Mesin mbrebet di putaran tinggi (contact cleaner)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Post by imsus2c »

tonie wrote:
imsus2c wrote:PPT...(nanya mlulu)
Kalo acetone saya lumayan paham (sama dgn pembersih kutex/cat kuku kan?), kalo Toluene apaan ya? Apa pengencer lem kontak/kuning itu ya? (macam castol, fox, etc) (katanya PPT kalo lagi ragu mending tanya...)
Terimakasih PPT (again and again...)
toluene = thinner 100%
klo Acetone buat bikin pembakaran di ruang mesin jadi bersih tanpa sisa kerak, shingga performa mesin bisa slalu prima....
Thanks bro, oya kalo cari barang gituan di Sby daerah mana yah? Apa disekitar jalan tidar?
User avatar
tonie
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Sat May 05, 2007 3:07

Post by tonie »

klo untuk toluene saya blom pernah cari.... :D klo acetone bisa d cari sepajang jalan tidar, ato pasar kembang :D
wait ajah deh... klo sempet seh.. see :mrgreen:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Post by imsus2c »

^^^
thanks
calvin99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 338
Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54

Post by calvin99 »

PenyuTurbo wrote:
calvin99 wrote:
PenyuTurbo wrote: Disamping itu ACETONE juga akan melarutkan kotoran-kotoran yang ada dalam saluran BBM dari Tangki menuju ke FUEL RAIL (atau INJECTOR) ... ini fungsi kedua ACETONE untuk membersihkan kotoran dalam sistem saluran BBM ... (CUTEX yang nempel di KUKU aja bisal LARUT ... apalagi kotoran dalam saluran BBM).
PPT, kalo begini bukannya malah bisa bikin injector/fuel filter mampet yah?
Kotoran yang diameternya besar udah kesaring di Filter ... Pengalaman dari sekian banyak boil hanya ada 2 atau 3 yang saringan bensinnya sedikit tersumbat (boil JADUL --- Tahon 90an) tapi gak ada problem di Injectors. Proses Pelarutan Pemebrsihan Kotoran dengan ACETONE ... berlangsung sedikit demi sedikit ... tapi pasti ...
oh thx penjelasannya PPT.. :)
mau tanya lagi boleh kan??hehe
larutan2 ini(acetone&toluene) bereaksi sama karet gak? contohnya selang2 bensin gitu?
thx
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

calvin99 wrote:
PenyuTurbo wrote:
calvin99 wrote: PPT, kalo begini bukannya malah bisa bikin injector/fuel filter mampet yah?
Kotoran yang diameternya besar udah kesaring di Filter ... Pengalaman dari sekian banyak boil hanya ada 2 atau 3 yang saringan bensinnya sedikit tersumbat (boil JADUL --- Tahon 90an) tapi gak ada problem di Injectors. Proses Pelarutan Pemebrsihan Kotoran dengan ACETONE ... berlangsung sedikit demi sedikit ... tapi pasti ...
oh thx penjelasannya PPT.. :)
mau tanya lagi boleh kan??hehe
larutan2 ini(acetone&toluene) bereaksi sama karet gak? contohnya selang2 bensin gitu?
thx
Umumnya karet selang BBM punya kwalitas yang baik dan selama 2 tahun saya makai gak ada masalah .... memang banyak yang khawatir selang bensin akan termakan ... tapi itu sebenarnya jenis karet yang murahan ... toh karet sendiri banyak macamnya/jenisnya. Sekiranya masih khawatir juga dengan stok selang karet pada boil sekarang ini ... bisa ganti dulu selangnya dengan SELANG TEFLON ... itupun lebih baik ... karena selang teflon gak termakan oleh macam-macam bahan kimia dan hydrocarbon. ... Asal jangan ganti dengan KARET GELANG aja .... hahahahahahha ... yang itu sebentar aja udah mengembang atau lumer ... hehehehe.
Image
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Post by alim ulama »

PenyuTurbo wrote:
Toluene itu juga hydrocarbon ... cuman ikatan rantai CARBON--nya nyambung membentuk lingkaran sehingga penyebutannya jadi AROMATIC Hydrocarbon.

Toluene ini adalah cairan yang sering digunakan untuk PENGENCER CAT (yang 100% Lho) karena Thinner dipasaran udah banyak yang dicampur dengan cairan-cairan lain ... Bisa diperoleh di toko-toko CAT atau di Toko-toko KIMIA.

TENTANG ACETONE :

Sebenarnya bukan ACETONE-nya yang meningkatkan TENAGA MESIN ... Jika kita tahu ... BBM yang disemprotkan ke dalam ruang bakar oleh ijnecto itu cuman menguap sebanyak (pukul rata) 80%, yang 20% masih dalam bentuk cair ... gak sempat menguap. Yang BISA dibakar dengan Oksigen dengan perantaraan BUSI itu BBM yang udah ada dalam bentuk UAP (GAS) ... ini yang akan jadi tenaga mesin. ... Lalu yang 20% yang gak sempat nguap tadi kemana perginya ? Perginya ke Crakcase (daleman mesin) dan keluar knalpot. Yang masuk kedalam Crankcase akan mengotori minyak pelumas sedang yang keluar knalpot dijaga oleh HANSIP berupa CATALYTIC CONVERTER ... diubah dulu menjadi H2O dan CO2 ... baru keluar ke ujung knalpot.

Susahnya BBM menguap itu karena adanya Tegangan Permukaan (SURFACE TENSION) BBM yang cukup tinggi. Penambahan ACETONE akan menurunkan Surface Tension ini ... sehingga BBM akan menjadi mudah menguap pada saat disemburkan ke ruang bakar ... ini berarti yang sebelum ada ACETONE, BBM yangmenguap cuman 80%, dengan adanya ACETONE ... BBM yang menguap akan mendekati 99% ... DISINILAH KELUARNYA TAMBAHAN TENAGA MESIN ... bukan dari ACETONE cuman dari BBM itu sendiri yang tadinya terbuang percumah (20%) ... istilah gampangnya ACETONE mengeluarkan TENAGA DALAM Mesin ... gitu aja. Dan Ini bukan Mitos ... Selama belum nyoba dan praktek ... gak akan tahu.

Disamping itu ACETONE juga akan melarutkan kotoran-kotoran yang ada dalam saluran BBM dari Tangki menuju ke FUEL RAIL (atau INJECTOR) ... ini fungsi kedua ACETONE untuk membersihkan kotoran dalam sistem saluran BBM ... (CUTEX yang nempel di KUKU aja bisal LARUT ... apalagi kotoran dalam saluran BBM).
kalo bbm kita campur acetone dan mobil tsb tidak kita pake untuk jangka waktu sekitar 3 hari bensinnya jadi gampang nguap gak? ntar mobilnya ditinggal seminggu bisa2 berkurang sekian liter lagi?

mohon pencerahan.. hehe,
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

alim ulama wrote:
PenyuTurbo wrote:
Toluene itu juga hydrocarbon ... cuman ikatan rantai CARBON--nya nyambung membentuk lingkaran sehingga penyebutannya jadi AROMATIC Hydrocarbon.

Toluene ini adalah cairan yang sering digunakan untuk PENGENCER CAT (yang 100% Lho) karena Thinner dipasaran udah banyak yang dicampur dengan cairan-cairan lain ... Bisa diperoleh di toko-toko CAT atau di Toko-toko KIMIA.

TENTANG ACETONE :

Sebenarnya bukan ACETONE-nya yang meningkatkan TENAGA MESIN ... Jika kita tahu ... BBM yang disemprotkan ke dalam ruang bakar oleh ijnecto itu cuman menguap sebanyak (pukul rata) 80%, yang 20% masih dalam bentuk cair ... gak sempat menguap. Yang BISA dibakar dengan Oksigen dengan perantaraan BUSI itu BBM yang udah ada dalam bentuk UAP (GAS) ... ini yang akan jadi tenaga mesin. ... Lalu yang 20% yang gak sempat nguap tadi kemana perginya ? Perginya ke Crakcase (daleman mesin) dan keluar knalpot. Yang masuk kedalam Crankcase akan mengotori minyak pelumas sedang yang keluar knalpot dijaga oleh HANSIP berupa CATALYTIC CONVERTER ... diubah dulu menjadi H2O dan CO2 ... baru keluar ke ujung knalpot.

Susahnya BBM menguap itu karena adanya Tegangan Permukaan (SURFACE TENSION) BBM yang cukup tinggi. Penambahan ACETONE akan menurunkan Surface Tension ini ... sehingga BBM akan menjadi mudah menguap pada saat disemburkan ke ruang bakar ... ini berarti yang sebelum ada ACETONE, BBM yangmenguap cuman 80%, dengan adanya ACETONE ... BBM yang menguap akan mendekati 99% ... DISINILAH KELUARNYA TAMBAHAN TENAGA MESIN ... bukan dari ACETONE cuman dari BBM itu sendiri yang tadinya terbuang percumah (20%) ... istilah gampangnya ACETONE mengeluarkan TENAGA DALAM Mesin ... gitu aja. Dan Ini bukan Mitos ... Selama belum nyoba dan praktek ... gak akan tahu.

Disamping itu ACETONE juga akan melarutkan kotoran-kotoran yang ada dalam saluran BBM dari Tangki menuju ke FUEL RAIL (atau INJECTOR) ... ini fungsi kedua ACETONE untuk membersihkan kotoran dalam sistem saluran BBM ... (CUTEX yang nempel di KUKU aja bisal LARUT ... apalagi kotoran dalam saluran BBM).
kalo bbm kita campur acetone dan mobil tsb tidak kita pake untuk jangka waktu sekitar 3 hari bensinnya jadi gampang nguap gak? ntar mobilnya ditinggal seminggu bisa2 berkurang sekian liter lagi?

mohon pencerahan.. hehe,
Gak Lah Yaaooo ... penguapan ini bergantung juga pada Temparature Tangki dan Juga Tekanan Uap BBM ... dalam hal ini Tekanan Uap BBM lebih besar dari Tekanan Uap Acetone ... dan keluarnya Uap BBM dari Tangki kan udah diatur dengan sistem EVAP ... selama tekanan BBM dalam tangki tidak melebihi ... (SEKIAN PSI) ... maka katup pada EVAP gak terbuka ... atau jika ada Pressur Relief Valve pada Tangki ... hanya terbuka jika tekanan melebihi SEKIAN PSI ....
Image
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Post by alim ulama »

ok, maklum wong ndeso cuman bisa baca doang.. hehe,
makasih.
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

alim ulama wrote:ok, maklum wong ndeso cuman bisa baca doang.. hehe,
makasih.
Sampeyan Ndeso ngendi ... aku ndeso TMG.
Image
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Post by alim ulama »

hehe.. gak ngerti om, hohoho.

ah, jadi OOT nih. hihihhi.
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

alim ulama wrote:hehe.. gak ngerti om, hohoho.

ah, jadi OOT nih. hihihhi.
Kamu dari Desa Mana ? ... Kalau AKu dari Desa TMG.
Image
User avatar
tonie
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Sat May 05, 2007 3:07

Post by tonie »

Pak Lik Penyu... nanya lagi tentang FPR (fuel preasure regulator) dan dampak dari penggunaan FPR untuk kendaraan harian,
matur nuwun :D
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

tonie wrote:Pak Lik Penyu... nanya lagi tentang FPR (fuel preasure regulator) dan dampak dari penggunaan FPR untuk kendaraan harian,
matur nuwun :D
FPR itu sesuai dengan namanya untuk ngatur tekanan BBM di FUEL RAIL dan INJECTOR. Umumnya standar tekanan adalah 3 BAR = 44 PSI.

Sekiranya FPR ini ada kerusakan atau gak berfungsi dengan betul ... Tekanan BBM akan berkurang ... ini berarti BBM yang disemburkan ke dalam ruang bakar (oleh injector) akan berkurang ... menyebabkan AFR (Air Fuel Ratio) jadi KURUS (LEAN) ... Engine bisa Overheat ... Ngelitik ... Power Drop.
Image
User avatar
tonie
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Sat May 05, 2007 3:07

Post by tonie »

berarti klo fpr ini dalam kondisi normal.... untuk di aplikasikan ke kendaraan harian bisa menambah performa.... ya... :D
wait ajah deh... klo sempet seh.. see :mrgreen:
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

tonie wrote:berarti klo fpr ini dalam kondisi normal.... untuk di aplikasikan ke kendaraan harian bisa menambah performa.... ya... :D
Kendaraan harian yang kayak gimana ? Memang itu standard spec untuk EFI ... kalau yang carburator standardnya cuman 1 bar aja. Kalau common Rail Diesel lebih DASYAT ... 2000 Bar.
Image
cahnaga
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Sun Nov 04, 2007 12:26

Re: Mesin mbrebet di putaran tinggi (contact cleaner)

Post by cahnaga »

MAF Sensor bukan ada jenis pembersihnya sendiri, pak? Tapi di Indonesia sih ngak pernah nemuin. Alternatifnya pakai Contact Cleaner. Jangan sampai rusak loh, itu huarganya muahal.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Mesin mbrebet di putaran tinggi (contact cleaner)

Post by imsus2c »

Yup...sesuai anjuran PPT di post terdahulu, emang MAF di Indonesia pembersihannya pake Electronic Contact Cleaner
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
wrx
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Thu Mar 27, 2008 5:24

Re: Mesin mbrebet di putaran tinggi (contact cleaner)

Post by wrx »

minyak penyunya..kalo uda diadon bole disimpen di jerigen plastik ga sih???
kan susah tuh cari tempat yg gelas/kaca ukuran segitu
getthoboy
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Mon Feb 11, 2013 3:36

Re: Mesin mbrebet di putaran tinggi (contact cleaner)

Post by getthoboy »

Halo semua Gan. Hati-hati kalau bersihin MAF.
MAF adalah sensor yang sensitif, kalau pembersihnya terlalu keras, bisa rusak dan fatal akibatnya.
Karena itu banyak tempat servis tidak mau membersihkan sensor ini disamping alasan ingin menjual MAF Sensornya.

Untuk bersihin, dianjurkan pakai Mass Air Flow Sensor Cleaner. Biasanya produk seperti ini sudah di test dan diuji coba berkali-kali dan aman. Mungkin Contact Cleaner biasa juga bisa. Tapi belum pernah dicoba.
Yang pasti jangan pakai Contact Cleaner sembarangan, atau murah. Biar harga murah, coba semprot ke Sterefoam, KEMAKAN STEREFOAMnya!! Bahaya!