Kasusnya datang pada waktu gak tepat, masa kampanye... Bisa jadi ongkos buat kasus "di-peti eskan" tinggi, hitung2 buat tambahan dana kampanye paslonKielConstantine wrote: ↑Thu Dec 21, 2023 10:01Terima nasib tinggal di negara third world indon ampas ga jelas
Diketawain sama tetangga malaysia
Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
Please include all reference link used on the topic.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1298
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2202
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
prioritas beda jg karena pemerintahnya cuek, lain sama developed countries banyak rules ina itu baik utk driver & pabrikan. makanya dia orang jg jadi awareBibieight wrote: ↑Mon Dec 25, 2023 6:52Kayaknya emang prioritas konsumen Indonesia beda ya ?. Yang penting kenceng, murah, sukur2 wibawa pejabat, bisa makan bensin busuxx, onderdil bisa KW, bisa diservis di Asem Reges. Sewa Camry di MEL, dapet hybrid, tapi colokan USB cuma 1, kunci udah keyless tp belum proximity, jok masih fabric, kaca belakang ama jendela kiri-kanan belakang ndak ada tirai, nekuk spion modal tangan, audio cuman ada carplay ndak ada android auto, tapi ADAS udah LDW, LKA, udah radar jd auto follow, indikator speed limit real time. Disini dikasih fitur begini dah dihindarin kayak wabah sampar
di ozzies emg banyak mobil yg ber adas, biar nilai ncapnya naik. klo dibilang untung buat konsumen sih iya dan engga. iya jadi safe, engganya krn mobil makin mahal
saking lawaknya sampe mobil alibaba pun boleh jualan klo disini, hasil ncapnya minus kali tuh mobil
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2202
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
makanya oe jg mikirnya kesitu, kenapa dia orang cuma sehari stopnyaShyn16 wrote: ↑Thu Dec 28, 2023 3:24 siapa berani colek konglomerasi as**a?
peme****ah?
gonjang ganjing langsung sampai ke grass root....
berapa pabrik mau di stop? supply part? assembly? manufacturing?
selama pasar dikendalikan mayoritas dan undang - undang disiapkan untuk pengusaha & investor.... UNTOUCHABLE...
krn industri otomotip bener" ditopang sama 2 kongolomerasi tsb
klo di stop collateral effectnya begimana tuh, bisa" demo
aplg kan TMC juga ga specify kapan ni problem bakal kelar, dia orang aja dijepang ampe ngempanin & kasih duit ke supplier + sub con nya. brp tuh duit yg harus dikeluarin
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Wed Sep 28, 2022 4:23
- Location: TangSel
- Daily Vehicle: Hyundai Santa Fe TM 18 CRDi
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
siapapun yang akan terpilih tetap akan ikut order/perintah dari "9 n**a", A***A adalah salah satunya...Suryaputra wrote: ↑Thu Dec 28, 2023 3:56 yes mau ganti pemerintah pun gak akan bisa ngubah apapun,
apalagi klo pemerintah didukung sm banyak perusahaan dan TBK pula.
balik lg ke kita
jadi sebelum milih calon pemerintah 2024, lihat aja pemerintah didukung TBK siapa aja
jadi setidaknya bisa manage expektasi,
choose the lesser of many capitals (.tbk)
kenapa begitu? karena efek domino yang dihasilkan kalau salah satu dari taipan - taipan ini "ga dikasih jalan" bisa merembet kemana - kemana...
assembly otomotif, perlu manufacturing rubber / timah / besi / dsb, dibuat sub - sub PT kecil yang impact juga ke "kelas menengah", juga secara tidak langsung impact ke "kelas buruh pabrik", yang ujung nya impact ke warung makan kecil dan impact ke petani... merembet ke semua sector..
Perbankan mampet karena PT g bisa bayar Loan, pegawai lay off, daya beli turun, produksi UMKM ga laku... dst...
Fyi, yang pesan standar safety seperti itu ya yang punya kepentinganb0ku wrote: ↑Thu Dec 28, 2023 4:00 ngapain di colek di sini stdnya safetynya aja cuma sekadar suruh pasang balon doank jadi bener kok di indo gak ngepek karena regulasinya gak ada ngatur hasil crash test kudu ranting berapa kalo ada itu kaleng agya sama alya gak boleh dijual disini jd aman2x aja dijual disini, belom ngomongin bajaj kurnia
kalau dibuat standar safety yang tinggi, otomatis biaya produksi meningkat, cuan menipis...
banya orang tidak sadar bahwa "populasi" itu salah satu komoditas Indonesia... bisa
tidak dalam bentuk perdagangan tapi dalam bentuk "konsumtif"...
swasta yang "menjalankan" sektor ekonomi dari level konglomerasi sampai grass root... siapapun pemimpin nya, tetap swasta yang dibutuhkan...kendibocor wrote: ↑Thu Dec 28, 2023 4:52
Selama negara demokrasi dan tiap campaign calon2nya disokong sama konglomerasi ya ga bakalan negara berani tegas sama mereka sama kayak ke masyarakat kecil. Semua negara demokasi jg gitu sampe si ke si amrik. Satu2nya cara bwat kasih social punishment sama swasta yg nakalan tp lolos dari hukuman ya cukup jgn dibeli produknya. Tp jgn banyak berharap lah sama masyarakat wakandah yg emang demen dikasi barang subpar yg penting banyak gimmick.
Kalo mau negara berkuasa mutlak dan swasta ga bs seenaknya ya harus jadi negara2 semi sosialis (RRT, russia) atau ya sekalian sosialis absolut (korut)
jadi setidaknya bisa manage expektasi,
choose the lesser of many capitals (.tbk)
paling gampang dilihat contoh TangSel, mana berkembang daerah nya kalau swasta besar itu tidak garap lebih dari 50% tanah disana...pemerintah dibuat "harus" kasih izin, karena memang ketidakmampuan dalam banyak aspek (keuangan, tata kelola, management, dsb)
bisa dibilang, "demokrasi kapitalis", apapun dan siapapun yang jadi "kepala" tetap konglomerasi "tuan" nya...Krucilatoz wrote: ↑Thu Dec 28, 2023 11:46 Di point ini jadi merasa ada benarnya juga statement "demokrasi di Indonesia sedang tidak baik" karena di parlemen ga ada oposisi, UU kontroversial macam omnibus ya bablas aja sehingga bikin demo berulang-ulang, sidang MK, sampai revisi UU.
ini collateral effect nya... kebayang domino effect nya bisa sampai hampir 50% populasi indonesia...darrelund wrote: ↑Thu Dec 28, 2023 14:30 makanya oe jg mikirnya kesitu, kenapa dia orang cuma sehari stopnya
krn industri otomotip bener" ditopang sama 2 kongolomerasi tsb
klo di stop collateral effectnya begimana tuh, bisa" demo
aplg kan TMC juga ga specify kapan ni problem bakal kelar, dia orang aja dijepang ampe ngempanin & kasih duit ke supplier + sub con nya. brp tuh duit yg harus dikeluarin
tidak bisa di proyeksikan / disimulasikan besar nya genggaman konglomerasi kita...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11261
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
Totally make sense.Shyn16 wrote: ↑Fri Dec 29, 2023 4:05siapapun yang akan terpilih tetap akan ikut order/perintah dari "9 n**a", A***A adalah salah satunya...Suryaputra wrote: ↑Thu Dec 28, 2023 3:56 yes mau ganti pemerintah pun gak akan bisa ngubah apapun,
apalagi klo pemerintah didukung sm banyak perusahaan dan TBK pula.
balik lg ke kita
jadi sebelum milih calon pemerintah 2024, lihat aja pemerintah didukung TBK siapa aja
jadi setidaknya bisa manage expektasi,
choose the lesser of many capitals (.tbk)
kenapa begitu? karena efek domino yang dihasilkan kalau salah satu dari taipan - taipan ini "ga dikasih jalan" bisa merembet kemana - kemana...
assembly otomotif, perlu manufacturing rubber / timah / besi / dsb, dibuat sub - sub PT kecil yang impact juga ke "kelas menengah", juga secara tidak langsung impact ke "kelas buruh pabrik", yang ujung nya impact ke warung makan kecil dan impact ke petani... merembet ke semua sector..
Perbankan mampet karena PT g bisa bayar Loan, pegawai lay off, daya beli turun, produksi UMKM ga laku... dst...
Fyi, yang pesan standar safety seperti itu ya yang punya kepentinganb0ku wrote: ↑Thu Dec 28, 2023 4:00 ngapain di colek di sini stdnya safetynya aja cuma sekadar suruh pasang balon doank jadi bener kok di indo gak ngepek karena regulasinya gak ada ngatur hasil crash test kudu ranting berapa kalo ada itu kaleng agya sama alya gak boleh dijual disini jd aman2x aja dijual disini, belom ngomongin bajaj kurnia
kalau dibuat standar safety yang tinggi, otomatis biaya produksi meningkat, cuan menipis...
banya orang tidak sadar bahwa "populasi" itu salah satu komoditas Indonesia... bisa
tidak dalam bentuk perdagangan tapi dalam bentuk "konsumtif"...
swasta yang "menjalankan" sektor ekonomi dari level konglomerasi sampai grass root... siapapun pemimpin nya, tetap swasta yang dibutuhkan...kendibocor wrote: ↑Thu Dec 28, 2023 4:52
Selama negara demokrasi dan tiap campaign calon2nya disokong sama konglomerasi ya ga bakalan negara berani tegas sama mereka sama kayak ke masyarakat kecil. Semua negara demokasi jg gitu sampe si ke si amrik. Satu2nya cara bwat kasih social punishment sama swasta yg nakalan tp lolos dari hukuman ya cukup jgn dibeli produknya. Tp jgn banyak berharap lah sama masyarakat wakandah yg emang demen dikasi barang subpar yg penting banyak gimmick.
Kalo mau negara berkuasa mutlak dan swasta ga bs seenaknya ya harus jadi negara2 semi sosialis (RRT, russia) atau ya sekalian sosialis absolut (korut)
jadi setidaknya bisa manage expektasi,
choose the lesser of many capitals (.tbk)
paling gampang dilihat contoh TangSel, mana berkembang daerah nya kalau swasta besar itu tidak garap lebih dari 50% tanah disana...pemerintah dibuat "harus" kasih izin, karena memang ketidakmampuan dalam banyak aspek (keuangan, tata kelola, management, dsb)
bisa dibilang, "demokrasi kapitalis", apapun dan siapapun yang jadi "kepala" tetap konglomerasi "tuan" nya...Krucilatoz wrote: ↑Thu Dec 28, 2023 11:46 Di point ini jadi merasa ada benarnya juga statement "demokrasi di Indonesia sedang tidak baik" karena di parlemen ga ada oposisi, UU kontroversial macam omnibus ya bablas aja sehingga bikin demo berulang-ulang, sidang MK, sampai revisi UU.
ini collateral effect nya... kebayang domino effect nya bisa sampai hampir 50% populasi indonesia...darrelund wrote: ↑Thu Dec 28, 2023 14:30 makanya oe jg mikirnya kesitu, kenapa dia orang cuma sehari stopnya
krn industri otomotip bener" ditopang sama 2 kongolomerasi tsb
klo di stop collateral effectnya begimana tuh, bisa" demo
aplg kan TMC juga ga specify kapan ni problem bakal kelar, dia orang aja dijepang ampe ngempanin & kasih duit ke supplier + sub con nya. brp tuh duit yg harus dikeluarin
tidak bisa di proyeksikan / disimulasikan besar nya genggaman konglomerasi kita...
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 569
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
30 tahun melakukan penipuan,
Gini amat sih pabrikan mobil "murah" nippon
Malu2in aja, harusnya lebih parah dari dieselgate nya vw ini
Gini amat sih pabrikan mobil "murah" nippon
Malu2in aja, harusnya lebih parah dari dieselgate nya vw ini
Present
R20A 5AT 08 / Shell Aspira SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Shell Aspira SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
Jarang jadi langganan top safety pick. Hahahaha. Ternyata yang murah malah nipu.
Koar koar tnga dnga dibanggain ampe kayak mutakhir bgt, itu buset sebelah2 honda mazda ampe nissan aja sasisnya udah setara tnga dnga dari kapan lalu
Sportcars aja boleh minta bikinin tetangga, skalinya bikin sendiri rugi krn excessive time and resource to develop mesinnya aja msh bikinan yamaha
Last edited by ChZ on Fri Dec 29, 2023 16:24, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
Hard truth nyadarrelund wrote: ↑Thu Dec 28, 2023 14:27 prioritas beda jg karena pemerintahnya cuek, lain sama developed countries banyak rules ina itu baik utk driver & pabrikan. makanya dia orang jg jadi aware
di ozzies emg banyak mobil yg ber adas, biar nilai ncapnya naik. klo dibilang untung buat konsumen sih iya dan engga. iya jadi safe, engganya krn mobil makin mahal
saking lawaknya sampe mobil alibaba pun boleh jualan klo disini, hasil ncapnya minus kali tuh mobil
Developed countries emang paling enak buat jualan barang dengan kualitas di bawah standar. Pejabatnya preman berdasi, modal setoran aja jalan terus. Makanya bener tuh kalo ada yg bilang kemiskinan dan kebodohan itu dipiara terus. Kalo orang pinter dan makmur kaga bakal mau pake barang begitu.
Keuntungannya ya buat greenwashing di negara lain yang lbh melek safety dan environment
Yang ampasnya dijual dimari
Praktek serupa oil company bayarin NGO buat greenwashing di tempat lain
Sayangnya hampir semua big companies praktiknya serupa. Makin besar skala bisnis integritas makin nggak ada nilainya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7579
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
ada 2 cara menutup rugi **
-pakek duit sendiri
-pakek duit insurance
cara yg kedua ya niru volkswagen ... lepasin whistleblower suruh dia nyanyi didepan watchdog agency bhw mrk bgini bgitu abis itu manufacturing mrk tutup kalo perlu workforce downsize
ncap susah ditipu krn ini ttg safety n beda urusan emission (vw) yg ga ada urusan dgn multidimensional crash testing
lagian ga ada yg suruh daihats u manufacturing shutdown / factory closure. udah berthn-thn bayar polis insurance rugi dong kalo ga pernah cair sama skali.
**market mengecil krn south africa n mexico tdk lg ambil avanza n mrk pilih rebrand dr suzuki (ertiga) sementara daihats hanya punya main market jdm, indo n malay (zhonghwa udah ditutup apalagi uk n eu)
-pakek duit sendiri
-pakek duit insurance
cara yg kedua ya niru volkswagen ... lepasin whistleblower suruh dia nyanyi didepan watchdog agency bhw mrk bgini bgitu abis itu manufacturing mrk tutup kalo perlu workforce downsize
ncap susah ditipu krn ini ttg safety n beda urusan emission (vw) yg ga ada urusan dgn multidimensional crash testing
lagian ga ada yg suruh daihats u manufacturing shutdown / factory closure. udah berthn-thn bayar polis insurance rugi dong kalo ga pernah cair sama skali.
**market mengecil krn south africa n mexico tdk lg ambil avanza n mrk pilih rebrand dr suzuki (ertiga) sementara daihats hanya punya main market jdm, indo n malay (zhonghwa udah ditutup apalagi uk n eu)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 179
- Joined: Sun Aug 09, 2015 0:58
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
Kalo begini apa mungkin exit strategy nya toyota offer daihatsu ke suzuki mbahnewrubble wrote: ↑Sat Dec 30, 2023 1:20 ada 2 cara menutup rugi **
-pakek duit sendiri
-pakek duit insurance
cara yg kedua ya niru volkswagen ... lepasin whistleblower suruh dia nyanyi didepan watchdog agency bhw mrk bgini bgitu abis itu manufacturing mrk tutup kalo perlu workforce downsize
ncap susah ditipu krn ini ttg safety n beda urusan emission (vw) yg ga ada urusan dgn multidimensional crash testing
lagian ga ada yg suruh daihats u manufacturing shutdown / factory closure. udah berthn-thn bayar polis insurance rugi dong kalo ga pernah cair sama skali.
**market mengecil krn south africa n mexico tdk lg ambil avanza n mrk pilih rebrand dr suzuki (ertiga) sementara daihats hanya punya main market jdm, indo n malay (zhonghwa udah ditutup apalagi uk n eu)
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Fri Aug 05, 2022 8:25
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Xpanther
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
sudah jd rahasia umum di negara kita tertjintah
Somehow gw jd kepikiran, apakah astra group ini merupakan necessary evil dlm mata rantai perekonomian kita?Shyn16 wrote: ↑Fri Dec 29, 2023 4:05siapapun yang akan terpilih tetap akan ikut order/perintah dari "9 n**a", A***A adalah salah satunya...Suryaputra wrote: ↑Thu Dec 28, 2023 3:56 yes mau ganti pemerintah pun gak akan bisa ngubah apapun,
apalagi klo pemerintah didukung sm banyak perusahaan dan TBK pula.
balik lg ke kita
jadi sebelum milih calon pemerintah 2024, lihat aja pemerintah didukung TBK siapa aja
jadi setidaknya bisa manage expektasi,
choose the lesser of many capitals (.tbk)
kenapa begitu? karena efek domino yang dihasilkan kalau salah satu dari taipan - taipan ini "ga dikasih jalan" bisa merembet kemana - kemana...
assembly otomotif, perlu manufacturing rubber / timah / besi / dsb, dibuat sub - sub PT kecil yang impact juga ke "kelas menengah", juga secara tidak langsung impact ke "kelas buruh pabrik", yang ujung nya impact ke warung makan kecil dan impact ke petani... merembet ke semua sector..
Perbankan mampet karena PT g bisa bayar Loan, pegawai lay off, daya beli turun, produksi UMKM ga laku... dst...
Fyi, yang pesan standar safety seperti itu ya yang punya kepentinganb0ku wrote: ↑Thu Dec 28, 2023 4:00 ngapain di colek di sini stdnya safetynya aja cuma sekadar suruh pasang balon doank jadi bener kok di indo gak ngepek karena regulasinya gak ada ngatur hasil crash test kudu ranting berapa kalo ada itu kaleng agya sama alya gak boleh dijual disini jd aman2x aja dijual disini, belom ngomongin bajaj kurnia
kalau dibuat standar safety yang tinggi, otomatis biaya produksi meningkat, cuan menipis...
banya orang tidak sadar bahwa "populasi" itu salah satu komoditas Indonesia... bisa
tidak dalam bentuk perdagangan tapi dalam bentuk "konsumtif"...
swasta yang "menjalankan" sektor ekonomi dari level konglomerasi sampai grass root... siapapun pemimpin nya, tetap swasta yang dibutuhkan...kendibocor wrote: ↑Thu Dec 28, 2023 4:52
Selama negara demokrasi dan tiap campaign calon2nya disokong sama konglomerasi ya ga bakalan negara berani tegas sama mereka sama kayak ke masyarakat kecil. Semua negara demokasi jg gitu sampe si ke si amrik. Satu2nya cara bwat kasih social punishment sama swasta yg nakalan tp lolos dari hukuman ya cukup jgn dibeli produknya. Tp jgn banyak berharap lah sama masyarakat wakandah yg emang demen dikasi barang subpar yg penting banyak gimmick.
Kalo mau negara berkuasa mutlak dan swasta ga bs seenaknya ya harus jadi negara2 semi sosialis (RRT, russia) atau ya sekalian sosialis absolut (korut)
jadi setidaknya bisa manage expektasi,
choose the lesser of many capitals (.tbk)
paling gampang dilihat contoh TangSel, mana berkembang daerah nya kalau swasta besar itu tidak garap lebih dari 50% tanah disana...pemerintah dibuat "harus" kasih izin, karena memang ketidakmampuan dalam banyak aspek (keuangan, tata kelola, management, dsb)
bisa dibilang, "demokrasi kapitalis", apapun dan siapapun yang jadi "kepala" tetap konglomerasi "tuan" nya...Krucilatoz wrote: ↑Thu Dec 28, 2023 11:46 Di point ini jadi merasa ada benarnya juga statement "demokrasi di Indonesia sedang tidak baik" karena di parlemen ga ada oposisi, UU kontroversial macam omnibus ya bablas aja sehingga bikin demo berulang-ulang, sidang MK, sampai revisi UU.
ini collateral effect nya... kebayang domino effect nya bisa sampai hampir 50% populasi indonesia...darrelund wrote: ↑Thu Dec 28, 2023 14:30 makanya oe jg mikirnya kesitu, kenapa dia orang cuma sehari stopnya
krn industri otomotip bener" ditopang sama 2 kongolomerasi tsb
klo di stop collateral effectnya begimana tuh, bisa" demo
aplg kan TMC juga ga specify kapan ni problem bakal kelar, dia orang aja dijepang ampe ngempanin & kasih duit ke supplier + sub con nya. brp tuh duit yg harus dikeluarin
tidak bisa di proyeksikan / disimulasikan besar nya genggaman konglomerasi kita...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 148
- Joined: Wed Sep 11, 2013 12:18
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4971
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
BEDA om itu fail karena equipmentnya gak bener aja liat aja uji crashnya dummynya lempeng semua hantem airbag coba loe liat toyota punya airbag sama dummy bisa saling ngehindarinJebmuldit wrote: ↑Sat Dec 30, 2023 9:29 https://auto.hindustantimes.com/auto/ca ... 62751.html
Sama saja..
lagian pilar Anya cukup kuat buat nahan coba toyota ud bengkok biasanya
mendingan liat dulu assesment mobilio bintang 0 strukturnya stabil di banding creta yang bintang 4 malah strukturnya kagak stabil
ya terang aja bintang 0 orang mobilonya gak pake airbag sedangkan creta lebih lengkap safety equipmentnya
kalo diliat assementnya bandingin sama yaris aja yaris strukturnya masuk kategori unstable sedangkan WRV masih masuk kategori stable
wrv
COMMENTS
Adult Occupant - Frontal impact: The protection offered to the driver and passenger head and neck was good. Driver and passenger chest showed adequate protection. Driver and passenger’s knees showed marginal protection as they can impact with dangerous structures behind the fascia. Driver tibias showed adequate protection and passenger´s tibias showed good protection. Footwell area was rated as stable. The bodyshell was rated as stable. Side impact: Head, abdomen and pelvis protection was good and chest protection was marginal. Side Pole Impact: was not performed as the car does not offer side head protection as standard. Whiplash: the seat showed good protection to the adult neck. UN R32: the car meets the rear impact structure requirements. AEB City: the car does not offer AEB City. Rescue sheet: not available.
coba liat yaris punya tahun sama
ini yang penting ntar kalo accidentnya diluar parameter crashtest kemungkinan survivenya lebih tinggi biasanya tinggal tambahin faktor luckFrontal impact: The protection offered to the driver and passenger head and neck was good. Driver’s chest showed marginal protection while passenger’s chest showed good protection. Driver and passenger’s knees showed marginal protection as they can impact with dangerous structures behind the fascia. Driver’s tibias showed good and adequate protection and passenger´s tibias showed good protection. Footwell area was rated as unstable. The bodyshell was rated as unstable and it is not capable of withstanding further loadings. Side impact: Head and pelvis protection was good while chest and abdomen protection was adequate. Side impact showed door opening. Side Pole Impact: was not performed as the car does not offer side head protection as standard. Whiplash: the seat showed marginal protection to the adult neck. UN R32: the car meets the rear impact structure requirements. AEB City: the car does not offer optional AEB city. Rescue sheet availability is not meeting Latin NCAP requirements.
dan jgn lupa bintang 1 ya apa adanya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
Ini emang hasil ncapnya jelek aja, mobil2 laen jg banyak yg crash testnya jelek. Masalah si dayatsu ini kan manipulasi dan ternyata bukan baru2 ini aja, udah 30thn lebih. Dan saat di pusatnya aja minta2 maaf dan hentiin produksi ada dayatsu di suatu negara (sebut aja wakanda) yg muka tembok bilang barang produksinya uda mematuhi std keamanan di wakanda. Ya ga salah sih soalnya di wakanda emang ga ada std keselamatan yg jelas.Jebmuldit wrote: ↑Sat Dec 30, 2023 9:29 https://auto.hindustantimes.com/auto/ca ... 62751.html
Sama saja..
https://www.google.com/amp/s/m.antarane ... eselamatan
Mau dipanggil, tp kok feeling ane cuman dramaan doang tar hasilnya ya regulator nyatain aman, nama bersih lg, jualan lancar lg
Butuh dana buat beli M4
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 501
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
Benernya disini Astra malah korban sih, dia kan cuma tukang jahit ama tukang jual. Desain full dari DMC, testing sebelum masspro juga full di DMC. Mentok ADM cuma desain proses manufacturing doang, udah gitu 60% ADM ada di DMC, jd final decision tetep ada di DMC.
Benernya yang goblog kwadrat dan bego pangkat empat itu top management Astra, dimatiin pelan2 ama TMC diem2 aja. Manufacturing arm dah bubar, TMMIN cuma bikin jinix (pelos kan DNG), kalo gak dapet orderan RAV4 atau Kluger bentar lagi bubar, ADM kena musibah NCAP (jangan2 sengaja ama TMC), bentar lagi bubar. ATPM cuma dikasih separuh atau kurang (TAM 50%, ADM cuma 40%).
Kayaknya kedepan Astra cuma disuruh jualan jadi dealer biasa doang, udah kejadian ama BMW dan Astra diem2 bae. Jualan itu kayaknya doang margin gede, kalo yg dijual produk generik dan harus dijual pake diskon, margin setipis tisu dibelah dua, udah gitu harus nanggung ongkos showroom, karyawan, printilan2 lain. Kalo ada yg main saham, dan rajin baca lapkeu, cek aja laporan 2012 waktu Auto2000 masih ATPM sama sekarang cuma dealer biasa.
Coba top manajemen pinter dan punya nyali untuk baca tanda2 jaman ngerti kalo TMC salah belok dan charting path ke EV, bisa jadi sekarang dah masuk jalur EV dengan baik dan benar, entah JV manufacturing+ATPM mobil. Atau lebih yahud lagi jd OEM battery, anak Astra, United Tractors kan investasi besar2an di nikel, sayang Astra ndak ada tanda2 JV OEM batere. Jadi kesimpulan, skandal ini (sengaja gak sengaja si TMC), kayaknya bakal jadi sandekala Astra di 4W......
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 148
- Joined: Wed Sep 11, 2013 12:18
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
Ternyata sama
"The Honda City achieved four stars for adult with 12.03 points and child occupant protection with 38.27 points. The City was also tested in its most basic variant with two frontal airbags, ISOFIX anchorages and ABS. During the assessment it showed an unstable structure and footwell area, good child occupant protection."
https://www.motoroids.com/news/honda-ja ... obal-ncap/
Atau saya salah arti kan? Maklum bahasa asing saya pas2an ..
"The Honda City achieved four stars for adult with 12.03 points and child occupant protection with 38.27 points. The City was also tested in its most basic variant with two frontal airbags, ISOFIX anchorages and ABS. During the assessment it showed an unstable structure and footwell area, good child occupant protection."
https://www.motoroids.com/news/honda-ja ... obal-ncap/
Atau saya salah arti kan? Maklum bahasa asing saya pas2an ..
cats catcher
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
Samanya dimana ya om?Jebmuldit wrote: ↑Sun Dec 31, 2023 3:20 Ternyata sama
"The Honda City achieved four stars for adult with 12.03 points and child occupant protection with 38.27 points. The City was also tested in its most basic variant with two frontal airbags, ISOFIX anchorages and ABS. During the assessment it showed an unstable structure and footwell area, good child occupant protection."
https://www.motoroids.com/news/honda-ja ... obal-ncap/
Atau saya salah arti kan? Maklum bahasa asing saya pas2an ..
Sooner or later semua akan mobcin kayaknya omBibieight wrote: ↑Sun Dec 31, 2023 1:44Benernya disini Astra malah korban sih, dia kan cuma tukang jahit ama tukang jual. Desain full dari DMC, testing sebelum masspro juga full di DMC. Mentok ADM cuma desain proses manufacturing doang, udah gitu 60% ADM ada di DMC, jd final decision tetep ada di DMC.
Benernya yang goblog kwadrat dan bego pangkat empat itu top management Astra, dimatiin pelan2 ama TMC diem2 aja. Manufacturing arm dah bubar, TMMIN cuma bikin jinix (pelos kan DNG), kalo gak dapet orderan RAV4 atau Kluger bentar lagi bubar, ADM kena musibah NCAP (jangan2 sengaja ama TMC), bentar lagi bubar. ATPM cuma dikasih separuh atau kurang (TAM 50%, ADM cuma 40%).
Kayaknya kedepan Astra cuma disuruh jualan jadi dealer biasa doang, udah kejadian ama BMW dan Astra diem2 bae. Jualan itu kayaknya doang margin gede, kalo yg dijual produk generik dan harus dijual pake diskon, margin setipis tisu dibelah dua, udah gitu harus nanggung ongkos showroom, karyawan, printilan2 lain. Kalo ada yg main saham, dan rajin baca lapkeu, cek aja laporan 2012 waktu Auto2000 masih ATPM sama sekarang cuma dealer biasa.
Coba top manajemen pinter dan punya nyali untuk baca tanda2 jaman ngerti kalo TMC salah belok dan charting path ke EV, bisa jadi sekarang dah masuk jalur EV dengan baik dan benar, entah JV manufacturing+ATPM mobil. Atau lebih yahud lagi jd OEM battery, anak Astra, United Tractors kan investasi besar2an di nikel, sayang Astra ndak ada tanda2 JV OEM batere. Jadi kesimpulan, skandal ini (sengaja gak sengaja si TMC), kayaknya bakal jadi sandekala Astra di 4W......
Tanda2 penjualan mopang makin menurun keliatan kok. Biarvi diskon gila2an (emang dari dlu ga laku sih), papanjah ga kacang goreng kayak dlu, agay alay baru jg jarang liat ga kaya dlu tiap buka pintu rumah uda nongol tuh 2 spesies. Tiap ganti gen, harga makin naek tp daya beli masyarakat disini2 aja. Kalo harga makin naek trus makin kegerus lah tuh penjualan, jualan elcegece doang akhirannya yg katanya margin tipis
Butuh dana buat beli M4
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 774
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
Alamat harga bekas agya,brio,ertiga,brv,wrv,rocky,avanza,xpander meroket naik lagi kalo sampe produk daihatsu&toyota di indo stop jualan
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 148
- Joined: Wed Sep 11, 2013 12:18
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
Ya makanya dibaca dong kan sama saja, sama2 bintang 4 tapi struktur kagak stabilb0ku wrote: ↑Sat Dec 30, 2023 10:13
mendingan liat dulu assesment mobilio bintang 0 strukturnya stabil di banding creta yang bintang 4 malah strukturnya kagak stabil
ya terang aja bintang 0 orang mobilonya gak pake airbag sedangkan creta lebih lengkap safety equipmentnya
kalo diliat assementnya bandingin sama yaris aja yaris strukturnya masuk kategori unstable sedangkan WRV masih masuk kategori stable
Jebmuldit wrote: ↑Sun Dec 31, 2023 3:20 Ternyata sama
"The Honda City achieved four stars for adult with 12.03 points and child occupant protection with 38.27 points. The City was also tested in its most basic variant with two frontal airbags, ISOFIX anchorages and ABS. During the assessment it showed an unstable structure and footwell area, good child occupant protection."
https://www.motoroids.com/news/honda-ja ... obal-ncap/
Atau saya salah arti kan? Maklum bahasa asing saya pas2an ..
cats catcher
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11261
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
MenarikJebmuldit wrote: ↑Sun Dec 31, 2023 4:57Ya makanya dibaca dong kan sama saja, sama2 bintang 4 tapi struktur kagak stabilb0ku wrote: ↑Sat Dec 30, 2023 10:13
mendingan liat dulu assesment mobilio bintang 0 strukturnya stabil di banding creta yang bintang 4 malah strukturnya kagak stabil
ya terang aja bintang 0 orang mobilonya gak pake airbag sedangkan creta lebih lengkap safety equipmentnya
kalo diliat assementnya bandingin sama yaris aja yaris strukturnya masuk kategori unstable sedangkan WRV masih masuk kategori stable
Jebmuldit wrote: ↑Sun Dec 31, 2023 3:20 Ternyata sama
"The Honda City achieved four stars for adult with 12.03 points and child occupant protection with 38.27 points. The City was also tested in its most basic variant with two frontal airbags, ISOFIX anchorages and ABS. During the assessment it showed an unstable structure and footwell area, good child occupant protection."
https://www.motoroids.com/news/honda-ja ... obal-ncap/
Atau saya salah arti kan? Maklum bahasa asing saya pas2an ..
Cuma jazz yg malah stabil ya dia bilang?
Emang bener, mobil city car tuh yg safe jgn lewat dr 80-100 kph lah
Namanya jg city car
Itu br 60 kph padahal testnya
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 148
- Joined: Wed Sep 11, 2013 12:18
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
Menarik juga, oom ada baca..Suryaputra wrote: ↑Sun Dec 31, 2023 5:29MenarikJebmuldit wrote: ↑Sun Dec 31, 2023 4:57Ya makanya dibaca dong kan sama saja, sama2 bintang 4 tapi struktur kagak stabilb0ku wrote: ↑Sat Dec 30, 2023 10:13
mendingan liat dulu assesment mobilio bintang 0 strukturnya stabil di banding creta yang bintang 4 malah strukturnya kagak stabil
ya terang aja bintang 0 orang mobilonya gak pake airbag sedangkan creta lebih lengkap safety equipmentnya
kalo diliat assementnya bandingin sama yaris aja yaris strukturnya masuk kategori unstable sedangkan WRV masih masuk kategori stable
Jebmuldit wrote: ↑Sun Dec 31, 2023 3:20 Ternyata sama
"The Honda City achieved four stars for adult with 12.03 points and child occupant protection with 38.27 points. The City was also tested in its most basic variant with two frontal airbags, ISOFIX anchorages and ABS. During the assessment it showed an unstable structure and footwell area, good child occupant protection."
https://www.motoroids.com/news/honda-ja ... obal-ncap/
Atau saya salah arti kan? Maklum bahasa asing saya pas2an ..
Cuma jazz yg malah stabil ya dia bilang?
Emang bener, mobil city car tuh yg safe jgn lewat dr 80-100 kph lah
Namanya jg city car
Itu br 60 kph padahal testnya
Macam gini donk, lihat baru respons... Sekali lagi
cats catcher
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4971
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
YA loe liat hampir semua korea strukturnya malah kagak stabil om cek aja semuanya honda cuma city doank tapi lucunya rantingnya diatas jazz ya efek equipmentnya lebih komplit
lagian di india ud gen 5 gen 4 masih dijual sih cuma barengan sama gen 5
jazz stable kan??? , mobilio stable padahal bintang 0
kalo mobil korea ampir semua unstable
toyota biasa cuma biar lulus dapet ranting bagus aja makanya pas tiba2x IIHS ada small overlap toyota mobilnya babak belur semua honda yang ud siap di model2x 2012 keatasnya
ya lagian paling ketara agya ayla aja dulua GIIAS mereka dengan bangganya pamerin chasisnya di cut sya liat buset itu chasis apa kaleng
ud gitu avanza juga kan awal keluar kaleng belakangan di akalin body shellnya di bikin tebel kayak mobil mahal padahal gak ngaruh yang ngaruh kan kerangka dalemnya dulu saya bawa chevrolet kokoh solid banget cuma kalo ud manuver rigidnya jauh sama honda, honda fokus bikin struktur kuat dan ringan makannya mobilnya ya kaleng bmw aja yang baru2x malah kaleng ya iya masa body di tebelin yang ada boros bbm sama bikin understerr kalo pelan pas kenceng jd oversterr
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4971
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
MOBIL china dari mane om???? merek china cuma kenceng jualan listrik doank itu aja gak ada ape2xnya bukanya avanza brv pasarnya di makan mitsubishi pantengin aja jualan esblender belom ntar XFORCE lagi bisa kayak kacang goreng mau jadi juara 2 pun tetep aja imbasnya ke market HRV padahal saya ud liat di jalan pas kena gajlukan gerakan bodynya amit2x dah tuh suspensi empuk bangetkendibocor wrote: ↑Sun Dec 31, 2023 3:44 Sooner or later semua akan mobcin kayaknya om
Tanda2 penjualan mopang makin menurun keliatan kok. Biarvi diskon gila2an (emang dari dlu ga laku sih), papanjah ga kacang goreng kayak dlu, agay alay baru jg jarang liat ga kaya dlu tiap buka pintu rumah uda nongol tuh 2 spesies. Tiap ganti gen, harga makin naek tp daya beli masyarakat disini2 aja. Kalo harga makin naek trus makin kegerus lah tuh penjualan, jualan elcegece doang akhirannya yg katanya margin tipis
agya ayla keknya abis ama brio brio taon ini mobil terlaris supringsly lagian kan ada opsi 7 seater jd bukan cuma brio aja yang makan agya tapi cayla sama sigranya juga makan banyak itu mungkin kalo duo kaleng 7 seat gak exist agya ayla masih juara satu diatas brio kali
jd sebenernya marketnya gak kemana2x cuma di makan sama merek itu2x aja karena line upnya makin banyak jd jualannya kesannya seret padahal as whole brand mereka jualan lebih gila2xan naek di banding 10thnan lalu yang kek honda aja kerjaannya cuma jualan JAZZ, FREED, CITY, CIPIK, CRV ACCORD, VS avanza, yaris vios, innova, fortuner, altis, camry liat aja line up toyota vs honda 10thn lalu banyakan jual mobil niaga siapa??? tahun segitu mitsubishi cuma ngandelin jualan L300 sama fuso ,pajero outlander doank emang mitsu itu di indo belakangan suksess banget biarpun di global marketnya ud babak belur kayak perusahaan idup segan mati juga kagak mau
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 501
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
Kalo urusan drivetrain & chassis, kayaknya kedepannya mobil untuk orang kebanyakan udah gak liat di aspek teknis macam rigidity dan responsiveness ya ?. Kalo safety kayaknya kedepan yg diliat overall package, mencegah crash, kalo sampe crash yg penting occupant selamet.
Ada assist system kyk ESP, VSC berarti ndak ada cerita over-under steer kan ?, dipush keluar envelope juga ndak bisa, lsg dicut sm VSC-nya kan. Lagian, umpama assist system bisa improve rigidity ngapain pabrik inves dies sama welding tools besar2an buat bikin chassis yg rigid ?, belum tuning suspensi-nya.
Terus 99% mobil kan dipake orang dari point A ke point B, ditengah2 harus ikut aturan2 yg ada (speed limit, give way, overtaking), nah kalo bisa diatur software biar orang patuh, logis kan NCAP mobil bersoftware lebih tinggi.
Seminggu pake Camry, Polestar 2 sama Tesla, yg 2 terakhir si memang jadi berasa ndak ada beda, karakteristik bukan di combo drivetrain + chassis, tapi di softwarenya. Nah kalo udah di software, pabrikan bakal lebih mudah idupnya, soalnya tweak software lebih mudah drpd desain chassis + drivetrain. Nah si Jepun2 itu yg bakal cilaka, mereka entah kenapa bukan developer software yg handal....
Ada assist system kyk ESP, VSC berarti ndak ada cerita over-under steer kan ?, dipush keluar envelope juga ndak bisa, lsg dicut sm VSC-nya kan. Lagian, umpama assist system bisa improve rigidity ngapain pabrik inves dies sama welding tools besar2an buat bikin chassis yg rigid ?, belum tuning suspensi-nya.
Terus 99% mobil kan dipake orang dari point A ke point B, ditengah2 harus ikut aturan2 yg ada (speed limit, give way, overtaking), nah kalo bisa diatur software biar orang patuh, logis kan NCAP mobil bersoftware lebih tinggi.
Seminggu pake Camry, Polestar 2 sama Tesla, yg 2 terakhir si memang jadi berasa ndak ada beda, karakteristik bukan di combo drivetrain + chassis, tapi di softwarenya. Nah kalo udah di software, pabrikan bakal lebih mudah idupnya, soalnya tweak software lebih mudah drpd desain chassis + drivetrain. Nah si Jepun2 itu yg bakal cilaka, mereka entah kenapa bukan developer software yg handal....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4971
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
dari dulu juga kagak diliat om makannya dulu saya hujat toyota karena tukang sunat chasis pada gak terima tetep aja di puja2x gak usah jauh2x aja lah itu mobil china xpander ciri2xnya kan sama body shell tebel cuma chasisnya parah itu malah kek mitsu makin kesini makin hobby keknya pasang per maenan di mobilnya alias ngejual kenyamananBibieight wrote: ↑Sun Dec 31, 2023 7:50 Kalo urusan drivetrain & chassis, kayaknya kedepannya mobil untuk orang kebanyakan udah gak liat di aspek teknis macam rigidity dan responsiveness ya ?. Kalo safety kayaknya kedepan yg diliat overall package, mencegah crash, kalo sampe crash yg penting occupant selamet.
Ada assist system kyk ESP, VSC berarti ndak ada cerita over-under steer kan ?, dipush keluar envelope juga ndak bisa, lsg dicut sm VSC-nya kan. Lagian, umpama assist system bisa improve rigidity ngapain pabrik inves dies sama welding tools besar2an buat bikin chassis yg rigid ?, belum tuning suspensi-nya.
Terus 99% mobil kan dipake orang dari point A ke point B, ditengah2 harus ikut aturan2 yg ada (speed limit, give way, overtaking), nah kalo bisa diatur software biar orang patuh, logis kan NCAP mobil bersoftware lebih tinggi.
Seminggu pake Camry, Polestar 2 sama Tesla, yg 2 terakhir si memang jadi berasa ndak ada beda, karakteristik bukan di combo drivetrain + chassis, tapi di softwarenya. Nah kalo udah di software, pabrikan bakal lebih mudah idupnya, soalnya tweak software lebih mudah drpd desain chassis + drivetrain. Nah si Jepun2 itu yg bakal cilaka, mereka entah kenapa bukan developer software yg handal....
tapi mobil makin banyak komputernya buat sekarang masih di hindarin sama orang2x yang punya mobil yang penting gelinding liatin aja top20 di indo semua mobil kelas raw semua apalagi duo suv kaleng kembar kenapa bisa laris??, karena simple gak banyak drama komputer........
ud denger belom reborn aja bulan kemaren ngalahin jualannya jinix
Last edited by b0ku on Sun Dec 31, 2023 8:01, edited 1 time in total.