Saya mau sharing sedikit dari sudut pandang pengguna LEXUS LX 460 (1st facelift), NIK 2012, registrasi 2014, yang baru saya beli bulan desember 2023 kemarin.
sedikit cerita awalnya sebelum membeli LEXUS LX 460, sebetulnya saya tertarik dengan LC 200 ZX (CBU Japan-Bensin), selain karena fiturnya lengkap, (misalnya jok baris 1-3 sudah electric, ada penghangat dan pendingin jok), yang menjadi pertimbangan saya adalah mesinnya bensin, jadi untuk keluar kota rasanya lebih peace of mind (kalau mesin LC 200 diesel harus minum solar Dex-dan sering mendengar LC Diesel versi UK turun mesin rasanya agak was was).
singkat cerita, setelah saya browsing di sosial media instagram, dan juga marketplace, ternyata untuk mencari unit LC ZX dengan kondisi yang seger dan low kilometer (toleransi saya untuk LC tahun dibawah 2015 adalah dibawah 100 K Kilometer), ternyata sulit sekali, dan secara tidak sengaja akhirnya muncul iklan Mobil Lexus LX 460 yang dijual, dengan kondisi yang menurut saya sangat baik untuk ukuran mobil second, dimana kilometer masih menunjukkan angka 57 ribu.
sebelum memutuskan membeli mobil ini, saya sempat melakukan beberapa riset, terkait mobil ini.
adapun riset saya adalah sebagai berikut:
SPESIFIKASI :
LEXUS LX 460 (adalah Lexus LX yang diproduksi untuk pasar Hongkong dan masuk ke Indonesia melalui IU).
Menggunakan Mesin 1 UR-FE V8, 4608 cc - Bensin,
Transmisi : Automatic 6 Speed,
Wheelbase : 2,850 mm
Length : 5,005 mm
Width : 1,970 mm
Height : 1,865 mm
FITUR:
-velg ring 20
-suspensi AHC (bisa naik turun, dan berguna banget saat membawa orang tua naik kemobil, pas mesin mati posisi mobil jadi rendah)
-Audio Mark Levinson 19 Speaker
-coolbox
-pemanas jok depan kanan kiri
-Bisa setting empuk keras suspensi dengan pilihan : comfort, Normal, dan Sport
-Memory Seat untuk Jok Pengemudi dengan 3 memory
-Jet Washer Lamp
-Electric Seat sampai jok baris ke-3
-vacuum door untuk tail gate (pintu belakang)
-moonroof, sunroof
-footstep dengan lampu
-auto folding kaca spion
-handle krom disemua pintu
-keyless entry
-wood trim dimana-mana (Dashboard, pintu)
-Jok Kulit asli yang sangat lembut
-karpet lantai yang tebal dan lembut
-kaca depan double glass
-AC 4 Zone (Bahkan ada kisi kisi AC sampai baris ke 3)
-Central diff lock
...dan masih banyak lagi
setelah melakukan riset, saya juga memperoleh info di awal melalui forum ini, bahwa untuk mobil Lexus IU, tidak bisa diservis di bengkel resmi lexus, melainkan harus ke bengkel CBU atau ke bengkel toyota di sunter.
hal ini yang akhirnya membuat saya ragu awalnya, dan akhirnya memberanikan diri untuk DM Om Jeje (JEJELOGY) menanyakan perihal mobil LX 460 ini.
dengan ramah om jeje menjawab : "aman kok om, servisnya bisa di bengkel non ATPM, dan rekomendasinya di Bengkel Auto Dyne, Pasar Baru"
Mendapat jawaban dari Sang Ahli, akhirnya saya mantap membeli Lexus LX 460. (terima kasih banyak om jeje)
Oh Iya, kenapa saya memilih LX 460 dibanding LX 570, asumsi saya LX 460 menggunakan mesin yang sama dengan LC 200 ZX sehingga kalau terjadi trouble di jalan tentu akan lebih mudah. Selain itu, dengan mesin 4600 cc, harapan saya adalah penggunaan menjadi sedikit lebih hemat dibanding mesin 5700cc, walaupun sebenernya beli LC atau LX sih ga usah mikir konsumsi BBM, udah pasti Boros

tetapi borosnya sebanding banget dengan kenyamanan yang didapat. (oh iya saya tipe yang suka setir sendiri, dan kalau beli mobil akan dipakai terus dan dinikmati jadi bukan dijadiin garage queen atau disopirin driver).
Driving experience:
Nyetir mobil besar awalnya membuat saya kaget karena body nya yang besar dan panjang, tetapi Lexus LX walaupun bertubuh besar ternyata mudah dikendalikan. dua, tiga kali menyetir mobil ini akhirnya saya bisa adaptasi.
MESINNYA sungguh halus sekali di jalan, bahkan suara mesin hampir tidak terdengar di kabin.
ketika saya gunakan di jalan tol tak terasa kecepatan sudah 140 Km/jam tetapi RPM masih dibawah 2000, sangat effortless (nilai 10/10).
KENYAMANAN KABINNYA sungguh luar biasa, balutan kulit di jok yang lembut, kekedapan kabin yang baik, AC yang sangat dingin, ditambah ada coolbox di dalam mobil membuat perjalanan sangat mengasyikkan. bahkan ketika habis merayakan tahun baru 2024 kemarin, saya bersama 7 anggota keluarga sempat berkunjung kerumah saudara di serpong, dan ketika melewati TOL JOR dari arah Cawang, semua penumpang sampai ketiduran karena kenyamanan mobil ini sungguh luar biasa, ditambah suspensi AHC yang saya setting di mode comfort bagaikan mengendarai perahu diatas jalanan aspal (Nilai 10/10)
HANDLING mobil yang cukup besar bisa dipastikan tidak senyaman mobil kecil, apalagi ketika suspensi di setting ke mode comfort, mobil terasa limbung akan tetapi masih dalam toleransi yang baik (Nilai 7/10)
REM mobil seberat lebih dari 2,5 Ton, memiliki sensasinya sendiri, yang ketika saya injak rem, mobil akan mengerem dengan pelan namun tidak secepat kita mengerem dengan kendaraan Kecil, tetapi masih bisa dikatakan cukup baik (Nilai 7/10)
SOUND SYSTEM mobil ini menggunakan mark levinson 19 speaker akan tetapi menurut saya masih lebih enak burmeister di mercedes-benz (Nilai 8/10)
KONSUMSI BBM : untuk dalam kota saat macet jam pulang kantor, konsumsinya 16l/100 KM, sedangkan weekend saat jalanan lengang dengan kombinasi TOL konsumsi BBM nya 12l/100 KM, tapi saat macet parah ketika ke PIK 2 saat sabtu kemarin dan antri membeli kopi % arabica konsumsi BBM menjadi 20,3 l/100 KM (Nilai 7/10)
PAJAK KENDARAAN : Dengan menggunakan nama PT, Pajak LX 460 NIK 2012, Registrasi 2014 adalah 17 Jutaan. (kenapa registrasi 2014, dari dokumen import diketahui kalau mobil ini, masuk ke Indonesia pada bulan desember 2013 dan baru diregistrasi pada tahun 2014)
HARGA MOBIL : 1 M-an Kecil
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
FUN FACT: ternyata setelah membeli lexus LX 460 ini, saya coba menghubungi bengkel ATPM lexus untuk servis, dan ternyata tetap bisa diservis oleh lexus akan tetapi dikenakan biaya jasa 2X lipat.
oleh karena saya membeli mobil second, saya pikir gpp deh servis sekalian cek di bengkel ATPM, dan rencananya minggu ini saya akan bawa mobil ini untuk service.
KESIMPULANNYA:
Mobil ini adalah mobil yang sangat nyaman, dan masih pantas dikendarai sendiri, serta kesan mewah dan mapan melekat kuat di mobil ini, selain itu posisi duduk yag commanding, fitur alltime 4 wd dan kemampuan offroad dengan adanya Central diff lock membuat perasaan tenang saat membawa mobil ini.
Jika keuangan om om mencukupi dan om om tidak keberatan dengan konsumsi bensinnya (rekomendasi minimal RON 91), maka mobil ini sangat cocok dimiliki untuk menemani om om semua menempuh jutaan kilometer dengan perasaan yang sulit dingkapkan dengan kata kata.