BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

faizzz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 412
Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
Location: Yogyakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by faizzz »

Suryaputra wrote: Sun Mar 03, 2024 1:08
Klo ioniq 5 bukan water cooled lagi.

Freon Cooled / Pk AC.
Radiator cooled udah gk cukup :big_biglaugh:
Bukan battery cooler lagi, tapi battery chiller :big_biglaugh:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Suryaputra »

faizzz wrote: Sun Mar 03, 2024 1:51
Suryaputra wrote: Sun Mar 03, 2024 1:08
Klo ioniq 5 bukan water cooled lagi.

Freon Cooled / Pk AC.
Radiator cooled udah gk cukup :big_biglaugh:
Bukan battery cooler lagi, tapi battery chiller :big_biglaugh:
udah mikir jauh H miring.
biar batrenya awet, dan repeat order mobilnya lg buat user EV spt om bibie :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Sun Mar 03, 2024 1:40
Suryaputra wrote: Sun Mar 03, 2024 1:06
darrelund wrote: Sat Mar 02, 2024 16:21

super user mah jgn ditanya um

org mobil di eman", belio baterena ud hajar batu ampe penyok :big_biglaugh:
Cb pk Seal yah.
Itu batunya nyangkut di bumper doang kayanya
Gak nyangsang ke kolong :upss:
batrenya selamet bayar body repair lebih murah :mky_03:
Asuransinya lebih happy
wkwkwkwk
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »

kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3906
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by kendibocor »

Bibieight wrote: Sat Mar 02, 2024 8:48
kendibocor wrote: Sat Mar 02, 2024 3:18 Mau nanya om kalo in real world katakan lah lg ke luar kota itu waktu chargenya biasanya brp lama om di spklu? Kalo ga salah biasa kan fast charging sampe batere 80% doang kan ya? Misalkan ngisi dari 20%an ke 80% gitu apakah lebih dari 1 jam? (Nyatanya ya om bukan diatas kertas biasa brosur2 mobil :mky_01: )
Pendeknya : pengalaman pake Ioniq 5 LR itu 70 kW usable (2 kW-nya buffer buat Aging batere), 20% ke 80% itu 60% = 42 kW, di UFC 200 kW saya rata2 20an menit, di FC 60 kW 40an menit, di 50 kW 50 menit ampir sejam, semua rata2 kondisi batere panas (32-33C) karena udah dipake jalan 300-400 km ya, jadi Ioniq 5 itu brosurnya jujur :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Detailnya : urusan kecepatan charging di SPKLU itu ada 3 faktor, 2 teknis, 1 kultur. Buat teknis itu ada di mesin SPKLU-nya sama mobilnya sendiri.

SPKLU : di Jawa, 100% SPKLU masih PLN atau Hyundai. Ada 3 jenis, yg paling tua itu SPKLU 50 kW, adanya di 207-208 sama di Saradan (lupa km berapa), terus SPKLU 60 kW, adanya di kantor2 PLN kelas A di ibukota propinsi. Terakhir mesin 200 kW peninggalan KTT G20, ini di rest area tipe A dah banyak. Paling bolot itu 50 kW, kalo ada 2 mobil ya per mobil cuma dapet 25 kW. Sweet spot buat saya di 60 kW, batere ndak panas2 banget, waktu cukup buat istirahat. 200 kW banyak yg cuma teori, sendirian mentok 150 kW, berdua rata2 dapet lah 80an kW per mobil, tapi katanya yg 309 itu sering bisa mentok 200 kW sih….

Mobil : nah ini yg orang sering overlook, Ioniq itu arsitektur 800V, amper kecil, taruh digenjot 200kW, max amper di 250A, makanya dia bisa max di 300 kW meskipun ndak bisa lama2. Pengalaman pake 200kW, start 100 kW cuman bentar, lansung gas pol 150 kW, suhu batere di 47C baru charge rate dethrottle ke 100kW, sampe batere turun ke 43C-44C. Nah, ini yg perlu dipastikan di merek2 Tiongkok, itu arsitektur kan cuma 400V, kalo dia klaim bisa 20 menit itung2an ampernya naik sampe seberapa, soalnya tambah gede amper tambah panas kan….

Nah kultur ini yg gelap, sejauh ini si early adopter sopan2 semua yg main fast DC, ketemu 50kW udah ada yg lagi cas cek dulu, kalo dah 70% tunggu colok, yg lagi colok ya sopan, dah 80% ndak dipentokin 100%, lsg pindah. Kalo yg colokan CCS2 cuma satu, dah 80% kalo ada yg antri pindah. Nah ini, new crop EV harga 400-500 juta kelakuannya gimana masih gelap…. :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:
Thanks om infonya. Kemaren kebetulan baru beli hp baru gara2 hp lama baru 3 thn uda payah banget daya tahannya. Baca2 ulang memang yg terbaik biar batere tahan lama itu ngecharge sampe fase fast chargingnya selesai (kurleb 80%). Mungkin hal yg sama jg diaplikasikan ke EV ya. Dicharge sampe full trus malah bikin batere ga awet kan? CMIIW
darrelund wrote: Sat Mar 02, 2024 16:21
Suryaputra wrote: Sat Mar 02, 2024 12:56 Comprehensive experience mbah :big_exellent:
super user mah jgn ditanya um

org mobil di eman", belio baterena ud hajar batu ampe penyok :big_biglaugh:
Meledug test ini namanya om :upss:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Suryaputra »

kendibocor wrote: Sun Mar 03, 2024 6:18
Bibieight wrote: Sat Mar 02, 2024 8:48
kendibocor wrote: Sat Mar 02, 2024 3:18 Mau nanya om kalo in real world katakan lah lg ke luar kota itu waktu chargenya biasanya brp lama om di spklu? Kalo ga salah biasa kan fast charging sampe batere 80% doang kan ya? Misalkan ngisi dari 20%an ke 80% gitu apakah lebih dari 1 jam? (Nyatanya ya om bukan diatas kertas biasa brosur2 mobil :mky_01: )
Pendeknya : pengalaman pake Ioniq 5 LR itu 70 kW usable (2 kW-nya buffer buat Aging batere), 20% ke 80% itu 60% = 42 kW, di UFC 200 kW saya rata2 20an menit, di FC 60 kW 40an menit, di 50 kW 50 menit ampir sejam, semua rata2 kondisi batere panas (32-33C) karena udah dipake jalan 300-400 km ya, jadi Ioniq 5 itu brosurnya jujur :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Detailnya : urusan kecepatan charging di SPKLU itu ada 3 faktor, 2 teknis, 1 kultur. Buat teknis itu ada di mesin SPKLU-nya sama mobilnya sendiri.

SPKLU : di Jawa, 100% SPKLU masih PLN atau Hyundai. Ada 3 jenis, yg paling tua itu SPKLU 50 kW, adanya di 207-208 sama di Saradan (lupa km berapa), terus SPKLU 60 kW, adanya di kantor2 PLN kelas A di ibukota propinsi. Terakhir mesin 200 kW peninggalan KTT G20, ini di rest area tipe A dah banyak. Paling bolot itu 50 kW, kalo ada 2 mobil ya per mobil cuma dapet 25 kW. Sweet spot buat saya di 60 kW, batere ndak panas2 banget, waktu cukup buat istirahat. 200 kW banyak yg cuma teori, sendirian mentok 150 kW, berdua rata2 dapet lah 80an kW per mobil, tapi katanya yg 309 itu sering bisa mentok 200 kW sih….

Mobil : nah ini yg orang sering overlook, Ioniq itu arsitektur 800V, amper kecil, taruh digenjot 200kW, max amper di 250A, makanya dia bisa max di 300 kW meskipun ndak bisa lama2. Pengalaman pake 200kW, start 100 kW cuman bentar, lansung gas pol 150 kW, suhu batere di 47C baru charge rate dethrottle ke 100kW, sampe batere turun ke 43C-44C. Nah, ini yg perlu dipastikan di merek2 Tiongkok, itu arsitektur kan cuma 400V, kalo dia klaim bisa 20 menit itung2an ampernya naik sampe seberapa, soalnya tambah gede amper tambah panas kan….

Nah kultur ini yg gelap, sejauh ini si early adopter sopan2 semua yg main fast DC, ketemu 50kW udah ada yg lagi cas cek dulu, kalo dah 70% tunggu colok, yg lagi colok ya sopan, dah 80% ndak dipentokin 100%, lsg pindah. Kalo yg colokan CCS2 cuma satu, dah 80% kalo ada yg antri pindah. Nah ini, new crop EV harga 400-500 juta kelakuannya gimana masih gelap…. :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:
Thanks om infonya. Kemaren kebetulan baru beli hp baru gara2 hp lama baru 3 thn uda payah banget daya tahannya. Baca2 ulang memang yg terbaik biar batere tahan lama itu ngecharge sampe fase fast chargingnya selesai (kurleb 80%). Mungkin hal yg sama jg diaplikasikan ke EV ya. Dicharge sampe full trus malah bikin batere ga awet kan? CMIIW
darrelund wrote: Sat Mar 02, 2024 16:21
Suryaputra wrote: Sat Mar 02, 2024 12:56 Comprehensive experience mbah :big_exellent:
super user mah jgn ditanya um

org mobil di eman", belio baterena ud hajar batu ampe penyok :big_biglaugh:
Meledug test ini namanya om :upss:
di HP dan Laptop saya, sy aktifin fitur untuk memperpanjang life-span batre.

Jadi dia ngejaga, spy level charging <90%.
jadi ketika dah nyentuh 85%, dia berhenti charge, dan manteng di situ terus, walau dicolok sambil ditinggal tidur :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Sun Mar 03, 2024 7:20
di HP dan Laptop saya, sy aktifin fitur untuk memperpanjang life-span batre.

Jadi dia ngejaga, spy level charging <90%.
jadi ketika dah nyentuh 85%, dia berhenti charge, dan manteng di situ terus, walau dicolok sambil ditinggal tidur :upss:
sebenernya awet kalo waktu tidur malah di matiin bukanya di charge hp saya charge sembarangan cuma gak pernah penuh ud di cabut asal ud 60% keatas bisa di bawah pergi kebanyakan 90% ud cabut tapi tiap malem saya matiin :mky_03:

dulu tiap bobo mala saya charge bentaran hamil gak tau siapa lakinya :big_bored:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Sun Mar 03, 2024 7:44
Suryaputra wrote: Sun Mar 03, 2024 7:20
di HP dan Laptop saya, sy aktifin fitur untuk memperpanjang life-span batre.

Jadi dia ngejaga, spy level charging <90%.
jadi ketika dah nyentuh 85%, dia berhenti charge, dan manteng di situ terus, walau dicolok sambil ditinggal tidur :upss:
sebenernya awet kalo waktu tidur malah di matiin bukanya di charge hp saya charge sembarangan cuma gak pernah penuh ud di cabut asal ud 60% keatas bisa di bawah pergi kebanyakan 90% ud cabut tapi tiap malem saya matiin :mky_03:

dulu tiap bobo mala saya charge bentaran hamil gak tau siapa lakinya :big_bored:
tapi emg bener sih,
klo charge hanya sampai 80-an% dan cutoff power.
itu awet daya tahan batre-nya.

Makanya hal ini juga diimplementasi di bbrp produsen Powerbank berjalan.

Gadget things, udah >1 thn gak pernah charge sampai 100%.
so far so good, dan perasaan, awetnya mirip spt baru yaa.

selain itu software apps dan management batterynya dicek berkala.
takutnya ada apps yg nyedot energi :big_biglaugh:

Btw.. enak juga Tomoro Coffee.
Choco Croissant nya juga enak.
balance, gak terlalu sweet coklatnya.
mantap juga ni Brand F&B China :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Suryaputra »

Ok Gass 🕺💃



Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Sun Mar 03, 2024 10:16 Ok Gass 🕺💃



itu SPKLU butuh di maintain tinggal liat aja berapa sering rusak di UK US si parah :mky_03:
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1422
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by iwing »

buset segitunya usaha agar mobil listrik laku. klo usaha macem2 masih kurang laku, kira2 gimana ya langkah mereka. mungkin next akan dikasih pinjem gratis selama sebulan dulu kali ya wkwkkkwkwk
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »

iwing wrote: Sun Mar 03, 2024 12:54 buset segitunya usaha agar mobil listrik laku. klo usaha macem2 masih kurang laku, kira2 gimana ya langkah mereka. mungkin next akan dikasih pinjem gratis selama sebulan dulu kali ya wkwkkkwkwk
serba salah punya listrik dan jadi usernya, gak laku infrastrukturnya ntar susah , laku pun mereka bonyok ngantri charging belom aja ntar rumahnya yang kena listrik naek turun kagak kuat soalnya pada ngcharging malem2x :big_biglaugh:

kecuali kek norway banyak aer terjun negara kecil penduduk dikit, ditambah negaranya kaya hasil jualan minyak :mky_03:

sebenernya enakan kagak laku sih malah gak usah ngantri SPKLU :big_peace:

EV enakan tuh punya sendiri orang laen gak usah punya baru berasa nyamannya :mky_03:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by kunaskun »

Suryaputra wrote: Sun Mar 03, 2024 9:12 tapi emg bener sih,
klo charge hanya sampai 80-an% dan cutoff power.
itu awet daya tahan batre-nya.

Makanya hal ini juga diimplementasi di bbrp produsen Powerbank berjalan.

Gadget things, udah >1 thn gak pernah charge sampai 100%.
so far so good, dan perasaan, awetnya mirip spt baru yaa.

selain itu software apps dan management batterynya dicek berkala.
takutnya ada apps yg nyedot energi :big_biglaugh:
sebetulnya pabrikan sudah antisipasi soal ini, pengalaman bulan lalu ketika di jkt nyobain seminggu sejauh 350 km bersama Wuling Air EV Long Range modal charge ke EV Charging station sudah menggambarkan soal ini.

yang jadi masalah seberapa baguskah implementasi pabrikan. nah merek Tiongkok sepertinya belum sampe level micro-tuning selevel merek Jepang. Wuling Air EV sungguh tidak bisa ditebak sanggup sedot AC charging berapa besar. terlalu banyak uncertainty disini. belum faktor ketika dipake perilakunya suka ajaib, baterai penuh dengan ECO Mode di cuaca mendung lalin ramai lancar di siang hari temperatur AC bisa ga seberapa dingin dibandingkan baterai 60% dengan Eco Mode di cuaca panas lalin ramai lancar di siang hari juga. belum bicara perilaku regenerative braking antara ada dan tiada. atau hal sepele: font di speedometer tidak kontras akibatnya pas siang hari kurang jelas, pas malam hari malah silau. :big_think:

terlalu banyak "dosa" otomotiff. tapi apakah yang beli mayoritas paham? ya inilah antiknya konsumen Indo, kalau ga fanatik banget pasti fanatik maksimal alias ga ada tengah2 :big_biglaugh:
Btw.. enak juga Tomoro Coffee.
Choco Croissant nya juga enak.
balance, gak terlalu sweet coklatnya.
mantap juga ni Brand F&B China :big_biglaugh:
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
jangan2 Luckin Coffee juga akan masuk Indonesia, atau tomoro bikin 2nd brand. lama2 jadi kaya pasar hape indonesia, 70% merek Tiongkok sisanya penggembira.
marr
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: Fri Jan 27, 2017 5:17
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HRV RV SE CVT MGM

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by marr »

Fyi di event BCA Expo, BYD jadi brand paling laku selain toyota, seal top sales 🤣🤣 gokil
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by darrelund »

marr wrote: Sun Mar 03, 2024 15:12 Fyi di event BCA Expo, BYD jadi brand paling laku selain toyota, seal top sales 🤣🤣 gokil
kmrn oe kesitu

emg byd doank yg dikerumunin kyk semut nemu gula

coba duduk di seal

impressed, fit finish serta pemilihan materialnya oke bgt. buat 700jt seh perceived qualitynya dapet bener :big_exellent:

cuma emg ya kabinnya ga lega" amat, oe 180 duduk row 2 pala deket bener sama atep kacanya
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »

darrelund wrote: Sun Mar 03, 2024 15:50
kmrn oe kesitu

emg byd doank yg dikerumunin kyk semut nemu gula

coba duduk di seal

impressed, fit finish serta pemilihan materialnya oke bgt. buat 700jt seh perceived qualitynya dapet bener :big_exellent:

cuma emg ya kabinnya ga lega" amat, oe 180 duduk row 2 pala deket bener sama atep kacanya
sama lah kek bigguo di kerubutin dimana2x tau2x jualanya cuma 1500 itupun masih hype :mky_03:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by darrelund »

b0ku wrote: Mon Mar 04, 2024 0:07
sama lah kek bigguo di kerubutin dimana2x tau2x jualanya cuma 1500 itupun masih hype :mky_03:
gatau klo binguo crowdnya gmn

ni byd banyakan klo oe liat org 30-50an

yg mudaan liat dolphin atto, rada umur tua dikit liatnya seal :big_biglaugh:

bingguo lagian jg ud kegeser pelan" sama brand lain pasarnya, yg ngecasnya lebi gampang :big_weee:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »

darrelund wrote: Mon Mar 04, 2024 1:21 gatau klo binguo crowdnya gmn

ni byd banyakan klo oe liat org 30-50an

yg mudaan liat dolphin atto, rada umur tua dikit liatnya seal :big_biglaugh:

bingguo lagian jg ud kegeser pelan" sama brand lain pasarnya, yg ngecasnya lebi gampang :big_weee:
BYD kan liatnya di pameran gede bigguo itu cuma di pameran kecil cuma 2 unit displaynya aja di kerubutin rame banget waktu itu 10-20 orang ada kali depan tous le jours mall kelapa gading sekarang mah boro2x ada yang liat :big_biglaugh:

gitu pula air EV pas pameran di tengah MKG 3 rame bangeet gw liatnya ketawa aja DASAR HOMO eh salah FOMO :wkkk:
Achien
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Thu Feb 29, 2024 4:47
Location: KB

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Achien »

Perihal maintenance layanan umum rata2 memang buruk ,lihat saja kasus lift pingsan sampe diperingatin ulang tahun.

kalo laris , maka charging station nya akan diperbanyak, harusnya ya begitu. kan mereka dapet cuan juga.
Sementara yang tidak terganggu dan malah terbantu ya di jakarta
karena bisa bypass gage, charging di rumah 7kW juga mencukupi, dan dari yang saya baca atau tonton jalanan macet malah tidak menjadi masalah bagi EV, tapi range anxiety itu terjadi ketiak long distance trips, maupun baterai sisa di bawah 10% bisa tiba2 drop ke 0% (masih bisa crawling berapa km, tergantung mobil nya apa)

Soal pendinginan baterai memang betul bahwa harus dingin baterai nya baru bisa maximal,
baik dari sisi charging (pembatasan kecepatan fast chargingnya)
maupun pemakaian (draining battery)
bisa check youtube nya bjorn di video dia tentang tes BYD Atto3 yang lumayan lengkap.
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 674
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Dogies »

Achien wrote: Mon Mar 04, 2024 2:52 Perihal maintenance layanan umum rata2 memang buruk ,lihat saja kasus lift pingsan sampe diperingatin ulang tahun.

kalo laris , maka charging station nya akan diperbanyak, harusnya ya begitu. kan mereka dapet cuan juga.
Sementara yang tidak terganggu dan malah terbantu ya di jakarta
karena bisa bypass gage, charging di rumah 7kW juga mencukupi, dan dari yang saya baca atau tonton jalanan macet malah tidak menjadi masalah bagi EV, tapi range anxiety itu terjadi ketiak long distance trips, maupun baterai sisa di bawah 10% bisa tiba2 drop ke 0% (masih bisa crawling berapa km, tergantung mobil nya apa)

Soal pendinginan baterai memang betul bahwa harus dingin baterai nya baru bisa maximal,
baik dari sisi charging (pembatasan kecepatan fast chargingnya)
maupun pemakaian (draining battery)
bisa check youtube nya bjorn di video dia tentang tes BYD Atto3 yang lumayan lengkap.
Waktu R&D molis ini... ketahanan batre sempet di uji macetnya Jakarta gak ya?
Seberapa tahan tuh batre... degradasi seberapa besar ?
riisesky
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 268
Joined: Thu Aug 06, 2015 6:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CM5

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by riisesky »

sebenernya udah pernah awal taun 1900'an electric power plant VS ICE, ronde pertama menang telak ICE,

nah ronde kedua ini kira2 bakal keok lagi apa EV bisa menang.....my bet is still on ICE
Past : G100 CB-23 '87, DanGan 4G15 '90, Fj 40 '82, TBR541 LS At '00, T32 QR25DE '16, C24 QR20DE '11, F30 330i, GK 5 MT '15, C11 MR18DE '06
Present : CM5 K24 '04, RV3 '22
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »

Dogies wrote: Mon Mar 04, 2024 5:05
Waktu R&D molis ini... ketahanan batre sempet di uji macetnya Jakarta gak ya?
Seberapa tahan tuh batre... degradasi seberapa besar ?
RND mah ud ampe jungkir balik kali kalo gak percaya ikutin aja tuh cybertruck dari pengumuman sampe keluar berapa tahun selanjutnya roadster yang kagak keluar2x typical ELON maunya perfect juga cuma mau jungkir balik kek gimana tetep dia gak bisa eliminate kekurangannya buktinya cyberturck ud gitu lama aja tetep aja failnya sama kek truk ev laen yang ud bertaun2x keluar duluan :big_bored:

common problem
-kena beban towing range drop
-ngebut2xan range drop
-kena dingin range drop
-kena panas range drop
-comming soon typical mobil +62 mesin kecil di jadiin 7 seater pasti sama kek no1 kalo di EV makannya sampe sekarnag mana ada 7 seater ev murah adanya mobil mahal semua yang batrenya gede :big_biglaugh:

degradasi ud tergantung cara pake aja kalo fast charging mulu bisa cept rusak :mky_03:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Suryaputra »

riisesky wrote: Mon Mar 04, 2024 5:53 sebenernya udah pernah awal taun 1900'an electric power plant VS ICE, ronde pertama menang telak ICE,

nah ronde kedua ini kira2 bakal keok lagi apa EV bisa menang.....my bet is still on ICE
mungkin klo ke-3 x baru menang.
karena "supportnya" udah ok.

:ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Achien
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Thu Feb 29, 2024 4:47
Location: KB

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Achien »

Dogies wrote: Mon Mar 04, 2024 5:05
Achien wrote: Mon Mar 04, 2024 2:52 Perihal maintenance layanan umum rata2 memang buruk ,lihat saja kasus lift pingsan sampe diperingatin ulang tahun.

kalo laris , maka charging station nya akan diperbanyak, harusnya ya begitu. kan mereka dapet cuan juga.
Sementara yang tidak terganggu dan malah terbantu ya di jakarta
karena bisa bypass gage, charging di rumah 7kW juga mencukupi, dan dari yang saya baca atau tonton jalanan macet malah tidak menjadi masalah bagi EV, tapi range anxiety itu terjadi ketiak long distance trips, maupun baterai sisa di bawah 10% bisa tiba2 drop ke 0% (masih bisa crawling berapa km, tergantung mobil nya apa)

Soal pendinginan baterai memang betul bahwa harus dingin baterai nya baru bisa maximal,
baik dari sisi charging (pembatasan kecepatan fast chargingnya)
maupun pemakaian (draining battery)
bisa check youtube nya bjorn di video dia tentang tes BYD Atto3 yang lumayan lengkap.
Waktu R&D molis ini... ketahanan batre sempet di uji macetnya Jakarta gak ya?
Seberapa tahan tuh batre... degradasi seberapa besar ?
Thailand dan Malaysia sudah pakai Atto dari 2023
Yg mereka pakai ban nya sama2 R18 tapi ga selebar yg di indo

indonesia 235/50 R18 ada 2 pilihan :
1. Interior terang di exterior putih, biru, hijau
2. Interior gelap di exterior hitam, grey

malaysia / thailand 215/55 R18 hanya 1 pilihan interior
interior terang, exterior putih, biru, hijau, grey, merah

dan sekarang mereka bilang akan ada facelift ke 235/50 R18 untuk unit 2024 dengan interior gelap di exterior hitam + grey, seperti yang dijual di indonesia.
bisa join di group fb byd malaysia / thailand buat baca keluh kesah BYD users sana.
Last edited by Achien on Mon Mar 04, 2024 7:04, edited 3 times in total.
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Or4cle »

EV itu mirip Mazda, yang suka banyak tapi yang beli jarang :ngacir: :ngacir: :ngacir: