Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Topup nya banyak gk mbah?
Efek nya pas awal ganti coolant konsentrat 30 gimana mbah? Tertarik bgt nih.
Klo ditanya efek, perlu disupport oleh scanner yg tepat.
jd bisa dicompare, rata2 temp kerja mesin pakai 50 50 VS 70 30 brp
krn coolant ini beda, gak kyk oli,
yg bisa dirasakan bedanya di Hi RPM sampai OCI 10rb km
yg pasti sy topup tiap bulan yah minimal 100-200 ml
dgn kondisi tiap 2 minggu PP jkt bandung dan sekitarnya
dan Tiap tahun pasti sy drain, dan refill dgn yg baru.
sampai ke reservoir coolantnya jg diganti.
Kalau di kasus saya ganti coolant ac nya dingin. Dulu masih pake coolant bawaan mazda nggak berkurang sama sekali. Mungkin karena nggak pernah hi-rev. Sekarang pake merk seiken aja 4 ltr 130rb di toko offline. Ganti 2 tahun / 20rb km
klo di saya gak ada efek, ac tetap dingin juga, karena rutin ganti tiap tahun hahaha
jd smoga selalu relatif fresh itu coolant.
+ lendir rem + air filter jg ganti tiap tahun.
biar joss gak pengep napas mesin dan joss ngerem nya.
mungkin klo coolant dah 10 thn gak ganti, \
baru berasa ngefek, tau2 dalamnya (amit2) karatan
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
+ ganti brake fluid setahun 1x
makin lama = titik didih makin turun = brake fading = ngempos gak bisa neken cakram
Maap nubie numpang komen ya mbah..
kl minyak rem kayanya penyebabnya dia ketempelan debu jd kualitas nya menurun selain krn suhu tinggi pengereman.
begitu pendapat nubie
Minyak rem turun performa karena kandungan air yg meningkat sih mbah, brake fluid kan higroskopis. hehe.
Kalau brake fluid bonafide, biasa nyantumin boiling point awal dan wet boiling point (biasa 1-2 tahun setelah digunakan asumsinya).
Waduh ketauan nubie akutnya ini saya
Makasih Mbah pencerahannya
hackers11 wrote: Thu Mar 03, 2022 4:21
Bicara coolant apa ada yg ounya info ttg coolant engine ice?
Awalnya populer di motor karena bisa nurunin temp dibandingkan coolant biasa sampai 6 derajat lbh rendah.
Speknya Polypropylene Glycol (PG). Sedangkan merek lain umumnya masih pakai Etylene Glycol (EG).
Harga aih sgt mahal karena 2ltr bisa 400an rb.
Too good to be true kah?
Kenapa tertarik?
kemaren turing trans jawa di daerah yg temp bisa 36 derajat(suhu luar) rasanya performa mesin drop. Harus gas lbh agresif bwt jaga kecepatan. Mobilnya rocky 1.0. berpikir kalo temperatur mesin bisa diimprove gejala power down bisa diminimalisir cmiiw
bahan coolant yah kl ga PG , ya EG om
ga beda2 gmana
coolant itu yg penting justru diliat, cocoklogi nya gmana ama enjin mobil kta
hackers11 wrote: Thu Mar 03, 2022 4:21
Bicara coolant apa ada yg ounya info ttg coolant engine ice?
Awalnya populer di motor karena bisa nurunin temp dibandingkan coolant biasa sampai 6 derajat lbh rendah.
Speknya Polypropylene Glycol (PG). Sedangkan merek lain umumnya masih pakai Etylene Glycol (EG).
Harga aih sgt mahal karena 2ltr bisa 400an rb.
Too good to be true kah?
Kenapa tertarik?
kemaren turing trans jawa di daerah yg temp bisa 36 derajat(suhu luar) rasanya performa mesin drop. Harus gas lbh agresif bwt jaga kecepatan. Mobilnya rocky 1.0. berpikir kalo temperatur mesin bisa diimprove gejala power down bisa diminimalisir cmiiw
bahan coolant yah kl ga PG , ya EG om
ga beda2 gmana
coolant itu yg penting justru diliat, cocoklogi nya gmana ama enjin mobil kta
Yg bagian statement bahan PG kebetulan dikopi dari satement yg jual di grid oto om. Ga relevan ya tipe coolantnya sama impact penurunan suhu?
Too good to be true?
Suryaputra wrote: Tue Mar 01, 2022 9:10
Klo ditanya efek, perlu disupport oleh scanner yg tepat.
jd bisa dicompare, rata2 temp kerja mesin pakai 50 50 VS 70 30 brp
krn coolant ini beda, gak kyk oli,
yg bisa dirasakan bedanya di Hi RPM sampai OCI 10rb km
yg pasti sy topup tiap bulan yah minimal 100-200 ml
dgn kondisi tiap 2 minggu PP jkt bandung dan sekitarnya
dan Tiap tahun pasti sy drain, dan refill dgn yg baru.
sampai ke reservoir coolantnya jg diganti.
Mungkin menurut butt-o-meter mbah surya gimana, dengan jalur yg sama dan mungkin pas habis cruising buka kap mesin gitu
Saya pernah soalnya cruising transjawa siang2, pas di rest area buka kap & mesin hidup, kipas radiator nyala lumayan lama. Karakter bakpao kipasnya high speed padahal. Dari hal tsb saya pengen improve coolant 30-70 gitu mbah
Suryaputra wrote: Tue Mar 01, 2022 9:10
Klo ditanya efek, perlu disupport oleh scanner yg tepat.
jd bisa dicompare, rata2 temp kerja mesin pakai 50 50 VS 70 30 brp
krn coolant ini beda, gak kyk oli,
yg bisa dirasakan bedanya di Hi RPM sampai OCI 10rb km
yg pasti sy topup tiap bulan yah minimal 100-200 ml
dgn kondisi tiap 2 minggu PP jkt bandung dan sekitarnya
dan Tiap tahun pasti sy drain, dan refill dgn yg baru.
sampai ke reservoir coolantnya jg diganti.
Mungkin menurut butt-o-meter mbah surya gimana, dengan jalur yg sama dan mungkin pas habis cruising buka kap mesin gitu
Saya pernah soalnya cruising transjawa siang2, pas di rest area buka kap & mesin hidup, kipas radiator nyala lumayan lama. Karakter bakpao kipasnya high speed padahal. Dari hal tsb saya pengen improve coolant 30-70 gitu mbah
Btw kalau punya coolant 50/50 biar jadi coolant 30/70 tinggal tambah air destilasi doang kan di coolant 50/50? Misal ada coolant 50/50 1 liter terus ditambahin air sebanyak 0,66 liter nanti jadinya coolant 30/70 (total coolant jadi 1,66 liter). Bener kan? Jadi kalau punya coolant 50/50 mau pakai coolant 30/70 ya tinggal diencerkan aja.. Lebih praktis.. Wkwkwk...
Suryaputra wrote: Tue Mar 01, 2022 9:10
Klo ditanya efek, perlu disupport oleh scanner yg tepat.
jd bisa dicompare, rata2 temp kerja mesin pakai 50 50 VS 70 30 brp
krn coolant ini beda, gak kyk oli,
yg bisa dirasakan bedanya di Hi RPM sampai OCI 10rb km
yg pasti sy topup tiap bulan yah minimal 100-200 ml
dgn kondisi tiap 2 minggu PP jkt bandung dan sekitarnya
dan Tiap tahun pasti sy drain, dan refill dgn yg baru.
sampai ke reservoir coolantnya jg diganti.
Mungkin menurut butt-o-meter mbah surya gimana, dengan jalur yg sama dan mungkin pas habis cruising buka kap mesin gitu
Saya pernah soalnya cruising transjawa siang2, pas di rest area buka kap & mesin hidup, kipas radiator nyala lumayan lama. Karakter bakpao kipasnya high speed padahal. Dari hal tsb saya pengen improve coolant 30-70 gitu mbah
Btw kalau punya coolant 50/50 biar jadi coolant 30/70 tinggal tambah air destilasi doang kan di coolant 50/50? Misal ada coolant 50/50 1 liter terus ditambahin air sebanyak 0,66 liter nanti jadinya coolant 30/70 (total coolant jadi 1,66 liter). Bener kan? Jadi kalau punya coolant 50/50 mau pakai coolant 30/70 ya tinggal diencerkan aja.. Lebih praktis.. Wkwkwk...
Suryaputra wrote: Tue Mar 01, 2022 9:10
Klo ditanya efek, perlu disupport oleh scanner yg tepat.
jd bisa dicompare, rata2 temp kerja mesin pakai 50 50 VS 70 30 brp
krn coolant ini beda, gak kyk oli,
yg bisa dirasakan bedanya di Hi RPM sampai OCI 10rb km
yg pasti sy topup tiap bulan yah minimal 100-200 ml
dgn kondisi tiap 2 minggu PP jkt bandung dan sekitarnya
dan Tiap tahun pasti sy drain, dan refill dgn yg baru.
sampai ke reservoir coolantnya jg diganti.
Mungkin menurut butt-o-meter mbah surya gimana, dengan jalur yg sama dan mungkin pas habis cruising buka kap mesin gitu
Saya pernah soalnya cruising transjawa siang2, pas di rest area buka kap & mesin hidup, kipas radiator nyala lumayan lama. Karakter bakpao kipasnya high speed padahal. Dari hal tsb saya pengen improve coolant 30-70 gitu mbah
Ini jg cukup om
IMG_20220303_201650.jpg
Kalo sy ga perlu buka2 kap om... Dikira motuba mogokan nantinya
........
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
hackers11 wrote: Thu Mar 03, 2022 4:21
Bicara coolant apa ada yg ounya info ttg coolant engine ice?
Awalnya populer di motor karena bisa nurunin temp dibandingkan coolant biasa sampai 6 derajat lbh rendah.
Speknya Polypropylene Glycol (PG). Sedangkan merek lain umumnya masih pakai Etylene Glycol (EG).
Harga aih sgt mahal karena 2ltr bisa 400an rb.
Too good to be true kah?
Kenapa tertarik?
kemaren turing trans jawa di daerah yg temp bisa 36 derajat(suhu luar) rasanya performa mesin drop. Harus gas lbh agresif bwt jaga kecepatan. Mobilnya rocky 1.0. berpikir kalo temperatur mesin bisa diimprove gejala power down bisa diminimalisir cmiiw
bahan coolant yah kl ga PG , ya EG om
ga beda2 gmana
coolant itu yg penting justru diliat, cocoklogi nya gmana ama enjin mobil kta
Yg bagian statement bahan PG kebetulan dikopi dari satement yg jual di grid oto om. Ga relevan ya tipe coolantnya sama impact penurunan suhu?
Too good to be true?
kl soal suhu, mungkin lebi ngaruh ke tingkat keenceran nya om, walaupun lagi2 ga tralu signifikan yah, kcuali ud gonta ganti termostat
kl saya sehh tetep lebi concern ke kandungan coolant nya, dan sesuai in ama mobil kta.. tp kl mobil2 jepun umum jaman skrg sehh mustinya ud lebi toleran koq, asal kan no silicate, phospate, amine.. mustinya ga masalah
Suryaputra wrote: Tue Mar 01, 2022 9:10
Klo ditanya efek, perlu disupport oleh scanner yg tepat.
jd bisa dicompare, rata2 temp kerja mesin pakai 50 50 VS 70 30 brp
krn coolant ini beda, gak kyk oli,
yg bisa dirasakan bedanya di Hi RPM sampai OCI 10rb km
yg pasti sy topup tiap bulan yah minimal 100-200 ml
dgn kondisi tiap 2 minggu PP jkt bandung dan sekitarnya
dan Tiap tahun pasti sy drain, dan refill dgn yg baru.
sampai ke reservoir coolantnya jg diganti.
Mungkin menurut butt-o-meter mbah surya gimana, dengan jalur yg sama dan mungkin pas habis cruising buka kap mesin gitu
Saya pernah soalnya cruising transjawa siang2, pas di rest area buka kap & mesin hidup, kipas radiator nyala lumayan lama. Karakter bakpao kipasnya high speed padahal. Dari hal tsb saya pengen improve coolant 30-70 gitu mbah
Ini jg cukup om
IMG_20220303_201650.jpg
Kalo sy ga perlu buka2 kap om... Dikira motuba mogokan nantinya
........
mbah
ini ganti nya per 20 rebu km loh... alias coolant kelas kere hore
Mungkin menurut butt-o-meter mbah surya gimana, dengan jalur yg sama dan mungkin pas habis cruising buka kap mesin gitu
Saya pernah soalnya cruising transjawa siang2, pas di rest area buka kap & mesin hidup, kipas radiator nyala lumayan lama. Karakter bakpao kipasnya high speed padahal. Dari hal tsb saya pengen improve coolant 30-70 gitu mbah
Ini jg cukup om
IMG_20220303_201650.jpg
Kalo sy ga perlu buka2 kap om... Dikira motuba mogokan nantinya
........
mbah
ini ganti nya per 20 rebu km loh... alias coolant kelas kere hore
masa ga malu ama tools2 buat ngeganti nya ntar
Justru itu maksudnya mbah.. biar toolsnya disuru kerja. Contohnya coolant funnel itu biar dia kerja at least setaun sekali
Suryaputra wrote: Tue Mar 01, 2022 9:10
Klo ditanya efek, perlu disupport oleh scanner yg tepat.
jd bisa dicompare, rata2 temp kerja mesin pakai 50 50 VS 70 30 brp
krn coolant ini beda, gak kyk oli,
yg bisa dirasakan bedanya di Hi RPM sampai OCI 10rb km
yg pasti sy topup tiap bulan yah minimal 100-200 ml
dgn kondisi tiap 2 minggu PP jkt bandung dan sekitarnya
dan Tiap tahun pasti sy drain, dan refill dgn yg baru.
sampai ke reservoir coolantnya jg diganti.
Mungkin menurut butt-o-meter mbah surya gimana, dengan jalur yg sama dan mungkin pas habis cruising buka kap mesin gitu
Saya pernah soalnya cruising transjawa siang2, pas di rest area buka kap & mesin hidup, kipas radiator nyala lumayan lama. Karakter bakpao kipasnya high speed padahal. Dari hal tsb saya pengen improve coolant 30-70 gitu mbah
sy gak merhatiin kipas radiator.
yg jelas fine fine aja, hahahaha.
karena tiap tahun sy ganti + di tabung reservoir nya jg.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Tue Mar 01, 2022 9:10
Klo ditanya efek, perlu disupport oleh scanner yg tepat.
jd bisa dicompare, rata2 temp kerja mesin pakai 50 50 VS 70 30 brp
krn coolant ini beda, gak kyk oli,
yg bisa dirasakan bedanya di Hi RPM sampai OCI 10rb km
yg pasti sy topup tiap bulan yah minimal 100-200 ml
dgn kondisi tiap 2 minggu PP jkt bandung dan sekitarnya
dan Tiap tahun pasti sy drain, dan refill dgn yg baru.
sampai ke reservoir coolantnya jg diganti.
Mungkin menurut butt-o-meter mbah surya gimana, dengan jalur yg sama dan mungkin pas habis cruising buka kap mesin gitu
Saya pernah soalnya cruising transjawa siang2, pas di rest area buka kap & mesin hidup, kipas radiator nyala lumayan lama. Karakter bakpao kipasnya high speed padahal. Dari hal tsb saya pengen improve coolant 30-70 gitu mbah
Ini jg cukup om
IMG_20220303_201650.jpg
Kalo sy ga perlu buka2 kap om... Dikira motuba mogokan nantinya
........
O em ji... Ternyata bear brand gak cuma namanya susu beruang, iklannya naga isinya susu sapi.. Ada juga yg isinya coolant
wicaksono99 wrote: Thu Mar 03, 2022 12:32
Btw kalau punya coolant 50/50 biar jadi coolant 30/70 tinggal tambah air destilasi doang kan di coolant 50/50? Misal ada coolant 50/50 1 liter terus ditambahin air sebanyak 0,66 liter nanti jadinya coolant 30/70 (total coolant jadi 1,66 liter). Bener kan? Jadi kalau punya coolant 50/50 mau pakai coolant 30/70 ya tinggal diencerkan aja.. Lebih praktis.. Wkwkwk...
Teorinya gitu mbah, cuman blm pernah coba. Klo saya mending yg pasti2 aja kayak toyota llc 30-70
yanuarra wrote: Thu Mar 03, 2022 13:23
Ini jg cukup om
IMG_20220303_201650.jpg
Kalo sy ga perlu buka2 kap om... Dikira motuba mogokan nantinya
........
Uda mulai semi motuba nih
Suryaputra wrote: Thu Mar 03, 2022 15:05
sy gak merhatiin kipas radiator.
yg jelas fine fine aja, hahahaha.
karena tiap tahun sy ganti + di tabung reservoir nya jg.
wicaksono99 wrote: Thu Mar 03, 2022 12:32
Btw kalau punya coolant 50/50 biar jadi coolant 30/70 tinggal tambah air destilasi doang kan di coolant 50/50? Misal ada coolant 50/50 1 liter terus ditambahin air sebanyak 0,66 liter nanti jadinya coolant 30/70 (total coolant jadi 1,66 liter). Bener kan? Jadi kalau punya coolant 50/50 mau pakai coolant 30/70 ya tinggal diencerkan aja.. Lebih praktis.. Wkwkwk...
Nubie ijin share pengalaman Mbah.
Krn pakenya Lipindut si mesin resing maha dahsyat...
Rekomen pabrikan 30:70.
Cuma kemaren pas saya ganti coolant itu saya buat 40:60
2 liter coolant Nissan dicampur 3 liter air destilasi biru yg biasa u isi aki.
Masuk ke mobil cm 4,5 liter aja dan sisa 0,5 liter saya simpen aja u top up.
Begitu kira2 mbah saya lakkan proses pencampuran nya.
Dan dicampurnya waktu belum dituagkan ke radiator ya...
Jadi pencampuran pake galon sendiri trs diaduk2 ala bartender bohay kesukaan mbah tugel..
wicaksono99 wrote: Thu Mar 03, 2022 12:32
Btw kalau punya coolant 50/50 biar jadi coolant 30/70 tinggal tambah air destilasi doang kan di coolant 50/50? Misal ada coolant 50/50 1 liter terus ditambahin air sebanyak 0,66 liter nanti jadinya coolant 30/70 (total coolant jadi 1,66 liter). Bener kan? Jadi kalau punya coolant 50/50 mau pakai coolant 30/70 ya tinggal diencerkan aja.. Lebih praktis.. Wkwkwk...
Nubie ijin share pengalaman Mbah.
Krn pakenya Lipindut si mesin resing maha dahsyat...
Rekomen pabrikan 30:70.
Cuma kemaren pas saya ganti coolant itu saya buat 40:60
2 liter coolant Nissan dicampur 3 liter air destilasi biru yg biasa u isi aki.
Masuk ke mobil cm 4,5 liter aja dan sisa 0,5 liter saya simpen aja u top up.
Begitu kira2 mbah saya lakkan proses pencampuran nya.
Dan dicampurnya waktu belum dituagkan ke radiator ya...
Jadi pencampuran pake galon sendiri trs diaduk2 ala bartender bohay kesukaan mbah tugel..
Buset mbah.. Coolant nissan premixed yg 50/50 kan? 2 liter coolant ditambah 3 liter air kayanya perbandingan jadi 20/80 itu mbah.. Kalau mau dibuat 40/60 harusnya untuk 2 liter coolat 50/50 ditambah air 0,5 liter aja mbah
Kalau yg coolant concentrate bener pakai campur 2:3. Hehe..
Kalau dicampur pas di jerigen ga masalah.. Lebih bagus.
wicaksono99 wrote: Thu Mar 03, 2022 12:32
Btw kalau punya coolant 50/50 biar jadi coolant 30/70 tinggal tambah air destilasi doang kan di coolant 50/50? Misal ada coolant 50/50 1 liter terus ditambahin air sebanyak 0,66 liter nanti jadinya coolant 30/70 (total coolant jadi 1,66 liter). Bener kan? Jadi kalau punya coolant 50/50 mau pakai coolant 30/70 ya tinggal diencerkan aja.. Lebih praktis.. Wkwkwk...
Nubie ijin share pengalaman Mbah.
Krn pakenya Lipindut si mesin resing maha dahsyat...
Rekomen pabrikan 30:70.
Cuma kemaren pas saya ganti coolant itu saya buat 40:60
2 liter coolant Nissan dicampur 3 liter air destilasi biru yg biasa u isi aki.
Masuk ke mobil cm 4,5 liter aja dan sisa 0,5 liter saya simpen aja u top up.
Begitu kira2 mbah saya lakkan proses pencampuran nya.
Dan dicampurnya waktu belum dituagkan ke radiator ya...
Jadi pencampuran pake galon sendiri trs diaduk2 ala bartender bohay kesukaan mbah tugel..
Buset mbah.. Coolant nissan premixed yg 50/50 kan? 2 liter coolant ditambah 3 liter air kayanya perbandingan jadi 20/80 itu mbah.. Kalau mau dibuat 40/60 harusnya untuk 2 liter coolat 50/50 ditambah air 0,5 liter aja mbah
Kalau yg coolant concentrate bener pakai campur 2:3. Hehe..
Kalau dicampur pas di jerigen ga masalah.. Lebih bagus.
Gpp Om khan pergantian dibuat min 2 tahun sekali.
Kecuali mau dipakai sampai 20 rb km atau 5 tahun sekali baru pakai campuran 3 L Coolant plus 2 L air destilasi.
So far sdh hampir 9 bln cm dipake jalan 3000 km.
Yg penting min ada 10% coolant di dlm engine u cegah korosif.
Perbandingan 20:80 pemakaian di sini msh oke krn best nya khan tetep air sebagai penghantar panas.
Apakah pencampuran air radiator yg beda merk ada pengaruh negatif nya ya Om? Soalnya saya punya xpander ini mau saya top up di reservoir nya dengan Honda coolant (punya Mitsubishi konsentrat jd ribet mesti campur sendiri)
Coolant Toyota warna merah amankah kalau diganti sama coolant Suzuki warna ijo? Niatnya cuma pake metode drain yang di radiator, reservoir, sama buka selang aja jadi mungkin masih ada sisa coolant Toyota di mesin dan heater core. Terus langsung diisi pake coolant Suzuki yang beda warna, biar nggak kemasukan air murni sama sekali.
Kemarin kirain coolantnya coklat eh pas ditarik pake selang ternyata masih merah bening dan gak ada tanda karatan di radiatornya, gak jadi deh ganti. Mana udah keburu beli coolant ijo, sayang kalo ga dipake .
Nubie mau tanya nih sama suhu2 disini, ada yg tau gimana step by step nya kuras coolant di kijang 2 GD. Ane kuatir masalah buang udara nya.
Kalau step2 gini boleh?
1. Buka tutup resovoir
2. Hidupkan mesin
3. Buka baut kupu2 d bawah radiator grill
4. Biarkan ngucur
5. Matikan mesin.
6 setelah air tidak menetes, tutup baut kupu2 bawah
7. Tuangkan coolant baru ke resovoir
8. Hidupkan mesin lagi
9. Lakukan berulang2 sampe udah gak turun lagi coolantnya
Udah bener gak cara nya begini? Apa cara diatas udah menjamin gak ada angin lagi d dalam saluran coolant? Thx sebelumy.