Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 774
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by zonepublic »

b0ku wrote: Sun Dec 31, 2023 7:54
Bibieight wrote: Sun Dec 31, 2023 7:50 Kalo urusan drivetrain & chassis, kayaknya kedepannya mobil untuk orang kebanyakan udah gak liat di aspek teknis macam rigidity dan responsiveness ya ?. Kalo safety kayaknya kedepan yg diliat overall package, mencegah crash, kalo sampe crash yg penting occupant selamet.

Ada assist system kyk ESP, VSC berarti ndak ada cerita over-under steer kan ?, dipush keluar envelope juga ndak bisa, lsg dicut sm VSC-nya kan. Lagian, umpama assist system bisa improve rigidity ngapain pabrik inves dies sama welding tools besar2an buat bikin chassis yg rigid ?, belum tuning suspensi-nya.

Terus 99% mobil kan dipake orang dari point A ke point B, ditengah2 harus ikut aturan2 yg ada (speed limit, give way, overtaking), nah kalo bisa diatur software biar orang patuh, logis kan NCAP mobil bersoftware lebih tinggi.

Seminggu pake Camry, Polestar 2 sama Tesla, yg 2 terakhir si memang jadi berasa ndak ada beda, karakteristik bukan di combo drivetrain + chassis, tapi di softwarenya. Nah kalo udah di software, pabrikan bakal lebih mudah idupnya, soalnya tweak software lebih mudah drpd desain chassis + drivetrain. Nah si Jepun2 itu yg bakal cilaka, mereka entah kenapa bukan developer software yg handal....
dari dulu juga kagak diliat om makannya dulu saya hujat toyota karena tukang sunat chasis pada gak terima tetep aja di puja2x gak usah jauh2x aja lah itu mobil china xpander ciri2xnya kan sama body shell tebel cuma chasisnya parah itu malah kek mitsu makin kesini makin hobby keknya pasang per maenan di mobilnya alias ngejual kenyamanan :big_biglaugh:

tapi mobil makin banyak komputernya buat sekarang masih di hindarin sama orang2x yang punya mobil yang penting gelinding liatin aja top20 di indo semua mobil kelas raw semua apalagi duo suv kaleng kembar kenapa bisa laris??, karena simple gak banyak drama komputer........ :big_biglaugh:
Jangan salah,xpander laku keras lho,Jalanan makin macet,orang sudah ga cari mobil kenceng,mrk perlunya nyaman di dalam kabin mobil nunggu macet2,klo bisa senyaman range rover&seirit karimun wagon R
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4971
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by b0ku »

zonepublic wrote: Sun Dec 31, 2023 8:00 Jangan salah,xpander laku keras lho,Jalanan makin macet,orang sudah ga cari mobil kenceng,mrk perlunya nyaman di dalam kabin mobil nunggu macet2,klo bisa senyaman range rover&seirit karimun wagon R
engak si om paling pengaruh kabinnya gede gcnya tinggi setinggi2xnya makannya kenapa xpander laris banget dulu honda ampir semua line up juara karena kabin mereka gak ada yang ngalahin leganya sekarang beberapa model honda kabinnya ud kayak kaleng sarden ya konsumnennya lari ke yang laen mitsu pinter di xforce juga di hajar kabinnya gede sisanya reability atau gampang di benerin mitsu biarpun penyakitan cuma pada bilang partsnya murah meriah di xpander :big_biglaugh:
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 442
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by Jenson »

b0ku wrote: Sun Dec 31, 2023 8:11
zonepublic wrote: Sun Dec 31, 2023 8:00 Jangan salah,xpander laku keras lho,Jalanan makin macet,orang sudah ga cari mobil kenceng,mrk perlunya nyaman di dalam kabin mobil nunggu macet2,klo bisa senyaman range rover&seirit karimun wagon R
engak si om paling pengaruh kabinnya gede gcnya tinggi setinggi2xnya makannya kenapa xpander laris banget dulu honda ampir semua line up juara karena kabin mereka gak ada yang ngalahin leganya sekarang beberapa model honda kabinnya ud kayak kaleng sarden ya konsumnennya lari ke yang laen mitsu pinter di xforce juga di hajar kabinnya gede sisanya reability atau gampang di benerin mitsu biarpun penyakitan cuma pada bilang partsnya murah meriah di xpander :big_biglaugh:
Betul om, designer ahond sekarang mulai agak beda approachnya. Dulu2 engine bay dipepes biar kabin lega. Sekarang engine bay dilonggarin, kabin / boot space dikorbanin dikit. Keliatan dr HRV RV sekarang boot mengecil dari HRV RU. Civic FE juga mengecil bootnya dri FC, although ktnya leg room FE meningkat sih
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4971
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by b0ku »

Jenson wrote: Sun Dec 31, 2023 8:24
Betul om, designer ahond sekarang mulai agak beda approachnya. Dulu2 engine bay dipepes biar kabin lega. Sekarang engine bay dilonggarin, kabin / boot space dikorbanin dikit. Keliatan dr HRV RV sekarang boot mengecil dari HRV RU. Civic FE juga mengecil bootnya dri FC, although ktnya leg room FE meningkat sih
itulah om buat adopsi sistem hybrid kan butuh space extra buat motor sama batre saya liat kok HRV 1.5 sekarang buset itu mesin kayak di gantung di tengah engine bay sisanya depan sama belakang mesin lowong banget kek jurang mana kolongnya gak ada tutup pula makin keliatan konyol ketauan banget masukin 1.5nya maksa bodynya gak di rancang buat mesin 1.5 bensin tapi buat mesin hybrid :big_bored:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by kendibocor »

b0ku wrote: Sun Dec 31, 2023 7:39
kendibocor wrote: Sun Dec 31, 2023 3:44 Sooner or later semua akan mobcin kayaknya om :upss:
Tanda2 penjualan mopang makin menurun keliatan kok. Biarvi diskon gila2an (emang dari dlu ga laku sih), papanjah ga kacang goreng kayak dlu, agay alay baru jg jarang liat ga kaya dlu tiap buka pintu rumah uda nongol tuh 2 spesies. Tiap ganti gen, harga makin naek tp daya beli masyarakat disini2 aja. Kalo harga makin naek trus makin kegerus lah tuh penjualan, jualan elcegece doang akhirannya yg katanya margin tipis :big_think:
MOBIL china dari mane om???? merek china cuma kenceng jualan listrik doank itu aja gak ada ape2xnya bukanya avanza brv pasarnya di makan mitsubishi pantengin aja jualan esblender belom ntar XFORCE lagi bisa kayak kacang goreng mau jadi juara 2 pun tetep aja imbasnya ke market HRV padahal saya ud liat di jalan pas kena gajlukan gerakan bodynya amit2x dah tuh suspensi empuk banget :big_bored:

agya ayla keknya abis ama brio brio taon ini mobil terlaris supringsly lagian kan ada opsi 7 seater jd bukan cuma brio aja yang makan agya tapi cayla sama sigranya juga makan banyak itu mungkin kalo duo kaleng 7 seat gak exist agya ayla masih juara satu diatas brio kali :mky_07:

jd sebenernya marketnya gak kemana2x cuma di makan sama merek itu2x aja karena line upnya makin banyak jd jualannya kesannya seret padahal as whole brand mereka jualan lebih gila2xan naek di banding 10thnan lalu yang kek honda aja kerjaannya cuma jualan JAZZ, FREED, CITY, CIPIK, CRV ACCORD, VS avanza, yaris vios, innova, fortuner, altis, camry liat aja line up toyota vs honda 10thn lalu banyakan jual mobil niaga siapa??? tahun segitu mitsubishi cuma ngandelin jualan L300 sama fuso ,pajero outlander doank emang mitsu itu di indo belakangan suksess banget biarpun di global marketnya ud babak belur kayak perusahaan idup segan mati juga kagak mau :big_biglaugh:
We'll see om 5-10 thn lg. Ga ada yg bisa prediksi masa depan. Kalo agay, alay sampe >300jt emang mau beli jg? :big_weee:
Butuh dana buat beli M4 :big_weee:
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4971
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Sun Dec 31, 2023 8:34
We'll see om 5-10 thn lg. Ga ada yg bisa prediksi masa depan. Kalo agay, alay sampe >300jt emang mau beli jg? :big_weee:
masalahnya ai kan kagak pernah beli mobil baru :big_biglaugh: ini aja planningnya ai mau minang freed lagi :mky_03: abis freed mungkin E36 :mky_07:

agya alay 300jt mobil cina juga naek om paling 200jtan tapi agya 300jt ud kayak yaris jaman sekarang kali :big_biglaugh:

sejauh ini masih gitu2x aja ntah ntar line up dikurangin atau malah nambah lagi di bawah agya/brio ada lagi bajaj roda 4 mana kita tau :mky_07:

atau dikurangin karena kebanyakan line up kasus gini sih ud kejadian di pasar amrik dulu modelnya banyak banget sekarang gitu2x aja :mky_03:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2202
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by darrelund »

Bibieight wrote: Sun Dec 31, 2023 7:50 Kalo urusan drivetrain & chassis, kayaknya kedepannya mobil untuk orang kebanyakan udah gak liat di aspek teknis macam rigidity dan responsiveness ya ?. Kalo safety kayaknya kedepan yg diliat overall package, mencegah crash, kalo sampe crash yg penting occupant selamet.

Ada assist system kyk ESP, VSC berarti ndak ada cerita over-under steer kan ?, dipush keluar envelope juga ndak bisa, lsg dicut sm VSC-nya kan. Lagian, umpama assist system bisa improve rigidity ngapain pabrik inves dies sama welding tools besar2an buat bikin chassis yg rigid ?, belum tuning suspensi-nya.

Terus 99% mobil kan dipake orang dari point A ke point B, ditengah2 harus ikut aturan2 yg ada (speed limit, give way, overtaking), nah kalo bisa diatur software biar orang patuh, logis kan NCAP mobil bersoftware lebih tinggi.

Seminggu pake Camry, Polestar 2 sama Tesla, yg 2 terakhir si memang jadi berasa ndak ada beda, karakteristik bukan di combo drivetrain + chassis, tapi di softwarenya. Nah kalo udah di software, pabrikan bakal lebih mudah idupnya, soalnya tweak software lebih mudah drpd desain chassis + drivetrain. Nah si Jepun2 itu yg bakal cilaka, mereka entah kenapa bukan developer software yg handal....
bukan ga mikirin um, sebenernya lebih ke beda kamus aja. dimari kan review juga ga deskriptif banget. sampe skrg aja oe belom denger ada yg deskripsiin rasa mobil lewat pothole gimana, keredam / kabin geter semua :big_biglaugh:

klo dimari kan keywordnya empuk, keras, limbung, stabil, lincah, mental mentul, mual. dari sini aja ud keliatan um yg mana rigidity / responsiveness. klo drivetrain ya antara lemot, padet, irit :big_biglaugh:
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 442
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by Jenson »

kendibocor wrote: Sun Dec 31, 2023 8:34
b0ku wrote: Sun Dec 31, 2023 7:39
kendibocor wrote: Sun Dec 31, 2023 3:44 Sooner or later semua akan mobcin kayaknya om :upss:
Tanda2 penjualan mopang makin menurun keliatan kok. Biarvi diskon gila2an (emang dari dlu ga laku sih), papanjah ga kacang goreng kayak dlu, agay alay baru jg jarang liat ga kaya dlu tiap buka pintu rumah uda nongol tuh 2 spesies. Tiap ganti gen, harga makin naek tp daya beli masyarakat disini2 aja. Kalo harga makin naek trus makin kegerus lah tuh penjualan, jualan elcegece doang akhirannya yg katanya margin tipis :big_think:
MOBIL china dari mane om???? merek china cuma kenceng jualan listrik doank itu aja gak ada ape2xnya bukanya avanza brv pasarnya di makan mitsubishi pantengin aja jualan esblender belom ntar XFORCE lagi bisa kayak kacang goreng mau jadi juara 2 pun tetep aja imbasnya ke market HRV padahal saya ud liat di jalan pas kena gajlukan gerakan bodynya amit2x dah tuh suspensi empuk banget :big_bored:

agya ayla keknya abis ama brio brio taon ini mobil terlaris supringsly lagian kan ada opsi 7 seater jd bukan cuma brio aja yang makan agya tapi cayla sama sigranya juga makan banyak itu mungkin kalo duo kaleng 7 seat gak exist agya ayla masih juara satu diatas brio kali :mky_07:

jd sebenernya marketnya gak kemana2x cuma di makan sama merek itu2x aja karena line upnya makin banyak jd jualannya kesannya seret padahal as whole brand mereka jualan lebih gila2xan naek di banding 10thnan lalu yang kek honda aja kerjaannya cuma jualan JAZZ, FREED, CITY, CIPIK, CRV ACCORD, VS avanza, yaris vios, innova, fortuner, altis, camry liat aja line up toyota vs honda 10thn lalu banyakan jual mobil niaga siapa??? tahun segitu mitsubishi cuma ngandelin jualan L300 sama fuso ,pajero outlander doank emang mitsu itu di indo belakangan suksess banget biarpun di global marketnya ud babak belur kayak perusahaan idup segan mati juga kagak mau :big_biglaugh:
We'll see om 5-10 thn lg. Ga ada yg bisa prediksi masa depan. Kalo agay, alay sampe >300jt emang mau beli jg? :big_weee:
Hmm rasa2nya market bisa mulai kebeli sama mobcin sih om. Kolega sya yang saya tau asetnya banjir2 juga mulai banyak yg ambil si batman merah (wooleng) buat jadi mobil operasional gantiin Ipah. Mgkin ga lama lagi Chery jg makin banyak. Pas saya tanya, jawaban mereka simple, harga cortez separoh ipah, bensin mo boros ama RV ancur jg ttp lebih cuan spare sisanya dia beliin saham, masuk reksadana / deposito :big_biglaugh:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 774
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by zonepublic »

kendibocor wrote: Sun Dec 31, 2023 8:34
We'll see om 5-10 thn lg. Ga ada yg bisa prediksi masa depan. Kalo agay, alay sampe >300jt emang mau beli jg? :big_weee:
Bisa jadi ttp laku klo dikasih TSS bodi digedein dikit,siapa yang nyangka avanza dulu cm 60jt sekarang bisa tembus 300jt,ga da yg ga mungkin selama buyernya masih ada :big_biglaugh:
Kenapa buyernya masih ada?karena orang yang tidak paham otomotif dan cuma berprinsip "beli barang makin baru pasti makin bagus" masih banyak
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11261
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by Suryaputra »

Bibieight wrote: Sun Dec 31, 2023 7:50 Kalo urusan drivetrain & chassis, kayaknya kedepannya mobil untuk orang kebanyakan udah gak liat di aspek teknis macam rigidity dan responsiveness ya ?. Kalo safety kayaknya kedepan yg diliat overall package, mencegah crash, kalo sampe crash yg penting occupant selamet.

Ada assist system kyk ESP, VSC berarti ndak ada cerita over-under steer kan ?, dipush keluar envelope juga ndak bisa, lsg dicut sm VSC-nya kan. Lagian, umpama assist system bisa improve rigidity ngapain pabrik inves dies sama welding tools besar2an buat bikin chassis yg rigid ?, belum tuning suspensi-nya.

Terus 99% mobil kan dipake orang dari point A ke point B, ditengah2 harus ikut aturan2 yg ada (speed limit, give way, overtaking), nah kalo bisa diatur software biar orang patuh, logis kan NCAP mobil bersoftware lebih tinggi.

Seminggu pake Camry, Polestar 2 sama Tesla, yg 2 terakhir si memang jadi berasa ndak ada beda, karakteristik bukan di combo drivetrain + chassis, tapi di softwarenya. Nah kalo udah di software, pabrikan bakal lebih mudah idupnya, soalnya tweak software lebih mudah drpd desain chassis + drivetrain. Nah si Jepun2 itu yg bakal cilaka, mereka entah kenapa bukan developer software yg handal....
Talk about software developer, one of the best Coming from india.

Ceo microsoft, google, salah satu orang yg punya skill tsb ketika awal karirnya.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1626
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by AbdulHakim »

yg kena kasus khan mobil bensin bikinan ADM, tapi kok yg banjir di pasar mobil seken skrg mobil ladderframe diesel taon muda yak? :big_think:
pembatasan solbus ga masalah khan? toh udah ada juga jasa penyedia barcodenya.
positive thinkingnya mungkin pada siap-siap mau beli all new fortuner dan/atau all new pajero yg tahun depan launching.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4971
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by b0ku »

AbdulHakim wrote: Sun Dec 31, 2023 10:48 yg kena kasus khan mobil bensin bikinan ADM, tapi kok yg banjir di pasar mobil seken skrg mobil ladderframe diesel taon muda yak? :big_think:
pembatasan solbus ga masalah khan? toh udah ada juga jasa penyedia barcodenya.
positive thinkingnya mungkin pada siap-siap mau beli all new fortuner dan/atau all new pajero yg tahun depan launching.
SAYA di kelapa gading om belakangan baru ngeh pom bensin yang dulunya gak jualan dex atau cuma solar sekarang cuma jualan dex sama dexlite keknya mulai di apus2xin tuh solar di jakarta terutama di daerah2x elit :big_bored:

cara yang pinter kalo gak ada emang u mau ngomong apa mobil loe kan setengah M lebih mau protes????? :upss:
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1626
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by AbdulHakim »

b0ku wrote: Sun Dec 31, 2023 12:19
AbdulHakim wrote: Sun Dec 31, 2023 10:48 yg kena kasus khan mobil bensin bikinan ADM, tapi kok yg banjir di pasar mobil seken skrg mobil ladderframe diesel taon muda yak? :big_think:
pembatasan solbus ga masalah khan? toh udah ada juga jasa penyedia barcodenya.
positive thinkingnya mungkin pada siap-siap mau beli all new fortuner dan/atau all new pajero yg tahun depan launching.
SAYA di kelapa gading om belakangan baru ngeh pom bensin yang dulunya gak jualan dex atau cuma solar sekarang cuma jualan dex sama dexlite keknya mulai di apus2xin tuh solar di jakarta terutama di daerah2x elit :big_bored:

cara yang pinter kalo gak ada emang u mau ngomong apa mobil loe kan setengah M lebih mau protes????? :upss:
ampun om b0ku, jangan diarahin ke sana, nanti jadi runyam masalah, terkait solbus subsidi ini berhak/gak berhak gampang bikin orang tertrigger.
back to topic, jadi kesimpulannya pasca mulai produksi lagi dari stop produksi sebentar bbrp waktu yg lalu, apakah berarti sudah ada perbaikan di unit-unit mobil barunya? dapet NCAP bintang berapa produk barunya?
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by Bibieight »

AbdulHakim wrote: Sun Dec 31, 2023 13:10 ampun om b0ku, jangan diarahin ke sana, nanti jadi runyam masalah, terkait solbus subsidi ini berhak/gak berhak gampang bikin orang tertrigger.
back to topic, jadi kesimpulannya pasca mulai produksi lagi dari stop produksi sebentar bbrp waktu yg lalu, apakah berarti sudah ada perbaikan di unit-unit mobil barunya? dapet NCAP bintang berapa produk barunya?
Ya kagak lah oom, itu kan kasus side impact, urusan panjang. CMMIW, itu splintering di plastik pintunya kan ya, hasil pintu sisi penumpang gak lulus diganti pintu supir. Apes ganti : dies press pintu, dies press side beam impact (kalo ada), mould plastik. Abis gitu ganti proses welding sama fittingnya. Abis gitu tes tabrak lagi. Beginian selesai 1 tahun udah hip-hip hura :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Jadi ya sementara pake DNGA tahun < 2025 jangan petentang-petenteng sruntulan, wong cuma kaleng krupuk dikasih roda (ndak cuma LCGC ya, Yarcrot juga DNGA lhoo :big_peace: :big_peace: :big_peace: )

Kalo kasus apron ambrol lebih mudah, itu kan salah jig yg buat megangin part yg diweld, lebih gampang bikinnya, sementara jig diberesin titik las ditambahin.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4971
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by b0ku »

AbdulHakim wrote: Sun Dec 31, 2023 13:10 ampun om b0ku, jangan diarahin ke sana, nanti jadi runyam masalah, terkait solbus subsidi ini berhak/gak berhak gampang bikin orang tertrigger.
back to topic, jadi kesimpulannya pasca mulai produksi lagi dari stop produksi sebentar bbrp waktu yg lalu, apakah berarti sudah ada perbaikan di unit-unit mobil barunya? dapet NCAP bintang berapa produk barunya?
ya berani ngamuk tinggal ngomong masa kalah sama pemake ladder frame tuek yang isinya selalu DEX :mky_07:
Bibieight wrote: Sun Dec 31, 2023 23:50
Ya kagak lah oom, itu kan kasus side impact, urusan panjang. CMMIW, itu splintering di plastik pintunya kan ya, hasil pintu sisi penumpang gak lulus diganti pintu supir. Apes ganti : dies press pintu, dies press side beam impact (kalo ada), mould plastik. Abis gitu ganti proses welding sama fittingnya. Abis gitu tes tabrak lagi. Beginian selesai 1 tahun udah hip-hip hura :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Jadi ya sementara pake DNGA tahun < 2025 jangan petentang-petenteng sruntulan, wong cuma kaleng krupuk dikasih roda (ndak cuma LCGC ya, Yarcrot juga DNGA lhoo :big_peace: :big_peace: :big_peace: )

Kalo kasus apron ambrol lebih mudah, itu kan salah jig yg buat megangin part yg diweld, lebih gampang bikinnya, sementara jig diberesin titik las ditambahin.
kalo buyernya peduli mereka gak bakalan pilih tuh merek om makannya kenapa user honda kebanyakan yang ngerti gitu2xan tanpa punya mobil ribet kalo mereka on budget mereka lari ke suzuki :big_biglaugh:

masalahnya konsumennya juga kagak peduli yang penting gelinding point a ke b gampang di bongkar kalo kenapa2x kalo kata joke bapak2x kalo bisa benerinnya pake kaleng khonguan bekas buat packing head........... :mky_07:
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1149
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by vanosz »

b0ku wrote: Sun Dec 31, 2023 8:40
kendibocor wrote: Sun Dec 31, 2023 8:34
We'll see om 5-10 thn lg. Ga ada yg bisa prediksi masa depan. Kalo agay, alay sampe >300jt emang mau beli jg? :big_weee:
masalahnya ai kan kagak pernah beli mobil baru :big_biglaugh: ini aja planningnya ai mau minang freed lagi :mky_03: abis freed mungkin E36 :mky_07:

buset agans orang berduit

harusnya selalu loncat ke generasi baru,


rasain generasi honda kekinian,
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4971
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by b0ku »

vanosz wrote: Mon Jan 01, 2024 1:22
buset agans orang berduit

harusnya selalu loncat ke generasi baru,


rasain generasi honda kekinian,
balik lagi cvt sama elektronik bikin males ngomongin type R sekarang juga gak seru2x banget di banding b series :upss:

agans lah yang beduit bakar duit 20jt per taon buat mobil yang suka nongkrong di garasi freed pajek kan cuma 2jtan sekarang apalagi e36 1jtan urusan rusak benerin keluar duit berape sih??? tetep aja gak sebanyak dana ente beli tuh mobil2x baru plus depresiasi :big_weee:

1 mobil termurah agans bisa beli 2 mobil ane plus satu mobil impian ane yang belom kebeli, belom pajeknya 7-8 jt bisa cover pajak 2 mobil ane yang sekarang di garasi :mky_04:
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1149
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by vanosz »

b0ku wrote: Mon Jan 01, 2024 0:36

ya berani ngamuk tinggal ngomong masa kalah sama pemake ladder frame tuek yang isinya selalu DEX :mky_07:


kalo buyernya peduli mereka gak bakalan pilih tuh merek om makannya kenapa user honda kebanyakan yang ngerti gitu2xan tanpa punya mobil ribet kalo mereka on budget mereka lari ke suzuki :big_biglaugh:

masalahnya konsumennya juga kagak peduli yang penting gelinding point a ke b gampang di bongkar kalo kenapa2x kalo kata joke bapak2x kalo bisa benerinnya pake kaleng khonguan bekas buat packing head........... :mky_07:

orang isi dex itu rata rata orang yang takut rusak mobilnya,pake mobil juga sesekali,

kodrat manusia klo bisa aman isi yang murah ngpn isi mahal,


klo gak boleh ya larang aja dengan kerasszz,


buktinya walo rajin iebadah,kolup mah ngaspolllll,tar masuk syurgah,


nah

benar orang yg sudah biasa pake oonda gak akan liat merk yoyota,

tp krn tinggal di sini ya ikut ajalah,bgtu kondisinya,


tapi ane tetap punya honda civic turbo RS,koleksi ane,

brp hari ini mau tembusin lari 300,walo susah krn tol dekat rumah aja,kebon jeruk muter bsd-bsd muter kebon jeruk,

walo lompat2an tol bsd,tetap ngspollllllll,


cinta ane sama honda,


honda tetap terbaik,walo fwd tetap nyender pede kanan kiri,
Screenshot_20240101_081442_Video Player.jpg
Screenshot_20240101_081537_Video Player.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1149
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by vanosz »

b0ku wrote: Mon Jan 01, 2024 1:25
vanosz wrote: Mon Jan 01, 2024 1:22
buset agans orang berduit

harusnya selalu loncat ke generasi baru,


rasain generasi honda kekinian,
balik lagi cvt sama elektronik bikin males ngomongin type R sekarang juga gak seru2x banget di banding b series :upss:

agans lah yang beduit bakar duit 20jt per taon buat mobil yang suka nongkrong di garasi freed pajek kan cuma 2jtan sekarang apalagi e36 1jtan urusan rusak benerin keluar duit berape sih??? tetep aja gak sebanyak dana ente beli tuh mobil2x baru plus depresiasi :big_weee:

1 mobil termurah agans bisa beli 2 mobil ane plus satu mobil impian ane yang belom kebeli, belom pajeknya 7-8 jt bisa cover pajak 2 mobil ane yang sekarang di garasi :mky_04:
idup mah gak usah dipikirin terlalu jauh soal pajak kedepan,wong setaun sekali,

apalg agans modif modif itung brapa,


klo agans bisa beli ferari baru berarti agans sangat sukses,

jalanin aja gans,jangan takut pajak dan lainnya,

klo suka ngaspollllll,yg penting sudah rasain,


idup cuma sekali,

jangan dibikin ribet soal hidup,rejeki gak akan lari klo sudah milik,

tar dipanggil penguasa jagat raya gak bawa apa apa,
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4971
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by b0ku »

vanosz wrote: Mon Jan 01, 2024 1:37

orang isi dex itu rata rata orang yang takut rusak mobilnya,pake mobil juga sesekali,

kodrat manusia klo bisa aman isi yang murah ngpn isi mahal,


klo gak boleh ya larang aja dengan kerasszz,


buktinya walo rajin iebadah,kolup mah ngaspolllll,tar masuk syurgah,


nah

benar orang yg sudah biasa pake oonda gak akan liat merk yoyota,

tp krn tinggal di sini ya ikut ajalah,bgtu kondisinya,


tapi ane tetap punya honda civic turbo RS,koleksi ane,

brp hari ini mau tembusin lari 300,walo susah krn tol dekat rumah aja,kebon jeruk muter bsd-bsd muter kebon jeruk,

walo lompat2an tol bsd,tetap ngspollllllll,


cinta ane sama honda,


honda tetap terbaik,walo fwd tetap nyender pede kanan kiri,

Screenshot_20240101_081442_Video Player.jpg
Screenshot_20240101_081537_Video Player.jpg
ane sih ud males sama turbolagnya solar terus di jalan pas ane kickdown kesian yang kena asep cumi2x ane belom engine bay item semua :big_bored:

jadi ane pake DEX emang biar puass aja pakenya tenaganya berasa turbo lag minim ditambah kompresi naek imbas turun mesin 2x jd makin gak berasa lagnya :big_smoking:

kan gak di larang om di ilangin tuh kayak pom bensin di deket rumah ane ntar mau protes kagak bisa wong disini kebanyakan yang isi pajero fortuner kalo urat malunya masih ada mana berani protes mobil 1/2em masa protes bensin subsidi ilang :mky_07:
vanosz wrote: Mon Jan 01, 2024 1:44
idup mah gak usah dipikirin terlalu jauh soal pajak kedepan,wong setaun sekali,

apalg agans modif modif itung brapa,


klo agans bisa beli ferari baru berarti agans sangat sukses,

jalanin aja gans,jangan takut pajak dan lainnya,

klo suka ngaspollllll,yg penting sudah rasain,


idup cuma sekali,

jangan dibikin ribet soal hidup,rejeki gak akan lari klo sudah milik,

tar dipanggil penguasa jagat raya gak bawa apa apa,

iya iya om nanti saya kalo ud sekaya om vanos saya pesen sama tuxedo satu terus cari GTR sama mustang tua deh :big_smoking:

emang bener kata om vanos kalo ud sekaya om vanos mah uang gak usah di pusingin beli yang kita suka aja dan prioritas karena ane suka mobil tua sama bayar pajak ringan ane incer mobil tua aja ......... :big_grin:
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1149
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by vanosz »

b0ku wrote: Mon Jan 01, 2024 1:58
vanosz wrote: Mon Jan 01, 2024 1:37

orang isi dex itu rata rata orang yang takut rusak mobilnya,pake mobil juga sesekali,

kodrat manusia klo bisa aman isi yang murah ngpn isi mahal,


klo gak boleh ya larang aja dengan kerasszz,


buktinya walo rajin iebadah,kolup mah ngaspolllll,tar masuk syurgah,


nah

benar orang yg sudah biasa pake oonda gak akan liat merk yoyota,

tp krn tinggal di sini ya ikut ajalah,bgtu kondisinya,


tapi ane tetap punya honda civic turbo RS,koleksi ane,

brp hari ini mau tembusin lari 300,walo susah krn tol dekat rumah aja,kebon jeruk muter bsd-bsd muter kebon jeruk,

walo lompat2an tol bsd,tetap ngspollllllll,


cinta ane sama honda,


honda tetap terbaik,walo fwd tetap nyender pede kanan kiri,

Screenshot_20240101_081442_Video Player.jpg
Screenshot_20240101_081537_Video Player.jpg
ane sih ud males sama turbolagnya solar terus di jalan pas ane kickdown kesian yang kena asep cumi2x ane belom engine bay item semua :big_bored:

jadi ane pake DEX emang biar puass aja pakenya tenaganya berasa turbo lag minim ditambah kompresi naek imbas turun mesin 2x jd makin gak berasa lagnya :big_smoking:

kan gak di larang om di ilangin tuh kayak pom bensin di deket rumah ane ntar mau protes kagak bisa wong disini kebanyakan yang isi pajero fortuner kalo urat malunya masih ada mana berani protes mobil 1/2em masa protes bensin subsidi ilang :mky_07:
vanosz wrote: Mon Jan 01, 2024 1:44
idup mah gak usah dipikirin terlalu jauh soal pajak kedepan,wong setaun sekali,

apalg agans modif modif itung brapa,


klo agans bisa beli ferari baru berarti agans sangat sukses,

jalanin aja gans,jangan takut pajak dan lainnya,

klo suka ngaspollllll,yg penting sudah rasain,


idup cuma sekali,

jangan dibikin ribet soal hidup,rejeki gak akan lari klo sudah milik,

tar dipanggil penguasa jagat raya gak bawa apa apa,

iya iya om nanti saya kalo ud sekaya om vanos saya pesen sama tuxedo satu terus cari GTR sama mustang tua deh :big_smoking:

emang bener kata om vanos kalo ud sekaya om vanos mah......... :big_grin:
agans itu sudah diketahui member disini orang berduit,

klo berduit sudah masuk orang kaya raya,


nih ya gans,kisah nyata nih,


ane punya teman lama,rumah ky istana,dalamnya kemilau warna emas profilan,

mobilnya selusin,


s class,sbangsanya,terbaru tapi bekas,

selalu nasehatin beli mobil bekas,rugi bla bla bla,

1 taun lalu entah gimana,pas saya kerumahnya ternyata sudah dijual krn lagi di rombak lagi,tanya tukang pindah kesana yang bawain barang pindahan,

teman gak kabarin sampe skrg,ane pura gak tau


cuma terakir mau pinjam duit 4 juta,alasanya penting lagi diluar negeri gak ada ruupiahh,buat istrinya di rumah,


bgtulah idup ini gans,


walo ane belum kaya raya,pake mobil kelas kambing tapi nikmati hidup,

rejeki selalu ada,sekedar dapur ngebul masih bisa taun baru makan ayam dan ngopi kenangan mantan setengah botol,

terkadang minum wine dan blak label bareng hopeng tar mau kerumah,


tp yang penting tetap sehat aja,


ngaspollllll gans,


civic turbo rs modif 400 hp,
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4971
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by b0ku »

vanosz wrote: Mon Jan 01, 2024 2:09
b0ku wrote: Mon Jan 01, 2024 1:58
vanosz wrote: Mon Jan 01, 2024 1:37

orang isi dex itu rata rata orang yang takut rusak mobilnya,pake mobil juga sesekali,

kodrat manusia klo bisa aman isi yang murah ngpn isi mahal,


klo gak boleh ya larang aja dengan kerasszz,


buktinya walo rajin iebadah,kolup mah ngaspolllll,tar masuk syurgah,


nah

benar orang yg sudah biasa pake oonda gak akan liat merk yoyota,

tp krn tinggal di sini ya ikut ajalah,bgtu kondisinya,


tapi ane tetap punya honda civic turbo RS,koleksi ane,

brp hari ini mau tembusin lari 300,walo susah krn tol dekat rumah aja,kebon jeruk muter bsd-bsd muter kebon jeruk,

walo lompat2an tol bsd,tetap ngspollllllll,


cinta ane sama honda,


honda tetap terbaik,walo fwd tetap nyender pede kanan kiri,

Screenshot_20240101_081442_Video Player.jpg
Screenshot_20240101_081537_Video Player.jpg
ane sih ud males sama turbolagnya solar terus di jalan pas ane kickdown kesian yang kena asep cumi2x ane belom engine bay item semua :big_bored:

jadi ane pake DEX emang biar puass aja pakenya tenaganya berasa turbo lag minim ditambah kompresi naek imbas turun mesin 2x jd makin gak berasa lagnya :big_smoking:

kan gak di larang om di ilangin tuh kayak pom bensin di deket rumah ane ntar mau protes kagak bisa wong disini kebanyakan yang isi pajero fortuner kalo urat malunya masih ada mana berani protes mobil 1/2em masa protes bensin subsidi ilang :mky_07:
vanosz wrote: Mon Jan 01, 2024 1:44
idup mah gak usah dipikirin terlalu jauh soal pajak kedepan,wong setaun sekali,

apalg agans modif modif itung brapa,


klo agans bisa beli ferari baru berarti agans sangat sukses,

jalanin aja gans,jangan takut pajak dan lainnya,

klo suka ngaspollllll,yg penting sudah rasain,


idup cuma sekali,

jangan dibikin ribet soal hidup,rejeki gak akan lari klo sudah milik,

tar dipanggil penguasa jagat raya gak bawa apa apa,

iya iya om nanti saya kalo ud sekaya om vanos saya pesen sama tuxedo satu terus cari GTR sama mustang tua deh :big_smoking:

emang bener kata om vanos kalo ud sekaya om vanos mah......... :big_grin:
agans itu sudah diketahui member disini orang berduit,

klo berduit sudah masuk orang kaya raya,


nih ya gans,kisah nyata nih,


ane punya teman lama,rumah ky istana,dalamnya kemilau warna emas profilan,

mobilnya selusin,


s class,sbangsanya,terbaru tapi bekas,

selalu nasehatin beli mobil bekas,rugi bla bla bla,

1 taun lalu entah gimana,pas saya kerumahnya ternyata sudah dijual krn lagi di rombak lagi,tanya tukang pindah kesana yang bawain barang pindahan,

teman gak kabarin sampe skrg,ane pura gak tau


cuma terakir mau pinjam duit 4 juta,alasanya penting lagi diluar negeri gak ada ruupiahh,buat istrinya di rumah,


bgtulah idup ini gans,


walo ane belum kaya raya,pake mobil kelas kambing tapi nikmati hidup,

rejeki selalu ada,sekedar dapur ngebul masih bisa taun baru makan ayam dan ngopi kenangan mantan setengah botol,

terkadang minum wine dan blak label bareng hopeng tar mau kerumah,


tp yang penting tetap sehat aja,


ngaspollllll gans,


civic turbo rs modif 400 hp,
iya deh aminin aja om vanos :mky_03:
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 469
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV + LCGC

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by FR6 »

kendibocor wrote: Sun Dec 31, 2023 0:49
Ini emang hasil ncapnya jelek aja, mobil2 laen jg banyak yg crash testnya jelek. Masalah si dayatsu ini kan manipulasi dan ternyata bukan baru2 ini aja, udah 30thn lebih. Dan saat di pusatnya aja minta2 maaf dan hentiin produksi ada dayatsu di suatu negara (sebut aja wakanda) yg muka tembok bilang barang produksinya uda mematuhi std keamanan di wakanda. Ya ga salah sih soalnya di wakanda emang ga ada std keselamatan yg jelas.

https://www.google.com/amp/s/m.antarane ... eselamatan

Mau dipanggil, tp kok feeling ane cuman dramaan doang tar hasilnya ya regulator nyatain aman, nama bersih lg, jualan lancar lg :upss:
ane lebih tertarik ini sih..
gak 100% salah ADM/TMMIN/TAM, toh regulasinya emg kaga jelas.
standar keamanan yaa sekadar standar di cek tiap 5 tahun sekali ganti plat nomor wkwkwkw
Menurut ane sih bener, sudah mematuhi std keamanan, contohnya:
1. rem berfungsi (gak di ukur kemampuan rem nya)
2. lampu2 berfungsi (gak di ukur tingkat keterangannya)
3. etc

:big_bored: :big_bored: :big_bored: :big_bored:
Shyn16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Wed Sep 28, 2022 4:23
Location: TangSel
Daily Vehicle: Hyundai Santa Fe TM 18 CRDi

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by Shyn16 »

FR6 wrote: Tue Jan 02, 2024 4:42
kendibocor wrote: Sun Dec 31, 2023 0:49
Ini emang hasil ncapnya jelek aja, mobil2 laen jg banyak yg crash testnya jelek. Masalah si dayatsu ini kan manipulasi dan ternyata bukan baru2 ini aja, udah 30thn lebih. Dan saat di pusatnya aja minta2 maaf dan hentiin produksi ada dayatsu di suatu negara (sebut aja wakanda) yg muka tembok bilang barang produksinya uda mematuhi std keamanan di wakanda. Ya ga salah sih soalnya di wakanda emang ga ada std keselamatan yg jelas.

https://www.google.com/amp/s/m.antarane ... eselamatan

Mau dipanggil, tp kok feeling ane cuman dramaan doang tar hasilnya ya regulator nyatain aman, nama bersih lg, jualan lancar lg :upss:
ane lebih tertarik ini sih..
gak 100% salah ADM/TMMIN/TAM, toh regulasinya emg kaga jelas.
standar keamanan yaa sekadar standar di cek tiap 5 tahun sekali ganti plat nomor wkwkwkw
Menurut ane sih bener, sudah mematuhi std keamanan, contohnya:
1. rem berfungsi (gak di ukur kemampuan rem nya)
2. lampu2 berfungsi (gak di ukur tingkat keterangannya)
3. etc

:big_bored: :big_bored: :big_bored: :big_bored:
ini kunci nya...
mayoritas penduduk disini kalau beli mobil yang penting ada AC dan tidak kehujanan...

prinsip demand & supply... selalu akan muncul "bajaj" ber AC yang dijual ke pasar :big_okay:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16249
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by ChZ »

FR6 wrote: Tue Jan 02, 2024 4:42
kendibocor wrote: Sun Dec 31, 2023 0:49
Ini emang hasil ncapnya jelek aja, mobil2 laen jg banyak yg crash testnya jelek. Masalah si dayatsu ini kan manipulasi dan ternyata bukan baru2 ini aja, udah 30thn lebih. Dan saat di pusatnya aja minta2 maaf dan hentiin produksi ada dayatsu di suatu negara (sebut aja wakanda) yg muka tembok bilang barang produksinya uda mematuhi std keamanan di wakanda. Ya ga salah sih soalnya di wakanda emang ga ada std keselamatan yg jelas.

https://www.google.com/amp/s/m.antarane ... eselamatan

Mau dipanggil, tp kok feeling ane cuman dramaan doang tar hasilnya ya regulator nyatain aman, nama bersih lg, jualan lancar lg :upss:
ane lebih tertarik ini sih..
gak 100% salah ADM/TMMIN/TAM, toh regulasinya emg kaga jelas.
standar keamanan yaa sekadar standar di cek tiap 5 tahun sekali ganti plat nomor wkwkwkw
Menurut ane sih bener, sudah mematuhi std keamanan, contohnya:
1. rem berfungsi (gak di ukur kemampuan rem nya)
2. lampu2 berfungsi (gak di ukur tingkat keterangannya)
3. etc

:big_bored: :big_bored: :big_bored: :big_bored:
dlm hal ini memang as*ra sebagai tukang jait ya tugasnya cuma ngikutin instruksi dari pusat. hal spt ini harus penduduknya yang rame-rame balikin mobilnya ke dealer/pabrik minta kompensasi ganti rugi sebesar 3x harga mobilnya. sama kayak dieselgate VW yang pada rame rame balikin atau buang mobilnya.

masalahnya di sini ngga mungkin terjadi, idih gile aje beli mobil nyicil ampe jual kutang, skrg suruh balikin.

YLKI nya lemah, konsumennya juga yang standar keamanan minimalnya aja pake R2 rangka berkarat dikasih mobil death trap aja udah berasa aman banget.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7