mohon info City-tipe Z
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 213
- Joined: Wed Oct 25, 2006 9:42
- Location: Surabaya
mohon info City-tipe Z
tolong info yg udah pernah make mobil ini bgm komentarnya dr semua segi handling , kenyamanan, konsumsi BBM skr, tarikan, pengereman dll. mulai thn berapa s/d brp keluaran mbl ini & apa beda specnya dgn Persona?
thx a lot
thx a lot
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
gw gak pernah punya type z tapi pernah bawa beberapa minggu punya temen, setahu gw mesin typez VTEC dan persona non VTEC, yang mereka sebut hyper engine... gak tahu artinya apaan.... VTEC nya VTEC SOHC murni bukan VTEC 12/16v seperti punya new city/ jazz, so tenaga dan tendangan nya lebih oke (kalo gak salah type z VTEC sekitar 115PS dan persona 95 PS)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Tul kata om Piterrr, dan juga kalo engga salah pelek nya juga beda tuh ukuran sama modelnya CMIIW. Interior sih sama....
type z pertama kali keluar tahun 2000 bro dan yang paling mudanya sekitar 2003 awal ...pas sebelon new city keluar.
Minor facelift nya sekitar tahun 2002: dashboardnya jadi warna beige, ditambahin fog lights, dan juga kayanya pelekya juga beda deh sama yang model thn 2000.
Handling sih sama kaya mobil Honda pada umumnya: MANTAP...tapi suspensi agak keras. Overall, produk ini boleh lah direkomendasikan...
Saya dirumah ada yang matik bro, dan bisa dapet diatas 1:10 kalo bawanya nyantai.....tapi itu sih dulu ya, sekitar 3 tahun yang lalu, tau deh kalo sekarang.
type z pertama kali keluar tahun 2000 bro dan yang paling mudanya sekitar 2003 awal ...pas sebelon new city keluar.
Minor facelift nya sekitar tahun 2002: dashboardnya jadi warna beige, ditambahin fog lights, dan juga kayanya pelekya juga beda deh sama yang model thn 2000.
Handling sih sama kaya mobil Honda pada umumnya: MANTAP...tapi suspensi agak keras. Overall, produk ini boleh lah direkomendasikan...
Saya dirumah ada yang matik bro, dan bisa dapet diatas 1:10 kalo bawanya nyantai.....tapi itu sih dulu ya, sekitar 3 tahun yang lalu, tau deh kalo sekarang.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
Type Z:
D15 VTEC, siapkan 10juta, nih mesin uda jadi monster n.a. tambahin lagi, ganti cylinder head, rasain dah sentakan akselerasinya, percaya deh,
body/chassis, mantap lah, lumayan untuk harganya, ruang mesin cukup gede buat swap engine yg ukurannya lebih gede
suspensi: terlalu empuk nih bro, gw ikut sodara gw, lewat jalan gelombang siap2 aja kantong keresek buat luapan lambung yg digoncang-goncang, heheheheh
intinya potensi gede, cukupin duit aja, sodara gw pake upgrade knalpot abal2 kolong jembatan aja uda bisa trek2an ama civic 1.7
top speed tembus 180+ hampir 190
D15 VTEC, siapkan 10juta, nih mesin uda jadi monster n.a. tambahin lagi, ganti cylinder head, rasain dah sentakan akselerasinya, percaya deh,
body/chassis, mantap lah, lumayan untuk harganya, ruang mesin cukup gede buat swap engine yg ukurannya lebih gede
suspensi: terlalu empuk nih bro, gw ikut sodara gw, lewat jalan gelombang siap2 aja kantong keresek buat luapan lambung yg digoncang-goncang, heheheheh
intinya potensi gede, cukupin duit aja, sodara gw pake upgrade knalpot abal2 kolong jembatan aja uda bisa trek2an ama civic 1.7
top speed tembus 180+ hampir 190
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
80-90an ya kalo gak salah
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 98
- Joined: Fri Jul 27, 2007 9:51
- Location: Kalijudan 110 - 112
ikutan nimbrung nih....gw pemakai city z 2002. klo mesin aku bialng siiipp! tarikan jozzz....cuman rada kesempitan bila diisi 4 orang. btw bensin cukup irit 1 " 9 - 1:10 klo luar kota bisa sampai 13. oh ya gw punya manual...pengen ganti yang matic bisa ngga? habis berapa boss??? dimana tuh? rewel ngga klo diubah ke matic??? spare part original kah atau rombakan??
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
di thread mana gitu ada yg namanya EZClutch deh, gak tau yg di sini yg dulu make si bro Handa. 9juta bisa liat di koran2 otomotif
kabarnya yg matic gak sekencang manual punya kalo City... temen gw ada make
kabarnya yg matic gak sekencang manual punya kalo City... temen gw ada make
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1276
- Joined: Tue Mar 27, 2007 6:03
- Location: Just a second ahead....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 213
- Joined: Wed Oct 25, 2006 9:42
- Location: Surabaya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1276
- Joined: Tue Mar 27, 2007 6:03
- Location: Just a second ahead....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 646
- Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
- Location: Surabaya
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Mon Aug 16, 2004 1:50
Gw punya City type Z Vtec th 2000 Matic, kode mesinnya B15 (buku manual). nih mobil enaknya di RPM menengah sampai atas (>3000).Hikoza wrote:Kemaren pas gw test, gw liat kok kode mesinnya F15, ya?
Terus soal kaki2 bener kata bro Risol1, agak lemah. Btw brp harga shockbreaker untuk City Z?
Tenaga....., mmh...blom berasa sih, biasa2 aja. Mgkn krn VTECnya baru bekerja di rpm tinggi?
Ga enak gw geber d dpn yg punya...
Gear 2 topspeednya sampai 125 kph. Komsumsi BBM 1:9-10, kalau luar kota bisa 1:15 km/L. Suspensi memang agak keras (tipikal Honda).
Shock Breaker depan :550-600 rb merk Showa (after market), yg belakang mungkin lebih murah lagi kali.
Kaki-kaki agak lemah terutama di ball joint.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: Fri Nov 09, 2007 8:30
Numpang Nimbrung, Ogut pemilik city Z, EXI, M/T tahun 2001.
Ni mobil asli kenceng banget 0-100 km/h = 10 detik, top speed = 195 km/h (jam 1 malam tol dalam kota, sebenernya masih bisa naek lagi, tapi asli udah ngeri banget)
itu dalam kondisi standar lho, kaga dirubah apapun, bahkan pakai bensin premium.
konsumsi = 1:10 (dalam kota, before busway menjajah ibukota) dan 1:11 an (kbjeruk - karawaci PP), 1:12,5 (pergi ke carita, tarik2an sama galant hiu, gigi 4 = 170 km/h an)
beda VTEC & HYPER ENGINE = VTEC = 115 HP, EXI/Persona = 105 HP
Jumlah valves nya sama = 16, yang beda di mesin dan sistem rem belakang, vtec = cakram, exi = teromol
Kekurangan :
1. Bodi kaleng tipis, bakal gampang pentok2 karena kena pintu mobil lain pas parkir.
2. Umumnya pintu rada ringkih, suka ada bunyi-an.
3. Kaki = masalah umum, karena sedan n jalanan jakarta yang penuh lubang, paling mahal waktu itu ganti lower arm kiri kanan, habis 2 jt an kalo tidak salah.
4. Kampas rem depan cepat habis, namun hal ini tidak masalah karena harganya murah sekali = 75 rb sepasang.
Kelebihan :
1. Tenaga luar biasa.
2. Handling lincah.
3. BBM irit, sparepart murah (silahkan dicek).
4. Mesin = no problem, sudah 110.000 KM tanpa masalah apapun, hanya perawatan rutin.
5. Termasuk kategori sedan yang jangkung, seumur - umur belum pernah nyangkut di polisi tidur, air intake tinggi, jadi aman lewat banjir, cuman hati2 kompressor ac ada dibawah, kemungkinan kena duluan if lewat banjir.
Semoga membantu,
Regards,
DO
Ni mobil asli kenceng banget 0-100 km/h = 10 detik, top speed = 195 km/h (jam 1 malam tol dalam kota, sebenernya masih bisa naek lagi, tapi asli udah ngeri banget)
itu dalam kondisi standar lho, kaga dirubah apapun, bahkan pakai bensin premium.
konsumsi = 1:10 (dalam kota, before busway menjajah ibukota) dan 1:11 an (kbjeruk - karawaci PP), 1:12,5 (pergi ke carita, tarik2an sama galant hiu, gigi 4 = 170 km/h an)
beda VTEC & HYPER ENGINE = VTEC = 115 HP, EXI/Persona = 105 HP
Jumlah valves nya sama = 16, yang beda di mesin dan sistem rem belakang, vtec = cakram, exi = teromol
Kekurangan :
1. Bodi kaleng tipis, bakal gampang pentok2 karena kena pintu mobil lain pas parkir.
2. Umumnya pintu rada ringkih, suka ada bunyi-an.
3. Kaki = masalah umum, karena sedan n jalanan jakarta yang penuh lubang, paling mahal waktu itu ganti lower arm kiri kanan, habis 2 jt an kalo tidak salah.
4. Kampas rem depan cepat habis, namun hal ini tidak masalah karena harganya murah sekali = 75 rb sepasang.
Kelebihan :
1. Tenaga luar biasa.
2. Handling lincah.
3. BBM irit, sparepart murah (silahkan dicek).
4. Mesin = no problem, sudah 110.000 KM tanpa masalah apapun, hanya perawatan rutin.
5. Termasuk kategori sedan yang jangkung, seumur - umur belum pernah nyangkut di polisi tidur, air intake tinggi, jadi aman lewat banjir, cuman hati2 kompressor ac ada dibawah, kemungkinan kena duluan if lewat banjir.
Semoga membantu,
Regards,
DO
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: Fri Nov 09, 2007 8:30
Sedikit kelupaan, mengenai vtec n non vtec :
VTEC itu membatasi kerja valve pada mesin, misalnya total valves = 16, pada rpm rendah, yang bekerja hanya 12 valves saja, setelah sampai rpm tertentu baru bekerja semua.
Hal ini dilakukan dengan tujuan efisiensi, sehingga pada rpm rendah tidak perlu bahan bakar yang lebih banyak.
Untuk penerapan balap, justru vtec itu ditipu sedikit, sehingga dari rpm rendah sudah menggunakan seluruh valves yang ada.
Kesimpulannya : mungkin untuk tarikan awal lebih kencang yang Exi or Persona, karena itu rada ndut2an untuk rpm rendah.
Regards,
DO
VTEC itu membatasi kerja valve pada mesin, misalnya total valves = 16, pada rpm rendah, yang bekerja hanya 12 valves saja, setelah sampai rpm tertentu baru bekerja semua.
Hal ini dilakukan dengan tujuan efisiensi, sehingga pada rpm rendah tidak perlu bahan bakar yang lebih banyak.
Untuk penerapan balap, justru vtec itu ditipu sedikit, sehingga dari rpm rendah sudah menggunakan seluruh valves yang ada.
Kesimpulannya : mungkin untuk tarikan awal lebih kencang yang Exi or Persona, karena itu rada ndut2an untuk rpm rendah.
Regards,
DO
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Tue Apr 29, 2008 4:48
Re: mohon info City-tipe Z
kalo city Z , vtec nya murni om, dari mulai nyala mesin udah 16 valve semuanya.