Ada rekomen bengkel yg bagus ga om di daerah bsd / bintaro buat kuras?Suryaputra wrote: Sun Jan 22, 2023 15:58Denso SLCCKrigger wrote: Sun Jan 22, 2023 14:04 Pengen kuras coolant buat mesin L15z / HRV ane, bagusnya pake apaan ya mbah?
Ganti tiap 1-2 tahun sekali (max 2 thn)
Ganti Coolant Radiator
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 196
- Joined: Thu Jan 13, 2022 12:37
Re: Ganti Coolant Radiator
Susah liat teman senang, senang liat teman susah.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ganti Coolant Radiator
hmm klo sy ganti di radiator dan reservoir ajah tiap >1 tahun.Krigger wrote: Mon Jan 23, 2023 2:07Ada rekomen bengkel yg bagus ga om di daerah bsd / bintaro buat kuras?Suryaputra wrote: Sun Jan 22, 2023 15:58Denso SLCCKrigger wrote: Sun Jan 22, 2023 14:04 Pengen kuras coolant buat mesin L15z / HRV ane, bagusnya pake apaan ya mbah?
Ganti tiap 1-2 tahun sekali (max 2 thn)
klo rutin ganti, gak perlu kuras.
tapi klo lama gak ganti (>2 tahun), sistem drain and refill ajah 2x:
1. ganti coolant di radiator dan reservoir
2. bawa muter2 sampai coolant temp menyentuh >85 C atau setelah perjalanan 30 menit
3. matikan mesin dan tunggu sampai kondisi anget" kuku (biar gak kepanasan pas ganti coolant dan tekanan dah stabil)
4. ganti coolant lagi yg ke 2x, di radiator dan reservoir
5. isi yang baru dan mesin dinyalakan idle selama (max) 10 menit, dalam keadaan lubang radiator terbuka, untuk mengeluarkan kantong udara
6. setelah itu tutup radiator
batas coolant reservoir bikin aja sampai di garis Full.
klo gak sengaja kepenuhan dikit, dia bisa keluar lewat lubang overfill di bagian atas reservoir.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Ganti Coolant Radiator
Kalau gamau pusing, ke toda aja. Kalau mau longlife, palingan pake si toyota pink coolant atau kalau dia punya valvoline RTU bisa pake itu juga om.Krigger wrote: Mon Jan 23, 2023 2:07
Ada rekomen bengkel yg bagus ga om di daerah bsd / bintaro buat kuras?

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2537
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ganti Coolant Radiator
Ke TODA gading serpong aja, gak pake ribet. CepetKrigger wrote: Mon Jan 23, 2023 2:07Ada rekomen bengkel yg bagus ga om di daerah bsd / bintaro buat kuras?Suryaputra wrote: Sun Jan 22, 2023 15:58Denso SLCCKrigger wrote: Sun Jan 22, 2023 14:04 Pengen kuras coolant buat mesin L15z / HRV ane, bagusnya pake apaan ya mbah?
Ganti tiap 1-2 tahun sekali (max 2 thn)
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 196
- Joined: Thu Jan 13, 2022 12:37
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ganti Coolant Radiator
Suryaputra wrote: Mon Jan 23, 2023 2:40
-
5. isi yang baru dan mesin dinyalakan idle selama (max) 10 menit, dalam keadaan lubang radiator terbuka, untuk mengeluarkan kantong udara
-


udara keluar plus coolant-nya juga tumpah kemana².

viewtopic.php?t=31617&start=450
pakai corong itu biar aman.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ganti Coolant Radiator
Wkwkwkkwkw belepetan klo gak pk corong spill proof coolantmarmut wrote: Mon Jan 23, 2023 5:09Suryaputra wrote: Mon Jan 23, 2023 2:40
-
5. isi yang baru dan mesin dinyalakan idle selama (max) 10 menit, dalam keadaan lubang radiator terbuka, untuk mengeluarkan kantong udara
-
![]()
![]()
udara keluar plus coolant-nya juga tumpah kemana².
![]()
viewtopic.php?t=31617&start=450
pakai corong itu biar aman.

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ganti Coolant Radiator
ada 1 step kelupaan kang....

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ganti Coolant Radiator
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 127
- Joined: Sun Feb 21, 2021 19:11
Re: Ganti Coolant Radiator
Mau tanya om2 semua, jadi radiator saya sblmnya sudah berkarat parah krn dlu sering di isi air biasa. Kondisi saat ini sih blm smp tersumbat yaa, tp wkt saya kuras sendiri air radiatornya sdh kayak air kali gitu, dan setelah beberapa kali kuras sendiri skrg airnya bening. Tp saya msh kurang sreg, jadi pengen bawa ke bengkel radiator buat di korok kisi2nya, nah dengan kondisi setelah nanti di korok boleh ga ya saya isi dengan coolant?
Oh iya sama 1 lagi, kira2 dimana ya tempat yg recomend buat service radiator ini? utk daerah jakarta selatan/bintaro, atau kalo ada di tempat lain jg gpp asal msh di jakarta. Thx all
Oh iya sama 1 lagi, kira2 dimana ya tempat yg recomend buat service radiator ini? utk daerah jakarta selatan/bintaro, atau kalo ada di tempat lain jg gpp asal msh di jakarta. Thx all
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1604
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Ganti Coolant Radiator
Boleh kok pake coolant, apalagi kalo mesin2 yg masih pakai cast iron, kayanya lebih bagus pakai coolant, kalau pakai air biasa pasti kuning2 gitu airnya karena oksidasi (besi ketemu air ketemu oksigen), kalau belum di kuras dan dibersihkan radiatornya memang ga efektif pakai coolant, tapi kalo radiator sudah bersih, jalur air di mesin sudah bersih dan waterpump baru wah maknyus itu.midrpm wrote: Fri Apr 21, 2023 7:30 Mau tanya om2 semua, jadi radiator saya sblmnya sudah berkarat parah krn dlu sering di isi air biasa. Kondisi saat ini sih blm smp tersumbat yaa, tp wkt saya kuras sendiri air radiatornya sdh kayak air kali gitu, dan setelah beberapa kali kuras sendiri skrg airnya bening. Tp saya msh kurang sreg, jadi pengen bawa ke bengkel radiator buat di korok kisi2nya, nah dengan kondisi setelah nanti di korok boleh ga ya saya isi dengan coolant?
Oh iya sama 1 lagi, kira2 dimana ya tempat yg recomend buat service radiator ini? utk daerah jakarta selatan/bintaro, atau kalo ada di tempat lain jg gpp asal msh di jakarta. Thx all
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 410
- Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
- Location: Tajurhalang - Bogor
- Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014
Re: Ganti Coolant Radiator
Kira2 om, kalau ini tetap stay di 2 th / 20 rb km baru ganti atau gmn y om.....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ganti Coolant Radiator
Harga segitu, Aman nya 2 thn ajah.doko86 wrote: Mon May 08, 2023 4:04 Kira2 om, kalau ini tetap stay di 2 th / 20 rb km baru ganti atau gmn y om.....
10 tahun?
yahh bisa... bisa resiko..
berlendir
endapan
kotoran

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 410
- Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
- Location: Tajurhalang - Bogor
- Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014
Re: Ganti Coolant Radiator
Hahaha.... makasih om.Suryaputra wrote: Mon May 08, 2023 7:37Harga segitu, Aman nya 2 thn ajah.doko86 wrote: Mon May 08, 2023 4:04 Kira2 om, kalau ini tetap stay di 2 th / 20 rb km baru ganti atau gmn y om.....
10 tahun?
yahh bisa... bisa resiko..
berlendir
endapan
kotoran
![]()
Kalau untuk 1KR DE.... prefer ke 30/70 atau 50/50 om.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ganti Coolant Radiator
ini pilihan saya pribadi yaadoko86 wrote: Thu May 11, 2023 13:54
Hahaha.... makasih om.
Kalau untuk 1KR DE.... prefer ke 30/70 atau 50/50 om.
70/30
kecuali emg spec radiator dan mesin mengharuskan spec coolant tertentu yah
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Fri May 12, 2023 9:25
- Location: 6231
Re: Ganti Coolant Radiator
permisi semuanya, nubi izin bertanya.
kalo mannol g12+ yang merah itu, cocok buat toyota ngga yaa?
di rumah ada vios 2008 & avanza 2013.
selama ini pake pertamina coolant extreme cool 30% concentrate.
ganti tiap 3 tahun / 25rb km. kelamaan ngga yaa?
soalnya di toko sini adanya itu, sama toyota long life 50-50, hehe.
pengen coba yang mahalan dikit (beli online sih)
siapa tau lebih bagus. hehe..
atau ada rekomendasi lain dari senior2..
makasih sebelumnya
kalo mannol g12+ yang merah itu, cocok buat toyota ngga yaa?
di rumah ada vios 2008 & avanza 2013.
selama ini pake pertamina coolant extreme cool 30% concentrate.
ganti tiap 3 tahun / 25rb km. kelamaan ngga yaa?
soalnya di toko sini adanya itu, sama toyota long life 50-50, hehe.
pengen coba yang mahalan dikit (beli online sih)
siapa tau lebih bagus. hehe..
atau ada rekomendasi lain dari senior2..
makasih sebelumnya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: Ganti Coolant Radiator
Kalau saya sih pakainya wilbern cygnus red coolant om di mobil ertiga saya.. Sejauh ini ajib sih ini coolant, dipake di mobil bahan bakar gas ga pernah ngerasain panas ekstrim di mesin. Klaimnya pake teknologi nano graphite untuk self repair & proteksi bagian yg bisa aus seperti waterpump. Sebelum pakai wajib dikuras dulu radiator lamanya pake air demin biar gak kecampur.. Nanti untuk penambahan (jika coolantnya berkurang) cukup pakai air demin. Sejauh ini jalan 26rb km itu coolant masih top.. Gak pernah ditambah2 (hanya 1x ketika habis kuras radiator). Harganya skrng sekitar 120rb isi 5 liter.fjr324budiman wrote: Fri May 12, 2023 9:54 permisi semuanya, nubi izin bertanya.
kalo mannol g12+ yang merah itu, cocok buat toyota ngga yaa?
di rumah ada vios 2008 & avanza 2013.
selama ini pake pertamina coolant extreme cool 30% concentrate.
ganti tiap 3 tahun / 25rb km. kelamaan ngga yaa?
soalnya di toko sini adanya itu, sama toyota long life 50-50, hehe.
pengen coba yang mahalan dikit (beli online sih)
siapa tau lebih bagus. hehe..
atau ada rekomendasi lain dari senior2..
makasih sebelumnya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 523
- Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53
Re: Ganti Coolant Radiator
Pakai Toyota SLLC 50/50 aman saja di 2KD dari baru udh 10thn KM sdh 150rb gk pernah ganti/kuras air radiator, cuma tambah aja sedikit aman warna gk berubah cuma botol cadangan aja udh mulai menguning.doko86 wrote:Kira2 om, kalau ini tetap stay di 2 th / 20 rb km baru ganti atau gmn y om.....
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ganti Coolant Radiator
Coba cek daleman radiatornya disenter.bangrosi wrote: Fri May 12, 2023 11:59Pakai Toyota SLLC 50/50 aman saja di 2KD dari baru udh 10thn KM sdh 150rb gk pernah ganti/kuras air radiator, cuma tambah aja sedikit aman warna gk berubah cuma botol cadangan aja udh mulai menguning.doko86 wrote:Kira2 om, kalau ini tetap stay di 2 th / 20 rb km baru ganti atau gmn y om.....
Intip dr lubang pengisian radiator ketika dingin.
Coolant harga gak seberapa soalnya.
Klo dah ada endapan, atau lain lain, jauh lbh repot

Klo cek dr tabung reservoir atau cadangan gak memberikan gambaran pasti
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Ganti Coolant Radiator
Kl liat di manual book fortuner ane sih coolant bawaan pabrik ganti pertama kali di KM 160 ribu mbah...Suryaputra wrote:Coba cek daleman radiatornya disenter.bangrosi wrote: Fri May 12, 2023 11:59Pakai Toyota SLLC 50/50 aman saja di 2KD dari baru udh 10thn KM sdh 150rb gk pernah ganti/kuras air radiator, cuma tambah aja sedikit aman warna gk berubah cuma botol cadangan aja udh mulai menguning.doko86 wrote:Kira2 om, kalau ini tetap stay di 2 th / 20 rb km baru ganti atau gmn y om.....
Intip dr lubang pengisian radiator ketika dingin.
Coolant harga gak seberapa soalnya.
Klo dah ada endapan, atau lain lain, jauh lbh repot
Klo cek dr tabung reservoir atau cadangan gak memberikan gambaran pasti
Berikutnya tiap 80 ribu KM... tidak disebutkan taon sih, cuman KM aja, asumsi BeRes sih 1 taon = 20 ribu KM rata2, berarti 160 ribu/8 taon.
Coolantnya wajib "boyota super duper very very long-life coolant"... ntah itu mau bikin coolantnya ndak laku atau life time mesinnya jd lebih pendek dikit mbah... hahahah [emoji1]
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Ganti Coolant Radiator
pengalaman pake mobil selama ini dengan coolant bawaan pabrik dari baru, bahkan ketika usia 5 tahun saja kalau diganti itu ga ada endapan apapun, bersih saja, dibilas pun sama. asalkan jangan sekalipun kena air selain minimal amidis / air aki tutup biru / aquadest. repotnya masih ada beres atau bengkel biasa yang main tambah saja dengan air apapun malah ada yg pernah saya lihat pake air keran yg entah sumbernya dari mana kalau PAM mungkin masih mendingan kalau sumur...Suryaputra wrote: Fri May 12, 2023 13:18 Coba cek daleman radiatornya disenter.
Intip dr lubang pengisian radiator ketika dingin.
Coolant harga gak seberapa soalnya.
Klo dah ada endapan, atau lain lain, jauh lbh repot
Klo cek dr tabung reservoir atau cadangan gak memberikan gambaran pasti

dan setiap 4-5 tahun saya ganti itu tutup radiator, murmer paling 100 ribuan di beres, dari sini juga bisa ketahuan kalau ada yagn tidak sesuai pasti ada disini juga, juga biasanya kalau pake finger-o-meter atau mata-o-meter sudah ada degradasi biasanya entah karet atau per yang berbeda. saya sering cek mobil kenalan atau temen gitu, iseng aja buka tutup radiator, kalau orangnya rapih bersih dan ngerawatnya ga sembarang pasti itu bersih juga kondisinya.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ganti Coolant Radiator
Yah sebetulnya balik ke pilihan masing2
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 410
- Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
- Location: Tajurhalang - Bogor
- Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014
Re: Ganti Coolant Radiator
Makasih om, saya cek di bukam permintaannya 30/70 juga ternyataSuryaputra wrote: Thu May 11, 2023 14:11ini pilihan saya pribadi yaadoko86 wrote: Thu May 11, 2023 13:54
Hahaha.... makasih om.
Kalau untuk 1KR DE.... prefer ke 30/70 atau 50/50 om.
70/30
kecuali emg spec radiator dan mesin mengharuskan spec coolant tertentu yah
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42
Re: Ganti Coolant Radiator
Coolant 70/30 dengan coolant 50/50 ada keunggulan masing2. 50/50 titik didih lebih tinggi yaitu 130c sedangkan 70/30 titik didih sekitar 110c saja. Menurut saya pendinginan lebih maksimal untuk coolant 70/30 karena penghantar panas lebih baik daripada 50/50.
Pengalamanan barusan ganti coolant di bengkel untuk kedua mobil yang umurnya 10 tahun. Sudah isi coolant baru kok bacaaan temperatur di OBD malah lebih panas 99c daripada sebelumnya 95c. Setelah cari info di google, ternyata setelah ganti coolant harus dilanjutkan dengan proses bleeding untuk buang kantung udara. Bleeding coolant biasa dilakukan dengan spill-free funnel kit (https://www.amazon.com/Ultimate-Spill-C ... B089YHW5HR) dan diperlukan waktu 1-2 jam. Apakah karena waktu lama atau alatnya tidak ada jadi kebanyakan bengkel tidak melakukannya?
Sesudah pesan spill-free funnel kit di shopee dan buang angin sendiri di rumah, temperature turun drastis 10c menjadi 90-91c (diukur setelah jalan 30min dalam kota). Baca2 di buku factory service manual ada pernyataan tiap ganti coolant disarankan ganti radiator cap. Pesan radiator cap yang baru sesuai tekanan tercantum yaitu 108kpa. Akhirnya bacaan temperatur turun lagi dan stabil di 85c. Mungkin radiator cap tidak mampu menahan tekanan tinggi karena karetnya getas di umur 10 tahun.
Dapat pelajaran baru yaitu ganti coolant WAJIB lakukan 2 hal: buang kantung udara dan ganti radiator cap. Cuma modal 200rb untuk spill free funnel kit (yang bisa dipakai kemudian hari) dan radiator cap 50rb (untuk 5 tahun berikutnya) bisa menurunkan temperatur mesin dari 99c ke 85c.Yang jelas pikiran tentram tidak takut overheat saat mobil jalan di musim panas nanti.
Pengalamanan barusan ganti coolant di bengkel untuk kedua mobil yang umurnya 10 tahun. Sudah isi coolant baru kok bacaaan temperatur di OBD malah lebih panas 99c daripada sebelumnya 95c. Setelah cari info di google, ternyata setelah ganti coolant harus dilanjutkan dengan proses bleeding untuk buang kantung udara. Bleeding coolant biasa dilakukan dengan spill-free funnel kit (https://www.amazon.com/Ultimate-Spill-C ... B089YHW5HR) dan diperlukan waktu 1-2 jam. Apakah karena waktu lama atau alatnya tidak ada jadi kebanyakan bengkel tidak melakukannya?
Sesudah pesan spill-free funnel kit di shopee dan buang angin sendiri di rumah, temperature turun drastis 10c menjadi 90-91c (diukur setelah jalan 30min dalam kota). Baca2 di buku factory service manual ada pernyataan tiap ganti coolant disarankan ganti radiator cap. Pesan radiator cap yang baru sesuai tekanan tercantum yaitu 108kpa. Akhirnya bacaan temperatur turun lagi dan stabil di 85c. Mungkin radiator cap tidak mampu menahan tekanan tinggi karena karetnya getas di umur 10 tahun.
Dapat pelajaran baru yaitu ganti coolant WAJIB lakukan 2 hal: buang kantung udara dan ganti radiator cap. Cuma modal 200rb untuk spill free funnel kit (yang bisa dipakai kemudian hari) dan radiator cap 50rb (untuk 5 tahun berikutnya) bisa menurunkan temperatur mesin dari 99c ke 85c.Yang jelas pikiran tentram tidak takut overheat saat mobil jalan di musim panas nanti.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1604
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Ganti Coolant Radiator
Wah mantul infonya, kebetulan tutup radiator mobil saya ga tau tuh udah berapa lama, bacaan temperatur kalau jalan lancar 85-86, macet2 sekitar 88-91, nanjak2 bisa 95Andhyka wrote: Sat May 13, 2023 21:58 Coolant 70/30 dengan coolant 50/50 ada keunggulan masing2. 50/50 titik didih lebih tinggi yaitu 130c sedangkan 70/30 titik didih sekitar 110c saja. Menurut saya pendinginan lebih maksimal untuk coolant 70/30 karena penghantar panas lebih baik daripada 50/50.
Pengalamanan barusan ganti coolant di bengkel untuk kedua mobil yang umurnya 10 tahun. Sudah isi coolant baru kok bacaaan temperatur di OBD malah lebih panas 99c daripada sebelumnya 95c. Setelah cari info di google, ternyata setelah ganti coolant harus dilanjutkan dengan proses bleeding untuk buang kantung udara. Bleeding coolant biasa dilakukan dengan spill-free funnel kit (https://www.amazon.com/Ultimate-Spill-C ... B089YHW5HR) dan diperlukan waktu 1-2 jam. Apakah karena waktu lama atau alatnya tidak ada jadi kebanyakan bengkel tidak melakukannya?
Sesudah pesan spill-free funnel kit di shopee dan buang angin sendiri di rumah, temperature turun drastis 10c menjadi 90-91c (diukur setelah jalan 30min dalam kota). Baca2 di buku factory service manual ada pernyataan tiap ganti coolant disarankan ganti radiator cap. Pesan radiator cap yang baru sesuai tekanan tercantum yaitu 108kpa. Akhirnya bacaan temperatur turun lagi dan stabil di 85c. Mungkin radiator cap tidak mampu menahan tekanan tinggi karena karetnya getas di umur 10 tahun.
Dapat pelajaran baru yaitu ganti coolant WAJIB lakukan 2 hal: buang kantung udara dan ganti radiator cap. Cuma modal 200rb untuk spill free funnel kit (yang bisa dipakai kemudian hari) dan radiator cap 50rb (untuk 5 tahun berikutnya) bisa menurunkan temperatur mesin dari 99c ke 85c.Yang jelas pikiran tentram tidak takut overheat saat mobil jalan di musim panas nanti.