Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
W42d wrote:Halo om turbo, salam kenal. Sebelumya saya sempat post juga di thread oli nanya oli mesin yg cocok. Disini saya mau tny ttg oli matic yg cocok buat honda brio th 2015 sblm cvt. Kalo liad di manual book pake nya honda atf dw. Ada alternatic lain yang lebih bagus n worth to buy sama kisaran harga nya? Kondisi sekarang blm pernah ganti maupun kuras. Umur uda 2.5 tahun dan 27.500 km. Mohon sekalian petunjuk tempat ganti nya. Lokasi saya bogor, tp kl ke jkt juga gpp. Thanks.
Total MVLV ?
Amsoil ATL (Label biru )
Om turbo, mau tanya saran utk oli matic honda crv 2005.
1. Bagusan atf z1 atau aftermarket?
2. aftermarket minta saran merk dan tipenya apa?
3. Apa benar klo V100 : diatas 7 bisa sluggish?
Pilihan aja om, klo mau stick with honda stuff, ambil dw1 aja
V100nya mirip (z1 6.9 vs dw1 6.
Klo aftermarket bisa pakai yg castrol transmax botol emas, atau klo mau berani coba dan yakin maticnya sehat bisa dulu coba yg kelas dexron vi, karena beberapa atf dexron 6 pun backward comply dengan z1 macem maxlife valvoline dll
V100 7cst keatas sluggish? Enggak sih, cuma buat pengalaman saya di 5AT honda berasa lebih enak yg encer 5.9-6cst, lebih enteng, perpindahan lebih sigap dan responsif (meskipun lebih kasar/kasar yg firm bukan jedug), temperatur tinggi lebih stabil dan minim slip juga ternyata
Ini bukan placebo effect sih tp emang terasa di saya bedanya
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
V100 7cst keatas sluggish? Enggak sih, cuma buat pengalaman saya di 5AT honda berasa lebih enak yg encer 5.9-6cst, lebih enteng, perpindahan lebih sigap dan responsif (meskipun lebih kasar/kasar yg firm bukan jedug), temperatur tinggi lebih stabil dan minim slip juga ternyata
Ini bukan placebo effect sih tp emang terasa di saya bedanya
idem
kita orang cobain di agya ama calya metik (jadul 4 sepit teknologi taon 80an) jg ternjata kaya gt impresi nya, lebi sigap dan stabil
Bhizmow wrote: Mon Jan 02, 2023 17:09
Saya baru ngikutin thread ini 10 page ke belakang.
Minta saran utk ganti oli cvt Xtrail t31 (sesuai bukman NS-2).
Histori pergantian, terakhir Nov 2021 kuras melalui kalter -+ 4L.
Kali ini mau flush / kuras total karena pingin upgrade dr oem nissan ns-2
1. Kira2 bengkel (Jkt) mana yang ada jasa flushing menggunakan mesin ?
2. Atau prefer kuras dengan metode buka kalter 2-3x ?? (Ini dalam 1x pergantian ya ? Atau interval km tertentu ?)
3. Referensi oli full synt apa range < 200k ? Baru nemu Aisin CVTF, PTT Automat CVT, Motul Multi CVTF.
Pgn ptt seperti banyak yg diobrolin disini. Tp kok ada statement di dts ptt: “Can use AUTOMAT CVT but less fuel economy benefit.”
Saya pake Nissan Xtrail T32
1. Saya kuras di toda, kalo ga salah disambung dari selang cvt coolernya abis 8 ato 9 liter , kalo T31 kan gak ada coolernya kurang tau bisa pake mesin ato gak. Sebaiknya ditanya aja langsung.
2. Bisa juga, tapi gak lebih dikit juga pakenya. Mirip mirip dan biasanya lebih bagus dijalananin dulu abis kuras pertama baru kuras yang kedua.
3. Saya pake Q8 CVT evo, belom pernah coba yang lain selain bawaan tapi CVT EVO jauh lebih enak. Saya biasa ganti interval 40rb/ 2 tahun (pas pandemi sempet hampir 3 tahun karena mobil agak jarang jalan. Sekarang udah odometer 109xxx so far so good. Kalo di toda kyknya jualnya 205rb, online masih ada yang jual 170rb an
Bhizmow wrote: Mon Jan 02, 2023 17:09
Saya baru ngikutin thread ini 10 page ke belakang.
Minta saran utk ganti oli cvt Xtrail t31 (sesuai bukman NS-2).
Histori pergantian, terakhir Nov 2021 kuras melalui kalter -+ 4L.
Kali ini mau flush / kuras total karena pingin upgrade dr oem nissan ns-2
1. Kira2 bengkel (Jkt) mana yang ada jasa flushing menggunakan mesin ?
2. Atau prefer kuras dengan metode buka kalter 2-3x ?? (Ini dalam 1x pergantian ya ? Atau interval km tertentu ?)
3. Referensi oli full synt apa range < 200k ? Baru nemu Aisin CVTF, PTT Automat CVT, Motul Multi CVTF.
Pgn ptt seperti banyak yg diobrolin disini. Tp kok ada statement di dts ptt: “Can use AUTOMAT CVT but less fuel economy benefit.”
Saya pake Nissan Xtrail T32
1. Saya kuras di toda, kalo ga salah disambung dari selang cvt coolernya abis 8 ato 9 liter , kalo T31 kan gak ada coolernya kurang tau bisa pake mesin ato gak. Sebaiknya ditanya aja langsung.
2. Bisa juga, tapi gak lebih dikit juga pakenya. Mirip mirip dan biasanya lebih bagus dijalananin dulu abis kuras pertama baru kuras yang kedua.
3. Saya pake Q8 CVT evo, belom pernah coba yang lain selain bawaan tapi CVT EVO jauh lebih enak. Saya biasa ganti interval 40rb/ 2 tahun (pas pandemi sempet hampir 3 tahun karena mobil agak jarang jalan. Sekarang udah odometer 109xxx so far so good. Kalo di toda kyknya jualnya 205rb, online masih ada yang jual 170rb an
wowh T32 udh ada cvt coolernya yaa.
awet itu transmisinya.
udh pernah ngukur mbah? klo macet2an bisa sampai max brp derajat C?
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Bhizmow wrote: Mon Jan 02, 2023 17:09
Saya baru ngikutin thread ini 10 page ke belakang.
Minta saran utk ganti oli cvt Xtrail t31 (sesuai bukman NS-2).
Histori pergantian, terakhir Nov 2021 kuras melalui kalter -+ 4L.
Kali ini mau flush / kuras total karena pingin upgrade dr oem nissan ns-2
1. Kira2 bengkel (Jkt) mana yang ada jasa flushing menggunakan mesin ?
2. Atau prefer kuras dengan metode buka kalter 2-3x ?? (Ini dalam 1x pergantian ya ? Atau interval km tertentu ?)
3. Referensi oli full synt apa range < 200k ? Baru nemu Aisin CVTF, PTT Automat CVT, Motul Multi CVTF.
Pgn ptt seperti banyak yg diobrolin disini. Tp kok ada statement di dts ptt: “Can use AUTOMAT CVT but less fuel economy benefit.”
Saya pake Nissan Xtrail T32
1. Saya kuras di toda, kalo ga salah disambung dari selang cvt coolernya abis 8 ato 9 liter , kalo T31 kan gak ada coolernya kurang tau bisa pake mesin ato gak. Sebaiknya ditanya aja langsung.
2. Bisa juga, tapi gak lebih dikit juga pakenya. Mirip mirip dan biasanya lebih bagus dijalananin dulu abis kuras pertama baru kuras yang kedua.
3. Saya pake Q8 CVT evo, belom pernah coba yang lain selain bawaan tapi CVT EVO jauh lebih enak. Saya biasa ganti interval 40rb/ 2 tahun (pas pandemi sempet hampir 3 tahun karena mobil agak jarang jalan. Sekarang udah odometer 109xxx so far so good. Kalo di toda kyknya jualnya 205rb, online masih ada yang jual 170rb an
wowh T32 udh ada cvt coolernya yaa.
awet itu transmisinya.
udh pernah ngukur mbah? klo macet2an bisa sampai max brp derajat C?
Gak awet mbah, kalo servisan beres 80rb aja banyak yang jebol. Ya oli CVTnya dibilang lifetime, 100rb baru schedule ganti. Padahal waktu saya pake, 40rb aja udah .
Makanya kalo beli 2nd better di periksa bener bener record ganti oli cvtnya di kapan wkkwkwk
Saya pake Nissan Xtrail T32
1. Saya kuras di toda, kalo ga salah disambung dari selang cvt coolernya abis 8 ato 9 liter , kalo T31 kan gak ada coolernya kurang tau bisa pake mesin ato gak. Sebaiknya ditanya aja langsung.
2. Bisa juga, tapi gak lebih dikit juga pakenya. Mirip mirip dan biasanya lebih bagus dijalananin dulu abis kuras pertama baru kuras yang kedua.
3. Saya pake Q8 CVT evo, belom pernah coba yang lain selain bawaan tapi CVT EVO jauh lebih enak. Saya biasa ganti interval 40rb/ 2 tahun (pas pandemi sempet hampir 3 tahun karena mobil agak jarang jalan. Sekarang udah odometer 109xxx so far so good. Kalo di toda kyknya jualnya 205rb, online masih ada yang jual 170rb an
wowh T32 udh ada cvt coolernya yaa.
awet itu transmisinya.
udh pernah ngukur mbah? klo macet2an bisa sampai max brp derajat C?
Gak awet mbah, kalo servisan beres 80rb aja banyak yang jebol. Ya oli CVTnya dibilang lifetime, 100rb baru schedule ganti. Padahal waktu saya pake, 40rb aja udah .
Makanya kalo beli 2nd better di periksa bener bener record ganti oli cvtnya di kapan wkkwkwk
Temperatur belom pernah ukur sih
divisi service nya perlu ditraining sm Honda tuh
paling pengalaman nanganin lendir cvt doang
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Bhizmow wrote: Mon Jan 02, 2023 17:09
Saya baru ngikutin thread ini 10 page ke belakang.
Minta saran utk ganti oli cvt Xtrail t31 (sesuai bukman NS-2).
Histori pergantian, terakhir Nov 2021 kuras melalui kalter -+ 4L.
Kali ini mau flush / kuras total karena pingin upgrade dr oem nissan ns-2
1. Kira2 bengkel (Jkt) mana yang ada jasa flushing menggunakan mesin ?
2. Atau prefer kuras dengan metode buka kalter 2-3x ?? (Ini dalam 1x pergantian ya ? Atau interval km tertentu ?)
3. Referensi oli full synt apa range < 200k ? Baru nemu Aisin CVTF, PTT Automat CVT, Motul Multi CVTF.
Pgn ptt seperti banyak yg diobrolin disini. Tp kok ada statement di dts ptt: “Can use AUTOMAT CVT but less fuel economy benefit.”
Saya pake Nissan Xtrail T32
1. Saya kuras di toda, kalo ga salah disambung dari selang cvt coolernya abis 8 ato 9 liter , kalo T31 kan gak ada coolernya kurang tau bisa pake mesin ato gak. Sebaiknya ditanya aja langsung.
2. Bisa juga, tapi gak lebih dikit juga pakenya. Mirip mirip dan biasanya lebih bagus dijalananin dulu abis kuras pertama baru kuras yang kedua.
3. Saya pake Q8 CVT evo, belom pernah coba yang lain selain bawaan tapi CVT EVO jauh lebih enak. Saya biasa ganti interval 40rb/ 2 tahun (pas pandemi sempet hampir 3 tahun karena mobil agak jarang jalan. Sekarang udah odometer 109xxx so far so good. Kalo di toda kyknya jualnya 205rb, online masih ada yang jual 170rb an
1. Iya om, T31 blm ada oil cooler. Uda coba contact Toda dan mereka bisa utk flush. Mungkin weekend ini kesana, cm masih bingung sm brand oli yg mau di pake.
2. Kalo metode manual, berati cukup dengan“kuras - jalanin bentar - kuras - jalanin bentar - kuras”.
Ngga perlu nunggu km tertentu (contoh 100 km) baru kuras lagi?
3. Utk oli cvt ngaruh ngga sih full synt / semi synt / mineral? Kalo di oli mesin saya paham, bahasa marketing nya full synt bs tahan lbh lama dan minim penguapan. Kalo di cvt ?
Wkwkwk. Maaf rewel, maklum pengen sekalian ganti yg mahalan biar berasa responsif. Toh interval nya jg panjang
Bhizmow wrote: Mon Jan 02, 2023 17:09
Saya baru ngikutin thread ini 10 page ke belakang.
Minta saran utk ganti oli cvt Xtrail t31 (sesuai bukman NS-2).
Histori pergantian, terakhir Nov 2021 kuras melalui kalter -+ 4L.
Kali ini mau flush / kuras total karena pingin upgrade dr oem nissan ns-2
1. Kira2 bengkel (Jkt) mana yang ada jasa flushing menggunakan mesin ?
2. Atau prefer kuras dengan metode buka kalter 2-3x ?? (Ini dalam 1x pergantian ya ? Atau interval km tertentu ?)
3. Referensi oli full synt apa range < 200k ? Baru nemu Aisin CVTF, PTT Automat CVT, Motul Multi CVTF.
Pgn ptt seperti banyak yg diobrolin disini. Tp kok ada statement di dts ptt: “Can use AUTOMAT CVT but less fuel economy benefit.”
Saya pake Nissan Xtrail T32
1. Saya kuras di toda, kalo ga salah disambung dari selang cvt coolernya abis 8 ato 9 liter , kalo T31 kan gak ada coolernya kurang tau bisa pake mesin ato gak. Sebaiknya ditanya aja langsung.
2. Bisa juga, tapi gak lebih dikit juga pakenya. Mirip mirip dan biasanya lebih bagus dijalananin dulu abis kuras pertama baru kuras yang kedua.
3. Saya pake Q8 CVT evo, belom pernah coba yang lain selain bawaan tapi CVT EVO jauh lebih enak. Saya biasa ganti interval 40rb/ 2 tahun (pas pandemi sempet hampir 3 tahun karena mobil agak jarang jalan. Sekarang udah odometer 109xxx so far so good. Kalo di toda kyknya jualnya 205rb, online masih ada yang jual 170rb an
1. Iya om, T31 blm ada oil cooler. Uda coba contact Toda dan mereka bisa utk flush. Mungkin weekend ini kesana, cm masih bingung sm brand oli yg mau di pake.
2. Kalo metode manual, berati cukup dengan“kuras - jalanin bentar - kuras - jalanin bentar - kuras”.
Ngga perlu nunggu km tertentu (contoh 100 km) baru kuras lagi?
3. Utk oli cvt ngaruh ngga sih full synt / semi synt / mineral? Kalo di oli mesin saya paham, bahasa marketing nya full synt bs tahan lbh lama dan minim penguapan. Kalo di cvt ?
Wkwkwk. Maaf rewel, maklum pengen sekalian ganti yg mahalan biar berasa responsif. Toh interval nya jg panjang
2. Mungkin yang lain yang pernah ngebandingin jalan bentar kuras vs jalan misalnya 500km bisa jawab. Saya selalu flush.
3. Biasanya kalo oli transmisi gak nguap kyk oli mesin. Tapi dari beberapa hasil tes lab yang pernah di post suhu-suhu disini salah satu problem adalah viskositas yang kurang stabil kalo olinya kurang bagus, jadi pada akhir masa pakai sudah jauh lebih encer. Jadi kalo pake oli bagus kita 40rb/2 tahun tenang aja
Saat pake Q8 CVT EVO yang saya rasakan selip style cvt jauh berkurang dibanding oli bawaan , terutama saat udah panas olinya.
Saya pake Nissan Xtrail T32
1. Saya kuras di toda, kalo ga salah disambung dari selang cvt coolernya abis 8 ato 9 liter , kalo T31 kan gak ada coolernya kurang tau bisa pake mesin ato gak. Sebaiknya ditanya aja langsung.
2. Bisa juga, tapi gak lebih dikit juga pakenya. Mirip mirip dan biasanya lebih bagus dijalananin dulu abis kuras pertama baru kuras yang kedua.
3. Saya pake Q8 CVT evo, belom pernah coba yang lain selain bawaan tapi CVT EVO jauh lebih enak. Saya biasa ganti interval 40rb/ 2 tahun (pas pandemi sempet hampir 3 tahun karena mobil agak jarang jalan. Sekarang udah odometer 109xxx so far so good. Kalo di toda kyknya jualnya 205rb, online masih ada yang jual 170rb an
1. Iya om, T31 blm ada oil cooler. Uda coba contact Toda dan mereka bisa utk flush. Mungkin weekend ini kesana, cm masih bingung sm brand oli yg mau di pake.
2. Kalo metode manual, berati cukup dengan“kuras - jalanin bentar - kuras - jalanin bentar - kuras”.
Ngga perlu nunggu km tertentu (contoh 100 km) baru kuras lagi?
3. Utk oli cvt ngaruh ngga sih full synt / semi synt / mineral? Kalo di oli mesin saya paham, bahasa marketing nya full synt bs tahan lbh lama dan minim penguapan. Kalo di cvt ?
Wkwkwk. Maaf rewel, maklum pengen sekalian ganti yg mahalan biar berasa responsif. Toh interval nya jg panjang
2. Mungkin yang lain yang pernah ngebandingin jalan bentar kuras vs jalan misalnya 500km bisa jawab. Saya selalu flush.
3. Biasanya kalo oli transmisi gak nguap kyk oli mesin. Tapi dari beberapa hasil tes lab yang pernah di post suhu-suhu disini salah satu problem adalah viskositas yang kurang stabil kalo olinya kurang bagus, jadi pada akhir masa pakai sudah jauh lebih encer. Jadi kalo pake oli bagus kita 40rb/2 tahun tenang aja
Saat pake Q8 CVT EVO yang saya rasakan selip style cvt jauh berkurang dibanding oli bawaan , terutama saat udah panas olinya.
Mbah, lebaran 2023 alias april ini rencana mau hanti oil cvt all new veloz ke q8 cvt evo, harusnya cocok yah? Sy baca2 cvt all new veloz itu "hybrid" yah?
1. Iya om, T31 blm ada oil cooler. Uda coba contact Toda dan mereka bisa utk flush. Mungkin weekend ini kesana, cm masih bingung sm brand oli yg mau di pake.
2. Kalo metode manual, berati cukup dengan“kuras - jalanin bentar - kuras - jalanin bentar - kuras”.
Ngga perlu nunggu km tertentu (contoh 100 km) baru kuras lagi?
3. Utk oli cvt ngaruh ngga sih full synt / semi synt / mineral? Kalo di oli mesin saya paham, bahasa marketing nya full synt bs tahan lbh lama dan minim penguapan. Kalo di cvt ?
Wkwkwk. Maaf rewel, maklum pengen sekalian ganti yg mahalan biar berasa responsif. Toh interval nya jg panjang
2. Mungkin yang lain yang pernah ngebandingin jalan bentar kuras vs jalan misalnya 500km bisa jawab. Saya selalu flush.
3. Biasanya kalo oli transmisi gak nguap kyk oli mesin. Tapi dari beberapa hasil tes lab yang pernah di post suhu-suhu disini salah satu problem adalah viskositas yang kurang stabil kalo olinya kurang bagus, jadi pada akhir masa pakai sudah jauh lebih encer. Jadi kalo pake oli bagus kita 40rb/2 tahun tenang aja
Saat pake Q8 CVT EVO yang saya rasakan selip style cvt jauh berkurang dibanding oli bawaan , terutama saat udah panas olinya.
Mbah, lebaran 2023 alias april ini rencana mau hanti oil cvt all new veloz ke q8 cvt evo, harusnya cocok yah? Sy baca2 cvt all new veloz itu "hybrid" yah?
Seharusnya sih, dia mintanya spek cvtf toyota kan? Maksudnya hybrid ? Kalo ga salah yang kyk raize tapi bukanya buat overdrive giginya malah buat dibawah ya?
2. Mungkin yang lain yang pernah ngebandingin jalan bentar kuras vs jalan misalnya 500km bisa jawab. Saya selalu flush.
3. Biasanya kalo oli transmisi gak nguap kyk oli mesin. Tapi dari beberapa hasil tes lab yang pernah di post suhu-suhu disini salah satu problem adalah viskositas yang kurang stabil kalo olinya kurang bagus, jadi pada akhir masa pakai sudah jauh lebih encer. Jadi kalo pake oli bagus kita 40rb/2 tahun tenang aja
Saat pake Q8 CVT EVO yang saya rasakan selip style cvt jauh berkurang dibanding oli bawaan , terutama saat udah panas olinya.
Mbah, lebaran 2023 alias april ini rencana mau hanti oil cvt all new veloz ke q8 cvt evo, harusnya cocok yah? Sy baca2 cvt all new veloz itu "hybrid" yah?
Seharusnya sih, dia mintanya spek cvtf toyota kan? Maksudnya hybrid ? Kalo ga salah yang kyk raize tapi bukanya buat overdrive giginya malah buat dibawah ya?
Kalo
Oh iya, sama dg Raiza, di bukman pakainya toyota CVTF, ini subtitute ke q8 evokah?
Mbah, lebaran 2023 alias april ini rencana mau hanti oil cvt all new veloz ke q8 cvt evo, harusnya cocok yah? Sy baca2 cvt all new veloz itu "hybrid" yah?
Seharusnya sih, dia mintanya spek cvtf toyota kan? Maksudnya hybrid ? Kalo ga salah yang kyk raize tapi bukanya buat overdrive giginya malah buat dibawah ya?
Kalo
Oh iya, sama dg Raiza, di bukman pakainya toyota CVTF, ini subtitute ke q8 evokah?
Iya betul, kalo mintanya toyota CVTF brati bisa pake CVT EVO
Beberapa hari ini, mobil Nissan Livina 2019 saya sering nyentak RPM nya, Kronologi sbb :
1. Service rutin 130rb km ( Sep'22 ) ganti olie matic sesuai saran BeRes ( Olie standard )
2. 22 Des service rutin 140rb km
3. Kamis 29Dec mobil terasa mulai nyentak RPM nya...tiba tiba tarikan jeduk jeduk saat jalan..RPM naik ke 4 / 5.
4. saran BeRes ganti olie matic, saya ikuti ganti olie matic. dan memang tarikan sempat normal kembali.
5. Hari ini tarikan terasa nyentak nyentak lagi, jalan normal speed 40km/h, RPM nyentak ke 4 dan 5, serasa matic selip.
Mohon saran masukan dari suhu sekalian yang pernah alami hal serupa
Terima Kasih yg berkenan mampir kasih masukan.
dendeect wrote: Wed Jan 04, 2023 3:08
Beberapa hari ini, mobil Nissan Livina 2019 saya sering nyentak RPM nya, Kronologi sbb :
1. Service rutin 130rb km ( Sep'22 ) ganti olie matic sesuai saran BeRes ( Olie standard )
2. 22 Des service rutin 140rb km
3. Kamis 29Dec mobil terasa mulai nyentak RPM nya...tiba tiba tarikan jeduk jeduk saat jalan..RPM naik ke 4 / 5.
4. saran BeRes ganti olie matic, saya ikuti ganti olie matic. dan memang tarikan sempat normal kembali.
5. Hari ini tarikan terasa nyentak nyentak lagi, jalan normal speed 40km/h, RPM nyentak ke 4 dan 5, serasa matic selip.
Mohon saran masukan dari suhu sekalian yang pernah alami hal serupa
Terima Kasih yg berkenan mampir kasih masukan.
Bukan suhu, dan masih nubie sama2 belajar.
Sebelumnya udh pernah ganti oli matic nya?
Dari 0 - 130rb KM itu
Karena klo blm pernah ganti atf, itu pasti kotorr mbah, dan sampai nyentak.. perlu dicek:
- valve body
- AT selenoid
- filter matic nya udh pasti kudu ganti, klo gak pernah ganti atf
- multi plate clutch set
- ya pemeriksaan ideal nya, menyeluruh, bongkar girboks lah
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
dendeect wrote: Wed Jan 04, 2023 3:08
Beberapa hari ini, mobil Nissan Livina 2019 saya sering nyentak RPM nya, Kronologi sbb :
1. Service rutin 130rb km ( Sep'22 ) ganti olie matic sesuai saran BeRes ( Olie standard )
2. 22 Des service rutin 140rb km
3. Kamis 29Dec mobil terasa mulai nyentak RPM nya...tiba tiba tarikan jeduk jeduk saat jalan..RPM naik ke 4 / 5.
4. saran BeRes ganti olie matic, saya ikuti ganti olie matic. dan memang tarikan sempat normal kembali.
5. Hari ini tarikan terasa nyentak nyentak lagi, jalan normal speed 40km/h, RPM nyentak ke 4 dan 5, serasa matic selip.
Mohon saran masukan dari suhu sekalian yang pernah alami hal serupa
Terima Kasih yg berkenan mampir kasih masukan.
Ini engine surging, udah dicek yg lain2nya nda om?
dendeect wrote: Wed Jan 04, 2023 3:08
Beberapa hari ini, mobil Nissan Livina 2019 saya sering nyentak RPM nya, Kronologi sbb :
1. Service rutin 130rb km ( Sep'22 ) ganti olie matic sesuai saran BeRes ( Olie standard )
2. 22 Des service rutin 140rb km
3. Kamis 29Dec mobil terasa mulai nyentak RPM nya...tiba tiba tarikan jeduk jeduk saat jalan..RPM naik ke 4 / 5.
4. saran BeRes ganti olie matic, saya ikuti ganti olie matic. dan memang tarikan sempat normal kembali.
5. Hari ini tarikan terasa nyentak nyentak lagi, jalan normal speed 40km/h, RPM nyentak ke 4 dan 5, serasa matic selip.
Mohon saran masukan dari suhu sekalian yang pernah alami hal serupa
Terima Kasih yg berkenan mampir kasih masukan.
Bukan suhu, dan masih nubie sama2 belajar.
Sebelumnya udh pernah ganti oli matic nya?
Dari 0 - 130rb KM itu
Karena klo blm pernah ganti atf, itu pasti kotorr mbah, dan sampai nyentak.. perlu dicek:
- valve body
- AT selenoid
- filter matic nya udh pasti kudu ganti, klo gak pernah ganti atf
- multi plate clutch set
- ya pemeriksaan ideal nya, menyeluruh, bongkar girboks lah
Pernah ganti olie matic di KM70rb waktu itu, sesuai saran BeRes nya...
Aduhhhh banyak banget poin cek nya...bisa jebolll dompetttt