Duo ladder laris: necessity or pride?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Duo ladder laris: necessity or pride?
Tapi emang kalau naik Innova ini gimana gitu.
Empuknya enak buat dalam kota, tenaga jg oke.
Terus kalau ada jalan rusak kayak lebih ngerasa ikhlas gitu dibanding mobil monokok.
Mungkin gitu kali ya.
Empuknya enak buat dalam kota, tenaga jg oke.
Terus kalau ada jalan rusak kayak lebih ngerasa ikhlas gitu dibanding mobil monokok.
Mungkin gitu kali ya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 767
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: Duo ladder laris: necessity or pride?
Bener, sebenernya model2 jalanan di Indo sini saya rasa mirip sama di UK, banyak gang2 kecil di kota, banyak lubang2 jalanan, polisi tidur, jalan antar kota juga mirip2 kecuali mau lewat tol panjang yg baru operasi di 5 tahun belakangan. Jadi mestinya karakter mobil yg banyak di jual disini model2 cross over lah. Kalo mau ngejar irit perawatan murah di Eropa sana masih ada opsi mesin disel di mobil2 monokok, disini terakhir opsi disel monokok cuma Spin sama Ertiga, setelah itu udah ga ada lagi. Jadi ya kalo mau gendong genset cuma ada di mobil truk semuabungle wrote: Fri Jan 27, 2023 18:57Mobil di US alirannya bigger is better. Makanya SUV/pickup segede gaban laris manis.ChZ wrote: Fri Jan 27, 2023 10:10 Apakah yang ginian cuma di indo? Jelas tidak. Di amrik kan kendaraan terlaris ya SUV. Jumbo SUV malah macem escalade atau gmc yukon. Dan ngaruh juga, orang amrik suka banget SUV gede karena mirip escort car presiden. Makanya sy berani bilang ini emang faktor psikologi bukan sekedar stereotype.
Tesla mau masuk market pickup truck... yang sampai sekarang belum rilis.
Beda dengan UK/Europe & Japan.
Mereka suka mobil yang lebih kecil. Sepeti hatch, small/medium sedan.
Mobil kutu Kei car laris manis di Japan.
Sepertinya di Eropa atau Japan masih banyak jalan yg kecil (kecuali di highway).
Beda sama di US. Jalan di kota jalurnya banyak.
Di Europe public transport lebih maju. Di US kalau gak punya mobil rada menderita (kecuali di NYC).

Kalo saya kerasanya jadi penumpang Fortuner: pusing, soalnya bodi goyang2 di jalan tol, padahal lari cuma 100.darrelund wrote: Fri Jan 27, 2023 16:37wahahaha yg oe bold itu kejadian dirumahpeterming77 wrote: Fri Jan 27, 2023 9:09 Saya lihat banyak yg pake ibu2, anak muda, semua diperkotaan yg sebetulnya IMHO nga butuh model2 duo gajah itu. Akses naik turunnya susah, di kecepatan tinggi kurang napak, nyetir nya ga bisa dibilang enak, dibilang murah ya nggak, tapi kalo mau dianggap premium juga tanggung???
ada masda 2 sama portuner, nyokap malah demen sama masda, kenapa???
- gasoline, bensin relatif ndak mahal (92), 300rb ud full
- stir ringan
- irit
- GC rendah (naik turun ga sulit)
- body compact dan lincah, gampang parkir
akhirnya portuner dirumah buat apa? ya buat lukot doang, ato buat jalan yg distance diatas 50km
lama" rada capek jg bawa ladder, cuma yah enak aja gausa pusing mikir mau lewat jalan begimana![]()
cuma klo ud biasa bawa monokok jgn heran dibawa ngebut malah bikin ngeri ndiri, stir floaty bgt![]()
Bener deh, di Amrik Camry itu mobil harian, ga ada mewahnya, justru yg pake ngejar murah sama reliable, kalo mau upmarket ya pake BMW, Audi, Merc, VW. Disini jadi premium sedan, dilawankan seri 7.darrelund wrote: Fri Jan 27, 2023 16:37klo yg ini proportional sama kondisi negara tsb, developed vs emerging country ya standarnya beda tohKalo di channel review luar gitu kayaknya nda pernah dibahas mobil ladderframe kelas mewah (baca: nga ada).
di asteng camry/accord dibilang mewah, altis jg
lah itu di amrik jadi mobil sejuta umat, dari kuliahan sampe uzur pke camry/accord
apalagi altis, dimari mewah, diluar dianggap econobox![]()

-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Duo ladder laris: necessity or pride?
jgn salah yang pake truck sama Jeep di US juga norak norakbungle wrote: Fri Jan 27, 2023 18:57
Mobil di US alirannya bigger is better. Makanya SUV/pickup segede gaban laris manis.
Tesla mau masuk market pickup truck... yang sampai sekarang belum rilis.
Beda dengan UK/Europe & Japan.
Mereka suka mobil yang lebih kecil. Sepeti hatch, small/medium sedan.
Mobil kutu Kei car laris manis di Japan.
Sepertinya di Eropa atau Japan masih banyak jalan yg kecil (kecuali di highway).
Beda sama di US. Jalan di kota jalurnya banyak.
Di Europe public transport lebih maju. Di US kalau gak punya mobil rada menderita (kecuali di NYC).


tapi masalahnya ya itu sepertinya emang ada kaitan mobil gede sama perilaku arogan terlepas kita beli buat fungsional. kita jg nggak sadar kadang karena itu bawah sadar

yep di yurop dan jepang jalannya kecil kecil. klo pake truck dijamin susah parkir

kalo mau gegayaan ngapa pake SUV susah beli aja sedan limo gede disupirin. di japan pop culture kan mercedes E-class / S-class malah identik sama boss mafia. sering kalo nonton anime karakter boss mafia pasti pake W140

kalau di ane mobil sebagong fortuner/pajero malah nyusahin krn jalanan di kota banyak gang sempit.darrelund wrote: Fri Jan 27, 2023 16:37
wahahaha yg oe bold itu kejadian dirumah
ada masda 2 sama portuner, nyokap malah demen sama masda, kenapa???
- gasoline, bensin relatif ndak mahal (92), 300rb ud full
- stir ringan
- irit
- GC rendah (naik turun ga sulit)
- body compact dan lincah, gampang parkir
akhirnya portuner dirumah buat apa? ya buat lukot doang, ato buat jalan yg distance diatas 50km
lama" rada capek jg bawa ladder, cuma yah enak aja gausa pusing mikir mau lewat jalan begimana![]()
cuma klo ud biasa bawa monokok jgn heran dibawa ngebut malah bikin ngeri ndiri, stir floaty bgt![]()

problemnya nambah ga cuma ugal ugalan atau polisi polisian, tapi kalo parkir ya tuhan ribetnya kaga masuk-masuk. biasa apalagi cewek yang bawa badannya kecil gitu liatnya kasian

masalahnya di sini banyak ciwi ciwi atau ibu-ibu dibawain fortuner sama bokap atau suaminya dengan alasan keamanan biar gak diganggu orang

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Duo ladder laris: necessity or pride?
sama lah kayak pajero saya sebenernya tujuannya juga biar ge8 saya gak banyak kena damage karena keseringan dipake di jalansintoni wrote: Fri Jan 27, 2023 22:58 Tapi emang kalau naik Innova ini gimana gitu.
Empuknya enak buat dalam kota, tenaga jg oke.
Terus kalau ada jalan rusak kayak lebih ngerasa ikhlas gitu dibanding mobil monokok.
Mungkin gitu kali ya.

lagian ya gitu enak bener priviledge pajero kadang ada beberapa ruas jalan halal buat disikat tapi karena mobilnya kurang tinggi jadi gak berani disinilah gunanya pajero


-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Duo ladder laris: necessity or pride?
se benernya ada sebagian orang yang beranggapan (mainly OKL alias orang mampu beneran) kalo mobil fortuner baru itu ya ngisinya harus dex loh. misal bokap ane dulu jg masih beranggapan kalo innova baru / fortuner baru itu ya isi dex. soalnya mikir kalo isi solar itu ya mobil L300 dy di kantor yg bener aje SUV 600 juta isinya kayak L300peterming77 wrote: Sat Jan 28, 2023 2:13 Kalo mau ngejar irit perawatan murah di Eropa sana masih ada opsi mesin disel di mobil2 monokok, disini terakhir opsi disel monokok cuma Spin sama Ertiga, setelah itu udah ga ada lagi. Jadi ya kalo mau gendong genset cuma ada di mobil truk semua![]()

kemaren waktu dex mahal-mahalnya bokap bilang "susah ya sekarang punya mobil solar, bbm nya mahal" pdhl 80% yang pake fortuner baru pasti isinya solar

maka nya di mata orang-orang begini, beli mobil gasoline jadi masuk akal dan murah. krn ngga mikir mau diisi solar. apalagi udahlah bbmnya mahal naikan macem truk ya klo beli mobil mahal maunya yang enak, jatohnya crossover macem CRV.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Duo ladder laris: necessity or pride?
Tp sepertinya mayoritas populasi user duo gajah ini ya masih masuk golongan "nanggung". Secara ekonomi uda mulai established tapi tetep income-outcome sehari2 dihitung dengan detail. Kalo jd workhorse sehari2 lumayan soalnya ngisi dex dengan asumsi pemakaian yg sama kan 2x lipat biayanya daripada isi solbus. Udah gitu dari jaman ops, sama fortie lama emang stigmanya diesel ini mobil dengan RV tinggi, bbm murah, awet, kentjang. Jadinya masalah kenyamanan jadi nomor sekian sekian. Orang bela2in beli awalan mahal tp kemudian selama pake biaya yg dikeluarin sedikit, terutama murah karena bisa isi bbm busuk.ChZ wrote: Sat Jan 28, 2023 8:15se benernya ada sebagian orang yang beranggapan (mainly OKL alias orang mampu beneran) kalo mobil fortuner baru itu ya ngisinya harus dex loh. misal bokap ane dulu jg masih beranggapan kalo innova baru / fortuner baru itu ya isi dex. soalnya mikir kalo isi solar itu ya mobil L300 dy di kantor yg bener aje SUV 600 juta isinya kayak L300peterming77 wrote: Sat Jan 28, 2023 2:13 Kalo mau ngejar irit perawatan murah di Eropa sana masih ada opsi mesin disel di mobil2 monokok, disini terakhir opsi disel monokok cuma Spin sama Ertiga, setelah itu udah ga ada lagi. Jadi ya kalo mau gendong genset cuma ada di mobil truk semua![]()
![]()
kemaren waktu dex mahal-mahalnya bokap bilang "susah ya sekarang punya mobil solar, bbm nya mahal" pdhl 80% yang pake fortuner baru pasti isinya solargw bilang gitu dia rada surprised juga "lah masa beli fortuner isi solar? kalo papa sih ga tega ya". buat dy mobil operasional itu ya LMPV makanya beli Xpander yang bisa pertalit harga murah dan perawatan mudah. beli biervi buat nyokap ya karena tujuannya ops serba murah.
maka nya di mata orang-orang begini, beli mobil gasoline jadi masuk akal dan murah. krn ngga mikir mau diisi solar. apalagi udahlah bbmnya mahal naikan macem truk ya klo beli mobil mahal maunya yang enak, jatohnya crossover macem CRV.
Kalo golongan mafioso


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 50
- Joined: Mon May 01, 2017 17:06
Re: Duo ladder laris: necessity or pride?
Pake SUV ladderframe buat di abuse dong
tapi abuse jalanan ya soalnya isi ttp dex
Kalo visit customer daerah cikarang MM2100 atau delta gitu tengah2 jalan gede bagus suka tiba2 ada sepenggal jalan ancur udh kyk abis dibom rudal russia. pernah ikut pake xpander sales kasian bener ini mobil lewatinnya, harus rem dalem pelan2 belok2in setir biar ga nyangkut. besoknya visit sana lagi pake anf sikat aja tu jalan pake rem tipis2. ga yakin kalo punya suv monocoque bisa seenak pake duo gajah ladderframe lewatinnya
Belom kemaren arah tol tangerang sempet banjir. pake ladderframe masih bisa ambil jalur tengah. monocoque dll cuma ngendon ngantri di kanan bareng hatchback.
Kapasitasnya juga banyak. kmrn supir2 gudang libur tapi butuh kirim barang, lamgsung angkut si gajah lipet jok bawa ratusan kilo pompa masih enak2 aja ngebutnya
Kalo ane liat duo ladderframe gajah ini malah sebagai mobil perang. dulu waktu harga dex masih masuk akal jadi daily beater kemana2 sampe kilometer gondrong. sekarang aja gara2 kmrn dex sempet 19k jarang dipake

Kalo visit customer daerah cikarang MM2100 atau delta gitu tengah2 jalan gede bagus suka tiba2 ada sepenggal jalan ancur udh kyk abis dibom rudal russia. pernah ikut pake xpander sales kasian bener ini mobil lewatinnya, harus rem dalem pelan2 belok2in setir biar ga nyangkut. besoknya visit sana lagi pake anf sikat aja tu jalan pake rem tipis2. ga yakin kalo punya suv monocoque bisa seenak pake duo gajah ladderframe lewatinnya

Belom kemaren arah tol tangerang sempet banjir. pake ladderframe masih bisa ambil jalur tengah. monocoque dll cuma ngendon ngantri di kanan bareng hatchback.
Kapasitasnya juga banyak. kmrn supir2 gudang libur tapi butuh kirim barang, lamgsung angkut si gajah lipet jok bawa ratusan kilo pompa masih enak2 aja ngebutnya

Kalo ane liat duo ladderframe gajah ini malah sebagai mobil perang. dulu waktu harga dex masih masuk akal jadi daily beater kemana2 sampe kilometer gondrong. sekarang aja gara2 kmrn dex sempet 19k jarang dipake
2.0 B48 I4 G20
2.4 2GD-FTV AN150
2.5 2AR-FE I4 AH30
2.4 2GD-FTV AN150
2.5 2AR-FE I4 AH30
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Duo ladder laris: necessity or pride?
bener2x gak sayang ngehajarnya dulu saya pake CRV GEN2 nemu banjir dikit aja lsg muter balikScalettalv wrote: Sat Jan 28, 2023 11:00 Pake SUV ladderframe buat di abuse dongtapi abuse jalanan ya soalnya isi ttp dex
Kalo visit customer daerah cikarang MM2100 atau delta gitu tengah2 jalan gede bagus suka tiba2 ada sepenggal jalan ancur udh kyk abis dibom rudal russia. pernah ikut pake xpander sales kasian bener ini mobil lewatinnya, harus rem dalem pelan2 belok2in setir biar ga nyangkut. besoknya visit sana lagi pake anf sikat aja tu jalan pake rem tipis2. ga yakin kalo punya suv monocoque bisa seenak pake duo gajah ladderframe lewatinnya![]()
Belom kemaren arah tol tangerang sempet banjir. pake ladderframe masih bisa ambil jalur tengah. monocoque dll cuma ngendon ngantri di kanan bareng hatchback.
Kapasitasnya juga banyak. kmrn supir2 gudang libur tapi butuh kirim barang, lamgsung angkut si gajah lipet jok bawa ratusan kilo pompa masih enak2 aja ngebutnya![]()
Kalo ane liat duo ladderframe gajah ini malah sebagai mobil perang. dulu waktu harga dex masih masuk akal jadi daily beater kemana2 sampe kilometer gondrong. sekarang aja gara2 kmrn dex sempet 19k jarang dipake


emang buat harian mobil perang cocok banget

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Wed Jan 27, 2016 18:17
Re: Duo ladder laris: necessity or pride?
Kalau tinggal di kota metro seperti LA punya truck gaban tidak menjadi keharusan.ChZ wrote: Sat Jan 28, 2023 2:54 jgn salah yang pake truck sama Jeep di US juga norak norakampir mirip kek fortuner di sini. kalau common passenger car sebenernya terlaris malah rav4/CRV. meski ya emang kalau ngomong functional di sono tuh jalan lebar-lebar buat interstate roadnya aja gila lebar gede makanya maunya mesin V8
blom kadang buat towing juga.
tapi masalahnya ya itu sepertinya emang ada kaitan mobil gede sama perilaku arogan terlepas kita beli buat fungsional. kita jg nggak sadar kadang karena itu bawah sadarbelum efek high commanding driving position itu emang ane rasakan bikin kita lebih pede dan lebih bodo amat sama sekitar ngga bakal mentok apapun jadi jalur masuk-masuk aja. coba bawa sedan apa lmpv kan masih mikir mentok kaga nih, ada object apa di depan. pake SUV ya giles aja object di depan.
yep di yurop dan jepang jalannya kecil kecil. klo pake truck dijamin susah parkirdan dirajam rame-rame sama pengguna jalan lain. mungkin juga penduduk lebih civilized jd gak main arogan arogan polisi polisian di jalan.
kalo mau gegayaan ngapa pake SUV susah beli aja sedan limo gede disupirin. di japan pop culture kan mercedes E-class / S-class malah identik sama boss mafia. sering kalo nonton anime karakter boss mafia pasti pake W140![]()
kalau di ane mobil sebagong fortuner/pajero malah nyusahin krn jalanan di kota banyak gang sempit.makanya dari dulu gak pernah beli pake CRV aja dah susah di sini ujungnya jadi weekend car aja buat jalan sama serumah.
problemnya nambah ga cuma ugal ugalan atau polisi polisian, tapi kalo parkir ya tuhan ribetnya kaga masuk-masuk. biasa apalagi cewek yang bawa badannya kecil gitu liatnya kasianbelom misal musim libur orang luar kota gak hapal jalan dia maksa puter balik di gang sempit udah kepalang bt liatnya bawa pajero mau muter di gang yang 2 mobil aja udah sesek.
masalahnya di sini banyak ciwi ciwi atau ibu-ibu dibawain fortuner sama bokap atau suaminya dengan alasan keamanan biar gak diganggu orangcuma ya gitu dia gak diganggu malah dia yang ngeganggu, ngerepotin se RT kalo parkir saking postur tubuh ga mendukung buat bawa mobil sebagong itu.
Beda cerita kalau tinggal di daerah yg rada pinggiran. Beli pickup sama seperti beli Kijang di Indo.
Kalau gak salah orang di US banyak yang suka towing. Entah towing trailer, motorboat, dll.
Gak heran pickup jadi Kijangnya orang US.
Kalau buka web Ford US & UK pasti beda mobil jagoannya. Ford US nonjolin Ford F series. Kalau Ford UK nampilin mobil yang lebih kecil.
Untungnya di US road segede gaban. Mendukung punya mobil segede transformer.
Kalau di europe banyak old town. Jalan banyak yg kecil.
Kalau di Indo rada anomali.
Jalanan kecil. Banyak jalan pas 2 mobil. Kalau ada yg parkir di jalan otomatis jadi sisa 1 jalur. Di kabupaten masih banyak jalan yang hanya muat 1 mobil.
Tapi orang indo kalau ditanya pengen punya mobil apa pasti kebanyakan jawabnya Alphard, Innova, CRV, Fortuner & Pajero Sport.
Kalau gak kebeli yah beli lmpv seperti avanza/Xenia, xpander.
Btw, saya dengar Toyota Land Cruiser terbaru inden panjang. Barang susah.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 262
- Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
- Location: Jakarta
Re: Duo ladder laris: necessity or pride?
mslhnya di indonesia, mindset kebanyakan orang mengenai mobil diesel = bisa minum biosolar. dan biosolar termasuk BBM yg bersubsidi. klo misal biosolar dijual tanpa pake subsidi, mngkin bru mindset orang2 indo mengenai mobil diesel bisa berubah. salah satu alasan orang indonesia beli mobil diesel adalah karena biaya BBMnya murah. dan ini kebawa smpe era mobil diesel common rail saat ini..peterming77 wrote: Sat Jan 28, 2023 2:13 Kalo mau ngejar irit perawatan murah di Eropa sana masih ada opsi mesin disel di mobil2 monokok, disini terakhir opsi disel monokok cuma Spin sama Ertiga, setelah itu udah ga ada lagi. Jadi ya kalo mau gendong genset cuma ada di mobil truk semua![]()
saya jga bgtu om, sayang aja mobil diesel modern diisi biosolar. saya ngerasain sndiri klo pake dex emg jauh lebih enak dibanding pake biosolar. suara mesin lbh halus & tenaganya jga lbh keluar (kondisi mobil bener2 standar tanpa remap ato modif aneh2). bayangan saya, klo sekelas 2KD yg dirawat dgn baik aja bisa seenak ini apalagi klo diesel monokok ya heheheChZ wrote: Sat Jan 28, 2023 8:15 se benernya ada sebagian orang yang beranggapan (mainly OKL alias orang mampu beneran) kalo mobil fortuner baru itu ya ngisinya harus dex loh. misal bokap ane dulu jg masih beranggapan kalo innova baru / fortuner baru itu ya isi dex. soalnya mikir kalo isi solar itu ya mobil L300 dy di kantor yg bener aje SUV 600 juta isinya kayak L300![]()
kemaren waktu dex mahal-mahalnya bokap bilang "susah ya sekarang punya mobil solar, bbm nya mahal" pdhl 80% yang pake fortuner baru pasti isinya solargw bilang gitu dia rada surprised juga "lah masa beli fortuner isi solar? kalo papa sih ga tega ya". buat dy mobil operasional itu ya LMPV makanya beli Xpander yang bisa pertalit harga murah dan perawatan mudah. beli biervi buat nyokap ya karena tujuannya ops serba murah.
maka nya di mata orang-orang begini, beli mobil gasoline jadi masuk akal dan murah. krn ngga mikir mau diisi solar. apalagi udahlah bbmnya mahal naikan macem truk ya klo beli mobil mahal maunya yang enak, jatohnya crossover macem CRV.

cuma balik lg, emg harga dex gk bisa dibilang murah ya (per januari 2023 harganya skitar 16rb an). tapi mnurut saya sebanding lah sama performa yg dihasilkan. klo udh mampu beli mobilnya, brarti jga kudu mampu merawatnya dgn benar.
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]
2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]
2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 769
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Duo ladder laris: necessity or pride?
Orang orang indonesia (di kota besar) tipikalnya, buang duit buat makan makan 1 juta / hari tidak masalah. Sedangkan buat ganti oli aja kalau bisa dilamain 1 tahun mundurnya. Tapi buat orang tua berumur yang punya 1 di garasi nya, mungkin main reason nya trauma dengan banjir di jakarta.
Tapi kalau buat umur dibawah 50 tahun udah pasti main reasonnya antara buat gengsi atau ngejar irit. Tapi ya rata2 orang kaya yang punya mobil mewah / minim alphard, saya rasa si daily carnya udah pasti paling minim harga 500, dan di rentan harga segini ya duo itu udah paling masuk kriteria. cx5 kesannya feminim, lagian barangnya ghoib. crv overpriced, mending langsung main mobilis ke ioniq. Tapi biasa bmw / mercy second jadi alternatif seh. Balik lagi ke testeterone meter yang bawa mobilnya

Tapi kalau buat umur dibawah 50 tahun udah pasti main reasonnya antara buat gengsi atau ngejar irit. Tapi ya rata2 orang kaya yang punya mobil mewah / minim alphard, saya rasa si daily carnya udah pasti paling minim harga 500, dan di rentan harga segini ya duo itu udah paling masuk kriteria. cx5 kesannya feminim, lagian barangnya ghoib. crv overpriced, mending langsung main mobilis ke ioniq. Tapi biasa bmw / mercy second jadi alternatif seh. Balik lagi ke testeterone meter yang bawa mobilnya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Duo ladder laris: necessity or pride?
kalau dari necessity or pride. Orang Indo pasti keduanya, kalau bisa kenapa ngga. karena mendingan ada daripada ga ada.
mendingan ada tampilan dengan mobil daripada ga ada, mendingan bisa nerobos banjir dengan mobil daripada ga ada. apalagi ada mobil kaya gini. oh tentu saja biarpun antre biosolara bisa ngebut pula.
padahal normalnya saja, jelas lebih enak naik CRV atau xtrail karen monokok dengan semi independent rear suspension.
pada intinya resep duo gerobak sayur ngebul ini sangat pas, tidak ada kekurangan.
mendingan ada tampilan dengan mobil daripada ga ada, mendingan bisa nerobos banjir dengan mobil daripada ga ada. apalagi ada mobil kaya gini. oh tentu saja biarpun antre biosolara bisa ngebut pula.
padahal normalnya saja, jelas lebih enak naik CRV atau xtrail karen monokok dengan semi independent rear suspension.
pada intinya resep duo gerobak sayur ngebul ini sangat pas, tidak ada kekurangan.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 50
- Joined: Mon May 01, 2017 17:06
Re: Duo ladder laris: necessity or pride?
Makannya om, buat ane sebenernya ini duo badak ladderframe hampir sempurna banget di Indob0ku wrote: Sat Jan 28, 2023 11:34bener2x gak sayang ngehajarnya dulu saya pake CRV GEN2 nemu banjir dikit aja lsg muter balikScalettalv wrote: Sat Jan 28, 2023 11:00 Pake SUV ladderframe buat di abuse dongtapi abuse jalanan ya soalnya isi ttp dex
Kalo visit customer daerah cikarang MM2100 atau delta gitu tengah2 jalan gede bagus suka tiba2 ada sepenggal jalan ancur udh kyk abis dibom rudal russia. pernah ikut pake xpander sales kasian bener ini mobil lewatinnya, harus rem dalem pelan2 belok2in setir biar ga nyangkut. besoknya visit sana lagi pake anf sikat aja tu jalan pake rem tipis2. ga yakin kalo punya suv monocoque bisa seenak pake duo gajah ladderframe lewatinnya![]()
Belom kemaren arah tol tangerang sempet banjir. pake ladderframe masih bisa ambil jalur tengah. monocoque dll cuma ngendon ngantri di kanan bareng hatchback.
Kapasitasnya juga banyak. kmrn supir2 gudang libur tapi butuh kirim barang, lamgsung angkut si gajah lipet jok bawa ratusan kilo pompa masih enak2 aja ngebutnya![]()
Kalo ane liat duo ladderframe gajah ini malah sebagai mobil perang. dulu waktu harga dex masih masuk akal jadi daily beater kemana2 sampe kilometer gondrong. sekarang aja gara2 kmrn dex sempet 19k jarang dipakekeknya gak rela banget di suruh berenang tuh mobil sekarang pake pajero kalo ada genangan keknya asek bet dah berasa sakti
![]()
emang buat harian mobil perang cocok banget![]()
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Entah kenapa ane bawa ini mobil ke gang sempit kyk di jelambar, gang belakang kota juga masih pede karena udh biasa
2.0 B48 I4 G20
2.4 2GD-FTV AN150
2.5 2AR-FE I4 AH30
2.4 2GD-FTV AN150
2.5 2AR-FE I4 AH30
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: Mon Nov 01, 2021 4:47
- Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S
Re: Duo ladder laris: necessity or pride?
Bener sih memang.ChZ wrote: Fri Jan 27, 2023 10:10 Sebenarnya orang indo doyan SUV itu sudah dari dulu. Jadi pertanyaan ini jawabannya dua duanya.
Bedanya dulu Daihatsu Taft dan FJ40. Sekarang pajero dan fortuner. SUV segimanapun tidak nyaman selalu dipersepsikan dengan masculinity dan tough-ness. Mobil yang "laki banget".
Dari sisi fungsional ya jelas... Di pikiran sebagian besar orang indo, jalan indo tuh isinya lobang jerawat dan ancaman banjir meski sebenernya tinggal di kota besar dan daerah tidak rawan banjir. Tapi ya prinsip better safe than sorry selalu berlaku buat orang indo. Kalo bisa punya mobil buat dipake berenang, kenapa menghindari banjir?
Dari sisi pride... Hmmm... Mari kita lihat kendaraan kendaraan demikian itu yang pake siapa aja sih? Polisi, tentara, paspampres, dll. Mau kita denial spt apapun tetep alam bawah sadar kita ingin meniru yang dilakukan oleh orang yang punya kuasa tsb. Suatu permainan make-believe yang dimainkan otak kita. Kalau gak percaya coba aja do little research kalau lihat di jalan fortuner paling laris itu warna hitam (mirip kendaraan paspampres). Fortuner putih itu tidak favorit karena less menacing dan tidak kesan dominan.
Apakah yang ginian cuma di indo? Jelas tidak. Di amrik kan kendaraan terlaris ya SUV. Jumbo SUV malah macem escalade atau gmc yukon. Dan ngaruh juga, orang amrik suka banget SUV gede karena mirip escort car presiden. Makanya sy berani bilang ini emang faktor psikologi bukan sekedar stereotype.
Irisannya sama kok dengan kenapa anak SMA pakai fortuner kebul kebul cumi ugal di jalan. Ah apalagi anak remaja SMA, hormonnya masih labil. Blom bisa menang lawan game "make-believe" nya sendiri.
Yang nyetir SUV dan waras berarti selamat anda sudah cukup dewasa untuk bawa sebuah SUV, ngga krisis maskulinitas, ga krisis pengakuan, memang beli untuk functional aja.
Terkahir saya bawa VRZ punya om pinjem buat bawa keliling2 komplek dan bawa ke Jakarta, vibesnya beda. Masuk bunderan orang pd ngerem duluan, ngesein ganti jalur orang pd selow dsb. maklum biasa bawa mobil wagu ekosprot.
Tp kemaren selama pake ga brani gaspol ngetes topspeed blabla, entah kenapa g brani aja itu setir di tol kerasa goyang dan memang kerasa bgt limbungnya. Sepanjang tol CCTW-Kukisan manteng aja 100km/h agak terbang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Duo ladder laris: necessity or pride?
karena duo ladder frame bsa isi solar subsidi, coba dilarang market share berubah
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 316
- Joined: Fri Aug 17, 2007 9:03
Re: Duo ladder laris: necessity or pride?
Saya jg pake anf 2gd , kok ga pernah merasa ada gengsinya ya
wong mobilnya aja tiap 3 menit ketemu yang sama dijalan.
Alesan orang bilang overkill mobil segede ini buat apa di dalam kota , dll dll , ya kan kebutuhan orang beda2
1. saya tinggal di jakarta utara yang hobi banjir itu , jadi mobil dengan gc lebih tinggi bener2 peace of mind,
2. lubang hajar, kebetulan saya juga suka road trip, ini mobil yang bener2 bikin saya enjoy banget buat road trip, dulu road trip pake mobil kecil2 mulu (honda jazz), itu kalo hajar lobang bunyinya duaaarrrr itu sakitnya sampe ke ulu ati dengernya. Pake ini saya hajar aj semua jalan.
3. Mobil yang anti aging , ya perasaan saya naik yang baru sama yang ud 100k ga beda jauh, ya kalo diesel baru pasti lebih halus, tapi rattle, lalu bunyi kaki2, sama sekali ga ada.
4. Kelemahannya mobil ini memang ga nyaman, nyetirnya juga ga fun to drive , tapi yaa ketutup lah sama operational cost murah krn bisa solbus. Kalo ada yang bingung kenapa ada org naik fortuner/pajero ngisinya solbus. Saya juga bingung si orang beli fortuner/pajero yang notabene mobil truk lalu isi dex kenapa ga sekalian beli aj suv monokok yang lebih superior.
5. Kelemahan yang terakhir , bosenin dan flat ciri khasnya toyota, kayak mobilnya ga ada masalah, tapi nyetirnya itu ga ad feel yang bisa bikin seneng buat nyetir, hahahhahaha

Alesan orang bilang overkill mobil segede ini buat apa di dalam kota , dll dll , ya kan kebutuhan orang beda2
1. saya tinggal di jakarta utara yang hobi banjir itu , jadi mobil dengan gc lebih tinggi bener2 peace of mind,
2. lubang hajar, kebetulan saya juga suka road trip, ini mobil yang bener2 bikin saya enjoy banget buat road trip, dulu road trip pake mobil kecil2 mulu (honda jazz), itu kalo hajar lobang bunyinya duaaarrrr itu sakitnya sampe ke ulu ati dengernya. Pake ini saya hajar aj semua jalan.
3. Mobil yang anti aging , ya perasaan saya naik yang baru sama yang ud 100k ga beda jauh, ya kalo diesel baru pasti lebih halus, tapi rattle, lalu bunyi kaki2, sama sekali ga ada.
4. Kelemahannya mobil ini memang ga nyaman, nyetirnya juga ga fun to drive , tapi yaa ketutup lah sama operational cost murah krn bisa solbus. Kalo ada yang bingung kenapa ada org naik fortuner/pajero ngisinya solbus. Saya juga bingung si orang beli fortuner/pajero yang notabene mobil truk lalu isi dex kenapa ga sekalian beli aj suv monokok yang lebih superior.
5. Kelemahan yang terakhir , bosenin dan flat ciri khasnya toyota, kayak mobilnya ga ada masalah, tapi nyetirnya itu ga ad feel yang bisa bikin seneng buat nyetir, hahahhahaha
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12526
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Duo ladder laris: necessity or pride?
Gak ada feelB 0 YZ wrote: Sun Jan 29, 2023 0:42 Saya jg pake anf 2gd , kok ga pernah merasa ada gengsinya yawong mobilnya aja tiap 3 menit ketemu yang sama dijalan.
Alesan orang bilang overkill mobil segede ini buat apa di dalam kota , dll dll , ya kan kebutuhan orang beda2
1. saya tinggal di jakarta utara yang hobi banjir itu , jadi mobil dengan gc lebih tinggi bener2 peace of mind,
2. lubang hajar, kebetulan saya juga suka road trip, ini mobil yang bener2 bikin saya enjoy banget buat road trip, dulu road trip pake mobil kecil2 mulu (honda jazz), itu kalo hajar lobang bunyinya duaaarrrr itu sakitnya sampe ke ulu ati dengernya. Pake ini saya hajar aj semua jalan.
3. Mobil yang anti aging , ya perasaan saya naik yang baru sama yang ud 100k ga beda jauh, ya kalo diesel baru pasti lebih halus, tapi rattle, lalu bunyi kaki2, sama sekali ga ada.
4. Kelemahannya mobil ini memang ga nyaman, nyetirnya juga ga fun to drive , tapi yaa ketutup lah sama operational cost murah krn bisa solbus. Kalo ada yang bingung kenapa ada org naik fortuner/pajero ngisinya solbus. Saya juga bingung si orang beli fortuner/pajero yang notabene mobil truk lalu isi dex kenapa ga sekalian beli aj suv monokok yang lebih superior.
5. Kelemahan yang terakhir , bosenin dan flat ciri khasnya toyota, kayak mobilnya ga ada masalah, tapi nyetirnya itu ga ad feel yang bisa bikin seneng buat nyetir, hahahhahaha
Tapi peace of mind
Ya gmn dong

Ujung2nya kita kerja nyari duit kan juga for peace of mind bayar ini itu.
Pensiun... peace of mind juga
Setidaknya klo pk ladder frame, gak diperbudak mobil, regardless biosol atau pertadek yaa

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1432
- Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: Duo ladder laris: necessity or pride?
Mobil "Multi-purpose" 3 baris memang akan selalu laris, dan kebetulan duo ladder ini dianggap kasta tertinggi dalam kendaraan "multi purpose". Oh ya masih ada alphard sih tp lebih umum di kota besar + pulau jawa&bali. Demikian.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Duo ladder laris: necessity or pride?
Ladder frame itu kaki2xnya kuat nya edan...
1. Pemakain sama 10 thn Innova kaki2x belum rusak.
Mobilio, livina, pada letoy semua.
2. Kalau ada lubang cukup besar, innova lebih nyaman.
3. Tanjakan penggerak roda belakang tidak kehilangan traksi
4. Solar murah meriah, injector tetap kuat
5. Gak takut genangan air tinggi
6. Jual lagi cepat dan harga lumayan tinggi
7. Spare part relatif murah dan bandel
8. Bengkel pinggir jalan bisa memperbaiki
Kalau ada lagi yang jualan mobil seperti diatas akan laku juga
1. Pemakain sama 10 thn Innova kaki2x belum rusak.
Mobilio, livina, pada letoy semua.
2. Kalau ada lubang cukup besar, innova lebih nyaman.
3. Tanjakan penggerak roda belakang tidak kehilangan traksi
4. Solar murah meriah, injector tetap kuat
5. Gak takut genangan air tinggi
6. Jual lagi cepat dan harga lumayan tinggi
7. Spare part relatif murah dan bandel
8. Bengkel pinggir jalan bisa memperbaiki
Kalau ada lagi yang jualan mobil seperti diatas akan laku juga
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Duo ladder laris: necessity or pride?
Pake mini truck duo gajah yah memang utk kita jadikan budak, basicnya kan double cab, habitat aslinya buat di medan berat & jalan rusak, jd sgt cocok buat di ajak susah2an dgn part2 yg heavy-duty baik mesin, transmisi, gardan & kaki2.
Ane pake gajah merek T sdh masuk 13 taon beli dr baru bener2 gak pernah nyusahin, KM sdh mau 160 ribu tempuh segala medan dgn peace of mind. Running cost murah, part2 original murmer, part aftermarket heavy-duty berlimpah, bengkel umum dimana2 bisa maintenance, mau up-grade ini-itu gampang.
Di KM segitu baru aja ganti shockbreaker (1 sdh mati, 3 sdh lemah) & engine mounting, wajar dr baru bawaan pabrik blom pernah ganti sama sekali. Enaknya part aftermarketnya jg banyak yg lebih heavy-duty lg dr bawaan pabriknya.
Kemarin ganti shock ironman 4x4 dgn body shock & batang sturt yg lebih besar & tebal dr bawaannya, jd makin pede hajar jalanan rusak gak pakai mikir & gak pakai kasihan sama sekali. Sisa kaki2 masih bawaan pabrik blom ada yg diganti. Org spooring bilang yg gen 1 ini di KM 200 ribuan lah baru mulai minta ganti, gen yg barunya KM 70 ribu sdh minta ganti ini-itu kaki2nya.
Kl CNG sdh dimana2 sih boleh juga modif CNG + Dex biar running cost tetap murmer dgn tetap terus bisa buat di siksa. Buat ane gajah merek T ini (khususnya yg gen 1) adalah versi pahenya land cruiser, mau dipake 15 taon lg jg yakin msh jalan dia krn dibuat terlalu badak di jamannya hahahah
Pride? Dgn apa yg sdh ane jalanin selama 13 taon dgn gajah T ane ini yah ane pride dgn ketangguhan gajah ini krn ane belum pernah pake mobil selama ini seumur hidup ane... wajar sih basic mobil heavy-duty off road & buat tambang dipakai buat on road jalan rusak tipis2 yah umur pakainya bs 2-3 kali lipat.
Ane pake gajah merek T sdh masuk 13 taon beli dr baru bener2 gak pernah nyusahin, KM sdh mau 160 ribu tempuh segala medan dgn peace of mind. Running cost murah, part2 original murmer, part aftermarket heavy-duty berlimpah, bengkel umum dimana2 bisa maintenance, mau up-grade ini-itu gampang.
Di KM segitu baru aja ganti shockbreaker (1 sdh mati, 3 sdh lemah) & engine mounting, wajar dr baru bawaan pabrik blom pernah ganti sama sekali. Enaknya part aftermarketnya jg banyak yg lebih heavy-duty lg dr bawaan pabriknya.
Kemarin ganti shock ironman 4x4 dgn body shock & batang sturt yg lebih besar & tebal dr bawaannya, jd makin pede hajar jalanan rusak gak pakai mikir & gak pakai kasihan sama sekali. Sisa kaki2 masih bawaan pabrik blom ada yg diganti. Org spooring bilang yg gen 1 ini di KM 200 ribuan lah baru mulai minta ganti, gen yg barunya KM 70 ribu sdh minta ganti ini-itu kaki2nya.
Kl CNG sdh dimana2 sih boleh juga modif CNG + Dex biar running cost tetap murmer dgn tetap terus bisa buat di siksa. Buat ane gajah merek T ini (khususnya yg gen 1) adalah versi pahenya land cruiser, mau dipake 15 taon lg jg yakin msh jalan dia krn dibuat terlalu badak di jamannya hahahah
Pride? Dgn apa yg sdh ane jalanin selama 13 taon dgn gajah T ane ini yah ane pride dgn ketangguhan gajah ini krn ane belum pernah pake mobil selama ini seumur hidup ane... wajar sih basic mobil heavy-duty off road & buat tambang dipakai buat on road jalan rusak tipis2 yah umur pakainya bs 2-3 kali lipat.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 186
- Joined: Sun Mar 06, 2016 8:59
Re: Duo ladder laris: necessity or pride?
Lagi pake anps, kayaknya ga ada pride2nya ini mobil.
Dimana2 ketemu, rasa bawa nya juga ga lebih enak dibanding mobil2 ane sebelumnya. Beli karena penasaran ga pernah punya forty atau pajero sebelumnya. Nyesel? Iya, tapi ya sudah terlanjur, tinggal dinikmati saja. Yang penting rasa penasarannya hilang.
Dimana2 ketemu, rasa bawa nya juga ga lebih enak dibanding mobil2 ane sebelumnya. Beli karena penasaran ga pernah punya forty atau pajero sebelumnya. Nyesel? Iya, tapi ya sudah terlanjur, tinggal dinikmati saja. Yang penting rasa penasarannya hilang.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Duo ladder laris: necessity or pride?
makanya enak pke mobil kecil di kota ya ituChZ wrote: Sat Jan 28, 2023 2:54
kalau di ane mobil sebagong fortuner/pajero malah nyusahin krn jalanan di kota banyak gang sempit.makanya dari dulu gak pernah beli pake CRV aja dah susah di sini ujungnya jadi weekend car aja buat jalan sama serumah.
problemnya nambah ga cuma ugal ugalan atau polisi polisian, tapi kalo parkir ya tuhan ribetnya kaga masuk-masuk.
mau kemana/ parkir dimana kita gausa mikir, asal ada ruang cukup ya selipin
mau putbal jg gausa khawatir takut gamuat

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Duo ladder laris: necessity or pride?
ini selling point utamaScalettalv wrote: Sat Jan 28, 2023 11:00
Kalo visit customer daerah cikarang MM2100 atau delta gitu tengah2 jalan gede bagus suka tiba2 ada sepenggal jalan ancur udh kyk abis dibom rudal russia. pernah ikut pake xpander sales kasian bener ini mobil lewatinnya, harus rem dalem pelan2 belok2in setir biar ga nyangkut. besoknya visit sana lagi pake anf sikat aja tu jalan pake rem tipis2. ga yakin kalo punya suv monocoque bisa seenak pake duo gajah ladderframe lewatinnya![]()
hajar lobang tanpa pusing
nyokap dirumah klo pke portuner, itu rem kg dipake. mau poldur mau lobang semua dihajar
kadang oe sampe ngeri ndiri klo liat nyokap begitu
cuma yah ud 3 taun begitu, mobilnya skrg baru gnti tierod doang
no rattle, no gluduk". like new
ini mayan bikin sakit batin & dompetKalo ane liat duo ladderframe gajah ini malah sebagai mobil perang. dulu waktu harga dex masih masuk akal jadi daily beater kemana2 sampe kilometer gondrong. sekarang aja gara2 kmrn dex sempet 19k jarang dipake
biasa pke mobil kecil pertamax isi 300k mau full
isi dex 300k cuma geli" doang, jarum naek jg dikitttt

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Duo ladder laris: necessity or pride?
makanya oe kadang suka heran, koq ada yg bisa geber topspeed gitu sampe 180-190peterming77 wrote: Sat Jan 28, 2023 2:13Kalo saya kerasanya jadi penumpang Fortuner: pusing, soalnya bodi goyang2 di jalan tol, padahal lari cuma 100.darrelund wrote: Fri Jan 27, 2023 16:37
cuma klo ud biasa bawa monokok jgn heran dibawa ngebut malah bikin ngeri ndiri, stir floaty bgt![]()
padahal stir lari" ngawang gitu
oe bawa 120-140 aj ud kringet dingin ndiri
sangat tidak meng induce confidence

mungkin nyali oe aja kli yah yg kurang

-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Duo ladder laris: necessity or pride?
Iya. Sdikit banyak tampilan tinggi, ban besar, itu mempengaruhi pengendara lain buat jangan deket deket. Makanya kesan arogan SUV itu makin kental.bensindanoli wrote: Sat Jan 28, 2023 15:45
Bener sih memang.
Terkahir saya bawa VRZ punya om pinjem buat bawa keliling2 komplek dan bawa ke Jakarta, vibesnya beda. Masuk bunderan orang pd ngerem duluan, ngesein ganti jalur orang pd selow dsb. maklum biasa bawa mobil wagu ekosprot.
Tp kemaren selama pake ga brani gaspol ngetes topspeed blabla, entah kenapa g brani aja itu setir di tol kerasa goyang dan memang kerasa bgt limbungnya. Sepanjang tol CCTW-Kukisan manteng aja 100km/h agak terbang
Gawsah fortuner, bawa taft GT ban gede aja pada minggir, saking gak rombongan jd gak dianggep arogan.
Uda gitu efeknya karena semua orang kesannya ngasih jalan, ya srodok kanan kiri aja langsung. Makin paripurna kesan arogannya.
Beda kalo saya bawa mobil kecil apalagi sehari hari pake hatchback duduknya rendah keliatan semua, motor rasanya mau mepet melulu bawaannya

Terahir punya diesel itu santafe 2013, jujur kesan murah piara diesel hanyalah mitos....lexnic wrote: Sat Jan 28, 2023 12:49
saya jga bgtu om, sayang aja mobil diesel modern diisi biosolar. saya ngerasain sndiri klo pake dex emg jauh lebih enak dibanding pake biosolar. suara mesin lbh halus & tenaganya jga lbh keluar (kondisi mobil bener2 standar tanpa remap ato modif aneh2). bayangan saya, klo sekelas 2KD yg dirawat dgn baik aja bisa seenak ini apalagi klo diesel monokok ya hehehe.
cuma balik lg, emg harga dex gk bisa dibilang murah ya (per januari 2023 harganya skitar 16rb an). tapi mnurut saya sebanding lah sama performa yg dihasilkan. klo udh mampu beli mobilnya, brarti jga kudu mampu merawatnya dgn benar.

Pdhl mikir beli diesel wah enak nih irit torsi besar ternyata tidaaaak kalo pake dex dalem ngisinya belum spare parts nya jauh lbh mahal dari mobil2 lain yang ane punya

Zaman beberapa bulan lalu waktu bbm mahal mahalnya sempat 2x papasan sama santafe TM yang sama di spbu yang sama, sekali ngisi 1.5juta. hebat lah orang2 ini tetep konsisten bayarin dex

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7