Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Karena kemaren abis baca ini, siang ini bebersih karbon dr keramiknya.
Sekalian ngecek kondisi busi, setelah semalem dipake 20km, belum nampak ada yg basah lg juga sih neh.
next beli busi naikin aja heat range nya 1 point hotter mbah. biar self cleaning nya berfungsi. soalnya itu kayanya msh terlalu dingin, ada faktor dr mobilnya matic jd rpm low melulu; atau kebanyakan macet/idle/genset ac; atau ngana kurang geber. utk nyiasatin heat range dibikin hotter 1 point.
Mbah2 problem ane sejauh ini ngilang setelah bersihin coil pake qd cleaner nih malah.
Jadi weekend kemarin coba balikin ke standard gap 1.1, coil kali ini ane thoroughly bersihin pake QD cleaner. Excess liquid dari QD cleaner yg sedikit ngalir dari dalem selongong karet sehh, agak keruh ya. Karena ada carbon atau apapun yg melekat di dalem selongsong coil, jd menghambat aliran listriknya kali ya? Ini baru 100an km jalan, ga ada mbrebet atau kek hesitate gitu sih di tol.
Mbah2 problem ane sejauh ini ngilang setelah bersihin coil pake qd cleaner nih malah.
Jadi weekend kemarin coba balikin ke standard gap 1.1, coil kali ini ane thoroughly bersihin pake QD cleaner. Excess liquid dari QD cleaner yg sedikit ngalir dari dalem selongong karet sehh, agak keruh ya. Karena ada carbon atau apapun yg melekat di dalem selongsong coil, jd menghambat aliran listriknya kali ya? Ini baru 100an km jalan, ga ada mbrebet atau kek hesitate gitu sih di tol.
sekian report nubi
emg asli nya si koil ud kotor mbah ??
biasanya sehh setau pengalaman kita orang pas bongpas d parkiran musatek sana, kl busi baru pasti lebi enak pas baru ganti
Mbah2 problem ane sejauh ini ngilang setelah bersihin coil pake qd cleaner nih malah.
Jadi weekend kemarin coba balikin ke standard gap 1.1, coil kali ini ane thoroughly bersihin pake QD cleaner. Excess liquid dari QD cleaner yg sedikit ngalir dari dalem selongong karet sehh, agak keruh ya. Karena ada carbon atau apapun yg melekat di dalem selongsong coil, jd menghambat aliran listriknya kali ya? Ini baru 100an km jalan, ga ada mbrebet atau kek hesitate gitu sih di tol.
sekian report nubi
emg asli nya si koil ud kotor mbah ??
biasanya sehh setau pengalaman kita orang pas bongpas d parkiran musatek sana, kl busi baru pasti lebi enak pas baru ganti
ohh busi skrg jd bahan inceran juga ya mbah ...?
ya ya yaa .... gpp lah biar yg parkir disono pada ngerasain beli busi baru krn busi lamanya diembat
Mbah2 problem ane sejauh ini ngilang setelah bersihin coil pake qd cleaner nih malah.
Jadi weekend kemarin coba balikin ke standard gap 1.1, coil kali ini ane thoroughly bersihin pake QD cleaner. Excess liquid dari QD cleaner yg sedikit ngalir dari dalem selongong karet sehh, agak keruh ya. Karena ada carbon atau apapun yg melekat di dalem selongsong coil, jd menghambat aliran listriknya kali ya? Ini baru 100an km jalan, ga ada mbrebet atau kek hesitate gitu sih di tol.
sekian report nubi
feeling ai itu selongsong mungkin ada bocor mbah. satu2nya cara ya ditest pake test light aja. hmm cara detail ada di yutup kayanya.
Mbah2 problem ane sejauh ini ngilang setelah bersihin coil pake qd cleaner nih malah.
Jadi weekend kemarin coba balikin ke standard gap 1.1, coil kali ini ane thoroughly bersihin pake QD cleaner. Excess liquid dari QD cleaner yg sedikit ngalir dari dalem selongong karet sehh, agak keruh ya. Karena ada carbon atau apapun yg melekat di dalem selongsong coil, jd menghambat aliran listriknya kali ya? Ini baru 100an km jalan, ga ada mbrebet atau kek hesitate gitu sih di tol.
sekian report nubi
emg asli nya si koil ud kotor mbah ??
biasanya sehh setau pengalaman kita orang pas bongpas d parkiran musatek sana, kl busi baru pasti lebi enak pas baru ganti
ohh busi skrg jd bahan inceran juga ya mbah ...?
ya ya yaa .... gpp lah biar yg parkir disono pada ngerasain beli busi baru krn busi lamanya diembat
kan mobil2 jaman skrg ud ga pake delko segede bonggol gt lg mbah
mau ga mau musti muter otak nyari inceran laen donk
nah ai pernah jelasin nih dan akan ai jelasin lagi sampe pada bosen dah pada. abis kayanya ga mudeng2 sih pada2.
ijin nyomot foto ngana mbah,
IMG_20221011_125117.jpg
itu kan ai ksh panah di elektroda positifnya. kl busi bersih itu electroda positif sama negatif ga nyentuh alias ga korslet krn ada gap. dan si keramik putih itu sifatnya isolator (tdk menghantar listrik). maka ketika ada energi high voltage dr coil ke elektroda positif yg terjadi listriknya loncatin gap itu ke electroda negatif. sekali lagi ai bilang, tidak ada korslet disitu. normal operation. coil sehat2 walafiat dgn listrik loncatin gap itu dan menimbulkan spark.
skrg bahas yg keramik putih tengahnya numpuk karbon spt gambar yg di kanan. itu karbon numpuk dr nyentuh elektroda positif terus turun sampai dalamnya sumur itu penuh karbon semua. nah di dasar sumur ketemu lah sama body ulir busi yg bagian dalam (polarity nya negatif sama kaya elektroda negatifnya kan nyambung tuh body nya). nah itu karbon bikin keramik itu jd pengantar listrik (konduktor), sehingga begitu coil kasih energi, itu listrik langsung nyamber ke body busi yg negatif lewat karbon itu (lihat panah merah). akibatnya sama dgn korslet alias sama dgn ujung coil ditempelin langsung pake kabel ke ground alias lagi sama dgn pake busi yg gapnya ditempelin antara elektroda positif n negatif (NO GAP). meleduk coil nya krn korslet positif negatif.
nah si mbah delko kenapa ga langsung meleduk coilnya? krn karbon ga sekonduktor kabel, msh ada yg jump the gap tp energinya udah kebagi2. makanya CE nyala dan ada misfire. tapi lama kelamaan kl coil nya lelah ya dia angkat bendera putih juga. namanya dikorsletin terus2an.
makdar'it busi dr sononya didesain hrs bisa self cleaning yakni di 800an°C supaya ga berubah jd konduktor. di angka 600 aja udah ga bisa self cleaning. oleh sebab itu pilihlah kualitas yg bagus dan heat range yg tepat spy fungsi self cleaning nya jalan.
Karena kemaren abis baca ini, siang ini bebersih karbon dr keramiknya.
Sekalian ngecek kondisi busi, setelah semalem dipake 20km, belum nampak ada yg basah lg juga sih neh.
next beli busi naikin aja heat range nya 1 point hotter mbah. biar self cleaning nya berfungsi. soalnya itu kayanya msh terlalu dingin, ada faktor dr mobilnya matic jd rpm low melulu; atau kebanyakan macet/idle/genset ac; atau ngana kurang geber. utk nyiasatin heat range dibikin hotter 1 point.
Mbah mazdut 2 old ane jg sering kena macet dan kadang2 jd genset begitu jg dengan agay. Berarti better heat rangenya diubah 1 point?
Terakhir di mazdut pakai bkr5eix-11 iridium berarti selanjutnya diubah ke bkr4eix ya mbah?
Karena kemaren abis baca ini, siang ini bebersih karbon dr keramiknya.
Sekalian ngecek kondisi busi, setelah semalem dipake 20km, belum nampak ada yg basah lg juga sih neh.
next beli busi naikin aja heat range nya 1 point hotter mbah. biar self cleaning nya berfungsi. soalnya itu kayanya msh terlalu dingin, ada faktor dr mobilnya matic jd rpm low melulu; atau kebanyakan macet/idle/genset ac; atau ngana kurang geber. utk nyiasatin heat range dibikin hotter 1 point.
Mbah mazdut 2 old ane jg sering kena macet dan kadang2 jd genset begitu jg dengan agay. Berarti better heat rangenya diubah 1 point?
Terakhir di mazdut pakai bkr5eix-11 iridium berarti selanjutnya diubah ke bkr4eix ya mbah?
oh jangan. kl udah 5 jangan dinaikin lagi. kecuali dr 6 ke 5, atau dr 7 ke 6. dr 8 ke 7.
daimler wrote: Tue Oct 18, 2022 10:16
Mbah mazdut 2 old ane jg sering kena macet dan kadang2 jd genset begitu jg dengan agay. Berarti better heat rangenya diubah 1 point?
Terakhir di mazdut pakai bkr5eix-11 iridium berarti selanjutnya diubah ke bkr4eix ya mbah?
oh jangan. kl udah 5 jangan dinaikin lagi. kecuali dr 6 ke 5, atau dr 7 ke 6. dr 8 ke 7.
saya pake iridium twin tip sih enak2 aja, pakenya Denso IK20TT 600rb (4pcs)
sebelumnya dari bawaan laser iridium NGK IZFR6K-11S, lalu iridium murmer Denso IK20L
Mayan bisa lebih miring dari NGK iridium laser yang harga sejuta (4pcs) di dealer
Rasanya dari getaran jauh berkurang ketimbang IK20L, ini busi iridium murmer, gak cocok di R20A, berasa idle kayak naek diesel
Dari tarikan bawah juga butt o meter rasanya lebih padat IK20TT,
BBM juga jadi lebih irit,
Padahal banyak yg bilang klo hondut lebih cocok dengan NGK timbang Denso
Sebenernya Denso IK20TT secara kelas masi dibawah NGK IZFR6K sih, yg sekelas itu Denso SKJ20DR tapi tidak masuk indo
Bedanya Denso iridium prefix IK vs Denso denso prefix SK itu diameter iridiumnya, dimana IK 0.4mm, SK 0.7mm (setara NGK punya)
Meskipun klaim Denso IK20TT bisa tembus diatas 100rb km, rasanya gak bakal sepanjang NGK IZFR6K,
IK20L dipake 40ribu km udah gak enak, sesuai harga sih cuma 350-400rb (4pcs), anggap aja iridium2 eco mah ini
Note :
Juga diperhatikan gap busi dan heat range juga harus sesuai dengan spesifikasi mesin, kasus saya sih gap 1.1 (Denso IK20TT = NGK IZFR6K-11S)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
daimler wrote: Tue Oct 18, 2022 10:16
Mbah mazdut 2 old ane jg sering kena macet dan kadang2 jd genset begitu jg dengan agay. Berarti better heat rangenya diubah 1 point?
Terakhir di mazdut pakai bkr5eix-11 iridium berarti selanjutnya diubah ke bkr4eix ya mbah?
oh jangan. kl udah 5 jangan dinaikin lagi. kecuali dr 6 ke 5, atau dr 7 ke 6. dr 8 ke 7.
Kalau udah 5 kenapa jangan naik lagi mbah?
soalnya naikin heat range (jd lbh hot) sebetulnya lbh beresiko drpd bikin jd lbh cold.
resiko heat range terlalu hot: severe knocking dan/atau elektroda meleleh. keduanya bisa jd catastrophic buat mesin.
sedangkan resiko heat range terlalu cold cuma fouling carbon aja, which is jadinya susah distart, brebet (misfire), bensin boros. tp ga catastrophic.
yg sy tau dr dulu di indo (tropis) belum pernah ketemu busi yg setara ngk heat range 4 sbg oem dr pabrik. cmiiw.
di mesin N/A aja belum nemu yg pake 4, apalagi jangan coba2 di mesin turbo. krn turbo'ed perlu colder heat range (7, 8, 9)
ariswp wrote: Tue Oct 18, 2022 11:53
saya pake iridium twin tip sih enak2 aja, pakenya Denso IK20TT 600rb (4pcs)
sebelumnya dari bawaan laser iridium NGK IZFR6K-11S, lalu iridium murmer Denso IK20L
Mayan bisa lebih miring dari NGK iridium laser yang harga sejuta (4pcs) di dealer
Rasanya dari getaran jauh berkurang ketimbang IK20L, ini busi iridium murmer, gak cocok di R20A, berasa idle kayak naek diesel
Dari tarikan bawah juga butt o meter rasanya lebih padat IK20TT,
BBM juga jadi lebih irit,
Padahal banyak yg bilang klo hondut lebih cocok dengan NGK timbang Denso
Sebenernya Denso IK20TT secara kelas masi dibawah NGK IZFR6K sih, yg sekelas itu Denso SKJ20DR tapi tidak masuk indo
Bedanya Denso iridium prefix IK vs Denso denso prefix SK itu diameter iridiumnya, dimana IK 0.4mm, SK 0.7mm (setara NGK punya)
Meskipun klaim Denso IK20TT bisa tembus diatas 100rb km, rasanya gak bakal sepanjang NGK IZFR6K,
IK20L dipake 40ribu km udah gak enak, sesuai harga sih cuma 350-400rb (4pcs), anggap aja iridium2 eco mah ini
Note :
Juga diperhatikan gap busi dan heat range juga harus sesuai dengan spesifikasi mesin, kasus saya sih gap 1.1 (Denso IK20TT = NGK IZFR6K-11S)
Denso twin tip model ledakan bunga apinya klaimnya lebih bagus dibanding iridum biasa karna model jarumnya itu yg lebih ketengah bisa bikin rambatan bunga apinya lebih baik. Denso rekomendasi model twin tip ini untuk mesin bbg (LNG/CNG) karena bbg lebih susah terbakarnya (CNG harus sekitar 600 derajat celcius baru bisa kebakar dibanding bensin yg sekitar 280 derajat).
Saya belum bisa ngasih ulasan perbandingan real karna solenoid reducer bbg di ertiga masih masalah, ntar kamis sparepart baru dateng jadi setelah itu baru bisa tes pake bbg.
soalnya naikin heat range (jd lbh hot) sebetulnya lbh beresiko drpd bikin jd lbh cold.
resiko heat range terlalu hot: severe knocking dan/atau elektroda meleleh. keduanya bisa jd catastrophic buat mesin.
sedangkan resiko heat range terlalu cold cuma fouling carbon aja, which is jadinya susah distart, brebet (misfire), bensin boros. tp ga catastrophic.
yg sy tau dr dulu di indo (tropis) belum pernah ketemu busi yg setara ngk heat range 4 sbg oem dr pabrik. cmiiw.
di mesin N/A aja belum nemu yg pake 4, apalagi jangan coba2 di mesin turbo. krn turbo'ed perlu colder heat range (7, 8, 9)
hmmmm
kl gt gampang nya, drpd naekin heat range busi, mendingan bawa mobil di geber2 always
kl manual, ganti gigi pas d redline
kl metik, pake paddle shift atau manual mode, tahan di 4000 rpm sblom ganti gigi
jalanan kosong sikit lgs bejeg pedal gas ampe mentok lantai , kl lg d lamer, biar diem tp tetep tahan gas
oh jangan. kl udah 5 jangan dinaikin lagi. kecuali dr 6 ke 5, atau dr 7 ke 6. dr 8 ke 7.
Kalau udah 5 kenapa jangan naik lagi mbah?
soalnya naikin heat range (jd lbh hot) sebetulnya lbh beresiko drpd bikin jd lbh cold.
resiko heat range terlalu hot: severe knocking dan/atau elektroda meleleh. keduanya bisa jd catastrophic buat mesin.
sedangkan resiko heat range terlalu cold cuma fouling carbon aja, which is jadinya susah distart, brebet (misfire), bensin boros. tp ga catastrophic.
yg sy tau dr dulu di indo (tropis) belum pernah ketemu busi yg setara ngk heat range 4 sbg oem dr pabrik. cmiiw.
di mesin N/A aja belum nemu yg pake 4, apalagi jangan coba2 di mesin turbo. krn turbo'ed perlu colder heat range (7, 8, 9)
yakin ribet ganti busi mbah. cuma begitu doang kan. jij aja dr kolong sambil kap mesin ketutup bisa kl di musatek.
same2 mbah
Kan ga smua mobil gampang mbah
Kl kaya batu makam punya misal nya, kan musti buka kap mesin
Kburu ktauan owner nya donk
mesinnya diem2 jij turunin dr kolong dikit jd ada space
Kl nurunin mesin musti manggil kenek maling satu orang lg donk, rugi bandar mbah
Mending ikutin maling2 d mamarika sana, nyolong CC knalpot, nadahin trus jual ke parung , mumpung maling2 se parkiran musatek asemreges blom pd tau neh
Kl kaya batu makam punya misal nya, kan musti buka kap mesin
Kburu ktauan owner nya donk
mesinnya diem2 jij turunin dr kolong dikit jd ada space
Kl nurunin mesin musti manggil kenek maling satu orang lg donk, rugi bandar mbah
Mending ikutin maling2 d mamarika sana, nyolong CC knalpot, nadahin trus jual ke parung , mumpung maling2 se parkiran musatek asemreges blom pd tau neh
lah cc disono laku buat MOT. disini cc malah sengaja dilepas. ga bakal laku mbah.
mesinnya diem2 jij turunin dr kolong dikit jd ada space
Kl nurunin mesin musti manggil kenek maling satu orang lg donk, rugi bandar mbah
Mending ikutin maling2 d mamarika sana, nyolong CC knalpot, nadahin trus jual ke parung , mumpung maling2 se parkiran musatek asemreges blom pd tau neh
lah cc disono laku buat MOT. disini cc malah sengaja dilepas. ga bakal laku mbah.
trebla88 wrote: Sat Oct 22, 2022 12:36
Champion rea12mc4 platinum
60rb km
Kayanya ga pernah diganti dari baru
Hebat jg masih nyala ga pincang kondisi sperti ini
Gnti di garasi58
Screenshot_20221022-193419_Gallery.jpg
Screenshot_20221022-193457_Gallery.jpg
Screenshot_20221022-193434_Gallery.jpg
bujug
itu kl akselerasi suara nya gmana om, ampe ud terkikis gt ground electrode nya
btw, champion ?? mobil apaan yg masi make tu busi sbg OEM ??