Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
menarik ini episode di Motor Trend buat para penggemar oli, membahas tentang low vs high viscosity. dyno & oil pressure proven
(Video berbahasa Inggris)
"Does the Thickness of Your Oil Matter? | Engine Masters FULL EPISODE MotorTrend"
Wah test nya keren, di lab beneran bukan rasa-rasa.
Mesin V8 mobil2 US emang butuh oli kentel yah biar optimal, sama kaya mesin air cooled VW, dulu temen punya VW Combi juga pake prima xp doang atau mesran super
Beda cerita mungkin kalo test nya pakai mesin2 modern yang sudah vvti/vtec atau malah GDI.
Menurut ane beda engine beda behavior Om, di Subaru Gdi & turbo malah minta w20 oil, kalo engine eropa rata2 paling optimal di buntut w40, jepangan suka yg encer2. Engine Honda yg bisa 7000rpm malam minta 0w20. Itu engine yg d test engine jadul, jadi ya emang di design buat oli kental (sesuai jaman nya).
Sepakat
Pernah baca manual EK9 aja masih bisa make 20W40 -20W50
Di luar sana juga masi ada yg berpendapat kalo mesin kilometer dah tinggi/diatas berapa tahun gitu mesti ganti ke oli yg lebih kental. Kalo saya sendiri sih mobil dah 15 tahun juga masih pakai oli rekomendasi pabrikan di 5W30. Ga tau deh temen2 disini masuk aliran mana
Wah test nya keren, di lab beneran bukan rasa-rasa.
Mesin V8 mobil2 US emang butuh oli kentel yah biar optimal, sama kaya mesin air cooled VW, dulu temen punya VW Combi juga pake prima xp doang atau mesran super
Beda cerita mungkin kalo test nya pakai mesin2 modern yang sudah vvti/vtec atau malah GDI.
Menurut ane beda engine beda behavior Om, di Subaru Gdi & turbo malah minta w20 oil, kalo engine eropa rata2 paling optimal di buntut w40, jepangan suka yg encer2. Engine Honda yg bisa 7000rpm malam minta 0w20. Itu engine yg d test engine jadul, jadi ya emang di design buat oli kental (sesuai jaman nya).
Sepakat
Pernah baca manual EK9 aja masih bisa make 20W40 -20W50
Di luar sana juga masi ada yg berpendapat kalo mesin kilometer dah tinggi/diatas berapa tahun gitu mesti ganti ke oli yg lebih kental. Kalo saya sendiri sih mobil dah 15 tahun juga masih pakai oli rekomendasi pabrikan di 5W30. Ga tau deh temen2 disini masuk aliran mana
L300 saya udah 300.[cencored] umur 18 tahun masih pake 10w40 mbah . Oli gardan pake yg sae 90.
RezPrat wrote: Sat Aug 12, 2023 6:04
Menurut ane beda engine beda behavior Om, di Subaru Gdi & turbo malah minta w20 oil, kalo engine eropa rata2 paling optimal di buntut w40, jepangan suka yg encer2. Engine Honda yg bisa 7000rpm malam minta 0w20. Itu engine yg d test engine jadul, jadi ya emang di design buat oli kental (sesuai jaman nya).
Sepakat
Pernah baca manual EK9 aja masih bisa make 20W40 -20W50
Di luar sana juga masi ada yg berpendapat kalo mesin kilometer dah tinggi/diatas berapa tahun gitu mesti ganti ke oli yg lebih kental. Kalo saya sendiri sih mobil dah 15 tahun juga masih pakai oli rekomendasi pabrikan di 5W30. Ga tau deh temen2 disini masuk aliran mana
L300 saya udah 300.[cencored] umur 18 tahun masih pake 10w40 mbah . Oli gardan pake yg sae 90.
Maknyuss…
Kemarin saya sempat 2 hari di PT. MKM. Karyawan sana sempat cerita ketika ada petinggi MC (Mitsubishi Corp.) datang berkunjung ke pabrik di Indonesia, dia kaget liat L300 masih dibuat, mobil jaman Jackie Chen masih bujang sampe sekarang kakek2 masih ada. Di negara asalnya udah sampe generasi keberapa itu mobil Delica.
Kemarin sempat pakai Q8 VX LL 5W-30 karena pengen nyobain VW 504/507 grade oil. Setelah waktunya ganti oli, jadi mikir apakah mid saps bagus buat bensin yang masih Euro-4? Mohon pencerahannya yah bapak/ibu, masih awam juga soal oli.
Jadinya kemarin balik lagi ke Q8 Excel LL 5W-40 karena kebetulan selama ini selalu nyari oli yang punya trisula sertifikasi BMW LL01, MB 229.5, dan VW 502/505
Johnkwick wrote: Sun Aug 13, 2023 10:37
Kemarin sempat pakai Q8 VX LL 5W-30 karena pengen nyobain VW 504/507 grade oil. Setelah waktunya ganti oli, jadi mikir apakah mid saps bagus buat bensin yang masih Euro-4? Mohon pencerahannya yah bapak/ibu, masih awam juga soal oli.
Jadinya kemarin balik lagi ke Q8 Excel LL 5W-40 karena kebetulan selama ini selalu nyari oli yang punya trisula sertifikasi BMW LL01, MB 229.5, dan VW 502/505
Johnkwick wrote: Sun Aug 13, 2023 10:37
Kemarin sempat pakai Q8 VX LL 5W-30 karena pengen nyobain VW 504/507 grade oil. Setelah waktunya ganti oli, jadi mikir apakah mid saps bagus buat bensin yang masih Euro-4? Mohon pencerahannya yah bapak/ibu, masih awam juga soal oli.
Jadinya kemarin balik lagi ke Q8 Excel LL 5W-40 karena kebetulan selama ini selalu nyari oli yang punya trisula sertifikasi BMW LL01, MB 229.5, dan VW 502/505
Mobilnya apa om?
Oli mid saps sih biasanya tbn sekitar 7. Untuk pengunaan 10rb/1 tahun di euro 4 gak masalah dengan tbn segitu, gak akan abis.
Johnkwick wrote: Sun Aug 13, 2023 10:37
Kemarin sempat pakai Q8 VX LL 5W-30 karena pengen nyobain VW 504/507 grade oil. Setelah waktunya ganti oli, jadi mikir apakah mid saps bagus buat bensin yang masih Euro-4? Mohon pencerahannya yah bapak/ibu, masih awam juga soal oli.
Jadinya kemarin balik lagi ke Q8 Excel LL 5W-40 karena kebetulan selama ini selalu nyari oli yang punya trisula sertifikasi BMW LL01, MB 229.5, dan VW 502/505
Oiya bener juga ya, kemarin pas di Toda galau lama soalnya mau ambil antara trisula BMW LL04, MB 229.51, & VW504/507 atau trisula BMW LL01, MB 229.5, & VW502/505
Kalau baca-baca terutama untuk VW504/507 cukup ketat sih karena cocok buat ultra low sulfur fuel, sementara Pertamax Turbo sama Nitro+ masih di 50ppm. Kecuali buat V-Power Diesel yang udah bawa Euro 5 dengan sulfur 10ppm kayanya cocok pakai 504/507. Karena kelamaan depan gang Q8, yaudah ambilnya Q8, ternyata PTT jauh lebih murah
@sahabatq8 @t105erd Mobil mesin N20, karena terkenal dengan timing chain wear jadi sebisa mungkin ganti oli yg comply sama manual book (LL01, LL04, kecuali yg versi FE karena menurut saya HTHS <= 3.5 ga cocok untuk mesin yg punya masalah dengan timing chain). Oh berarti untuk OCI 5000-7500KM masih aman ya kalau pakai oli VW 504/507 dengan bensin Euro 4? Makanya kemarin cari aman nyari yg TBN > 10 sama SA cukup rendah. CMIIW
Oiya bener juga ya, kemarin pas di Toda galau lama soalnya mau ambil antara trisula BMW LL04, MB 229.51, & VW504/507 atau trisula BMW LL01, MB 229.5, & VW502/505
Kalau baca-baca terutama untuk VW504/507 cukup ketat sih karena cocok buat ultra low sulfur fuel, sementara Pertamax Turbo sama Nitro+ masih di 50ppm. Kecuali buat V-Power Diesel yang udah bawa Euro 5 dengan sulfur 10ppm kayanya cocok pakai 504/507. Karena kelamaan depan gang Q8, yaudah ambilnya Q8, ternyata PTT jauh lebih murah
@sahabatq8 @t105erd Mobil mesin N20, karena terkenal dengan timing chain wear jadi sebisa mungkin ganti oli yg comply sama manual book (LL01, LL04, kecuali yg versi FE karena menurut saya HTHS <= 3.5 ga cocok untuk mesin yg punya masalah dengan timing chain). Oh berarti untuk OCI 5000-7500KM masih aman ya kalau pakai oli VW 504/507 dengan bensin Euro 4? Makanya kemarin cari aman nyari yg TBN > 10 sama SA cukup rendah. CMIIW
Oh BMW yah, bener kata om yang diatas tuh bisa pakai PTT kalo mau yang lebih mudah dicari Fastron Gold 5W30 sudah LL04 atau Bardahl S9
menarik ini episode di Motor Trend buat para penggemar oli, membahas tentang low vs high viscosity. dyno & oil pressure proven
(Video berbahasa Inggris)
"Does the Thickness of Your Oil Matter? | Engine Masters FULL EPISODE MotorTrend"
Wah test nya keren, di lab beneran bukan rasa-rasa.
Mesin V8 mobil2 US emang butuh oli kentel yah biar optimal, sama kaya mesin air cooled VW, dulu temen punya VW Combi juga pake prima xp doang atau mesran super
Beda cerita mungkin kalo test nya pakai mesin2 modern yang sudah vvti/vtec atau malah GDI.
Yoi
Ferrari dan supercar sekelasnya kan mintanya juga w60
Balik lg ke technical design dr mesin itu sendiri emang.
Type-R minta w20
Wakakakaka
emang berarti pembuktian bahwa gunakan oli sesuai spesifikasi mesin ya, gak kyk orang sini bilang "wah indo panas pake oli xxxx aja biar lebih enak"
Wah test nya keren, di lab beneran bukan rasa-rasa.
Mesin V8 mobil2 US emang butuh oli kentel yah biar optimal, sama kaya mesin air cooled VW, dulu temen punya VW Combi juga pake prima xp doang atau mesran super
Beda cerita mungkin kalo test nya pakai mesin2 modern yang sudah vvti/vtec atau malah GDI.
Yoi
Ferrari dan supercar sekelasnya kan mintanya juga w60
Balik lg ke technical design dr mesin itu sendiri emang.
Type-R minta w20
Wakakakaka
emang berarti pembuktian bahwa gunakan oli sesuai spesifikasi mesin ya, gak kyk orang sini bilang "wah indo panas pake oli xxxx aja biar lebih enak"
javieroargubi wrote: Mon Aug 14, 2023 6:02
btw kalau mobil pake cvt seperti GD saya, kalau di dalam kota rpm 90% selalu rendah dibawah 2000rpm itu apa efek ke oli mesin ya?
itu emang settingan ECU TCM nya aja mbah, krn dia optimalin efisiensi buat irit, jd RPM segitu.
i-Dsi apalagi, torsi low-mid RPM nya lbh tinggi, dibanding vtec.
max torsi mesin i-Dsi dah dapat di <3000 rpm
jadi torsinya gemuk di bawah - tengah.
efek ke oli mesin, harusnya selama settingan stock pabrik, aman aja ya.
Last edited by Suryaputra on Mon Aug 14, 2023 7:24, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
javieroargubi wrote: Mon Aug 14, 2023 6:02
btw kalau mobil pake cvt seperti GD saya, kalau di dalam kota rpm 90% selalu rendah dibawah 2000rpm itu apa efek ke oli mesin ya?
Kalo ke oli kayanya ga ngaruh banyak, tapi kalo di mesin saya pernah pas tune up ketauan kata mekaniknya intake dan throttle body jadi agak kotor akibat sering low rpm, mungkin ruang bakar dan intake valve juga agak berkerak yah dibanding kalo mengemudi high rpm.
Oiya bener juga ya, kemarin pas di Toda galau lama soalnya mau ambil antara trisula BMW LL04, MB 229.51, & VW504/507 atau trisula BMW LL01, MB 229.5, & VW502/505
Kalau baca-baca terutama untuk VW504/507 cukup ketat sih karena cocok buat ultra low sulfur fuel, sementara Pertamax Turbo sama Nitro+ masih di 50ppm. Kecuali buat V-Power Diesel yang udah bawa Euro 5 dengan sulfur 10ppm kayanya cocok pakai 504/507. Karena kelamaan depan gang Q8, yaudah ambilnya Q8, ternyata PTT jauh lebih murah
@sahabatq8 @t105erd Mobil mesin N20, karena terkenal dengan timing chain wear jadi sebisa mungkin ganti oli yg comply sama manual book (LL01, LL04, kecuali yg versi FE karena menurut saya HTHS <= 3.5 ga cocok untuk mesin yg punya masalah dengan timing chain). Oh berarti untuk OCI 5000-7500KM masih aman ya kalau pakai oli VW 504/507 dengan bensin Euro 4? Makanya kemarin cari aman nyari yg TBN > 10 sama SA cukup rendah. CMIIW
Aman om, buat 10rb pun masih ok sebenernya. Betul kalo bmw mercy audi mending make spec yang memang buat mobil eropa. Biasanya walaupun 5w30 tapi hthsnya tinggi diatas 3.5.
Mau ganti oli sendiri brio pakean istri, km 120rb. Beli second awal tahun lalu. Sama pemakai sebelumnya pake idemitsu 5-30.
Kemarin saya sudah beli ptt super sync 0w20 & filter oli ptt, dapet promo lumayan dari bli2.
Rencana mau flushing, lebih rekomen pake ptt flushing oli / pake shell eco lcgc shop and drive ya?
Karena harganya beda 30rb (flushing ptt + ongkir 230rb, shell eco lcgc 264rb)
Kalo pake shell lcgc mayan bisa dipake jalan2 seribu km sebelum ganti ptt.
Supersedan wrote: Mon Aug 14, 2023 10:16
Mau ganti oli sendiri brio pakean istri, km 120rb. Beli second awal tahun lalu. Sama pemakai sebelumnya pake idemitsu 5-30.
Kemarin saya sudah beli ptt super sync 0w20 & filter oli ptt, dapet promo lumayan dari bli2.
Rencana mau flushing, lebih rekomen pake ptt flushing oli / pake shell eco lcgc shop and drive ya?
Karena harganya beda 30rb (flushing ptt + ongkir 230rb, shell eco lcgc 264rb)
Kalo pake shell lcgc mayan bisa dipake jalan2 seribu km sebelum ganti ptt.
Shell eco aja kalo gitu, sekalian tuangin Honda Engine Cleaner ke tangki bensin + bbm premium buat bersihin fuel system. Kalau perlu dua kali karena second km lumayan tinggi
Kemarin ane abis nerapin ini sih, pake BP92 full tank + engine cleaner sebotol beli online, abis itu ganti oli dan nyobain balik ke pertalite. Berasa balik lagi kayak waktu masih baru, lebih responsif
Supersedan wrote: Mon Aug 14, 2023 10:16
Mau ganti oli sendiri brio pakean istri, km 120rb. Beli second awal tahun lalu. Sama pemakai sebelumnya pake idemitsu 5-30.
Kemarin saya sudah beli ptt super sync 0w20 & filter oli ptt, dapet promo lumayan dari bli2.
Rencana mau flushing, lebih rekomen pake ptt flushing oli / pake shell eco lcgc shop and drive ya?
Karena harganya beda 30rb (flushing ptt + ongkir 230rb, shell eco lcgc 264rb)
Kalo pake shell lcgc mayan bisa dipake jalan2 seribu km sebelum ganti ptt.
Kalo buat flushing mendingan shell helix eco plus aja om.
Kemarin liat di toko orange kemasan galon 3 liter harganya under 200rb.
Shell eco aja kalo gitu, sekalian tuangin Honda Engine Cleaner ke tangki bensin + bbm premium buat bersihin fuel system. Kalau perlu dua kali karena second km lumayan tinggi
Kemarin ane abis nerapin ini sih, pake BP92 full tank + engine cleaner sebotol beli online, abis itu ganti oli dan nyobain balik ke pertalite. Berasa balik lagi kayak waktu masih baru, lebih responsif
ngintip lobang oil filler Mazda 2 skyactive saya, ODO di 73rb. oli dari baru pake eneos 0w-20, ganti tiap 8000km
kondisi oli udah di 7853km, sedikit lg sudah musti ganti, hampir belum ada oil consumption (before/after ganti oli level masih sama)
apa kondisi begini lebih baik untuk di flush? karena di block mesin keliatan banyak pocket2 oil seperti yang keliatan diatas ada pocket oil yg sudah kotor
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.