Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18
Saya lagi browsing2 oli 0W20 untuk HRV 2017. Cari yang kisaran 100-120rb seliter. Pasti ganti tiap 5000km.
1. Total Quartz 9000
2. PTT Eco Evotec
3. Mobil super
Dari 3 oli di atas om2 rekomendasi yang mana?
1. Total Quartz 9000
2. PTT Eco Evotec
3. Mobil super
Dari 3 oli di atas om2 rekomendasi yang mana?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18
3 3 nya ok buat 5rb km / 6 bulanforzanetti wrote: Mon Sep 11, 2023 4:31 Saya lagi browsing2 oli 0W20 untuk HRV 2017. Cari yang kisaran 100-120rb seliter. Pasti ganti tiap 5000km.
1. Total Quartz 9000
2. PTT Eco Evotec
3. Mobil super
Dari 3 oli di atas om2 rekomendasi yang mana?

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: Sat May 27, 2023 14:20
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18
Secara tarikan dan suara masih aman sih om. Apakah filter yg kerja keras tsb bikin suhu mesin naik om?Suryaputra wrote: Mon Sep 11, 2023 4:24Krn carbon clean merontokkan kotoran, dan kotorannya jatuh ke oil-panchain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 3:48 Malam om mau tanya
Pas baca2 thread tune up, katanya carbon cleaner bagusnya sebelum ganti oli ya?
Krn saya belom paham jadi waktu itu saya ganti oli dulu, baru carbon cleaner seminggu kemudian. Sekarang dah jalan 6 bulan pemakaian oli.
Nah apakah ada korelasinya kondisi di atas dengan randomnya suhu mesin mobil saya ya? Apa performa olinya jadi menurun karena sudah di carbon clean saat baru gantol?
Kadang macet parah anteng di 93 Celcius, kadang macet sedang saja cepat sekali ke 100 – 105 Celcius. Keduanya keadaan pakai AC dan baru peremajaan cooling system.![]()
Mohon pencerahannya om2
Jd itu filter olinya bisa kerja keras.
resiko terbesar?, filter mampet, kotoran karbon naik ikut masuk ke pompa oli. Dan bikin mesin kotor dan cepet aus.
Semoga tidak yah.
Soal coolant temp, coolant, radiator dan fan apakah prima kondisinya?
Thermostat udh cek?
Mobil apa dan thn brp mbah?
Saat ganti oli 6 bulan lalu sekalian kuras coolant, ganti housing thermostat, thermostat, water outlet, resistor dan motor fan om. Aman semua, ga ada kebocoran, level coolant aman, motor fan juga nyala.
Mobilnya fiesta 1.4 2011 om.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18
klo gak salah emg suhunya sgitu sih klo fiestachain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 6:03Secara tarikan dan suara masih aman sih om. Apakah filter yg kerja keras tsb bikin suhu mesin naik om?Suryaputra wrote: Mon Sep 11, 2023 4:24Krn carbon clean merontokkan kotoran, dan kotorannya jatuh ke oil-panchain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 3:48 Malam om mau tanya
Pas baca2 thread tune up, katanya carbon cleaner bagusnya sebelum ganti oli ya?
Krn saya belom paham jadi waktu itu saya ganti oli dulu, baru carbon cleaner seminggu kemudian. Sekarang dah jalan 6 bulan pemakaian oli.
Nah apakah ada korelasinya kondisi di atas dengan randomnya suhu mesin mobil saya ya? Apa performa olinya jadi menurun karena sudah di carbon clean saat baru gantol?
Kadang macet parah anteng di 93 Celcius, kadang macet sedang saja cepat sekali ke 100 – 105 Celcius. Keduanya keadaan pakai AC dan baru peremajaan cooling system.![]()
Mohon pencerahannya om2
Jd itu filter olinya bisa kerja keras.
resiko terbesar?, filter mampet, kotoran karbon naik ikut masuk ke pompa oli. Dan bikin mesin kotor dan cepet aus.
Semoga tidak yah.
Soal coolant temp, coolant, radiator dan fan apakah prima kondisinya?
Thermostat udh cek?
Mobil apa dan thn brp mbah?
Saat ganti oli 6 bulan lalu sekalian kuras coolant, ganti housing thermostat, thermostat, water outlet, resistor dan motor fan om. Aman semua, ga ada kebocoran, level coolant aman, motor fan juga nyala.
Mobilnya fiesta 1.4 2011 om.
coba ganti oli aja lgs, krn harusnya setelah carb clean, lgs ganti oli.
dan butuh oli w30 dgn spec
- FORD WSS-M2C913-D
atau
- ACEA A5 / B5
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1604
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18
Sebelumnya pakai air biasa atau coolant?chain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 6:03Secara tarikan dan suara masih aman sih om. Apakah filter yg kerja keras tsb bikin suhu mesin naik om?Suryaputra wrote: Mon Sep 11, 2023 4:24Krn carbon clean merontokkan kotoran, dan kotorannya jatuh ke oil-panchain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 3:48 Malam om mau tanya
Pas baca2 thread tune up, katanya carbon cleaner bagusnya sebelum ganti oli ya?
Krn saya belom paham jadi waktu itu saya ganti oli dulu, baru carbon cleaner seminggu kemudian. Sekarang dah jalan 6 bulan pemakaian oli.
Nah apakah ada korelasinya kondisi di atas dengan randomnya suhu mesin mobil saya ya? Apa performa olinya jadi menurun karena sudah di carbon clean saat baru gantol?
Kadang macet parah anteng di 93 Celcius, kadang macet sedang saja cepat sekali ke 100 – 105 Celcius. Keduanya keadaan pakai AC dan baru peremajaan cooling system.![]()
Mohon pencerahannya om2
Jd itu filter olinya bisa kerja keras.
resiko terbesar?, filter mampet, kotoran karbon naik ikut masuk ke pompa oli. Dan bikin mesin kotor dan cepet aus.
Semoga tidak yah.
Soal coolant temp, coolant, radiator dan fan apakah prima kondisinya?
Thermostat udh cek?
Mobil apa dan thn brp mbah?
Saat ganti oli 6 bulan lalu sekalian kuras coolant, ganti housing thermostat, thermostat, water outlet, resistor dan motor fan om. Aman semua, ga ada kebocoran, level coolant aman, motor fan juga nyala.
Mobilnya fiesta 1.4 2011 om.
Sudah cek sensor suhu? Sudah buang angin di cooling system?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 475
- Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: LMPV + LCGC
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18
Kayanya emg tinggi deh Om, saya user Fiesta juga kok.chain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 6:03
Secara tarikan dan suara masih aman sih om. Apakah filter yg kerja keras tsb bikin suhu mesin naik om?
Saat ganti oli 6 bulan lalu sekalian kuras coolant, ganti housing thermostat, thermostat, water outlet, resistor dan motor fan om. Aman semua, ga ada kebocoran, level coolant aman, motor fan juga nyala.
Mobilnya fiesta 1.4 2011 om.
seinget saya operating temp. nya relatif tinggi dibanding mobil Jepang.
selama ga ada kebocoran di cooling system & motor fan normal, harusnya sih normal2 aja.
saran saya, better gabung komunitasnya Om, banyak ilmu disana.
Pada dasarnya Fiesta mobil bandel kok, cuma memang ngerawatnya harus agak spesial dikittt..
Saya 5 tahun gak ada problem repair gede, cuma ganti shock aja krn emg mobil tempur & AKAP.
eh iya deng, bukman rekomen 0w-16..alvin23 wrote: Mon Sep 11, 2023 3:27
Sbnrnya si ga sampe 10rb om, t0 udh better deh dibanding pake oli 5w30, wong kl WAVE kl bisa pakenya yg 0w16
ini alamat jadi bom waktu aja buat TAM, BeRes (A2K) ngasih nya 5w-30..
saya ngejar bisa dipake 10.000 KM Om, ngeliat hasil oli Q8 di trit ini sih menarik, cuma khawatir barang aspal aja. ada saran kah beli nya di mana Om?sahabatq8 wrote: Mon Sep 11, 2023 4:30
Kalo saya mending pake 5w30 yang bagusan daripada 0w20 eco kalo gak ngejar fuel efficiency.
Coba itu oli eco dituang di mobil yang manual booknya bisa 0w20 tapi sebenernya mesin performa tinggi kyk mercedes yang minta 229.72 bisa cepet bubar mesinnya.
Kalo mesin rocky raize sih pake 0w20 eco seharusnya masih ok tapi paling 4000-5000 udah max.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2537
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18
Kalo mau langsung ganti ke TODA aja , biasa saya ganti disitu sih (tapi saya bawa oli sendiri)FR6 wrote: Mon Sep 11, 2023 7:20Kayanya emg tinggi deh Om, saya user Fiesta juga kok.chain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 6:03
Secara tarikan dan suara masih aman sih om. Apakah filter yg kerja keras tsb bikin suhu mesin naik om?
Saat ganti oli 6 bulan lalu sekalian kuras coolant, ganti housing thermostat, thermostat, water outlet, resistor dan motor fan om. Aman semua, ga ada kebocoran, level coolant aman, motor fan juga nyala.
Mobilnya fiesta 1.4 2011 om.
seinget saya operating temp. nya relatif tinggi dibanding mobil Jepang.
selama ga ada kebocoran di cooling system & motor fan normal, harusnya sih normal2 aja.
saran saya, better gabung komunitasnya Om, banyak ilmu disana.
Pada dasarnya Fiesta mobil bandel kok, cuma memang ngerawatnya harus agak spesial dikittt..
Saya 5 tahun gak ada problem repair gede, cuma ganti shock aja krn emg mobil tempur & AKAP.
eh iya deng, bukman rekomen 0w-16..alvin23 wrote: Mon Sep 11, 2023 3:27
Sbnrnya si ga sampe 10rb om, t0 udh better deh dibanding pake oli 5w30, wong kl WAVE kl bisa pakenya yg 0w16
ini alamat jadi bom waktu aja buat TAM, BeRes (A2K) ngasih nya 5w-30..
saya ngejar bisa dipake 10.000 KM Om, ngeliat hasil oli Q8 di trit ini sih menarik, cuma khawatir barang aspal aja. ada saran kah beli nya di mana Om?sahabatq8 wrote: Mon Sep 11, 2023 4:30
Kalo saya mending pake 5w30 yang bagusan daripada 0w20 eco kalo gak ngejar fuel efficiency.
Coba itu oli eco dituang di mobil yang manual booknya bisa 0w20 tapi sebenernya mesin performa tinggi kyk mercedes yang minta 229.72 bisa cepet bubar mesinnya.
Kalo mesin rocky raize sih pake 0w20 eco seharusnya masih ok tapi paling 4000-5000 udah max.
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18
https://tokopedia.link/DMpyI5C7ZCbFR6 wrote: Mon Sep 11, 2023 7:20Kayanya emg tinggi deh Om, saya user Fiesta juga kok.chain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 6:03
Secara tarikan dan suara masih aman sih om. Apakah filter yg kerja keras tsb bikin suhu mesin naik om?
Saat ganti oli 6 bulan lalu sekalian kuras coolant, ganti housing thermostat, thermostat, water outlet, resistor dan motor fan om. Aman semua, ga ada kebocoran, level coolant aman, motor fan juga nyala.
Mobilnya fiesta 1.4 2011 om.
seinget saya operating temp. nya relatif tinggi dibanding mobil Jepang.
selama ga ada kebocoran di cooling system & motor fan normal, harusnya sih normal2 aja.
saran saya, better gabung komunitasnya Om, banyak ilmu disana.
Pada dasarnya Fiesta mobil bandel kok, cuma memang ngerawatnya harus agak spesial dikittt..
Saya 5 tahun gak ada problem repair gede, cuma ganti shock aja krn emg mobil tempur & AKAP.
eh iya deng, bukman rekomen 0w-16..alvin23 wrote: Mon Sep 11, 2023 3:27
Sbnrnya si ga sampe 10rb om, t0 udh better deh dibanding pake oli 5w30, wong kl WAVE kl bisa pakenya yg 0w16
ini alamat jadi bom waktu aja buat TAM, BeRes (A2K) ngasih nya 5w-30..
saya ngejar bisa dipake 10.000 KM Om, ngeliat hasil oli Q8 di trit ini sih menarik, cuma khawatir barang aspal aja. ada saran kah beli nya di mana Om?sahabatq8 wrote: Mon Sep 11, 2023 4:30
Kalo saya mending pake 5w30 yang bagusan daripada 0w20 eco kalo gak ngejar fuel efficiency.
Coba itu oli eco dituang di mobil yang manual booknya bisa 0w20 tapi sebenernya mesin performa tinggi kyk mercedes yang minta 229.72 bisa cepet bubar mesinnya.
Kalo mesin rocky raize sih pake 0w20 eco seharusnya masih ok tapi paling 4000-5000 udah max.
Gass
Klo mesin turbo, buat long drain, better dicek dipstick berkala, dan kondis fisik olinya mbah
Krn turbo kan lbh vanas yaa
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 475
- Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: LMPV + LCGC
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18
Saya domisili di Palembang Om hehe, anyway thank you sarannya, nanti deh kalo kebetulan lagi pulang ke Jakarta saya beli.sahabatq8 wrote: Mon Sep 11, 2023 7:22 Kalo mau langsung ganti ke TODA aja , biasa saya ganti disitu sih (tapi saya bawa oli sendiri)
Thanks berat Om SuhuSuryaputra wrote: Mon Sep 11, 2023 7:30
https://tokopedia.link/DMpyI5C7ZCb
Gass
Klo mesin turbo, buat long drain, better dicek dipstick berkala, dan kondis fisik olinya mbah
Krn turbo kan lbh vanas yaa

WA-VE Om, bukan 1KR Turbo wkwkw
Ngeliat spek Engine di bukman & online malah bikin insekyur, bukan peace of mind ala Toyo-Dai

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: Sat May 27, 2023 14:20
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18
Nah itu om makanya ane menduga kalau randomnya suhu mesin ini karena olinya yg udh ga perform efek carb clean (pdhl baru jalan 2000km)Suryaputra wrote: Mon Sep 11, 2023 6:36klo gak salah emg suhunya sgitu sih klo fiestachain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 6:03Secara tarikan dan suara masih aman sih om. Apakah filter yg kerja keras tsb bikin suhu mesin naik om?Suryaputra wrote: Mon Sep 11, 2023 4:24
Krn carbon clean merontokkan kotoran, dan kotorannya jatuh ke oil-pan
Jd itu filter olinya bisa kerja keras.
resiko terbesar?, filter mampet, kotoran karbon naik ikut masuk ke pompa oli. Dan bikin mesin kotor dan cepet aus.
Semoga tidak yah.
Soal coolant temp, coolant, radiator dan fan apakah prima kondisinya?
Thermostat udh cek?
Mobil apa dan thn brp mbah?
Saat ganti oli 6 bulan lalu sekalian kuras coolant, ganti housing thermostat, thermostat, water outlet, resistor dan motor fan om. Aman semua, ga ada kebocoran, level coolant aman, motor fan juga nyala.
Mobilnya fiesta 1.4 2011 om.
coba ganti oli aja lgs, krn harusnya setelah carb clean, lgs ganti oli.
dan butuh oli w30 dgn spec
- FORD WSS-M2C913-D
atau
- ACEA A5 / B5

Ane lagi pakai motul specific om harusnya dah sesuai spec sih.
Btw suhu normalnya kalau pakai AC max 93 om, kalau ga pake AC max 105 trs fan nyala. Nah anehnya selalu pakai AC tapi kadang bisa tembus ke 105-110 kan bikin parno dijalan

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1604
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18
Cari aja yg udah ada embel2 dexos nya, biasanya bisa sampai 10rb kmFR6 wrote: Mon Sep 11, 2023 7:20Kayanya emg tinggi deh Om, saya user Fiesta juga kok.chain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 6:03
Secara tarikan dan suara masih aman sih om. Apakah filter yg kerja keras tsb bikin suhu mesin naik om?
Saat ganti oli 6 bulan lalu sekalian kuras coolant, ganti housing thermostat, thermostat, water outlet, resistor dan motor fan om. Aman semua, ga ada kebocoran, level coolant aman, motor fan juga nyala.
Mobilnya fiesta 1.4 2011 om.
seinget saya operating temp. nya relatif tinggi dibanding mobil Jepang.
selama ga ada kebocoran di cooling system & motor fan normal, harusnya sih normal2 aja.
saran saya, better gabung komunitasnya Om, banyak ilmu disana.
Pada dasarnya Fiesta mobil bandel kok, cuma memang ngerawatnya harus agak spesial dikittt..
Saya 5 tahun gak ada problem repair gede, cuma ganti shock aja krn emg mobil tempur & AKAP.
eh iya deng, bukman rekomen 0w-16..alvin23 wrote: Mon Sep 11, 2023 3:27
Sbnrnya si ga sampe 10rb om, t0 udh better deh dibanding pake oli 5w30, wong kl WAVE kl bisa pakenya yg 0w16
ini alamat jadi bom waktu aja buat TAM, BeRes (A2K) ngasih nya 5w-30..
saya ngejar bisa dipake 10.000 KM Om, ngeliat hasil oli Q8 di trit ini sih menarik, cuma khawatir barang aspal aja. ada saran kah beli nya di mana Om?sahabatq8 wrote: Mon Sep 11, 2023 4:30
Kalo saya mending pake 5w30 yang bagusan daripada 0w20 eco kalo gak ngejar fuel efficiency.
Coba itu oli eco dituang di mobil yang manual booknya bisa 0w20 tapi sebenernya mesin performa tinggi kyk mercedes yang minta 229.72 bisa cepet bubar mesinnya.
Kalo mesin rocky raize sih pake 0w20 eco seharusnya masih ok tapi paling 4000-5000 udah max.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: Sat May 27, 2023 14:20
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18
Selalu pakai coolant om mobilnya, buang angin sih terakhir sekalian kuras itu. Nah saya juga sempat curiga sama sensor ECT nya, cuma terakhir dicek sih aman om info mekaniknyat105erd wrote: Mon Sep 11, 2023 6:56Sebelumnya pakai air biasa atau coolant?chain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 6:03Secara tarikan dan suara masih aman sih om. Apakah filter yg kerja keras tsb bikin suhu mesin naik om?Suryaputra wrote: Mon Sep 11, 2023 4:24
Krn carbon clean merontokkan kotoran, dan kotorannya jatuh ke oil-pan
Jd itu filter olinya bisa kerja keras.
resiko terbesar?, filter mampet, kotoran karbon naik ikut masuk ke pompa oli. Dan bikin mesin kotor dan cepet aus.
Semoga tidak yah.
Soal coolant temp, coolant, radiator dan fan apakah prima kondisinya?
Thermostat udh cek?
Mobil apa dan thn brp mbah?
Saat ganti oli 6 bulan lalu sekalian kuras coolant, ganti housing thermostat, thermostat, water outlet, resistor dan motor fan om. Aman semua, ga ada kebocoran, level coolant aman, motor fan juga nyala.
Mobilnya fiesta 1.4 2011 om.
Sudah cek sensor suhu? Sudah buang angin di cooling system?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: Sat May 27, 2023 14:20
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18
Biasanya suhu di angka berapa om FR6? Betul bgt biasa pegang mobil jepang yg anteng di 92 Celcius, saya jadi overthinking aja nih hahaFR6 wrote: Mon Sep 11, 2023 7:20Kayanya emg tinggi deh Om, saya user Fiesta juga kok.chain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 6:03
Secara tarikan dan suara masih aman sih om. Apakah filter yg kerja keras tsb bikin suhu mesin naik om?
Saat ganti oli 6 bulan lalu sekalian kuras coolant, ganti housing thermostat, thermostat, water outlet, resistor dan motor fan om. Aman semua, ga ada kebocoran, level coolant aman, motor fan juga nyala.
Mobilnya fiesta 1.4 2011 om.
seinget saya operating temp. nya relatif tinggi dibanding mobil Jepang.
selama ga ada kebocoran di cooling system & motor fan normal, harusnya sih normal2 aja.
saran saya, better gabung komunitasnya Om, banyak ilmu disana.
Pada dasarnya Fiesta mobil bandel kok, cuma memang ngerawatnya harus agak spesial dikittt..
Saya 5 tahun gak ada problem repair gede, cuma ganti shock aja krn emg mobil tempur & AKAP.
Ok jadi saya putusin utk ganti oli aja deh, krn ada indikasi performa olinya menurun dan kotor karena efek carb clean 6 bulan lalu. Hopefully problemnya solve.
Padahal tadinya mau coba drain di 12 bulan karena lagi jarang pakai mobil.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18
chain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 7:56
Btw suhu normalnya kalau pakai AC max 93 om, kalau ga pake AC max 105 trs fan nyala. Nah anehnya selalu pakai AC tapi kadang bisa tembus ke 105-110 kan bikin parno dijalan![]()
fort fiesta fan nyala di 105°-108°c, itupun baru yg low speed. yg hi speed nyala diatas 110°c.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1604
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18
Wah baru tau saya ford sampai diatas 100 suhu kerjanyamarmut wrote: Mon Sep 11, 2023 11:07chain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 7:56
Btw suhu normalnya kalau pakai AC max 93 om, kalau ga pake AC max 105 trs fan nyala. Nah anehnya selalu pakai AC tapi kadang bisa tembus ke 105-110 kan bikin parno dijalan![]()
fort fiesta fan nyala di 105°-108°c, itupun baru yg low speed. yg hi speed nyala diatas 110°c.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18
chain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 3:48 Malam om mau tanya
Pas baca2 thread tune up, katanya carbon cleaner bagusnya sebelum ganti oli ya?
Krn saya belom paham jadi waktu itu saya ganti oli dulu, baru carbon cleaner seminggu kemudian. Sekarang dah jalan 6 bulan pemakaian oli.
Nah apakah ada korelasinya kondisi di atas dengan randomnya suhu mesin mobil saya ya? Apa performa olinya jadi menurun karena sudah di carbon clean saat baru gantol?
Kadang macet parah anteng di 93 Celcius, kadang macet sedang saja cepat sekali ke 100 – 105 Celcius. Keduanya keadaan pakai AC dan baru peremajaan cooling system.![]()
Mohon pencerahannya om2
carbon cleaner dilakukan sebelum ganti oli mesin, betul sekali.
kenapa? supaya oli mesin yg baru tidak terkontaminasi dengan cairan pembersih tersebut.
walaupun dalam jumlah sedikit, pasti akan ada cairan yg rembes lewat dinding silinder dan tercampur dengan oli dan pasti akan merusak si oli tsb.
hubungan oli jelek dengan ECT yg naik turun? (dengan asumsi cooling system bagus semua) setau saya enggak.
suhu udara sekitar jauh lebih pengaruh ke ECT.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18
Suryaputra wrote: Mon Sep 11, 2023 4:24
Krn carbon clean merontokkan kotoran, dan kotorannya jatuh ke oil-pan
Jd itu filter olinya bisa kerja keras.
resiko terbesar?, filter mampet, kotoran karbon naik ikut masuk ke pompa oli. Dan bikin mesin kotor dan cepet aus.
-
ngawur sekali tulisan anda pak.....

carbon clean merontokkan kotoran? betul sekali.

sampai disitu saya setuju dan tidak ada yg bisa mendebat.
kotorannya jatuh ke oil pan? begimana ceritanya? lewat mana?
proses carbon clean sejauh pengetahuan saya, ngerontokin kotoran di intake port dan combustion chamber.
anggaplah yg melakukan proses tsb si mat pinter, kotoran tidak dihisap keluar melainkan dibuang dengan cara mesin dinyalakan sambil digas² rpm tinggi sampe ngebul asap dari ujung knalpot, rontokan kerak palingan juga bikin mampet catalytic converter.
itupun kalo emang ada beberapa kilogram deposit karbon di intake port dan ruang bakar.
kalau rontokan kerak karbon bisa turun sampe oil pan, lewat mana? ring piston? berarti kemungkinannya antara celah ring piston sudah sangat besar sampaikan kotoran bisa lewat, atau dinding silinder ada cerukan.
kalau ring piston ada celah besar, sudah pasti oli mesin ikut masuk ke ruang bakar dan ngebul parah dr ujung knalpot ketika mesin idup.
filter oli mampet karena kotoran dari hasil carbon cleaning? saya numpang ketawa dulu pak.......






kalau kasusnya crankcase banyak kerak, lalu dimasukin engine flush sampai kotorannya rontok, nah.... itu memang bener kotoran nyemplung ke oil pan dan pasti keisep masuk filter oli, serta memungkinkan sekali bikin mampet.

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18
Setujuh mbah masterrmarmut wrote: Mon Sep 11, 2023 14:31Suryaputra wrote: Mon Sep 11, 2023 4:24
Krn carbon clean merontokkan kotoran, dan kotorannya jatuh ke oil-pan
Jd itu filter olinya bisa kerja keras.
resiko terbesar?, filter mampet, kotoran karbon naik ikut masuk ke pompa oli. Dan bikin mesin kotor dan cepet aus.
-
ngawur sekali tulisan anda pak.....![]()
carbon clean merontokkan kotoran? betul sekali.![]()
sampai disitu saya setuju dan tidak ada yg bisa mendebat.
kotorannya jatuh ke oil pan? begimana ceritanya? lewat mana?
proses carbon clean sejauh pengetahuan saya, ngerontokin kotoran di intake port dan combustion chamber.
anggaplah yg melakukan proses tsb si mat pinter, kotoran tidak dihisap keluar melainkan dibuang dengan cara mesin dinyalakan sambil digas² rpm tinggi sampe ngebul asap dari ujung knalpot, rontokan kerak palingan juga bikin mampet catalytic converter.
itupun kalo emang ada beberapa kilogram deposit karbon di intake port dan ruang bakar.
kalau rontokan kerak karbon bisa turun sampe oil pan, lewat mana? ring piston? berarti kemungkinannya antara celah ring piston sudah sangat besar sampaikan kotoran bisa lewat, atau dinding silinder ada cerukan.
kalau ring piston ada celah besar, sudah pasti oli mesin ikut masuk ke ruang bakar dan ngebul parah dr ujung knalpot ketika mesin idup.
filter oli mampet karena kotoran dari hasil carbon cleaning? saya numpang ketawa dulu pak.......
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
kalau kasusnya crankcase banyak kerak, lalu dimasukin engine flush sampai kotorannya rontok, nah.... itu memang bener kotoran nyemplung ke oil pan dan pasti keisep masuk filter oli, serta memungkinkan sekali bikin mampet.
![]()
Nuhun koreksinya

Engine flush ritual umum bbrp bengkel buat ganti oli.
Tp sbetulnya itu resiko bikin aditif mesin yg nempel di metal daleman mesin bisa ikut "keflush" sekaligus resiko bikin seal mesin menyusut

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 284
- Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: vroom
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18
Om motor fan nya ori kah? Temen ada yang pakai fiesta juga, keluhannya dulu ya sama.chain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 3:48 Malam om mau tanya
Pas baca2 thread tune up, katanya carbon cleaner bagusnya sebelum ganti oli ya?
Krn saya belom paham jadi waktu itu saya ganti oli dulu, baru carbon cleaner seminggu kemudian. Sekarang dah jalan 6 bulan pemakaian oli.
Nah apakah ada korelasinya kondisi di atas dengan randomnya suhu mesin mobil saya ya? Apa performa olinya jadi menurun karena sudah di carbon clean saat baru gantol?
Kadang macet parah anteng di 93 Celcius, kadang macet sedang saja cepat sekali ke 100 – 105 Celcius. Keduanya keadaan pakai AC dan baru peremajaan cooling system.![]()
Mohon pencerahannya om2
Akhirnya dia coba ganti motor fan ori, setelah itu suhunya paling kisaran 80 an aja. Kalau ga salah beli di harga 2 jutaan untuk motor fan tsb.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: Sat May 27, 2023 14:20
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18
Thanks om marmut ilmunya, berarti efeknya lebih ke pelumasan mesin yg kurang sempurna aja ya karena campuran cairan carb cleaner dan oli tersebut yg khawatirnya akan membuat mesin cepat aus, noted.marmut wrote: Mon Sep 11, 2023 14:01chain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 3:48 Malam om mau tanya
Pas baca2 thread tune up, katanya carbon cleaner bagusnya sebelum ganti oli ya?
Krn saya belom paham jadi waktu itu saya ganti oli dulu, baru carbon cleaner seminggu kemudian. Sekarang dah jalan 6 bulan pemakaian oli.
Nah apakah ada korelasinya kondisi di atas dengan randomnya suhu mesin mobil saya ya? Apa performa olinya jadi menurun karena sudah di carbon clean saat baru gantol?
Kadang macet parah anteng di 93 Celcius, kadang macet sedang saja cepat sekali ke 100 – 105 Celcius. Keduanya keadaan pakai AC dan baru peremajaan cooling system.![]()
Mohon pencerahannya om2
carbon cleaner dilakukan sebelum ganti oli mesin, betul sekali.
kenapa? supaya oli mesin yg baru tidak terkontaminasi dengan cairan pembersih tersebut.
walaupun dalam jumlah sedikit, pasti akan ada cairan yg rembes lewat dinding silinder dan tercampur dengan oli dan pasti akan merusak si oli tsb.
hubungan oli jelek dengan ECT yg naik turun? (dengan asumsi cooling system bagus semua) setau saya enggak.
suhu udara sekitar jauh lebih pengaruh ke ECT.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: Sat May 27, 2023 14:20
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18
Saya ganti motorfan ori om, motorcraft punya di harga sejuta. Wah nyaman banget 80 C, thermostat gak di by pass itu om?severmaya wrote: Mon Sep 11, 2023 18:54Om motor fan nya ori kah? Temen ada yang pakai fiesta juga, keluhannya dulu ya sama.chain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 3:48 Malam om mau tanya
Pas baca2 thread tune up, katanya carbon cleaner bagusnya sebelum ganti oli ya?
Krn saya belom paham jadi waktu itu saya ganti oli dulu, baru carbon cleaner seminggu kemudian. Sekarang dah jalan 6 bulan pemakaian oli.
Nah apakah ada korelasinya kondisi di atas dengan randomnya suhu mesin mobil saya ya? Apa performa olinya jadi menurun karena sudah di carbon clean saat baru gantol?
Kadang macet parah anteng di 93 Celcius, kadang macet sedang saja cepat sekali ke 100 – 105 Celcius. Keduanya keadaan pakai AC dan baru peremajaan cooling system.![]()
Mohon pencerahannya om2
Akhirnya dia coba ganti motor fan ori, setelah itu suhunya paling kisaran 80 an aja. Kalau ga salah beli di harga 2 jutaan untuk motor fan tsb.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 284
- Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: vroom
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18
Kalau sepengertian saya ngga om, sebelumnya dia sama juga ganti sistem cooling sama seperti om, cuma tetep aja suhunya tiba-tiba 105 di obd.chain90s wrote: Tue Sep 12, 2023 1:16Saya ganti motorfan ori om, motorcraft punya di harga sejuta. Wah nyaman banget 80 C, thermostat gak di by pass itu om?severmaya wrote: Mon Sep 11, 2023 18:54Om motor fan nya ori kah? Temen ada yang pakai fiesta juga, keluhannya dulu ya sama.chain90s wrote: Mon Sep 11, 2023 3:48 Malam om mau tanya
Pas baca2 thread tune up, katanya carbon cleaner bagusnya sebelum ganti oli ya?
Krn saya belom paham jadi waktu itu saya ganti oli dulu, baru carbon cleaner seminggu kemudian. Sekarang dah jalan 6 bulan pemakaian oli.
Nah apakah ada korelasinya kondisi di atas dengan randomnya suhu mesin mobil saya ya? Apa performa olinya jadi menurun karena sudah di carbon clean saat baru gantol?
Kadang macet parah anteng di 93 Celcius, kadang macet sedang saja cepat sekali ke 100 – 105 Celcius. Keduanya keadaan pakai AC dan baru peremajaan cooling system.![]()
Mohon pencerahannya om2
Akhirnya dia coba ganti motor fan ori, setelah itu suhunya paling kisaran 80 an aja. Kalau ga salah beli di harga 2 jutaan untuk motor fan tsb.
Sebelumnya kata dia motor fan nya pakai non ori, ganti itu langsung turun suhunya.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 243
- Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
- Daily Vehicle: Mobilio
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18
Saya jg domisili Palembang om, selama ini beli online trus ganti oli sendiri. Atau ya kalo lg ada temen / keluarga ke jkt nitip beli oli

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: Sat May 27, 2023 14:20
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18
Ok noted om thanks infonya, insyaa Allah libur kerja bawa ke bengkel langganan utk konsultasisevermaya wrote: Tue Sep 12, 2023 3:21Kalau sepengertian saya ngga om, sebelumnya dia sama juga ganti sistem cooling sama seperti om, cuma tetep aja suhunya tiba-tiba 105 di obd.chain90s wrote: Tue Sep 12, 2023 1:16Saya ganti motorfan ori om, motorcraft punya di harga sejuta. Wah nyaman banget 80 C, thermostat gak di by pass itu om?severmaya wrote: Mon Sep 11, 2023 18:54
Om motor fan nya ori kah? Temen ada yang pakai fiesta juga, keluhannya dulu ya sama.
Akhirnya dia coba ganti motor fan ori, setelah itu suhunya paling kisaran 80 an aja. Kalau ga salah beli di harga 2 jutaan untuk motor fan tsb.
Sebelumnya kata dia motor fan nya pakai non ori, ganti itu langsung turun suhunya.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Sun Apr 30, 2017 15:27
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mobilio
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18
maaf OOT kalau mau nyari tahu suhu mesin di mobil yang gak ada indikator suhunya macam mobilio itu gmn ya ? nunggu tanda overheat muncul aaja atau ada alat tertentu ?