Grand Livina Users..! - Part 02
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Tue Apr 24, 2007 0:57
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Fri Oct 26, 2007 5:44
emang ada yah video nya di youtube?
tapi pas mudik kemarin, saya juga sempet deg2an pake GL.
Kami mudik ke Dieng, Wonosobo. jalan menuju ke dieng sangat banyak tanjak2an yg cukup curam. Saya sempat merasakan GL saya seperti kehabisan nafas ketika menanjak, padahal AC sudah dimatikan dan menggunakan gigi 1.
Sangat berbeda ketika tahun2 sebelumnya kami masih menggunakan Honda Stream 1.7 matic, meskipun matic tapi dapat melibas tanjakan2 di dieng tanpa kehabisan nafas. Tapi setiap mobil pasti punya kelebihan dan kekurangan masing2. Dan harga memang tidak pernah bohong
tapi pas mudik kemarin, saya juga sempet deg2an pake GL.
Kami mudik ke Dieng, Wonosobo. jalan menuju ke dieng sangat banyak tanjak2an yg cukup curam. Saya sempat merasakan GL saya seperti kehabisan nafas ketika menanjak, padahal AC sudah dimatikan dan menggunakan gigi 1.
Sangat berbeda ketika tahun2 sebelumnya kami masih menggunakan Honda Stream 1.7 matic, meskipun matic tapi dapat melibas tanjakan2 di dieng tanpa kehabisan nafas. Tapi setiap mobil pasti punya kelebihan dan kekurangan masing2. Dan harga memang tidak pernah bohong
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Tue May 01, 2007 7:58
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
BTW, kalo GL yang 1,8 A/T gimana performance nya, apakah besar perbedaan topspeed dan akselerasinya ? Lalu, adakah GL owner yang sudah memodif mesinnya untuk meningkatkan performa ? mis. : improve I/H/E, Port n Polish, Engine Balance, Pasang piggyback computer (mis. Unichip), pasang lightened pulley, XCS ver 2.0 , dsb ?? Kalo ada yang sudah melakukannya, pls... report dong disini hasilnya ...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 338
- Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 238
- Joined: Sat Apr 14, 2007 4:44
GL 1.8 mantap banget kalo soal mesin..JESKONENG wrote:BTW, kalo GL yang 1,8 A/T gimana performance nya, apakah besar perbedaan topspeed dan akselerasinya ? Lalu, adakah GL owner yang sudah memodif mesinnya untuk meningkatkan performa ? mis. : improve I/H/E, Port n Polish, Engine Balance, Pasang piggyback computer (mis. Unichip), pasang lightened pulley, XCS ver 2.0 , dsb ?? Kalo ada yang sudah melakukannya, pls... report dong disini hasilnya ...

Selama pake GL 1.8, belum pernah gue diasapi mobil lain sepanjang perjalanan luar kota..... gampang banget mau lari 150 km/h..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Fri Apr 27, 2007 7:36
- Location: Yogyakarta
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sun Sep 02, 2007 13:14
Siapa bilang Livina lebih bertenaga dari Innova (terutama di jalan tanjakan)?
Judulnya sih provokatif hehehe... isinya hmm bisa mengecoh sebagian yang tidak jeli.... jangan sampe dibegoin...
Padahal yang diperlihatkan bukan masalah tenaga, lebih bertenaga ini atau itu, cuma karena GL FWD jd rodanya kehilangan grip/traksi pd saat nanjak dengan beban... sementara Innova dan Avanza adalah truck based - RWD dimana pd saat menanjak bebannya tertumpu di roda belakang jadi traksi ke jalannya tinggi, kecuali lewatin tumpahan minyak/oli atau lewat lumpur… ya spin juga hehehe…
Wajarnya dikasus itu GL perlu ancang2... atau perlu ditambah LSD (limited slip differential) kali... jadi traksi ke jalan nggak cuma ngandalin satu roda dan torsi bisa kebagi ke roda sebelahnya yg bengong....
Judulnya sih provokatif hehehe... isinya hmm bisa mengecoh sebagian yang tidak jeli.... jangan sampe dibegoin...
Padahal yang diperlihatkan bukan masalah tenaga, lebih bertenaga ini atau itu, cuma karena GL FWD jd rodanya kehilangan grip/traksi pd saat nanjak dengan beban... sementara Innova dan Avanza adalah truck based - RWD dimana pd saat menanjak bebannya tertumpu di roda belakang jadi traksi ke jalannya tinggi, kecuali lewatin tumpahan minyak/oli atau lewat lumpur… ya spin juga hehehe…
Wajarnya dikasus itu GL perlu ancang2... atau perlu ditambah LSD (limited slip differential) kali... jadi traksi ke jalan nggak cuma ngandalin satu roda dan torsi bisa kebagi ke roda sebelahnya yg bengong....
liongkiky wrote:Baru dapat info dari teman nih ....
Bro TomCat kok http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=200 di Lock yang kasus Livina gak bisa nanjak? Mao posting disana jadi gak bisa
Thanks all
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Kalau spin berarti powernya kan gede ... kalau gak kuat nanjak tu gak spin dan boil melorot turun. Bisa di check jalan datar ... ntar kan masih spin ... hahahahahaha ... ntar disebut gak kuat jalan donk ?calvin99 wrote:ah itu di rem tangan kali... mangkanya roda depan spin2..hehe
Weight Distribution ? ... Tire Inflation Pressure ?

-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
IMHO.. Solusi lain yg cepat u/ meningkatkan traksi FWD pada mobil yg sering di ajak nanjak .. pakai ban lebih lebar spt: 205, 215 ato 225, dg demikian performa dan daya cengkram kejalan mengingkat scr significant.
Power dan torsi GL sudah besar bisa menyebabkan spin ban std yg lebarnya 185 .. tp kalo sdh ganti yg lebih lebar.. pasti spin berkurang berbanding lurus dg penambahan lebar ban... semakin lebar maka grip semakin mencengkram ke jalan, jadi gejala kehilangan traksi FWD bisa diminimalisir.
Power dan torsi GL sudah besar bisa menyebabkan spin ban std yg lebarnya 185 .. tp kalo sdh ganti yg lebih lebar.. pasti spin berkurang berbanding lurus dg penambahan lebar ban... semakin lebar maka grip semakin mencengkram ke jalan, jadi gejala kehilangan traksi FWD bisa diminimalisir.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 320
- Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56
setuju masalah ini. Kayaknya banyak juga black campaign. Tapi menurut gw dicoba sendiri aja deh yang paling bener. Kalo pengalaman gw, emang spin pernah terjadi waktu gw nanjak di trawas tadi. Tapi jug tidak sampe melorot atau apa. Kalo spin sampe berasap gitu ya rada aneh juga yah. Apalagi asapnya sampe ngebul gitu. Waktu itu gw mah cuman bunyi ciit... sebentar, terus ya nanjak. Cuma masalah kehilangan grip aja.PenyuTurbo wrote:Kalau spin berarti powernya kan gede ... kalau gak kuat nanjak tu gak spin dan boil melorot turun. Bisa di check jalan datar ... ntar kan masih spin ... hahahahahaha ... ntar disebut gak kuat jalan donk ?calvin99 wrote:ah itu di rem tangan kali... mangkanya roda depan spin2..hehe
Weight Distribution ? ... Tire Inflation Pressure ?
Pada intinya gw puas koq dengan barang gw...

-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Fri Oct 26, 2007 5:44
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41
Menurut saya sederhana ...
Mobil pasti ada kurang lebih nya tidak mungkin lebih semua ...
Ada yang di jalan datar sangat kenceng, maka di jalan tanjakan agak berkurang,
Ada yang di jalan datar kurang kenceng tapi buat tanjakan tenaga berlimpah...
Kalau mau dapat 2 - 2 nya bagus (jalan datar sangat kenceng, jalan tanjakan juga tenaga berlimpah)
Mau tidak mau harus beli Boil yang 500 jt an ... HEHEHE IMHO
Biasanya kalau datar sangat kenceng ... Boil di desin TORSI MAKS di RPM tinggi sekitar 4000 an keatas
Kalau Tanjakan sangat berlimpah .. TORSI MAKS sudah didapat di RPM 2000 an dan nilai torsinya
FYI TORSI MAX PXNTXXR adalah 3.5 KG didapat di putaran 1.800 bandingkan dengan
GL TORSI MAX cuma 1.5 KG didapat di putaran 4400 ....
Mobil pasti ada kurang lebih nya tidak mungkin lebih semua ...
Ada yang di jalan datar sangat kenceng, maka di jalan tanjakan agak berkurang,
Ada yang di jalan datar kurang kenceng tapi buat tanjakan tenaga berlimpah...
Kalau mau dapat 2 - 2 nya bagus (jalan datar sangat kenceng, jalan tanjakan juga tenaga berlimpah)
Mau tidak mau harus beli Boil yang 500 jt an ... HEHEHE IMHO
Biasanya kalau datar sangat kenceng ... Boil di desin TORSI MAKS di RPM tinggi sekitar 4000 an keatas
Kalau Tanjakan sangat berlimpah .. TORSI MAKS sudah didapat di RPM 2000 an dan nilai torsinya
FYI TORSI MAX PXNTXXR adalah 3.5 KG didapat di putaran 1.800 bandingkan dengan
GL TORSI MAX cuma 1.5 KG didapat di putaran 4400 ....
gunawan98 wrote:setuju masalah ini. Kayaknya banyak juga black campaign. Tapi menurut gw dicoba sendiri aja deh yang paling bener. Kalo pengalaman gw, emang spin pernah terjadi waktu gw nanjak di trawas tadi. Tapi jug tidak sampe melorot atau apa. Kalo spin sampe berasap gitu ya rada aneh juga yah. Apalagi asapnya sampe ngebul gitu. Waktu itu gw mah cuman bunyi ciit... sebentar, terus ya nanjak. Cuma masalah kehilangan grip aja.PenyuTurbo wrote:Kalau spin berarti powernya kan gede ... kalau gak kuat nanjak tu gak spin dan boil melorot turun. Bisa di check jalan datar ... ntar kan masih spin ... hahahahahaha ... ntar disebut gak kuat jalan donk ?calvin99 wrote:ah itu di rem tangan kali... mangkanya roda depan spin2..hehe
Weight Distribution ? ... Tire Inflation Pressure ?
Pada intinya gw puas koq dengan barang gw...
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Fri Oct 26, 2007 5:44
GL yg 1.8 emang mantep y om tenaganya, pernah coba punya sodara responsif mesinnya.surya wrote:GL 1.8 mantap banget kalo soal mesin..JESKONENG wrote:BTW, kalo GL yang 1,8 A/T gimana performance nya, apakah besar perbedaan topspeed dan akselerasinya ? Lalu, adakah GL owner yang sudah memodif mesinnya untuk meningkatkan performa ? mis. : improve I/H/E, Port n Polish, Engine Balance, Pasang piggyback computer (mis. Unichip), pasang lightened pulley, XCS ver 2.0 , dsb ?? Kalo ada yang sudah melakukannya, pls... report dong disini hasilnya ...
Selama pake GL 1.8, belum pernah gue diasapi mobil lain sepanjang perjalanan luar kota..... gampang banget mau lari 150 km/h..
Tapi FC nya sendiri gmana, dalkot bs dapet brapa?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41
GL 1.5 MT, diisi apa bensin nya ?
Sepertinya kalau tanjakan/Luar Kota agar Horse Power dan torsi maksimum harus menggunakan bensin RON 91 seperti yang dianjurkan di buku manual.
Karena kompresi 1.5 sangat tinggi yaitu 10.5 : 1
Kalau Pertamax Plus RON 95, sedangkan Premium RON 88, campur saja 50:50 supaya dapat RON 91.X sehingga tenaga yang dihasilkan sesuai spec yang dibutuhkan.
Sepertinya kalau tanjakan/Luar Kota agar Horse Power dan torsi maksimum harus menggunakan bensin RON 91 seperti yang dianjurkan di buku manual.
Karena kompresi 1.5 sangat tinggi yaitu 10.5 : 1
Kalau Pertamax Plus RON 95, sedangkan Premium RON 88, campur saja 50:50 supaya dapat RON 91.X sehingga tenaga yang dihasilkan sesuai spec yang dibutuhkan.
numan adi wicaksono wrote:Pake 1.5 manual bro. Kalo sampe melorot sih engga, karena saya hand brake.dion wrote:pake 1.5 AT bro ya. gigi 1 ngempos apa gimana nih. mlorot gak?
Tapi torsi nya yg payah kalo menurut saya
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Fri Oct 26, 2007 5:44
Saya kalo di dalem kota pakenya Shell Super Om.BudiDarmawan wrote:GL 1.5 MT, diisi apa bensin nya ?
Sepertinya kalau tanjakan/Luar Kota agar Horse Power dan torsi maksimum harus menggunakan bensin RON 91 seperti yang dianjurkan di buku manual.
Karena kompresi 1.5 sangat tinggi yaitu 10.5 : 1
Kalau Pertamax Plus RON 95, sedangkan Premium RON 88, campur saja 50:50 supaya dapat RON 91.X sehingga tenaga yang dihasilkan sesuai spec yang dibutuhkan.
Pas awal beli diiming2i oleh salesnya kalo bisa pake premium, ngga usah pake Pertamax. Tapi ternyata kompresi nya sangat tinggi, jadinya mau ngga mau pake Shell Super. Maksud hati pgn ngirit beli mobil baru dgn konsumsi bbm yg murah, tapi ternyata harus keluar biaya yang besar buat beli bensin dgn kualitas yang bagus.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Tue May 01, 2007 7:58
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41
Saya di Surabaya, belum ada shell 
Shell Super RON berapa ? harga berapa ?
Kalau DalKot Premium Surabaya juga OK Bosss... asal belinya di SPBU Pasti Pass (belum ada shell dll, yg ada cuman pertamina hahaha(
Kalau sering pakai Luar Kota ingin kecepatan tinggi dan tanjakan mau tidak mau campur 50:50
Harganya menjadi (4500+6600) / 2 = 5550 ....
Kalau Shell Super berapa yah dan RON berapa ?
Kapan yah masuk Surabaya ? .....

Shell Super RON berapa ? harga berapa ?
Kalau DalKot Premium Surabaya juga OK Bosss... asal belinya di SPBU Pasti Pass (belum ada shell dll, yg ada cuman pertamina hahaha(
Kalau sering pakai Luar Kota ingin kecepatan tinggi dan tanjakan mau tidak mau campur 50:50
Harganya menjadi (4500+6600) / 2 = 5550 ....
Kalau Shell Super berapa yah dan RON berapa ?
Kapan yah masuk Surabaya ? .....
numan adi wicaksono wrote:BudiDarmawan wrote:GL 1.5 MT, diisi apa bensin nya ?
Saya kalo di dalem kota pakenya Shell Super Om.
Pas awal beli diiming2i oleh salesnya kalo bisa pake premium, ngga usah pake Pertamax. Tapi ternyata kompresi nya sangat tinggi, jadinya mau ngga mau pake Shell Super. Maksud hati pgn ngirit beli mobil baru dgn konsumsi bbm yg murah, tapi ternyata harus keluar biaya yang besar buat beli bensin dgn kualitas yang bagus.
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Fri Oct 26, 2007 5:44
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Tue May 01, 2007 7:58
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 122
- Joined: Thu Jun 21, 2007 10:00
- Location: Perbatasan Jakarta Utara & Barat
tenang aja deh shell udah target mau buka 1.000 spbu di indonesia sampai tahun depan, bener gak, gw lupa baca beritanya dimana, klu di jakarta sih udah puluhan spbu shell, jadi sby bakal ga lama lagi deh
numan adi wicaksono wrote:Shell Super Ron 92 Om, Harga Rp. 6250,-.
Emang bener Om, kalo pom bensin pertamina banyak banget yang menjual BBM dengan kualitas yg kurang bagus dan nakal.
Makanya saya lebih milih beli yg lebih terjamin kualitasnya.
Moga2 di Surabaya segera buka Shell d Om
B2279JM
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
ada yg pernah cobain naek bromo lewat gempol-pandaan-tosari-bromo ga? Ga usah sampe kawahnya sih, ke tosari aja (12-15 km dar kawah). Liburan kemaren saya kesana ma keluarga tapi naik Santa Fe, enteng.... Di sekitar puncak gunung penanjakkan (2700 mdpl), saya liat ada avanza, innova ma panther parkir disana cuma saya ga tau mereka lewatnya rute pandaan, pasuruan ato probolinggo dan berapa penumpangnya. Kata orang2, rute ke bromo lewat pandaan lebih kejam tikungan and tanjakannya, tanjakan trawas sih lewat...johnlegend wrote:cerita orang2 pada aneh2 yah.. gw k trawas/tretes isi penumpang 5 dewasa kok kaga apa2 yah? emang rada berat.. toh 1.5 AT.. tp kaga ada melorot2 nya..
Tapi jangan sekali-kali coba turun ke kawah/lautan pasirnya deh...dijamin spin and jebol tuh transmisi-nya huehehe....alway trust hardtop to do the job!
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking