Thanks bro, oya kalo cari barang gituan di Sby daerah mana yah? Apa disekitar jalan tidar?tonie wrote:toluene = thinner 100%imsus2c wrote:PPT...(nanya mlulu)
Kalo acetone saya lumayan paham (sama dgn pembersih kutex/cat kuku kan?), kalo Toluene apaan ya? Apa pengencer lem kontak/kuning itu ya? (macam castol, fox, etc) (katanya PPT kalo lagi ragu mending tanya...)
Terimakasih PPT (again and again...)
klo Acetone buat bikin pembakaran di ruang mesin jadi bersih tanpa sisa kerak, shingga performa mesin bisa slalu prima....
Mesin mbrebet di putaran tinggi (contact cleaner)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 338
- Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54
oh thx penjelasannya PPT..PenyuTurbo wrote:Kotoran yang diameternya besar udah kesaring di Filter ... Pengalaman dari sekian banyak boil hanya ada 2 atau 3 yang saringan bensinnya sedikit tersumbat (boil JADUL --- Tahon 90an) tapi gak ada problem di Injectors. Proses Pelarutan Pemebrsihan Kotoran dengan ACETONE ... berlangsung sedikit demi sedikit ... tapi pasti ...calvin99 wrote:PPT, kalo begini bukannya malah bisa bikin injector/fuel filter mampet yah?PenyuTurbo wrote: Disamping itu ACETONE juga akan melarutkan kotoran-kotoran yang ada dalam saluran BBM dari Tangki menuju ke FUEL RAIL (atau INJECTOR) ... ini fungsi kedua ACETONE untuk membersihkan kotoran dalam sistem saluran BBM ... (CUTEX yang nempel di KUKU aja bisal LARUT ... apalagi kotoran dalam saluran BBM).

mau tanya lagi boleh kan??hehe
larutan2 ini(acetone&toluene) bereaksi sama karet gak? contohnya selang2 bensin gitu?
thx
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Umumnya karet selang BBM punya kwalitas yang baik dan selama 2 tahun saya makai gak ada masalah .... memang banyak yang khawatir selang bensin akan termakan ... tapi itu sebenarnya jenis karet yang murahan ... toh karet sendiri banyak macamnya/jenisnya. Sekiranya masih khawatir juga dengan stok selang karet pada boil sekarang ini ... bisa ganti dulu selangnya dengan SELANG TEFLON ... itupun lebih baik ... karena selang teflon gak termakan oleh macam-macam bahan kimia dan hydrocarbon. ... Asal jangan ganti dengan KARET GELANG aja .... hahahahahahha ... yang itu sebentar aja udah mengembang atau lumer ... hehehehe.calvin99 wrote:oh thx penjelasannya PPT..PenyuTurbo wrote:Kotoran yang diameternya besar udah kesaring di Filter ... Pengalaman dari sekian banyak boil hanya ada 2 atau 3 yang saringan bensinnya sedikit tersumbat (boil JADUL --- Tahon 90an) tapi gak ada problem di Injectors. Proses Pelarutan Pemebrsihan Kotoran dengan ACETONE ... berlangsung sedikit demi sedikit ... tapi pasti ...calvin99 wrote: PPT, kalo begini bukannya malah bisa bikin injector/fuel filter mampet yah?![]()
mau tanya lagi boleh kan??hehe
larutan2 ini(acetone&toluene) bereaksi sama karet gak? contohnya selang2 bensin gitu?
thx

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
kalo bbm kita campur acetone dan mobil tsb tidak kita pake untuk jangka waktu sekitar 3 hari bensinnya jadi gampang nguap gak? ntar mobilnya ditinggal seminggu bisa2 berkurang sekian liter lagi?PenyuTurbo wrote:
Toluene itu juga hydrocarbon ... cuman ikatan rantai CARBON--nya nyambung membentuk lingkaran sehingga penyebutannya jadi AROMATIC Hydrocarbon.
Toluene ini adalah cairan yang sering digunakan untuk PENGENCER CAT (yang 100% Lho) karena Thinner dipasaran udah banyak yang dicampur dengan cairan-cairan lain ... Bisa diperoleh di toko-toko CAT atau di Toko-toko KIMIA.
TENTANG ACETONE :
Sebenarnya bukan ACETONE-nya yang meningkatkan TENAGA MESIN ... Jika kita tahu ... BBM yang disemprotkan ke dalam ruang bakar oleh ijnecto itu cuman menguap sebanyak (pukul rata) 80%, yang 20% masih dalam bentuk cair ... gak sempat menguap. Yang BISA dibakar dengan Oksigen dengan perantaraan BUSI itu BBM yang udah ada dalam bentuk UAP (GAS) ... ini yang akan jadi tenaga mesin. ... Lalu yang 20% yang gak sempat nguap tadi kemana perginya ? Perginya ke Crakcase (daleman mesin) dan keluar knalpot. Yang masuk kedalam Crankcase akan mengotori minyak pelumas sedang yang keluar knalpot dijaga oleh HANSIP berupa CATALYTIC CONVERTER ... diubah dulu menjadi H2O dan CO2 ... baru keluar ke ujung knalpot.
Susahnya BBM menguap itu karena adanya Tegangan Permukaan (SURFACE TENSION) BBM yang cukup tinggi. Penambahan ACETONE akan menurunkan Surface Tension ini ... sehingga BBM akan menjadi mudah menguap pada saat disemburkan ke ruang bakar ... ini berarti yang sebelum ada ACETONE, BBM yangmenguap cuman 80%, dengan adanya ACETONE ... BBM yang menguap akan mendekati 99% ... DISINILAH KELUARNYA TAMBAHAN TENAGA MESIN ... bukan dari ACETONE cuman dari BBM itu sendiri yang tadinya terbuang percumah (20%) ... istilah gampangnya ACETONE mengeluarkan TENAGA DALAM Mesin ... gitu aja. Dan Ini bukan Mitos ... Selama belum nyoba dan praktek ... gak akan tahu.
Disamping itu ACETONE juga akan melarutkan kotoran-kotoran yang ada dalam saluran BBM dari Tangki menuju ke FUEL RAIL (atau INJECTOR) ... ini fungsi kedua ACETONE untuk membersihkan kotoran dalam sistem saluran BBM ... (CUTEX yang nempel di KUKU aja bisal LARUT ... apalagi kotoran dalam saluran BBM).
mohon pencerahan.. hehe,
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Gak Lah Yaaooo ... penguapan ini bergantung juga pada Temparature Tangki dan Juga Tekanan Uap BBM ... dalam hal ini Tekanan Uap BBM lebih besar dari Tekanan Uap Acetone ... dan keluarnya Uap BBM dari Tangki kan udah diatur dengan sistem EVAP ... selama tekanan BBM dalam tangki tidak melebihi ... (SEKIAN PSI) ... maka katup pada EVAP gak terbuka ... atau jika ada Pressur Relief Valve pada Tangki ... hanya terbuka jika tekanan melebihi SEKIAN PSI ....alim ulama wrote:kalo bbm kita campur acetone dan mobil tsb tidak kita pake untuk jangka waktu sekitar 3 hari bensinnya jadi gampang nguap gak? ntar mobilnya ditinggal seminggu bisa2 berkurang sekian liter lagi?PenyuTurbo wrote:
Toluene itu juga hydrocarbon ... cuman ikatan rantai CARBON--nya nyambung membentuk lingkaran sehingga penyebutannya jadi AROMATIC Hydrocarbon.
Toluene ini adalah cairan yang sering digunakan untuk PENGENCER CAT (yang 100% Lho) karena Thinner dipasaran udah banyak yang dicampur dengan cairan-cairan lain ... Bisa diperoleh di toko-toko CAT atau di Toko-toko KIMIA.
TENTANG ACETONE :
Sebenarnya bukan ACETONE-nya yang meningkatkan TENAGA MESIN ... Jika kita tahu ... BBM yang disemprotkan ke dalam ruang bakar oleh ijnecto itu cuman menguap sebanyak (pukul rata) 80%, yang 20% masih dalam bentuk cair ... gak sempat menguap. Yang BISA dibakar dengan Oksigen dengan perantaraan BUSI itu BBM yang udah ada dalam bentuk UAP (GAS) ... ini yang akan jadi tenaga mesin. ... Lalu yang 20% yang gak sempat nguap tadi kemana perginya ? Perginya ke Crakcase (daleman mesin) dan keluar knalpot. Yang masuk kedalam Crankcase akan mengotori minyak pelumas sedang yang keluar knalpot dijaga oleh HANSIP berupa CATALYTIC CONVERTER ... diubah dulu menjadi H2O dan CO2 ... baru keluar ke ujung knalpot.
Susahnya BBM menguap itu karena adanya Tegangan Permukaan (SURFACE TENSION) BBM yang cukup tinggi. Penambahan ACETONE akan menurunkan Surface Tension ini ... sehingga BBM akan menjadi mudah menguap pada saat disemburkan ke ruang bakar ... ini berarti yang sebelum ada ACETONE, BBM yangmenguap cuman 80%, dengan adanya ACETONE ... BBM yang menguap akan mendekati 99% ... DISINILAH KELUARNYA TAMBAHAN TENAGA MESIN ... bukan dari ACETONE cuman dari BBM itu sendiri yang tadinya terbuang percumah (20%) ... istilah gampangnya ACETONE mengeluarkan TENAGA DALAM Mesin ... gitu aja. Dan Ini bukan Mitos ... Selama belum nyoba dan praktek ... gak akan tahu.
Disamping itu ACETONE juga akan melarutkan kotoran-kotoran yang ada dalam saluran BBM dari Tangki menuju ke FUEL RAIL (atau INJECTOR) ... ini fungsi kedua ACETONE untuk membersihkan kotoran dalam sistem saluran BBM ... (CUTEX yang nempel di KUKU aja bisal LARUT ... apalagi kotoran dalam saluran BBM).
mohon pencerahan.. hehe,

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
ok, maklum wong ndeso cuman bisa baca doang.. hehe,
makasih.
makasih.
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
FPR itu sesuai dengan namanya untuk ngatur tekanan BBM di FUEL RAIL dan INJECTOR. Umumnya standar tekanan adalah 3 BAR = 44 PSI.tonie wrote:Pak Lik Penyu... nanya lagi tentang FPR (fuel preasure regulator) dan dampak dari penggunaan FPR untuk kendaraan harian,
matur nuwun
Sekiranya FPR ini ada kerusakan atau gak berfungsi dengan betul ... Tekanan BBM akan berkurang ... ini berarti BBM yang disemburkan ke dalam ruang bakar (oleh injector) akan berkurang ... menyebabkan AFR (Air Fuel Ratio) jadi KURUS (LEAN) ... Engine bisa Overheat ... Ngelitik ... Power Drop.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Kendaraan harian yang kayak gimana ? Memang itu standard spec untuk EFI ... kalau yang carburator standardnya cuman 1 bar aja. Kalau common Rail Diesel lebih DASYAT ... 2000 Bar.tonie wrote:berarti klo fpr ini dalam kondisi normal.... untuk di aplikasikan ke kendaraan harian bisa menambah performa.... ya...

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Sun Nov 04, 2007 12:26
Re: Mesin mbrebet di putaran tinggi (contact cleaner)
MAF Sensor bukan ada jenis pembersihnya sendiri, pak? Tapi di Indonesia sih ngak pernah nemuin. Alternatifnya pakai Contact Cleaner. Jangan sampai rusak loh, itu huarganya muahal.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Mesin mbrebet di putaran tinggi (contact cleaner)
Yup...sesuai anjuran PPT di post terdahulu, emang MAF di Indonesia pembersihannya pake Electronic Contact Cleaner
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Thu Mar 27, 2008 5:24
Re: Mesin mbrebet di putaran tinggi (contact cleaner)
minyak penyunya..kalo uda diadon bole disimpen di jerigen plastik ga sih???
kan susah tuh cari tempat yg gelas/kaca ukuran segitu
kan susah tuh cari tempat yg gelas/kaca ukuran segitu
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Mon Feb 11, 2013 3:36
Re: Mesin mbrebet di putaran tinggi (contact cleaner)
Halo semua Gan. Hati-hati kalau bersihin MAF.
MAF adalah sensor yang sensitif, kalau pembersihnya terlalu keras, bisa rusak dan fatal akibatnya.
Karena itu banyak tempat servis tidak mau membersihkan sensor ini disamping alasan ingin menjual MAF Sensornya.
Untuk bersihin, dianjurkan pakai Mass Air Flow Sensor Cleaner. Biasanya produk seperti ini sudah di test dan diuji coba berkali-kali dan aman. Mungkin Contact Cleaner biasa juga bisa. Tapi belum pernah dicoba.
Yang pasti jangan pakai Contact Cleaner sembarangan, atau murah. Biar harga murah, coba semprot ke Sterefoam, KEMAKAN STEREFOAMnya!! Bahaya!
MAF adalah sensor yang sensitif, kalau pembersihnya terlalu keras, bisa rusak dan fatal akibatnya.
Karena itu banyak tempat servis tidak mau membersihkan sensor ini disamping alasan ingin menjual MAF Sensornya.
Untuk bersihin, dianjurkan pakai Mass Air Flow Sensor Cleaner. Biasanya produk seperti ini sudah di test dan diuji coba berkali-kali dan aman. Mungkin Contact Cleaner biasa juga bisa. Tapi belum pernah dicoba.
Yang pasti jangan pakai Contact Cleaner sembarangan, atau murah. Biar harga murah, coba semprot ke Sterefoam, KEMAKAN STEREFOAMnya!! Bahaya!