Grand Livina Users..! - Part 02

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

tukang sapu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Tue Apr 24, 2007 0:57

Post by tukang sapu »

Wakaka makanya jangan beli GL, beli aja avanza.........

Biar ntar udah nyobain GL punya orang lain tuh avanza dijual buat beli GL.
numan adi wicaksono
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Fri Oct 26, 2007 5:44

Post by numan adi wicaksono »

emang ada yah video nya di youtube?
tapi pas mudik kemarin, saya juga sempet deg2an pake GL.
Kami mudik ke Dieng, Wonosobo. jalan menuju ke dieng sangat banyak tanjak2an yg cukup curam. Saya sempat merasakan GL saya seperti kehabisan nafas ketika menanjak, padahal AC sudah dimatikan dan menggunakan gigi 1.

Sangat berbeda ketika tahun2 sebelumnya kami masih menggunakan Honda Stream 1.7 matic, meskipun matic tapi dapat melibas tanjakan2 di dieng tanpa kehabisan nafas. Tapi setiap mobil pasti punya kelebihan dan kekurangan masing2. Dan harga memang tidak pernah bohong
dion
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Tue May 01, 2007 7:58

Post by dion »

pake 1.5 AT bro ya. gigi 1 ngempos apa gimana nih. mlorot gak?
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Post by JESKONENG »

BTW, kalo GL yang 1,8 A/T gimana performance nya, apakah besar perbedaan topspeed dan akselerasinya ? Lalu, adakah GL owner yang sudah memodif mesinnya untuk meningkatkan performa ? mis. : improve I/H/E, Port n Polish, Engine Balance, Pasang piggyback computer (mis. Unichip), pasang lightened pulley, XCS ver 2.0 , dsb ?? Kalo ada yang sudah melakukannya, pls... report dong disini hasilnya ...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
calvin99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 338
Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54

Post by calvin99 »

ah itu di rem tangan kali... mangkanya roda depan spin2..hehe
surya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 238
Joined: Sat Apr 14, 2007 4:44

Post by surya »

JESKONENG wrote:BTW, kalo GL yang 1,8 A/T gimana performance nya, apakah besar perbedaan topspeed dan akselerasinya ? Lalu, adakah GL owner yang sudah memodif mesinnya untuk meningkatkan performa ? mis. : improve I/H/E, Port n Polish, Engine Balance, Pasang piggyback computer (mis. Unichip), pasang lightened pulley, XCS ver 2.0 , dsb ?? Kalo ada yang sudah melakukannya, pls... report dong disini hasilnya ...
GL 1.8 mantap banget kalo soal mesin.. :D
Selama pake GL 1.8, belum pernah gue diasapi mobil lain sepanjang perjalanan luar kota..... gampang banget mau lari 150 km/h..
yol127
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Fri Apr 27, 2007 7:36
Location: Yogyakarta

Post by yol127 »

Lucu juga gambar / ilustrasi untuk "membuktikan" GL gak kuat nanjak ... Ntar dikasih X-Trail 4x4 aja tetep nggak kuat nanjak, roda depan spin .... :e-dance:
soniahoo
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sun Sep 02, 2007 13:14

Post by soniahoo »

Siapa bilang Livina lebih bertenaga dari Innova (terutama di jalan tanjakan)?

Judulnya sih provokatif hehehe... isinya hmm bisa mengecoh sebagian yang tidak jeli.... jangan sampe dibegoin...
Padahal yang diperlihatkan bukan masalah tenaga, lebih bertenaga ini atau itu, cuma karena GL FWD jd rodanya kehilangan grip/traksi pd saat nanjak dengan beban... sementara Innova dan Avanza adalah truck based - RWD dimana pd saat menanjak bebannya tertumpu di roda belakang jadi traksi ke jalannya tinggi, kecuali lewatin tumpahan minyak/oli atau lewat lumpur… ya spin juga hehehe…
Wajarnya dikasus itu GL perlu ancang2... atau perlu ditambah LSD (limited slip differential) kali... jadi traksi ke jalan nggak cuma ngandalin satu roda dan torsi bisa kebagi ke roda sebelahnya yg bengong....
liongkiky wrote:Baru dapat info dari teman nih ....
Bro TomCat kok http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=200 di Lock yang kasus Livina gak bisa nanjak? Mao posting disana jadi gak bisa
Thanks all
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

calvin99 wrote:ah itu di rem tangan kali... mangkanya roda depan spin2..hehe
Kalau spin berarti powernya kan gede ... kalau gak kuat nanjak tu gak spin dan boil melorot turun. Bisa di check jalan datar ... ntar kan masih spin ... hahahahahaha ... ntar disebut gak kuat jalan donk ?

Weight Distribution ? ... Tire Inflation Pressure ?
Image
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

IMHO.. Solusi lain yg cepat u/ meningkatkan traksi FWD pada mobil yg sering di ajak nanjak .. pakai ban lebih lebar spt: 205, 215 ato 225, dg demikian performa dan daya cengkram kejalan mengingkat scr significant.
Power dan torsi GL sudah besar bisa menyebabkan spin ban std yg lebarnya 185 .. tp kalo sdh ganti yg lebih lebar.. pasti spin berkurang berbanding lurus dg penambahan lebar ban... semakin lebar maka grip semakin mencengkram ke jalan, jadi gejala kehilangan traksi FWD bisa diminimalisir.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Post by gunawan98 »

PenyuTurbo wrote:
calvin99 wrote:ah itu di rem tangan kali... mangkanya roda depan spin2..hehe
Kalau spin berarti powernya kan gede ... kalau gak kuat nanjak tu gak spin dan boil melorot turun. Bisa di check jalan datar ... ntar kan masih spin ... hahahahahaha ... ntar disebut gak kuat jalan donk ?

Weight Distribution ? ... Tire Inflation Pressure ?
setuju masalah ini. Kayaknya banyak juga black campaign. Tapi menurut gw dicoba sendiri aja deh yang paling bener. Kalo pengalaman gw, emang spin pernah terjadi waktu gw nanjak di trawas tadi. Tapi jug tidak sampe melorot atau apa. Kalo spin sampe berasap gitu ya rada aneh juga yah. Apalagi asapnya sampe ngebul gitu. Waktu itu gw mah cuman bunyi ciit... sebentar, terus ya nanjak. Cuma masalah kehilangan grip aja.

Pada intinya gw puas koq dengan barang gw...:D
numan adi wicaksono
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Fri Oct 26, 2007 5:44

Post by numan adi wicaksono »

dion wrote:pake 1.5 AT bro ya. gigi 1 ngempos apa gimana nih. mlorot gak?
Pake 1.5 manual bro. Kalo sampe melorot sih engga, karena saya hand brake.
Tapi torsi nya yg payah kalo menurut saya
BudiDarmawan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41

Post by BudiDarmawan »

Menurut saya sederhana ...
Mobil pasti ada kurang lebih nya tidak mungkin lebih semua ...
Ada yang di jalan datar sangat kenceng, maka di jalan tanjakan agak berkurang,
Ada yang di jalan datar kurang kenceng tapi buat tanjakan tenaga berlimpah...

Kalau mau dapat 2 - 2 nya bagus (jalan datar sangat kenceng, jalan tanjakan juga tenaga berlimpah)
Mau tidak mau harus beli Boil yang 500 jt an ... HEHEHE IMHO

Biasanya kalau datar sangat kenceng ... Boil di desin TORSI MAKS di RPM tinggi sekitar 4000 an keatas
Kalau Tanjakan sangat berlimpah .. TORSI MAKS sudah didapat di RPM 2000 an dan nilai torsinya

FYI TORSI MAX PXNTXXR adalah 3.5 KG didapat di putaran 1.800 bandingkan dengan
GL TORSI MAX cuma 1.5 KG didapat di putaran 4400 ....
gunawan98 wrote:
PenyuTurbo wrote:
calvin99 wrote:ah itu di rem tangan kali... mangkanya roda depan spin2..hehe
Kalau spin berarti powernya kan gede ... kalau gak kuat nanjak tu gak spin dan boil melorot turun. Bisa di check jalan datar ... ntar kan masih spin ... hahahahahaha ... ntar disebut gak kuat jalan donk ?

Weight Distribution ? ... Tire Inflation Pressure ?
setuju masalah ini. Kayaknya banyak juga black campaign. Tapi menurut gw dicoba sendiri aja deh yang paling bener. Kalo pengalaman gw, emang spin pernah terjadi waktu gw nanjak di trawas tadi. Tapi jug tidak sampe melorot atau apa. Kalo spin sampe berasap gitu ya rada aneh juga yah. Apalagi asapnya sampe ngebul gitu. Waktu itu gw mah cuman bunyi ciit... sebentar, terus ya nanjak. Cuma masalah kehilangan grip aja.

Pada intinya gw puas koq dengan barang gw...:D
numan adi wicaksono
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Fri Oct 26, 2007 5:44

Post by numan adi wicaksono »

surya wrote:
JESKONENG wrote:BTW, kalo GL yang 1,8 A/T gimana performance nya, apakah besar perbedaan topspeed dan akselerasinya ? Lalu, adakah GL owner yang sudah memodif mesinnya untuk meningkatkan performa ? mis. : improve I/H/E, Port n Polish, Engine Balance, Pasang piggyback computer (mis. Unichip), pasang lightened pulley, XCS ver 2.0 , dsb ?? Kalo ada yang sudah melakukannya, pls... report dong disini hasilnya ...
GL 1.8 mantap banget kalo soal mesin.. :D
Selama pake GL 1.8, belum pernah gue diasapi mobil lain sepanjang perjalanan luar kota..... gampang banget mau lari 150 km/h..
GL yg 1.8 emang mantep y om tenaganya, pernah coba punya sodara responsif mesinnya.
Tapi FC nya sendiri gmana, dalkot bs dapet brapa?
BudiDarmawan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41

Post by BudiDarmawan »

GL 1.5 MT, diisi apa bensin nya ?

Sepertinya kalau tanjakan/Luar Kota agar Horse Power dan torsi maksimum harus menggunakan bensin RON 91 seperti yang dianjurkan di buku manual.
Karena kompresi 1.5 sangat tinggi yaitu 10.5 : 1
Kalau Pertamax Plus RON 95, sedangkan Premium RON 88, campur saja 50:50 supaya dapat RON 91.X sehingga tenaga yang dihasilkan sesuai spec yang dibutuhkan.

numan adi wicaksono wrote:
dion wrote:pake 1.5 AT bro ya. gigi 1 ngempos apa gimana nih. mlorot gak?
Pake 1.5 manual bro. Kalo sampe melorot sih engga, karena saya hand brake.
Tapi torsi nya yg payah kalo menurut saya
numan adi wicaksono
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Fri Oct 26, 2007 5:44

Post by numan adi wicaksono »

BudiDarmawan wrote:GL 1.5 MT, diisi apa bensin nya ?

Sepertinya kalau tanjakan/Luar Kota agar Horse Power dan torsi maksimum harus menggunakan bensin RON 91 seperti yang dianjurkan di buku manual.
Karena kompresi 1.5 sangat tinggi yaitu 10.5 : 1
Kalau Pertamax Plus RON 95, sedangkan Premium RON 88, campur saja 50:50 supaya dapat RON 91.X sehingga tenaga yang dihasilkan sesuai spec yang dibutuhkan.
Saya kalo di dalem kota pakenya Shell Super Om.
Pas awal beli diiming2i oleh salesnya kalo bisa pake premium, ngga usah pake Pertamax. Tapi ternyata kompresi nya sangat tinggi, jadinya mau ngga mau pake Shell Super. Maksud hati pgn ngirit beli mobil baru dgn konsumsi bbm yg murah, tapi ternyata harus keluar biaya yang besar buat beli bensin dgn kualitas yang bagus.
dion
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Tue May 01, 2007 7:58

Post by dion »

dolar udah merangkak. pemerintah cuman janji gaknaikin BBM tahun ini, bukan tahun depan. :-)

waspadalah...waspadalah...:-)
BudiDarmawan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41

Post by BudiDarmawan »

Saya di Surabaya, belum ada shell :(
Shell Super RON berapa ? harga berapa ?

Kalau DalKot Premium Surabaya juga OK Bosss... asal belinya di SPBU Pasti Pass (belum ada shell dll, yg ada cuman pertamina hahaha(

Kalau sering pakai Luar Kota ingin kecepatan tinggi dan tanjakan mau tidak mau campur 50:50
Harganya menjadi (4500+6600) / 2 = 5550 ....
Kalau Shell Super berapa yah dan RON berapa ?
Kapan yah masuk Surabaya ? .....
numan adi wicaksono wrote:
BudiDarmawan wrote:GL 1.5 MT, diisi apa bensin nya ?

Saya kalo di dalem kota pakenya Shell Super Om.
Pas awal beli diiming2i oleh salesnya kalo bisa pake premium, ngga usah pake Pertamax. Tapi ternyata kompresi nya sangat tinggi, jadinya mau ngga mau pake Shell Super. Maksud hati pgn ngirit beli mobil baru dgn konsumsi bbm yg murah, tapi ternyata harus keluar biaya yang besar buat beli bensin dgn kualitas yang bagus.
numan adi wicaksono
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Fri Oct 26, 2007 5:44

Post by numan adi wicaksono »

Shell Super Ron 92 Om, Harga Rp. 6250,-.
Emang bener Om, kalo pom bensin pertamina banyak banget yang menjual BBM dengan kualitas yg kurang bagus dan nakal.
Makanya saya lebih milih beli yg lebih terjamin kualitasnya.

Moga2 di Surabaya segera buka Shell d Om :)
dony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22

Post by dony »

Asal tau knp Livina nggk kuat nanjak dan bannya spin karena diphoto tsb kagak keliatan talinya lagi narik truk yg mogok , sedang inova,a avanza ngk narik apa-2 jadi cessspleng aja.
hueeeee..hueee
dion
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Tue May 01, 2007 7:58

Post by dion »

om ichsan dan om conan pada kemana ya? jadi kangen nih :-)
User avatar
og262
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: Thu Jun 21, 2007 10:00
Location: Perbatasan Jakarta Utara & Barat

Post by og262 »

tenang aja deh shell udah target mau buka 1.000 spbu di indonesia sampai tahun depan, bener gak, gw lupa baca beritanya dimana, klu di jakarta sih udah puluhan spbu shell, jadi sby bakal ga lama lagi deh
numan adi wicaksono wrote:Shell Super Ron 92 Om, Harga Rp. 6250,-.
Emang bener Om, kalo pom bensin pertamina banyak banget yang menjual BBM dengan kualitas yg kurang bagus dan nakal.
Makanya saya lebih milih beli yg lebih terjamin kualitasnya.

Moga2 di Surabaya segera buka Shell d Om :)
B2279JM
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

cerita orang2 pada aneh2 yah.. gw k trawas/tretes isi penumpang 5 dewasa kok kaga apa2 yah? emang rada berat.. toh 1.5 AT.. tp kaga ada melorot2 nya..
dony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22

Post by dony »

om John jgn-2 di Tretes yg melorot celananya heeee... just kidding.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Post by imsus2c »

johnlegend wrote:cerita orang2 pada aneh2 yah.. gw k trawas/tretes isi penumpang 5 dewasa kok kaga apa2 yah? emang rada berat.. toh 1.5 AT.. tp kaga ada melorot2 nya..
ada yg pernah cobain naek bromo lewat gempol-pandaan-tosari-bromo ga? Ga usah sampe kawahnya sih, ke tosari aja (12-15 km dar kawah). Liburan kemaren saya kesana ma keluarga tapi naik Santa Fe, enteng.... Di sekitar puncak gunung penanjakkan (2700 mdpl), saya liat ada avanza, innova ma panther parkir disana cuma saya ga tau mereka lewatnya rute pandaan, pasuruan ato probolinggo dan berapa penumpangnya. Kata orang2, rute ke bromo lewat pandaan lebih kejam tikungan and tanjakannya, tanjakan trawas sih lewat...
Tapi jangan sekali-kali coba turun ke kawah/lautan pasirnya deh...dijamin spin and jebol tuh transmisi-nya huehehe....alway trust hardtop to do the job!
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking