Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 724
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by saturday »

Suryaputra wrote: Mon Sep 18, 2023 23:43 Mbah
Itu setelan klepnya bbrp di luar range kan

Efekny di mesin FB apa mbah?
Ada suara tek tek kah klo pagi?
Atau hanya bbm boros dan tarikan kurang gigit?

Soal olmes w20 encer memang logikanya butuh formula khusus buat mendekati proteksi oli yg lbh kental.

Maka dari itu sekelas ptt topclass supersyn w20 pun (klo gak salah), mbah pernah test juga kan... itu proteksinya gak sebagus sekelas kyukyu ams dkk emang.

Ini jg sy penasaran nih februari 2024 mau test motul 5w30 913d a5/b5
Jadi biar genap 10 bulan dah pemakaian :upss:
Justru kalau klepnya renggang bensin jadi lebih sedikit masuk. Menurut feeling saya sih idle ada bunyi valvetrain dan suara mesin garing. Setelah setel suara mesin ketika idle lebih halus dan suara agak lebih ngebass sedikit. Tarikan jadi lebih "berbobot" tapi enggak ringan RPMnya kayak waktu klep lebih renggang.
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2080
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by alvin23 »

Suryaputra wrote: Tue Sep 19, 2023 0:13
t105erd wrote: Mon Sep 18, 2023 23:58
saturday wrote: Mon Sep 18, 2023 13:55

Beli galonan yang 4 liter.



Saya beli Fastron Gold dari Kirana harga 370 ribu/4 liter. Etalase yang sama sekarang 435 ribu/4 liter.



Q8 G/D1 FE yang saya pakai itu 0W20. Tapi bisa memberikan efek proteksi yang mirip-mirip dengan Fastron Gold yang 5W30. Tetap saya berikan respect untuk Q8 G/D1 FE 0W20 karena meski encer, proteksinya tetap baik untuk skenario penggunaan saya.

Perlu diingat juga BBM yang saya gunakan dari swasta. Bisa berbeda cerita apabila menggunakan bensin plat merah yang harganya cenderung fixed itu.

Menurut saya tidak ada feeling aneh atau tidak enak yang saya rasakan sejauh 8000 km. Kalaupun ada, itu penyebabnya ini:
Screenshot_2023-09-16-10-18-43-77_e2d5b3f32b79de1d45acd1fad96fbb0f.jpg
IMG_20230916_103122.jpg

Spek mesin seharusnya intake valve lash 0.21-0.25; exhaust valve lash 0.28-0.32

Aktualnya yang diukur oleh mbah itu yang coretan di kertas. Setelah ganti oli dan setel klep, suara mesin ya kembali halus.
Wah saya baru tau kalo mesin honda harus stel celah klep juga. Saya kira sudah ga perlu lagi.
Klo di buku servis ada mbah
Setel klep tiap 40rb km.

Sy setel waktu tu di 38rb km pertama kali.
Belum pernah punya Honda jadi gapernah stel klep wkwkkw, bener kan ya kalau toyodai biasanya gaada stel klep. di manual book gaada panduannya
Rocky R ADS CVT 2021
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 724
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by saturday »

t105erd wrote: Mon Sep 18, 2023 23:58 Wah saya baru tau kalo mesin honda harus stel celah klep juga. Saya kira sudah ga perlu lagi.
Mesin Honda K, R, L series harus setel celah klep secara berkala. Yang lalu-lalu juga kayaknya harus.
RezPrat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 550
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by RezPrat »

sintoni wrote: Tue Sep 19, 2023 1:29
RezPrat wrote: Mon Sep 18, 2023 12:28 MAntabbb thanks 🙏 om :big_okay: Anti wear nya s Fastron dah mantab itu. Cuman Tbn nya drop Mayan juga ya, berarti kalo d pake d mesin diesel keknya gak bisa d push sampe 10k km. Paling 6-7 k km musti buang buat d diesel.

Btw ini beli dari drum atau galonan om?
Kalau diesel ya pake oli Diesel aja om.
Fastron gold 5w30 itu juga meet diesel criteria CF, C3, MB 229.51, cuma ya itu dia low Saps dan Tbn 8, buat pemakai full dex/shell diesel gak masalah long drain. Tapi ane pake nya dexlite/bio solar swasta, jadi Masi agak ragu dgn Tbn 8, apakah bisa nahan sulfur nya diesel mid-low class d indo.
Kmren isi dexlite asap diesel 2gd ane udah gak pekat lagi bau nya, apa tanda2 nya sulfur makin kecil kali yah.....
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5951
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by sintoni »

RezPrat wrote: Tue Sep 19, 2023 2:02
sintoni wrote: Tue Sep 19, 2023 1:29
RezPrat wrote: Mon Sep 18, 2023 12:28 MAntabbb thanks 🙏 om :big_okay: Anti wear nya s Fastron dah mantab itu. Cuman Tbn nya drop Mayan juga ya, berarti kalo d pake d mesin diesel keknya gak bisa d push sampe 10k km. Paling 6-7 k km musti buang buat d diesel.

Btw ini beli dari drum atau galonan om?
Kalau diesel ya pake oli Diesel aja om.
Fastron gold 5w30 itu juga meet diesel criteria CF, C3, MB 229.51, cuma ya itu dia low Saps dan Tbn 8, buat pemakai full dex/shell diesel gak masalah long drain. Tapi ane pake nya dexlite/bio solar swasta, jadi Masi agak ragu dgn Tbn 8, apakah bisa nahan sulfur nya diesel mid-low class d indo.
Kmren isi dexlite asap diesel 2gd ane udah gak pekat lagi bau nya, apa tanda2 nya sulfur makin kecil kali yah.....
Kalau ane sih misal punya diesel ya ambil yg khusus diesel om, yg ada embel2 emang diesel, TBN pasti lebih tinggi sih 10++.

Apalg aditif sudah pasti khusus buat mesin diesel jg.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

alvin23 wrote: Tue Sep 19, 2023 1:53
Suryaputra wrote: Tue Sep 19, 2023 0:13
t105erd wrote: Mon Sep 18, 2023 23:58

Wah saya baru tau kalo mesin honda harus stel celah klep juga. Saya kira sudah ga perlu lagi.
Klo di buku servis ada mbah
Setel klep tiap 40rb km.

Sy setel waktu tu di 38rb km pertama kali.
Belum pernah punya Honda jadi gapernah stel klep wkwkkw, bener kan ya kalau toyodai biasanya gaada stel klep. di manual book gaada panduannya
iya bener mbah.
perawatan HLA valve lbh mudah, yg penting interval ganti oli harus diperhatikan spy bebas varnish.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by sahabatq8 »

RezPrat wrote: Tue Sep 19, 2023 2:02
sintoni wrote: Tue Sep 19, 2023 1:29
RezPrat wrote: Mon Sep 18, 2023 12:28 MAntabbb thanks 🙏 om :big_okay: Anti wear nya s Fastron dah mantab itu. Cuman Tbn nya drop Mayan juga ya, berarti kalo d pake d mesin diesel keknya gak bisa d push sampe 10k km. Paling 6-7 k km musti buang buat d diesel.

Btw ini beli dari drum atau galonan om?
Kalau diesel ya pake oli Diesel aja om.
Fastron gold 5w30 itu juga meet diesel criteria CF, C3, MB 229.51, cuma ya itu dia low Saps dan Tbn 8, buat pemakai full dex/shell diesel gak masalah long drain. Tapi ane pake nya dexlite/bio solar swasta, jadi Masi agak ragu dgn Tbn 8, apakah bisa nahan sulfur nya diesel mid-low class d indo.
Kmren isi dexlite asap diesel 2gd ane udah gak pekat lagi bau nya, apa tanda2 nya sulfur makin kecil kali yah.....
Seharusnya gak masalah om, di Q8 G long life (itu tbn 7) udah aman buat biosolar/dexlite yang sekarang pake 10rb. Kalo solar dulu yang masih busuk bgt itu jadi gak enak kalo pake 10rb. Tapi gak tau ya kalo beda merek, parameter lain olinya tahan gak buat 10rb biosolar.

Eh tapi temen ane bilang, kalo di luar pulau solarnya masih suka parah. Kerja di tambang dia
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1354
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by sh00t »

sintoni wrote: Tue Sep 19, 2023 2:09
RezPrat wrote: Tue Sep 19, 2023 2:02
sintoni wrote: Tue Sep 19, 2023 1:29

Kalau diesel ya pake oli Diesel aja om.
Fastron gold 5w30 itu juga meet diesel criteria CF, C3, MB 229.51, cuma ya itu dia low Saps dan Tbn 8, buat pemakai full dex/shell diesel gak masalah long drain. Tapi ane pake nya dexlite/bio solar swasta, jadi Masi agak ragu dgn Tbn 8, apakah bisa nahan sulfur nya diesel mid-low class d indo.
Kmren isi dexlite asap diesel 2gd ane udah gak pekat lagi bau nya, apa tanda2 nya sulfur makin kecil kali yah.....
Kalau ane sih misal punya diesel ya ambil yg khusus diesel om, yg ada embel2 emang diesel, TBN pasti lebih tinggi sih 10++.

Apalg aditif sudah pasti khusus buat mesin diesel jg.
Kalau mobil 1 0w-40 spesifikasinya memenuhi atau melampaui acea a3/b4 om. Apakah om mau pakai atau gak untuk mesin dieselnya? Atau om ambil mobil delvac 1 5w-40?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

Klo kelas 0w40
Itu base oilnya udh masuk grup 4
Atau 3 plus plus biasanya

Jd emg lbh mantep
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by sahabatq8 »

sh00t wrote: Tue Sep 19, 2023 4:49
sintoni wrote: Tue Sep 19, 2023 2:09
RezPrat wrote: Tue Sep 19, 2023 2:02

Fastron gold 5w30 itu juga meet diesel criteria CF, C3, MB 229.51, cuma ya itu dia low Saps dan Tbn 8, buat pemakai full dex/shell diesel gak masalah long drain. Tapi ane pake nya dexlite/bio solar swasta, jadi Masi agak ragu dgn Tbn 8, apakah bisa nahan sulfur nya diesel mid-low class d indo.
Kmren isi dexlite asap diesel 2gd ane udah gak pekat lagi bau nya, apa tanda2 nya sulfur makin kecil kali yah.....
Kalau ane sih misal punya diesel ya ambil yg khusus diesel om, yg ada embel2 emang diesel, TBN pasti lebih tinggi sih 10++.

Apalg aditif sudah pasti khusus buat mesin diesel jg.
Kalau mobil 1 0w-40 spesifikasinya memenuhi atau melampaui acea a3/b4 om. Apakah om mau pakai atau gak untuk mesin dieselnya? Atau om ambil mobil delvac 1 5w-40?
Kalo 0w40 a3/b4 kan tbnnya udah 10+
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1354
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by sh00t »

sahabatq8 wrote: Tue Sep 19, 2023 5:05
sh00t wrote: Tue Sep 19, 2023 4:49
sintoni wrote: Tue Sep 19, 2023 2:09

Kalau ane sih misal punya diesel ya ambil yg khusus diesel om, yg ada embel2 emang diesel, TBN pasti lebih tinggi sih 10++.

Apalg aditif sudah pasti khusus buat mesin diesel jg.
Kalau mobil 1 0w-40 spesifikasinya memenuhi atau melampaui acea a3/b4 om. Apakah om mau pakai atau gak untuk mesin dieselnya? Atau om ambil mobil delvac 1 5w-40?
Kalo 0w40 a3/b4 kan tbnnya udah 10+
Betul om. Jadi kalau sudah begitu apakah masih perlu pakai mobil delvac 1 yang memang khusus untuk mobil diesel?
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by sahabatq8 »

sh00t wrote: Tue Sep 19, 2023 6:13
sahabatq8 wrote: Tue Sep 19, 2023 5:05
sh00t wrote: Tue Sep 19, 2023 4:49

Kalau mobil 1 0w-40 spesifikasinya memenuhi atau melampaui acea a3/b4 om. Apakah om mau pakai atau gak untuk mesin dieselnya? Atau om ambil mobil delvac 1 5w-40?
Kalo 0w40 a3/b4 kan tbnnya udah 10+
Betul om. Jadi kalau sudah begitu apakah masih perlu pakai mobil delvac 1 yang memang khusus untuk mobil diesel?
Walaupun tbnnya sama, biasa yang heavy duty itu lebih bagus tbn retentionnya, lebih kuat lawan solar busuk. Tapi Kalo untuk 10rb km yang mana aja lah ok, buat truk besar mungkin perbedaannya lebih berasa.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5951
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by sintoni »

sh00t wrote: Tue Sep 19, 2023 6:13
sahabatq8 wrote: Tue Sep 19, 2023 5:05
sh00t wrote: Tue Sep 19, 2023 4:49

Kalau mobil 1 0w-40 spesifikasinya memenuhi atau melampaui acea a3/b4 om. Apakah om mau pakai atau gak untuk mesin dieselnya? Atau om ambil mobil delvac 1 5w-40?
Kalo 0w40 a3/b4 kan tbnnya udah 10+
Betul om. Jadi kalau sudah begitu apakah masih perlu pakai mobil delvac 1 yang memang khusus untuk mobil diesel?
Kalau ane sih tetap ambil Delvac ESP om.

Harga sama, sertifikasi + aditif diesel jg lebih tinggi pasti.
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1354
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by sh00t »

sahabatq8 wrote: Tue Sep 19, 2023 6:35
sh00t wrote: Tue Sep 19, 2023 6:13
sahabatq8 wrote: Tue Sep 19, 2023 5:05

Kalo 0w40 a3/b4 kan tbnnya udah 10+
Betul om. Jadi kalau sudah begitu apakah masih perlu pakai mobil delvac 1 yang memang khusus untuk mobil diesel?
Walaupun tbnnya sama, biasa yang heavy duty itu lebih bagus tbn retentionnya, lebih kuat lawan solar busuk. Tapi Kalo untuk 10rb km yang mana aja lah ok, buat truk besar mungkin perbedaannya lebih berasa.
Pemikiran saya juga begitu. Secara mobil penumpang kan cuma butuhnya b4. Kenapa harus sampai dikasih e4/7? Apakah mobil penumpang sudah dianggap harus pakai heavy duty oil kah?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

sh00t wrote: Tue Sep 19, 2023 7:37
sahabatq8 wrote: Tue Sep 19, 2023 6:35
sh00t wrote: Tue Sep 19, 2023 6:13

Betul om. Jadi kalau sudah begitu apakah masih perlu pakai mobil delvac 1 yang memang khusus untuk mobil diesel?
Walaupun tbnnya sama, biasa yang heavy duty itu lebih bagus tbn retentionnya, lebih kuat lawan solar busuk. Tapi Kalo untuk 10rb km yang mana aja lah ok, buat truk besar mungkin perbedaannya lebih berasa.
Pemikiran saya juga begitu. Secara mobil penumpang kan cuma butuhnya b4. Kenapa harus sampai dikasih e4/7? Apakah mobil penumpang sudah dianggap harus pakai heavy duty oil kah?
nah ini mbah

Delvac-1 5w40 itu kentel banget
V40 di 102
V100 di 14,8
TBN 12

sementara M-1 0w40
- Visco @40 C = 77
- Visco @100 C = 13,5
TBN 12,5 malah

M1 0w40 lbh masuk akal, dan enteng buat mobil penumpang (non bis dan truck)
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1604
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by t105erd »

sh00t wrote: Tue Sep 19, 2023 7:37
sahabatq8 wrote: Tue Sep 19, 2023 6:35
sh00t wrote: Tue Sep 19, 2023 6:13

Betul om. Jadi kalau sudah begitu apakah masih perlu pakai mobil delvac 1 yang memang khusus untuk mobil diesel?
Walaupun tbnnya sama, biasa yang heavy duty itu lebih bagus tbn retentionnya, lebih kuat lawan solar busuk. Tapi Kalo untuk 10rb km yang mana aja lah ok, buat truk besar mungkin perbedaannya lebih berasa.
Pemikiran saya juga begitu. Secara mobil penumpang kan cuma butuhnya b4. Kenapa harus sampai dikasih e4/7? Apakah mobil penumpang sudah dianggap harus pakai heavy duty oil kah?
Gapapa om tergantung mahzab masing-masing, sama-sama oke buat diesel, asal ga minta duit kita sih pilih mana aja terserah :big_biglaugh:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by marmut »

sh00t wrote: Tue Sep 19, 2023 7:37

Pemikiran saya juga begitu. Secara mobil penumpang kan cuma butuhnya b4. Kenapa harus sampai dikasih e4/7? Apakah mobil penumpang sudah dianggap harus pakai heavy duty oil kah?



karena ngana pe oto tiap hari tarik ini tokh?


IMG_4601-1024x768.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Advise12
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sun Dec 06, 2020 11:56
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Toyota All New Rush

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Advise12 »

saturday wrote: Mon Sep 18, 2023 11:43 IMG_20230918_144057.jpg
IMG_20230918_144306.jpg

Unit: Civic FD2 2011
Oli: Pertamina Fastron Gold 5w30
Jarak tempuh: 8100 km
Masa tempuh: 10 April 2023 - 16 September 2023
BBM: BP92 + PRF ROX

Driving style normal. Cenderung eco driving. Rute kira-kira 60% toll, 30% macet dalam kota. Aliran no warm up. Mobil starter, langsung gelinding di D/gas tipis-tipis.

UOA ini apa adanya bukan untuk membaguskan atau menjelekkan produk tertentu. Tentunya hasil akan subjektif tergantung jenis, penggunaan, dan kondisi kendaraan anda masing-masing dan belum tentu menunjukkan kemampuan oli dalam kapasitas maksimalnya.

Selama permakaian tidak terpantau adanya penguapan oli yang berlebih.

IMG_20230602_060652.jpg
IMG_20230915_122151.jpg

Kebetulan buka valve cover untuk setel klep dan cek/atur gap busi jadi ada foto extra.
IMG_20230916_095013.jpg
Terimakasih om, dgn ini merubah pandangan ane terhadap fastron gold hhee, akhirnya dgn budget miring ada pilihan lain lagi yg bisa di pake sampe 9rb km
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1354
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by sh00t »

Suryaputra wrote: Tue Sep 19, 2023 7:48
sh00t wrote: Tue Sep 19, 2023 7:37
sahabatq8 wrote: Tue Sep 19, 2023 6:35

Walaupun tbnnya sama, biasa yang heavy duty itu lebih bagus tbn retentionnya, lebih kuat lawan solar busuk. Tapi Kalo untuk 10rb km yang mana aja lah ok, buat truk besar mungkin perbedaannya lebih berasa.
Pemikiran saya juga begitu. Secara mobil penumpang kan cuma butuhnya b4. Kenapa harus sampai dikasih e4/7? Apakah mobil penumpang sudah dianggap harus pakai heavy duty oil kah?
nah ini mbah

Delvac-1 5w40 itu kentel banget
V40 di 102
V100 di 14,8
TBN 12

sementara M-1 0w40
- Visco @40 C = 77
- Visco @100 C = 13,5
TBN 12,5 malah

M1 0w40 lbh masuk akal, dan enteng buat mobil penumpang (non bis dan truck)
Nah disini lah saya terkadang agak bingung om. Sudah jelas" di manual book itu spesifikasinya b4 dan pabrikan mobil sudah pasti memikirkannya matang". Masa kita gak menghargai pemikiran insinyur mereka om? :upss: :big_peace:
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1354
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by sh00t »

t105erd wrote: Tue Sep 19, 2023 7:53
sh00t wrote: Tue Sep 19, 2023 7:37
sahabatq8 wrote: Tue Sep 19, 2023 6:35

Walaupun tbnnya sama, biasa yang heavy duty itu lebih bagus tbn retentionnya, lebih kuat lawan solar busuk. Tapi Kalo untuk 10rb km yang mana aja lah ok, buat truk besar mungkin perbedaannya lebih berasa.
Pemikiran saya juga begitu. Secara mobil penumpang kan cuma butuhnya b4. Kenapa harus sampai dikasih e4/7? Apakah mobil penumpang sudah dianggap harus pakai heavy duty oil kah?
Gapapa om tergantung mahzab masing-masing, sama-sama oke buat diesel, asal ga minta duit kita sih pilih mana aja terserah :big_biglaugh:
Kecuali kalau di endorse baru deh saya belain tuh merk dan sekalian nama tokonya om. Siapa tau dapat oli gratis. :big_biglaugh:
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1354
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by sh00t »

marmut wrote: Tue Sep 19, 2023 8:37
sh00t wrote: Tue Sep 19, 2023 7:37

Pemikiran saya juga begitu. Secara mobil penumpang kan cuma butuhnya b4. Kenapa harus sampai dikasih e4/7? Apakah mobil penumpang sudah dianggap harus pakai heavy duty oil kah?



karena ngana pe oto tiap hari tarik ini tokh?



IMG_4601-1024x768.jpeg
Langsung ane pakai oli yang acea Ex berapa saja mbah. Gak peduli merknya. :big_smoking:
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1604
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by t105erd »

sh00t wrote: Tue Sep 19, 2023 10:35
t105erd wrote: Tue Sep 19, 2023 7:53
sh00t wrote: Tue Sep 19, 2023 7:37

Pemikiran saya juga begitu. Secara mobil penumpang kan cuma butuhnya b4. Kenapa harus sampai dikasih e4/7? Apakah mobil penumpang sudah dianggap harus pakai heavy duty oil kah?
Gapapa om tergantung mahzab masing-masing, sama-sama oke buat diesel, asal ga minta duit kita sih pilih mana aja terserah :big_biglaugh:
Kecuali kalau di endorse baru deh saya belain tuh merk dan sekalian nama tokonya om. Siapa tau dapat oli gratis. :big_biglaugh:
Nah ini, siapa tau ada yg bisa ngasih diskon member sini kan, lumayan wkwk...
Om Mod yg jadi brand ambasador nya deh gapapa biar ada feedback nya gitu :big_biglaugh:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

sh00t wrote: Tue Sep 19, 2023 10:34
Suryaputra wrote: Tue Sep 19, 2023 7:48
sh00t wrote: Tue Sep 19, 2023 7:37

Pemikiran saya juga begitu. Secara mobil penumpang kan cuma butuhnya b4. Kenapa harus sampai dikasih e4/7? Apakah mobil penumpang sudah dianggap harus pakai heavy duty oil kah?
nah ini mbah

Delvac-1 5w40 itu kentel banget
V40 di 102
V100 di 14,8
TBN 12

sementara M-1 0w40
- Visco @40 C = 77
- Visco @100 C = 13,5
TBN 12,5 malah

M1 0w40 lbh masuk akal, dan enteng buat mobil penumpang (non bis dan truck)
Nah disini lah saya terkadang agak bingung om. Sudah jelas" di manual book itu spesifikasinya b4 dan pabrikan mobil sudah pasti memikirkannya matang". Masa kita gak menghargai pemikiran insinyur mereka om? :upss: :big_peace:
Iya mbah
Apalagi itu brand exxon Mobil1, udh pasti formulanya melebihi "spec minimal" a3/b4 :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
dinatara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon May 24, 2021 5:24
Daily Vehicle: 1NZ+4AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by dinatara »

Suryaputra wrote: Mon Sep 18, 2023 23:40
dinatara wrote: Mon Sep 18, 2023 19:29 Mbah mbah dimari, swiift GS garage queen dicekokin bardahl S9 5W30 oke gk ya? Mesin sama kayak all new swift GL GX kayaknya.
Rencana sih servis setahun sekali, soalnya bakalan jarang dipake. Kayaknya yg harga & kualitas lagi oke bardahl itu sama fastron gold.

Sama tanya oli maticnya, ini AW1 bukan ya? Setau saya 3317 itu swift gen 1. Koreksi klo saya salah ya mbah.
Waktu nya kuras oli matic soalnya, lagi mempertimbangkan PTT LV1 karena butuh low visc setelah baca2 dimari

Nuhun
Setujuh mbah soal olmes
Fastron gold dan Bardahl s9 5w30 ok punya di kelas nya :big_exellent:

Klo lendir matic, cek manual book ajah mbah aman nya.
Tapi baca-baca dimari, diantara 2 itu bardahl lebih yahud ya dirange harga yg mirip?
Manual booknya hilang dari owner sebelumnya nih mbah, masih cari2 refrensi ini
2012 - 1NZFE
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 737
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by trebla88 »

Screenshot_20230919-222553_Gallery.jpg
Yg mo iseng pake yacco mayan harganya
Miriip unilopal harusnya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.