Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1608
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by t105erd »

RezPrat wrote: Sat Aug 12, 2023 6:04
t105erd wrote: Fri Aug 11, 2023 11:13
javieroargubi wrote: Fri Aug 11, 2023 4:25

menarik ini episode di Motor Trend buat para penggemar oli, membahas tentang low vs high viscosity. dyno & oil pressure proven
(Video berbahasa Inggris)


"Does the Thickness of Your Oil Matter? | Engine Masters FULL EPISODE MotorTrend"
Wah test nya keren, di lab beneran bukan rasa-rasa.
Mesin V8 mobil2 US emang butuh oli kentel yah biar optimal, sama kaya mesin air cooled VW, dulu temen punya VW Combi juga pake prima xp doang atau mesran super :big_biglaugh:

Beda cerita mungkin kalo test nya pakai mesin2 modern yang sudah vvti/vtec atau malah GDI.
Menurut ane beda engine beda behavior Om, di Subaru Gdi & turbo malah minta w20 oil, kalo engine eropa rata2 paling optimal di buntut w40, jepangan suka yg encer2. Engine Honda yg bisa 7000rpm malam minta 0w20. Itu engine yg d test engine jadul, jadi ya emang di design buat oli kental (sesuai jaman nya). :big_peace:
Sepakat :big_deal:

Pernah baca manual EK9 aja masih bisa make 20W40 -20W50

Di luar sana juga masi ada yg berpendapat kalo mesin kilometer dah tinggi/diatas berapa tahun gitu mesti ganti ke oli yg lebih kental. Kalo saya sendiri sih mobil dah 15 tahun juga masih pakai oli rekomendasi pabrikan di 5W30. Ga tau deh temen2 disini masuk aliran mana :mky_03:
Opeakkk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Fri Apr 14, 2023 17:17
Location: Bandung
Daily Vehicle: Grand Livina

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Opeakkk »

t105erd wrote: Fri Aug 11, 2023 22:00
Opeakkk wrote: Thu Aug 10, 2023 9:51 Karna PCV Valve patah di dalam terpaksa buka rocker cover, pertama kali buka, usia 13 taun. Mobil Lipindut L10.

Sebelum2 nya oli pake NGO, HX8, sekarang bardal S9.
Begini penampakan nya, bersih ga ni ?
Umur mesin berapa km ini, kinclong bener udah kaya pakai oli mahal :big_exellent:
Umur 149.480 KM om, L10 2010 :big_smile]
Tapi rute memang jarang kena macet, paling macet weekend nya bandung aja, dua minggu sekali jalan luar kota ke Cianjur
Mz175
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: Wed Jan 25, 2017 16:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Mz175 »

t105erd wrote: Sat Aug 12, 2023 11:37
RezPrat wrote: Sat Aug 12, 2023 6:04
t105erd wrote: Fri Aug 11, 2023 11:13

Wah test nya keren, di lab beneran bukan rasa-rasa.
Mesin V8 mobil2 US emang butuh oli kentel yah biar optimal, sama kaya mesin air cooled VW, dulu temen punya VW Combi juga pake prima xp doang atau mesran super :big_biglaugh:

Beda cerita mungkin kalo test nya pakai mesin2 modern yang sudah vvti/vtec atau malah GDI.
Menurut ane beda engine beda behavior Om, di Subaru Gdi & turbo malah minta w20 oil, kalo engine eropa rata2 paling optimal di buntut w40, jepangan suka yg encer2. Engine Honda yg bisa 7000rpm malam minta 0w20. Itu engine yg d test engine jadul, jadi ya emang di design buat oli kental (sesuai jaman nya). :big_peace:
Sepakat :big_deal:

Pernah baca manual EK9 aja masih bisa make 20W40 -20W50

Di luar sana juga masi ada yg berpendapat kalo mesin kilometer dah tinggi/diatas berapa tahun gitu mesti ganti ke oli yg lebih kental. Kalo saya sendiri sih mobil dah 15 tahun juga masih pakai oli rekomendasi pabrikan di 5W30. Ga tau deh temen2 disini masuk aliran mana :mky_03:
L300 saya udah 300.[cencored] umur 18 tahun masih pake 10w40 mbah :big_peace: . Oli gardan pake yg sae 90.
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1608
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by t105erd »

Mz175 wrote: Sun Aug 13, 2023 2:34
t105erd wrote: Sat Aug 12, 2023 11:37
RezPrat wrote: Sat Aug 12, 2023 6:04
Menurut ane beda engine beda behavior Om, di Subaru Gdi & turbo malah minta w20 oil, kalo engine eropa rata2 paling optimal di buntut w40, jepangan suka yg encer2. Engine Honda yg bisa 7000rpm malam minta 0w20. Itu engine yg d test engine jadul, jadi ya emang di design buat oli kental (sesuai jaman nya). :big_peace:
Sepakat :big_deal:

Pernah baca manual EK9 aja masih bisa make 20W40 -20W50

Di luar sana juga masi ada yg berpendapat kalo mesin kilometer dah tinggi/diatas berapa tahun gitu mesti ganti ke oli yg lebih kental. Kalo saya sendiri sih mobil dah 15 tahun juga masih pakai oli rekomendasi pabrikan di 5W30. Ga tau deh temen2 disini masuk aliran mana :mky_03:
L300 saya udah 300.[cencored] umur 18 tahun masih pake 10w40 mbah :big_peace: . Oli gardan pake yg sae 90.
Maknyuss…
Kemarin saya sempat 2 hari di PT. MKM. Karyawan sana sempat cerita ketika ada petinggi MC (Mitsubishi Corp.) datang berkunjung ke pabrik di Indonesia, dia kaget liat L300 masih dibuat, mobil jaman Jackie Chen masih bujang sampe sekarang kakek2 masih ada. Di negara asalnya udah sampe generasi keberapa itu mobil Delica.
Johnkwick
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Fri Mar 06, 2020 17:24
Daily Vehicle: 528i F10 LCI

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Johnkwick »

Kemarin sempat pakai Q8 VX LL 5W-30 karena pengen nyobain VW 504/507 grade oil. Setelah waktunya ganti oli, jadi mikir apakah mid saps bagus buat bensin yang masih Euro-4? Mohon pencerahannya yah bapak/ibu, masih awam juga soal oli.

Jadinya kemarin balik lagi ke Q8 Excel LL 5W-40 karena kebetulan selama ini selalu nyari oli yang punya trisula sertifikasi BMW LL01, MB 229.5, dan VW 502/505
snoepje
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 220
Joined: Sun Jul 31, 2016 7:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by snoepje »

Johnkwick wrote: Sun Aug 13, 2023 10:37 Kemarin sempat pakai Q8 VX LL 5W-30 karena pengen nyobain VW 504/507 grade oil. Setelah waktunya ganti oli, jadi mikir apakah mid saps bagus buat bensin yang masih Euro-4? Mohon pencerahannya yah bapak/ibu, masih awam juga soal oli.

Jadinya kemarin balik lagi ke Q8 Excel LL 5W-40 karena kebetulan selama ini selalu nyari oli yang punya trisula sertifikasi BMW LL01, MB 229.5, dan VW 502/505
PTT Performa 5w40 juga punya trisula itu om

harganya cuma 100 ribuan seliter
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2545
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by sahabatq8 »

Johnkwick wrote: Sun Aug 13, 2023 10:37 Kemarin sempat pakai Q8 VX LL 5W-30 karena pengen nyobain VW 504/507 grade oil. Setelah waktunya ganti oli, jadi mikir apakah mid saps bagus buat bensin yang masih Euro-4? Mohon pencerahannya yah bapak/ibu, masih awam juga soal oli.

Jadinya kemarin balik lagi ke Q8 Excel LL 5W-40 karena kebetulan selama ini selalu nyari oli yang punya trisula sertifikasi BMW LL01, MB 229.5, dan VW 502/505
Mobilnya apa om?

Oli mid saps sih biasanya tbn sekitar 7. Untuk pengunaan 10rb/1 tahun di euro 4 gak masalah dengan tbn segitu, gak akan abis.
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1608
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by t105erd »

Johnkwick wrote: Sun Aug 13, 2023 10:37 Kemarin sempat pakai Q8 VX LL 5W-30 karena pengen nyobain VW 504/507 grade oil. Setelah waktunya ganti oli, jadi mikir apakah mid saps bagus buat bensin yang masih Euro-4? Mohon pencerahannya yah bapak/ibu, masih awam juga soal oli.

Jadinya kemarin balik lagi ke Q8 Excel LL 5W-40 karena kebetulan selama ini selalu nyari oli yang punya trisula sertifikasi BMW LL01, MB 229.5, dan VW 502/505
Buat mobil apa ini? Butuh spek khusus kayanya?
Johnkwick
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Fri Mar 06, 2020 17:24
Daily Vehicle: 528i F10 LCI

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Johnkwick »

@snoepje

Oiya bener juga ya, kemarin pas di Toda galau lama soalnya mau ambil antara trisula BMW LL04, MB 229.51, & VW504/507 atau trisula BMW LL01, MB 229.5, & VW502/505

Kalau baca-baca terutama untuk VW504/507 cukup ketat sih karena cocok buat ultra low sulfur fuel, sementara Pertamax Turbo sama Nitro+ masih di 50ppm. Kecuali buat V-Power Diesel yang udah bawa Euro 5 dengan sulfur 10ppm kayanya cocok pakai 504/507. Karena kelamaan depan gang Q8, yaudah ambilnya Q8, ternyata PTT jauh lebih murah

@sahabatq8 @t105erd Mobil mesin N20, karena terkenal dengan timing chain wear jadi sebisa mungkin ganti oli yg comply sama manual book (LL01, LL04, kecuali yg versi FE karena menurut saya HTHS <= 3.5 ga cocok untuk mesin yg punya masalah dengan timing chain). Oh berarti untuk OCI 5000-7500KM masih aman ya kalau pakai oli VW 504/507 dengan bensin Euro 4? Makanya kemarin cari aman nyari yg TBN > 10 sama SA cukup rendah. CMIIW
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1608
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by t105erd »

Johnkwick wrote: Sun Aug 13, 2023 15:41 @snoepje

Oiya bener juga ya, kemarin pas di Toda galau lama soalnya mau ambil antara trisula BMW LL04, MB 229.51, & VW504/507 atau trisula BMW LL01, MB 229.5, & VW502/505

Kalau baca-baca terutama untuk VW504/507 cukup ketat sih karena cocok buat ultra low sulfur fuel, sementara Pertamax Turbo sama Nitro+ masih di 50ppm. Kecuali buat V-Power Diesel yang udah bawa Euro 5 dengan sulfur 10ppm kayanya cocok pakai 504/507. Karena kelamaan depan gang Q8, yaudah ambilnya Q8, ternyata PTT jauh lebih murah

@sahabatq8 @t105erd Mobil mesin N20, karena terkenal dengan timing chain wear jadi sebisa mungkin ganti oli yg comply sama manual book (LL01, LL04, kecuali yg versi FE karena menurut saya HTHS <= 3.5 ga cocok untuk mesin yg punya masalah dengan timing chain). Oh berarti untuk OCI 5000-7500KM masih aman ya kalau pakai oli VW 504/507 dengan bensin Euro 4? Makanya kemarin cari aman nyari yg TBN > 10 sama SA cukup rendah. CMIIW
Oh BMW yah, bener kata om yang diatas tuh bisa pakai PTT kalo mau yang lebih mudah dicari Fastron Gold 5W30 sudah LL04 atau Bardahl S9
javieroargubi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Fri Sep 19, 2008 6:50

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by javieroargubi »

Suryaputra wrote: Fri Aug 11, 2023 14:27
t105erd wrote: Fri Aug 11, 2023 11:13
javieroargubi wrote: Fri Aug 11, 2023 4:25

menarik ini episode di Motor Trend buat para penggemar oli, membahas tentang low vs high viscosity. dyno & oil pressure proven
(Video berbahasa Inggris)


"Does the Thickness of Your Oil Matter? | Engine Masters FULL EPISODE MotorTrend"
Wah test nya keren, di lab beneran bukan rasa-rasa.
Mesin V8 mobil2 US emang butuh oli kentel yah biar optimal, sama kaya mesin air cooled VW, dulu temen punya VW Combi juga pake prima xp doang atau mesran super :big_biglaugh:

Beda cerita mungkin kalo test nya pakai mesin2 modern yang sudah vvti/vtec atau malah GDI.
Yoi
Ferrari dan supercar sekelasnya kan mintanya juga w60 :upss:

Balik lg ke technical design dr mesin itu sendiri emang.

Type-R minta w20
Wakakakaka
emang berarti pembuktian bahwa gunakan oli sesuai spesifikasi mesin ya, gak kyk orang sini bilang "wah indo panas pake oli xxxx aja biar lebih enak"
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2545
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by sahabatq8 »

javieroargubi wrote: Mon Aug 14, 2023 5:30
Suryaputra wrote: Fri Aug 11, 2023 14:27
t105erd wrote: Fri Aug 11, 2023 11:13

Wah test nya keren, di lab beneran bukan rasa-rasa.
Mesin V8 mobil2 US emang butuh oli kentel yah biar optimal, sama kaya mesin air cooled VW, dulu temen punya VW Combi juga pake prima xp doang atau mesran super :big_biglaugh:

Beda cerita mungkin kalo test nya pakai mesin2 modern yang sudah vvti/vtec atau malah GDI.
Yoi
Ferrari dan supercar sekelasnya kan mintanya juga w60 :upss:

Balik lg ke technical design dr mesin itu sendiri emang.

Type-R minta w20
Wakakakaka
emang berarti pembuktian bahwa gunakan oli sesuai spesifikasi mesin ya, gak kyk orang sini bilang "wah indo panas pake oli xxxx aja biar lebih enak"
"Diformulasi kan untuk iklim tropis" :wkkk: :big_biglaugh:
javieroargubi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Fri Sep 19, 2008 6:50

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by javieroargubi »

btw kalau mobil pake cvt seperti GD saya, kalau di dalam kota rpm 90% selalu rendah dibawah 2000rpm itu apa efek ke oli mesin ya?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12542
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

javieroargubi wrote: Mon Aug 14, 2023 6:02 btw kalau mobil pake cvt seperti GD saya, kalau di dalam kota rpm 90% selalu rendah dibawah 2000rpm itu apa efek ke oli mesin ya?
itu emang settingan ECU TCM nya aja mbah, krn dia optimalin efisiensi buat irit, jd RPM segitu.

i-Dsi apalagi, torsi low-mid RPM nya lbh tinggi, dibanding vtec.
max torsi mesin i-Dsi dah dapat di <3000 rpm
jadi torsinya gemuk di bawah - tengah.

efek ke oli mesin, harusnya selama settingan stock pabrik, aman aja ya.
Last edited by Suryaputra on Mon Aug 14, 2023 7:24, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12542
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

javieroargubi wrote: Mon Aug 14, 2023 5:30

emang berarti pembuktian bahwa gunakan oli sesuai spesifikasi mesin ya, gak kyk orang sini bilang "wah indo panas pake oli xxxx aja biar lebih enak"
iya digoreng sm marketing promo oli kekinian

"pilihan tepat untuk iklim tropis"
"formulasi khusus iklim tropis"

dsb :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1608
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by t105erd »

javieroargubi wrote: Mon Aug 14, 2023 6:02 btw kalau mobil pake cvt seperti GD saya, kalau di dalam kota rpm 90% selalu rendah dibawah 2000rpm itu apa efek ke oli mesin ya?
Kalo ke oli kayanya ga ngaruh banyak, tapi kalo di mesin saya pernah pas tune up ketauan kata mekaniknya intake dan throttle body jadi agak kotor akibat sering low rpm, mungkin ruang bakar dan intake valve juga agak berkerak yah dibanding kalo mengemudi high rpm.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2545
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by sahabatq8 »

Johnkwick wrote: Sun Aug 13, 2023 15:41 @snoepje

Oiya bener juga ya, kemarin pas di Toda galau lama soalnya mau ambil antara trisula BMW LL04, MB 229.51, & VW504/507 atau trisula BMW LL01, MB 229.5, & VW502/505

Kalau baca-baca terutama untuk VW504/507 cukup ketat sih karena cocok buat ultra low sulfur fuel, sementara Pertamax Turbo sama Nitro+ masih di 50ppm. Kecuali buat V-Power Diesel yang udah bawa Euro 5 dengan sulfur 10ppm kayanya cocok pakai 504/507. Karena kelamaan depan gang Q8, yaudah ambilnya Q8, ternyata PTT jauh lebih murah

@sahabatq8 @t105erd Mobil mesin N20, karena terkenal dengan timing chain wear jadi sebisa mungkin ganti oli yg comply sama manual book (LL01, LL04, kecuali yg versi FE karena menurut saya HTHS <= 3.5 ga cocok untuk mesin yg punya masalah dengan timing chain). Oh berarti untuk OCI 5000-7500KM masih aman ya kalau pakai oli VW 504/507 dengan bensin Euro 4? Makanya kemarin cari aman nyari yg TBN > 10 sama SA cukup rendah. CMIIW
Aman om, buat 10rb pun masih ok sebenernya. Betul kalo bmw mercy audi mending make spec yang memang buat mobil eropa. Biasanya walaupun 5w30 tapi hthsnya tinggi diatas 3.5.
Supersedan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 246
Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Supersedan »

Mau ganti oli sendiri brio pakean istri, km 120rb. Beli second awal tahun lalu. Sama pemakai sebelumnya pake idemitsu 5-30.
Kemarin saya sudah beli ptt super sync 0w20 & filter oli ptt, dapet promo lumayan dari bli2.

Rencana mau flushing, lebih rekomen pake ptt flushing oli / pake shell eco lcgc shop and drive ya?
Karena harganya beda 30rb (flushing ptt + ongkir 230rb, shell eco lcgc 264rb)
Kalo pake shell lcgc mayan bisa dipake jalan2 seribu km sebelum ganti ptt. :upss:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by sintoni »

Supersedan wrote: Mon Aug 14, 2023 10:16
Kalau diintip dari lobang isi ada kotor atau sludge ga om?
Supersedan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 246
Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Supersedan »

sintoni wrote: Mon Aug 14, 2023 11:32
Supersedan wrote: Mon Aug 14, 2023 10:16
Kalau diintip dari lobang isi ada kotor atau sludge ga om?
Ini om potonya, gak begitu keliatan karena ada penghalang seperti ini.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1608
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by t105erd »

Supersedan wrote: Mon Aug 14, 2023 11:39
sintoni wrote: Mon Aug 14, 2023 11:32
Supersedan wrote: Mon Aug 14, 2023 10:16
Kalau diintip dari lobang isi ada kotor atau sludge ga om?
Ini om potonya, gak begitu keliatan karena ada penghalang seperti ini.
Bersih, kinclong, ga di flush yaa gapapa sih. Mending duitnya buat nambah beli oli yg bagusan.
Last edited by t105erd on Mon Aug 14, 2023 12:00, edited 1 time in total.
Pilatypus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Sat Jan 01, 2022 15:37

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Pilatypus »

Supersedan wrote: Mon Aug 14, 2023 10:16 Mau ganti oli sendiri brio pakean istri, km 120rb. Beli second awal tahun lalu. Sama pemakai sebelumnya pake idemitsu 5-30.
Kemarin saya sudah beli ptt super sync 0w20 & filter oli ptt, dapet promo lumayan dari bli2.

Rencana mau flushing, lebih rekomen pake ptt flushing oli / pake shell eco lcgc shop and drive ya?
Karena harganya beda 30rb (flushing ptt + ongkir 230rb, shell eco lcgc 264rb)
Kalo pake shell lcgc mayan bisa dipake jalan2 seribu km sebelum ganti ptt. :upss:
Shell eco aja kalo gitu, sekalian tuangin Honda Engine Cleaner ke tangki bensin + bbm premium buat bersihin fuel system. Kalau perlu dua kali karena second km lumayan tinggi :mky_03:
Kemarin ane abis nerapin ini sih, pake BP92 full tank + engine cleaner sebotol beli online, abis itu ganti oli dan nyobain balik ke pertalite. Berasa balik lagi kayak waktu masih baru, lebih responsif :big_exellent:
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 464
Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
Location: Cilacap

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Spies »

Supersedan wrote: Mon Aug 14, 2023 10:16 Mau ganti oli sendiri brio pakean istri, km 120rb. Beli second awal tahun lalu. Sama pemakai sebelumnya pake idemitsu 5-30.
Kemarin saya sudah beli ptt super sync 0w20 & filter oli ptt, dapet promo lumayan dari bli2.

Rencana mau flushing, lebih rekomen pake ptt flushing oli / pake shell eco lcgc shop and drive ya?
Karena harganya beda 30rb (flushing ptt + ongkir 230rb, shell eco lcgc 264rb)
Kalo pake shell lcgc mayan bisa dipake jalan2 seribu km sebelum ganti ptt. :upss:
Kalo buat flushing mendingan shell helix eco plus aja om.

Kemarin liat di toko orange kemasan galon 3 liter harganya under 200rb.
Supersedan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 246
Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Supersedan »

t105erd wrote: Mon Aug 14, 2023 11:59
Supersedan wrote: Mon Aug 14, 2023 11:39
sintoni wrote: Mon Aug 14, 2023 11:32

Kalau diintip dari lobang isi ada kotor atau sludge ga om?
Ini om potonya, gak begitu keliatan karena ada penghalang seperti ini.
Bersih, kinclong, ga di flush yaa gapapa sih. Mending duitnya buat nambah beli oli yg bagusan.
Baiklah, terima kasih om.
Pilatypus wrote: Mon Aug 14, 2023 12:00
Supersedan wrote: Mon Aug 14, 2023 10:16
Shell eco aja kalo gitu, sekalian tuangin Honda Engine Cleaner ke tangki bensin + bbm premium buat bersihin fuel system. Kalau perlu dua kali karena second km lumayan tinggi :mky_03:
Kemarin ane abis nerapin ini sih, pake BP92 full tank + engine cleaner sebotol beli online, abis itu ganti oli dan nyobain balik ke pertalite. Berasa balik lagi kayak waktu masih baru, lebih responsif :big_exellent:
Spies wrote: Mon Aug 14, 2023 12:34
Supersedan wrote: Mon Aug 14, 2023 10:16
Kalo buat flushing mendingan shell helix eco plus aja om.

Kemarin liat di toko orange kemasan galon 3 liter harganya under 200rb.
Pas baru awal ngambil udah di tuangin redline fuel cleaner om.
Terima kasih untuk saran2nya 🙏🏼
javieroargubi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Fri Sep 19, 2008 6:50

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by javieroargubi »

ngintip lobang oil filler Mazda 2 skyactive saya, ODO di 73rb. oli dari baru pake eneos 0w-20, ganti tiap 8000km

kondisi oli udah di 7853km, sedikit lg sudah musti ganti, hampir belum ada oil consumption (before/after ganti oli level masih sama)

apa kondisi begini lebih baik untuk di flush? karena di block mesin keliatan banyak pocket2 oil seperti yang keliatan diatas ada pocket oil yg sudah kotor
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.