguo crowdnya gmnb0ku wrote: Mon Mar 04, 2024 0:07
sama lah kek bigguo di kerubutin dimana2x tau2x jualanya cuma 1500 itupun masih hype![]()
BYD kan liatnya di pameran gede bigguo itu cuma di pameran kecil cuma 2 unit displaynya aja di kerubutin rame banget waktu itu 10-20 orang ada kali depan tous le jours mall kelapa gading sekarang mah boro2x ada yang liatdarrelund wrote: Mon Mar 04, 2024 1:21 gatau klo binguo crowdnya gmn
ni byd banyakan klo oe liat org 30-50an
yg mudaan liat dolphin atto, rada umur tua dikit liatnya seal
bingguo lagian jg ud kegeser pelan" sama brand lain pasarnya, yg ngecasnya lebi gampang![]()
Waktu R&D molis ini... ketahanan batre sempet di uji macetnya Jakarta gak ya?Achien wrote: Mon Mar 04, 2024 2:52 Perihal maintenance layanan umum rata2 memang buruk ,lihat saja kasus lift pingsan sampe diperingatin ulang tahun.
kalo laris , maka charging station nya akan diperbanyak, harusnya ya begitu. kan mereka dapet cuan juga.
Sementara yang tidak terganggu dan malah terbantu ya di jakarta
karena bisa bypass gage, charging di rumah 7kW juga mencukupi, dan dari yang saya baca atau tonton jalanan macet malah tidak menjadi masalah bagi EV, tapi range anxiety itu terjadi ketiak long distance trips, maupun baterai sisa di bawah 10% bisa tiba2 drop ke 0% (masih bisa crawling berapa km, tergantung mobil nya apa)
Soal pendinginan baterai memang betul bahwa harus dingin baterai nya baru bisa maximal,
baik dari sisi charging (pembatasan kecepatan fast chargingnya)
maupun pemakaian (draining battery)
bisa check youtube nya bjorn di video dia tentang tes BYD Atto3 yang lumayan lengkap.
RND mah ud ampe jungkir balik kali kalo gak percaya ikutin aja tuh cybertruck dari pengumuman sampe keluar berapa tahun selanjutnya roadster yang kagak keluar2x typical ELON maunya perfect juga cuma mau jungkir balik kek gimana tetep dia gak bisa eliminate kekurangannya buktinya cyberturck ud gitu lama aja tetep aja failnya sama kek truk ev laen yang ud bertaun2x keluar duluanDogies wrote: Mon Mar 04, 2024 5:05
Waktu R&D molis ini... ketahanan batre sempet di uji macetnya Jakarta gak ya?
Seberapa tahan tuh batre... degradasi seberapa besar ?
mungkin klo ke-3 x baru menang.riisesky wrote: Mon Mar 04, 2024 5:53 sebenernya udah pernah awal taun 1900'an electric power plant VS ICE, ronde pertama menang telak ICE,
nah ronde kedua ini kira2 bakal keok lagi apa EV bisa menang.....my bet is still on ICE
Thailand dan Malaysia sudah pakai Atto dari 2023Dogies wrote: Mon Mar 04, 2024 5:05Waktu R&D molis ini... ketahanan batre sempet di uji macetnya Jakarta gak ya?Achien wrote: Mon Mar 04, 2024 2:52 Perihal maintenance layanan umum rata2 memang buruk ,lihat saja kasus lift pingsan sampe diperingatin ulang tahun.
kalo laris , maka charging station nya akan diperbanyak, harusnya ya begitu. kan mereka dapet cuan juga.
Sementara yang tidak terganggu dan malah terbantu ya di jakarta
karena bisa bypass gage, charging di rumah 7kW juga mencukupi, dan dari yang saya baca atau tonton jalanan macet malah tidak menjadi masalah bagi EV, tapi range anxiety itu terjadi ketiak long distance trips, maupun baterai sisa di bawah 10% bisa tiba2 drop ke 0% (masih bisa crawling berapa km, tergantung mobil nya apa)
Soal pendinginan baterai memang betul bahwa harus dingin baterai nya baru bisa maximal,
baik dari sisi charging (pembatasan kecepatan fast chargingnya)
maupun pemakaian (draining battery)
bisa check youtube nya bjorn di video dia tentang tes BYD Atto3 yang lumayan lengkap.
Seberapa tahan tuh batre... degradasi seberapa besar ?