Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by forzanetti »

Saya lagi browsing2 oli 0W20 untuk HRV 2017. Cari yang kisaran 100-120rb seliter. Pasti ganti tiap 5000km.

1. Total Quartz 9000
2. PTT Eco Evotec
3. Mobil super

Dari 3 oli di atas om2 rekomendasi yang mana?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

forzanetti wrote: Mon Sep 11, 2023 4:31 Saya lagi browsing2 oli 0W20 untuk HRV 2017. Cari yang kisaran 100-120rb seliter. Pasti ganti tiap 5000km.

1. Total Quartz 9000
2. PTT Eco Evotec
3. Mobil super

Dari 3 oli di atas om2 rekomendasi yang mana?
3 3 nya ok buat 5rb km / 6 bulan :big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
chain90s
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Sat May 27, 2023 14:20
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by chain90s »

Suryaputra wrote: Mon Sep 11, 2023 4:24
chain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 3:48 Malam om mau tanya

Pas baca2 thread tune up, katanya carbon cleaner bagusnya sebelum ganti oli ya?

Krn saya belom paham jadi waktu itu saya ganti oli dulu, baru carbon cleaner seminggu kemudian. Sekarang dah jalan 6 bulan pemakaian oli.

Nah apakah ada korelasinya kondisi di atas dengan randomnya suhu mesin mobil saya ya? Apa performa olinya jadi menurun karena sudah di carbon clean saat baru gantol?

Kadang macet parah anteng di 93 Celcius, kadang macet sedang saja cepat sekali ke 100 – 105 Celcius. Keduanya keadaan pakai AC dan baru peremajaan cooling system. :big_dunno:

Mohon pencerahannya om2
Krn carbon clean merontokkan kotoran, dan kotorannya jatuh ke oil-pan
Jd itu filter olinya bisa kerja keras.

resiko terbesar?, filter mampet, kotoran karbon naik ikut masuk ke pompa oli. Dan bikin mesin kotor dan cepet aus.

Semoga tidak yah.

Soal coolant temp, coolant, radiator dan fan apakah prima kondisinya?
Thermostat udh cek?
Mobil apa dan thn brp mbah?
Secara tarikan dan suara masih aman sih om. Apakah filter yg kerja keras tsb bikin suhu mesin naik om?

Saat ganti oli 6 bulan lalu sekalian kuras coolant, ganti housing thermostat, thermostat, water outlet, resistor dan motor fan om. Aman semua, ga ada kebocoran, level coolant aman, motor fan juga nyala.

Mobilnya fiesta 1.4 2011 om.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

chain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 6:03
Suryaputra wrote: Mon Sep 11, 2023 4:24
chain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 3:48 Malam om mau tanya

Pas baca2 thread tune up, katanya carbon cleaner bagusnya sebelum ganti oli ya?

Krn saya belom paham jadi waktu itu saya ganti oli dulu, baru carbon cleaner seminggu kemudian. Sekarang dah jalan 6 bulan pemakaian oli.

Nah apakah ada korelasinya kondisi di atas dengan randomnya suhu mesin mobil saya ya? Apa performa olinya jadi menurun karena sudah di carbon clean saat baru gantol?

Kadang macet parah anteng di 93 Celcius, kadang macet sedang saja cepat sekali ke 100 – 105 Celcius. Keduanya keadaan pakai AC dan baru peremajaan cooling system. :big_dunno:

Mohon pencerahannya om2
Krn carbon clean merontokkan kotoran, dan kotorannya jatuh ke oil-pan
Jd itu filter olinya bisa kerja keras.

resiko terbesar?, filter mampet, kotoran karbon naik ikut masuk ke pompa oli. Dan bikin mesin kotor dan cepet aus.

Semoga tidak yah.

Soal coolant temp, coolant, radiator dan fan apakah prima kondisinya?
Thermostat udh cek?
Mobil apa dan thn brp mbah?
Secara tarikan dan suara masih aman sih om. Apakah filter yg kerja keras tsb bikin suhu mesin naik om?

Saat ganti oli 6 bulan lalu sekalian kuras coolant, ganti housing thermostat, thermostat, water outlet, resistor dan motor fan om. Aman semua, ga ada kebocoran, level coolant aman, motor fan juga nyala.

Mobilnya fiesta 1.4 2011 om.
klo gak salah emg suhunya sgitu sih klo fiesta

coba ganti oli aja lgs, krn harusnya setelah carb clean, lgs ganti oli.

dan butuh oli w30 dgn spec
- FORD WSS-M2C913-D
atau
- ACEA A5 / B5
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1604
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by t105erd »

chain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 6:03
Suryaputra wrote: Mon Sep 11, 2023 4:24
chain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 3:48 Malam om mau tanya

Pas baca2 thread tune up, katanya carbon cleaner bagusnya sebelum ganti oli ya?

Krn saya belom paham jadi waktu itu saya ganti oli dulu, baru carbon cleaner seminggu kemudian. Sekarang dah jalan 6 bulan pemakaian oli.

Nah apakah ada korelasinya kondisi di atas dengan randomnya suhu mesin mobil saya ya? Apa performa olinya jadi menurun karena sudah di carbon clean saat baru gantol?

Kadang macet parah anteng di 93 Celcius, kadang macet sedang saja cepat sekali ke 100 – 105 Celcius. Keduanya keadaan pakai AC dan baru peremajaan cooling system. :big_dunno:

Mohon pencerahannya om2
Krn carbon clean merontokkan kotoran, dan kotorannya jatuh ke oil-pan
Jd itu filter olinya bisa kerja keras.

resiko terbesar?, filter mampet, kotoran karbon naik ikut masuk ke pompa oli. Dan bikin mesin kotor dan cepet aus.

Semoga tidak yah.

Soal coolant temp, coolant, radiator dan fan apakah prima kondisinya?
Thermostat udh cek?
Mobil apa dan thn brp mbah?
Secara tarikan dan suara masih aman sih om. Apakah filter yg kerja keras tsb bikin suhu mesin naik om?

Saat ganti oli 6 bulan lalu sekalian kuras coolant, ganti housing thermostat, thermostat, water outlet, resistor dan motor fan om. Aman semua, ga ada kebocoran, level coolant aman, motor fan juga nyala.

Mobilnya fiesta 1.4 2011 om.
Sebelumnya pakai air biasa atau coolant?
Sudah cek sensor suhu? Sudah buang angin di cooling system?
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 475
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV + LCGC

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by FR6 »

chain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 6:03
Secara tarikan dan suara masih aman sih om. Apakah filter yg kerja keras tsb bikin suhu mesin naik om?

Saat ganti oli 6 bulan lalu sekalian kuras coolant, ganti housing thermostat, thermostat, water outlet, resistor dan motor fan om. Aman semua, ga ada kebocoran, level coolant aman, motor fan juga nyala.

Mobilnya fiesta 1.4 2011 om.
Kayanya emg tinggi deh Om, saya user Fiesta juga kok.
seinget saya operating temp. nya relatif tinggi dibanding mobil Jepang.
selama ga ada kebocoran di cooling system & motor fan normal, harusnya sih normal2 aja.
saran saya, better gabung komunitasnya Om, banyak ilmu disana.
Pada dasarnya Fiesta mobil bandel kok, cuma memang ngerawatnya harus agak spesial dikittt..
Saya 5 tahun gak ada problem repair gede, cuma ganti shock aja krn emg mobil tempur & AKAP.

alvin23 wrote: Mon Sep 11, 2023 3:27
Sbnrnya si ga sampe 10rb om, t0 udh better deh dibanding pake oli 5w30, wong kl WAVE kl bisa pakenya yg 0w16
eh iya deng, bukman rekomen 0w-16..
ini alamat jadi bom waktu aja buat TAM, BeRes (A2K) ngasih nya 5w-30..
sahabatq8 wrote: Mon Sep 11, 2023 4:30
Kalo saya mending pake 5w30 yang bagusan daripada 0w20 eco kalo gak ngejar fuel efficiency.

Coba itu oli eco dituang di mobil yang manual booknya bisa 0w20 tapi sebenernya mesin performa tinggi kyk mercedes yang minta 229.72 bisa cepet bubar mesinnya.

Kalo mesin rocky raize sih pake 0w20 eco seharusnya masih ok tapi paling 4000-5000 udah max.
saya ngejar bisa dipake 10.000 KM Om, ngeliat hasil oli Q8 di trit ini sih menarik, cuma khawatir barang aspal aja. ada saran kah beli nya di mana Om?
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by sahabatq8 »

FR6 wrote: Mon Sep 11, 2023 7:20
chain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 6:03
Secara tarikan dan suara masih aman sih om. Apakah filter yg kerja keras tsb bikin suhu mesin naik om?

Saat ganti oli 6 bulan lalu sekalian kuras coolant, ganti housing thermostat, thermostat, water outlet, resistor dan motor fan om. Aman semua, ga ada kebocoran, level coolant aman, motor fan juga nyala.

Mobilnya fiesta 1.4 2011 om.
Kayanya emg tinggi deh Om, saya user Fiesta juga kok.
seinget saya operating temp. nya relatif tinggi dibanding mobil Jepang.
selama ga ada kebocoran di cooling system & motor fan normal, harusnya sih normal2 aja.
saran saya, better gabung komunitasnya Om, banyak ilmu disana.
Pada dasarnya Fiesta mobil bandel kok, cuma memang ngerawatnya harus agak spesial dikittt..
Saya 5 tahun gak ada problem repair gede, cuma ganti shock aja krn emg mobil tempur & AKAP.

alvin23 wrote: Mon Sep 11, 2023 3:27
Sbnrnya si ga sampe 10rb om, t0 udh better deh dibanding pake oli 5w30, wong kl WAVE kl bisa pakenya yg 0w16
eh iya deng, bukman rekomen 0w-16..
ini alamat jadi bom waktu aja buat TAM, BeRes (A2K) ngasih nya 5w-30..
sahabatq8 wrote: Mon Sep 11, 2023 4:30
Kalo saya mending pake 5w30 yang bagusan daripada 0w20 eco kalo gak ngejar fuel efficiency.

Coba itu oli eco dituang di mobil yang manual booknya bisa 0w20 tapi sebenernya mesin performa tinggi kyk mercedes yang minta 229.72 bisa cepet bubar mesinnya.

Kalo mesin rocky raize sih pake 0w20 eco seharusnya masih ok tapi paling 4000-5000 udah max.
saya ngejar bisa dipake 10.000 KM Om, ngeliat hasil oli Q8 di trit ini sih menarik, cuma khawatir barang aspal aja. ada saran kah beli nya di mana Om?
Kalo mau langsung ganti ke TODA aja , biasa saya ganti disitu sih (tapi saya bawa oli sendiri)
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

FR6 wrote: Mon Sep 11, 2023 7:20
chain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 6:03
Secara tarikan dan suara masih aman sih om. Apakah filter yg kerja keras tsb bikin suhu mesin naik om?

Saat ganti oli 6 bulan lalu sekalian kuras coolant, ganti housing thermostat, thermostat, water outlet, resistor dan motor fan om. Aman semua, ga ada kebocoran, level coolant aman, motor fan juga nyala.

Mobilnya fiesta 1.4 2011 om.
Kayanya emg tinggi deh Om, saya user Fiesta juga kok.
seinget saya operating temp. nya relatif tinggi dibanding mobil Jepang.
selama ga ada kebocoran di cooling system & motor fan normal, harusnya sih normal2 aja.
saran saya, better gabung komunitasnya Om, banyak ilmu disana.
Pada dasarnya Fiesta mobil bandel kok, cuma memang ngerawatnya harus agak spesial dikittt..
Saya 5 tahun gak ada problem repair gede, cuma ganti shock aja krn emg mobil tempur & AKAP.

alvin23 wrote: Mon Sep 11, 2023 3:27
Sbnrnya si ga sampe 10rb om, t0 udh better deh dibanding pake oli 5w30, wong kl WAVE kl bisa pakenya yg 0w16
eh iya deng, bukman rekomen 0w-16..
ini alamat jadi bom waktu aja buat TAM, BeRes (A2K) ngasih nya 5w-30..
sahabatq8 wrote: Mon Sep 11, 2023 4:30
Kalo saya mending pake 5w30 yang bagusan daripada 0w20 eco kalo gak ngejar fuel efficiency.

Coba itu oli eco dituang di mobil yang manual booknya bisa 0w20 tapi sebenernya mesin performa tinggi kyk mercedes yang minta 229.72 bisa cepet bubar mesinnya.

Kalo mesin rocky raize sih pake 0w20 eco seharusnya masih ok tapi paling 4000-5000 udah max.
saya ngejar bisa dipake 10.000 KM Om, ngeliat hasil oli Q8 di trit ini sih menarik, cuma khawatir barang aspal aja. ada saran kah beli nya di mana Om?
https://tokopedia.link/DMpyI5C7ZCb
Gass

Klo mesin turbo, buat long drain, better dicek dipstick berkala, dan kondis fisik olinya mbah

Krn turbo kan lbh vanas yaa
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 475
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV + LCGC

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by FR6 »

sahabatq8 wrote: Mon Sep 11, 2023 7:22 Kalo mau langsung ganti ke TODA aja , biasa saya ganti disitu sih (tapi saya bawa oli sendiri)
Saya domisili di Palembang Om hehe, anyway thank you sarannya, nanti deh kalo kebetulan lagi pulang ke Jakarta saya beli.
Suryaputra wrote: Mon Sep 11, 2023 7:30
https://tokopedia.link/DMpyI5C7ZCb
Gass

Klo mesin turbo, buat long drain, better dicek dipstick berkala, dan kondis fisik olinya mbah

Krn turbo kan lbh vanas yaa
Thanks berat Om Suhu :big_deal:
WA-VE Om, bukan 1KR Turbo wkwkw
Ngeliat spek Engine di bukman & online malah bikin insekyur, bukan peace of mind ala Toyo-Dai :big_bored:
chain90s
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Sat May 27, 2023 14:20
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by chain90s »

Suryaputra wrote: Mon Sep 11, 2023 6:36
chain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 6:03
Suryaputra wrote: Mon Sep 11, 2023 4:24
Krn carbon clean merontokkan kotoran, dan kotorannya jatuh ke oil-pan
Jd itu filter olinya bisa kerja keras.

resiko terbesar?, filter mampet, kotoran karbon naik ikut masuk ke pompa oli. Dan bikin mesin kotor dan cepet aus.

Semoga tidak yah.

Soal coolant temp, coolant, radiator dan fan apakah prima kondisinya?
Thermostat udh cek?
Mobil apa dan thn brp mbah?
Secara tarikan dan suara masih aman sih om. Apakah filter yg kerja keras tsb bikin suhu mesin naik om?

Saat ganti oli 6 bulan lalu sekalian kuras coolant, ganti housing thermostat, thermostat, water outlet, resistor dan motor fan om. Aman semua, ga ada kebocoran, level coolant aman, motor fan juga nyala.

Mobilnya fiesta 1.4 2011 om.
klo gak salah emg suhunya sgitu sih klo fiesta

coba ganti oli aja lgs, krn harusnya setelah carb clean, lgs ganti oli.

dan butuh oli w30 dgn spec
- FORD WSS-M2C913-D
atau
- ACEA A5 / B5
Nah itu om makanya ane menduga kalau randomnya suhu mesin ini karena olinya yg udh ga perform efek carb clean (pdhl baru jalan 2000km) :big_childish:

Ane lagi pakai motul specific om harusnya dah sesuai spec sih.

Btw suhu normalnya kalau pakai AC max 93 om, kalau ga pake AC max 105 trs fan nyala. Nah anehnya selalu pakai AC tapi kadang bisa tembus ke 105-110 kan bikin parno dijalan :big_bored:
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1604
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by t105erd »

FR6 wrote: Mon Sep 11, 2023 7:20
chain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 6:03
Secara tarikan dan suara masih aman sih om. Apakah filter yg kerja keras tsb bikin suhu mesin naik om?

Saat ganti oli 6 bulan lalu sekalian kuras coolant, ganti housing thermostat, thermostat, water outlet, resistor dan motor fan om. Aman semua, ga ada kebocoran, level coolant aman, motor fan juga nyala.

Mobilnya fiesta 1.4 2011 om.
Kayanya emg tinggi deh Om, saya user Fiesta juga kok.
seinget saya operating temp. nya relatif tinggi dibanding mobil Jepang.
selama ga ada kebocoran di cooling system & motor fan normal, harusnya sih normal2 aja.
saran saya, better gabung komunitasnya Om, banyak ilmu disana.
Pada dasarnya Fiesta mobil bandel kok, cuma memang ngerawatnya harus agak spesial dikittt..
Saya 5 tahun gak ada problem repair gede, cuma ganti shock aja krn emg mobil tempur & AKAP.

alvin23 wrote: Mon Sep 11, 2023 3:27
Sbnrnya si ga sampe 10rb om, t0 udh better deh dibanding pake oli 5w30, wong kl WAVE kl bisa pakenya yg 0w16
eh iya deng, bukman rekomen 0w-16..
ini alamat jadi bom waktu aja buat TAM, BeRes (A2K) ngasih nya 5w-30..
sahabatq8 wrote: Mon Sep 11, 2023 4:30
Kalo saya mending pake 5w30 yang bagusan daripada 0w20 eco kalo gak ngejar fuel efficiency.

Coba itu oli eco dituang di mobil yang manual booknya bisa 0w20 tapi sebenernya mesin performa tinggi kyk mercedes yang minta 229.72 bisa cepet bubar mesinnya.

Kalo mesin rocky raize sih pake 0w20 eco seharusnya masih ok tapi paling 4000-5000 udah max.
saya ngejar bisa dipake 10.000 KM Om, ngeliat hasil oli Q8 di trit ini sih menarik, cuma khawatir barang aspal aja. ada saran kah beli nya di mana Om?
Cari aja yg udah ada embel2 dexos nya, biasanya bisa sampai 10rb km
chain90s
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Sat May 27, 2023 14:20
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by chain90s »

t105erd wrote: Mon Sep 11, 2023 6:56
chain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 6:03
Suryaputra wrote: Mon Sep 11, 2023 4:24
Krn carbon clean merontokkan kotoran, dan kotorannya jatuh ke oil-pan
Jd itu filter olinya bisa kerja keras.

resiko terbesar?, filter mampet, kotoran karbon naik ikut masuk ke pompa oli. Dan bikin mesin kotor dan cepet aus.

Semoga tidak yah.

Soal coolant temp, coolant, radiator dan fan apakah prima kondisinya?
Thermostat udh cek?
Mobil apa dan thn brp mbah?
Secara tarikan dan suara masih aman sih om. Apakah filter yg kerja keras tsb bikin suhu mesin naik om?

Saat ganti oli 6 bulan lalu sekalian kuras coolant, ganti housing thermostat, thermostat, water outlet, resistor dan motor fan om. Aman semua, ga ada kebocoran, level coolant aman, motor fan juga nyala.

Mobilnya fiesta 1.4 2011 om.
Sebelumnya pakai air biasa atau coolant?
Sudah cek sensor suhu? Sudah buang angin di cooling system?
Selalu pakai coolant om mobilnya, buang angin sih terakhir sekalian kuras itu. Nah saya juga sempat curiga sama sensor ECT nya, cuma terakhir dicek sih aman om info mekaniknya
chain90s
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Sat May 27, 2023 14:20
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by chain90s »

FR6 wrote: Mon Sep 11, 2023 7:20
chain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 6:03
Secara tarikan dan suara masih aman sih om. Apakah filter yg kerja keras tsb bikin suhu mesin naik om?

Saat ganti oli 6 bulan lalu sekalian kuras coolant, ganti housing thermostat, thermostat, water outlet, resistor dan motor fan om. Aman semua, ga ada kebocoran, level coolant aman, motor fan juga nyala.

Mobilnya fiesta 1.4 2011 om.
Kayanya emg tinggi deh Om, saya user Fiesta juga kok.
seinget saya operating temp. nya relatif tinggi dibanding mobil Jepang.
selama ga ada kebocoran di cooling system & motor fan normal, harusnya sih normal2 aja.
saran saya, better gabung komunitasnya Om, banyak ilmu disana.
Pada dasarnya Fiesta mobil bandel kok, cuma memang ngerawatnya harus agak spesial dikittt..
Saya 5 tahun gak ada problem repair gede, cuma ganti shock aja krn emg mobil tempur & AKAP.
Biasanya suhu di angka berapa om FR6? Betul bgt biasa pegang mobil jepang yg anteng di 92 Celcius, saya jadi overthinking aja nih haha

Ok jadi saya putusin utk ganti oli aja deh, krn ada indikasi performa olinya menurun dan kotor karena efek carb clean 6 bulan lalu. Hopefully problemnya solve.

Padahal tadinya mau coba drain di 12 bulan karena lagi jarang pakai mobil. :ungg:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by marmut »

chain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 7:56

Btw suhu normalnya kalau pakai AC max 93 om, kalau ga pake AC max 105 trs fan nyala. Nah anehnya selalu pakai AC tapi kadang bisa tembus ke 105-110 kan bikin parno dijalan :big_bored:


fort fiesta fan nyala di 105°-108°c, itupun baru yg low speed. yg hi speed nyala diatas 110°c.
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1604
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by t105erd »

marmut wrote: Mon Sep 11, 2023 11:07
chain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 7:56

Btw suhu normalnya kalau pakai AC max 93 om, kalau ga pake AC max 105 trs fan nyala. Nah anehnya selalu pakai AC tapi kadang bisa tembus ke 105-110 kan bikin parno dijalan :big_bored:


fort fiesta fan nyala di 105°-108°c, itupun baru yg low speed. yg hi speed nyala diatas 110°c.
Wah baru tau saya ford sampai diatas 100 suhu kerjanya
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by marmut »

chain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 3:48 Malam om mau tanya

Pas baca2 thread tune up, katanya carbon cleaner bagusnya sebelum ganti oli ya?

Krn saya belom paham jadi waktu itu saya ganti oli dulu, baru carbon cleaner seminggu kemudian. Sekarang dah jalan 6 bulan pemakaian oli.

Nah apakah ada korelasinya kondisi di atas dengan randomnya suhu mesin mobil saya ya? Apa performa olinya jadi menurun karena sudah di carbon clean saat baru gantol?

Kadang macet parah anteng di 93 Celcius, kadang macet sedang saja cepat sekali ke 100 – 105 Celcius. Keduanya keadaan pakai AC dan baru peremajaan cooling system. :big_dunno:

Mohon pencerahannya om2


carbon cleaner dilakukan sebelum ganti oli mesin, betul sekali.
kenapa? supaya oli mesin yg baru tidak terkontaminasi dengan cairan pembersih tersebut.
walaupun dalam jumlah sedikit, pasti akan ada cairan yg rembes lewat dinding silinder dan tercampur dengan oli dan pasti akan merusak si oli tsb.

hubungan oli jelek dengan ECT yg naik turun? (dengan asumsi cooling system bagus semua) setau saya enggak.
suhu udara sekitar jauh lebih pengaruh ke ECT.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Mon Sep 11, 2023 4:24
Krn carbon clean merontokkan kotoran, dan kotorannya jatuh ke oil-pan
Jd itu filter olinya bisa kerja keras.

resiko terbesar?, filter mampet, kotoran karbon naik ikut masuk ke pompa oli. Dan bikin mesin kotor dan cepet aus.

-





ngawur sekali tulisan anda pak..... :mky_03:

carbon clean merontokkan kotoran? betul sekali. :big_okay:

sampai disitu saya setuju dan tidak ada yg bisa mendebat.

kotorannya jatuh ke oil pan? begimana ceritanya? lewat mana?

proses carbon clean sejauh pengetahuan saya, ngerontokin kotoran di intake port dan combustion chamber.
anggaplah yg melakukan proses tsb si mat pinter, kotoran tidak dihisap keluar melainkan dibuang dengan cara mesin dinyalakan sambil digas² rpm tinggi sampe ngebul asap dari ujung knalpot, rontokan kerak palingan juga bikin mampet catalytic converter.
itupun kalo emang ada beberapa kilogram deposit karbon di intake port dan ruang bakar.

kalau rontokan kerak karbon bisa turun sampe oil pan, lewat mana? ring piston? berarti kemungkinannya antara celah ring piston sudah sangat besar sampaikan kotoran bisa lewat, atau dinding silinder ada cerukan.

kalau ring piston ada celah besar, sudah pasti oli mesin ikut masuk ke ruang bakar dan ngebul parah dr ujung knalpot ketika mesin idup.

filter oli mampet karena kotoran dari hasil carbon cleaning? saya numpang ketawa dulu pak.......

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

kalau kasusnya crankcase banyak kerak, lalu dimasukin engine flush sampai kotorannya rontok, nah.... itu memang bener kotoran nyemplung ke oil pan dan pasti keisep masuk filter oli, serta memungkinkan sekali bikin mampet.

:beer:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Mon Sep 11, 2023 14:31
Suryaputra wrote: Mon Sep 11, 2023 4:24
Krn carbon clean merontokkan kotoran, dan kotorannya jatuh ke oil-pan
Jd itu filter olinya bisa kerja keras.

resiko terbesar?, filter mampet, kotoran karbon naik ikut masuk ke pompa oli. Dan bikin mesin kotor dan cepet aus.

-





ngawur sekali tulisan anda pak..... :mky_03:

carbon clean merontokkan kotoran? betul sekali. :big_okay:

sampai disitu saya setuju dan tidak ada yg bisa mendebat.

kotorannya jatuh ke oil pan? begimana ceritanya? lewat mana?

proses carbon clean sejauh pengetahuan saya, ngerontokin kotoran di intake port dan combustion chamber.
anggaplah yg melakukan proses tsb si mat pinter, kotoran tidak dihisap keluar melainkan dibuang dengan cara mesin dinyalakan sambil digas² rpm tinggi sampe ngebul asap dari ujung knalpot, rontokan kerak palingan juga bikin mampet catalytic converter.
itupun kalo emang ada beberapa kilogram deposit karbon di intake port dan ruang bakar.

kalau rontokan kerak karbon bisa turun sampe oil pan, lewat mana? ring piston? berarti kemungkinannya antara celah ring piston sudah sangat besar sampaikan kotoran bisa lewat, atau dinding silinder ada cerukan.

kalau ring piston ada celah besar, sudah pasti oli mesin ikut masuk ke ruang bakar dan ngebul parah dr ujung knalpot ketika mesin idup.

filter oli mampet karena kotoran dari hasil carbon cleaning? saya numpang ketawa dulu pak.......

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

kalau kasusnya crankcase banyak kerak, lalu dimasukin engine flush sampai kotorannya rontok, nah.... itu memang bener kotoran nyemplung ke oil pan dan pasti keisep masuk filter oli, serta memungkinkan sekali bikin mampet.

:beer:
Setujuh mbah masterr
Nuhun koreksinya :big_love:

Engine flush ritual umum bbrp bengkel buat ganti oli.
Tp sbetulnya itu resiko bikin aditif mesin yg nempel di metal daleman mesin bisa ikut "keflush" sekaligus resiko bikin seal mesin menyusut :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by severmaya »

chain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 3:48 Malam om mau tanya

Pas baca2 thread tune up, katanya carbon cleaner bagusnya sebelum ganti oli ya?

Krn saya belom paham jadi waktu itu saya ganti oli dulu, baru carbon cleaner seminggu kemudian. Sekarang dah jalan 6 bulan pemakaian oli.

Nah apakah ada korelasinya kondisi di atas dengan randomnya suhu mesin mobil saya ya? Apa performa olinya jadi menurun karena sudah di carbon clean saat baru gantol?

Kadang macet parah anteng di 93 Celcius, kadang macet sedang saja cepat sekali ke 100 – 105 Celcius. Keduanya keadaan pakai AC dan baru peremajaan cooling system. :big_dunno:

Mohon pencerahannya om2
Om motor fan nya ori kah? Temen ada yang pakai fiesta juga, keluhannya dulu ya sama.
Akhirnya dia coba ganti motor fan ori, setelah itu suhunya paling kisaran 80 an aja. Kalau ga salah beli di harga 2 jutaan untuk motor fan tsb.
chain90s
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Sat May 27, 2023 14:20
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by chain90s »

marmut wrote: Mon Sep 11, 2023 14:01
chain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 3:48 Malam om mau tanya

Pas baca2 thread tune up, katanya carbon cleaner bagusnya sebelum ganti oli ya?

Krn saya belom paham jadi waktu itu saya ganti oli dulu, baru carbon cleaner seminggu kemudian. Sekarang dah jalan 6 bulan pemakaian oli.

Nah apakah ada korelasinya kondisi di atas dengan randomnya suhu mesin mobil saya ya? Apa performa olinya jadi menurun karena sudah di carbon clean saat baru gantol?

Kadang macet parah anteng di 93 Celcius, kadang macet sedang saja cepat sekali ke 100 – 105 Celcius. Keduanya keadaan pakai AC dan baru peremajaan cooling system. :big_dunno:

Mohon pencerahannya om2


carbon cleaner dilakukan sebelum ganti oli mesin, betul sekali.
kenapa? supaya oli mesin yg baru tidak terkontaminasi dengan cairan pembersih tersebut.
walaupun dalam jumlah sedikit, pasti akan ada cairan yg rembes lewat dinding silinder dan tercampur dengan oli dan pasti akan merusak si oli tsb.

hubungan oli jelek dengan ECT yg naik turun? (dengan asumsi cooling system bagus semua) setau saya enggak.
suhu udara sekitar jauh lebih pengaruh ke ECT.
Thanks om marmut ilmunya, berarti efeknya lebih ke pelumasan mesin yg kurang sempurna aja ya karena campuran cairan carb cleaner dan oli tersebut yg khawatirnya akan membuat mesin cepat aus, noted.
chain90s
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Sat May 27, 2023 14:20
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by chain90s »

severmaya wrote: Mon Sep 11, 2023 18:54
chain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 3:48 Malam om mau tanya

Pas baca2 thread tune up, katanya carbon cleaner bagusnya sebelum ganti oli ya?

Krn saya belom paham jadi waktu itu saya ganti oli dulu, baru carbon cleaner seminggu kemudian. Sekarang dah jalan 6 bulan pemakaian oli.

Nah apakah ada korelasinya kondisi di atas dengan randomnya suhu mesin mobil saya ya? Apa performa olinya jadi menurun karena sudah di carbon clean saat baru gantol?

Kadang macet parah anteng di 93 Celcius, kadang macet sedang saja cepat sekali ke 100 – 105 Celcius. Keduanya keadaan pakai AC dan baru peremajaan cooling system. :big_dunno:

Mohon pencerahannya om2
Om motor fan nya ori kah? Temen ada yang pakai fiesta juga, keluhannya dulu ya sama.
Akhirnya dia coba ganti motor fan ori, setelah itu suhunya paling kisaran 80 an aja. Kalau ga salah beli di harga 2 jutaan untuk motor fan tsb.
Saya ganti motorfan ori om, motorcraft punya di harga sejuta. Wah nyaman banget 80 C, thermostat gak di by pass itu om?
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by severmaya »

chain90s wrote: Tue Sep 12, 2023 1:16
severmaya wrote: Mon Sep 11, 2023 18:54
chain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 3:48 Malam om mau tanya

Pas baca2 thread tune up, katanya carbon cleaner bagusnya sebelum ganti oli ya?

Krn saya belom paham jadi waktu itu saya ganti oli dulu, baru carbon cleaner seminggu kemudian. Sekarang dah jalan 6 bulan pemakaian oli.

Nah apakah ada korelasinya kondisi di atas dengan randomnya suhu mesin mobil saya ya? Apa performa olinya jadi menurun karena sudah di carbon clean saat baru gantol?

Kadang macet parah anteng di 93 Celcius, kadang macet sedang saja cepat sekali ke 100 – 105 Celcius. Keduanya keadaan pakai AC dan baru peremajaan cooling system. :big_dunno:

Mohon pencerahannya om2
Om motor fan nya ori kah? Temen ada yang pakai fiesta juga, keluhannya dulu ya sama.
Akhirnya dia coba ganti motor fan ori, setelah itu suhunya paling kisaran 80 an aja. Kalau ga salah beli di harga 2 jutaan untuk motor fan tsb.
Saya ganti motorfan ori om, motorcraft punya di harga sejuta. Wah nyaman banget 80 C, thermostat gak di by pass itu om?
Kalau sepengertian saya ngga om, sebelumnya dia sama juga ganti sistem cooling sama seperti om, cuma tetep aja suhunya tiba-tiba 105 di obd.
Sebelumnya kata dia motor fan nya pakai non ori, ganti itu langsung turun suhunya.
Supersedan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 243
Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Supersedan »

FR6 wrote: Mon Sep 11, 2023 7:51
sahabatq8 wrote: Mon Sep 11, 2023 7:22 Kalo mau langsung ganti ke TODA aja , biasa saya ganti disitu sih (tapi saya bawa oli sendiri)
Saya domisili di Palembang Om hehe, anyway thank you sarannya, nanti deh kalo kebetulan lagi pulang ke Jakarta saya beli.
Saya jg domisili Palembang om, selama ini beli online trus ganti oli sendiri. Atau ya kalo lg ada temen / keluarga ke jkt nitip beli oli :big_biglaugh:
chain90s
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Sat May 27, 2023 14:20
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by chain90s »

severmaya wrote: Tue Sep 12, 2023 3:21
chain90s wrote: Tue Sep 12, 2023 1:16
severmaya wrote: Mon Sep 11, 2023 18:54

Om motor fan nya ori kah? Temen ada yang pakai fiesta juga, keluhannya dulu ya sama.
Akhirnya dia coba ganti motor fan ori, setelah itu suhunya paling kisaran 80 an aja. Kalau ga salah beli di harga 2 jutaan untuk motor fan tsb.
Saya ganti motorfan ori om, motorcraft punya di harga sejuta. Wah nyaman banget 80 C, thermostat gak di by pass itu om?
Kalau sepengertian saya ngga om, sebelumnya dia sama juga ganti sistem cooling sama seperti om, cuma tetep aja suhunya tiba-tiba 105 di obd.
Sebelumnya kata dia motor fan nya pakai non ori, ganti itu langsung turun suhunya.
Ok noted om thanks infonya, insyaa Allah libur kerja bawa ke bengkel langganan utk konsultasi
Haiqalesha
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Sun Apr 30, 2017 15:27
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Haiqalesha »

maaf OOT kalau mau nyari tahu suhu mesin di mobil yang gak ada indikator suhunya macam mobilio itu gmn ya ? nunggu tanda overheat muncul aaja atau ada alat tertentu ?