Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11261
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Thu Nov 17, 2022 9:36
Arshafira wrote: Thu Nov 17, 2022 8:36
Suryaputra wrote: Thu Nov 17, 2022 5:04

selanjutnya ganti coolant tiap 2 thn ajah max
setahun sekali lbh bagus.

yg 100 rb-an per 4 liter juga ok banget
spec 30/70
spt merk: Shell, Denso, Seiken, dkk
Buat mobil yang buku manual minta coolant 50/50, dikasih 30/70, aman gak Mbah?

Pakenya paling 2 taun juga atau sekitar 25 ribuan km
Secara theory campuran coolant makin tinggi, heat transfer semakin buruk tapi tahanan korosi dan ketahanan penguapan membaik.

Sebaiknya 50/50 aja sih. Kalo produk coolant Q8 bisa 33/67 sampai 70/30 coolant:air
ada bbrp referensi artikel untuk hot climate, 30/70 (coolant/water) paling pas.

tapi klo cold climate, 50/50, krn anti freeze nya juga makin robust.

yah intinya sih back to budget
wkwkwkwkwk.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Chr1stm1 »

Suryaputra wrote: Thu Nov 17, 2022 9:48
sahabatq8 wrote: Thu Nov 17, 2022 9:36
Arshafira wrote: Thu Nov 17, 2022 8:36

Buat mobil yang buku manual minta coolant 50/50, dikasih 30/70, aman gak Mbah?

Pakenya paling 2 taun juga atau sekitar 25 ribuan km
Secara theory campuran coolant makin tinggi, heat transfer semakin buruk tapi tahanan korosi dan ketahanan penguapan membaik.

Sebaiknya 50/50 aja sih. Kalo produk coolant Q8 bisa 33/67 sampai 70/30 coolant:air
ada bbrp referensi artikel untuk hot climate, 30/70 (coolant/water) paling pas.

tapi klo cold climate, 50/50, krn anti freeze nya juga makin robust.

yah intinya sih back to budget
wkwkwkwkwk.
Setuju.
Untuk kota2 panas kayak Jkt, Cirebon, Semarang misalnya, better 30/70 dibanding 50/50 ( even bawaan mobilnya ditulis di bukman 50/50 )
Kalo kota cenderung sejuk kayak Bandung, Wonosobo mungkin gak berasa bedanya...
fannykuncoro
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 268
Joined: Thu Jun 28, 2018 9:05
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HRV 2019

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by fannykuncoro »

Chr1stm1 wrote: Thu Nov 17, 2022 10:52
Suryaputra wrote: Thu Nov 17, 2022 9:48
sahabatq8 wrote: Thu Nov 17, 2022 9:36
Secara theory campuran coolant makin tinggi, heat transfer semakin buruk tapi tahanan korosi dan ketahanan penguapan membaik.

Sebaiknya 50/50 aja sih. Kalo produk coolant Q8 bisa 33/67 sampai 70/30 coolant:air
ada bbrp referensi artikel untuk hot climate, 30/70 (coolant/water) paling pas.

tapi klo cold climate, 50/50, krn anti freeze nya juga makin robust.

yah intinya sih back to budget
wkwkwkwkwk.
Setuju.
Untuk kota2 panas kayak Jkt, Cirebon, Semarang misalnya, better 30/70 dibanding 50/50 ( even bawaan mobilnya ditulis di bukman 50/50 )
Kalo kota cenderung sejuk kayak Bandung, Wonosobo mungkin gak berasa bedanya...
Ijin sharing..
Saya udah kuras coolant bawaan honda (biru) kira2 setahun yg lalu, ganti pake prestone ijo 30/70.. Sampai skr ga ada penguapan sama sekali, dilihat dari reservoir tank stabil di batas garis max.. Rencana mau kuras lagi, ganti prestone 30/70 yg warna biru.. :big_grin:
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1399
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by t105erd »

fannykuncoro wrote: Thu Nov 17, 2022 11:33
Chr1stm1 wrote: Thu Nov 17, 2022 10:52
Suryaputra wrote: Thu Nov 17, 2022 9:48

ada bbrp referensi artikel untuk hot climate, 30/70 (coolant/water) paling pas.

tapi klo cold climate, 50/50, krn anti freeze nya juga makin robust.

yah intinya sih back to budget
wkwkwkwkwk.
Setuju.
Untuk kota2 panas kayak Jkt, Cirebon, Semarang misalnya, better 30/70 dibanding 50/50 ( even bawaan mobilnya ditulis di bukman 50/50 )
Kalo kota cenderung sejuk kayak Bandung, Wonosobo mungkin gak berasa bedanya...
Ijin sharing..
Saya udah kuras coolant bawaan honda (biru) kira2 setahun yg lalu, ganti pake prestone ijo 30/70.. Sampai skr ga ada penguapan sama sekali, dilihat dari reservoir tank stabil di batas garis max.. Rencana mau kuras lagi, ganti prestone 30/70 yg warna biru.. :big_grin:
Ganti yang kalo rembes disenter uv bisa nyala2 dong om.
fannykuncoro
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 268
Joined: Thu Jun 28, 2018 9:05
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HRV 2019

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by fannykuncoro »

t105erd wrote: Thu Nov 17, 2022 13:48
fannykuncoro wrote: Thu Nov 17, 2022 11:33
Chr1stm1 wrote: Thu Nov 17, 2022 10:52

Setuju.
Untuk kota2 panas kayak Jkt, Cirebon, Semarang misalnya, better 30/70 dibanding 50/50 ( even bawaan mobilnya ditulis di bukman 50/50 )
Kalo kota cenderung sejuk kayak Bandung, Wonosobo mungkin gak berasa bedanya...
Ijin sharing..
Saya udah kuras coolant bawaan honda (biru) kira2 setahun yg lalu, ganti pake prestone ijo 30/70.. Sampai skr ga ada penguapan sama sekali, dilihat dari reservoir tank stabil di batas garis max.. Rencana mau kuras lagi, ganti prestone 30/70 yg warna biru.. :big_grin:
Ganti yang kalo rembes disenter uv bisa nyala2 dong om.
Waduuh.. Jangan sampai rembes dong om.. :weekk:
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by bensinsolar »

Mau tanya ama suhu2, sorry kalau ini agak melenceng. Untuk oli genset Honda EG6500 kapasitas manual book 1.1l, apa bisa diganti ama oli sisa Q8 Special G 5w30 (0,5l) dicampur dengan PTT 5w30 dynamic super common rail (masih ada sisa 1L belum terpakai karena mobilmya sudah terjual). Baru sadar olinya ud 2 tahun belum diganti..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Turboman »

bensinsolar wrote:Mau tanya ama suhu2, sorry kalau ini agak melenceng. Untuk oli genset Honda EG6500 kapasitas manual book 1.1l, apa bisa diganti ama oli sisa Q8 Special G 5w30 (0,5l) dicampur dengan PTT 5w30 dynamic super common rail (masih ada sisa 1L belum terpakai karena mobilmya sudah terjual). Baru sadar olinya ud 2 tahun belum diganti..
Bisa

aman

R20A saya krn jarang bgt jalan, skg pake 1 L Unyiloppa 0W20 + 2 L PTT ECO 0W20

enak2 aja

wkwkwkwkkw

* Bukan ajakan Beli *
fannykuncoro
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 268
Joined: Thu Jun 28, 2018 9:05
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HRV 2019

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by fannykuncoro »

Turboman wrote: Fri Nov 18, 2022 3:59
bensinsolar wrote:Mau tanya ama suhu2, sorry kalau ini agak melenceng. Untuk oli genset Honda EG6500 kapasitas manual book 1.1l, apa bisa diganti ama oli sisa Q8 Special G 5w30 (0,5l) dicampur dengan PTT 5w30 dynamic super common rail (masih ada sisa 1L belum terpakai karena mobilmya sudah terjual). Baru sadar olinya ud 2 tahun belum diganti..
Bisa

aman

R20A saya krn jarang bgt jalan, skg pake 1 L Unyiloppa 0W20 + 2 L PTT ECO 0W20

enak2 aja

wkwkwkwkkw
Asalkan visco nya sama, aman2 aja ya om?
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by bensinsolar »

Turboman wrote: Fri Nov 18, 2022 3:59
bensinsolar wrote:Mau tanya ama suhu2, sorry kalau ini agak melenceng. Untuk oli genset Honda EG6500 kapasitas manual book 1.1l, apa bisa diganti ama oli sisa Q8 Special G 5w30 (0,5l) dicampur dengan PTT 5w30 dynamic super common rail (masih ada sisa 1L belum terpakai karena mobilmya sudah terjual). Baru sadar olinya ud 2 tahun belum diganti..
Bisa

aman

R20A saya krn jarang bgt jalan, skg pake 1 L Unyiloppa 0W20 + 2 L PTT ECO 0W20

enak2 aja

wkwkwkwkkw
Mantap Om. Thank you :big_okay:
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1399
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by t105erd »

bensinsolar wrote: Fri Nov 18, 2022 3:45 Mau tanya ama suhu2, sorry kalau ini agak melenceng. Untuk oli genset Honda EG6500 kapasitas manual book 1.1l, apa bisa diganti ama oli sisa Q8 Special G 5w30 (0,5l) dicampur dengan PTT 5w30 dynamic super common rail (masih ada sisa 1L belum terpakai karena mobilmya sudah terjual). Baru sadar olinya ud 2 tahun belum diganti..
Genset honda rata2 pakai SAE30 kok, pakai oli mesin motor matik saya malahan hehe... atau apa aja yang ada di rumah. Yang penting viskonya sesuai. Genset mah ga rewel om, ecuali kalo genset diesel yaa harus pakai oli diesel sih, dikantor mesin Kubota pakai meditran juga hidup2 aja tuh.
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by bensinsolar »

t105erd wrote: Fri Nov 18, 2022 5:04
bensinsolar wrote: Fri Nov 18, 2022 3:45 Mau tanya ama suhu2, sorry kalau ini agak melenceng. Untuk oli genset Honda EG6500 kapasitas manual book 1.1l, apa bisa diganti ama oli sisa Q8 Special G 5w30 (0,5l) dicampur dengan PTT 5w30 dynamic super common rail (masih ada sisa 1L belum terpakai karena mobilmya sudah terjual). Baru sadar olinya ud 2 tahun belum diganti..
Genset honda rata2 pakai SAE30 kok, pakai oli mesin motor matik saya malahan hehe... atau apa aja yang ada di rumah. Yang penting viskonya sesuai. Genset mah ga rewel om, ecuali kalo genset diesel yaa harus pakai oli diesel sih, dikantor mesin Kubota pakai meditran juga hidup2 aja tuh.
Baik Om. Tks utk ilmunya. Ini sisaan aja olinya. Td hampir beli lagi Q8 special G karena tdnya mikir yg PTT buat mesin diesel gabisa utk gasoline :big_deal:
Rajawizzuu
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Fri Apr 14, 2017 9:32
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Bmw

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Rajawizzuu »

Turboman wrote: Mon Nov 14, 2022 2:19 Promo lagi Screenshot_2022-11-14-09-19-11-841_com.tokopedia.tkpd.jpgScreenshot_2022-11-14-09-18-09-754_com.tokopedia.tkpd.jpg

Innova 2.4 V bisa pakai ini? Odometer udah deket 10.000km.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Turboman »

Rajawizzuu wrote:
Turboman wrote: Mon Nov 14, 2022 2:19 Promo lagi Screenshot_2022-11-14-09-19-11-841_com.tokopedia.tkpd.jpgScreenshot_2022-11-14-09-18-09-754_com.tokopedia.tkpd.jpg

Innova 2.4 V bisa pakai ini? Odometer udah deket 10.000km.
2GD cocok dgn 10W30 / 5W30 Diesel oil
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Turboman »

bensinsolar wrote:
t105erd wrote: Fri Nov 18, 2022 5:04
bensinsolar wrote: Fri Nov 18, 2022 3:45 Mau tanya ama suhu2, sorry kalau ini agak melenceng. Untuk oli genset Honda EG6500 kapasitas manual book 1.1l, apa bisa diganti ama oli sisa Q8 Special G 5w30 (0,5l) dicampur dengan PTT 5w30 dynamic super common rail (masih ada sisa 1L belum terpakai karena mobilmya sudah terjual). Baru sadar olinya ud 2 tahun belum diganti..
Genset honda rata2 pakai SAE30 kok, pakai oli mesin motor matik saya malahan hehe... atau apa aja yang ada di rumah. Yang penting viskonya sesuai. Genset mah ga rewel om, ecuali kalo genset diesel yaa harus pakai oli diesel sih, dikantor mesin Kubota pakai meditran juga hidup2 aja tuh.
Baik Om. Tks utk ilmunya. Ini sisaan aja olinya. Td hampir beli lagi Q8 special G karena tdnya mikir yg PTT buat mesin diesel gabisa utk gasoline :big_deal:
Oli bensin & Diesel sebetulnya zat2 kimia yg terkandung secara basic SAMA

hanya yang membedakan besaran kandungan zat detergent & TBN retention nya spt Ca / Mg dan juga zat2 detergent lain spt Succinimide

di Diesel zat detergent nya biasanya lebih banyak
* Bukan ajakan Beli *
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1399
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by t105erd »

bensinsolar wrote: Fri Nov 18, 2022 5:28
t105erd wrote: Fri Nov 18, 2022 5:04
bensinsolar wrote: Fri Nov 18, 2022 3:45 Mau tanya ama suhu2, sorry kalau ini agak melenceng. Untuk oli genset Honda EG6500 kapasitas manual book 1.1l, apa bisa diganti ama oli sisa Q8 Special G 5w30 (0,5l) dicampur dengan PTT 5w30 dynamic super common rail (masih ada sisa 1L belum terpakai karena mobilmya sudah terjual). Baru sadar olinya ud 2 tahun belum diganti..
Genset honda rata2 pakai SAE30 kok, pakai oli mesin motor matik saya malahan hehe... atau apa aja yang ada di rumah. Yang penting viskonya sesuai. Genset mah ga rewel om, ecuali kalo genset diesel yaa harus pakai oli diesel sih, dikantor mesin Kubota pakai meditran juga hidup2 aja tuh.
Baik Om. Tks utk ilmunya. Ini sisaan aja olinya. Td hampir beli lagi Q8 special G karena tdnya mikir yg PTT buat mesin diesel gabisa utk gasoline :big_deal:
Wah elite sekali itu genset dikasih Q8, lngsung aja tuang yg ptt 1 botol, besok2 kalo nyari oli tinggal mampir aja ke bengkel motor beli oli matik honda biasanya yang sae 30 kalo pengen gampang dan ga ribet.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2209
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by sahabatq8 »

t105erd wrote: Fri Nov 18, 2022 11:14
bensinsolar wrote: Fri Nov 18, 2022 5:28
t105erd wrote: Fri Nov 18, 2022 5:04

Genset honda rata2 pakai SAE30 kok, pakai oli mesin motor matik saya malahan hehe... atau apa aja yang ada di rumah. Yang penting viskonya sesuai. Genset mah ga rewel om, ecuali kalo genset diesel yaa harus pakai oli diesel sih, dikantor mesin Kubota pakai meditran juga hidup2 aja tuh.
Baik Om. Tks utk ilmunya. Ini sisaan aja olinya. Td hampir beli lagi Q8 special G karena tdnya mikir yg PTT buat mesin diesel gabisa utk gasoline :big_deal:
Wah elite sekali itu genset dikasih Q8, lngsung aja tuang yg ptt 1 botol, besok2 kalo nyari oli tinggal mampir aja ke bengkel motor beli oli matik honda biasanya yang sae 30 kalo pengen gampang dan ga ribet.
Temen saya genset pabriknya di kasih Q8 T800 20 liter. Sebelumnya pake meditran sae40 4 tahun gak diganti , merasa bersalah mungkin :big_biglaugh:
chrisha
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 149
Joined: Thu Sep 03, 2020 2:32
Location: JAKARTA
Daily Vehicle: Nissan X-Trail T31 CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by chrisha »

Turboman wrote: Fri Nov 18, 2022 9:57
Rajawizzuu wrote:
Turboman wrote: Mon Nov 14, 2022 2:19 Promo lagi Screenshot_2022-11-14-09-19-11-841_com.tokopedia.tkpd.jpgScreenshot_2022-11-14-09-18-09-754_com.tokopedia.tkpd.jpg

Innova 2.4 V bisa pakai ini? Odometer udah deket 10.000km.
2GD cocok dgn 10W30 / 5W30 Diesel oil
Iya om, ini Innova 2010 sama Yaris Bakpao sedang pakai Bardahl S9 5w30

rekomen berapa km / berapa bulan ya om @Turboman untuk OCI?

Thanks in advance.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Turboman »

chrisha wrote:
Turboman wrote: Fri Nov 18, 2022 9:57
Rajawizzuu wrote:
Innova 2.4 V bisa pakai ini? Odometer udah deket 10.000km.
2GD cocok dgn 10W30 / 5W30 Diesel oil
Iya om, ini Innova 2010 sama Yaris Bakpao sedang pakai Bardahl S9 5w30

rekomen berapa km / berapa bulan ya om @Turboman untuk OCI?

Thanks in advance.
Yg Dynamic Comm Raill 5W30 bisa 10.000 km / 12 bulan

Supaya oli awet
- Warming up 30 detik aja
- Mobil jangan sering jadi GenSet

* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Turboman »

sahabatq8 wrote:
t105erd wrote: Fri Nov 18, 2022 11:14
bensinsolar wrote: Fri Nov 18, 2022 5:28

Baik Om. Tks utk ilmunya. Ini sisaan aja olinya. Td hampir beli lagi Q8 special G karena tdnya mikir yg PTT buat mesin diesel gabisa utk gasoline :big_deal:
Wah elite sekali itu genset dikasih Q8, lngsung aja tuang yg ptt 1 botol, besok2 kalo nyari oli tinggal mampir aja ke bengkel motor beli oli matik honda biasanya yang sae 30 kalo pengen gampang dan ga ribet.
Temen saya genset pabriknya di kasih Q8 T800 20 liter. Sebelumnya pake meditran sae40 4 tahun gak diganti , merasa bersalah mungkin :big_biglaugh:
Kerennn Genset pake T800

ini GenSet di tempat clubbing kali ye......di Holywings PIK island / B Owl / resto Twelve menteng / mall ASHTA atau di hotel sekelas Langham / 4 seasons mungkin



* Bukan ajakan Beli *
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Chr1stm1 »

fannykuncoro wrote: Thu Nov 17, 2022 11:33
Chr1stm1 wrote: Thu Nov 17, 2022 10:52
Suryaputra wrote: Thu Nov 17, 2022 9:48

ada bbrp referensi artikel untuk hot climate, 30/70 (coolant/water) paling pas.

tapi klo cold climate, 50/50, krn anti freeze nya juga makin robust.

yah intinya sih back to budget
wkwkwkwkwk.
Setuju.
Untuk kota2 panas kayak Jkt, Cirebon, Semarang misalnya, better 30/70 dibanding 50/50 ( even bawaan mobilnya ditulis di bukman 50/50 )
Kalo kota cenderung sejuk kayak Bandung, Wonosobo mungkin gak berasa bedanya...
Ijin sharing..
Saya udah kuras coolant bawaan honda (biru) kira2 setahun yg lalu, ganti pake prestone ijo 30/70.. Sampai skr ga ada penguapan sama sekali, dilihat dari reservoir tank stabil di batas garis max.. Rencana mau kuras lagi, ganti prestone 30/70 yg warna biru.. :big_grin:
Joss Mbah, btw saran aja, coolant pake yg spt sebelumnya aja, selama terbukti bekerja baik ga usah ganti merek
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Turboman »

OOT

Btw kalo melihat manuver merek2 besar dunia yg udah pada punya blending plant di Indo

dimana mereka bisa menghasilkan produk2 yg sesuai dgn preferensi pasar di Indo

feeling saya cepat / lambat oli2 ex import bisa tersingkir dari pasar / hanya bermain di segment yg sgt niche

Utk itu para APM / importir oli sebaiknya udah persiapkan rencana utk blending di Indonesia, utk type2 populer, jika ingin tetap exist

Baca baca si TOTAL aja udah intip2 sejak lama utk nge blend di Indonesia

https://www.suara.com/otomotif/2019/02/ ... uksi-lokal

Saat ini nge blend oli udah semudah spt nge makloon baju......MOQ utk 1 type oli sekali blend = 4000 L / 20 Drum

Base oil aneka merek ada yg jual

Additive package aneka merek ada yg jual

Blending plant swasta diem2 ternyata banyak juga, dari yg kapasitas kecil sampe yg guedee

Mungkin SM-ers ada yg berminat bikin oli merek sendiri ?

Discelemer

* Sekedar opini pribadi ajah *




* Bukan ajakan Beli *
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by DrivingPotato »

Kembali membahas KIU EIT 0W-20

Ceritanya tanggal 17 Juli kemarin saya servis di Beres, bawa oli sendiri yaitu kiu eit 0W-20 yang saya beli di Tokped OS Custom.

Setelah berjalan 2330 KM selama 2 bulan (hari ini 19 November), saya iseng cek dipstick. Mobil sudah mati selama 60 menit setelah jalan dari Cibubur.

Yg mengagetkan.. sisa olinya di dipstick tinggal setengah?
Wow. Sejak kapan mesin P5-VPS makan oli ya? Apa olinya yang sekarang jelek? Saya sampe ulang-ulang 5x ceknya dan dapetnya tetep setengah.

Sebelum dicelup sudah dibersihkan
Image

Sesudah dicelup

Image

Tampak daleman mesin, gak ada indikasi varnish/sludge oli palsu
Image

Cek coolant? Normal
Image

Fuel cons normal
Image

Bukti baru jalan 2330 KM
Image

Cek rembes kebocoran? Gak ada sama sekali :mky_03:

Mohon petunjuk suhu2 perlendiran, asal jangan suruh test lab :big_biglaugh:

Saya beli oli ini lagi krn sebelumnya udah pake dan no problem at all, bahkan penguapannya sangat minim. Ini kok sangat sangat parah ya penguapannya? Apa PDS nya sudah berubah? Atau formulanya sudah berubah? Atau salah mesin saya?

Gimana mau long drain setahun 10rb KM ya kalo gini
:big_dunno:
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2209
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by sahabatq8 »

DrivingPotato wrote: Sat Nov 19, 2022 9:52 Kembali membahas KIU EIT 0W-20

Ceritanya tanggal 17 Juli kemarin saya servis di Beres, bawa oli sendiri yaitu kiu eit 0W-20 yang saya beli di Tokped OS Custom.

Setelah berjalan 2330 KM selama 2 bulan (hari ini 19 November), saya iseng cek dipstick. Mobil sudah mati selama 60 menit setelah jalan dari Cibubur.

Yg mengagetkan.. sisa olinya di dipstick tinggal setengah?
Wow. Sejak kapan mesin P5-VPS makan oli ya? Apa olinya yang sekarang jelek? Saya sampe ulang-ulang 5x ceknya dan dapetnya tetep setengah.

Sebelum dicelup sudah dibersihkan
Image

Sesudah dicelup

Image

Tampak daleman mesin, gak ada indikasi varnish/sludge oli palsu
Image

Cek coolant? Normal
Image

Fuel cons normal
Image

Bukti baru jalan 2330 KM
Image

Cek rembes kebocoran? Gak ada sama sekali :mky_03:

Mohon petunjuk suhu2 perlendiran, asal jangan suruh test lab :big_biglaugh:

Saya beli oli ini lagi krn sebelumnya udah pake dan no problem at all, bahkan penguapannya sangat minim. Ini kok sangat sangat parah ya penguapannya? Apa PDS nya sudah berubah? Atau formulanya sudah berubah? Atau salah mesin saya?

Gimana mau long drain setahun 10rb KM ya kalo gini
:big_dunno:
Gak normal sih om, tapi yakin saat isi atau pengecekan lantainya gak miring? Saya juga beberapa tahun terakhir pake 0w20 di xtrail T32 2.5 dan aman untuk 10rb/1 tahun. Kalo untuk formulasi yang beda unlikely jg karena tidak ada pemberitahuan internal dan karena dia produk yang mempunyai official approval gak bisa ganti formulasi tanpa harus resubmit untuk approval.
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by DrivingPotato »

sahabatq8 wrote: Sat Nov 19, 2022 10:07
Gak normal sih om, tapi yakin saat isi atau pengecekan lantainya gak miring? Saya juga beberapa tahun terakhir pake 0w20 di xtrail T32 2.5 dan aman untuk 10rb/1 tahun. Kalo untuk formulasi yang beda unlikely jg karena tidak ada pemberitahuan internal dan karena dia produk yang mempunyai official approval gak bisa ganti formulasi tanpa harus resubmit untuk approval.
Ya jelas gak miring dong om kalau pas ngecek :big_biglaugh:
Ngisi juga 4 botol normal, 4 liter
Jadi kira2 apa yang buat gak normal om? Spokesperson nya mumpung ada di sini. Karena sy udah pake di semua mobil tiba tiba kali ini hasilnya mengecewakan banget.
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2209
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by sahabatq8 »

DrivingPotato wrote: Sat Nov 19, 2022 10:12
sahabatq8 wrote: Sat Nov 19, 2022 10:07
Gak normal sih om, tapi yakin saat isi atau pengecekan lantainya gak miring? Saya juga beberapa tahun terakhir pake 0w20 di xtrail T32 2.5 dan aman untuk 10rb/1 tahun. Kalo untuk formulasi yang beda unlikely jg karena tidak ada pemberitahuan internal dan karena dia produk yang mempunyai official approval gak bisa ganti formulasi tanpa harus resubmit untuk approval.
Ya jelas gak miring dong om kalau pas ngecek :big_biglaugh:
Ngisi juga 4 botol normal, 4 liter
Jadi kira2 apa yang buat gak normal om? Spokesperson nya mumpung ada di sini. Karena sy udah pake di semua mobil tiba tiba kali ini hasilnya mengecewakan banget.
Saat ini gak tau juga om, di mobil mazda ini udah berapa kali pakai 0w20? Sebelumnya dari 5w30 atau gmn? Lalu pas isi oli dipsticknya om liat sendiri di check full? atau ditinggal. Saya jadi keinget ada case yang mirip, ternyata di botol masih ada sisa dikit² jadi si mekanik pas nuang oli gak sabaran pas masih netes dari botolnya udah diangkat. Kalo bener seperti ini, coba aja di monitor di 5000 km dan seterusnya gimana? Oli turun terus ato aman.