12punch wrote: Tue Dec 27, 2022 6:00
suhu mau nanya dong berhubung lg bahas servis2 berkala,
karena kan BeRes indonesia ini memang keliatannya agak unik ya penggantian2nya ada yg disebut lifetime lah wkwkw jd mereka ga mau ganti.
kalo kita mau servis diluar BeRes,
om2 suhu bisa di rangkumkan tidak ya jd yang Rutin bgt yg harus kita ganti tiap 6 bulan / tiap tahun apa ya?
- Oli Mesin + Filter Mesin (tiap 6 bulan / 1 tahun tergantung jenis oli)
- Oli Transmisi (tiap ... Tahun / ... km ?)
- Air Colant (tiap ... Tahun / ... km ?)
- Minyak rem (tiap ... Tahun / ... km ?)
- ... apa lagi ya?
kita orang bukan suhu, palagi master
cuman orang yg doyang ngolong, fine tune yg ga penting katanya, dan ga takut tangan belumuran oli , numpang coret2 ya mbah
oli mesin DAN FILTER, wajip ganti per maks 6 rebu km atau 6 bulan , kcuali rute bus PO AKAP tiap ari, nah ini silahkan mo 10 rebu 15 rebu (tp mo ganti filter oli nya doank per 5 rebu jg GAPAPA, ga bakal ngerusak mesin koq) , terlepas mo oli apapun
transmisi manual maks 20 rebu aj, ga usa yg mahal2, kl gardan bsa 30 rebu tp jgn di push lebi jauh lg, dan ga usa pake yg mahal2 jg ud ckup
atf metik, tap n fill per 20 rebu km, beresss.. ga usa flush2an sgala jg ud ckup
coolant kl pake tmo, preston, menol bsa per 4 taon , kl kelas megakul, proksima dkk yg segalon dibawah 50 rebu, ganti tiap perpanjang stnk
minyak rem dan servis bersih2 rem, wajip tiap perpanjang stnk
filter udara tiap perpanjang stnk
busi, kl yg hobi fine tune ga penting, pake yg nikel, buat tarikan lebi enak, tp wajip ganti tiap maks 20 rebu km.. kl yg males, pake iridium TWIN TIP, jgn yg SINGLE TIP, ganti per... seancurnya tu busi
tembak vet ke as kopel , tiap perpanjang stnk