Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ChZ wrote: Tue Dec 27, 2022 3:19 wkwkwkw.... justru kita bisa ributin hal-hal begini dan tdk dianggap aneh itu ya di forum begini. ngomong sama temen apa keluarga yang gak paham mobil, kata-kata yang keluar ya sama "ganti oli ribet amat". bisa enjoying OCD kita pada mobil ya di forum mobil seperti ini
padahal forum SM itu besar dari nerds, dulu di forum sebelah myth nya kalo join SM itu udah isinya dewa dewa otomotif
ada sy pernah dibilang waktu bikin review mobil "ganggu orang kerja menghambat rezeki orang krn coba coba doank tapi gak beli, penasaran ya beli, gak cocok jual" lah yang punya dealer kasih tu mobil emang buat orang coba-coba, gak ada disclaimer "mencoba berarti membeli".
nggak ada pembicaraan bermutu kalo solusinya selalu lempar ganti baru. itu solusi orang duit unlimited, orang bisa beli mobil emang mampu tp duit nya gak berarti unlimited.
Bener banget ni mbah. Kadang kalo ngomong ma keluarga yg taunya pake mobil doang, dianggap lebay kita. Kaya ane asal lagi pergi ma mertua pake mbl mertua gara2 ngasal rawat ada aja berasa ga enaknya kan. Brp kali pergi bareng pake mobil dia, ane kasih tau ini itu uda harus maintenance/replaced lama2 malah dibilang "asal lu bawa mobil ada aja masalahnya"
Type2 user yg "tahu-nya" pake inilah yg cocok punya EV
EV gak ada lagi ritual ganti2 oli 6 - 12 bulan
Ganti minyak rem / Gear oil / Coolant pun intervalnya tahunan
pas mau ganti batre, jual segelondong, udh kaya jual laptop / HP bekas.
beli baru lagi, instant powah
Klo mobil terawat:
1. yg nyaman kan user berikutnya
2. manfaat-nya balik ke kita juga klo next user happy dan mbl terawat
3. mobil baret mah gampang bisa dipoles / cat ulang klo ada duit... lah klo mesin ada gejala knp2? bisa gak tidur 7 hari 7 malam
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kendibocor wrote: Tue Dec 27, 2022 3:30
Bener banget ni mbah. Kadang kalo ngomong ma keluarga yg taunya pake mobil doang, dianggap lebay kita. Kaya ane asal lagi pergi ma mertua pake mbl mertua gara2 ngasal rawat ada aja berasa ga enaknya kan. Brp kali pergi bareng pake mobil dia, ane kasih tau ini itu uda harus preventive maintenance/replaced lama2 malah dibilang "asal lu bawa mobil ada aja masalahnya"
Emang kalo tipe yg 5 thn sekali ganti mbl ya susah dingomong sih. Kebanyakan kalo mobil ga dirawat baru berasanya beyond 5 year ownership jg.
every non car guy di sekitar kita, berpegang pada myth mobil "5 tahun udah capek, perlu ganti". bahkan mulai service ondersteel aja dibilang udah mulai rewel waktunya ganti. pdhl service ondersteel paling sejuta ganti bushing doank, ganti mobil uda sama depresiasi nambahnya cepektiau segitu allergy nya ke bengkel sampe service onderstel aja dianggep rewel.
cewe gw aja rada anti mobil bekas katanya nanti banyak service, kebiasaan ma bokapnya mobil selalu baru. bayangan dia service mobil tuh abisnya semobil kali yah pdhl kalo ke specialist shirr repairing plisurr aja e39/e36/e46 itu service gak lbh mahal dari mopang zaman sekarang
nih kmrn sempet research e60 yang katanya rewel service rutin 1.4jt doank. ya pasti lebih sering tp kalo harga mobilnya waktu baru 1eM, bekas tinggal cepektiau, 5 thn pake gak bakal abis sampe 1eM juga msh lebih murah dari haerpi baru bahkan kl harus ganti mecha pun "cuma" 35juta colek mbah @KielConstantine
esaka wrote: Mon Dec 26, 2022 15:08
Seru sih liat para pertapa semprot, eh pertapa sermot (serayamotor) diskusi perkara sesederhana ini.
Ya namanya forum segmented dan masih ada aroma vibes dari forum ka*ku* dulu.
Happy endingnya sih agree-to-disagree yak. Namanya aja bertukar pandangan.
Kalau nanti H-korea melakukan revisi, bagus lah.
SantaFe itu mobil lejen H-korea yg laku dan dapat tempat di hati user lokalan meski butuh waktu lama.
Gw berharap kalau nantinya memang ada produk yg OCI bisa 15.000KM beneran tanpa tetek bengek TnC + pake oli dalam blacklist oli suhu Turboman, yang untung kan konsumen juga toh.
wkwkwkw.... justru kita bisa ributin hal-hal begini dan tdk dianggap aneh itu ya di forum begini. ngomong sama temen apa keluarga yang gak paham mobil, kata-kata yang keluar ya sama "ganti oli ribet amat". bisa enjoying OCD kita pada mobil ya di forum mobil seperti ini
padahal forum SM itu besar dari nerds, dulu di forum sebelah myth nya kalo join SM itu udah isinya dewa dewa otomotif
ada sy pernah dibilang waktu bikin review mobil "ganggu orang kerja menghambat rezeki orang krn coba coba doank tapi gak beli, penasaran ya beli, gak cocok jual" lah yang punya dealer kasih tu mobil emang buat orang coba-coba, gak ada disclaimer "mencoba berarti membeli".
nggak ada pembicaraan bermutu kalo solusinya selalu lempar ganti baru. itu solusi orang duit unlimited, orang bisa beli mobil emang mampu tp duit nya gak berarti unlimited.
Kadang merawat mobil juga ada kesenanganya tersediri ya. Apalagi saat mobil kita di coba sama orang lain dan mereka bingung "kok, mobil gw gak kyk gini, padahal mobilnya sama, Di remap ya?" Ini lah yang di alami salah satu customer saya dengan Q8 Auto MV, FT8800 , T65 di Innova Dieselnya , temennya servisan beres
kendibocor wrote:
Bener banget ni mbah. Kadang kalo ngomong ma keluarga yg taunya pake mobil doang, dianggap lebay kita. Kaya ane asal lagi pergi ma mertua pake mbl mertua gara2 ngasal rawat ada aja berasa ga enaknya kan. Brp kali pergi bareng pake mobil dia, ane kasih tau ini itu uda harus maintenance/replaced lama2 malah dibilang "asal lu bawa mobil ada aja masalahnya"
Type2 user yg "tahu-nya" pake inilah yg cocok punya EV
EV gak ada lagi ritual ganti2 oli 6 - 12 bulan
Ganti minyak rem / Gear oil / Coolant pun intervalnya tahunan
pas mau ganti batre, jual segelondong, udh kaya jual laptop / HP bekas.
beli baru lagi, instant powah
Klo mobil terawat:
1. yg nyaman kan user berikutnya
2. manfaat-nya balik ke kita juga klo next user happy dan mbl terawat
3. mobil baret mah gampang bisa dipoles / cat ulang klo ada duit... lah klo mesin ada gejala knp2? bisa gak tidur 7 hari 7 malam
Turboman wrote: Tue Dec 27, 2022 3:34
Type2 user yg "tahu-nya" pake inilah yg cocok punya EV
EV gak ada lagi ritual ganti2 oli 6 - 12 bulan
Ganti minyak rem / Gear oil / Coolant pun intervalnya tahunan
pas mau ganti batre, jual segelondong, udh kaya jual laptop / HP bekas.
beli baru lagi, instant powah
Klo mobil terawat:
1. yg nyaman kan user berikutnya
2. manfaat-nya balik ke kita juga klo next user happy dan mbl terawat
3. mobil baret mah gampang bisa dipoles / cat ulang klo ada duit... lah klo mesin ada gejala knp2? bisa gak tidur 7 hari 7 malam
pas mau ganti batre, jual segelondong, udh kaya jual laptop / HP bekas.
beli baru lagi, instant powah
Klo mobil terawat:
1. yg nyaman kan user berikutnya
2. manfaat-nya balik ke kita juga klo next user happy dan mbl terawat
3. mobil baret mah gampang bisa dipoles / cat ulang klo ada duit... lah klo mesin ada gejala knp2? bisa gak tidur 7 hari 7 malam
ChZ wrote: Tue Dec 27, 2022 3:19 wkwkwkw.... justru kita bisa ributin hal-hal begini dan tdk dianggap aneh itu ya di forum begini. ngomong sama temen apa keluarga yang gak paham mobil, kata-kata yang keluar ya sama "ganti oli ribet amat". bisa enjoying OCD kita pada mobil ya di forum mobil seperti ini
padahal forum SM itu besar dari nerds, dulu di forum sebelah myth nya kalo join SM itu udah isinya dewa dewa otomotif
ada sy pernah dibilang waktu bikin review mobil "ganggu orang kerja menghambat rezeki orang krn coba coba doank tapi gak beli, penasaran ya beli, gak cocok jual" lah yang punya dealer kasih tu mobil emang buat orang coba-coba, gak ada disclaimer "mencoba berarti membeli".
nggak ada pembicaraan bermutu kalo solusinya selalu lempar ganti baru. itu solusi orang duit unlimited, orang bisa beli mobil emang mampu tp duit nya gak berarti unlimited.
Bener banget ni mbah. Kadang kalo ngomong ma keluarga yg taunya pake mobil doang, dianggap lebay kita. Kaya ane asal lagi pergi ma mertua pake mbl mertua gara2 ngasal rawat ada aja berasa ga enaknya kan. Brp kali pergi bareng pake mobil dia, ane kasih tau ini itu uda harus maintenance/replaced lama2 malah dibilang "asal lu bawa mobil ada aja masalahnya"
Type2 user yg "tahu-nya" pake inilah yg cocok punya EV
EV gak ada lagi ritual ganti2 oli 6 - 12 bulan
Ganti minyak rem / Gear oil / Coolant pun intervalnya tahunan
suhu mau nanya dong berhubung lg bahas servis2 berkala,
karena kan BeRes indonesia ini memang keliatannya agak unik ya penggantian2nya ada yg disebut lifetime lah wkwkw jd mereka ga mau ganti.
kalo kita mau servis diluar BeRes,
om2 suhu bisa di rangkumkan tidak ya jd yang Rutin bgt yg harus kita ganti tiap 6 bulan / tiap tahun apa ya?
- Oli Mesin + Filter Mesin (tiap 6 bulan / 1 tahun tergantung jenis oli)
- Oli Transmisi (tiap ... Tahun / ... km ?)
- Air Colant (tiap ... Tahun / ... km ?)
- Minyak rem (tiap ... Tahun / ... km ?)
- ... apa lagi ya?
Last edited by 12punch on Tue Dec 27, 2022 6:13, edited 1 time in total.
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
12punch wrote: Tue Dec 27, 2022 6:00
kalo kita mau servis diluar BeRes,
IMHO... Interval ganti
- Oli Transmisi MT AT CVT + Gardan (tiap 2 Tahun / 20rb km)
- Air Colant (tiap 1 Tahun) / 2 tahun max
- Minyak rem (tiap 1 Tahun)
- Power Steering jika ada, tiap 2 tahun
- Kopling jika ada, tiap 2 tahun
- Air wiper berkala pakai air aqua vit galon dsb --> klo air ledeng bikin mampet lobang wiper
Last edited by Suryaputra on Tue Dec 27, 2022 6:06, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
12punch wrote: Tue Dec 27, 2022 6:00
kalo kita mau servis diluar BeRes,
IMHO... Interval ganti
- Oli Transmisi MT AT CVT + Gardan (tiap 2 Tahun / 20rb km)
- Air Colant (tiap 1 Tahun) / 2 tahun max
- Minyak rem (tiap 1 Tahun)
- Power Steering jika ada, tiap 2 tahun
- Kopling jika ada, tiap 2 tahun
- Air wiper berkala pakai air aqua vit galon dsb --> klo air ledeng bikin mampet lobang wiper
mantap suhu thankyouu
oli transmisi ganti deh abis ini + air colant kayanya udh lama wkwkwk
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
12punch wrote: Tue Dec 27, 2022 6:00
kalo kita mau servis diluar BeRes,
IMHO... Interval ganti
- Oli Transmisi MT AT CVT + Gardan (tiap 2 Tahun / 20rb km)
- Air Colant (tiap 1 Tahun) / 2 tahun max
- Minyak rem (tiap 1 Tahun)
- Power Steering jika ada, tiap 2 tahun
- Kopling jika ada, tiap 2 tahun
- Air wiper berkala pakai air aqua vit galon dsb --> klo air ledeng bikin mampet lobang wiper
Air wiper pake air RO/ distilled kyk amidis lebih bagus, kalo air mineral lama lama juga ada kerak.
Selain itu cek per ac an , oli compressor, filter udara, filter ac cabin, spooring balancing, cek bushing dan kaki kaki
12punch wrote: Tue Dec 27, 2022 6:00
kalo kita mau servis diluar BeRes,
IMHO... Interval ganti
- Oli Transmisi MT AT CVT + Gardan (tiap 2 Tahun / 20rb km)
- Air Colant (tiap 1 Tahun) / 2 tahun max
- Minyak rem (tiap 1 Tahun)
- Power Steering jika ada, tiap 2 tahun
- Kopling jika ada, tiap 2 tahun
- Air wiper berkala pakai air aqua vit galon dsb --> klo air ledeng bikin mampet lobang wiper
Air wiper pake air RO/ distilled kyk amidis lebih bagus, kalo air mineral lama lama juga ada kerak.
Selain itu cek per ac an , oli compressor, filter udara, filter ac cabin, spooring balancing, cek bushing dan kaki kaki
Menambahkan yg di bold ini
Klo memang ada waktu luang misal kayak skrg pas musim liburan dan mau ngolong bentar
Untuk karet2 misal bushing lower arm, karet engine mounting bisa disemprot PTFE teflon dry lube
Merk bebas, mau ada wd4*, vroa*m, crc, dup*nt, v*lvoline dll
Harga kisaran seratus ribuan keatas tergantung merk
Sangat membantu menjaga kondisi karet2 bushing agar lebih awet (tidak gampang pecah karena getas kering usia) dan tidak mengikat debu
Apalagi di engine mounting yg terpapar panas dari mesin
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
12punch wrote: Tue Dec 27, 2022 6:00
kalo kita mau servis diluar BeRes,
IMHO... Interval ganti
- Oli Transmisi MT AT CVT + Gardan (tiap 2 Tahun / 20rb km)
- Air Colant (tiap 1 Tahun) / 2 tahun max
- Minyak rem (tiap 1 Tahun)
- Power Steering jika ada, tiap 2 tahun
- Kopling jika ada, tiap 2 tahun
- Air wiper berkala pakai air aqua vit galon dsb --> klo air ledeng bikin mampet lobang wiper
Air wiper pake air RO/ distilled kyk amidis lebih bagus, kalo air mineral lama lama juga ada kerak.
Selain itu cek per ac an , oli compressor, filter udara, filter ac cabin, spooring balancing, cek bushing dan kaki kaki
mungkin dalam jangka 10 tahun kali yaa atau air aqua palsu?
di lobang wiper so far blm terlihat ada tanda penyumbatan / putih putih kering selama pakai air botol aqua atau vit / galon aqua.
*udh jalan 5 thn pk air aqua galon dan kadang sesekali air botol indomaret
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
IMHO... Interval ganti
- Oli Transmisi MT AT CVT + Gardan (tiap 2 Tahun / 20rb km)
- Air Colant (tiap 1 Tahun) / 2 tahun max
- Minyak rem (tiap 1 Tahun)
- Power Steering jika ada, tiap 2 tahun
- Kopling jika ada, tiap 2 tahun
- Air wiper berkala pakai air aqua vit galon dsb --> klo air ledeng bikin mampet lobang wiper
Air wiper pake air RO/ distilled kyk amidis lebih bagus, kalo air mineral lama lama juga ada kerak.
Selain itu cek per ac an , oli compressor, filter udara, filter ac cabin, spooring balancing, cek bushing dan kaki kaki
Menambahkan yg di bold ini
Klo memang ada waktu luang misal kayak skrg pas musim liburan dan mau ngolong bentar
Untuk karet2 misal bushing lower arm, karet engine mounting bisa disemprot PTFE teflon dry lube
Merk bebas, mau ada wd4*, vroa*m, crc, dup*nt, v*lvoline dll
Harga kisaran seratus ribuan keatas tergantung merk
Sangat membantu menjaga kondisi karet2 bushing agar lebih awet (tidak gampang pecah karena getas kering usia) dan tidak mengikat debu
Apalagi di engine mounting yg terpapar panas dari mesin
sy klo di karet2 bushing kaki", motor atau mobil, sy semprot Silicone Spray
bunyi kriyet2 jadi hilang klo biasa dr musim hujan ke panas.
dan mencegah crack atau kekeringan pada karet juga, jadi tetap lembab.
*gambar hanya mulustrasi
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
sahabatq8 wrote: Tue Dec 27, 2022 4:41
Kadang merawat mobil juga ada kesenanganya tersediri ya. Apalagi saat mobil kita di coba sama orang lain dan mereka bingung "kok, mobil gw gak kyk gini, padahal mobilnya sama, Di remap ya?" Ini lah yang di alami salah satu customer saya dengan Q8 Auto MV, FT8800 , T65 di Innova Dieselnya , temennya servisan beres
di saat ke bengkel dengerin suara mesin halusnya gak sama aja udah bikin overthinking ya om
12punch wrote: Tue Dec 27, 2022 6:00
suhu mau nanya dong berhubung lg bahas servis2 berkala,
karena kan BeRes indonesia ini memang keliatannya agak unik ya penggantian2nya ada yg disebut lifetime lah wkwkw jd mereka ga mau ganti.
kalo kita mau servis diluar BeRes,
om2 suhu bisa di rangkumkan tidak ya jd yang Rutin bgt yg harus kita ganti tiap 6 bulan / tiap tahun apa ya?
- Oli Mesin + Filter Mesin (tiap 6 bulan / 1 tahun tergantung jenis oli)
- Oli Transmisi (tiap ... Tahun / ... km ?)
- Air Colant (tiap ... Tahun / ... km ?)
- Minyak rem (tiap ... Tahun / ... km ?)
- ... apa lagi ya?
ane sih skrg hitungan setaun : 1 kali servis ringan (ganti olmes aja), 1 kali servis besar (olmes + tune up service rem dll).
ATF/CVTF kalau sering stop and go trip pendek2 ya 2 thn/20 rebu CVT, 40 rebu AT. boros kalau AT keseringan ya kesopanan kaki jg ngaruh kalo start ga bisa alus definitely gak bisa long drain itu apalagi CVT. sering liat orang kakinya model yang on/off. gaspol or nothing. meskipun metik jebol sy rasa lebih ke faktor kaki pengguna drpd interval olinya.
coolant dan rem ini relatif jg sih. sy selama ini coolant cuma check, top up bila udah keliatan agak berkurang.. rem kuras kl dah mulai tanda2 agak menghitam. tp jangan dijadiin patokan krn pemakaian saya relatif ringan wkwkwkkw. klo pake agak berat, musti rajin kuras itu rem sama coolant. di saya odo masih baru mau 40 rebu mbl 2017.
Last edited by ChZ on Tue Dec 27, 2022 7:34, edited 2 times in total.
12punch wrote: Tue Dec 27, 2022 6:00
kalo kita mau servis diluar BeRes,
IMHO... Interval ganti
- Oli Transmisi MT AT CVT + Gardan (tiap 2 Tahun / 20rb km)
- Air Colant (tiap 1 Tahun) / 2 tahun max
- Minyak rem (tiap 1 Tahun)
- Power Steering jika ada, tiap 2 tahun
- Kopling jika ada, tiap 2 tahun
- Air wiper berkala pakai air aqua vit galon dsb --> klo air ledeng bikin mampet lobang wiper
Air wiper pake air RO/ distilled kyk amidis lebih bagus, kalo air mineral lama lama juga ada kerak.
Selain itu cek per ac an , oli compressor, filter udara, filter ac cabin, spooring balancing, cek bushing dan kaki kaki
nah iya per ac an juga jarang bgt di cek
oli compressor itu wajib per tahun jg om q8? atau 2 tahun ?
sama cuci2 evaporator ya biasanya sekalian ?
Menambahkan yg di bold ini
Klo memang ada waktu luang misal kayak skrg pas musim liburan dan mau ngolong bentar
Untuk karet2 misal bushing lower arm, karet engine mounting bisa disemprot PTFE teflon dry lube
Merk bebas, mau ada wd4*, vroa*m, crc, dup*nt, v*lvoline dll
Harga kisaran seratus ribuan keatas tergantung merk
Sangat membantu menjaga kondisi karet2 bushing agar lebih awet (tidak gampang pecah karena getas kering usia) dan tidak mengikat debu
Apalagi di engine mounting yg terpapar panas dari mesin
sy klo di karet2 bushing kaki", motor atau mobil, sy semprot Silicone Spray
bunyi kriyet2 jadi hilang klo biasa dr musim hujan ke panas.
dan mencegah crack atau kekeringan pada karet juga, jadi tetap lembab.
*gambar hanya mulustrasi
wah menarik om ini yg pasti ga dilakuin sama BeRes ya? dan bengkel2 tuneup diluar BeRes /spesialis jg jarang melakukan ya kayanya semprot karet2 begini..
makasih suhu2 informasinya
Last edited by 12punch on Tue Dec 27, 2022 7:17, edited 1 time in total.
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
sahabatq8 wrote: Tue Dec 27, 2022 6:31
Air wiper pake air RO/ distilled kyk amidis lebih bagus, kalo air mineral lama lama juga ada kerak.
Selain itu cek per ac an , oli compressor, filter udara, filter ac cabin, spooring balancing, cek bushing dan kaki kaki
Menambahkan yg di bold ini
Klo memang ada waktu luang misal kayak skrg pas musim liburan dan mau ngolong bentar
Untuk karet2 misal bushing lower arm, karet engine mounting bisa disemprot PTFE teflon dry lube
Merk bebas, mau ada wd4*, vroa*m, crc, dup*nt, v*lvoline dll
Harga kisaran seratus ribuan keatas tergantung merk
Sangat membantu menjaga kondisi karet2 bushing agar lebih awet (tidak gampang pecah karena getas kering usia) dan tidak mengikat debu
Apalagi di engine mounting yg terpapar panas dari mesin
sy klo di karet2 bushing kaki", motor atau mobil, sy semprot Silicone Spray
bunyi kriyet2 jadi hilang klo biasa dr musim hujan ke panas.
dan mencegah crack atau kekeringan pada karet juga, jadi tetap lembab.
*gambar hanya mulustrasi
Anu sih om, klo silicone spray kurang cocok dan "gampang larut" kena paparan panas dan hujan untuk area2 yg "heavy duty"
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
ariswp wrote: Tue Dec 27, 2022 7:16
Anu sih om, klo silicone spray kurang cocok dan "gampang larut" kena paparan panas dan hujan untuk area2 yg "heavy duty"
menarik juga mbah
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ariswp wrote: Tue Dec 27, 2022 7:16
Anu sih om, klo silicone spray kurang cocok dan "gampang larut" kena paparan panas dan hujan untuk area2 yg "heavy duty"
Yess +1, silicone gampang terbilas dan magnet debu/lumpur.
ariswp wrote: Tue Dec 27, 2022 7:16
Anu sih om, klo silicone spray kurang cocok dan "gampang larut" kena paparan panas dan hujan untuk area2 yg "heavy duty"
Yess +1, silicone gampang terbilas dan magnet debu/lumpur.
ya emg rutin ngasih silikon ginian wkwkwk
tp klo di pinggir karet kaca lbh tahan lama
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
IMHO... Interval ganti
- Oli Transmisi MT AT CVT + Gardan (tiap 2 Tahun / 20rb km)
- Air Colant (tiap 1 Tahun) / 2 tahun max
- Minyak rem (tiap 1 Tahun)
- Power Steering jika ada, tiap 2 tahun
- Kopling jika ada, tiap 2 tahun
- Air wiper berkala pakai air aqua vit galon dsb --> klo air ledeng bikin mampet lobang wiper
Air wiper pake air RO/ distilled kyk amidis lebih bagus, kalo air mineral lama lama juga ada kerak.
Selain itu cek per ac an , oli compressor, filter udara, filter ac cabin, spooring balancing, cek bushing dan kaki kaki
nah iya per ac an juga jarang bgt di cek
oli compressor itu wajib per tahun jg om q8? atau 2 tahun ?
sama cuci2 evaporator ya biasanya sekalian ?
Menambahkan yg di bold ini
Klo memang ada waktu luang misal kayak skrg pas musim liburan dan mau ngolong bentar
Untuk karet2 misal bushing lower arm, karet engine mounting bisa disemprot PTFE teflon dry lube
Merk bebas, mau ada wd4*, vroa*m, crc, dup*nt, v*lvoline dll
Harga kisaran seratus ribuan keatas tergantung merk
Sangat membantu menjaga kondisi karet2 bushing agar lebih awet (tidak gampang pecah karena getas kering usia) dan tidak mengikat debu
Apalagi di engine mounting yg terpapar panas dari mesin
sy klo di karet2 bushing kaki", motor atau mobil, sy semprot Silicone Spray
bunyi kriyet2 jadi hilang klo biasa dr musim hujan ke panas.
dan mencegah crack atau kekeringan pada karet juga, jadi tetap lembab.
*gambar hanya mulustrasi
wah menarik om ini yg pasti ga dilakuin sama BeRes ya? dan bengkel2 tuneup diluar BeRes /spesialis jg jarang melakukan ya kayanya semprot karet2 begini..
makasih suhu2 informasinya
Kurang tau sih, tapi biasa saya gak tiap tahun paling 2 tahun sekali. Itu juga suruh supir ortu. Ya seingetnya aja tapi jangan terlalu lama nanti keburu kena kompressornya , mobil karyawan kantor beberapa ada yang jebol.
Pada kacau sih maintenancenya, mentang mentang gak ada oli kompressor Q8
Untuk spray, iya kalo spray pelumas biasa ptfe lebih tahan dari pada silicone. Silicone saya pake buat indoor aja kyk peralatan gym. Tapi kalo buat bushing biasa suruh bengkel sih gak pernah ngerjain sendiri.
Ada satu lagi kelupa optional sih tapi lumayan berguna, dulu pernah beli rubber protectant. Lumayan juga di aplikasiin ke seal karet pintu jadi lebih lama tahan kedap suaranya (biasa kalo mobil mulai tua kan kedapnya mulai berkurang).
Ngomongin air wiper, pengalaman ane selama ini ane selalu pake aqua biasa (jangan ledeng ya) aman sih ga pernah macet atau ada tanda2 kesumbat tuh lobang semprotannya. Kuncinya sering2 dipake, kalo tiap keluar semprot lah sekali dua kali. bini malah males pake nyemprot wiper mobilnya mampet trus.
Omnibus wrote: Mon Dec 26, 2022 13:30
berarti bener ngerti tuh beres hyundai nya. artinya tuh beres bukan aliran pejuang 10k garis keras yg ga nyadar bahwa oli ada kelasnya. oli long drain dihina2, org gantol dan perawatan preventative diejek halu n parno. siapapun yg berbagi ilmu for free malah dihujat pdhl dia sendiri kasih apa. gearbox mobil sendiri jedak jeduk kaing2 di forum, baca aja tuh dianggap gearbox nya yg dodol pdhl di mobil ai ga ada apa2. ternyata cuma gara2 kaga becus tp berasa hebat. jangan2 ntar mesinnya jebol malah nyalain pabriknya yg dodol.
HAHAHA
Mereka kaum; Rusak ganti BPKB
Kelasnya beda
Bukan kelas test lab apalagi ngolong dan cek semua nya detil
Wkwkwk, ANF ane kmrn keguling atap & depan kanan ringsek untung mesin aman, disuruh hibahin supaya ga repot tp ane ga rela apalagi selama lifetime pake PTT gold & servis tiap 6 bulan. Jd betulin, ganti atap & kap mesin baru 100jtan trus jual high 370jt. Lmyn itung2 jual rugi 100jt