Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
trebla88 wrote: Sat Oct 22, 2022 12:36
Champion rea12mc4 platinum
60rb km
Kayanya ga pernah diganti dari baru
Hebat jg masih nyala ga pincang kondisi sperti ini
Gnti di garasi58
Screenshot_20221022-193419_Gallery.jpg
Screenshot_20221022-193457_Gallery.jpg
Screenshot_20221022-193434_Gallery.jpg
bujug
itu kl akselerasi suara nya gmana om, ampe ud terkikis gt ground electrode nya
btw, champion ?? mobil apaan yg masi make tu busi sbg OEM ??
kayanya abis ganti busi langsung betot2 gas keenakan. abis itu komplen bensin kok jd tambah boros. balik lg ke garasi 69 minta balikin ke busi lama.
trebla88 wrote: Sat Oct 22, 2022 12:36
Champion rea12mc4 platinum
60rb km
Kayanya ga pernah diganti dari baru
Hebat jg masih nyala ga pincang kondisi sperti ini
Gnti di garasi58
Screenshot_20221022-193419_Gallery.jpg
Screenshot_20221022-193457_Gallery.jpg
Screenshot_20221022-193434_Gallery.jpg
bujug
itu kl akselerasi suara nya gmana om, ampe ud terkikis gt ground electrode nya
btw, champion ?? mobil apaan yg masi make tu busi sbg OEM ??
kayanya abis ganti busi langsung betot2 gas keenakan. abis itu komplen bensin kok jd tambah boros. balik lg ke garasi 69 minta balikin ke busi lama.
tempo ari waktu kita orang kasi unjuk poto busi iridium si inofa yg ground electrode kmakan aus sikit aj, ud misfire mulu mbah
ga kbayang kl ud ampe kaya si champion itu kaya apa
kayanya abis ganti busi langsung betot2 gas keenakan. abis itu komplen bensin kok jd tambah boros. balik lg ke garasi 69 minta balikin ke busi lama.
Abis ganti busi, getaran berkurang jauh
Akselerasi masih sama aja perasaan
Ini luar binasa busi, bahaya bisa tiba2 pincang tanpa ketauan
Kmungkinan gara2 diisi bensin bagus jd kompensasi
trebla88 wrote: Sat Oct 22, 2022 12:36
Champion rea12mc4 platinum
60rb km
Kayanya ga pernah diganti dari baru
Hebat jg masih nyala ga pincang kondisi sperti ini
Gnti di garasi58
Screenshot_20221022-193419_Gallery.jpg
Screenshot_20221022-193457_Gallery.jpg
Screenshot_20221022-193434_Gallery.jpg
bujug
itu kl akselerasi suara nya gmana om, ampe ud terkikis gt ground electrode nya
btw, champion ?? mobil apaan yg masi make tu busi sbg OEM ??
Kluarga nissin biskuit maret 1.5 masih pake itu sesuai di manual book
Akselerasi normal,malah lumayan sigap
Bensin masih bisa 17an km/ltr d tol
Ini kemungkinan gara2 pake bbmnya ron 98 jadi kebantu
Keluhannya kok geter2 sampe setir,uda ganti engine mounting padahal tapi masih ga sealus lipindut, penasaran dibongkar businya sudah sperti itu
kayanya abis ganti busi langsung betot2 gas keenakan. abis itu komplen bensin kok jd tambah boros. balik lg ke garasi 69 minta balikin ke busi lama.
Abis ganti busi, getaran berkurang jauh
Akselerasi masih sama aja perasaan
Ini luar binasa busi, bahaya bisa tiba2 pincang tanpa ketauan
Kmungkinan gara2 diisi bensin bagus jd kompensasi
trebla88 wrote: Sat Oct 22, 2022 12:36
Champion rea12mc4 platinum
60rb km
Kayanya ga pernah diganti dari baru
Hebat jg masih nyala ga pincang kondisi sperti ini
Gnti di garasi58
Screenshot_20221022-193419_Gallery.jpg
Screenshot_20221022-193457_Gallery.jpg
Screenshot_20221022-193434_Gallery.jpg
bujug
itu kl akselerasi suara nya gmana om, ampe ud terkikis gt ground electrode nya
btw, champion ?? mobil apaan yg masi make tu busi sbg OEM ??
Kluarga nissin biskuit maret 1.5 masih pake itu sesuai di manual book
Akselerasi normal,malah lumayan sigap
Bensin masih bisa 17an km/ltr d tol
Ini kemungkinan gara2 pake bbmnya ron 98 jadi kebantu
Keluhannya kok geter2 sampe setir,uda ganti engine mounting padahal tapi masih ga sealus lipindut, penasaran dibongkar businya sudah sperti itu
iya itu sebenernya sdh ada tanda Om.
Ada gejala pincang di engine dan mestinya konsumsi BBM lbh boros dan tenaga kurang.
Cuma krn koilnya msh nyembur jadi missfire nya ngga dirasain cm itu KOIL bisa pendek umurnya.
Btw...March bukannya pake busi yg sama ama lipindut ya?
blloewy wrote: Sat Oct 22, 2022 23:29
iya itu sebenernya sdh ada tanda Om.
Ada gejala pincang di engine dan mestinya konsumsi BBM lbh boros dan tenaga kurang.
Cuma krn koilnya msh nyembur jadi missfire nya ngga dirasain cm itu KOIL bisa pendek umurnya.
Btw...March bukannya pake busi yg sama ama lipindut ya?
champion sesuai di manual dan seperti si almera
Aneh memang kenapa ga disamain
Dan hebatnya gejala cuma geter2 aja di idle rpm dikirain engine mounting,uda diganti masi aga geter makanya dibongkar busi
Akhirnya ganti sekalian ama selongsong koilnya jg
Ini hr15de nya versi bukan l10 lipindut
Hr15de sepertinya ada revisi
Yg lipindut l10 posisi tutup lubang isi oli nya sejajar ama fanbelt (versi awal)
Juke, March 1.5, L11 lipindut dan almera posisi tutup lubang isi olinya deket throttle body/filter udara (versi revisi)
Yg versi revisi dibagi lagi dual injector + dual vvti(juke+L11) dan single injector+single vvti (almera+march 1.5)
blloewy wrote: Sat Oct 22, 2022 23:29
iya itu sebenernya sdh ada tanda Om.
Ada gejala pincang di engine dan mestinya konsumsi BBM lbh boros dan tenaga kurang.
Cuma krn koilnya msh nyembur jadi missfire nya ngga dirasain cm itu KOIL bisa pendek umurnya.
Btw...March bukannya pake busi yg sama ama lipindut ya?
champion sesuai di manual dan seperti si almera
Aneh memang kenapa ga disamain
Dan hebatnya gejala cuma geter2 aja di idle rpm dikirain engine mounting,uda diganti masi aga geter makanya dibongkar busi
Akhirnya ganti sekalian ama selongsong koilnya jg
Ini hr15de nya versi bukan l10 lipindut
Hr15de sepertinya ada revisi
Yg lipindut l10 posisi tutup lubang isi oli nya sejajar ama fanbelt (versi awal)
Juke, March 1.5, L11 lipindut dan almera posisi tutup lubang isi olinya deket throttle body/filter udara (versi revisi)
Yg versi revisi dibagi lagi dual injector + dual vvti(juke+L11) dan single injector+single vvti (almera+march 1.5)
kl gt busi nya pake yg denso atau ngk pnya aj om
champion itu rada2 kurang itu busi nya, di mamarika sana aj sering jd bahan lelucon orang sana
blloewy wrote: Sat Oct 22, 2022 23:29
iya itu sebenernya sdh ada tanda Om.
Ada gejala pincang di engine dan mestinya konsumsi BBM lbh boros dan tenaga kurang.
Cuma krn koilnya msh nyembur jadi missfire nya ngga dirasain cm itu KOIL bisa pendek umurnya.
Btw...March bukannya pake busi yg sama ama lipindut ya?
champion sesuai di manual dan seperti si almera
Aneh memang kenapa ga disamain
Dan hebatnya gejala cuma geter2 aja di idle rpm dikirain engine mounting,uda diganti masi aga geter makanya dibongkar busi
Akhirnya ganti sekalian ama selongsong koilnya jg
Ini hr15de nya versi bukan l10 lipindut
Hr15de sepertinya ada revisi
Yg lipindut l10 posisi tutup lubang isi oli nya sejajar ama fanbelt (versi awal)
Juke, March 1.5, L11 lipindut dan almera posisi tutup lubang isi olinya deket throttle body/filter udara (versi revisi)
Yg versi revisi dibagi lagi dual injector + dual vvti(juke+L11) dan single injector+single vvti (almera+march 1.5)
kl gt busi nya pake yg denso atau ngk pnya aj om
champion itu rada2 kurang itu busi nya, di mamarika sana aj sering jd bahan lelucon orang sana
Tul nich Mbah Rektor...
Pake aja denso atau NGK...asal asli ya businya...
Dijamin aman sdh...
trebla88 wrote: Sun Oct 23, 2022 2:27
champion sesuai di manual dan seperti si almera
Aneh memang kenapa ga disamain
Dan hebatnya gejala cuma geter2 aja di idle rpm dikirain engine mounting,uda diganti masi aga geter makanya dibongkar busi
Akhirnya ganti sekalian ama selongsong koilnya jg
Ini hr15de nya versi bukan l10 lipindut
Hr15de sepertinya ada revisi
Yg lipindut l10 posisi tutup lubang isi oli nya sejajar ama fanbelt (versi awal)
Juke, March 1.5, L11 lipindut dan almera posisi tutup lubang isi olinya deket throttle body/filter udara (versi revisi)
Yg versi revisi dibagi lagi dual injector + dual vvti(juke+L11) dan single injector+single vvti (almera+march 1.5)
kl gt busi nya pake yg denso atau ngk pnya aj om
champion itu rada2 kurang itu busi nya, di mamarika sana aj sering jd bahan lelucon orang sana
Tul nich Mbah Rektor...
Pake aja denso atau NGK...asal asli ya businya...
Dijamin aman sdh...
Ada referensi beli busi yg asli via tokoijo dimana ga om?
wicaksono99 wrote: Fri Nov 18, 2022 7:58
Pemakaian busi Denso Nickel Twin Tip di All New Ertiga, sudah jalan 5000 km. Kondisi masih sangat bersih, bahan bakar menggunakan Envogas / Gasku.
IMG_20221118_140117.jpg
IMG_20221118_140202.jpg
IMG_20221118_141128.jpg
Mungkin seperti ini definisi pembakaran sempurna tanpa menimbulkan residu..
Bisa hemat beli busi ini sih
sebersih pemantik api, di kompor elpiji dapur saya
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
wicaksono99 wrote: Fri Nov 18, 2022 7:58
Pemakaian busi Denso Nickel Twin Tip di All New Ertiga, sudah jalan 5000 km. Kondisi masih sangat bersih, bahan bakar menggunakan Envogas / Gasku.
IMG_20221118_140117.jpg
IMG_20221118_140202.jpg
IMG_20221118_141128.jpg
Mungkin seperti ini definisi pembakaran sempurna tanpa menimbulkan residu..
Bisa hemat beli busi ini sih
sebersih pemantik api, di kompor elpiji dapur saya
Setahun pemantiknya dipakai berapa kali om?
Kalau busi kan seminggu jalan udah berapa juta kali dipantik ya
wicaksono99 wrote: Fri Nov 18, 2022 7:58
Pemakaian busi Denso Nickel Twin Tip di All New Ertiga, sudah jalan 5000 km. Kondisi masih sangat bersih, bahan bakar menggunakan Envogas / Gasku.
IMG_20221118_140117.jpg
IMG_20221118_140202.jpg
IMG_20221118_141128.jpg
Mungkin seperti ini definisi pembakaran sempurna tanpa menimbulkan residu..
Bisa hemat beli busi ini sih
sebersih pemantik api, di kompor elpiji dapur saya
Setahun pemantiknya dipakai berapa kali om?
Kalau busi kan seminggu jalan udah berapa juta kali dipantik ya
Ya tapi kan kebakar terus mbah klo si birunya nyala
Artinya hasil bakarnya elpiji bersih, cuma jgn sampai bocor aja bahaya
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
wicaksono99 wrote: Fri Nov 18, 2022 7:58
Pemakaian busi Denso Nickel Twin Tip di All New Ertiga, sudah jalan 5000 km. Kondisi masih sangat bersih, bahan bakar menggunakan Envogas / Gasku.
IMG_20221118_140117.jpg
IMG_20221118_140202.jpg
IMG_20221118_141128.jpg
Mungkin seperti ini definisi pembakaran sempurna tanpa menimbulkan residu..
Bisa hemat beli busi ini sih
baru sekali ini sy liat ada denso yg tengahnya lubang gitu om...
wicaksono99 wrote: Fri Nov 18, 2022 7:58
Pemakaian busi Denso Nickel Twin Tip di All New Ertiga, sudah jalan 5000 km. Kondisi masih sangat bersih, bahan bakar menggunakan Envogas / Gasku.
IMG_20221118_140117.jpg
IMG_20221118_140202.jpg
IMG_20221118_141128.jpg
Mungkin seperti ini definisi pembakaran sempurna tanpa menimbulkan residu..
Bisa hemat beli busi ini sih
baru sekali ini sy liat ada denso yg tengahnya lubang gitu om...
Itu bukan lubang, itu bagian yg di "punch" jadi bawahnya ada tonjolan yg mengarah ke elektrodanya (lihat gambar 3 diperbesar). Ini khusus model twin tip yg nickel, kalau twin tip iridium ujung tipnya dilas. Twin tip lebih baik bentuk pembakarannya dibanding model standar. Soalnya pake CNG sensitif dipembakaran.
wicaksono99 wrote: Fri Nov 18, 2022 7:58
Pemakaian busi Denso Nickel Twin Tip di All New Ertiga, sudah jalan 5000 km. Kondisi masih sangat bersih, bahan bakar menggunakan Envogas / Gasku.
IMG_20221118_140117.jpg
IMG_20221118_140202.jpg
IMG_20221118_141128.jpg
Mungkin seperti ini definisi pembakaran sempurna tanpa menimbulkan residu..
Bisa hemat beli busi ini sih
baru sekali ini sy liat ada denso yg tengahnya lubang gitu om...
Itu bukan lubang, itu bagian yg di "punch" jadi bawahnya ada tonjolan yg mengarah ke elektrodanya (lihat gambar 3 diperbesar). Ini khusus model twin tip yg nickel, kalau twin tip iridium ujung tipnya dilas. Twin tip lebih baik bentuk pembakarannya dibanding model standar. Soalnya pake CNG sensitif dipembakaran.
oh noted om...btw twintip nickel vs platinum...secara umur kira2 gmn? kira2 nickel TT ini bisa dipake brp km?
billi wrote: Mon Nov 21, 2022 2:04
Om, mesin 3NR-VE, dari baru ketika odo 5000an, dibuka keempat busi berminyak (oli) hingga 1/2 drat busi. Kira2 apa yg perlu dicek?
Busi tetap berminyak saat dicek berkala per 5000 km, hingga saat ini odo 19.000.
Oli menggunakan dgo 0w20, bbm selalu ron 88 dulu, saat ini ron 90. Rute berkendara setiap hari sering rute pendek2.
Coba cek PCV kali bermasalah kali om jadi banyak oli di intakenya?
MSU wrote: Sun Nov 20, 2022 23:58
baru sekali ini sy liat ada denso yg tengahnya lubang gitu om...
Itu bukan lubang, itu bagian yg di "punch" jadi bawahnya ada tonjolan yg mengarah ke elektrodanya (lihat gambar 3 diperbesar). Ini khusus model twin tip yg nickel, kalau twin tip iridium ujung tipnya dilas. Twin tip lebih baik bentuk pembakarannya dibanding model standar. Soalnya pake CNG sensitif dipembakaran.
oh noted om...btw twintip nickel vs platinum...secara umur kira2 gmn? kira2 nickel TT ini bisa dipake brp km?
Nickel TT normalnya 20rb km sih om.. Tapi ga tau kalau pakai CNG, apa bisa lebih lama atau nggak. Harganya juga murah kok cuma 30rban per busi made in japan.
Sebenernya umur busi ya gimana kondisi pembakaran mesin mobilnya aja om.. Kalau minim karbon, fuel gak terlalu lean/rich ya bisa lama umurnya.