Suryaputra wrote:Stygulator wrote: Mon Mar 13, 2023 19:14
Salam hangat para suhu SM, newbie mohon bantuan diarahkan ke jalan yg benar. Lagi galau mau minang mobil compact SUV nih. 3 kontestan utamanya :
-cut-
Kesan Singkat jajal HRV:
+ Kursinya plg enak, ergonomis tempat duduk nya, bener2 nopang paha full, dijamin nyaman ini buat jalan jauh
(tinggi saya 170 cm)
+ Jaminan liquid cepat klo mau jual lagi 5 thn ke depan
+ Coba yg trim S & E lbh nyaman dibanding SE, karena ukuran ban GY triplemax lbh tebal dan ring lbh kecil 17"
(velg lbh ringan, performa tarikan bawah lbh ok)
+ Ruang kaki belakang luass
- Trim SE pakai ban Alenza profil lbh tipis ring 18", sehingga NVH buat jangka panjang masih dipertanyakan?
- Rada Dodol ini HRV... Head room Row-2 pas"an
Kesan Singkat jajal Creta:
+ Sound Bose mantapp di kelas nya, cukup set treble dan bass posisi 0, udh terasa balance dan natural suara nya
(pakai file music lossless)
+ Aftersales Service Hyundai?
+ Respon throttle untuk stop and go
- Ukuran Kursi relatif kecil, apalagi di Row 2 lbh kecil dan gak nopang paha full, ruang kaki belakang pas2an, gak yakin nyaman buat jalan jauh
(tinggi saya 170 cm saja)
GV:
-/+ Belum pernah coba, tapi klo dilihat GV generasi sblmnya, apakah Suzuki bakal serius menggarap mobil ini?
Waktu yg akan menjawab
saya mengamini pandangan Mbah Surya.
Mengenai kriteria TS:
1. Kenyamanan. Ini boil tujuan utama buat mobil keluarga. Jd kenyamanan menurut sy poin nomor wahid. Baik dr suspensi, keempukan jok & keheningan kabin semuanya penting.
=> Bergantung keluarga TS pada ringgi2 gaa.. jalau saya sih 179cm, jekuarga juga rata2 tinggi diatas 175,, makanya headroom row 2 HRV yg perebdah jadi dealbreaker.
Creta juga bener kata Mbah Surya, joknya rada kecil, end up saya lebih seneng nyetir di Creta saya ( rada ogah duxuk blkg). Oh iya, jok row2 Creta ga bisa ada setelan lebih rebah lagi ya, memang enakan jok HRV. NVH, senyap kok Creta. jauh lebih senyap dr XL7 saya. bantingan nuga nyaman.
GV, Suzuki tuh terkenal sama tempat duduknya yang gede2, nyaman, apalagi cbu India, no doubt nyaman.
2. Fuel Cons:
Sejauh ini pakai Creta. dalam kota jkt fi angka 1:11an.. irit mnrt saya krn avg speednya hanya 12,-14kph. Mnrt saya sih 11-12lah sama Honda atau GV.. Mungkin Gv kalau anda banyak stop and go, jadi kerasa sedikit lebih irit krn mild hybrid.
3. Reliability"
Mnrt sata pribadi: Suzuki dan Honda itu reliable kok,ga jauh sama Toyota atau Daihatsu. K15C memanv rada bedq divanding K15B krn lakai dual injector, tapi Hyundai Smart stream engine juga sama..
Yg beda cuma GV 6 at, HRV dan Creta CVT.. ya meski saya sedikit lebih pro ke 6AT, ya tapi should ve fine lav IVTnya Hyundai dan CVT Honda.
yg kurang, after sales Hyundai.. Harus diakui.. untung saya di jkt.
4. Fitur:
keunggulan Creta Prume divanding HRV SE itu murni di panoramic, sama bagasi creta + sama headroom row 2, dan harga stlh diskon yg menarik
Kalau saya ga butuh pano, dana cukup, sama geadroom aman, dah paati saya piliih HRV. Knp? interuor fan eksterior suka HRV, dan adaptive CC is tempting..
Kalau GV, liat aja atau
bandingin sama Baleno. Mnrt saya sih oke ya, tpi mmrt saya key nya itu di sensing.. Kalau saya, dah telanjur suka sama Semsing meski awalnya ga merasa butuh. GV kalah di sini krn blm ada sensing. Tapi fitur kemewahan lainnya mnrt saya pas
5. Performa: tgt" nalau vuma 0-100, Creta unggul dr HrV, diatas itu, bisa2 bubye Creta ditinggal HRV
GV? mnrt saya K15 dgn 4AT ifu sigap. Isfdi saya bahkan bilang jalau rrrasa lebih sivap XL7 dibanding Creta * eskipun, kalau diatas, lewatlah Crefa atau HRV diaatas XL7. Apalagi pakai 6AT, jadi lebih tokcer fan halus yaa..anyway, ini kebih krn istri belum kebiasa CVT atau IVTnya lah yaa..
Happy hunting.