Engine surging ya bahasa lainnya saja mesin/tarikan nyentak...
Kalau cek lain lain di BeRes Sudah Oom, infonya Busi dan lain lain tidak ada trouble....
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Engine surging ya bahasa lainnya saja mesin/tarikan nyentak...
Ya sudah cek juga lainnya oom, infonya dari BeRes normal semua,josomba wrote: Wed Jan 04, 2023 4:03Ini engine surging, udah dicek yg lain2nya nda om?dendeect wrote: Wed Jan 04, 2023 3:08 Beberapa hari ini, mobil Nissan Livina 2019 saya sering nyentak RPM nya, Kronologi sbb :
1. Service rutin 130rb km ( Sep'22 ) ganti olie matic sesuai saran BeRes ( Olie standard )
2. 22 Des service rutin 140rb km
3. Kamis 29Dec mobil terasa mulai nyentak RPM nya...tiba tiba tarikan jeduk jeduk saat jalan..RPM naik ke 4 / 5.
4. saran BeRes ganti olie matic, saya ikuti ganti olie matic. dan memang tarikan sempat normal kembali.
5. Hari ini tarikan terasa nyentak nyentak lagi, jalan normal speed 40km/h, RPM nyentak ke 4 dan 5, serasa matic selip.
Mohon saran masukan dari suhu sekalian yang pernah alami hal serupa
Terima Kasih yg berkenan mampir kasih masukan.
Misalkan busi n injector.
Kalau boleh tahu busi bawaannya jenis apa (iridium atau bukan) dan terakhir ganti di KM berapa, om?dendeect wrote: Wed Jan 04, 2023 4:20 Ya sudah cek juga lainnya oom, infonya dari BeRes normal semua,
ya Engine surging bahasa ingglisnya Mesin / tarikan Nyentak
hoo panjang juga yaa sampai 70rb kmdendeect wrote: Wed Jan 04, 2023 4:08Pernah ganti olie matic di KM70rb waktu itu, sesuai saran BeRes nya...Suryaputra wrote: Wed Jan 04, 2023 3:30Bukan suhu, dan masih nubie sama2 belajar.dendeect wrote: Wed Jan 04, 2023 3:08 Beberapa hari ini, mobil Nissan Livina 2019 saya sering nyentak RPM nya, Kronologi sbb :
1. Service rutin 130rb km ( Sep'22 ) ganti olie matic sesuai saran BeRes ( Olie standard )
2. 22 Des service rutin 140rb km
3. Kamis 29Dec mobil terasa mulai nyentak RPM nya...tiba tiba tarikan jeduk jeduk saat jalan..RPM naik ke 4 / 5.
4. saran BeRes ganti olie matic, saya ikuti ganti olie matic. dan memang tarikan sempat normal kembali.
5. Hari ini tarikan terasa nyentak nyentak lagi, jalan normal speed 40km/h, RPM nyentak ke 4 dan 5, serasa matic selip.
Mohon saran masukan dari suhu sekalian yang pernah alami hal serupa
Terima Kasih yg berkenan mampir kasih masukan.![]()
Sebelumnya udh pernah ganti oli matic nya?
Dari 0 - 130rb KM itu
Karena klo blm pernah ganti atf, itu pasti kotorr mbah, dan sampai nyentak.. perlu dicek:
- valve body
- AT selenoid
- filter matic nya udh pasti kudu ganti, klo gak pernah ganti atf
- multi plate clutch set
- ya pemeriksaan ideal nya, menyeluruh, bongkar girboks lah![]()
Aduhhhh banyak banget poin cek nya...bisa jebolll dompetttt
Hmm kalau ini, harus cek buku service nya dahulu, tempo hari saya ingat sudah pernah ganti busi, ya standard sesuai saran BeRes Nissan nya....
Coba ceklist murahnya ini saya konsulkan ke temen bengkel specialist Nissan yg ada di Malang, bukan BeRes ( bengkel resmi ) sapa tahu bisa jadi solusi, termasuk ganti filter olie matic nya....Suryaputra wrote: Wed Jan 04, 2023 6:20hoo panjang juga yaa sampai 70rb kmdendeect wrote: Wed Jan 04, 2023 4:08Pernah ganti olie matic di KM70rb waktu itu, sesuai saran BeRes nya...Suryaputra wrote: Wed Jan 04, 2023 3:30
Bukan suhu, dan masih nubie sama2 belajar.![]()
Sebelumnya udh pernah ganti oli matic nya?
Dari 0 - 130rb KM itu
Karena klo blm pernah ganti atf, itu pasti kotorr mbah, dan sampai nyentak.. perlu dicek:
- valve body
- AT selenoid
- filter matic nya udh pasti kudu ganti, klo gak pernah ganti atf
- multi plate clutch set
- ya pemeriksaan ideal nya, menyeluruh, bongkar girboks lah![]()
Aduhhhh banyak banget poin cek nya...bisa jebolll dompetttt
idealnya max di interval 40rb km / 2 tahun sekali.
Ok coba ceklist yg paling murah,
- Buang ATF lama dan Buka ATF pan
- Ganti filter matic nya
- Apply seal ATF pan baru
- Isi ATF baru nya
- dan Fine tuning ATF level nya: isi sampai kondisi full sesuai dipstick dalam kondisi mesin Cold dan Hot
iya mbahdendeect wrote: Wed Jan 04, 2023 7:51Coba ceklist murahnya ini saya konsulkan ke temen bengkel specialist Nissan yg ada di Malang, bukan BeRes ( bengkel resmi ) sapa tahu bisa jadi solusi, termasuk ganti filter olie matic nya....Suryaputra wrote: Wed Jan 04, 2023 6:20hoo panjang juga yaa sampai 70rb kmdendeect wrote: Wed Jan 04, 2023 4:08
Pernah ganti olie matic di KM70rb waktu itu, sesuai saran BeRes nya...
Aduhhhh banyak banget poin cek nya...bisa jebolll dompetttt
idealnya max di interval 40rb km / 2 tahun sekali.
Ok coba ceklist yg paling murah,
- Buang ATF lama dan Buka ATF pan
- Ganti filter matic nya
- Apply seal ATF pan baru
- Isi ATF baru nya
- dan Fine tuning ATF level nya: isi sampai kondisi full sesuai dipstick dalam kondisi mesin Cold dan Hot
haturnuwun suhu....
itu angka V100 makin kecil makin bagus ato gmn mbah? ato beda2 kebutuhan tiap transmisi ?Suryaputra wrote: Wed Dec 28, 2022 13:31Rempong jg ya mazda klo mau nyamain encer ATF OEM nya![]()
Klo PDS Mazda ATF FZ ini V100 nya
Yg mendekati V100 nya cuma :
- Ravenol ATF FZ
- Q8 Auto MV
ya tergantung kebutuhan dr masing2 produsen girboks nya mbah12punch wrote: Fri Jan 06, 2023 10:55itu angka V100 makin kecil makin bagus ato gmn mbah? ato beda2 kebutuhan tiap transmisi ?Suryaputra wrote: Wed Dec 28, 2022 13:31Rempong jg ya mazda klo mau nyamain encer ATF OEM nyajosomba wrote: Wed Dec 28, 2022 12:48
Mungkin bisa aja pake WS, tp masih penasaran si palpolin, mbah ..
![]()
![]()
![]()
Klo PDS Mazda ATF FZ ini V100 nya
Yg mendekati V100 nya cuma :
- Ravenol ATF FZ
- Q8 Auto MV
kecil juga ya 5.5, Q8 auto MV di 5.8
jd prefer oli genuine mazda ATF FZ / ganti merk lain ya om ?
ganti merk jatohnya upgrade kualitas ato yg terbaik tetep si oli genuine ?
Boleh coba Q8 CVT EVO om, pengalaman saya cukup tahan panas. Udah beberapa kali customer pake di Almaz jg, untuk V40 saya rasa gak masalah, shell Sl 2100 v100nya berapa ya?TonyMagnifico wrote: Tue Jan 17, 2023 5:20 Permisi suhu2 SM,
Mau tanya mobil saya almaz transmisi cvt. Rencana mau flush oli cvt, ganti pake aftermarket yg lebih bagus. Cuma pas cek kinematic viscosity (40 derajat) oli bawaan (shell) nilainya 26.3.. Pas cari2 yg aftermarket kebanyakan KV nya lebih tinggi Sekitar 32-35an. Kira2 ngaruh ke keawetan cvt nya ga ya klo diganti yg KV nya tinggi? Oh iya problem cvt di almaz itu gampang panas.
Thanks pencerahannya![]()
v100 nya 6.2.. Q8 7.0 ya?sahabatq8 wrote: Tue Jan 17, 2023 6:36Boleh coba Q8 CVT EVO om, pengalaman saya cukup tahan panas. Udah beberapa kali customer pake di Almaz jg, untuk V40 saya rasa gak masalah, shell Sl 2100 v100nya berapa ya?TonyMagnifico wrote: Tue Jan 17, 2023 5:20 Permisi suhu2 SM,
Mau tanya mobil saya almaz transmisi cvt. Rencana mau flush oli cvt, ganti pake aftermarket yg lebih bagus. Cuma pas cek kinematic viscosity (40 derajat) oli bawaan (shell) nilainya 26.3.. Pas cari2 yg aftermarket kebanyakan KV nya lebih tinggi Sekitar 32-35an. Kira2 ngaruh ke keawetan cvt nya ga ya klo diganti yg KV nya tinggi? Oh iya problem cvt di almaz itu gampang panas.
Thanks pencerahannya![]()
Di grup fb sebelah, ada yang pakai repsol MV6 sih positif komennya, lebih enteng jauh di 5AT honda tapiredrover wrote: Tue Jan 17, 2023 6:42 Permisi para master di SM
sudah saatnya ganti oli metik lagi di ANL yg speknya ATF-MA1/ATF-PA (sama dengan Xpander).
Pilihan mengerucut ke Aisin ATF VI dan Repsol MV6.
Keduanya comply ke Dextron 6.
Aisin di spek juga tulis comply ATF-PA.
Nah yg Repsol MV6 meski comply dextron 6 tapi ga ada ditulis comply ATF-PA.
Sebaiknya gimana ya? ambil Repsol dengan harga lebih murah dan Aisin, atau tetep ambil Aisin?
Ada yg pernah nyoba Repsol?
OK sip om, ntar akhir bulan check out yang Repsol aja klo gitu.ariswp wrote: Tue Jan 17, 2023 8:15Di grup fb sebelah, ada yang pakai repsol MV6 sih positif komennya, lebih enteng jauh di 5AT honda tapiredrover wrote: Tue Jan 17, 2023 6:42 Permisi para master di SM
sudah saatnya ganti oli metik lagi di ANL yg speknya ATF-MA1/ATF-PA (sama dengan Xpander).
Pilihan mengerucut ke Aisin ATF VI dan Repsol MV6.
Keduanya comply ke Dextron 6.
Aisin di spek juga tulis comply ATF-PA.
Nah yg Repsol MV6 meski comply dextron 6 tapi ga ada ditulis comply ATF-PA.
Sebaiknya gimana ya? ambil Repsol dengan harga lebih murah dan Aisin, atau tetep ambil Aisin?
Ada yg pernah nyoba Repsol?
Sebelumnya doi pakai aisin afw+
Flushing tergantung kondisi ATF nya omredrover wrote: Wed Jan 18, 2023 5:44OK sip om, ntar akhir bulan check out yang Repsol aja klo gitu.ariswp wrote: Tue Jan 17, 2023 8:15Di grup fb sebelah, ada yang pakai repsol MV6 sih positif komennya, lebih enteng jauh di 5AT honda tapiredrover wrote: Tue Jan 17, 2023 6:42 Permisi para master di SM
sudah saatnya ganti oli metik lagi di ANL yg speknya ATF-MA1/ATF-PA (sama dengan Xpander).
Pilihan mengerucut ke Aisin ATF VI dan Repsol MV6.
Keduanya comply ke Dextron 6.
Aisin di spek juga tulis comply ATF-PA.
Nah yg Repsol MV6 meski comply dextron 6 tapi ga ada ditulis comply ATF-PA.
Sebaiknya gimana ya? ambil Repsol dengan harga lebih murah dan Aisin, atau tetep ambil Aisin?
Ada yg pernah nyoba Repsol?
Sebelumnya doi pakai aisin afw+
Btw, kapasitas oli metik berdasar bukman 4.9 L, untuk flushing perlu berapa liter ya? tanya ke bengkel dijawab cukup sediakan 8 liter, cukup segitu ga ya?
Pakai Honda DW1 is Okferi307 wrote: Mon Jan 23, 2023 10:27 Izin bertanya, suhu2. Mobil Brio saya udah masuk tahun ke-8 (pemakaian akhir Des.2014), tp baru jalan 42.5xx km. Udah pernah ganti oli matic jelang tahun ke-5 (sekitar Juli/Agustus 2020 di 26.[cencored] km, kalo gak salah ingat).
Pertanyaannya:
1. Apakah kondisi pemakaian saya ini normal atau termasuk ekstrim bagi kerja transmisi?
2. Skrg ada rencana mau ganti lg. Apakah kali ini tetap ganti biasa atau sebaiknya dikuras?
3. Kalo pengen pake aftermarket, ada saran yg oke? Terakhir ganti masih pake oli pabrikan DW-1. Sementara ini, kandidat yg terpikirkan adalah Q8 Auto MV, PTT LV-1, sama Aisin AFW+.
Makasih, om. Berarti tetap pake DW-1 Honda aja udah cukup ya? Baca2 ke belakang, banyak yg ganti pake aftermarket sepertinya. Oya, itu ntar diganti biasa aja apa mendingan sekalian dikuras ya, om?Suryaputra wrote: Mon Jan 23, 2023 11:17
Pakai Honda DW1 is Ok
Berikutnya bisa Ganti per 20rb Km atau 2 tahun.
Klo rutin dan satu merekferi307 wrote: Mon Jan 23, 2023 13:20Makasih, om. Berarti tetap pake DW-1 Honda aja udah cukup ya? Baca2 ke belakang, banyak yg ganti pake aftermarket sepertinya. Oya, itu ntar diganti biasa aja apa mendingan sekalian dikuras ya, om?Suryaputra wrote: Mon Jan 23, 2023 11:17
Pakai Honda DW1 is Ok
Berikutnya bisa Ganti per 20rb Km atau 2 tahun.
Kuras pake mesin gak recommended ya, om?Suryaputra wrote: Mon Jan 23, 2023 13:26
Klo rutin dan satu merek
Ganti biasa ajah
Klo cukup lama, sistem drain and refill 2x
Aftermarket klo CVTF
Krn friksi belt baja dan puli lbh rentan![]()
Ya itu pilihan masing2 mbahferi307 wrote: Mon Jan 23, 2023 13:35Kuras pake mesin gak recommended ya, om?Suryaputra wrote: Mon Jan 23, 2023 13:26
Klo rutin dan satu merek
Ganti biasa ajah
Klo cukup lama, sistem drain and refill 2x
Aftermarket klo CVTF
Krn friksi belt baja dan puli lbh rentan![]()
Siap, om. Makasih untuk saran2nya.Suryaputra wrote: Mon Jan 23, 2023 13:55 Ya itu pilihan masing2 mbah
Klo tanpa mesin, resiko lbh kecil dr terkontaminasi/ kecampur dll.
Krn lgs dr botol.
DW1 udah bagus om untuk proteksi dan reliability 5AT hondaferi307 wrote: Mon Jan 23, 2023 13:20Makasih, om. Berarti tetap pake DW-1 Honda aja udah cukup ya? Baca2 ke belakang, banyak yg ganti pake aftermarket sepertinya. Oya, itu ntar diganti biasa aja apa mendingan sekalian dikuras ya, om?Suryaputra wrote: Mon Jan 23, 2023 11:17
Pakai Honda DW1 is Ok
Berikutnya bisa Ganti per 20rb Km atau 2 tahun.