kendibocor wrote: Thu Jan 05, 2023 2:53Haharian wrote: Thu Jan 05, 2023 1:03kendibocor wrote: Thu Jan 05, 2023 0:35
Iya om betul makanya road noise buat saya nomer 3, yang concern utama tuh grip di wet sama longevity nya karena mobil ini makanan nya cipali dan hujan tiap weekend om
Berarti road noise lebih baik GT ya kalo longevity gatau apakah lebih baik dibanding duo A
Re: Serba Serbi Ban Part 4
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Wed Jan 04, 2023 19:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Crv rm 3 2014
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
-
- SM Moderator
- Posts: 1354
- Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Sedikit saran yang om. Kalau mau beli Pacar yang Bagus dan Kaya beli di B-Q**k saja om. Disana harganya lebih miring dan gratis balancing. Entah spooringnya gratis atau gak. Soalnya saya bukan salesnya.Haharian wrote: Thu Jan 05, 2023 4:24Iya om bener. Direzza review nya jelek banget banget saya sampe kaget makanya nanya disini. Yang bikin mikir adalah kok banyak gt yang bilang ban nya gaenak terutama di wet.ChZ wrote: Thu Jan 05, 2023 2:52tyrereviews itu review kolektif jadi agak sulit statistiknya cuma berdasarkan kita ngisi berapa. dz102 ane pernah review di sono buset itu mah review ngarang bebas wkwkwkw kita nilai itu ban berapa. uda kayak kalo nonton film situs rottentomatoes. masalahnya mau kita liat yang road test mereka sendiri juga kebanyakan ban yang gak dijual disini.
BFG adv touring bukanya gak mahal om cuma 1.6 jutaan per pcs kalo liat online di ottoban (suggested retail price nya di web bfg juga segitu)saya jg lagi ngincer ini sih, baru nyadar CRV ane keluaran 2018 tapi ini ban keluaran 5117 (akhir 2017) artinya ud 5 taun pantes dibawa udah kurang enak
apalagi brand yang dibawa BFG identik ban off-road harusnya kuat.
dunlop dan falken pengalaman saya memang murah... tapi dunlop kalo udah mulai ngintip2 deket twi berisik dan turun banget performanya. ntah deh ini yang baru macem LM705 / DZ102 gimana.
falken enak pas baru tapi cepet berkurang dan kalo udah berkurang relatif sama penurunan performanya kyk dunlop. dah gitu ze914 udah ada penggantinya ze310r.
tapi kalau gak mau mahal dan gak mau sulit cari bengkel ya balik ke sport maxx 050. di tokoijo liat sih masih 1.3 jutaan per pcs, gak mahal. soalnya yang lebih murah iota st68 atau gt savero. BFG sebenernya kl liat di web banyak jg loh itu yang jual kayaknya kalo jual micin pasti jual BFG soalnya 1 anak perusahaan.
pilihan lain ya BS Dueler HL33 tapi mahal bgt cuma BS sih kalo ban kayak toyota, performa biasa aja tapi super kuat dan long lastingnaik size aja 235/60 cari bekasan CRV turbo
![]()
Bfg adv touring review bule emang mantep bgt om. Cuma kalo 1,6 dikali 4 kan selisihnya lumayan om dan belum spooring jg
Kalo dunlop emang iya om banyak dimana mana, cuma ya di wet standar aja gitu. Kalo savero katanya di wet bagus cuma longevity nya yang di sangsikan dan reputasi brand nya juga tau sendiri laah
Kalo dueller mah udah ga ditanya om cuma lagilagi bujet berbicara.. anw kalo 235/60 harusnya aman dan enak ya om?


-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
tyrereviews soalnya comparison suka aneh.... yakali si dz102 dibandingin sama micin ps4 harga aja 1/2 nyaHaharian wrote: Thu Jan 05, 2023 4:24 Iya om bener. Direzza review nya jelek banget banget saya sampe kaget makanya nanya disini. Yang bikin mikir adalah kok banyak gt yang bilang ban nya gaenak terutama di wet.
Bfg adv touring review bule emang mantep bgt om. Cuma kalo 1,6 dikali 4 kan selisihnya lumayan om dan belum spooring jg
Kalo dunlop emang iya om banyak dimana mana, cuma ya di wet standar aja gitu. Kalo savero katanya di wet bagus cuma longevity nya yang di sangsikan dan reputasi brand nya juga tau sendiri laah
Kalo dueller mah udah ga ditanya om cuma lagilagi bujet berbicara.. anw kalo 235/60 harusnya aman dan enak ya om?

yah iya sih kalau ban beda cuma ratusan ribu tapi dikali empat

235/60 kalo dari 225/60 sih yang jelas dry grip pasti improve lebih enak lebih napak. cm risiko tarikan agak berat.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Wed Jan 04, 2023 19:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Crv rm 3 2014
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Waaah om suhu yang satu ini terjun bebas dari conti lx ke saverojosomba wrote: Thu Jan 05, 2023 3:16Kalau secara durasi pakai, berapa tahun pakai om? Walau masih tebel, tp pecah2 nda om?
si conti lx2 soalnya lebih jarang dipake, baru 3 tahun/30rb KM dah pecah2 padahal tapak tebel bener. Akhirnya ane ganti savero suv aja dah. Pakein conti ke mobil yg lebih sering dipake aja jadinya sekarang.
![]()
![]()

Terus gimana tuh om savero nya? Katanya juga gampang getas ya?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Wed Jan 04, 2023 19:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Crv rm 3 2014
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Ah boroboro beli pacar, yang dirumah gratis aja jarang kepegang nya karena jauhsh00t wrote: Thu Jan 05, 2023 4:30
Sedikit saran yang om. Kalau mau beli Pacar yang Bagus dan Kaya beli di B-Q**k saja om. Disana harganya lebih miring dan gratis balancing. Entah spooringnya gratis atau gak. Soalnya saya bukan salesnya.![]()

Tapi kalo ada ingfo sales BQ boleh digeser om, gapapa saya pacarin demi dapet micin harga miring

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Wed Jan 04, 2023 19:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Crv rm 3 2014
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Tapi selama dipake enak ga om si dreza? Wet grip gimana?ChZ wrote: Thu Jan 05, 2023 4:33
tyrereviews soalnya comparison suka aneh.... yakali si dz102 dibandingin sama micin ps4 harga aja 1/2 nya![]()
yah iya sih kalau ban beda cuma ratusan ribu tapi dikali empatkalau cari wetgrip rata-rata ban all season macem savero pasti lebih bagus drpd summer tyre macem sp sport maxx. kalo gt radial yang seri summer tyre nya champiro hpy.
235/60 kalo dari 225/60 sih yang jelas dry grip pasti improve lebih enak lebih napak. cm risiko tarikan agak berat.
Iya bener mending fokus ke all season ya om dibanding summer tyre dan berarti aman lah ya dari 225/60 ke 235/60

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Abisnya sayang juga ban mayan oke tp jadi pecah2 karena jrg gelinding. Jadi pake yg murah aja lah wkwkwk.Haharian wrote: Thu Jan 05, 2023 4:35 Waaah om suhu yang satu ini terjun bebas dari conti lx ke savero![]()
Terus gimana tuh om savero nya? Katanya juga gampang getas ya?
Savero baru mau setahun, sejauh ini aman2 saja om. Sekitar 2 mingguan lalu baru dipake jkt-bandung, hujan deras banget di cipularang. Ngelawan genangan2, bisa dibilang oke juga ni ban, setir ga lari karena aquaplan.
OOT, paling horror kalau lewatin genangan selama ini, pas dulu pake Yokohama db e70

Last edited by josomba on Thu Jan 05, 2023 4:53, edited 1 time in total.

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Wed Jan 04, 2023 19:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Crv rm 3 2014
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Bahan mahal emang harusnya dinikmatin omjosomba wrote: Thu Jan 05, 2023 4:48 Abisnya sayang juga ban mayan oke tp jadi pecah2 karena jrg gelinding. Jadi pake yg murah aja lah wkwkwk.
Savero baru mau setahun, sejauh ini aman2 saja om.

Siapp thanks info saveronya om
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
kalo wet grip beberapa kali pernah iseng high speed di jalan licin gak sampe lepas kontrol yang gimana respon stir masih tajem2 aja... understeer jg gak terlalu berasa asal throttle nya main halus aja jangan langsung bejek ya selip. ini di civic saya udah power sekitar 230-240hp an. ya kalau review yang road test emang kalah dibanding bridgestone potenza series. tapi ya cheaper ya sudahlah wkwkwkkw.Haharian wrote: Thu Jan 05, 2023 4:47
Tapi selama dipake enak ga om si dreza? Wet grip gimana?
Iya bener mending fokus ke all season ya om dibanding summer tyre dan berarti aman lah ya dari 225/60 ke 235/60![]()
kalo di mobil lain harusnya much safer. cuma sensitif sama tekanan ban emang krn ban 225/45. saya biasa pake di 28 ajah paling pas ga pernah under load juga maksimal 2 pax


1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Wed Jan 04, 2023 19:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Crv rm 3 2014
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Ahahah ga lawan kalo mobilnya itu mah om. Kalo si RW1 sama Harrier nya pake ban apa om? Ban mahal pasti yahChZ wrote: Thu Jan 05, 2023 5:00 kalo wet grip beberapa kali pernah iseng high speed di jalan licin gak sampe lepas kontrol yang gimana respon stir masih tajem2 aja... understeer jg gak terlalu berasa asal throttle nya main halus aja jangan langsung bejek ya selip. ini di civic saya udah power sekitar 230-240hp an. ya kalau review yang road test emang kalah dibanding bridgestone potenza series. tapi ya cheaper ya sudahlah wkwkwkkw.
kalo di mobil lain harusnya much safer. cuma sensitif sama tekanan ban emang krn ban 225/45. saya biasa pake di 28 ajah paling pas ga pernah under load juga maksimal 2 paxouter treadnya kayak semislick SX2 hahahaha. enak pake ban ini kalo kering, ditekuk nurut banget jd ada corner lebar dikit pasti tergoda high speed

-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Rw1 masi bawaan sp sport maxx, harrier pake gy efficientgrip suvHaharian wrote: Thu Jan 05, 2023 5:14
Ahahah ga lawan kalo mobilnya itu mah om. Kalo si RW1 sama Harrier nya pake ban apa om? Ban mahal pasti yah![]()


1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1755
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Maaf nyamber, sepertinya maksud om mods beli Pacar yg bagus dan kaya itu ban dengan brand BFGoodrichHaharian wrote: Thu Jan 05, 2023 4:45Ah boroboro beli pacar, yang dirumah gratis aja jarang kepegang nya karena jauhsh00t wrote: Thu Jan 05, 2023 4:30
Sedikit saran yang om. Kalau mau beli Pacar yang Bagus dan Kaya beli di B-Q**k saja om. Disana harganya lebih miring dan gratis balancing. Entah spooringnya gratis atau gak. Soalnya saya bukan salesnya.![]()
![]()
Tapi kalo ada ingfo sales BQ boleh digeser om, gapapa saya pacarin demi dapet micin harga miring![]()
plesetan BF = Boyfriend aka pacar
-
- SM Moderator
- Posts: 1354
- Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Om, tau saja.AbdulHakim wrote: Thu Jan 05, 2023 6:31Maaf nyamber, sepertinya maksud om mods beli Pacar yg bagus dan kaya itu ban dengan brand BFGoodrichHaharian wrote: Thu Jan 05, 2023 4:45Ah boroboro beli pacar, yang dirumah gratis aja jarang kepegang nya karena jauhsh00t wrote: Thu Jan 05, 2023 4:30
Sedikit saran yang om. Kalau mau beli Pacar yang Bagus dan Kaya beli di B-Q**k saja om. Disana harganya lebih miring dan gratis balancing. Entah spooringnya gratis atau gak. Soalnya saya bukan salesnya.![]()
![]()
Tapi kalo ada ingfo sales BQ boleh digeser om, gapapa saya pacarin demi dapet micin harga miring![]()
plesetan BF = Boyfriend aka pacar

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Wah pengalaman saya pake Yoko e70 itu sih grip nya oke2 aja ya mbah, ngga separah waktu pake falken ze912.josomba wrote: Thu Jan 05, 2023 4:48Abisnya sayang juga ban mayan oke tp jadi pecah2 karena jrg gelinding. Jadi pake yg murah aja lah wkwkwk.Haharian wrote: Thu Jan 05, 2023 4:35 Waaah om suhu yang satu ini terjun bebas dari conti lx ke savero![]()
Terus gimana tuh om savero nya? Katanya juga gampang getas ya?
Savero baru mau setahun, sejauh ini aman2 saja om. Sekitar 2 mingguan lalu baru dipake jkt-bandung, hujan deras banget di cipularang. Ngelawan genangan2, bisa dibilang oke juga ni ban, setir ga lari karena aquaplan.
OOT, paling horror kalau lewatin genangan selama ini, pas dulu pake Yokohama db e70
![]()
Yoko e70 itu OEM nya elgrand kan ya
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 277
- Joined: Thu Jun 28, 2018 9:05
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HRV 2019
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
[Kalo review bule, menarik banget si Acellera Iota ini om, price point nya juga sangat oke, tapi ya gitu agak ragu sayah
[/quote]
Kebetulan saya bisa kasih sedikit review tentang salah satu ban lokal ini. Accelera Iota ST68 ini saya pernah pake di anps, ukuran 265/60 r18. Buat saya ban ini enak bgt, empuk, silent, nge grip baik di jalan kering maupun basah.. Best value for money lah.. Cuma ya lagi2 memang orang kita banyak yg meragukan merk ini maupun merk2 ban lokal yg lain.. Padahal diluar sana, bule2 itu nge test ban2 lokal kita dengan standar yg lebih tinggi, dan reviewnya bagus (tergantung tipe). Jadi ya pilihan dikembalikan ke kita masing2...
[/quote]
Ga pernah pake iota, tp kalo road noise ketolong sama konstruksi mobil om jg ga sih yg ladderframe. Biasanya ban berisik bakalan lebih kerasa di mobil2 monokok. Anyway, saya 2x pernah pake ban lokal merk duo A itu. Dua2nya nyerah si soal road noise. Kalo memang mau beli ban lokal, saya lebih prefer gt radial sih. Skrng mazda 2 saya pake gt radial, walaupun road noise mulai noticeable terutama di jalan beton, tp masih ga separah duo A. Kemaren pake A yg atr akhirnya saya jual gara2 ga tahan sama dengungnya. Masih sisa 5,5mm. Tp bener seperti kata om jg, tipe ban pasti memberikan performa dan kenyamanan yg beda2.
[/quote]
Nah betul om, tergantung tipe bukan merk.. Soalnya saya pernah pake accelera phi, menurut saya biasa aja ban ini, kerasa klo hard compound (agak keras), trus pemakaian jangka lama (diatas 50%) agak benjol2 ga rata, grip biasa aja, agak berisik juga.. Jadi beda bgt ketika saya pake accelera iota st68, menurut saya ban ini enak bgt.. Empuk, silent, nge grip.. Padahal merk sama2 accelera kan? Cuma beda tipe aja.. Tapi balik lagi, review masing2 orang pada ban yg sama bisa beda2..
[/quote]
Kebetulan saya bisa kasih sedikit review tentang salah satu ban lokal ini. Accelera Iota ST68 ini saya pernah pake di anps, ukuran 265/60 r18. Buat saya ban ini enak bgt, empuk, silent, nge grip baik di jalan kering maupun basah.. Best value for money lah.. Cuma ya lagi2 memang orang kita banyak yg meragukan merk ini maupun merk2 ban lokal yg lain.. Padahal diluar sana, bule2 itu nge test ban2 lokal kita dengan standar yg lebih tinggi, dan reviewnya bagus (tergantung tipe). Jadi ya pilihan dikembalikan ke kita masing2...

[/quote]
Ga pernah pake iota, tp kalo road noise ketolong sama konstruksi mobil om jg ga sih yg ladderframe. Biasanya ban berisik bakalan lebih kerasa di mobil2 monokok. Anyway, saya 2x pernah pake ban lokal merk duo A itu. Dua2nya nyerah si soal road noise. Kalo memang mau beli ban lokal, saya lebih prefer gt radial sih. Skrng mazda 2 saya pake gt radial, walaupun road noise mulai noticeable terutama di jalan beton, tp masih ga separah duo A. Kemaren pake A yg atr akhirnya saya jual gara2 ga tahan sama dengungnya. Masih sisa 5,5mm. Tp bener seperti kata om jg, tipe ban pasti memberikan performa dan kenyamanan yg beda2.
[/quote]
Nah betul om, tergantung tipe bukan merk.. Soalnya saya pernah pake accelera phi, menurut saya biasa aja ban ini, kerasa klo hard compound (agak keras), trus pemakaian jangka lama (diatas 50%) agak benjol2 ga rata, grip biasa aja, agak berisik juga.. Jadi beda bgt ketika saya pake accelera iota st68, menurut saya ban ini enak bgt.. Empuk, silent, nge grip.. Padahal merk sama2 accelera kan? Cuma beda tipe aja.. Tapi balik lagi, review masing2 orang pada ban yg sama bisa beda2..

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1755
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Kebetulan saya bisa kasih sedikit review tentang salah satu ban lokal ini. Accelera Iota ST68 ini saya pernah pake di anps, ukuran 265/60 r18. Buat saya ban ini enak bgt, empuk, silent, nge grip baik di jalan kering maupun basah.. Best value for money lah.. Cuma ya lagi2 memang orang kita banyak yg meragukan merk ini maupun merk2 ban lokal yg lain.. Padahal diluar sana, bule2 itu nge test ban2 lokal kita dengan standar yg lebih tinggi, dan reviewnya bagus (tergantung tipe). Jadi ya pilihan dikembalikan ke kita masing2...fannykuncoro wrote: Thu Jan 05, 2023 19:24 [Kalo review bule, menarik banget si Acellera Iota ini om, price point nya juga sangat oke, tapi ya gitu agak ragu sayah

[/quote]
Ga pernah pake iota, tp kalo road noise ketolong sama konstruksi mobil om jg ga sih yg ladderframe. Biasanya ban berisik bakalan lebih kerasa di mobil2 monokok. Anyway, saya 2x pernah pake ban lokal merk duo A itu. Dua2nya nyerah si soal road noise. Kalo memang mau beli ban lokal, saya lebih prefer gt radial sih. Skrng mazda 2 saya pake gt radial, walaupun road noise mulai noticeable terutama di jalan beton, tp masih ga separah duo A. Kemaren pake A yg atr akhirnya saya jual gara2 ga tahan sama dengungnya. Masih sisa 5,5mm. Tp bener seperti kata om jg, tipe ban pasti memberikan performa dan kenyamanan yg beda2.
[/quote]
Nah betul om, tergantung tipe bukan merk.. Soalnya saya pernah pake accelera phi, menurut saya biasa aja ban ini, kerasa klo hard compound (agak keras), trus pemakaian jangka lama (diatas 50%) agak benjol2 ga rata, grip biasa aja, agak berisik juga.. Jadi beda bgt ketika saya pake accelera iota st68, menurut saya ban ini enak bgt.. Empuk, silent, nge grip.. Padahal merk sama2 accelera kan? Cuma beda tipe aja.. Tapi balik lagi, review masing2 orang pada ban yg sama bisa beda2..

[/quote]
Accelerat iota st68 R18 ini tak lihat ratingnya termasuk tinggi 105V harganya juga sangat bersahabat
Trus, penampakannya apakah keliatan kayak kurang angin meski tekanan sudah 30-33 psi om?
kalo konsisten masih lurus/kotak, bakal keren tampilannya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 277
- Joined: Thu Jun 28, 2018 9:05
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HRV 2019
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Accelera iota st68 R18 ini tak lihat ratingnya termasuk tinggi 105V harganya juga sangat bersahabat
Trus, penampakannya apakah keliatan kayak kurang angin meski tekanan sudah 30-33 psi om?
kalo konsisten masih lurus/kotak, bakal keren tampilannya
[/quote]
Mungkin juga om.. Tapi kebetulan saya punya pakem sendiri tentang tekanan ban ini.. Dari dulu saya selalu pake tekanan 40 psi rata di semua ban. Mungkin bagi banyak orang dianggap terlalu keras, tapi buat saya yg udah mempraktekkannya, malah lebih banyak efek positif nya.. Yaitu selalu aman klo kena lobang, stir enteng, tarikan enteng, tidak limbung, dan menurut saya ga keras kok.. Setiap sebulan sekali saya check tekanan biasanya turun jadi 37 - 38. Trus saya tambahin lagi jadi 40 psi. Begitu seterusnya..
Trus, penampakannya apakah keliatan kayak kurang angin meski tekanan sudah 30-33 psi om?
kalo konsisten masih lurus/kotak, bakal keren tampilannya
[/quote]
Mungkin juga om.. Tapi kebetulan saya punya pakem sendiri tentang tekanan ban ini.. Dari dulu saya selalu pake tekanan 40 psi rata di semua ban. Mungkin bagi banyak orang dianggap terlalu keras, tapi buat saya yg udah mempraktekkannya, malah lebih banyak efek positif nya.. Yaitu selalu aman klo kena lobang, stir enteng, tarikan enteng, tidak limbung, dan menurut saya ga keras kok.. Setiap sebulan sekali saya check tekanan biasanya turun jadi 37 - 38. Trus saya tambahin lagi jadi 40 psi. Begitu seterusnya..

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12548
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
hati2 klo jalan jauh mbahfannykuncoro wrote: Fri Jan 06, 2023 2:39
Mungkin juga om.. Tapi kebetulan saya punya pakem sendiri tentang tekanan ban ini.. Dari dulu saya selalu pake tekanan 40 psi rata di semua ban. Mungkin bagi banyak orang dianggap terlalu keras, tapi buat saya yg udah mempraktekkannya, malah lebih banyak efek positif nya.. Yaitu selalu aman klo kena lobang, stir enteng, tarikan enteng, tidak limbung, dan menurut saya ga keras kok.. Setiap sebulan sekali saya check tekanan biasanya turun jadi 37 - 38. Trus saya tambahin lagi jadi 40 psi. Begitu seterusnya..![]()
bisa naik bbrp psi.
tekanan max yg tertera di sidewall ban brp?
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Wed Jan 04, 2023 19:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Crv rm 3 2014
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Oh beda tipe beda ya om.. iota nya pake di mobil apa ukuran berapa om?fannykuncoro wrote: Thu Jan 05, 2023 19:24 Nah betul om, tergantung tipe bukan merk.. Soalnya saya pernah pake accelera phi, menurut saya biasa aja ban ini, kerasa klo hard compound (agak keras), trus pemakaian jangka lama (diatas 50%) agak benjol2 ga rata, grip biasa aja, agak berisik juga.. Jadi beda bgt ketika saya pake accelera iota st68, menurut saya ban ini enak bgt.. Empuk, silent, nge grip.. Padahal merk sama2 accelera kan? Cuma beda tipe aja.. Tapi balik lagi, review masing2 orang pada ban yg sama bisa beda2..![]()
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Wed Jan 04, 2023 19:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Crv rm 3 2014
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Wuih.. kalo pake tekanan angin kenceng gitu aman om? Kan jauh diatas guidance yang diberikan pabrikan?fannykuncoro wrote: Fri Jan 06, 2023 2:39 Mungkin juga om.. Tapi kebetulan saya punya pakem sendiri tentang tekanan ban ini.. Dari dulu saya selalu pake tekanan 40 psi rata di semua ban. Mungkin bagi banyak orang dianggap terlalu keras, tapi buat saya yg udah mempraktekkannya, malah lebih banyak efek positif nya.. Yaitu selalu aman klo kena lobang, stir enteng, tarikan enteng, tidak limbung, dan menurut saya ga keras kok.. Setiap sebulan sekali saya check tekanan biasanya turun jadi 37 - 38. Trus saya tambahin lagi jadi 40 psi. Begitu seterusnya..![]()
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 277
- Joined: Thu Jun 28, 2018 9:05
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HRV 2019
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Yg tertera max 45 psi omSuryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 2:47hati2 klo jalan jauh mbahfannykuncoro wrote: Fri Jan 06, 2023 2:39
Mungkin juga om.. Tapi kebetulan saya punya pakem sendiri tentang tekanan ban ini.. Dari dulu saya selalu pake tekanan 40 psi rata di semua ban. Mungkin bagi banyak orang dianggap terlalu keras, tapi buat saya yg udah mempraktekkannya, malah lebih banyak efek positif nya.. Yaitu selalu aman klo kena lobang, stir enteng, tarikan enteng, tidak limbung, dan menurut saya ga keras kok.. Setiap sebulan sekali saya check tekanan biasanya turun jadi 37 - 38. Trus saya tambahin lagi jadi 40 psi. Begitu seterusnya..![]()
bisa naik bbrp psi.
tekanan max yg tertera di sidewall ban brp?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 277
- Joined: Thu Jun 28, 2018 9:05
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HRV 2019
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
265/60 r18 di all new pajero sportHaharian wrote: Fri Jan 06, 2023 4:35Oh beda tipe beda ya om.. iota nya pake di mobil apa ukuran berapa om?fannykuncoro wrote: Thu Jan 05, 2023 19:24 Nah betul om, tergantung tipe bukan merk.. Soalnya saya pernah pake accelera phi, menurut saya biasa aja ban ini, kerasa klo hard compound (agak keras), trus pemakaian jangka lama (diatas 50%) agak benjol2 ga rata, grip biasa aja, agak berisik juga.. Jadi beda bgt ketika saya pake accelera iota st68, menurut saya ban ini enak bgt.. Empuk, silent, nge grip.. Padahal merk sama2 accelera kan? Cuma beda tipe aja.. Tapi balik lagi, review masing2 orang pada ban yg sama bisa beda2..![]()
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12548
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Saran ajafannykuncoro wrote: Fri Jan 06, 2023 4:46Yg tertera max 45 psi omSuryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 2:47hati2 klo jalan jauh mbahfannykuncoro wrote: Fri Jan 06, 2023 2:39
Mungkin juga om.. Tapi kebetulan saya punya pakem sendiri tentang tekanan ban ini.. Dari dulu saya selalu pake tekanan 40 psi rata di semua ban. Mungkin bagi banyak orang dianggap terlalu keras, tapi buat saya yg udah mempraktekkannya, malah lebih banyak efek positif nya.. Yaitu selalu aman klo kena lobang, stir enteng, tarikan enteng, tidak limbung, dan menurut saya ga keras kok.. Setiap sebulan sekali saya check tekanan biasanya turun jadi 37 - 38. Trus saya tambahin lagi jadi 40 psi. Begitu seterusnya..![]()
bisa naik bbrp psi.
tekanan max yg tertera di sidewall ban brp?
Klo mbah suka tekanan yg lbh tinggi, baiknya hindari tekanan lebih tinggi dr ~35 PSI
Krn klo 40 psi, itu sudah menyentuh batas max pressure (ketika lg jalan jauh dan suhu panas bisa naik 10 an%).
Resikonya bisa pecah ban mbah

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Angka psi yg di dinding ban adalah max COLD tire pressure.
Kalau tertulis 45psi, diisi 40psi ya aman... Ga perlu pusing pas panas ngembang dll.
Kalau tertulis 45psi, diisi 40psi ya aman... Ga perlu pusing pas panas ngembang dll.

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12548
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Klo kata mbah onojosomba wrote: Fri Jan 06, 2023 5:03 Angka psi yg di dinding ban adalah max COLD tire pressure.
Kalau tertulis 45psi, diisi 40psi ya aman... Ga perlu pusing pas panas ngembang dll.
Ibarat jeruk gak enak klo diperes mendekati habis
Udh mulai pait

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri