
Kan juga nggak tiap menit atau tiap detik ketemu jalan kyk itu.
Seperti kalimat di sebuah buku, lagi bangun tembok lalu ada satu batu bata yg cacat, kalau kita hanya fokus pada batu bata yg cacat itu kita tidak melihat keindahan dari tembok itu

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Saya beli dr tempat yg pasti2 saja tokonya, dr futz/stamx/gt motor/indonesia jaya kalau d tokped untuk mazdakanjengromo wrote: Wed Jan 11, 2023 1:52
Spare part 555 di Panther itu khan ada yang ori dan palsu, bahkan toko parts pun saling silang pendapat ttg ini. Yang mana saya berkesimpulan kalau toko pun gak tahu parts yang dijual asli atau palsu.
Di Mazda ada issue seperti itu juga kah?
Ada link toko atau lewat Om bisa dapet yang asli?
Masalahnya unit nya udah dateng umDrivingPotato wrote: Wed Jan 11, 2023 1:32Ngga semuanya masalah thai dan bukan thai.Omiyup wrote: Wed Jan 11, 2023 0:20
Waduh, bakalan kena dong soalnya mazda2=thai, cx3 baru = thai. cx3 jp gimana kabarnya? Ada yang udah pake lebih dari 2 th?
Ijin save om Josomba, nanti kalo pas butuh hehehehehe
Altis saya buatan Thailand sudah 7 tahun ga ada rattle dan ga ada masalah kaki-kaki.
CX-3 saya buatan Jepang dan skrg racksteer sudah gluduk2, jalan belok di jalan miring bunyi tek tek, shockbreaker sudah dapat sepasang unit baru di 6 bulan pertama kepemilikan. Mau ngurus bunyi2nya malas banget.
Saran saya sih jgn terlalu dipusingin dan nikmati saja. Kalau memang tetep kekeuh masih gak yakin, batalkan SPK nya dan beli unit yang tidak bikin om terbayang-bayang setiap malam apakah unit tsb perfect atau tidak![]()
Karena kita gak akan bisa atur ATPM dapat alokasi unit dari negara mana
![]()
yg susah ampe seri X ama seri 7 yang M M an juga msh rakitan sunter kan
gw dulu coba mekleren 650S... di surabaya barat kok interior bunyi semua ginidarrelund wrote: Tue Jan 10, 2023 16:43
mending klo rattle
itu mclaren panel gap pada ngaco semua
klo liat pidio ini dan 2 part selanjutnya geleng"
british masterclass![]()
civic FK4 udah 5 thn pake menuju 6 tahun ya gak ada rattle interior.DrivingPotato wrote: Wed Jan 11, 2023 1:32 Ngga semuanya masalah thai dan bukan thai.
Altis saya buatan Thailand sudah 7 tahun ga ada rattle dan ga ada masalah kaki-kaki.
CX-3 saya buatan Jepang dan skrg racksteer sudah gluduk2, jalan belok di jalan miring bunyi tek tek, shockbreaker sudah dapat sepasang unit baru di 6 bulan pertama kepemilikan. Mau ngurus bunyi2nya malas banget.
Saran saya sih jgn terlalu dipusingin dan nikmati saja. Kalau memang tetep kekeuh masih gak yakin, batalkan SPK nya dan beli unit yang tidak bikin om terbayang-bayang setiap malam apakah unit tsb perfect atau tidak![]()
Karena kita gak akan bisa atur ATPM dapat alokasi unit dari negara mana
![]()
Makanya om, kan jap vs thai itu lebih murah cost nya di thai, apalagi sini. Saya sih lebih khawatir di produk yang sama harga fitur yang sama bakalan motong di bq yang turun, selaras dengan (maaf) sdm yang turun (bukan berarti orangnya, tapi kontrol mutunya)ChZ wrote: Wed Jan 11, 2023 2:55civic FK4 udah 5 thn pake menuju 6 tahun ya gak ada rattle interior.DrivingPotato wrote: Wed Jan 11, 2023 1:32 Ngga semuanya masalah thai dan bukan thai.
Altis saya buatan Thailand sudah 7 tahun ga ada rattle dan ga ada masalah kaki-kaki.
CX-3 saya buatan Jepang dan skrg racksteer sudah gluduk2, jalan belok di jalan miring bunyi tek tek, shockbreaker sudah dapat sepasang unit baru di 6 bulan pertama kepemilikan. Mau ngurus bunyi2nya malas banget.
Saran saya sih jgn terlalu dipusingin dan nikmati saja. Kalau memang tetep kekeuh masih gak yakin, batalkan SPK nya dan beli unit yang tidak bikin om terbayang-bayang setiap malam apakah unit tsb perfect atau tidak![]()
Karena kita gak akan bisa atur ATPM dapat alokasi unit dari negara mana
![]()
sbenernya rattle tuh bukan masalah buatan negara mana. banyak faktor. cuaca aja ngaruh ke rattle interior dan tidak krn pasti panel itu memuai/menyusut. misalpun kita kasih busa peredam atau karet yang banyak juga pada akhirnya akan kalah sama umur dan pemakaian. leather? ya makin banyak lagi problemnya.
sementara bayangin bedain material buat 4 musim sama 2 musim aja tuh pasti sulit makanya mnurut saya bbrp downgrade material sbenernya bukan perkara cost cutting melulu (walaupun ada kebenaran sedikit) kyk kata netijen mendang mending yang gak beli, tapi ada faktor climate juga. itulah kenapa yang interiornya gampang kena umur ya mobil premium karena ya nggak mungkin juga premium macem mercedes kasi plastik plastikan.
apalagi cuma masalah panelgap 0.001mm yang tdk semua standar manufaktur di dunia ini sama. smakin masspro produknya ditambah cost related reasons, ya semakin random.
say, honda brio jelas nggak punya standar tolerance sepresisi honda odyssey karena dari 1 odyssey dibuat mungkin 1000 honda brio harus diproduksi dgn waktu sama. bayangin material saja sudah downgrade ke plastic ember, panel gap tolerance nya luas dari 0.001mm sampe 0.01 mm. yang hoki yang dapet brio ber panelgap 0.001mm tapi kalo sial ya dapet yang 0.01mm, tapi masa ya mau kita cek satu satu di gudangnya?![]()
apalagi kalo dibuat di indonesia sama japan... buset gaji labor forcenya aja langit bumi disuruh ngecek panelgap 0.001mm apa gak demo buruh. tapi ya gimana lagi mau produknya available ngikutin demand seluruh dunia ya gak bisa maksa workforce terpusat di jepang
![]()
pakabar di singapur om avanza 1miliar mungkin dapetnya rakitan indonesiaOmiyup wrote: Wed Jan 11, 2023 3:17
Makanya om, kan jap vs thai itu lebih murah cost nya di thai, apalagi sini. Saya sih lebih khawatir di produk yang sama harga fitur yang sama bakalan motong di bq yang turun, selaras dengan (maaf) sdm yang turun (bukan berarti orangnya, tapi kontrol mutunya)
Apalagi disini tau sendiri ya, market quality kelas 3 kebawah harga kelas 1
Panel gap masih aman (kecuali area pintu yang mulai kelihatan ga rapi, meski dari baru dateng juga area pintu sudah kurang rapi). Dashboard juga mulus rapi no issues sampe skrg. Tapi memang mobil jarang di jemur. Complainnya buat BQ cuma door trim, itu plastik tipis benerrrr. Tapi habis liat merek sebelah sama aja, jadi yasudahlahya.Omiyup wrote: Wed Jan 11, 2023 0:45Panel gap dkk aman om? Ngondah thai aja banyak yang nganulawyerone wrote: Wed Jan 11, 2023 0:38Saya mazda 2 rakitan thai dari 2015.Omiyup wrote: Tue Jan 10, 2023 22:47
WADOOOOO, km berapa ini bakalan keluar??
Apalagi nih om Josomba yang perlu diawasin?
Tapi ngiler juga sih kalo liat cx3 made in jap yang notabene harga sama tapi bebas rattle kata om Rickz![]()
Dashboard sampe sekarang no rattle. Kaki kaki aja yang suka nyanyi.![]()
Cuma emang saya milih mazda karena brand nya sih better, dan pas pesen taunya masih cbu japan![]()
Kaki kaki nyanyi gimana? gludak gluduk?
Karet/ bushing baru,lawyerone wrote: Wed Jan 11, 2023 4:28Panel gap masih aman (kecuali area pintu yang mulai kelihatan ga rapi, meski dari baru dateng juga area pintu sudah kurang rapi). Dashboard juga mulus rapi no issues sampe skrg. Tapi memang mobil jarang di jemur. Complainnya buat BQ cuma door trim, itu plastik tipis benerrrr. Tapi habis liat merek sebelah sama aja, jadi yasudahlahya.Omiyup wrote: Wed Jan 11, 2023 0:45Panel gap dkk aman om? Ngondah thai aja banyak yang nganulawyerone wrote: Wed Jan 11, 2023 0:38
Saya mazda 2 rakitan thai dari 2015.
Dashboard sampe sekarang no rattle. Kaki kaki aja yang suka nyanyi.![]()
Cuma emang saya milih mazda karena brand nya sih better, dan pas pesen taunya masih cbu japan![]()
Kaki kaki nyanyi gimana? gludak gluduk?
Kaki kaki bunyinya macem macem om, banyak instrumen musiknya. Kadang gladak, kadang gluduk, kadang suara geter, terutama di jalan ga rata.
Sama mungkin NVH nya sudah jauh berkurang dibanding pas baru, jadi suka ada vibration dan noise yang muncul ketika jalan (yang ketika baru ga ada). Tapi masih batas wajar ya.
Kalo Mazda 2 lama (yg sebgasis FIesta) gitu juga gak penyakitnya Om?josomba wrote: Tue Jan 10, 2023 15:22 Drpd pusing thai vs japan,
Coba disiapkan dulu space pusingnya di kepala untuk:
(1) Support shock yg gampang kering setelah sekian bulan + kena air hujan, jd bunyi2 nanti pas jalan pelan sambil belok.
(2) Rack steer yg minim grease jd harus di-regrease pake grease bagusan sedari dini.
(3) Busi NGK laknat yg gampang berubah gap-nya, kalau minat ganti bosch double iridium vr7 atau denso ixeh22tt.
(4) Part tie rod/link stabil yg lebih ciamik n durable 555
![]()
![]()
ngana so da perlu pusing jojosomba wrote: Tue Jan 10, 2023 15:22 Drpd pusing thai vs japan,
Coba disiapkan dulu space pusingnya di kepala untuk:
(1) Support shock yg gampang kering setelah sekian bulan + kena air hujan, jd bunyi2 nanti pas jalan pelan sambil belok.
(2) Rack steer yg minim grease jd harus di-regrease pake grease bagusan sedari dini.
(3) Busi NGK laknat yg gampang berubah gap-nya, kalau minat ganti bosch double iridium vr7 atau denso ixeh22tt.
(4) Part tie rod/link stabil yg lebih ciamik n durable 555
![]()
![]()
Dorang di semarang, mbah. Lah mbah ono walau sekarang terima home service, masa ke semarang dulu dr tangsel.DOHC wrote: Wed Jan 11, 2023 5:54 ngana so da perlu pusing jo
bawa ke padepokan mbah ono yg suka aneh2 itu aj
beres jo
Karena ga pakai yg pre-skyactiv, jujur kurang tahu om apa aja detail penyakitnya. Kalau yg sering dibahas belakangan untuk yg pre-skyactiv, keknya lebih karena faktor umur sih. Seputaran radiator, fuel pump, engine mounting.FR6 wrote: Wed Jan 11, 2023 5:04 Kalo Mazda 2 lama (yg sebgasis FIesta) gitu juga gak penyakitnya Om?
kalo saya pernah, tapi bedanya japan sm malay. punya saya dulu tahun cx5 elite 2018 akhir rakitan malay sampe dijual 2 tahun lalu di odo 50rban masih senyap interiornya, gaada rattle sama sekali (kebetulan temen juga masih miara cx5 elite 2018 awal CBU jepang ,sampe sekarang no rattle sama sekali & masih senyap interiornya, padahal odo udh 90rb lebihOmiyup wrote: Tue Jan 10, 2023 7:42 Permisi, ada yang pernah nyoba mazda buatan thai dan japan? Tapi 1 tipe ya (misalnya sama2 cx3, atau sama2 mazda 3)
Apakah BQ thai bagus? Kebetulan mau ambil CX3 tapi udah sejak pertengahan 2022 produksi pindah thailand (denger2 jp juga ambil unit thai)
Mungkin ada yang mau share?
Hehehe CX3 saya kalo pertama jalan dan kena polisi tidur/posisi mobil mengayun kiri depan suka bunyi kriet2 seperti kurang minyak, tapi nanti kalo udah jalan agak jauh ya hilang bunyinya. Udah di cek understel di beres belum ketemu masalah dimana, tapi mereka ngaku kalo memang bunyi. Unit 2021 jalan masih 11rb.DrivingPotato wrote: Wed Jan 11, 2023 1:32Ngga semuanya masalah thai dan bukan thai.Omiyup wrote: Wed Jan 11, 2023 0:20
Waduh, bakalan kena dong soalnya mazda2=thai, cx3 baru = thai. cx3 jp gimana kabarnya? Ada yang udah pake lebih dari 2 th?
Ijin save om Josomba, nanti kalo pas butuh hehehehehe
Altis saya buatan Thailand sudah 7 tahun ga ada rattle dan ga ada masalah kaki-kaki.
CX-3 saya buatan Jepang dan skrg racksteer sudah gluduk2, jalan belok di jalan miring bunyi tek tek, shockbreaker sudah dapat sepasang unit baru di 6 bulan pertama kepemilikan. Mau ngurus bunyi2nya malas banget.
Saran saya sih jgn terlalu dipusingin dan nikmati saja. Kalau memang tetep kekeuh masih gak yakin, batalkan SPK nya dan beli unit yang tidak bikin om terbayang-bayang setiap malam apakah unit tsb perfect atau tidak![]()
Karena kita gak akan bisa atur ATPM dapat alokasi unit dari negara mana
![]()
Bahahahaha… mau kelasnya dari apansah sampe alpret cbu japan jg . Emang hoki2an urusan rattle. Malah banyak suka kejadian, awalnya kg rattle senyap smua. Bgitu masuk bengkel buat servis berkala, kluar bengkel jd rattle orkestra sana siniPboyz97 wrote: Wed Jan 11, 2023 6:36 kalo saya pernah, tapi bedanya japan sm malay. punya saya dulu tahun cx5 elite 2018 akhir rakitan malay sampe dijual 2 tahun lalu di odo 50rban masih senyap interiornya, gaada rattle sama sekali (kebetulan temen juga masih miara cx5 elite 2018 awal CBU jepang ,sampe sekarang no rattle sama sekali & masih senyap interiornya, padahal odo udh 90rb lebih) . cx5 gen 1 2013 saya juga dulu CBU jepang sampe dijual 4 tahun lalu di odo 152rb surprisingly no rattle samsek juga, masih senyap interiornya hehehe
buatan thai harusnya gajauh beda ya sm jepang kalo mazda setau saya, tapi hoki2an jg jatohnya hehehe
Ho ohhh.. F10 CKD (528i buatan sunter) vs F10 CBU (535i) sama2 warna putih alphine weiss. Di jejerin sebelah2an aja bisa jomplang contrast putihnyaChZ wrote: Wed Jan 11, 2023 2:36yg susah ampe seri X ama seri 7 yang M M an juga msh rakitan sunter kankudu cepet beli first batch nya yang masih rakitan jerman punya.
tp mercedes BMW sekarang jg penurunan kualitasnya berasa. mercedes di luar banyak kritik soal plastik2 interiornya bahkan di kelas C class.
gw dulu coba mekleren 650S... di surabaya barat kok interior bunyi semua gini![]()
italian/british supercars sih ikhlasin aja ketemu jalan indo udah pasti RIP interiornya. dasarnya emang ngga buat robustness. terima nasib aja di third world country![]()
Nganu om, saya sempet galau M2sky sama cx3 kalo cx3 jadinya thai. Soalnya saya pikir cx3 bakal turun bq nya ke m2, jadi ga ada lebih nyaChZ wrote: Wed Jan 11, 2023 3:22pakabar di singapur om avanza 1miliar mungkin dapetnya rakitan indonesiaOmiyup wrote: Wed Jan 11, 2023 3:17
Makanya om, kan jap vs thai itu lebih murah cost nya di thai, apalagi sini. Saya sih lebih khawatir di produk yang sama harga fitur yang sama bakalan motong di bq yang turun, selaras dengan (maaf) sdm yang turun (bukan berarti orangnya, tapi kontrol mutunya)
Apalagi disini tau sendiri ya, market quality kelas 3 kebawah harga kelas 1
logikanya di supply chain mereka lbh efisien karena harga sama bisa jualan barang (dan pasti ada discount barang tipis tipis). krn kalo buatan japan musti inden setaun, dgn dibuat di thai ready lebih cepet jauh dan ngurus surat suratnya jg gak nunggu lama![]()
kan gak semua konsumen kayak om, mungkin om rela nunggu setaun (itu aja pasti perjanjian harga tidak mengikat) asal barang bagus buatan japan, tp 99% konsumen udah bete mau beli mobil mazda aja indent ngurus surat lama. bisnis ya uang hrs muter om emi hrs bisa jualan itu poinnya bkn buatan mana buatan mana. thats how the world works![]()
konsumen pasti logikanya ya kalo bisa harga sama bagus knp harus yang jelek, tp prinsip business kan modal sekecil mungkin untuk profit sebesar mungkin. klo dirasa jual cx3 jdm udah ga masuk marginnya ya jahit aja di thailand china india atau indonesia murah labornya. mazda jp? ga peduli lah. loe gak jualan ya loe gw tutup. hayo milih mana![]()
btw alphard IDM jualan astra buatan japan juga rattle rattle kok even di low km as low as 2000 km. santai saja lah. namanya ribuan komponen orang jepang jg bukan dewa. jdm item kena iklim panasnya sini tiap ari dijemur juga kalah akhirnya.
di sini kena granmax spek ekspor reject an aja hepi dibilang kualitas dewaya udah berdamai aja realita hidup di emerging country.
yup ini saya ngalamin. Awal masuk beres pintu kanan ga ada masalah, eeh setelah servis rutin kok bunyi kretek kretek di pintu kanan. Plus bonus cap cap an item di panel interior door trim. bunyi ternyata dari cup di handle pintu. Sumpel tuh pake kertas diselipin dicelah celahnya biar rapet. Ilang deh bunyi nya. Noda item untungnya cuma di door trim, kagak di plafon.KielConstantine wrote: Wed Jan 11, 2023 7:24Bahahahaha… mau kelasnya dari apansah sampe alpret cbu japan jg . Emang hoki2an urusan rattle. Malah banyak suka kejadian, awalnya kg rattle senyap smua. Bgitu masuk bengkel buat servis berkala, kluar bengkel jd rattle orkestra sana siniPboyz97 wrote: Wed Jan 11, 2023 6:36 kalo saya pernah, tapi bedanya japan sm malay. punya saya dulu tahun cx5 elite 2018 akhir rakitan malay sampe dijual 2 tahun lalu di odo 50rban masih senyap interiornya, gaada rattle sama sekali (kebetulan temen juga masih miara cx5 elite 2018 awal CBU jepang ,sampe sekarang no rattle sama sekali & masih senyap interiornya, padahal odo udh 90rb lebih) . cx5 gen 1 2013 saya juga dulu CBU jepang sampe dijual 4 tahun lalu di odo 152rb surprisingly no rattle samsek juga, masih senyap interiornya hehehe
buatan thai harusnya gajauh beda ya sm jepang kalo mazda setau saya, tapi hoki2an jg jatohnya hehehe![]()
paten iniChZ wrote: Wed Jan 11, 2023 3:22
logikanya di supply chain mereka lbh efisien karena harga sama bisa jualan barang (dan pasti ada discount barang tipis tipis). krn kalo buatan japan musti inden setaun, dgn dibuat di thai ready lebih cepet jauh dan ngurus surat suratnya jg gak nunggu lama![]()
kan gak semua konsumen kayak om, mungkin om rela nunggu setaun (itu aja pasti perjanjian harga tidak mengikat) asal barang bagus buatan japan, tp 99% konsumen udah bete mau beli mobil mazda aja indent ngurus surat lama. bisnis ya uang hrs muter om emi hrs bisa jualan itu poinnya bkn buatan mana buatan mana. thats how the world works![]()
konsumen pasti logikanya ya kalo bisa harga sama bagus knp harus yang jelek, tp prinsip business kan modal sekecil mungkin untuk profit sebesar mungkin. klo dirasa jual cx3 jdm udah ga masuk marginnya ya jahit aja di thailand china india atau indonesia murah labornya. mazda jp? ga peduli lah. loe gak jualan ya loe gw tutup. hayo milih mana![]()
sama aja um mau jp / thaiOmiyup wrote: Wed Jan 11, 2023 0:20 Waduh, bakalan kena dong soalnya mazda2=thai, cx3 baru = thai. cx3 jp gimana kabarnya? Ada yang udah pake lebih dari 2 th?
Sebenernya kalo masalah jelek/bagus bisa laku 30k unit ga bisa jadi acuan om. Toyota yang rakitannya kadang begitu tetep jadi market leader disini kokdarrelund wrote: Wed Jan 11, 2023 20:04paten iniChZ wrote: Wed Jan 11, 2023 3:22
logikanya di supply chain mereka lbh efisien karena harga sama bisa jualan barang (dan pasti ada discount barang tipis tipis). krn kalo buatan japan musti inden setaun, dgn dibuat di thai ready lebih cepet jauh dan ngurus surat suratnya jg gak nunggu lama![]()
kan gak semua konsumen kayak om, mungkin om rela nunggu setaun (itu aja pasti perjanjian harga tidak mengikat) asal barang bagus buatan japan, tp 99% konsumen udah bete mau beli mobil mazda aja indent ngurus surat lama. bisnis ya uang hrs muter om emi hrs bisa jualan itu poinnya bkn buatan mana buatan mana. thats how the world works![]()
konsumen pasti logikanya ya kalo bisa harga sama bagus knp harus yang jelek, tp prinsip business kan modal sekecil mungkin untuk profit sebesar mungkin. klo dirasa jual cx3 jdm udah ga masuk marginnya ya jahit aja di thailand china india atau indonesia murah labornya. mazda jp? ga peduli lah. loe gak jualan ya loe gw tutup. hayo milih mana![]()
makanya oe blg kmrn kenapa ga dipindah ke thai aja? keliatan thai lebih dari capable utk handle alokasi unit ke indo
maksa dari japan itu EMI mau megap sampe bubar?![]()
lineup di thai lengkap minus cx9, kenapa ga dari thai aja
no offense, percuma makan gengsi made in japan klo ujungnya konsumen makan ati
kompetitor mah ketawa ketiwi aja kita pengen made in japan tapi, calon konsumen lari semua![]()
ditambah mazda di japan itu handle ga cuma domestik, tapi global disitu jg. mau sampe kapan nungguin
dan masda skrg keliatannya ud punya golden boy baru, australia
tambah susah lg dapet unit![]()
lagian klo rakitan thai jelek gamungkin disono laku 30rb unit setaon
sales yg bagus itu artinya kepercayaan konsumen tinggiOmiyup wrote: Wed Jan 11, 2023 23:18
Sebenernya kalo masalah jelek/bagus bisa laku 30k unit ga bisa jadi acuan om. Toyota yang rakitannya kadang begitu tetep jadi market leader disini kok
Lebih ke “adanya itu” atau brand nya lebih kuat
Lagian kalo disana rakitan lokal pasti ada subsidi
Juga faktor market sini sepertinya lebih rendah positioningnya daripada mereka, jadi kualitas nomor sekian yang dikirim ke sini
mazda kliatan pasar aussie lebih diurusin sih. di sana masuk top penjualan.darrelund wrote: Wed Jan 11, 2023 20:04 paten ini
makanya oe blg kmrn kenapa ga dipindah ke thai aja? keliatan thai lebih dari capable utk handle alokasi unit ke indo
maksa dari japan itu EMI mau megap sampe bubar?![]()
lineup di thai lengkap minus cx9, kenapa ga dari thai aja
no offense, percuma makan gengsi made in japan klo ujungnya konsumen makan ati
kompetitor mah ketawa ketiwi aja kita pengen made in japan tapi, calon konsumen lari semua![]()
ditambah mazda di japan itu handle ga cuma domestik, tapi global disitu jg. mau sampe kapan nungguin
dan masda skrg keliatannya ud punya golden boy baru, australia
tambah susah lg dapet unit![]()
lagian klo rakitan thai jelek gamungkin disono laku 30rb unit setaon
ChZ wrote: Thu Jan 12, 2023 3:37
mazda kliatan pasar aussie lebih diurusin sih. di sana masuk top penjualan.
di sini cuma remah remah ngapain kasi alokasi unit japankasih grade 5 sewa tukang jait lokal biar murah aja udah seneng krn biasa pegang elsigisi
ya jangan seakan kalo bukan japan maka barang jelek juga lah. itu barang brand brand baju terkenal ngerti ga tukang jaitnya dari manakalo ngerti bisa kaget buset barang jaitan china loe beli mahal mahal.
ya yang barang kwaliteit paling bagus logikanya pasti dikasih ke domestik atau pasar yang bagus growthnya. cuma bukan berarti rest of it dapet sampah. dia sewa tukang jait lokal aja. emang ga sebagus punya dia, tapi kan tukang jaitnya juga udah dikasih panduan gimana ngejait yang bener.
mau bagus bener beli yang tailormade. pakaian aja tailormade beda sama yang masspro![]()