Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
bensindanoli wrote: ↑Sun Nov 13, 2022 14:26
Ikut meramaikan pangsa kerhor.
Motuk 5w40 Diesel di Duratec Ti-VCT 1.5.
0-150km pertama terasa berat pas pake JKT-BDG.
Tapi suara mesin lebih halus dibanding Repsol GXR 5w30.
Target buat dipake 7 bulan aja.
Oiya. Repsol GXR ini kan ud y 6 bulanan. Terakhir sempet ada gejala oil pressure low pas cold-start itu kenapa ya? Gara2 filter oli mampet kah? Pake merek Aegis yg buat Ecosport. Belum pernah kejadian pas pake filter wikwik innova yg lebih gede
Bisa antara
- filter oli mampet (krn kualitasnya gak sesuai std oem atau aspal)
- level oli mencapai, atau di bawah minimal
Sepertinya filter oli mampet nih. Soalnya level ketinggian oli aman aja trakhir cek. Hampir g ada penguapan.
bensindanoli wrote: ↑Sun Nov 13, 2022 14:26
Ikut meramaikan pangsa kerhor.
Motuk 5w40 Diesel di Duratec Ti-VCT 1.5.
0-150km pertama terasa berat pas pake JKT-BDG.
Tapi suara mesin lebih halus dibanding Repsol GXR 5w30.
Target buat dipake 7 bulan aja.
Oiya. Repsol GXR ini kan ud y 6 bulanan. Terakhir sempet ada gejala oil pressure low pas cold-start itu kenapa ya? Gara2 filter oli mampet kah? Pake merek Aegis yg buat Ecosport. Belum pernah kejadian pas pake filter wikwik innova yg lebih gede
Sama nih mesinnya dengan mobil ane.
Coba pake merk AcDelco om, harga murmer jg cuma 25rb.
Kalau buntut 40 emang pasti berat om, tapi emang suara alus.
Ane baca2 paling rekomen buntut 30 sih om.
Udah jalan berapa om odometernya si Ekosemprot?
Iya iseng aja ini kmrn sekalian reyen olinya lgsg bawa ke Bandung. Buntut 30 GXR juga pas dibawa ke bandung enak enteng. Tapi raungan mesinnya kenceng banget. Takut protol wkwkwk.
Saya juga mau kasih first impression ah, terkait penggunaan pelumas aliran murmercrot, pelumas sebelumnya Fastron Techno 10W40 berailih ke GM-Tech yang sudah dexos 1 gen 2 tapi ga ada sertifikasi API, ILSAC dan ACEA dengan visko di angka 5W30 (kembali ke jalan yg benar), kesan pertamanya suara mesin lebih renyah kalo pakai pelumas yg lebih encer, sebelumnya pakai fastron suara mesin lebih halus aja, pernah lupa mesin udah nyala saya starter lagi. Kemudian rpm berasa lebih cepat naik dibanding pakai fastron tapi mesin ga berasa meraung walau di 3000rpm ++, kalau pakai fastron biasa shifting dibawah 3000rpm, sekarang ke 3000rpm aja cepet bgt jadi babalas shifting di 3000rpm lebih. Gitu dulu deh, belum bisa kasih ulasan lengkap, yang pasti worth it bgt lah buat yg mau nyoba oli gm tech ini.
bensindanoli wrote: ↑Sun Nov 13, 2022 14:26
Ikut meramaikan pangsa kerhor.
Motuk 5w40 Diesel di Duratec Ti-VCT 1.5.
0-150km pertama terasa berat pas pake JKT-BDG.
Tapi suara mesin lebih halus dibanding Repsol GXR 5w30.
Target buat dipake 7 bulan aja.
Oiya. Repsol GXR ini kan ud y 6 bulanan. Terakhir sempet ada gejala oil pressure low pas cold-start itu kenapa ya? Gara2 filter oli mampet kah? Pake merek Aegis yg buat Ecosport. Belum pernah kejadian pas pake filter wikwik innova yg lebih gede
Bisa antara
- filter oli mampet (krn kualitasnya gak sesuai std oem atau aspal)
- level oli mencapai, atau di bawah minimal
Sepertinya filter oli mampet nih. Soalnya level ketinggian oli aman aja trakhir cek. Hampir g ada penguapan.
ok coba ganti filter oli aja mbah,
wix wix
klo sampai ada indikator low oil pressure itu bahaya buat mesin,
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Mesin turbo juga gak semuanya kena masalah LSPi. Mobil turbo seperti mercedes /bmw biasanya API SN jg gpp, malah cendrung minta hths tinggi.
Perlu diingat LSPI itu masalah yang terjadi di mesin Turbo Gasoline Direct injection (biasanya per cyclindernya volume kurang dari 400cc) kalo 2000cc ato 1500cc tapi port injection gak masalah.
Jadi kalau ditanya API SN fully synthetic atau API SP semi synthetic jawabanya pun tergantung mobilnya apa , dan kualitas oli masing² apa
Hths tuh apa pak?
Screenshot_20221114-104342__01.jpg
Screenshot_20221114-104311-01.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Mesin turbo juga gak semuanya kena masalah LSPi. Mobil turbo seperti mercedes /bmw biasanya API SN jg gpp, malah cendrung minta hths tinggi.
Perlu diingat LSPI itu masalah yang terjadi di mesin Turbo Gasoline Direct injection (biasanya per cyclindernya volume kurang dari 400cc) kalo 2000cc ato 1500cc tapi port injection gak masalah.
Jadi kalau ditanya API SN fully synthetic atau API SP semi synthetic jawabanya pun tergantung mobilnya apa , dan kualitas oli masing² apa
Hths tuh apa pak?
Screenshot_20221114-104342__01.jpg
Screenshot_20221114-104311-01.jpeg
yg ptg ikut manual book aja,
untuk mesin honda, biasanya cocok sm oli W20 dan W30
W40 terlalu kentel, dan khawatir bikin mampet filter oli klo cold start.
klo dah mampet... katup bypass nya di filter oli kebuka = un-filtered oil dipompa ke dalam internal mesin
kecuali klo mesin atau filter bawaan emg designed buat thick oil yaa.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
yg ptg ikut manual book aja,
untuk mesin honda, biasanya cocok sm oli W20 dan W30
W40 terlalu kentel, dan khawatir bikin mampet filter oli klo cold start.
klo dah mampet... katup bypass nya di filter oli kebuka = un-filtered oil dipompa ke dalam internal mesin
kecuali klo mesin atau filter bawaan emg designed buat thick oil yaa.
Di Toyota kayanya ga ada yah spesifik yg jelasin tentang HTHS dimanual booknya, visko W40 aja masih bisa dipakai, api service SL aja masih masuk.
sahabatq8 wrote: ↑Mon Nov 14, 2022 3:48
Screenshot_20221114-104342__01.jpg
Screenshot_20221114-104311-01.jpeg
yg ptg ikut manual book aja,
untuk mesin honda, biasanya cocok sm oli W20 dan W30
W40 terlalu kentel, dan khawatir bikin mampet filter oli klo cold start.
klo dah mampet... katup bypass nya di filter oli kebuka = un-filtered oil dipompa ke dalam internal mesin
kecuali klo mesin atau filter bawaan emg designed buat thick oil yaa.
Di Toyota kayanya ga ada yah spesifik yg jelasin tentang HTHS dimanual booknya, visko W40 aja masih bisa dipakai, api service SL aja masih masuk.
Sweet spot di w30 buat mesin bensin, visco sapu jagat yg cocok di semua mesin bensin keluaran thn 2000 an sampai skrg
Kecuali mesin hibrid, itu biasa w16 - w20 range nya
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
sahabatq8 wrote: ↑Mon Nov 14, 2022 3:48
Screenshot_20221114-104342__01.jpg
Screenshot_20221114-104311-01.jpeg
yg ptg ikut manual book aja,
untuk mesin honda, biasanya cocok sm oli W20 dan W30
W40 terlalu kentel, dan khawatir bikin mampet filter oli klo cold start.
klo dah mampet... katup bypass nya di filter oli kebuka = un-filtered oil dipompa ke dalam internal mesin
kecuali klo mesin atau filter bawaan emg designed buat thick oil yaa.
Di Toyota kayanya ga ada yah spesifik yg jelasin tentang HTHS dimanual booknya, visko W40 aja masih bisa dipakai, api service SL aja masih masuk.
Toyota gak gitu pusing. Mau low hths ato high hths jg dua duanya ok.
Mau sharing aja, kebetulan gerobak saya livina l11 hr15de, oli selalu pakai ptt yg penting asli tapi murah beli di bli2 wkwkwk.
Minggu kemaren hari jumat, kebetulan pas badan positif kopid, sekalian manasin boil sambil nunggu pesenan gofood, eh abis nerima gofood saya lupa klo manasin kendaraan (abis makan langsung tepar).
Jadilah itu kendaraan kondisi netral (transmisi manual) idup dari jam 1 siang sampe 8 malam digarasi (garasi kondisi tertutup kanopi).
spek oli PTT Lubricants Performa Synthetic SAE 5W40 (botol kuning), pemakaian 2000km-an, odometer 107.000km
Cek2 ga ada overheat dll, dan tidak ada bau sangit.
Nah besoknya, pas manasin, baru bau sangit keluar, kirain katalis kena, cek2 ganti oli pake ptt 5w30 sp (murmer, cuman 275 4 liter), bau sangit ilang. volume oli lama juga tidak berkurang.
Nah, kira2 langkah apa saja yg harus saya lakukan selain ganti oli om2 sekalian?
b3rez wrote: ↑Wed Nov 16, 2022 13:07
Mau sharing aja, kebetulan gerobak saya livina l11 hr15de, oli selalu pakai ptt yg penting asli tapi murah beli di bli2 wkwkwk.
Minggu kemaren hari jumat, kebetulan pas badan positif kopid, sekalian manasin boil sambil nunggu pesenan gofood, eh abis nerima gofood saya lupa klo manasin kendaraan (abis makan langsung tepar).
Jadilah itu kendaraan kondisi netral (transmisi manual) idup dari jam 1 siang sampe 8 malam digarasi (garasi kondisi tertutup kanopi).
spek oli PTT Lubricants Performa Synthetic SAE 5W40 (botol kuning), pemakaian 2000km-an, odometer 107.000km
Cek2 ga ada overheat dll, dan tidak ada bau sangit.
Nah besoknya, pas manasin, baru bau sangit keluar, kirain katalis kena, cek2 ganti oli pake ptt 5w30 sp (murmer, cuman 275 4 liter), bau sangit ilang. volume oli lama juga tidak berkurang.
Nah, kira2 langkah apa saja yg harus saya lakukan selain ganti oli om2 sekalian?
ini simulasi macet ketika mudik
gpp mbah, toh udh ganti oli baru.
dan dampak negatifnya cmn buang bensin ajah
tenang ajah.. gak akan overheat, selama termostat dan fan radiator + coolant masih bagus
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b3rez wrote: ↑Wed Nov 16, 2022 13:07
Mau sharing aja, kebetulan gerobak saya livina l11 hr15de, oli selalu pakai ptt yg penting asli tapi murah beli di bli2 wkwkwk.
Minggu kemaren hari jumat, kebetulan pas badan positif kopid, sekalian manasin boil sambil nunggu pesenan gofood, eh abis nerima gofood saya lupa klo manasin kendaraan (abis makan langsung tepar).
Jadilah itu kendaraan kondisi netral (transmisi manual) idup dari jam 1 siang sampe 8 malam digarasi (garasi kondisi tertutup kanopi).
spek oli PTT Lubricants Performa Synthetic SAE 5W40 (botol kuning), pemakaian 2000km-an, odometer 107.000km
Cek2 ga ada overheat dll, dan tidak ada bau sangit.
Nah besoknya, pas manasin, baru bau sangit keluar, kirain katalis kena, cek2 ganti oli pake ptt 5w30 sp (murmer, cuman 275 4 liter), bau sangit ilang. volume oli lama juga tidak berkurang.
Nah, kira2 langkah apa saja yg harus saya lakukan selain ganti oli om2 sekalian?
ini simulasi macet ketika mudik
gpp mbah, toh udh ganti oli baru.
dan dampak negatifnya cmn buang bensin ajah
tenang ajah.. gak akan overheat, selama termostat dan fan radiator + coolant masih bagus
Siap om, maklum mobil tua, udah 9 tahun. kayaknya besok saya kuras radiator ajah (pesen coolant diskonan dulu). makasih om
b3rez wrote: ↑Wed Nov 16, 2022 13:07
Mau sharing aja, kebetulan gerobak saya livina l11 hr15de, oli selalu pakai ptt yg penting asli tapi murah beli di bli2 wkwkwk.
Minggu kemaren hari jumat, kebetulan pas badan positif kopid, sekalian manasin boil sambil nunggu pesenan gofood, eh abis nerima gofood saya lupa klo manasin kendaraan (abis makan langsung tepar).
Jadilah itu kendaraan kondisi netral (transmisi manual) idup dari jam 1 siang sampe 8 malam digarasi (garasi kondisi tertutup kanopi).
spek oli PTT Lubricants Performa Synthetic SAE 5W40 (botol kuning), pemakaian 2000km-an, odometer 107.000km
Cek2 ga ada overheat dll, dan tidak ada bau sangit.
Nah besoknya, pas manasin, baru bau sangit keluar, kirain katalis kena, cek2 ganti oli pake ptt 5w30 sp (murmer, cuman 275 4 liter), bau sangit ilang. volume oli lama juga tidak berkurang.
Nah, kira2 langkah apa saja yg harus saya lakukan selain ganti oli om2 sekalian?
ini simulasi macet ketika mudik
gpp mbah, toh udh ganti oli baru.
dan dampak negatifnya cmn buang bensin ajah
tenang ajah.. gak akan overheat, selama termostat dan fan radiator + coolant masih bagus
Siap om, maklum mobil tua, udah 9 tahun. kayaknya besok saya kuras radiator ajah (pesen coolant diskonan dulu). makasih om
selanjutnya ganti coolant tiap 2 thn ajah max
setahun sekali lbh bagus.
yg 100 rb-an per 4 liter juga ok banget
spec 30/70
spt merk: Shell, Denso, Seiken, dkk
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri