Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Muhalafta wrote: Tue Jul 25, 2023 3:14
Selamat pagi mbah, izin bergabung dan bertanya
Beberapa bulan ini anki(diesel MT 2019) jarang saya pakai, seminggu 2x kadang 2minggu sekali, jarang saya panasin juga, sebulan ini jadi susah di starter, terakhir kemarin pagi aman, setelah ganti oli, jam 12 siang mau d starter tidak bisa harus di dorong
Kecurigaan ada di aki nya tapi belum saya cek
Bila memang aki, mungkin ada saran aki yg cukup ekonomis untuk pelajar
Matur sembah nuwun
kalau saya suka pakai incoe hybrid. harga ckp ekonomis, kualitas lumayan, cuma mesti rutin cek air aki 3 bln sekali
Okeyy terima kasih mbah masukannya, ada temen ngasi saran incoe juga
Coba saya cari cari refrensi antara yg mf dan hybrid ini, kemarin jadinya tetep make gs mf
Muhalafta wrote: Tue Jul 25, 2023 3:14
Selamat pagi mbah, izin bergabung dan bertanya
Beberapa bulan ini anki(diesel MT 2019) jarang saya pakai, seminggu 2x kadang 2minggu sekali, jarang saya panasin juga, sebulan ini jadi susah di starter, terakhir kemarin pagi aman, setelah ganti oli, jam 12 siang mau d starter tidak bisa harus di dorong
Kecurigaan ada di aki nya tapi belum saya cek
Bila memang aki, mungkin ada saran aki yg cukup ekonomis untuk pelajar
Matur sembah nuwun
kalau saya suka pakai incoe hybrid. harga ckp ekonomis, kualitas lumayan, cuma mesti rutin cek air aki 3 bln sekali
Okeyy terima kasih mbah masukannya, ada temen ngasi saran incoe juga
Coba saya cari cari refrensi antara yg mf dan hybrid ini, kemarin jadinya tetep make gs mf
kalau mf tidak perlu tambah air (harga lbh mahal)
kalau hybrid tetep perlu tambah air
Muhalafta wrote: Tue Jul 25, 2023 3:14
Selamat pagi mbah, izin bergabung dan bertanya
Beberapa bulan ini anki(diesel MT 2019) jarang saya pakai, seminggu 2x kadang 2minggu sekali, jarang saya panasin juga, sebulan ini jadi susah di starter, terakhir kemarin pagi aman, setelah ganti oli, jam 12 siang mau d starter tidak bisa harus di dorong
Kecurigaan ada di aki nya tapi belum saya cek
Bila memang aki, mungkin ada saran aki yg cukup ekonomis untuk pelajar
kalau saya suka pakai incoe hybrid. harga ckp ekonomis, kualitas lumayan, cuma mesti rutin cek air aki 3 bln sekali
Okeyy terima kasih mbah masukannya, ada temen ngasi saran incoe juga
Coba saya cari cari refrensi antara yg mf dan hybrid ini, kemarin jadinya tetep make gs mf [emoji22]
Pake bosch mf, uda 2x pake, diatas 2 tahun masih greng. Harga jg 70% nya GS MF
kalau saya suka pakai incoe hybrid. harga ckp ekonomis, kualitas lumayan, cuma mesti rutin cek air aki 3 bln sekali
Okeyy terima kasih mbah masukannya, ada temen ngasi saran incoe juga
Coba saya cari cari refrensi antara yg mf dan hybrid ini, kemarin jadinya tetep make gs mf
kalau mf tidak perlu tambah air (harga lbh mahal)
kalau hybrid tetep perlu tambah air
Hoo brarti aman ya pakai yg hybrid itu, saya pikir harus aki khusus (katany)
Okey untuk optional berikutnya
kalau saya suka pakai incoe hybrid. harga ckp ekonomis, kualitas lumayan, cuma mesti rutin cek air aki 3 bln sekali
Okeyy terima kasih mbah masukannya, ada temen ngasi saran incoe juga
Coba saya cari cari refrensi antara yg mf dan hybrid ini, kemarin jadinya tetep make gs mf [emoji22]
Pake bosch mf, uda 2x pake, diatas 2 tahun masih greng. Harga jg 70% nya GS MF
Menggiurkan harganya, kalau bisa 3 tahun, patut di coba ini
kuyaninja wrote:
Ini dengan per standar ya om?
Akhirnya dipake terus shock profendernya atau diganti?
Pake per eibach for venturer diesel + shock profender 4step adjustable + ban michelin primacy4 235 50 r18. Setup idaman kata orang2. Tp kalau di reborn diesel G AT, kok terlalu keras ya.
Udah dijual semua itu per dan shock nya om [emoji1787][emoji2960]
Sisa ban aja masih saya simpen...mau dijual kok rugi banyak, kapan2 dipake lagi aja.
Aneh yaa om... Padahal venturer ama innova G beda berapa kilogram sih yaa?
Iya om..saya pake yss dtg plus + per jamex standar..sebelum pasang peredam lantai dan pintu enak,empuk..eh setelah pasang peredam malah keras,lobang kecil aja terasa mau lepas semua..
malam om. kejadian di anki 2019 saya juga gitu. bunyi tiap kali ac nyala. terdengar sekali pas idle dan ac nyala. bunyi seperti relay. ac tetep dingin. mohon saran. uda di cek ke tukang ac dan toyota msh blm ada solusi.
Aman itu om, ada yg dapat magnetic clutchnya keras suaranya, ada yg lebih halus.
Variasi dari pabrikan aja, namanya juga mass product.
Klo ndak puas, bisa ganti magnetic clutch.
Siap om. Pada umumnya selalu sasaran ke magnetic clutch tp bunyi berasal dari bawah dashboard sisi penumpang bukan dari kap mesin. Suara seperti bunyi relay. "Cetuk cetuk" tiap kali kompressor ac nyala. Ac tetep dingin kyk kulkas tp risih aja uda 6 bulan ini. Uda bawa ke 3 bengkel untuk servis ac tp rata2 ga berani garansi bisa hilang setelah pengerjaan.
Iya om, itu beneran magnetic clutch.
Dl ada beberapa 2gd di kantor, itu ada satu yg bunyi cetuk cetuk di dashboard kiri, manual 2017 apa 2018 gitu. Yg laen ngga sekeras itu.
Klo ndak tahan, ganti aja om.. ga mahal kok magnetic clutch
Tp semua normal semua acnya, ga ada masalah.
Setelah 7,5 tahun dan km masih 93rban..perbaiki dinamo stater nya... Perkiraan awal dapet AKI jelek, selang 1minggu dibeliin AKI masih sulit start, coba k bengkel langsung dilepas n dibawa ke tukang dinamo.. 450rb dh..
Salam kenal om2 dan suhu2 di SM.ijin bergabung dan bertanya.anki ane diesel matic 2gd 2018..setelah ane ganti pakai coolant tmo sendiri..temperatur jadi naik sekitar 10 derajat..awalnya sekitar 84-85 C di jalan tol biasa ane lewatin.sekarang sampe 94-95 C.padahal di reservoir levelnya sudah ngga turun lagi..sebelumnya beberapa kali ketika mesin dingin level coolant di reservoir turun.sekarang sudah ngga lagi.tetapi temp masih tinggi..mohon saran dari om2 dan suhu2 disini
Topenk wrote: Tue Aug 22, 2023 23:37
Salam kenal om2 dan suhu2 di SM.ijin bergabung dan bertanya.anki ane diesel matic 2gd 2018..setelah ane ganti pakai coolant tmo sendiri..temperatur jadi naik sekitar 10 derajat..awalnya sekitar 84-85 C di jalan tol biasa ane lewatin.sekarang sampe 94-95 C.padahal di reservoir levelnya sudah ngga turun lagi..sebelumnya beberapa kali ketika mesin dingin level coolant di reservoir turun.sekarang sudah ngga lagi.tetapi temp masih tinggi..mohon saran dari om2 dan suhu2 disini
coolant tmo nya sudah sesuai spek? kan ada variannya lagi soalnya tmo.
Topenk wrote: Tue Aug 22, 2023 23:37
Salam kenal om2 dan suhu2 di SM.ijin bergabung dan bertanya.anki ane diesel matic 2gd 2018..setelah ane ganti pakai coolant tmo sendiri..temperatur jadi naik sekitar 10 derajat..awalnya sekitar 84-85 C di jalan tol biasa ane lewatin.sekarang sampe 94-95 C.padahal di reservoir levelnya sudah ngga turun lagi..sebelumnya beberapa kali ketika mesin dingin level coolant di reservoir turun.sekarang sudah ngga lagi.tetapi temp masih tinggi..mohon saran dari om2 dan suhu2 disini
Waktu ganti coolant, udh proses ngeluarin kantong udara?
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Topenk wrote: Tue Aug 22, 2023 23:37
Salam kenal om2 dan suhu2 di SM.ijin bergabung dan bertanya.anki ane diesel matic 2gd 2018..setelah ane ganti pakai coolant tmo sendiri..temperatur jadi naik sekitar 10 derajat..awalnya sekitar 84-85 C di jalan tol biasa ane lewatin.sekarang sampe 94-95 C.padahal di reservoir levelnya sudah ngga turun lagi..sebelumnya beberapa kali ketika mesin dingin level coolant di reservoir turun.sekarang sudah ngga lagi.tetapi temp masih tinggi..mohon saran dari om2 dan suhu2 disini
coolant tmo nya sudah sesuai spek? kan ada variannya lagi soalnya tmo.
Sudah om sudah coba yang premix 50/50 dan juga yang 30/70 juga..masih ngga balik seperti awal om
Topenk wrote: Tue Aug 22, 2023 23:37
Salam kenal om2 dan suhu2 di SM.ijin bergabung dan bertanya.anki ane diesel matic 2gd 2018..setelah ane ganti pakai coolant tmo sendiri..temperatur jadi naik sekitar 10 derajat..awalnya sekitar 84-85 C di jalan tol biasa ane lewatin.sekarang sampe 94-95 C.padahal di reservoir levelnya sudah ngga turun lagi..sebelumnya beberapa kali ketika mesin dingin level coolant di reservoir turun.sekarang sudah ngga lagi.tetapi temp masih tinggi..mohon saran dari om2 dan suhu2 disini
Waktu ganti coolant, udh proses ngeluarin kantong udara?
Kalo yang di maksud proses ngeluarin udaranya sama dengan nginjek gas sampe 3000 rpm trus tutup reservoir dibuka sampai level coolantnya turun sudah om..
Sebetulnya mobil masih aman kalo liat jarum suhu di speedometer,masih di tengah posisinya..cuma penasaran aja apa yang salah dari proses gantinya. Karena sebelum ganti coolent dah mantengin banyak channel di utub untuk cara ganti..dan dah sempet nyontek temen ganti coolant sendiri..pada fine aja..pas ane coba eh malah naik suhu enginenya
Topenk wrote: Tue Aug 22, 2023 23:37
Salam kenal om2 dan suhu2 di SM.ijin bergabung dan bertanya.anki ane diesel matic 2gd 2018..setelah ane ganti pakai coolant tmo sendiri..temperatur jadi naik sekitar 10 derajat..awalnya sekitar 84-85 C di jalan tol biasa ane lewatin.sekarang sampe 94-95 C.padahal di reservoir levelnya sudah ngga turun lagi..sebelumnya beberapa kali ketika mesin dingin level coolant di reservoir turun.sekarang sudah ngga lagi.tetapi temp masih tinggi..mohon saran dari om2 dan suhu2 disini
Waktu ganti coolant, udh proses ngeluarin kantong udara?
Kalo yang di maksud proses ngeluarin udaranya sama dengan nginjek gas sampe 3000 rpm trus tutup reservoir dibuka sampai level coolantnya turun sudah om..
1. Buka tutup radiator nya mbah & nyalakan mesin
2. pantau suhu coolant dah mencapai 90C
3. Biarin gelembung muncul, sampai gelembung udaranya hilang
(Ini proses bleed air out)
Atau cara ekonomis?.. pakai lilitan handuk di sekeliling radiator cap dalam keadaan terbuka, karena coolant yg ada pasti luber ketika ngeluarin kantong udara dalam radiator dan water-engine-block
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Waktu ganti coolant, udh proses ngeluarin kantong udara?
Kalo yang di maksud proses ngeluarin udaranya sama dengan nginjek gas sampe 3000 rpm trus tutup reservoir dibuka sampai level coolantnya turun sudah om..
1. Buka tutup radiator nya mbah & nyalakan mesin
2. pantau suhu coolant dah mencapai 90C
3. Biarin gelembung muncul, sampai gelembung udaranya hilang
(Ini proses bleed air out)
Atau cara ekonomis?.. pakai lilitan handuk di sekeliling radiator cap dalam keadaan terbuka, karena coolant yg ada pasti luber ketika ngeluarin kantong udara dalam radiator dan water-engine-block
yang ekonimis pernah di coba om..tapi seyem..kek muntahan gunung merapi..wkwk.btw yang mantengin sampe ada buble sih blm ane lakuin..nanti ane coba om..
Topenk wrote: Wed Aug 23, 2023 14:59
Kalo yang di maksud proses ngeluarin udaranya sama dengan nginjek gas sampe 3000 rpm trus tutup reservoir dibuka sampai level coolantnya turun sudah om..
1. Buka tutup radiator nya mbah & nyalakan mesin
2. pantau suhu coolant dah mencapai 90C
3. Biarin gelembung muncul, sampai gelembung udaranya hilang
(Ini proses bleed air out)
Atau cara ekonomis?.. pakai lilitan handuk di sekeliling radiator cap dalam keadaan terbuka, karena coolant yg ada pasti luber ketika ngeluarin kantong udara dalam radiator dan water-engine-block
yang ekonimis pernah di coba om..tapi seyem..kek muntahan gunung merapi..wkwk.btw yang mantengin sampe ada buble sih blm ane lakuin..nanti ane coba om..
Iyaa mbah
Gelembung itu tanda kantong udara.
Jd kudu dikeluarin sampai gelembungnya hilang.
Klo pk alat anti spill coolant, dia bisa topup coolant sampai radiator penuh, sambil habisin kantong udara.
Biasanya dalam keadaan radiator cap terbuka, butuh waktu 20-30 menitan dr mesin dingin sampai gelembung hilang, untuk sistem cooling electric fan.
Klo kijang kan pakai visco fan, nah itu blm prnh nyoba saya brp lamanya
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Atau cara ekonomis?.. pakai lilitan handuk di sekeliling radiator cap dalam keadaan terbuka, karena coolant yg ada pasti luber ketika ngeluarin kantong udara dalam radiator dan water-engine-block
yang ekonimis pernah di coba om..tapi seyem..kek muntahan gunung merapi..wkwk.btw yang mantengin sampe ada buble sih blm ane lakuin..nanti ane coba om..
Iyaa mbah
Gelembung itu tanda kantong udara.
Jd kudu dikeluarin sampai gelembungnya hilang.
Klo pk alat anti spill coolant, dia bisa topup coolant sampai radiator penuh, sambil habisin kantong udara.
Biasanya dalam keadaan radiator cap terbuka, butuh waktu 20-30 menitan dr mesin dingin sampai gelembung hilang, untuk sistem cooling electric fan.
Klo kijang kan pakai visco fan, nah itu blm prnh nyoba saya brp lamanya
Masih blm mudeng sih om untuk cara tools itu..tapi kalo pakai cara manual mantengin temp sambil nungguin kantong udara sih mudeng.he..he..he
Topenk wrote: Wed Aug 23, 2023 23:23 yang ekonimis pernah di coba om..tapi seyem..kek muntahan gunung merapi..wkwk.btw yang mantengin sampe ada buble sih blm ane lakuin..nanti ane coba om..
Iyaa mbah
Gelembung itu tanda kantong udara.
Jd kudu dikeluarin sampai gelembungnya hilang.
Klo pk alat anti spill coolant, dia bisa topup coolant sampai radiator penuh, sambil habisin kantong udara.
Biasanya dalam keadaan radiator cap terbuka, butuh waktu 20-30 menitan dr mesin dingin sampai gelembung hilang, untuk sistem cooling electric fan.
Klo kijang kan pakai visco fan, nah itu blm prnh nyoba saya brp lamanya
Masih blm mudeng sih om untuk cara tools itu..tapi kalo pakai cara manual mantengin temp sambil nungguin kantong udara sih mudeng.he..he..he
Iya cuma kudu ngelilit pk handuk gede, wakakakaka
Klo pakai tools tsb
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Topenk wrote: Thu Aug 24, 2023 1:03
Masih blm mudeng sih om untuk cara tools itu..tapi kalo pakai cara manual mantengin temp sambil nungguin kantong udara sih mudeng.he..he..he
Iya cuma kudu ngelilit pk handuk gede, wakakakaka
Klo pakai tools tsb
Makasih om video dan infonya. Kemarin masukin coolantnya lebih murah sih om pake botol aqua di potong stengah..wkwk.
hoyaa
tp klo kelebihan coolantnya / ada sisa di botolnya,
bikin valve sendiri yaa? spy gak belepetan
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Topenk wrote: Wed Aug 23, 2023 14:59
Kalo yang di maksud proses ngeluarin udaranya sama dengan nginjek gas sampe 3000 rpm trus tutup reservoir dibuka sampai level coolantnya turun sudah om..
1. Buka tutup radiator nya mbah & nyalakan mesin
2. pantau suhu coolant dah mencapai 90C
3. Biarin gelembung muncul, sampai gelembung udaranya hilang
(Ini proses bleed air out)
Atau cara ekonomis?.. pakai lilitan handuk di sekeliling radiator cap dalam keadaan terbuka, karena coolant yg ada pasti luber ketika ngeluarin kantong udara dalam radiator dan water-engine-block
yang ekonimis pernah di coba om..tapi seyem..kek muntahan gunung merapi..wkwk.btw yang mantengin sampe ada buble sih blm ane lakuin..nanti ane coba om..
Om, d Innova reborn/Fortuner ada trik nya buat buang angin nya, agak beda dikit. Dia ada tutup sumbat airflow(yg kepala baut plastik kotak) d tabung radiatornya. Ikuti langkah2 d yutube ini buat buang angin nya, step2 nya kudu bener.gak perlu alat aneh2, cuma kunci ratchet aja, butuh kepala kotaknya itu. Pake tang jg bisa.
Total perlu sekitar 1.5 galon coolant Toyota.
Atau cara ekonomis?.. pakai lilitan handuk di sekeliling radiator cap dalam keadaan terbuka, karena coolant yg ada pasti luber ketika ngeluarin kantong udara dalam radiator dan water-engine-block
yang ekonimis pernah di coba om..tapi seyem..kek muntahan gunung merapi..wkwk.btw yang mantengin sampe ada buble sih blm ane lakuin..nanti ane coba om..
Om, d Innova reborn/Fortuner ada trik nya buat buang angin nya, agak beda dikit. Dia ada tutup sumbat airflow(yg kepala baut plastik kotak) d tabung radiatornya. Ikuti langkah2 d yutube ini buat buang angin nya, step2 nya kudu bener.gak perlu alat aneh2, cuma kunci ratchet aja, butuh kepala kotaknya itu. Pake tang jg bisa.
Total perlu sekitar 1.5 galon coolant Toyota.
Nah om..yang kedua pas saya coba pakai coolant 30/70 saya jiplak video ini om..
Topenk wrote: Thu Aug 24, 2023 2:56
Makasih om video dan infonya. Kemarin masukin coolantnya lebih murah sih om pake botol aqua di potong stengah..wkwk.
hoyaa
tp klo kelebihan coolantnya / ada sisa di botolnya,
bikin valve sendiri yaa? spy gak belepetan
Ngga pake valve om..cuma mantau dari tabung reservoir aja
hoya keliatan soalnya ya
klopun belepetan dikit doang, bisa dilap pk tisu basah.. eh handuk
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri