Beda ukuran dikit berarti dari rm3 saya ya om cuma beda lebar aja secara tinggi dan ring sama. Udah oake berapa lama om? Tire wear dan longevity si iota gimana?
Re: Serba Serbi Ban Part 4
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Wed Jan 04, 2023 19:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Crv rm 3 2014
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Wed Jan 04, 2023 19:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Crv rm 3 2014
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Memangnya kalo tekanan angin semakin tinggi semakin gimana om? Selama ini saya awam hanya mengikuti arahan pabrikan ajaa.. mohon penjelasan nyajosomba wrote: Fri Jan 06, 2023 5:03 Angka psi yg di dinding ban adalah max COLD tire pressure.
Kalau tertulis 45psi, diisi 40psi ya aman... Ga perlu pusing pas panas ngembang dll.

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 380
- Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Rekomendasi tyre pressure di ANPS depan 29, belakang 32.
Kemarin salah isi, depan jadi 32. Langsung berasa gerobak, keras sekali dan mantul2.
Ga bayangin kalo di isi 40 PSI :S
Kemarin salah isi, depan jadi 32. Langsung berasa gerobak, keras sekali dan mantul2.
Ga bayangin kalo di isi 40 PSI :S
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Wed Jan 04, 2023 19:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Crv rm 3 2014
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Tentang tire pressure..
Kalo emang si ban mobil sudah diganti gak sesuai sama oem, apakah tire pressure juga harus menyesuaikan atau masih bisa ikut rekom pabrikan?
Misal ganti velg dan ban dari 175/65/15 ke 195/55/17
Atau sesimple naik ukuran ban 225/60 ke 235/60
Kirakira gimana ya om om terkait ini? Mohon dicerahkan
Kalo emang si ban mobil sudah diganti gak sesuai sama oem, apakah tire pressure juga harus menyesuaikan atau masih bisa ikut rekom pabrikan?
Misal ganti velg dan ban dari 175/65/15 ke 195/55/17
Atau sesimple naik ukuran ban 225/60 ke 235/60
Kirakira gimana ya om om terkait ini? Mohon dicerahkan

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12548
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Dikondisikan dgn tyre size baru dan load index nya mbahHaharian wrote: Fri Jan 06, 2023 5:40 Tentang tire pressure..
Kalo emang si ban mobil sudah diganti gak sesuai sama oem, apakah tire pressure juga harus menyesuaikan atau masih bisa ikut rekom pabrikan?
Misal ganti velg dan ban dari 175/65/15 ke 195/55/17
Atau sesimple naik ukuran ban 225/60 ke 235/60
Kirakira gimana ya om om terkait ini? Mohon dicerahkan![]()
Ini ada kalkulator nya,
https://tiresize.com/pressure-calculator/
Selebihnya ya experiment sesuai batas aman dan selera ajah
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Lebih banyak selera... Yg penting kalau ngisi angin/nitro pas kondisi panas itungannya +2psi dari target angka tekanan yg mau dicapai (cold tire pressure). Kondisi hujanpun gak perlu namanya ban dikempes2in segala karna saat suhu turun tekanannya ikut turun menyesuaikan. Beda cerita kalau lagi jelajah offroad (pompa portable pun harusnya mereka punya).Haharian wrote: Fri Jan 06, 2023 5:40 Tentang tire pressure..
Kalo emang si ban mobil sudah diganti gak sesuai sama oem, apakah tire pressure juga harus menyesuaikan atau masih bisa ikut rekom pabrikan?
Misal ganti velg dan ban dari 175/65/15 ke 195/55/17
Atau sesimple naik ukuran ban 225/60 ke 235/60
Kirakira gimana ya om om terkait ini? Mohon dicerahkan![]()

Btw yg udah pernah pake TPMS aftermarket, berapa lama umurnya sampai baterai habis? Ini pake internal TPMS dah jalan 2thn selama 75rb km belom ada tanda2 mau mati tuh


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12548
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Punten..wicaksono99 wrote: Fri Jan 06, 2023 6:45Lebih banyak selera... Yg penting kalau ngisi angin/nitro pas kondisi panas itungannya +2psi dari target angka tekanan yg mau dicapai (cold tire pressure). Kondisi hujanpun gak perlu namanya ban dikempes2in segala karna saat suhu turun tekanannya ikut turun menyesuaikan. Beda cerita kalau lagi jelajah offroad (pompa portable pun harusnya mereka punya).Haharian wrote: Fri Jan 06, 2023 5:40 Tentang tire pressure..
Kalo emang si ban mobil sudah diganti gak sesuai sama oem, apakah tire pressure juga harus menyesuaikan atau masih bisa ikut rekom pabrikan?
Misal ganti velg dan ban dari 175/65/15 ke 195/55/17
Atau sesimple naik ukuran ban 225/60 ke 235/60
Kirakira gimana ya om om terkait ini? Mohon dicerahkan![]()
![]()
Btw yg udah pernah pake TPMS aftermarket, berapa lama umurnya sampai baterai habis? Ini pake internal TPMS dah jalan 2thn selama 75rb km belom ada tanda2 mau mati tuh, sangat kepake pas ban meledak/tekanan habis tiba2 langsung alarm bunyi.. Kalau ga bunyi mungkin masih jalan terus saya
![]()
TPMS nya pakai merk dan model apa mbah?
boleh bisik2 jg

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Paling berasa pasti bantingan keras tp konsumsi BBM lebih hemat + selap selip keknya enak gitu. Tp lama2 ban-nya botak tengah duluan, ga merata.Haharian wrote: Fri Jan 06, 2023 5:25
Memangnya kalo tekanan angin semakin tinggi semakin gimana om? Selama ini saya awam hanya mengikuti arahan pabrikan ajaa.. mohon penjelasan nya![]()
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4040
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Brti itu indikasi over inflate nggk mbah?josomba wrote: Fri Jan 06, 2023 6:53Paling berasa pasti bantingan keras tp konsumsi BBM lebih hemat + selap selip keknya enak gitu. Tp lama2 ban-nya botak tengah duluan, ga merata.Haharian wrote: Fri Jan 06, 2023 5:25
Memangnya kalo tekanan angin semakin tinggi semakin gimana om? Selama ini saya awam hanya mengikuti arahan pabrikan ajaa.. mohon penjelasan nya![]()
![]()
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Youngpro optimus om.. Internal TPMS.Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 6:52Punten..wicaksono99 wrote: Fri Jan 06, 2023 6:45Lebih banyak selera... Yg penting kalau ngisi angin/nitro pas kondisi panas itungannya +2psi dari target angka tekanan yg mau dicapai (cold tire pressure). Kondisi hujanpun gak perlu namanya ban dikempes2in segala karna saat suhu turun tekanannya ikut turun menyesuaikan. Beda cerita kalau lagi jelajah offroad (pompa portable pun harusnya mereka punya).Haharian wrote: Fri Jan 06, 2023 5:40 Tentang tire pressure..
Kalo emang si ban mobil sudah diganti gak sesuai sama oem, apakah tire pressure juga harus menyesuaikan atau masih bisa ikut rekom pabrikan?
Misal ganti velg dan ban dari 175/65/15 ke 195/55/17
Atau sesimple naik ukuran ban 225/60 ke 235/60
Kirakira gimana ya om om terkait ini? Mohon dicerahkan![]()
![]()
Btw yg udah pernah pake TPMS aftermarket, berapa lama umurnya sampai baterai habis? Ini pake internal TPMS dah jalan 2thn selama 75rb km belom ada tanda2 mau mati tuh, sangat kepake pas ban meledak/tekanan habis tiba2 langsung alarm bunyi.. Kalau ga bunyi mungkin masih jalan terus saya
![]()
TPMS nya pakai merk dan model apa mbah?
boleh bisik2 jg![]()
Tuh fotonya pas ban kiri belakang meleduk. Sellernya juga kadang ga tau produk, jualan tapi ga tau cara pairing internal sensor baru (replacement kalau sensor lama batre habis) ke display lama

Manual booknya dah saya kantongin nih padahal

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12548
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
mantap, batrenya seawet itu,wicaksono99 wrote: Fri Jan 06, 2023 7:15Youngpro optimus om.. Internal TPMS.Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 6:52Punten..wicaksono99 wrote: Fri Jan 06, 2023 6:45
Lebih banyak selera... Yg penting kalau ngisi angin/nitro pas kondisi panas itungannya +2psi dari target angka tekanan yg mau dicapai (cold tire pressure). Kondisi hujanpun gak perlu namanya ban dikempes2in segala karna saat suhu turun tekanannya ikut turun menyesuaikan. Beda cerita kalau lagi jelajah offroad (pompa portable pun harusnya mereka punya).![]()
Btw yg udah pernah pake TPMS aftermarket, berapa lama umurnya sampai baterai habis? Ini pake internal TPMS dah jalan 2thn selama 75rb km belom ada tanda2 mau mati tuh, sangat kepake pas ban meledak/tekanan habis tiba2 langsung alarm bunyi.. Kalau ga bunyi mungkin masih jalan terus saya
![]()
TPMS nya pakai merk dan model apa mbah?
boleh bisik2 jg![]()
Tuh fotonya pas ban kiri belakang meleduk. IMG_20221212_170405.jpg
Sellernya juga kadang ga tau produk, jualan tapi ga tau cara pairing internal sensor baru (replacement kalau sensor lama batre habis) ke display lama![]()
Manual booknya dah saya kantongin nih padahal![]()
harga emang gak bohong ya mbah

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Emang harusnya internal lebih awet dibanding external.. Cuma external lebih gampang kalau habis batre bisa diganti sendiri (lebih gampang juga sih diisengin orang).Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 7:21mantap, batrenya seawet itu,wicaksono99 wrote: Fri Jan 06, 2023 7:15Youngpro optimus om.. Internal TPMS.Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 6:52
Punten..
TPMS nya pakai merk dan model apa mbah?
boleh bisik2 jg![]()
Tuh fotonya pas ban kiri belakang meleduk. IMG_20221212_170405.jpg
Sellernya juga kadang ga tau produk, jualan tapi ga tau cara pairing internal sensor baru (replacement kalau sensor lama batre habis) ke display lama![]()
Manual booknya dah saya kantongin nih padahal![]()
harga emang gak bohong ya mbah![]()
Paling nggak kalau ga kebeli ban continental, kebeli pentil TPMSnya dulu om.. Wkwkwkwk
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
barusan ngeganti ban di CRV RW1... odo read baru mau 30 ribu tapi ban udah rada mengenaskan. tread yang depan udah ngintip ke TWI kayaknya kombinasi jarang dipake juga karet udah keras. mobil 2018 tapi ban produksi 2017.
nanya ke ottoban BFG advantage touring musti indent yang ready cuma GT HPY... ditawarin micin 2.6jt per pcs langsung balik badan
setelah makan lalu fresh mikir mikir ane rada males kalo ban mesti indent toh mobil buat weekend aja banyak diemnya... sayang bgt kalo sekalinya dipake kenapa-napa terus cari ban musti pesen dulu. ya udahlah ke toko lain nanya, akhirnya pilihan paling masuk akal tetep oem : dunlop sp sport maxx 050 bawaan (1.300k/pcs). karena pilihan oem lain bridgestone dueler hl33 overbudget nya jauh bener 1.750k/pcs kok deket sama conti uc6 suv 1.850k/pcs. conti menggoda tapi ngga deh mobil jarang pake wkwkwk rusak nganggur bukan rusak pake sayang.
selama ini pake jg gak ada keluhan berarti... noise serumah udah ikhlas kayaknya namanya orang ga ngerti mobil semua, taunya ya emang bukan mercedes terus benchmark mobil di rumah LMPV semua
teteup pada akhirnya ban yang bagus kalah sama yang ready
nanya ke ottoban BFG advantage touring musti indent yang ready cuma GT HPY... ditawarin micin 2.6jt per pcs langsung balik badan

setelah makan lalu fresh mikir mikir ane rada males kalo ban mesti indent toh mobil buat weekend aja banyak diemnya... sayang bgt kalo sekalinya dipake kenapa-napa terus cari ban musti pesen dulu. ya udahlah ke toko lain nanya, akhirnya pilihan paling masuk akal tetep oem : dunlop sp sport maxx 050 bawaan (1.300k/pcs). karena pilihan oem lain bridgestone dueler hl33 overbudget nya jauh bener 1.750k/pcs kok deket sama conti uc6 suv 1.850k/pcs. conti menggoda tapi ngga deh mobil jarang pake wkwkwk rusak nganggur bukan rusak pake sayang.
selama ini pake jg gak ada keluhan berarti... noise serumah udah ikhlas kayaknya namanya orang ga ngerti mobil semua, taunya ya emang bukan mercedes terus benchmark mobil di rumah LMPV semua

teteup pada akhirnya ban yang bagus kalah sama yang ready

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12548
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
setujuChZ wrote: Fri Jan 06, 2023 7:38 barusan ngeganti ban di CRV RW1... odo read baru mau 30 ribu tapi ban udah rada mengenaskan. tread yang depan udah ngintip ke TWI kayaknya kombinasi jarang dipake juga karet udah keras. mobil 2018 tapi ban produksi 2017.
IMG20230106130011.jpg
nanya ke ottoban BFG advantage touring musti indent yang ready cuma GT HPY... ditawarin micin 2.6jt per pcs langsung balik badan![]()
setelah makan lalu fresh mikir mikir ane rada males kalo ban mesti indent toh mobil buat weekend aja banyak diemnya... sayang bgt kalo sekalinya dipake kenapa-napa terus cari ban musti pesen dulu. ya udahlah ke toko lain nanya, akhirnya pilihan paling masuk akal tetep oem : dunlop sp sport maxx 050 bawaan (1.300k/pcs). karena pilihan oem lain bridgestone dueler hl33 overbudget nya jauh bener 1.750k/pcs kok deket sama conti uc6 suv 1.850k/pcs. conti menggoda tapi ngga deh mobil jarang pake wkwkwk rusak nganggur bukan rusak pake sayang.
selama ini pake jg gak ada keluhan berarti... noise serumah udah ikhlas kayaknya namanya orang ga ngerti mobil semua, taunya ya emang bukan mercedes terus benchmark mobil di rumah LMPV semua![]()
IMG20230106125930.jpg
teteup pada akhirnya ban yang bagus kalah sama yang ready![]()

tp emg ini salah satu ban all rounder sih, awet juga.
btw knp gak nyoba LM705?
atau size gak ada ya emang?
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12548
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
wicaksono99 wrote: Fri Jan 06, 2023 7:38Emang harusnya internal lebih awet dibanding external.. Cuma external lebih gampang kalau habis batre bisa diganti sendiri (lebih gampang juga sih diisengin orang).Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 7:21mantap, batrenya seawet itu,wicaksono99 wrote: Fri Jan 06, 2023 7:15
Youngpro optimus om.. Internal TPMS.
Tuh fotonya pas ban kiri belakang meleduk. IMG_20221212_170405.jpg
Sellernya juga kadang ga tau produk, jualan tapi ga tau cara pairing internal sensor baru (replacement kalau sensor lama batre habis) ke display lama![]()
Manual booknya dah saya kantongin nih padahal![]()
harga emang gak bohong ya mbah![]()
Paling nggak kalau ga kebeli ban continental, kebeli pentil TPMSnya dulu om.. Wkwkwkwk


expektasinya UC6 sih mbah

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
gak ada size nya lm705Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 7:54 setuju![]()
tp emg ini salah satu ban all rounder sih, awet juga.
btw knp gak nyoba LM705?
atau size gak ada ya emang?

yang ada ukurannya direzza 102 tp gak ready. cuma ditawarin bs hl33 / sport maxx050
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12548
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
yah bener juga, if I were in your condition,ChZ wrote: Fri Jan 06, 2023 7:56gak ada size nya lm705Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 7:54 setuju![]()
tp emg ini salah satu ban all rounder sih, awet juga.
btw knp gak nyoba LM705?
atau size gak ada ya emang?adanya di website 225/60 atau 255/60.
yang ada ukurannya direzza 102 tp gak ready. cuma ditawarin bs hl33 / sport maxx050
I will do the same

selang seling naik motor sama mobil, udh biasa sama road noise
klo naik motor bukan road noise lagi, semua noise gak disaring, helm full face jg bantu dikit



yg penting bukan eco eco
Last edited by Suryaputra on Fri Jan 06, 2023 8:03, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: Mon Nov 01, 2021 4:47
- Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Goodyear Duraplus 2 15rb KM baru dirotasi kemaren di Bcepet.
Ternyata kentara banget bedanya. Depan mulai menipis, yg belakang bisa dibilang hampir fresh banget apalagi kalo abis dicuci ud kyk br ambil di rak
Ternyata kentara banget bedanya. Depan mulai menipis, yg belakang bisa dibilang hampir fresh banget apalagi kalo abis dicuci ud kyk br ambil di rak
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12548
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
FWD mbah?bensindanoli wrote: Fri Jan 06, 2023 8:02 Goodyear Duraplus 2 15rb KM baru dirotasi kemaren di Bcepet.
Ternyata kentara banget bedanya. Depan mulai menipis, yg belakang bisa dibilang hampir fresh banget apalagi kalo abis dicuci ud kyk br ambil di rak
sering gas poll?
atau ngerem keras?
padahal duraplus ini hard compound,
dan diklaim bisa up to 100rb KM

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 174
- Joined: Mon Mar 26, 2018 13:04
- Location: Indnesia
- Daily Vehicle: Car
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Kena budget berapa om kalo boleh tau? Itu profil ban nya HT apa AT ?fannykuncoro wrote: Fri Jan 06, 2023 4:48265/60 r18 di all new pajero sportHaharian wrote: Fri Jan 06, 2023 4:35Oh beda tipe beda ya om.. iota nya pake di mobil apa ukuran berapa om?fannykuncoro wrote: Thu Jan 05, 2023 19:24 Nah betul om, tergantung tipe bukan merk.. Soalnya saya pernah pake accelera phi, menurut saya biasa aja ban ini, kerasa klo hard compound (agak keras), trus pemakaian jangka lama (diatas 50%) agak benjol2 ga rata, grip biasa aja, agak berisik juga.. Jadi beda bgt ketika saya pake accelera iota st68, menurut saya ban ini enak bgt.. Empuk, silent, nge grip.. Padahal merk sama2 accelera kan? Cuma beda tipe aja.. Tapi balik lagi, review masing2 orang pada ban yg sama bisa beda2..![]()
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: Mon Nov 01, 2021 4:47
- Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Yoi om FWD Ecosport. Berat ke depan kali mobilnya dan memang jalan yg dilalui tak semulus aspal jagorawibahn.Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 8:03FWD mbah?bensindanoli wrote: Fri Jan 06, 2023 8:02 Goodyear Duraplus 2 15rb KM baru dirotasi kemaren di Bcepet.
Ternyata kentara banget bedanya. Depan mulai menipis, yg belakang bisa dibilang hampir fresh banget apalagi kalo abis dicuci ud kyk br ambil di rak
sering gas poll?
atau ngerem keras?
padahal duraplus ini hard compound,
dan diklaim bisa up to 100rb KM![]()
Kayaknya maksimal 30rb KM itu kalo dipaksa g dirotasi
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12548
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
hoo tipikal fwd sih yabensindanoli wrote: Fri Jan 06, 2023 8:41Yoi om FWD Ecosport. Berat ke depan kali mobilnya dan memang jalan yg dilalui tak semulus aspal jagorawibahn.Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 8:03FWD mbah?bensindanoli wrote: Fri Jan 06, 2023 8:02 Goodyear Duraplus 2 15rb KM baru dirotasi kemaren di Bcepet.
Ternyata kentara banget bedanya. Depan mulai menipis, yg belakang bisa dibilang hampir fresh banget apalagi kalo abis dicuci ud kyk br ambil di rak
sering gas poll?
atau ngerem keras?
padahal duraplus ini hard compound,
dan diklaim bisa up to 100rb KM![]()
Kayaknya maksimal 30rb KM itu kalo dipaksa g dirotasi
berat emg bobot ford ecosport di kelasnya apalagi fwd
curb weight Ecosport > Xpander
mantap yaa
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 277
- Joined: Thu Jun 28, 2018 9:05
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HRV 2019
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Makasih mbah sarannya... Tapi entah knp 35 psi buat saya kaya kerasa kempes ya.. Mungkin udah terbiasa 40 psi kali ya? Klo gitu ambil tengahnya aja ya mbah 38 psi (kok kaya tawar menawar barang) hahaha... Makasih mbah...Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 4:54Saran ajafannykuncoro wrote: Fri Jan 06, 2023 4:46Yg tertera max 45 psi omSuryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 2:47
hati2 klo jalan jauh mbah
bisa naik bbrp psi.
tekanan max yg tertera di sidewall ban brp?
Klo mbah suka tekanan yg lbh tinggi, baiknya hindari tekanan lebih tinggi dr ~35 PSI
Krn klo 40 psi, itu sudah menyentuh batas max pressure (ketika lg jalan jauh dan suhu panas bisa naik 10 an%).
Resikonya bisa pecah ban mbah![]()

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 277
- Joined: Thu Jun 28, 2018 9:05
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HRV 2019
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Betul om... Sepengalaman saya sih klo panas ngembang naik cuma 1 psi, kebanyakan sih selalu turun 3 - 4 psi setiap bulan..josomba wrote: Fri Jan 06, 2023 5:03 Angka psi yg di dinding ban adalah max COLD tire pressure.
Kalau tertulis 45psi, diisi 40psi ya aman... Ga perlu pusing pas panas ngembang dll.