Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Omnibus wrote:
waktu itu kan ngana pernah bahas kons bbm tuh yg mobil ngana di bdg cuma dpt 9km/L krn lalin bdg yg ky gitu. dr situ ai jd ngerti kirain tadinya njess ai boros taunya 10.5km/L kan not bad secara memang kondisi traffic nya ngaruh bgt.
nah dgn kondisi sama, ai dulu ngerasa janggal kok pemakaian oli baru 5k km tp udah item n ga akan lama lg minta diganti. bukan cuma yg di dipstick tp jg yg diatas valve train kl ngintip dr tutup oli. ngesludge sih engga, cuma ga yakin kl org pake itu oli sampe belasan rb km dgn kondisi traffic bdg. pas ai hitung dgn running idle adjustment baru deh make sense. coba aja ukur kita berhenti di macet / lampu merah brp lama di bdg even jaraknya pendek2 dr titik A ke B. amazing mbah ...
Knp amsoil signatur harganya segitu?
Krn berani klaim up to 700 engine hours
Meaning klo dikurangin jd 600 engine hours jadi bisa 10-12k KM
Dan test nya lab nya jg proven dihajar sampai 10k lewat
Beneran v100 masih di rentang angka yg sama
Cuma filter oli nya aja emg perlu ganti di 7k biar lbh tenang
contoh kasus di mobil ai nih mbah,
pemakaian 5k skrg (7 bln). running idle adj anggap aja 1/2 jam sehari krn genset ac n macet rush hour = 0.5x25x50x7 = 4,375km.
artinya real durasi by km udah 9,375km.
ya tentunya tiap2 user beda judgment nya ttg kapan waktu gantol, itu preference masing2 org.
paidjho wrote: Sat Dec 24, 2022 3:55
Kalau pakai running hours, pemakaian dalkot, 300 jam cuman dapet 5k - 6k km...
[emoji16][emoji16][emoji16]
100% everything jd make sense
Knp amsoil signatur harganya segitu?
Krn berani klaim up to 700 engine hours
Meaning klo dikurangin jd 600 engine hours jadi bisa 10-12k KM
Dan test nya lab nya jg proven dihajar sampai 10k lewat
Beneran v100 masih di rentang angka yg sama
Cuma filter oli nya aja emg perlu ganti di 7k biar lbh tenang
contoh kasus di mobil ai nih mbah,
pemakaian 5k skrg (7 bln). running idle adj anggap aja 1/2 jam sehari krn genset ac n macet rush hour = 0.5x25x50x7 = 4,375km.
artinya real durasi by km udah 9,375km.
ya tentunya tiap2 user beda judgment nya ttg kapan waktu gantol, itu preference masing2 org.
Saya yakin klo ditest lab itu masih strong semua dr V100 sampai TBN
Paling ganti filter oli aja mbah, topup 250ml, dan habis tu gass sampai 8rb KM
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
cuma wiringnya hrs yg bener. gampangnya pasti langsung sambung ke ON. tp kl pas KOEO (key on engine off) alias on doang tp mesin ga nyala dia udah jalan argonya. yg betul sambunginnya ke RPM signal.
drpd ribet mendingan tambahin adjustment kaya metode sy diatas. stlh disesuaikan dgn pemakaian rutin dikira2 adjustment nya brp.
Knp amsoil signatur harganya segitu?
Krn berani klaim up to 700 engine hours
Meaning klo dikurangin jd 600 engine hours jadi bisa 10-12k KM
Dan test nya lab nya jg proven dihajar sampai 10k lewat
Beneran v100 masih di rentang angka yg sama
Cuma filter oli nya aja emg perlu ganti di 7k biar lbh tenang
contoh kasus di mobil ai nih mbah,
pemakaian 5k skrg (7 bln). running idle adj anggap aja 1/2 jam sehari krn genset ac n macet rush hour = 0.5x25x50x7 = 4,375km.
artinya real durasi by km udah 9,375km.
ya tentunya tiap2 user beda judgment nya ttg kapan waktu gantol, itu preference masing2 org.
Saya yakin klo ditest lab itu masih strong semua dr V100 sampai TBN
Paling ganti filter oli aja mbah, topup 250ml, dan habis tu gass sampai 8rb KM
geli mbah liat udah rada item. lagian di rpm tinggi udah ga enak.
mobil kecil sih msh cincai lah cuma beli 4 botol tiap 8 bulan. kl ke beres jg lebih drpd itu, belom lg dapetnya cuma oli biasa disono.
pemakaian 5k skrg (7 bln). running idle adj anggap aja 1/2 jam sehari krn genset ac n macet rush hour = 0.5x25x50x7 = 4,375km.
artinya real durasi by km udah 9,375km.
ya tentunya tiap2 user beda judgment nya ttg kapan waktu gantol, itu preference masing2 org.
Saya yakin klo ditest lab itu masih strong semua dr V100 sampai TBN
Paling ganti filter oli aja mbah, topup 250ml, dan habis tu gass sampai 8rb KM
geli mbah liat udah rada item. lagian di rpm tinggi udah ga enak.
mobil kecil sih msh cincai lah cuma beli 4 botol tiap 8 bulan. kl ke beres jg lebih drpd itu, belom lg dapetnya cuma oli biasa disono.
Sy prnh lihat bbrp di YT
Oli sintetis (apalagi full sintetis) emg lbh cpt item dibanding oli mineral.
Tp kita sama2 tau kualitas full mineral gak sebaik sintetis dalam hal mencegah pernis dan sludge kan.
Klo sy yakin, krn aditif deterjen oli mbah kan top of the class
Beda atuh sm repsol gxr
Last edited by Suryaputra on Sat Dec 24, 2022 4:49, edited 2 times in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Omnibus wrote:
waktu itu kan ngana pernah bahas kons bbm tuh yg mobil ngana di bdg cuma dpt 9km/L krn lalin bdg yg ky gitu. dr situ ai jd ngerti kirain tadinya njess ai boros taunya 10.5km/L kan not bad secara memang kondisi traffic nya ngaruh bgt.
nah dgn kondisi sama, ai dulu ngerasa janggal kok pemakaian oli baru 5k km tp udah item n ga akan lama lg minta diganti. bukan cuma yg di dipstick tp jg yg diatas valve train kl ngintip dr tutup oli. ngesludge sih engga, cuma ga yakin kl org pake itu oli sampe belasan rb km dgn kondisi traffic bdg. pas ai hitung dgn running idle adjustment baru deh make sense. coba aja ukur kita berhenti di macet / lampu merah brp lama di bdg even jaraknya pendek2 dr titik A ke B. amazing mbah ...
Suryaputra wrote: Sat Dec 24, 2022 4:19
100% everything jd make sense
Knp amsoil signatur harganya segitu?
Krn berani klaim up to 700 engine hours
Meaning klo dikurangin jd 600 engine hours jadi bisa 10-12k KM
Dan test nya lab nya jg proven dihajar sampai 10k lewat
Beneran v100 masih di rentang angka yg sama
Cuma filter oli nya aja emg perlu ganti di 5-6k biar lbh tenang
Jadi.. personally for me, jd makin yakin untuk tetap pakai oli yg top grade / long drain (apapun merk nya)
Wah aliran baru lagi nih 1x ganti oli, 2x ganti filter. Malah masih ada yang 2x ganti oli, 1x ganti filter.
Aliran suryaputra way... 1x gantol 2x ganfil [emoji1]
Barusan ane ganti filter oli aja + top up 300 ml oli baru.
Ams SS max duty 5W-30 sdh jalan 7.300 KM dalam 6 bulan di 2KD, ini mau jalan ke palembang jd ganti filter olinya aja deh, nanti pas 10 ribu baru ganti oli + filternya lagi...
Pas mau ganti di cokro pd bingung, kasir bingung, mekanik bingung... dinasihatin "biasanya ganti filter olinya pas ganti oli baru aja boss"... capek deh... blom tau dia suryaputra wayyy.
Maunya sih hajar sampai 12 ribu KM dalam 10 bulanan tapi kayanya gak tega deh [emoji38]
Om,mau tanya,kalau ganti oli dr 10w30 ke 5w30 apakah ada perbedaan dr sisi tenaga atau konsumsi bbm? N standar oli beres bisa sampe brp km ya? Sy baru tau servis 1000km n dikasi tau sama SA kalo oli std nya 10w30.. rencana mau tuker sama bardahl xtc s9 5w30 sisa mobil lama..
azure wrote: Sat Dec 24, 2022 10:56
Om,mau tanya,kalau ganti oli dr 10w30 ke 5w30 apakah ada perbedaan dr sisi tenaga atau konsumsi bbm? N standar oli beres bisa sampe brp km ya? Sy baru tau servis 1000km n dikasi tau sama SA kalo oli std nya 10w30.. rencana mau tuker sama bardahl xtc s9 5w30 sisa mobil lama..
Harusnya mirip mirip, tapi tergantung olinya juga. Oli beres pake apa? Biasanya sih 4000km aja
paidjho wrote: Sat Dec 24, 2022 3:55
Kalau pakai running hours, pemakaian dalkot, 300 jam cuman dapet 5k - 6k km...
[emoji16][emoji16][emoji16]
100% everything jd make sense
Knp amsoil signatur harganya segitu?
Krn berani klaim up to 700 engine hours
Meaning klo dikurangin jd 600 engine hours jadi bisa 10-12k KM
Dan test nya lab nya jg proven dihajar sampai 10k lewat
Beneran v100 masih di rentang angka yg sama
Cuma filter oli nya aja emg perlu ganti di 5-6k biar lbh tenang
Jadi.. personally for me, jd makin yakin untuk tetap pakai oli yg top grade / long drain (apapun merk nya)
Wah aliran baru lagi nih 1x ganti oli, 2x ganti filter. Malah masih ada yang 2x ganti oli, 1x ganti filter.
Pada umumnya bahan baku "media" filter oli ada bbrp macam, tp scr garis besar:
- Glass fibre
- Cellulose fibre
- Paper filter
Nah yg kebanyakan merek yg dijual di sini pakai paper filter, ini gak bisa buat long drain (apalagi klo sering idle).
Klo jenis cellulose fibre itu bisa dipakai relatif lbh lama, apalagi glass fibre lbh mantep, tapi ini muahalll.
Klo oil filter dah mampet atau sobek (paper filter), itu oli kotor dibypass lgs loss (gak difilter), kotoran dan debris naik ke bearing crankshaft, liner mesin sampai camshaft atas.
Debris ngegesek liner mesin; itu salah satu penyebab utama, mesin mengalami premature wear, yg ujung2nya kudu turun mesin
Filter oli gak seberapa mahal, drpd oli mampet gak bisa disaring kan lbh repot urusan, sehingga oli keraton sekelas amsoil signatur bisa dimaksimalkan
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
azure wrote: Sat Dec 24, 2022 10:56
Om,mau tanya,kalau ganti oli dr 10w30 ke 5w30 apakah ada perbedaan dr sisi tenaga atau konsumsi bbm? N standar oli beres bisa sampe brp km ya? Sy baru tau servis 1000km n dikasi tau sama SA kalo oli std nya 10w30.. rencana mau tuker sama bardahl xtc s9 5w30 sisa mobil lama..
Harusnya mirip mirip, tapi tergantung olinya juga. Oli beres pake apa? Biasanya sih 4000km aja
Oli beres kayanya pake honda e pro green d om.. 4000 ya?noted om.. e pro green rebranding dr apa ya? Masi fastron bukan ya?
azure wrote: Sat Dec 24, 2022 10:56
Om,mau tanya,kalau ganti oli dr 10w30 ke 5w30 apakah ada perbedaan dr sisi tenaga atau konsumsi bbm? N standar oli beres bisa sampe brp km ya? Sy baru tau servis 1000km n dikasi tau sama SA kalo oli std nya 10w30.. rencana mau tuker sama bardahl xtc s9 5w30 sisa mobil lama..
Harusnya mirip mirip, tapi tergantung olinya juga. Oli beres pake apa? Biasanya sih 4000km aja
Oli beres kayanya pake honda e pro green d om.. 4000 ya?noted om.. e pro green rebranding dr apa ya? Masi fastron bukan ya?
azure wrote: Sat Dec 24, 2022 10:56
Om,mau tanya,kalau ganti oli dr 10w30 ke 5w30 apakah ada perbedaan dr sisi tenaga atau konsumsi bbm? N standar oli beres bisa sampe brp km ya? Sy baru tau servis 1000km n dikasi tau sama SA kalo oli std nya 10w30.. rencana mau tuker sama bardahl xtc s9 5w30 sisa mobil lama..
Harusnya mirip mirip, tapi tergantung olinya juga. Oli beres pake apa? Biasanya sih 4000km aja
Oli beres kayanya pake honda e pro green d om.. 4000 ya?noted om.. e pro green rebranding dr apa ya? Masi fastron bukan ya?
Ganti2 suplier om oli honda epro itu
Dulu tahun 2016-2017 epro gold sempat idemitsu, lalu skrg shell
Epro green dulu pertamina, skrg gak tau
Epro gold turbo eneos
Bukan murni rebranding dan tipe oli merk tertentu sih, tapi pabrikan oli membuat berdasarkan racikan/resep yg diberikan HPM/atpm mobil
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Maaf agak OOT. Kalau mau ganti filter oli yg lebih besar untuk xenia, pakai filter apa ya?
Baru beli q8, khawatir filter oli murah (aspira, daihatsu) rusak duluan sebelum 10.000 km
adri31 wrote: Sun Dec 25, 2022 8:14
Maaf agak OOT. Kalau mau ganti filter oli yg lebih besar untuk xenia, pakai filter apa ya?
Baru beli q8, khawatir filter oli murah (aspira, daihatsu) rusak duluan sebelum 10.000 km
Gpp pk aja aspira oil filter
Tp ganti @6rb km
Trus topup lg 250 ml oli baru.
Insya Allah aman.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri